Lencana Facebook

banner image

Sunday 17 January 2021

PTK SOSIOLOGI SMA

 

Loggo

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

 

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MATERI PERUBAHAN SOSIAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING  TIPE STAD SISWA KELAS XII ISS-1

SMAN .............................. SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

 

 

 

Diajukan untuk Memenuhi  Salah Satu Persyaratan

Kenaikan Pangkat Dari Golongan III/c ke III/d

Unsur Pengembangan Profesi Guru

 

 

 

 

 

 

Oleh

 

.............................

NIP. .............................

 

 

 

 

 

SMAN ..............................

Alamat : Jl. …………………………………………………………..

 Provinsi ……………………

2018

LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

(Classsroom Action Research)

 

1.   a.   Judul Penelitian          :    Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Sosiologi Materi Perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning  Tipe STAD Siswa Kelas XII ISS-1 SMAN .............................. Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019

      b.   Jenis Penelitian           :    Penelitian Tindakan Kelas

2.    Identitas Peneliti

            a.                                 Nama Lengkap            :           .............................

            b.                                 NIP      :           .............................

            c.                                 Pangkat / Golongan     :           Penata, III/c

            d.                                Jabatan             :           Guru Mata Pelajaran

            e.                                 Sekolah            :           SMAN ..............................

3.     Jumlah peneliti               :    1 orang

4.     Lokasi                             :    SMAN ..............................

5.     Jangka waktu                 :    3 (tiga) bulan  mulai September 2018 sampai dengan November 2018

 

                 Mengetahui                                      ............................., 19 November 2018

              Kepala Sekolah                                                            Peneliti

 

 

 

          …………………….                                               .............................

        NIP. …………………                                         NIP. .............................

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

 

……………………………

NIP. …………………..

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRAK

 

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa permasalahan yang dialami oleh siswa yaitu rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa sebagai akibat dari ketidaktertarikan siswa dalam belajar Sosiologi. Luasnya materi pembelajaran Sosiologi yang harus dihafal mengakibatkan siswa mengalami kejenuhan sedangkan  dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah saja. Upaya yang dilakukan untuk memperbaiki permasalahan di atas adalah melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning  tipe STAD. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XII ISS-1 SMAN .............................. sebanyak 30 orang siswa. Tahapan dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan menggunakan metode observasi dan teknik tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisa data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil analisis data  penelitian pada aspek motivasi belajar mengalami peningkatan dari 33,33% atau 10 siswa  pada studi awal menjadi, 60,00% atau 18 siswa, meningkat menjadi 93,33% atau 28 siswa pada siklus terakhir.  Peningkatan hasil belajar dari 63,50 meningkat menjadi 70,67 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 81,33  pada akhir siklus kedua serta didukung dengan peningkatan pada keadaan awal sebanyak 8 siswa (26,67%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan  penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD pada siklus I meningkat menjadi 17 siswa atau 56,67% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi  26 siswa atau  86,67%. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa metode problem solving terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII ISS-1 SMAN ...............................

 

Kata Kunci : motivasi, hasil belajar, cooperative learning  tipe STAD

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

            Puji syukur peneliti panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah senantiasa melimpahkan rahmat dan taufik-Nya sehingga Penelitian Tindakan Kelas, yang berjudul “Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Sosiologi Materi Perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning  Tipe STAD Siswa Kelas XII ISS-1 SMAN .............................. Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019”,  dapat disusun sebagaimana mestinya.

            Selesainya pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu ucapan terima kasih peneliti sampaikan kepada:

1.      Pengawas Sekolah memberikan pengarahan, bimbingan dan pengesahan dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini.

2.      Kepala SMAN .............................. yang telah memberikan saran, ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.

3.      Bapak dan Ibu Guru SMAN ..............................  yang telah membimbing dan memotivasi serta mengarahkan peneliti hingga kegiatan pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah  ini dapat terselesaikan dengan lancar.

Akhirnya, dengan segala kerendahan hati peneliti menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, maka pada kesempatan ini peneliti mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan dari segenap pembaca. Akhir kata peneliti do’a kan semoga semua amal yang diberikan mendapat imbalan dari Allah SWT, dan semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.

                                                                                        

.............................,    November 2018

 

Peneliti


DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii

ABSTRAK..........................................................................................................    iii

KATA PENGANTAR........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................     1

B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     4

C.  Rumusan Masalah .......................................................................     5

D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     5

E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     5

 

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................     7

B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................   22

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   24

 

BAB    III METODE PENELITIAN         

A.  Setting Penelitian.........................................................................   25

B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   25

C.  Subjek Penelitian..........................................................................   27

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   28

E.   Validasi Data...............................................................................   29

F.   Analisis Data................................................................................   29

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   30

H.  Indikator Keberhasilan ................................................................   35

 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   36

B.  Hasil Penelitian............................................................................   49

C.  Pembahasan.................................................................................   53

 

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  

A.  Simpulan .....................................................................................   58

B.  Saran ...........................................................................................   59

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

DAFTAR TABEL

 

TABEL                                                                                                       Halaman

 

Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Motivasi Belajar Siswa...................................      30

Tabel   4.1     Hasil Tes Formatif Kondisi Awal................................................      37

Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Kondisi Awal                                                                                                                38

Tabel   4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Sosiologi pada  Siklus I                        41

Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Siklus I                     42

Tabel   4.5     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Sosiologi pada  Siklus II                      46

Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Siklus II                   47

Tabel   4.7     Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II               50

Tabel   4.8     Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus I dan Siklus II             51

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

GAMBAR                                                                                                  Halaman

 

Gambar 2.1     Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas.........................      23

Gambar 3.1     Daur PTK (dimodifikasi dari Arikunto, 2006 : 46)..................      26

Gambar  4.1     Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                      51

Gambar  4.2     Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II                    51

Gambar  4.3     Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa Pada Siklus I dan II           .................................................................................................. 52

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian

Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran    3     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I

Lampiran    4     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II

Lampiran    5.a  Lembar Kerja Siswa Siklus  I, Lembar Tes Formatif Siklus I, Lembar Kerja Siswa Siklus  I, Lembar Tes Formatif Siklus I

                   5.b  Lembar Observasi Peningkatan Partisipasi Belajar Siswa

Lampiran    6     Daftar Nilai Tes Hasil Belajar Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

Lampiran    7     Daftar Nilai Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

Lampiran    8     Daftar Hadir Siswa

Lampiran    9     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa

Lampiran    10   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II

Lampiran    11   Berkas Pelaksanaan  Seminar Penelitian Tindakan Kelas

 

BAB I
PENDAHULUAN

 

A.      Latar Belakang Masalah

Memasuki abad ke-21 ini, kualitas kehidupan bangsa ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan bangsa yang cerdas, damai, dan demokratis. Menurut Jean Pieget pendidikan sebagai penghubung dua sisi, disatu sisi individu yang sedang tumbuh dan disisi lain nilai sosial, intelektual, dan moral yang menjadi tanggung jawab pendidik untuk mendorong individu tersebut (Sagala, 2011:1). Seperti sekarang ini, di Indonesia kebanyakan sekolah telah menggunakan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013. Didalam kurikulum 2013 ini terdapat beberapa prinsip pembelajaran yang diharapkan menunjang mutu pendidikan Indonesia. Diantara prinsip-prinsip pada kurikulum 2013 yaitu mendorong siswa menjadi peserta didik yang aktif, jika biasanya kegiatan pembelajaran dimulai dengan penyampaian informasi dari guru, maka kurikulum 2013 ini dimulai dengan siswa mengamati fenomena atau peristiwa tertentu sehingga guru dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa terhadap fenomena atau peristiwa tersebut. Sehingga pada kurikulum 2013 ini guru hanya bertindak sebagai motivator dan fasilitator, namun pada akhir kegiatan inti guru juga memberikan penjelasan penyempurnaan dari kegiatan siswa.

Pelajaran Pendidikan Sosiologi sebagai salah satu mata pelajaran di lembaga pendidikan memiliki peran penting yang sangat strategis dalam pembinaan kompetensi peserta didik. Adapun menurut Darsono Wisadirana (2014:9-10, Sosiologi dapat didefinisikan “sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hidup dan kehidupan masyarakat dan sosiologi memusatkan perhatian pada segi-segi masyarakat yang bersifat umum”. Maka dari itu, pemerintah dan guru harus bekerjasama untuk menciptakan suatu pembelajaran yang baik. Salah satunya adalah dalam meningkatkan kualitas mata pelajaran Sosiologi yang bertujuan supaya siswa bisa menguasai mata pelajaran tersebut, tentunya dengan minat yang tinggi. Kualitas pembelajaran Sosiologi yang dilaksanakan guru dan siswa sangat ditentukan oleh kualitas metode pembelajaran yang dirancang oleh guru. Menentukan metode pembelajaran Sosiologi merupakan langkah yang paling penting, dalam hal ini seorang guru harus mengetahui terlebih dahulu macam macam aspek pembelajaran yang diajarkan, baik itu aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik.

Dalam pengembangan pembelajaran sosiologi banyak siswa yang kurang menyerap pelajaran yang diberikan, hal ini disebabkan kurangnya minat belajar siswa bahkan proses belajar mengajar Sosiologi sendiri sampai saat ini belum mencapai efektif. Biasanya guru hanya mengacu pada satu metode saja, atau hanya diskusi biasa saja tanpa mengacu pada pemahaman maupun keterampilan siswa yang seharusnya dilatih, sehingga siswa merasa bosan, tidak merasa dilibatkan secara aktif dan akhirnya siswa tidak memahami materi yang diajarkan guru. Dalam kegiatan belajar yang pasif maka siswa tidak bisa berkontribusi dalam membangun pengetahuan. Jika keadaan ini dibiarkan terus menerus dalam waktu yang panjang, tentu akan berpengaruh bagi minat belajar siswa, baik pada pelajaran Sosiologi maupun pada pelajaran lainnya, dan akan memberikan dampak yang buruk pula bagi pertumbuhan pendidikan nasional.

Dari penjabaran di atas, jelas bahwa penyelenggaraan mata pelajaran sosiologi di SMA/MA merupakan sebuah sarana untuk mengembangkan dan melatih siswa agar dapat menguasai pengetahuan, konsep dan prinsip sosiologi, memiliki kecakapan ilmiah dan keterampilan berpikir kritis. Hal ini menunjukan bahwa dengan belajar sosiologi maka keterampilan berpikir kritis siswa dapat dikembangkan. Tujuan dari pembelajaran sosiologi tersebut akan tercapai jika dalam proses pembelajarannya berjalan dengan baik. Pada kenyataannya, yang terjadi di lapangan masih belum sesuai dengan fungsi dan tujuan yang diharapkan

Salah  satu  masalah  yang  dihadapi  adalah  masalah lemahnya  proses  pembelajaran.  Banyaknya siswa yang tidak menyukai mata pelajaran sosiologi disebabkan oleh banyaknya materi pembelajaran yang harus dihafal. Begitu juga dalam  proses  pembelajaran,  siswa  kurang didorong  untuk  mengembangkan  kemampuan  berfikir.  Proses  pembelajaran  di dalam kelas diarahkan kepada kemampuan siswa untuk menghafal informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya itu untuk menghubungkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Guru  merupakan  komponen  yang  sangat  penting,  sebab  keberhasilan pelaksanaan proses pendidikan sangat tergantung pada guru sebagai ujung tombak. Oleh  karena  itu  upaya  peningkatan  kualitas  pendidikan  seharusnya  dimulai  dari pembenahan kemampuan guru. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah bagaimana merancang suatu strategi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan atau kompetensi  yang  akan  dicapai,  karena  kita  yakin  tidak  semua  tujuan  bisa  dicapai oleh hanya satu strategi saja. 

Seperti halnya kegiatan pembelajaran di tempat peneliti bertugas yaitu di SMAN ........................ untuk mata pelajaran  Sosiologi pada kelas XII ISS-1, peneliti  menemukan hasil yang cukup rendah.  Dari  30 siswa di kelas XII ISS-1 hanya 8 siswa (26,67%)  saja yang mencapai tingkat penguasaan materi 85% ke atas atau yang mendapatkan nilai minimal sama dengan KKM sebesar 75, sedangkan 22 orang siswa (73,33%) dinyatakan belum tuntas karena memperoleh nilai di bawah KKM, dengan perolehan rata-rata hasil belajar secara klasikal sebesar 63,50.

Untuk  itu  guru  perlu  menggunakan  beragam  metode  yang  menyediakan beragam  pengalaman  belajar  melalui  contoh  dan  bukti  yang  kontekstual.  Untuk menciptakan  kegembiraan  dalam  proses  pembelajaran,  mengurangi  keabstrakan dan meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis maka harus diterapkan metode  mengajar  yang  baik.  Siswa  akan  lebih  mudah  memahami  suatu  konsep jika  dalam  belajar  siswa  dapat  menggunakan  sebanyak  mungkin  indera  dan berinteraksi dengan isi pembelajaran. Apalagi pembelajaran Sosiologi merupakan mata pelajaran  yang  sarat  dengan materi pengayaan sehingga  siswa  dituntut  memiliki  pemahaman  yang holistik terhadap materi yang disampaikan guru.  

Diantara  berbagai  model  pembelajaran,  satu  diantaranya  adalah  model  Cooperative Learning tipe STAD, yaitu pembelajaran berkelompok dimana siswa dapat saling  membantu dalam proses pembelajaran sehingga siswa yang kurang dapat dibantu  oleh  teman  kelompoknya  selain  oleh  guru  sebagai  pembimbing.  Model  ini  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  belajar  secara  bersama-sama  atau  gotong  royong  sehingga  makna  kebersamaan  sangat  dominan.  Selain  itu,  model  ini  dapat  mengaktifkan  siswa  dalam  belajar  karena  siswa  didorong  untuk mengemukakan pendapat atau menyanggah berbagai masalah  yang diajukan oleh  rekan sekelompoknya.

Dalam melaksanakan pembelajaran kooperatif metode STAD ini, menurut Slavin (2005;25) bahwa ada lima komponen utama yang perlu diperhatikan, yaitu : tahap penyajian kelas (class presentation), belajar dalam kelompok (teams), tes/kuis (quis tes), skor kemajuan individu (individual invromenti scores), penghargaan kelompok (teams recognition) (dalam Pujani, 2003:17) berdasarkan apa yang diungkapkan Slavin, maka model pembelajaran kooperatif metode STAD memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Siswa belajar dalam kelompok kelompok kecil Siswa ditempatkan dalam kelompok-kelompok belajar beranggotakan 6 orang yang merupakan campuran menurut tingkat kemampuan, jenis kelamin, dengan adanya heteroginitas anggota dalam satu kelompok, diharapkan dapat memotivasi siswa untuk saling membantu antara siswa yang berkemampuan lebih dengan siswa yang berkemampuan kurang dalam penguasaan materi, sehingga tumbuh kesadaran dalam diri siswa bahwa belajar dengan model kooperatif cukup menyenangkan.

B.       Identifikasi  Masalah

Upaya untuk mengatasi hal sebagaimana uraian di atas, peneliti mencoba berkolaborasi dengan kepala sekolah, rekan sejawat. Dari hasil diskusi dapat teridentifikasi beberapa masalah sebagai berikut :

a.    Pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat adalah yang menjadi pemicu perilaku guru saat mempelajari siswa hingga tidak banyak berbuat sesuatu demi keberhasilannya.

b.    Sebagian besar siswa mengalami kesulitan pada saat proses mempelajari materi ajar, dan ini telah menyebabkan mereka tidak tuntas belajar karena kekurang tepatan pemilihan metode pembelajaran

c.    Penjelasan materi terlalu cepat, sehingga kurangnya model dialog yang interaktif, efektif dan kreatif.

d.   Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan penemuan informasi pada saat proses pembelajaran berlangsung masih rendah

C.    Rumusan Masalah

Dari penjelasan pada latar belakang dan identifikasi masalah di atas, maka dapat disusun rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini, yaitu :

1.    Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas XII ISS-1 SMAN ........................ pada pembelajaran Sosiologi materi perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD?

2.    Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa kelas XII ISS-1 SMAN ........................ pada pembelajaran Sosiologi materi perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD?

 

D.    Tujuan Penelitian

Upaya melakukan penelitian perbaikan pembelajaran ini tidak lepas dari tujuan yang diharapkan, yaitu sebagai berikut.

1.    Untuk mengetahui peningkatan peningkatan hasil belajar siswa kelas XII ISS-1 SMAN ........................ pada pembelajaran Sosiologi materi perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD.

2.    Untuk mengetahui peningkatan peningkatan motivasi belajar siswa kelas XII ISS-1 SMAN ........................ pada pembelajaran Sosiologi materi perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD

E.     Manfaat Penelitian

Diharapkan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat secara teoritis dan praktis  :

  1. Manfaat Teoritis

Melalui  kegiatan  penelitian  ini  diperoleh  alat  dan  teknik  penunjang  yang lebih realistis dan aplikatif untuk keperluan optimalisasi penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD pada kelas dan mata pelajaran yang berbeda.

  1. Manfaat Praktis

a.       Siswa dapat meningkatkan aktivitas, kreativitas, dan hasil belajar menjadi lebih baik daripada sebelumnya, serta menumbuhkembangkan sikap kritisnya terhadap aktivitas, kreativitas, dan hasil belajar yang telah diperolehnya.

b.      Guru dapat memperbaiki kinerjanya secara profesional, karena itu rasa percaya dirinya akan meningkat dan ikut serta berperan aktif dalam rangka mengembangkan inovasi pembelajaran khususnya untuk bidang studi Sosiologi.

c.       Membantu sekolah untuk terus berkembang karena adanya peningkatan kemampuan pada diri guru dan siswa yang menunjukkan lebih unggul baik dari segi kuantitas maupun kualitas dari sekolah lain.

 

Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :

klik DOWNLOAD 

atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih