Lencana Facebook

banner image

Monday 2 December 2013

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KOMPETENSI DASAR MENGENAL PENTINGNYA KOPERASI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK DI KELAS IV



BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
Berpedoman pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional terutama pada tujuan Pendidikan Nasional yaitu untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, beriman, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Depdiknas, 2003).
Untuk mencapai tujuan tersebut maka dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran dan juga peningkatan mutu pendidikan perlu dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan, hal ini sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi. Untuk itu perlu dilakukan interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran secara luas dan efektif.
Keberhasilan  proses  belajar  mengajar  tidak  terlepas  dari  cara  pendidik mengajar  dan  siswa  belajar  sebab  baik  tidaknya  hasil  proses  belajar  mengajar dapat  dilihat  dan  dirasakan  oleh  pendidik  dan  siswa  sendiri.  Mengajar    adalah tugas  utama  seorang  guru,  oleh  karena  itu  keefektifannya  dalam  mengajar  akan  bergantung  kepada  bagaimana  seorang  guru  mampu    melaksanakan  aktifitasnya secara baik.  Seorang guru  harus mengenai berbagai cara atau metode mengajar dan  dapat  memilihnya  secara  tepat  sesuai  dengan  kemampuan  dirinya  yang disesuaikan  dengan  keadaan  lingkungan,  meskipun  tidak  ada  satu  metode  yang paling tepat untuk segala tujuan dan kondisi.
Hasil  belajar  yang  masih  rendah  tersebut  didorong  karena  kemampuan  siswa yang masih sangat rendah dalam menyerap materi pelajaran, minat  belajar  yang  kurang  terlihat    dan  siswa  masih  terpaku  pada  perintah  guru.  Siswa  terkesan  kurang  perduli  dengan  pelajaran  sehingga  siswa  menjadi  kurang  aktif  dalam  mengikuti  kegiatan  belajar  mengjaar.  Minat dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS pada indikator tersebut juga masih  sangat rendah
Seperti halnya pada pembelajaran mata pelajaran IPS materi  mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat menunjukkan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. 28 orang siswa yang mengikuti proses pembelajaran hanya empat orang siswa (14,29%) yang memperoleh nilai 70 ke atas  dan  24 orang siswa (85,71%) yang memperoleh nilai di bawah nilai  KKM sebesar 70  dengan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 55,00 dan partisipasi belajar siswa sebesar 39,29 atau 11 orang siswa.
Perolehan nilai di atas menunjukkan bahwa tingkat penguasaan materi siswa masih rendah, sehingga banyak siswa yang tidak tuntas belajarnya. Namun itu tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan efek dari pengelolaan proses pembelajaran yang dilakukan kurang dipahami oleh siswa sehingga tingkat penyerapan materi pembelajaran menjadi berkurang. Salah satunya adalah pemilihan metode pembelajaran yang kurang kompetitif, sehingga upaya yang dilakukan adalah menerapkan metode diskusi pada pembelajaran, sehingga diharapkan terjadi peningkatan  minat dan hasil belajar siswa.

B.   Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian sebagaimana latar belakang masalah di atas, peneliti meminta bantuan supervisor dan teman sejawat untuk membantu mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran, yaitu :
1.       Penguasaan siswa tentang  konsep pembelajaran masih rendah
2.       Siswa tidak mencatat hal-hal penting selama proses pembelajaran berlangsung.
3.       Tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran  IPS yang berdampak hasil belajar rendah.
4.       Minat  siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran kurang sesuai dengan harapan.
5.       Ketidakseriusan siswa dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang kurang memperhatikan penjelasan yang diberikan guru selama proses pembelajaran berlangsung.
6.       Pengaturan posisi duduk siswa kurang sesuai sehingga persebaran siswa yang pandai dan tidak masih belum merata.
C.  Analisis Masalah
Melalui refleksi diri, kaji literatur dan diskusi dengan supervisor dan teman sejawat dapat diketahui bahwa kemungkinan faktor penyebab timbulnya masalah di atas adalah :
1.       Guru kurang memberikan dan menarik perhatian kepada siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
2.       Guru kurang banyak memberikan latihan soal-soal dan kurangnya perhatyian terhadap siswa sehingga cepat bosan dalam mengikuti proses belajar mengajar.
3.       Penggunaan metode pembelajaran kurang maksimal sehingga tidak dapat membantu pemahaman siswa tentang Mengenal Pentingnya Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahateraan Masyarakat, sehingga siswa menjadi kurang aktif dan kurang menguasai materi.
Melihat kondisi awal sebagaimana tersebut di atas, maka peneliti berusaha untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga hasil belajar siswa dapat tercapai dengan melaksanakan perbaikan pembelajaran IPS materi mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kelas IV Sekolah Dasar Negeri ............... 01 Kecamatan ............... Kabupaten ............... Tahun Pelajaran 2011/2012.
Adapun prioritas masalah yang menjadi tujuan perbaikan proses pembelajaran adalah :
a.       Memperbaiki proses pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan penggunaan metode diskusi pada pembelajaran IPS materi Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
b.       Meningkatkan minat dan hasil belajar siswa belajar sehingga tingkat ketuntasan belajar siswa dapat tercapai dengan maksimal.
Adapun kondisi ideal yang diharapkan adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan penemuan informasi, meningkatkannya kemampuan siswa dalam pemahaman materi serta timbulnya suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga peningkatan hasil belajar siswa dapat tercapai secara maksimal.
Dari berbagai permasalahan sebagaimana hal di atas, untuk mengatasinya  peneliti ingin melaksanakan penelitian tindakan kelas sebagai upaya peningkatkan keaktidan dan hasil belajar melalui metode diskusi pada mata pelajaran IPS materi mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat  pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri ............... 01 Kecamatan ............... Kabupaten ............... Tahun Pelajaran 2011/2012”.

D. Pembatasan  Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah  di atas, masalah yang muncul  sangatlah kompleks sehingga perlu dibatasi. Pembatasan masalah ini bertujuan  agar pembahasan masalah tidak terlalu luas.  Penulis membatasi permasalahan yang akan menjadi bahan penelitian  yaitu pada penerapan metode diskusi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPS materi pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Metode pembelajaran ini digunakan sebagai upaya  untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri ............... 01 Kecamatan ............... Tahun Pelajaran 2011/2012

E.   Rumusan Masalah
Apakah penerapan metode diskusi kelompok pada pembelajaran mata pelajaran IPS kompetensi dasar mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat meningkatkan  minat dan hasil belajar siswa ?


F.   Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah sebagaimana tersebut di atas, agar memiliki arah yang jelas, ditetapkan tujuan penelitian sebagai berikut :
1.       Untuk memperbaiki model pembelajaran IPS tentang materi mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar minat  siswa meningkat.
2.       Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui metode diskusi.
3.       Untuk mengetahui peningkatan ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran IPS materi mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui metode diskusi.

G. Manfaat Penelitian
Diharapkan penelitian tindakan kelas ini juga dapat memberikan manfaat bagi :
  1. Manfaat Teoritis
Memberi  sumbangan  substantif dan mendasar  berupa  informasi    ilmiah  data, penjelasan  konsep  dan    teori  bagi  ilmu  pendidikan  khususnya  bagi pembelajaran Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar.
  1. Manfaat Praktis
a.       Siswa yaitu :
1)      Memperbaiki cara belajar siswa agar lebih baik lagi
2)      Memberikan rangsangan untuk peningkatan minat belajar siswa
3)      Meningkatkan hasil belajar siswa
b.       Guru yaitu :
1)      Dapat memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya karena sasaran akhir dari penelitian ini adalah perbaikan pembelajaran
2)      Guru dapat berkembang secara profesional karena dapat menunjukkan bahwa ia mampu menilai dan memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya
3)      Membuat guru jadi lebih percaya diri
4)      Guru mendapat kesempatan untuk berperan aktif mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan sendiri.
c.       Sekolah yaitu :
1)      Mengembangkan mutu dan hasil belajarnya
2)      Meningkatkan kualitas pendidikan
3)      Mempunyai kesempatan untuk berkembang pesat
4)      Menciptakan hubungan kolegial yang sehat
5)      Menumbuhkan iklim kerjasama yang kondusif
6)      Mempunyai kesempatan besar untuk berubah secara menyeluruh