Lencana Facebook

banner image

Saturday 21 December 2013

PTS : UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU KELAS I, II DAN III MELALUI SUPERVISI AKADEMIK



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Pendidikan di sekolah-sekolah formal khususnya sekolah dasar terus diupayakan keberhasilannya demi tercapainya tujuan pendidikan nasional. Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan nasional adalah kualitas steakholders pendidikan, terutama adalah Kepala Sekolah dan Guru kelas sebagai pengajar.
Upaya memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan seakan tidak pernah berhenti. Banyak agenda reformasi yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan. Reformasi pendidikan adalah restrukturisasi pendidikan, yakni memperbaiki pola hubungan sekolah dengan lingkungannya dan dengan pemerintah, pola pengembangan perencanaan, serta pola pengembangan manajerialnya, pemberdayaan guru dan restrukturisasi model model pembelajaran.
Reformasi pendidikan tidak cukup hanya dengan perubahan dalam sektor kurikulum, baik struktur maupun prosedur penulisannya. Pembaharuan kurikulum akan lebih bermakna bila diikuti oleh perubahan praktik pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Keberhasilan implementasi kurikulum sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru yang akan menerapkan dan mengaktualisasikan kurikulum tersebut. Tidak jarang kegagalan implementasi kurikulum disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, keterampilan dan kemampuan guru  dalam memahami tugas tugas yang harus dilaksanakannya. Hal itu berarti bahwa guru sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran menjadi kunci atas keterlaksanaan kurikulum di sekolah
Sekolah Dasar Negeri …………… saat ini dikelola oleh guru-guru PNS dan Wiyata bhakti dan dipimpin oleh seorang kepala sekolah, kualifikasi pendidikan sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Bedasarkan hasil supervisi kelas yang dilaksanakan oleh kepala sekolah secara periodik, kemampuan guru yang dimiliki sangat heterogen. Dari laporan hasil Ulangan Umum Tengah Semester I tahun ajaran 2012/2013 dari masing-masing guru kelas didapatkan nilai rata-rata kelas untuk beberapa mata pelajaran yang masih belum memuaskan. Hal ini menuntut adanya penelitian yang serius terhadap kinerja guru.
Harapan yang ingin dicapai yaitu adanya peningkatan nilai yang signifikan dari tiap-tiap kelas ternyata amat sulit direalisasikan, melihat kenyataan ini Kepala Sekolah sangat perlu melaksanakan penelitian tindakan sekolah. Berdasarkan Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007, tentang standar Kepala Sekolah/Madrasah harus memiliki lima dimensi kompetensi minimal yaitu, kompotensi kepribadian, menejerial, kewirausahaan, supervisi dan social. Salah satu tugas Kepala Sekolah/Madrasah adalah melaksanakan supervisi akademik. Untuk melaksanakan supervisi akademik secara efektif diperlukan keterampilan konseptual, interpersonal dan teknikal.
Guru yang professional harus memiliki 4 (empat)  kompetensi yang salah satunya adalah kompetensi penyusunan rencana pembelajaran. Namun dalam kenyataannya masih banyak guru yang belum mampu menyusun rencana pembelajaran sehingga hal ini secara otomatis berimbas pada kualitas out put yang dihasilkan dalam proses pembelajaran.

B.       Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas diidentifikasi masalah-masalah sebagai berikut :
  1. Profesionalisme guru belum optimal
  2. Proses Kegiatan Belajar Mengajar yang dilakukan guru cenderung monoton dan tidak kreatif
  3. Rendahnya disiplin kerja guru
Dengan identifikasi masalah tersebut sekolah berharap adanya perubahan system pembelajaran guru ke arah pembelajaran yang menyenangkan bagi anak dan bervariatif untuk mencapai hasil akhir yang maksimal.

C.      Pembatasan Masalah
Dari uraian di atas penulis membatasi masalah, yaitu meningkatkan profesionalisme guru kelas IV, V, dan VI  melalui supervisi akademik di SD Negeri ……………………………….
D.      Rumusan Masalah
 “ Apakah dengan supervisi akademik dapat meningkatkan Profesional Guru SD Negeri ............................................................ tahun Pelajaran 2012 / 2013? ”

E.       Tujuan Penelitian
Penelitian Tindakan Sekolah ini dilaksanakan dengan tujuan :
1.      Mengetahui apakah supervisi akademik dapat meningkatkan Profesional Guru.
2.      Meningkatkan kinerja guru dalam proses belajar-mengajar guna meraih nilai output sekolah yang optimal.

F.       Manfaat Penelitian
  1. Bagi Kepala Sekolah
a.       Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan supervisi akademik terhadap peningkatan pembelajaran Guru.
b.      Dapat lebih meningkatkan kemampuan dalam melakukan pembinaan kepada para guru melalui supervisi akademik
  1. Bagi Guru
a.       Untuk meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran.
b.      Untuk meningkatkan disiplin kerja guru
c.       Dapat memberikan manfaat yang besar dalam membantu memecahkan  masalah yang berhubungan dengan penyusunan perencanaan pembelajaran,sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran yang akan berdampak pada peningkatan hasil pembelajaran
  1. Bagi Siswa
Untuk dapat meningkatkan prestasi belajar.


Untuk mendapatkan file secara lengkap silahkan klik : Download