Lencana Facebook

banner image

Monday 10 November 2014

PTK KELAS 1 SEKOLAH DASAR







UPAYA  MENINGKATKAN  MOTIVASI  DAN  PRESTASI  BELAJAR  MELALUI PENERAPAN PENERAPAN PENDEKATAN KONSTEKTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI NILAI TEMPAT
PULUHAN DAN SATUAN  PADA SISWA  KELAS I
SD NEGERI ………………….



Diajukan pada
Penilaian Angka Kredit Unsur Pengembangan Profesi Guru
 untuk Kenaikan Pangkat dari Golongan …… ke …..








Oleh

...............................................
NIP  ......................







UNIT PELAKSANA TEKNIS
DINAS PENDIDIKAN …………………….
SEKOLAH DASAR ……………………………. 
Jln. ……………………………
201….
LEMBAR PENGESAHAN


1.    a. Judul Penelitian                    :    Upaya  Meningkatkan  Motivasi  dan  Prestasi  Belajar  Melalui Penerapan Penerapan Pendekatan Konstektual dalam Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat  Puluhan dan Satuan  Pada Siswa  Kelas I  SD Negeri ………………….
      b.   Bidang Ilmu                         : Bahasa Indonesia
      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : …………………..
      b.   NIP                                      :  ………………….
      c.   Pangkat / Golongan             : ………………..
      d.   Jabatan                                 : ………………..
      e.   Instansi                                 : SD Negeri..................
      f.    Tempat Penelitian                :  SD Negeri ...................
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ………. sampai dengan Bulan …………)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya

………………………….
Peneliti


………………………..
NIP. ………………..

Mengetahui/Mengesahkan

Kepala UPT ……………




………………….
NIP……………..
.
Kepala Sekolah




…………………
NIP………………
Petugas Perpustakaan




…………………………

Upaya  Meningkatkan  Motivasi  dan  Prestasi  Belajar  Melalui Penerapan Penerapan Pendekatan Konstektual dalam Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat  Puluhan dan Satuan  Pada Siswa  Kelas I  SD Negeri ………………….

Oleh

……………………………….
Guru SDN …………….


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya prestasi belajar siswa dalam konsep nilai tempat puluhan dan satuan. Hasil observasi awal menunjukkan siswa masih kurang memahami materi karena kurang optimal dan kreatifnya guru dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan penerapan pendekatan konstektual diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.  Rumusan masalahnya adalah apakah  penerapan penerapan pendekatan konstektual dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa, sedangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa melalui penerapan penerapan pendekatan konstektual.
Penelitian ini dilakukan melalui proses pengkajian berdaur (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Data hasil belajar diambil dengan perangkat tes berupa tes objektif, data motivasi belajar diambil melalui lembar observasi. Teknis analisis menggunakan teknik deskriptif komparatif.
Hasil pembelajaran dengan penerapan pendekatan konstektual terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan motivasi dari 11 siswa (42,31%), naik menjadi 16 siswa (61,54%), dan 100% atau 26 siswa pada siklus terakhir, dan peningkatan prestasi belajar dari rata-rata 58,08, naik menjadi 65,77, dan 75,38 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak  5 siswa (19,23%) menjadi  53,85% atau 14 siswa, dan 24 siswa atau 92,31% pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah penerapan pendekatan konstektual mampu meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas  I SDN ………….. dalam pembelajaran matematika materi nilai tempat  puluhan dan satuan.

Kata Kunci:  konstektual, motivasi, prestasi belajar







KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan karunia-Nyalah sehingga saya dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri …………  dengan lancar.
Penelitian ini merupakan salah satu syarat dalam rangka memenuhi Diajukan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan …. ke .. yang telah saya laksanakan dari awal ……….. sampai dengan akhir ………….
Selesainya penyusunan ini berkat bantuan dari berbagai pihak oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada yang terhormat:
1.      Kepala sekolah ……….  yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
2.      Kepala UPT ………….. yang telah memberi pengesahan terhadap laporan PTK ini.
3.      Bapak dan Ibu Guru SD ………..  yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
Serta kerabat-kerabat dekat dan rekan-rekan seperjuangan yang penulis banggakan. Semoga Allah SWT, memberikan balasan atas kebaikan yang telah diberikan kepada penulis. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.

…………., ………………….
Peneliti



DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iv
KATA PENGANTAR.......................................................................................      v
DAFTAR ISI.....................................................................................................     vi
DAFTAR TABEL..............................................................................................    vii
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................   viii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................     ix

BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang.......................................................................       
B.      Identifikasi Masalah...............................................................       
C.      Analisis Masalah.....................................................................       
D.      Alternatif  Pemecahan Masalah..............................................       
E.       Rumusan Masalah...................................................................       
F.       Tujuan Penelitian ...................................................................       
G.      Manfaat Penelitian..................................................................       
BAB      II     KAJIAN PUSTAKA
A.    Kajian Teori............................................................................       
B.     Kerangka Pikir........................................................................       
C.     Hipotesis Tindakan.................................................................       
BAB     III    PELAKSANAAN PENELITIAN
A.      Subjek, Tempat dan Waktu Penelitian...................................       
B.      Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran...............................       
C.      Teknik Pengumpulan Data ....................................................       
D.      Validitas Data.........................................................................       
E.       Teknik Analisa Data...............................................................       
F.       Indikator Keberhasilan...........................................................       

BAB     IV    HASIL DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Hasil Per Siklus.......................................................       
B.   Pembahasan  Hasil Penelitian.................................................       

BAB      V     SIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran ......................................................................................       
C.   Tindak Lanjut.........................................................................       

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN




DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                             Halaman
Tabel   4.1     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat Puluhan dan Satuan pada Kondisi Awal........................................................................       
Tabel   4.2     Tabel Pemahaman Siswa Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat Puluhan dan Satuan pada Kondisi Awal ................................................................................       
Tabel   4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat Puluhan dan Satuan pada Siklus I..................................................................................       
Tabel   4.3     Rekapitulasi Hasil Observasi pada Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat Puluhan dan Satuan pada Siklus I......................................................................       
Tabel   4.5     Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Siswa Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat Puluhan dan Satuan pada Siklus I...............................................................       
Tabel   4.6     Refleksi Tindakan Siklus 1............................................................       
Tabel   4.7     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat Puluhan dan Satuan pada Siklus II.................................................................................       
Tabel   4.8     Tabel Peningkatan Motivasi Siswa Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat Puluhan dan Satuan pada Siklus II.....................................................................       
Tabel   4.9     Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Siswa Pembelajaran Matematika Nilai Tempat Puluhan dan Satuan pada Siklus II.....................................................................       
Tabel   4.10   Refleksi Tindakan Siklus 2............................................................       
Tabel   4.11   Rekapitulasi Ketuntasan Prestasi belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat Puluhan dan Satuan pada Kondisi awal, Siklus I dan Siklus II....       
Tabel   4.12   Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat Puluhan dan Satuan pada Kondisi awal, Siklus I dan Siklus II                      






DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                         Halaman

Gambar 4.1 Diagram Batang Perbandingan Angka Nilai Rerata Motivasi Belajar, dan Siswa Belum Tuntas pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran ..................................       
Gambar 4.2 Grafik Peningkatan Motivasi Belajar pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran                  


















DAFTAR LAMPIRAN


Lampiran    1   Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2   Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    3   Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
Lampiran    4   Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
Lampiran    5   Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    6   Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    7   Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    8   Daftar Hadir Guru/Peneliti dan Observer
Lampiran    9   Daftar Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    10 Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II


                  

bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan

klik DOWNLOAD

atau hub. 081327121707 terima kasih.