Lencana Facebook

banner image

Monday 2 June 2014

PTK TK : UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN LAMBANG BILANGAN ANAK MELALUI PERMAINAN LOTTO ANGKA PADA KELOMPOK A TK ………………..……… TAHUN AJARAN .……../………



UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN LAMBANG BILANGAN ANAK MELALUI PERMAINAN LOTTO ANGKA  PADA
KELOMPOK A TK ………………..………  
TAHUN AJARAN .……../………

Abstrak

Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  kesadaran  pentingnya  pengenalan lambang  bilangan  pada  anak,  berdasarkan  pengamatan  terhadap  kegiatan menyebutkan  lambang  bilangan  di  kelas,  Kegiatan  ini  dapat  dilihat  ketika  guru meminta anak untuk menyebutkan urutan bilangan anak masih suka keliru dalam menyebutkan urutan bilangan, ditemukan adanya masalah kemampuan berhitung, membilang  dengan  menunjuk  angka  serta  mengenal  konsep  bilangan  dengan warna.  Untuk    mengetahui  permainan  lotto  angka  dapat  meningkatkan Kemampuan  pengenalan  lambang  bilangan  anak  di  Kelompok  A  TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……..  Permainan  lotto  angka  adalah permainan yang  dilakukan  anak  dengan  cara  anak  mengambil  kartu  lotto  kemudian  anak memasangkan angka yang sesuai.Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas.  Subjek  penelitian adalah anak didik TK TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../…….. pada kelompok A semester II, dengan jumlah 20 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi yang  dilakukan  guru  saat  pembelajaran  berlangsung  melalui  lembar  observasi. Penelitian  dilakukan  melalui  dua  siklus,  dengan  setiap  siklus  terdiri  dari  empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan data hasil kondisi awal sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas  diperoleh  keterangan  bahwa  presentase  ketuntasan  belajar  45%  belum mencapai  indikator.  Maka,  dilakukan  penelitian  di  TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……...  Penelitian  ini  menunjukkan  adanya peningkatan  yang  signifikan  terhadap  kemampuan  mengenal  lambang  bilangan anak  kelompok  A  TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……...  Hal  tersebut  dapat  dilihat  dari siklus  I  dengan  rata-rata  hasil  observasi  (aktivitas  siswa)  65%  (cukup)  dan akhirnya  pada  siklis  II  dengan  rata-rata  hasil  observasi  (aktivitas  siswa)  75% (baik). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan lotto angka dapat  meningkatkan  kemampuan  pengenalan  lambang  bilangan  anak  pada kelompok A semester II di TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……... Saran  yang  dapat  peneliti  sampaikan  hendaknya  dalam  proses pembelajaran  pengenalan  lambang  bilangan,  guru  harus  menciptakan pembelajaran  yang  aktif,  inovatif,  kreatif,  efektif,  menyenangkan,  gembira  dan berbobot.  Salah  satunya  yaitu  melalui  permainan  lotto  angka,  sehingga  tujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan dapat tercapai.

Kata kunci: Lambang Bilangan, Permainan Lotto Angka.


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Pendidikan  anak  usia  dini  sangat  penting  untuk  pertumbuhan  dan perkembangan  diri  anak.  Dengan  pendidikan  yang  berkualitas  akan menjadikan  bangsa  indonesia  bangsa  yang  maju  dan  bisa  memanfaatkan sumber  daya  manusia  yang  tangguh  dan  berkualitas.  Dengan  perhatian  dan kesadaran tehadap pendidikan anak maka membawa dampak yang positif bagi perkembangan anak yang selanjutnya.
Dalam  Undang-undang  Republik  Indonesia  No  Tahun  2003  tentang sistem  pendidikan  nasional,  menyatakan  bahwa  pendidikan  anak  usia  dini adalah  suatu upaya pembinaan yang di tunjukan pada anak sejak lahir sampai dengan  6  tahun  melalui  pemberian  rangsangan  pendidikan  untuk  membantu pertumbuhan  dan  perkembangan  jasmani  dan  rohani  agar  anak  memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.Pendidikan  anak  usia  dini  adalah  pelayanan  kepada  anak  mulai  lahir sampai  umur  8  tahun.  Taman  kanak–kanak  merupakan  salah  satu  bentuk pendidikan  prasekolah.  Pendidikan  prasekolah  adalah  pendidikan  yang  di awali dari pendidikan keluarga, di lanjutin  dengan play group, taman kanak–kanak dan Sekolah Dasar awal. Usaha ini di lakukan usia 4-6 tahun agar anak lebih siap mengikuti pendidikan selanjutnya. 
Dalam  kurikulum  KTSP mulai  diterapkan di  beberapa  lembaga  pendidikan  termasuk  di  taman  kanak-kanak  dan penerapan secara nasional pada tahun 2005. Mengembangkan  kemampuan  pengenalan  lambang  bilangan  anak dengan  cara  anak  diajak  berpikir  secara  numerik  atau  dalam  konteks  pola secara  urutan  logis,  atau  dalam  bentuk-bentuk  cara  berfikir  logis  yang  lain.Mengembangkan kemampuan pengenalan lambang bilangan anak dengan cara anak diajak melakukan permainan Lotto Angka sesuai pikiran dan angka yang anak lihat. TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……..merupakan sekolah yang berada di pedesaan tepatnya Kelurahan  ……….  Kecamatan …….  TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……..  mempunyai  1  kepala sekolah  dan  2  guru,  serta  mempunyai  anak  didik  kelompok  A  13  anak  dan kelompok  B  25  anak.  Kebanyakan  anak  didik  berasal  dari  keluarga  yang perekonomiannya  menengah  ke  bawah.  Banyak  orang  tua  murid  yang berpendidikan  rendah  mengharapkan  guru  mengajarkan  pada  anak-anaknya dapat  membaca,  menulis  dan  berhitung,  setelah  mereka  menyekolahkan anaknya di TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……... Latar  belakang  guru  yang  kebanyakan  lulusan  S1  tetapi  dari  jurusan selain  PAUD  membuat  guru  kurang  maksimal  dalam  memahami  anak  dan tahap-tahap perkembangan anak, Keadaan ini juga berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar serta keaktifan anak dalam setiap mengikuti kegiatan. Media pembelajaran  sangatlah  penting  karena  dengan  media   anak  dapat  secara langsung  melihat  dan  anak  juga  bisa  memainkan  media  tersebut  secara 3langsung,  sehingga  anak  lebih  faham  dan  pembelajaran  tersebut  bermakna bagi anak. Kondisi  di  lapangan  menunjukkan  bahwa  kurang  maksimalnya kemampuan pengenalan lambang bilangan anak dikarenakan kurangnya media pembelajaran  atau  alat  peraga  yang  masih  rendah  di  TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……...
Berdasarkan  pengamatan  terhadap  kegiatan  pengenalan  lambang  bilangan  di kelas,  ditemukan  adanya  masalah  menyebut  urutan  bilangan,  kemampuan berhitung,  membilang  dengan  menunjuk  angka  serta  mengenal  konsep bilangan dengan warna. Guru yang kurang aktif dan kurangnya inovasi dalam pembelajaran  membuat  anak  merasa  jenuh  dan  bosan  ketika  kegiatan pembelajaran berlangsung.  Pembelajaran di kelas guru menggunakan metode ceramah  yang  membuat  anak  kurang  aktif  sehingga  pembelajaran  kurang maksimal,  misalkan  dalam  pembelajaran  matematika  menyebut  urutan bilangan dengan menunjuk angka guru hanya melihatkan majalah yang isinya tentang angka kemudian anak di ajak untuk menunjuk angka tanpa di bimbing guru  sehingga  anak  pasif  serta tanpa  adanya  proses  pembelajaran  yang  aktif dan inovatif untuk anak, sehingga kemampuan anak dalam menggenal angka serta lambang bilangan   masih rendah.
Berdasarkan  latar  belakang  di  atas  penulis  tertarik  untuk  mengadakan penelitian  dengan  judul:  ”Upaya  meningkatkan  lambang  bilangan  anak melalui permainan lotto angka  di TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……..”.

B.  Identifikasi Masalah
Berdasarkan  latar  belakang  di  atas,  maka  masalah  yang  dapat  di identifikasi dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.  Rendahnya  kemampuan  anak  dalam  menyebut  urutan  bilangan.Kegiatan  ini  dapat  dilihat  ketika  guru  meminta  anak  untuk menyebutkan  urutan  bilangan  anak  masih  suka  keliru  dalam menyebutkan urutan bilangan.
2.  Rendahnya  kemampuan  anak  untuk  membilang  dengan  menunjuk angka.  Kegiatan  ini dapat dibuktikan ketika guru  meminta anak untuk menunjuk angka 6 tetapi anak masih bingung  sehingga anak menunjuk angka 9.
3.  Rendahnya kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan dengan warna.  Ketika kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media kartu lotto  angka  yang  ada  warnanya  anak  masih  sering  salah  dalam menyebut warna.
4.  Kurangnya  respon  peserta  didik  ketika  guru  mengajar.  Kegiatan  ini dapat  dibuktikan  ketika  pembelajaran  guru  menggunakan  metode ceramah  dan  kurangnya  media  pembelajaran  sehingga  anak  merasa jenuh dan bosan.

C.  Pembatasan Masalah
Agar pembatasan penelitian ini tidak meluas, maka perlu di berikan batasan  masalah.  Adapun  masalah  penelitian  ini  di  batasi  pada:peningkatan  kemampuan  pengenalan  lambang  bilangan  anak  melalui permainan lotto angka  untuk menunjukkan aktiviats yang eksploratif pada kelompok A TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……...

D.  Rumusan Masalah
Adapun  rumusan  masalah  yang  di  rumuskan  dalam  penelitian  ini adalah  Bagaimana  meningkatkan  kemampuan  pengenalan  lambang bilangan  anak  melalui  permainan  lotto  angka  pada  kelompok  A  TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……..?

E.  Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah:
1.  Secara Umum
Meningkatkan kemampuan pengenalan lambang bilangan anak melalui lotto  angka  pada  peserta  didik  kelas  A  T TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……...
2.  Secara Khusus
a.  Untuk  meningkatkan  kemampuan  pengenalan  lambang  bilangan anak melalui permainan lotto angka pada peserta didik kelas A TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……...
b.  Untuk  mengetahui  seberapa  besar  peningkatan  kemampuan pengenalan lambang bilangan anak melalui permainan lotto angka pada  peserta  didik  kelas  A  TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……...

F.  Manfaat Penelitian
Selain  tujuan  yang  ingin  dicapai,  diharapkan  penelitian  ini  juga memberikan manfaat. Manfaat yang di harapkan dari penelitian ini adalah:
1.  Manfaat Teoritis
Hasil  penelitian  ini  di  harapkan  dapat  bermanfaat  secara  teoritis sebagai  alat  pengembangan  ilmu  pengetahuan  tentang  kemampuan pengenalan lambang bilangan anak dan permainan lotto angka.
2.  Manfaat Praktis
a.  Bagi Kepala Sekolah
1)  Untuk  memberikan  masukan  kepada  guru  dalam  inovasi pembelajaran di TK.
2)  Penelitian yang di lakukan ini di harapkan dapat meningkatkan kemampuan pengenalan lambang bilangan dan ke aktivan serta perkembangan anak.
b.  Bagi Guru
1)  Kemampuan  pengenalan  lambang  bilangan  anak  melalui permainan  lotto  angka  dapat  memecahkan  masalah  di  dalam kelas bagi anak yang cenderung pasif. 
2)  Menjadikan  acuan  wawasan  bagi  guru  untuk  membuat pembelajaran bermain lotto angka lebih kreatif dan inovati f.
c.  Bagi Siswa
1)  Pada  saat  bermain  permainan  lotto  angka  anak  dapat  melatih kemampuan pengenalan lambang bilangan anak.
2)  Menjadikan  suasana  pembelajan  yang  menyenangkan  bagi anak.
d.  Bagi Peneliti
Menambah  pengalaman  peneliti  dalam  penelitian  yang  terkait dengan  peningkatan  kemampuan  pengenalan  lambang  bilangan anak melalui permainan lotto angka.

PTK TK : PENINGKATAN KREATIVITAS SENI RUPA ANAK MELALUI PERMAINAN SENI MOZAIK PADA KELOMPOK B TK PERTIWI …………….. KABUPATEN ……….. TAHUN AJARAN ……../……..



PENINGKATAN KREATIVITAS SENI RUPA ANAK MELALUI PERMAINAN SENI MOZAIK  PADA KELOMPOK B
TK PERTIWI …………….. KABUPATEN ………..
TAHUN AJARAN ……../……..


Abstrak

Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  kurang  berkembangnya kreativitas  seni  rupa  anak,  kurang  beragamnya  permainan  yang  mampu mengembangkan  kreativitas  seni  rupa  anak   dan  masih  adanya  pembelajaran yang  monoton  pada  anak  usia  dini  sehingga  belum  adanya  inovasi  yang  lebih kreatif dalam kegiatannya.  Permasalahan  yang  diungkap  dalam  penelitian  iniadalah  bagaimana  pengaruh  permainan  seni  mozaik  dapat  mengembangkan kreativitas  seni  rupa  anak?  Tujuan  yang  hendak  dicapai  dalam  penelitian  ini adalah  untuk  mengetahui  peningkatan  yang  terjadi  pada  kreativitas  seni  rupa
anak  melalui  permainan  seni  mozaik  pada  kelompok  B  TK  Pertiwi  …………. Tahun  Ajaran …../……. Berdasarkan  hasil  analisis  data  penelitian  setelah  mendapatkanperlakuan menggunakan permainan seni mozaik, menunjukkan adanya pengaruhpositif  dan  signifikan  dari  kreativitas  seni  rupa  anak  kelompok  B  TK  Pertiwi  …………. Tahun  Ajaran …../…….. Peningkatan rata-rata  kreativitas seni rupa anak pada kelompok B TK  Pertiwi  …………. Tahun  Ajaran …../……. dari  sebelum treatment adalah  sebesar  20%, dan  sesudah  dilakukan treatment siklus 1, meningka   tmenjadi  40%, dan  dilakukan  lagi treatment siklus yang  kedua,  maka  dihasilkan  peningkatan  kreativitas  seni  rupa  anak  menjadi 86,7%.  Oleh  karena  itu,  dapat  disimpulkan  bahwa  “menggunakan  permainan seni  mozaik  dapat  meningkatkan  kreativitas  seni  rupa  anak  kelompok  B  TK  Pertiwi  …………. Tahun  Ajaran …../…….. Saran  yang  dapat  peneliti  sampaikan,  hendaknya  Guru  dalammemberikan pembelajaran kepada anak  dengan permainan  dapat  dijadikan carabermain  sambil  belajar  dan  dapat  memunculkan  rasa  antusiasme  anak  dalambelajar.  Guru  tidak  hanya  memberikan  kegiatan  yang  hanya  membutuhkankemampuan  individu  anak  saja,  namun  harus  juga  memberikan  kegiatan  dan permainan  yang lebih inovatif untuk mengembangkan kreativitas seni rupa anak.

Kata Kunci : Kreativitas Seni Rupa Anak, Permainan Seni Mozaik


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Anak  merupakan  sosok  individu  yang  sedang  mengalami  prosesperkembangan  yang  sangat  fundamental  bagi  kehidupannya.  Serta merupakan  yang terdiri dari  satu kesatuan  jasmani dan rohani  yang utuhdengan  segala  struktur,  perangkat  biologis  dan  psikologis  sehinggamenjadi  sosok yang unik.  Keunikan seorang anak dapat dilihat dari cara dia berpikir yang direalisasikan dalam aktivitas nya, sehingga dapat jelas dibedakan  anak  yang  memiliki  sifat  tertentu  dan  kreativitas  tertentu. Semuanya distimulasi dengan situasi dan kondisi yang mendukung baik dari  intern  anak  itu  sendiri  maupun  ekstern  anak.  Stimulasi  eksternal dapat dimulai dengan pendidikan untuk anak usia dini yang masih dalam pembelajaran tahap awal, disini peran orang tua dan guru sangat penting sebagai pedoman dasar perkembangan anak.
Dalam  Undang-Undang  Sisdiknas  nomor 20  tahun 2003  peraturanpemerintah tentang pendidikan anak usia dini pasal 1 ayat 1, dinyatakan bahwa:  “Pendidikan  Anak  Usia  Dini  yang  selanjutnya  disebut  PAUD adalah  salah  satu  upaya  pembinaan  yang  ditujukan  kepada  anak  sejak lahir  sampai  berusia  6  tahun  yang  dilakukan  melalui  pemberian rangsangan  pendidikan  lebih  lanjut”.  Adapun  tujuan  dari  pendidikan anak usia dini  adalah untuk membantu  dalam  mengembangkan potensiyang  ada  pada  diri  anak.  Dalam  pendidikan  anak  usia  dini  terdapat aspek-aspek  yang  harus  dikembangkan  sebagai  potensi  atau  bakat untuk kehidupan nya mendatang.
Untuk mewujudkan pendidikan anak usia dini bukanlah hal  yang sederhana  tetapi  membutuhkan  pemikiran  yang  mendalam,  perlu banyak  pertimbangan  yang  sesuai  dengan  standar  kemampuan  anak didik  dan  berorientasi  pada  pembelajaran  yang  sudah  ditetapkan pemerintah  yang  semuanya  tertuang  dalam  satu kegiatan  simple  dan ringan  bagi  anak  didik,  hal  inilah  yang  biasanya  menjadi  problem pembelajaran dan pendidikan anak usia dini.
Dalam  rangka  mengembangkan  bakat  dan  minat  anak  tentunya diperlukan  planning  khusus  disertai  dengan  pelaksanaan  yang disesuaikan  dengan  kondisi  yang  ada.  Misal  nya  untuk mengembangkan  kreativitas  seni  rupa  anak,  guru  biasanya  melakukan pembelajaran yang bersifat integrative,  secara menyeluruh dan terpadu. Hal seperti ini memang mendukung berkembangnya aspek-aspek dasar kemampuan anak, tetapi mempunyai sisi kelemahan juga, seperti tidak ada pembelajaran  yang diprioritaskan artinya dalam pembelajaran  nya tidak mengandung suatu target yang harus dicapai anak.  Maka dari itu perlu adanya upaya dari guru untuk meningkatkan pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas seni rupa anak.Pendidikan  yang  perlu  diterapkan  untuk  mengembangkan kreativitas  seni  rupa  anak  dapat  berupa  pembelajaran  yang  secara dinamis untuk menemukan suatu karya sederhana tetapi bernilai tinggi. Proses  peningkatan  kreativitas  seni  rupa  anak  dapat  mengembangkan minat  dan  bakat  nya  dalam  bidang  seni  rupa.    Akan  tetapi, pembelajaran  dan  pendidikan  seni  rupa  pada  anak  usia  dini  terkesan monoton, kegiatannya lebih mengarah pada menggambar dan mewarnai dengan pensil warna.  Seperti  yang biasa dilakukan dan hal    itu terjadi secara kontinyu, sehingga anak merasa bosan dan secara tidak langsung dapat dikatakan mematikan bakat seni yang anak miliki.
Melalui pengembangan kreativitas seni khususnya seni rupa yang tepat dan benar diharapkan perkembangan mental peserta didik    seperti kepekaan  estetik  artistik,  daya  cipta,  intuitif,  imajinatif,  inovatif  dan kritis  terhadap  lingkungan  nya  sehingga  dapat  berkembang  secara optimal.  Melalui  perkembangan  kemampuan  dasar  tersebut  maka diharapkan mereka memiliki kesiapan belajar dibidang lain selain seni.
Pengembangan  kreativitas  seni  rupa  anak  memiliki  tujuan  agar anak  dapat  mengungkapkan  perasaan  dan  pikiran  nya  serta  imajinasi anak tentang diri dan lingkungan nya.  Dalam pembelajaran untuk anak usia  dini  dapat  dilakukan  dengan  menggunakan  cara  yang  sesuaikemampuan  anak  serta  dapat  mengasah  kemampuan  nya.  Adapun kegiatan  yang  berkaitan  dengan  kretivitas  seni  rupa  anak  antara  lain seperti  menggambar  bebas,  melukis,  dan  membuat  hal-hal  baru  yang terkesan kreatif seperti, kolase, mozaik, membatik dan lain nya.
Dari  beberapa  kegiatan  seni  rupa  yang  tertera  diatas,  peneliti memilih  menggunakan  pemainan  seni  mozaik  sebagai  pembaharuan dalampengembangan kreativitas  seni anak. Hal ini karena melihat dari sisi  kemudahan  dan  memberikan  peluang  untuk  anak  dapat menuangkan  ide  estetik  anak.  Adapun  yang  dimaksud  dengan permainan  seni  mozaik  secara  garis  besar  merupakan  kegiatan menempel  suatu  benda  yang  berbentuk  geometris  pada  bidang  yang sudah dipersiapkan. Untuk pelaksanaan nya bagi anak usia dini, hanya dilakukan  seperti  permainan  biasa,  jadi  dengan  mudah  anak  untuk memahaminya.
TK  Pertiwi  …………. Tahun  Ajaran …../……. sebagai  salah  satulembaga  pendidikan  yang  memegang  peranan  penting  dalam mempersiapkan  generasi penerus melalui pembelajaran yang dilakukan secara  kontinyu  dan  berkesinambungan.  Dalam  hal  Pengembangan kreativitas  seni  rupa  pada  anak,  yang  masih  perlu  diperhatikan  yaknikegiatan  eksplorasi  imajinasi  anak  kurang  kreatif  sebagai  akibat  dari minim nya  latihan mengasah pola pikirnya,  pendidikan seni rupa anak yang  dilakukan  guru  dapat  dikatakan  masih  sederhana  atau konvensional  karena  masih  mengandalkan  pembelajaran  yang monoton.  Model  pengembangan  kretivitas  seni  rupa  yang  sering digunakan  adalah  model  kegiatan  mengambar  dan  mewarnai  secara individu sehingga kurang menggali potensi anak.
Oleh  karena  itu  guru  perlu  mengubah  model  mengajar konvensional  dengan  penerapan  kegiatan  yang  lebih  aktif  seperti kegiatan  permainan  seni  mozaik.  Kegiatan  permainan  seni  mozaik merupakan  kegiatan  sederhana  namun  dapat meningkatkan  kreativitas seni  rupa  anak,  konsentrasi  dan  kesabaran.  Selain  prosesnya  yang melibatkan  keaktifan  dan  daya  pikir  anak,  hasilnya  juga  dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi anak, karena menghasilkan suatu benda yang cukup menarik.
Berdasarkan  uraian  diatas,  maka  peneliti  akan  melakukan peningkatan kreativitas seni rupa anak melalui permainan seni mozaik pada kelompok B TK  Pertiwi  …………. Tahun  Ajaran …../……..

B.  Identifikasi Masalah
1.   Rendahnya  pengembangan  kreativitas  seni  rupa  anak  dalam pembelajaran di kelas.
2.  Minimnya kegiatan yang menstimulasi kreativitas seni rupa anak.
3.   Tebatasnya  kegiatan  permainan  yang  mempengaruhi  peningkatan kreativitas seni rupa anak.
4.   Kurangnya  penggunaan  permainan  seni  mozaik  sebagai  upaya meningkatkan kreativitas seni rupa anak.

C. Pembatasan Masalah
Agar  penelitian  ini  lebih  terfokus  pada  objek,  maka  peneliti  akan membatasi  lingkup  masalah.  Adapun  lingkup  masalah  yang  akan dibahas  dalam  penelitian  ini  adalah  mengenai  peningkatan  kreativitas seni  rupa  anak melalui  permainan  seni  mozaik  pada  kelompok  B  TK  Pertiwi  …………. Tahun  Ajaran …../……..

D.  Rumusan Masalah
Sebagai  gambaran  tentang  arah  penelitian,  maka  rumusan permasalahannya  yaitu  :  bagaimana  peningkatan  kreativitas  seni  rupa anak  melalui  permainan  seni  mozaik  pada  kelompok  B  TK  Pertiwi  …………. Tahun  Ajaran …../…….

E. Tujuan Penelitian
1.   Tujuan umum
Untuk mencapai indikator yang sudah ditentukan dan menginspirasi pembelajaran  agar  lebih  bervariatif,  khususnya  pada  peningkatan kreativitas seni rupa anak.
2.  Tujuan khusus
Untuk  meningkatkan  kreativitas  seni  rupa anak  melalui  permainan seni mozaik pada kelompok B TK  Pertiwi  …………. Tahun  Ajaran …../……..

F. Manfaat Penelitian
Hasil  penelitian  ini  diharapkan  dapat  memberi  manfaat  bagi masing-masing pihak.
1.  Manfaat Teoretis
Hasil  penelitian  ini  diharapkan  dapat  menjadi  bahan  pertimbangan para pendidik, khususnya pendidik TK dalam melakukan permainan seni mozaik  yang dapat mengembangkan  kreativitas seni rupa  anak kelompok B TK  Pertiwi  …………. Tahun  Ajaran …../……..
2.    Manfaat Praktis
a.   Bagi Anak
Diharapkan  anak  dapat  termotivasi  untuk  mengikuti  pembelajaran sekaligus  dapat  meningkatkan  kemampuan  kreativitas  anak  serta minat dan bakat seni nya melalui permainan seni mozaik.
b.   Bagi Guru
Diharapkan guru mampu meningkatkan inovasi pembelajaran dengan melakukan  permainan  seni  mozaik  yang  dapat  mengembangkan kreativitas seni rupa anak.
c.  Bagi Sekolah
Agar  TK  Pertiwi  …………. Tahun  Ajaran …../…….dapat  memahami tentang  efektivitas permainan seni mozaik sehingga dapat dijadikan refrensi  dalam  kegiatan  pembelajaran  yang  menyenangkan, khususnya dalam meningkatkan kreativitas seni rupa pada anak.



bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.