UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN LAMBANG BILANGAN ANAK MELALUI PERMAINAN
LOTTO ANGKA PADA
KELOMPOK A TK ………………..………
TAHUN AJARAN .……../………
Abstrak
Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh kesadaran
pentingnya pengenalan
lambang bilangan pada
anak, berdasarkan pengamatan
terhadap kegiatan
menyebutkan lambang bilangan
di kelas, Kegiatan
ini dapat dilihat
ketika guru meminta anak untuk
menyebutkan urutan bilangan anak masih suka keliru dalam menyebutkan urutan
bilangan, ditemukan adanya masalah kemampuan berhitung, membilang dengan
menunjuk angka serta
mengenal konsep bilangan
dengan warna. Untuk mengetahui
permainan lotto angka
dapat meningkatkan Kemampuan pengenalan
lambang bilangan anak
di Kelompok A
TK ………. Tahun
Ajaran …../…….. Permainan
lotto angka adalah permainan yang dilakukan
anak dengan cara
anak mengambil kartu
lotto kemudian anak memasangkan angka yang sesuai.Jenis penelitian
ini adalah penelitian
tindakan kelas. Subjek
penelitian adalah anak didik TK TK
………. Tahun Ajaran
…../…….. pada kelompok A semester II, dengan jumlah 20 siswa. Data
penelitian diperoleh melalui observasi yang
dilakukan guru saat
pembelajaran berlangsung melalui
lembar observasi. Penelitian dilakukan
melalui dua siklus,
dengan setiap siklus
terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Berdasarkan data hasil kondisi awal sebelum dilakukan
penelitian tindakan kelas diperoleh keterangan
bahwa presentase ketuntasan
belajar 45% belum mencapai indikator.
Maka, dilakukan penelitian
di TK ……….
Tahun Ajaran …../……...
Penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan yang signifikan
terhadap kemampuan mengenal
lambang bilangan anak kelompok
A TK ……….
Tahun Ajaran …../……...
Hal tersebut dapat
dilihat dari siklus I
dengan rata-rata hasil
observasi (aktivitas siswa)
65% (cukup) dan akhirnya
pada siklis II
dengan rata-rata hasil
observasi (aktivitas siswa)
75% (baik). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan
lotto angka dapat meningkatkan kemampuan
pengenalan lambang bilangan
anak pada kelompok A semester II
di TK ………. Tahun
Ajaran …../……... Saran yang
dapat peneliti sampaikan hendaknya
dalam proses pembelajaran pengenalan
lambang bilangan, guru
harus menciptakan
pembelajaran yang aktif,
inovatif, kreatif, efektif,
menyenangkan, gembira dan berbobot.
Salah satunya yaitu
melalui permainan lotto
angka, sehingga tujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal
lambang bilangan dapat tercapai.
Kata kunci: Lambang Bilangan,
Permainan Lotto Angka.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan anak
usia dini sangat
penting untuk pertumbuhan
dan perkembangan diri anak.
Dengan pendidikan yang
berkualitas akan menjadikan bangsa
indonesia bangsa yang
maju dan bisa
memanfaatkan sumber daya manusia
yang tangguh dan
berkualitas. Dengan perhatian
dan kesadaran tehadap pendidikan anak maka membawa dampak yang positif
bagi perkembangan anak yang selanjutnya.
Dalam Undang-undang
Republik Indonesia No
Tahun 2003 tentang sistem pendidikan
nasional, menyatakan bahwa
pendidikan anak usia
dini adalah suatu upaya pembinaan
yang di tunjukan pada anak sejak lahir sampai dengan 6
tahun melalui pemberian
rangsangan pendidikan untuk
membantu pertumbuhan dan perkembangan
jasmani dan rohani
agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan
lebih lanjut.Pendidikan anak usia
dini adalah pelayanan
kepada anak mulai
lahir sampai umur 8
tahun. Taman kanak–kanak
merupakan salah satu
bentuk pendidikan
prasekolah. Pendidikan prasekolah
adalah pendidikan yang
di awali dari pendidikan keluarga, di lanjutin dengan play group, taman kanak–kanak dan
Sekolah Dasar awal. Usaha ini di lakukan usia 4-6 tahun agar anak lebih siap
mengikuti pendidikan selanjutnya.
Dalam kurikulum
KTSP mulai diterapkan di beberapa
lembaga pendidikan termasuk
di taman kanak-kanak
dan penerapan secara nasional pada tahun 2005. Mengembangkan kemampuan
pengenalan lambang bilangan
anak dengan cara anak
diajak berpikir secara
numerik atau dalam
konteks pola secara urutan
logis, atau dalam
bentuk-bentuk cara berfikir
logis yang lain.Mengembangkan kemampuan pengenalan
lambang bilangan anak dengan cara anak diajak melakukan permainan Lotto Angka
sesuai pikiran dan angka yang anak lihat. TK
………. Tahun Ajaran
…../……..merupakan sekolah yang berada di pedesaan tepatnya
Kelurahan ………. Kecamatan …….
TK ………. Tahun
Ajaran …../…….. mempunyai
1 kepala sekolah dan 2 guru,
serta mempunyai anak
didik kelompok A
13 anak dan kelompok
B 25 anak.
Kebanyakan anak didik
berasal dari keluarga
yang perekonomiannya
menengah ke bawah.
Banyak orang tua
murid yang berpendidikan rendah
mengharapkan guru mengajarkan
pada anak-anaknya dapat membaca,
menulis dan berhitung,
setelah mereka menyekolahkan anaknya di TK ………. Tahun Ajaran
…../……... Latar belakang guru
yang kebanyakan lulusan
S1 tetapi dari
jurusan selain PAUD membuat
guru kurang maksimal
dalam memahami anak
dan tahap-tahap perkembangan anak, Keadaan ini juga berpengaruh pada
kegiatan belajar mengajar serta keaktifan anak dalam setiap mengikuti kegiatan.
Media pembelajaran sangatlah penting
karena dengan media
anak dapat secara langsung melihat
dan anak juga
bisa memainkan media
tersebut secara 3langsung, sehingga
anak lebih faham
dan pembelajaran tersebut
bermakna bagi anak. Kondisi
di lapangan menunjukkan
bahwa kurang maksimalnya kemampuan pengenalan lambang
bilangan anak dikarenakan kurangnya media pembelajaran atau
alat peraga yang
masih rendah di TK ……….
Tahun Ajaran …../……...
Berdasarkan pengamatan
terhadap kegiatan pengenalan
lambang bilangan di kelas,
ditemukan adanya masalah
menyebut urutan bilangan,
kemampuan berhitung, membilang dengan
menunjuk angka serta
mengenal konsep bilangan dengan
warna. Guru yang kurang aktif dan kurangnya inovasi dalam pembelajaran membuat
anak merasa jenuh
dan bosan ketika
kegiatan pembelajaran berlangsung.
Pembelajaran di kelas guru menggunakan metode ceramah yang
membuat anak kurang
aktif sehingga pembelajaran
kurang maksimal, misalkan dalam
pembelajaran matematika menyebut
urutan bilangan dengan menunjuk angka guru hanya melihatkan majalah yang
isinya tentang angka kemudian anak di ajak untuk menunjuk angka tanpa di bimbing
guru sehingga anak
pasif serta tanpa adanya
proses pembelajaran yang
aktif dan inovatif untuk anak, sehingga kemampuan anak dalam menggenal angka
serta lambang bilangan masih rendah.
Berdasarkan latar
belakang di atas
penulis tertarik untuk
mengadakan penelitian dengan judul:
”Upaya meningkatkan lambang
bilangan anak melalui permainan
lotto angka di TK ……….
Tahun Ajaran …../……..”.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar
belakang di atas,
maka masalah yang
dapat di identifikasi dalam
penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Rendahnya
kemampuan anak dalam
menyebut urutan bilangan.Kegiatan ini
dapat dilihat ketika
guru meminta anak
untuk menyebutkan urutan bilangan
anak masih suka
keliru dalam menyebutkan urutan
bilangan.
2. Rendahnya
kemampuan anak untuk
membilang dengan menunjuk angka. Kegiatan
ini dapat dibuktikan ketika guru
meminta anak untuk menunjuk angka 6 tetapi anak masih bingung sehingga anak menunjuk angka 9.
3. Rendahnya kemampuan anak dalam mengenal
konsep bilangan dengan warna. Ketika
kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media kartu lotto angka
yang ada warnanya
anak masih sering
salah dalam menyebut warna.
4. Kurangnya
respon peserta didik
ketika guru mengajar.
Kegiatan ini dapat dibuktikan
ketika pembelajaran guru
menggunakan metode ceramah dan
kurangnya media pembelajaran
sehingga anak merasa jenuh dan bosan.
C. Pembatasan Masalah
Agar pembatasan penelitian ini
tidak meluas, maka perlu di berikan batasan
masalah. Adapun masalah
penelitian ini di
batasi pada:peningkatan kemampuan
pengenalan lambang bilangan
anak melalui permainan lotto
angka untuk menunjukkan aktiviats yang
eksploratif pada kelompok A TK ………. Tahun
Ajaran …../……...
D. Rumusan Masalah
Adapun rumusan
masalah yang di
rumuskan dalam penelitian
ini adalah Bagaimana meningkatkan
kemampuan pengenalan lambang bilangan anak
melalui permainan lotto
angka pada kelompok
A TK ……….
Tahun Ajaran …../……..?
E. Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin di capai dalam
penelitian ini adalah:
1. Secara Umum
Meningkatkan kemampuan pengenalan
lambang bilangan anak melalui lotto
angka pada peserta
didik kelas A T TK ……….
Tahun Ajaran …../……...
2. Secara Khusus
a. Untuk
meningkatkan kemampuan pengenalan
lambang bilangan anak melalui
permainan lotto angka pada peserta didik kelas A TK ……….
Tahun Ajaran …../……...
b. Untuk
mengetahui seberapa besar
peningkatan kemampuan pengenalan
lambang bilangan anak melalui permainan lotto angka pada peserta
didik kelas A TK ……….
Tahun Ajaran …../……...
F. Manfaat Penelitian
Selain tujuan
yang ingin dicapai,
diharapkan penelitian ini
juga memberikan manfaat. Manfaat yang di harapkan dari penelitian ini
adalah:
1. Manfaat Teoritis
Hasil penelitian
ini di harapkan
dapat bermanfaat secara
teoritis sebagai alat pengembangan
ilmu pengetahuan tentang
kemampuan pengenalan lambang bilangan anak dan permainan lotto angka.
2. Manfaat Praktis
a. Bagi Kepala Sekolah
1) Untuk
memberikan masukan kepada
guru dalam inovasi pembelajaran di TK.
2) Penelitian yang di lakukan ini di harapkan
dapat meningkatkan kemampuan pengenalan lambang bilangan dan ke aktivan serta
perkembangan anak.
b. Bagi Guru
1) Kemampuan
pengenalan lambang bilangan
anak melalui permainan lotto
angka dapat memecahkan
masalah di dalam kelas bagi anak yang cenderung
pasif.
2) Menjadikan
acuan wawasan bagi
guru untuk membuat pembelajaran bermain lotto angka
lebih kreatif dan inovati f.
c. Bagi Siswa
1) Pada
saat bermain permainan
lotto angka anak
dapat melatih kemampuan
pengenalan lambang bilangan anak.
2) Menjadikan
suasana pembelajan yang
menyenangkan bagi anak.
d. Bagi Peneliti
Menambah pengalaman
peneliti dalam penelitian
yang terkait dengan peningkatan
kemampuan pengenalan lambang
bilangan anak melalui permainan lotto angka.