Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Monday, 2 June 2014

PTK TK : UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN LAMBANG BILANGAN ANAK MELALUI PERMAINAN LOTTO ANGKA PADA KELOMPOK A TK ………………..……… TAHUN AJARAN .……../………



UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN LAMBANG BILANGAN ANAK MELALUI PERMAINAN LOTTO ANGKA  PADA
KELOMPOK A TK ………………..………  
TAHUN AJARAN .……../………

Abstrak

Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  kesadaran  pentingnya  pengenalan lambang  bilangan  pada  anak,  berdasarkan  pengamatan  terhadap  kegiatan menyebutkan  lambang  bilangan  di  kelas,  Kegiatan  ini  dapat  dilihat  ketika  guru meminta anak untuk menyebutkan urutan bilangan anak masih suka keliru dalam menyebutkan urutan bilangan, ditemukan adanya masalah kemampuan berhitung, membilang  dengan  menunjuk  angka  serta  mengenal  konsep  bilangan  dengan warna.  Untuk    mengetahui  permainan  lotto  angka  dapat  meningkatkan Kemampuan  pengenalan  lambang  bilangan  anak  di  Kelompok  A  TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……..  Permainan  lotto  angka  adalah permainan yang  dilakukan  anak  dengan  cara  anak  mengambil  kartu  lotto  kemudian  anak memasangkan angka yang sesuai.Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas.  Subjek  penelitian adalah anak didik TK TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../…….. pada kelompok A semester II, dengan jumlah 20 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi yang  dilakukan  guru  saat  pembelajaran  berlangsung  melalui  lembar  observasi. Penelitian  dilakukan  melalui  dua  siklus,  dengan  setiap  siklus  terdiri  dari  empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan data hasil kondisi awal sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas  diperoleh  keterangan  bahwa  presentase  ketuntasan  belajar  45%  belum mencapai  indikator.  Maka,  dilakukan  penelitian  di  TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……...  Penelitian  ini  menunjukkan  adanya peningkatan  yang  signifikan  terhadap  kemampuan  mengenal  lambang  bilangan anak  kelompok  A  TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……...  Hal  tersebut  dapat  dilihat  dari siklus  I  dengan  rata-rata  hasil  observasi  (aktivitas  siswa)  65%  (cukup)  dan akhirnya  pada  siklis  II  dengan  rata-rata  hasil  observasi  (aktivitas  siswa)  75% (baik). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan lotto angka dapat  meningkatkan  kemampuan  pengenalan  lambang  bilangan  anak  pada kelompok A semester II di TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……... Saran  yang  dapat  peneliti  sampaikan  hendaknya  dalam  proses pembelajaran  pengenalan  lambang  bilangan,  guru  harus  menciptakan pembelajaran  yang  aktif,  inovatif,  kreatif,  efektif,  menyenangkan,  gembira  dan berbobot.  Salah  satunya  yaitu  melalui  permainan  lotto  angka,  sehingga  tujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan dapat tercapai.

Kata kunci: Lambang Bilangan, Permainan Lotto Angka.


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Pendidikan  anak  usia  dini  sangat  penting  untuk  pertumbuhan  dan perkembangan  diri  anak.  Dengan  pendidikan  yang  berkualitas  akan menjadikan  bangsa  indonesia  bangsa  yang  maju  dan  bisa  memanfaatkan sumber  daya  manusia  yang  tangguh  dan  berkualitas.  Dengan  perhatian  dan kesadaran tehadap pendidikan anak maka membawa dampak yang positif bagi perkembangan anak yang selanjutnya.
Dalam  Undang-undang  Republik  Indonesia  No  Tahun  2003  tentang sistem  pendidikan  nasional,  menyatakan  bahwa  pendidikan  anak  usia  dini adalah  suatu upaya pembinaan yang di tunjukan pada anak sejak lahir sampai dengan  6  tahun  melalui  pemberian  rangsangan  pendidikan  untuk  membantu pertumbuhan  dan  perkembangan  jasmani  dan  rohani  agar  anak  memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.Pendidikan  anak  usia  dini  adalah  pelayanan  kepada  anak  mulai  lahir sampai  umur  8  tahun.  Taman  kanak–kanak  merupakan  salah  satu  bentuk pendidikan  prasekolah.  Pendidikan  prasekolah  adalah  pendidikan  yang  di awali dari pendidikan keluarga, di lanjutin  dengan play group, taman kanak–kanak dan Sekolah Dasar awal. Usaha ini di lakukan usia 4-6 tahun agar anak lebih siap mengikuti pendidikan selanjutnya. 
Dalam  kurikulum  KTSP mulai  diterapkan di  beberapa  lembaga  pendidikan  termasuk  di  taman  kanak-kanak  dan penerapan secara nasional pada tahun 2005. Mengembangkan  kemampuan  pengenalan  lambang  bilangan  anak dengan  cara  anak  diajak  berpikir  secara  numerik  atau  dalam  konteks  pola secara  urutan  logis,  atau  dalam  bentuk-bentuk  cara  berfikir  logis  yang  lain.Mengembangkan kemampuan pengenalan lambang bilangan anak dengan cara anak diajak melakukan permainan Lotto Angka sesuai pikiran dan angka yang anak lihat. TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……..merupakan sekolah yang berada di pedesaan tepatnya Kelurahan  ……….  Kecamatan …….  TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……..  mempunyai  1  kepala sekolah  dan  2  guru,  serta  mempunyai  anak  didik  kelompok  A  13  anak  dan kelompok  B  25  anak.  Kebanyakan  anak  didik  berasal  dari  keluarga  yang perekonomiannya  menengah  ke  bawah.  Banyak  orang  tua  murid  yang berpendidikan  rendah  mengharapkan  guru  mengajarkan  pada  anak-anaknya dapat  membaca,  menulis  dan  berhitung,  setelah  mereka  menyekolahkan anaknya di TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……... Latar  belakang  guru  yang  kebanyakan  lulusan  S1  tetapi  dari  jurusan selain  PAUD  membuat  guru  kurang  maksimal  dalam  memahami  anak  dan tahap-tahap perkembangan anak, Keadaan ini juga berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar serta keaktifan anak dalam setiap mengikuti kegiatan. Media pembelajaran  sangatlah  penting  karena  dengan  media   anak  dapat  secara langsung  melihat  dan  anak  juga  bisa  memainkan  media  tersebut  secara 3langsung,  sehingga  anak  lebih  faham  dan  pembelajaran  tersebut  bermakna bagi anak. Kondisi  di  lapangan  menunjukkan  bahwa  kurang  maksimalnya kemampuan pengenalan lambang bilangan anak dikarenakan kurangnya media pembelajaran  atau  alat  peraga  yang  masih  rendah  di  TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……...
Berdasarkan  pengamatan  terhadap  kegiatan  pengenalan  lambang  bilangan  di kelas,  ditemukan  adanya  masalah  menyebut  urutan  bilangan,  kemampuan berhitung,  membilang  dengan  menunjuk  angka  serta  mengenal  konsep bilangan dengan warna. Guru yang kurang aktif dan kurangnya inovasi dalam pembelajaran  membuat  anak  merasa  jenuh  dan  bosan  ketika  kegiatan pembelajaran berlangsung.  Pembelajaran di kelas guru menggunakan metode ceramah  yang  membuat  anak  kurang  aktif  sehingga  pembelajaran  kurang maksimal,  misalkan  dalam  pembelajaran  matematika  menyebut  urutan bilangan dengan menunjuk angka guru hanya melihatkan majalah yang isinya tentang angka kemudian anak di ajak untuk menunjuk angka tanpa di bimbing guru  sehingga  anak  pasif  serta tanpa  adanya  proses  pembelajaran  yang  aktif dan inovatif untuk anak, sehingga kemampuan anak dalam menggenal angka serta lambang bilangan   masih rendah.
Berdasarkan  latar  belakang  di  atas  penulis  tertarik  untuk  mengadakan penelitian  dengan  judul:  ”Upaya  meningkatkan  lambang  bilangan  anak melalui permainan lotto angka  di TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……..”.

B.  Identifikasi Masalah
Berdasarkan  latar  belakang  di  atas,  maka  masalah  yang  dapat  di identifikasi dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.  Rendahnya  kemampuan  anak  dalam  menyebut  urutan  bilangan.Kegiatan  ini  dapat  dilihat  ketika  guru  meminta  anak  untuk menyebutkan  urutan  bilangan  anak  masih  suka  keliru  dalam menyebutkan urutan bilangan.
2.  Rendahnya  kemampuan  anak  untuk  membilang  dengan  menunjuk angka.  Kegiatan  ini dapat dibuktikan ketika guru  meminta anak untuk menunjuk angka 6 tetapi anak masih bingung  sehingga anak menunjuk angka 9.
3.  Rendahnya kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan dengan warna.  Ketika kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media kartu lotto  angka  yang  ada  warnanya  anak  masih  sering  salah  dalam menyebut warna.
4.  Kurangnya  respon  peserta  didik  ketika  guru  mengajar.  Kegiatan  ini dapat  dibuktikan  ketika  pembelajaran  guru  menggunakan  metode ceramah  dan  kurangnya  media  pembelajaran  sehingga  anak  merasa jenuh dan bosan.

C.  Pembatasan Masalah
Agar pembatasan penelitian ini tidak meluas, maka perlu di berikan batasan  masalah.  Adapun  masalah  penelitian  ini  di  batasi  pada:peningkatan  kemampuan  pengenalan  lambang  bilangan  anak  melalui permainan lotto angka  untuk menunjukkan aktiviats yang eksploratif pada kelompok A TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……...

D.  Rumusan Masalah
Adapun  rumusan  masalah  yang  di  rumuskan  dalam  penelitian  ini adalah  Bagaimana  meningkatkan  kemampuan  pengenalan  lambang bilangan  anak  melalui  permainan  lotto  angka  pada  kelompok  A  TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……..?

E.  Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah:
1.  Secara Umum
Meningkatkan kemampuan pengenalan lambang bilangan anak melalui lotto  angka  pada  peserta  didik  kelas  A  T TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……...
2.  Secara Khusus
a.  Untuk  meningkatkan  kemampuan  pengenalan  lambang  bilangan anak melalui permainan lotto angka pada peserta didik kelas A TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……...
b.  Untuk  mengetahui  seberapa  besar  peningkatan  kemampuan pengenalan lambang bilangan anak melalui permainan lotto angka pada  peserta  didik  kelas  A  TK  ……….  Tahun  Ajaran  …../……...

F.  Manfaat Penelitian
Selain  tujuan  yang  ingin  dicapai,  diharapkan  penelitian  ini  juga memberikan manfaat. Manfaat yang di harapkan dari penelitian ini adalah:
1.  Manfaat Teoritis
Hasil  penelitian  ini  di  harapkan  dapat  bermanfaat  secara  teoritis sebagai  alat  pengembangan  ilmu  pengetahuan  tentang  kemampuan pengenalan lambang bilangan anak dan permainan lotto angka.
2.  Manfaat Praktis
a.  Bagi Kepala Sekolah
1)  Untuk  memberikan  masukan  kepada  guru  dalam  inovasi pembelajaran di TK.
2)  Penelitian yang di lakukan ini di harapkan dapat meningkatkan kemampuan pengenalan lambang bilangan dan ke aktivan serta perkembangan anak.
b.  Bagi Guru
1)  Kemampuan  pengenalan  lambang  bilangan  anak  melalui permainan  lotto  angka  dapat  memecahkan  masalah  di  dalam kelas bagi anak yang cenderung pasif. 
2)  Menjadikan  acuan  wawasan  bagi  guru  untuk  membuat pembelajaran bermain lotto angka lebih kreatif dan inovati f.
c.  Bagi Siswa
1)  Pada  saat  bermain  permainan  lotto  angka  anak  dapat  melatih kemampuan pengenalan lambang bilangan anak.
2)  Menjadikan  suasana  pembelajan  yang  menyenangkan  bagi anak.
d.  Bagi Peneliti
Menambah  pengalaman  peneliti  dalam  penelitian  yang  terkait dengan  peningkatan  kemampuan  pengenalan  lambang  bilangan anak melalui permainan lotto angka.