Lencana Facebook

banner image

Saturday 21 December 2013

PTS : UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Seiring dengan perjalanan waktu dan teknologi, dalam dunia pendidikan mengalami pembaharuan penyusunan kurikulum yang semula menggunakan pendekatan kompetensi (kurikulum 2004) yang kemudian disempurnakan menjadi model KTSP (kurikulum 2006). Model KTSP ini merupakan model penyusunan kurikulum yang disusun dan dilaksanakan di masing – masing satuan pendidikan atau sekolah yang bersifat desentralisasi, dan diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia (SNP pasal 1 ayat 1).
Model KTSP menuntut kreativitas untuk menyusun model pendidikan yang sesuai dengan kondisi lokal. Tetapi pada prinsipnya, model KTSP bukan kurikulum baru hanya modifikasi dari kurikulum yang sudah ada. Meskipun bukan kurikulumn baru tetap saja akan merepotkan guru serta tenaga kependidikan di lapangan bagi mereka yang belum memiliki wawasan KTSP.
Adapun payung hukum KTSP antara lain : (1) UU no. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2) PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, (3) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI), (4) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), (5) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 24 tentang pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan serta panduan penyusunan kurikulum yang dibuat oleh BSNP (http//www.puskur.or.id)
Menurut UU Sisdiknas tahun 2003 pasal 2 ayat 1, pendidikan nasional berfungsi mengem...........n kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi guru didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis dan mandiri. Sistem pendidikan nasional senantiasa harus dikem...........n sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya yang terjadi baik di tingkat lokal, nasional maupun global. Salah satu komponen penting dari sistem pendidikan adalah kurikulum. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. (PP RI No. 19 tahun 2005 pasal 1). Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan guru didik. Oleh sebab itu kurikulum yang disusun oleh satuan pendidikan perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Silabus adalah suatu rencana yang mengatur kegiatan pembelajaran dan pengelolaan kelas, serta penilaian hasil belajar dari suatu mata kuliah. Silabus ini merupakan bagian dari kurikulum sebagai penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian hasil belajar. Dengan demikian penyusunan silabus ini minimal harus mampu menjawab pertanyaan sebagai berikut: kompetensi apakah yang harus dimiliki oleh guru didik, bagaimana cara membentuk kompetensi tersebut, dan bagaimana cara mengetahui bahwa guru didik memiliki kompetensi itu.
Silabus ini akan sangat bermanfaat sebagai pedoman bagi pengajar karena berisi petunjuk secara keseluruhan mengenai tujuan dan ruang lingkup materi yang harus dipelajari oleh guru didik. Selain itu, juga menerangkan tentang kegiatan belajar mengajar, media, dan evaluasi yang harus digunakan dalam proses pembelajaran kepada guru didik. Dengan berpedoman pada silabus diharapkan pengajar akan dapat mengajar lebih baik, tanpa khawatir akan keluar dari tujuan, ruang lingkup materi, strategi belajar mengajar, atau keluar dari sistem evaluasi yang seharusnya
Panduan yang disusun oleh BSNP terdiri atas dua bagian, pertama panduan umum yang memuat ketentuan umum penyusunan kurikulum yang dapat diterapkan pada satuan pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang terdapat dalam SI dan SKL. Kedua, model KTSP dengan mengacu pada SI dan SKL dengan berpedoman pada panduan umum yang dikem...........n BSNP.
Panduan penyusunan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan kepada guru didik untuk : (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk mampu bersama dan berguna untuk orang lain dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan (PAIKEM)
Dengan mengacu pada panduan kurikulum tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah yang dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sekolah bersama komite sekolah dapat bersama-sama merancang, mengem...........n dan mengimplementasikan kurikulum sekolah sesuai dengan situasi, kondisi dan potensi keunggulan lokal yang bisa dimunculkan sekolah. Walaupun setiap sekolah diberi kewenangan mengem...........n kurikulum sendiri, guru di lingkungan yang relatif sama secara geografis dan kultural masih perlu menyamakan persepsi, menyesuaikan dengan kondisi yang ada dalam menyusun dan mengem...........n indikator sebagai batasan keluasan dan kedalaman materi yang dapat menunjang pencapaian sebuah kompetensi. (http//www.pikiranrakyat.com)
Penyusunan Sibalus KTSP dilandasi oleh semangat UU No 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas dan PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Penyusunan yang beragam tersebut hendaknya tetap mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional yang mencakup : Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan dan Standar Penilaian Pendidikan. (PP No. 19 tahun 2005). Dua dari kedelapan Standar Nasional Pendidikan yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengem...........n kurikulum.
KTSP dikem...........n sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dibawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan atau kantor Departemen Agama kabupaten/kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah. Penyusunan KTSP mengacu pada SI dan SKL dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP serta memperhatikan pertimbangan komite sekolah/madrasah.
SD Negeri ...........   sebagai bagian dari lembaga pendidikan dasar mengemban tugas, amanat dan tanggung jawab untuk melaksanakan KTSP. SD ini letaknya berada di Desa ………. Kecamatan ........... dan berdiri pada tahun 1957 Selain itu keberadaannya dikelola oleh tenaga kependidikan yang profesional yang terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 10 orang guru tetap PNS, dua orang guru tidak tetap non PNS serta didukung oleh komite sekolah dan unsur-unsur pendidikan terkait seperti tenaga administrasi dan pustakawan.
Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri ...........  , permasalahan yang dihadapi adalah guru masih menggunakan silabus yang disusun oleh dinas pendidikan setempat. Hambatan yang harus dibenahi adalah perlu adanya sosialisasi dari dinas pendidikan setempat bagi guru agar dapat mengem...........n sesuai dengan panduan penyusunan silabus KTSP dari pusat. Ini penting, dengan panduan silabus secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah atau beberapa sekolah pada Pusat Kegiatan Guru (KKG) dan dinas pendidikan setempat. Guru-guru di lingkungan SD Negeri ...........   Kecamatan ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2012/2013 dalam mengajar masih menggunakan kurikulum lama hanya saja buku yang digunakan yakni buku yang sudah disepakati oleh KKG setempat. Atas dasar itulah, maka timbul pertanyaan dari penelitian ini yaitu “Upaya peningkatan profesionalisme guru dalam menyusun silabus di SD Negeri ...........   Kecamatan ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2012/2013 ?”

B.     Identifikasi  Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat diperoleh suatu pengamatan dan analisis mengenai apa yang menyebabkan kekurangmampuan guru dalam menyusun silabus sehingga muncul identifikasi masalah diantaranya sebagai berikut :
1.   Bagaimana pelaksanaan penyusunan silabus yang dilakukan melalui KKG Guru di SD Negeri ...........  ?
2.   Bagaimana guru SD Negeri ...........   menyusun silabus secara mandiri sebagai bagian dari pelaksanaan kurikulum KTSP ?

C.    Pembatasan Masalah
Dari beberapa identifikasi permasalahan di atas penulis membatasi permasalahan yang akan diteliti oleh penulis sehingga tidak terjadi kesimpangsiuran yaitu dalam menyusun silabus melalui kegiatan KKG Guru  di SD Negeri ...........  .


D.    Rumusan Masalah
Dengan mengacu pada fenomena yang ada berdasarkan judul, latar belakang serta identifikasi masalah di atas maka fokus masalah penulis adalah Bagaimana peningkatan profesionalisme guru dalam menyusun silabus melalui KKG di SD Negeri ...........   Kecamatan ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2012/2013?

E.     Tujuan Penelitian
Sesuai fokus masalah yang telah dikemukakan tadi, maka penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses menyusun silabus oleh guru SD Negeri ...........   Kecamatan ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2012/2013.

F.     Manfaat Penelitian
1.   Manfaat Teoritis
Secara teoritis manfaat penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai menyusun silabus yang dilakukan oleh guru SD Negeri ...........   Kecamatan ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2012/2013

2.   Manfaat Praktis
a.   Bagi Peneliti
Menambah dan memperluas pengetahuan tentang menyusun silabus serta untuk mengetahui peran guru dalam menyusun silabus sebagai bagian dari pelaksanaan KTSP.
b.   Bagi Guru
Mengem...........n wawasan, masukan dan sumbangan pemikiran kepada pihak sekolah tentang cara menyusun silabus sebagai bagian dari pelaksanaan kurikulum KTSP sehingga dilaksanakan dan dikem...........n demi peningkatan mutu di SD Negeri ...........   Kecamatan ........... Kabupaten ............

Bab 2 s.d 5 plus lampiran  silahkan klik : Download