Lencana Facebook

banner image

Monday 10 November 2014

PTK KENAIKAN PANGKAT



UPAYA  MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN  SISWA MEMBACA NYARING MELALUI MEDIA KARTU KALIMAT DI KELAS I
SDN  …………..KECAMATAN ……….. KABUPATEN ……….
TAHUN PELAJARAN ………………




Diajukan pada
Penilaian Angka Kredit Unsur Pengembangan Profesi Guru
 untuk Kenaikan Pangkat dari Golongan …… ke …..








Oleh

...............................................
NIP  ......................







UNIT PELAKSANA TEKNIS
DINAS PENDIDIKAN …………………….
SEKOLAH DASAR ……………………………. 
Jln. ……………………………
201….

LEMBAR PENGESAHAN


1.    a. Judul Penelitian                    :    UPAYA  MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA NYARING MELALUI MEDIA KARTU KALIMAT DI KELAS I SDN  ………….. KECAMATAN ……….. KABUPATEN ……….TAHUN PELAJARAN ………………
      b.   Bidang Ilmu                         : Bahasa Indonesia
      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : …………………..
      b.   NIP                                      :  ………………….
      c.   Pangkat / Golongan             : ………………..
      d.   Jabatan                                 : ………………..
      e.   Instansi                                 : SD Negeri..................
      f.    Tempat Penelitian                :  SD Negeri ...................
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ………. sampai dengan Bulan …………)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya

………………………….
Peneliti


………………………..
NIP. ………………..

Mengetahui/Mengesahkan

Kepala UPT ……………




………………….
NIP……………..
.
Kepala Sekolah




…………………
NIP………………
Petugas Perpustakaan




…………………………

UPAYA  MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA NYARING MELALUI MEDIA KARTU KALIMAT DI KELAS I
SDN  …………..KECAMATAN ……….. KABUPATEN ……….
TAHUN PELAJARAN ………………

Oleh

……………………………….
Guru SDN …………….



ABSTRAK

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah melalui media kartu kalimat, kemampuan siswa kelas I  SDN ……….. dalam membaca nyaring dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca nyaring melalui media kartu kalimat di kelas I SDN ………. Kecamatan ………. . Penelitian ini dilakukan melalui proses pengkajian berdaur (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Data hasil belajar diambil dengan perangkat tes berupa tes objektif, data motivasi belajar diambil melalui lembar observasi. Teknis analisis menggunakan teknik deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil analisis data pada setiap siklusnya didapatkan hasil bahwa nilai rata-rata meningkat dari 56,43, pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 69,59. Hasil pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 93,27. Ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari kegiatan awal hanya sebesar 10,53% atau 4 orang dari 38 siswa. Pada siklus I terlihat bahwa tingkat persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 50% atau 19 siswa dari 38 siswa. Pada siklus II terlihat bahwa tingkat persentase ketuntasan siswa mencapai 93,27% atau 35 siswa dari 38 siswa. Aktivitas belajar siswa juga meningkat pada setiap siklusnya, dimana pada kondisi awal sebesar 29,95% atau 11 orang dari 38 siswa yang ada di Kelas I SDN  ............. Pada siklus I terlihat bahwa tingkat persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 73,68% atau 28 siswa dari 38. Pada siklus II terlihat bahwa tingkat persentase ketuntasan siswa mencapai 100% atau 38 siswa dari 38 siswa
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media kartu kalimat dapat meningkatkan kemampuan dan aksiswa kelas I SDN ……….. Kecamatan…………… dalam membaca nyaring.

Kata Kunci : membaca nyaring, media kartu kalimat




KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam PTS ini peneliti menentukan judul yaitu PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI  UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI  MENULIS  PERMULAAN  SISWA  KELAS  II  SEKOLAH  DASAR  NEGERI  PASAR SENIN 2  KECAMATAN AMUTAI TENGAH TAHUN …….. Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.    ……………….., selaku Kepala Dinas  ………………..
2.    ……………….., selaku Kepala UPT ……………
3.    ……………….., selaku Kepala Sekolah SDN ……………………………..
4.    Segenap warga SDN …………….  khususnya guru-guru Kelas ……… yang telah membantu penyelesaian karya ini.
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya manusia.


…………., ………………….
Peneliti




DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iv
KATA PENGANTAR.......................................................................................      v
DAFTAR ISI.....................................................................................................     vi
DAFTAR TABEL..............................................................................................    vii
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................   viii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................     ix

BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah ........................................................       
B.      Identifikasi Masalah ..............................................................       
C.      Rumusan Masalah ..................................................................       
D.      Cara Pemecahan Masalah ......................................................       
E.       Tujuan Penelitian ...................................................................       
F.       Manfaat Penelitian .................................................................       
BAB      II     KAJIAN PUSTAKA
A.    Kajian Teori............................................................................       
B.     Kerangka Pikir........................................................................       
C.     Hipotesis Tindakan.................................................................       
BAB     III    PELAKSANAAN PENELITIAN
A.      Setting Penelitian....................................................................       
B.      Variabel Penelitian..................................................................       
C.      Prosedur Penelitian ................................................................       
D.      Teknik Pengumpulan Data ....................................................       
E.       Teknik Analisis Data .............................................................       
F.       Indikator Keberhasilan ..........................................................       

BAB     IV    HASIL DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Hasil Per Siklus.......................................................       
B.   Pembahasan  Hasil Penelitian.................................................       

BAB      V     SIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran ......................................................................................       
C.   Tindak Lanjut.........................................................................       

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN





DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                             Halaman
Tabel   3.1     Format Penilaian Kemampuan Membaca Nyaring .......................       
Tabel   3.2     Penilaian Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring ...............       
Tabel   3.3     Penilaian Peningkatan Aktivitas Siswa .........................................       
Tabel   4.1     Rekaputulasi Hasil Penilaian Kemampuan Siswa Membaca Nyaring Observasi Awal            
Tabel   4.2     Hasil Penilaian Kemampuan Siswa dalam Membaca Nyaring Berdasarkan Rentang Nilai pada Kondisi Awal.................................................................................       
Tabel   4.3     Hasil Pemantauan Kegiatan Siswa pada Kondisi Awal ...............       
Tabel   4.4     Hasil Penilaian Kemampuan Siswa Membaca Nyaring Siklus I
Tabel   4.5     Hasil Penilaian Kemampuan Siswa dalam Membaca Nyaring Siklus II Berdasarkan Rentang Nilai                                                                                                          
Tabel   4.6     Hasil Pemantauan Kegiatan Siswa Siklus I...................................       
Tabel   4.7     Ketuntasan Siswa Berdasarkan Hasil Pengamatan Kegiatan Siswa Siklus I               
Tabel   4.8     Hasil Penilaian Kemampuan Siswa dalam Membaca Nyaring Siklus II                      
Tabel   4.9     Hasil Penilaian Kemampuan Siswa dalam Membaca Nyaring Siklus II Berdasarkan Rentang Nilai                                                                                                          
Tabel   4.10   Hasil Pemantauan Kegiatan Siswa Siklus II..................................       
Tabel   4.11   Ketuntasan Siswa Berdasarkan Hasil Pengamatan Kegiatan Siswa Siklus II              
Tabel   4.12   Rekapitulasi Hasil Penilaian Kemampuan Siswa Membaca
nyaring Observasi Awal sampai dengan Siklus II.........................       
Tabel   4.13   Rekapitulasi Hasil Observasi terhadap Aktivitas Siswa pada Awal sampai dengan Siklus II             





DAFTAR GAMBAR

Gambar/Grafik                                                                                              Halaman
Gambar 2.1. Skema Kerangka Pikir...................................................................       
Gambar 3.1   Alur Penelitian Tindakan Menurut Kemmis dan Tagart................       
Grafik    4.1 Hasil Penilaian Kemampuan Membaca Nyaring Siklus I..............       
Grafik    4.2                                                                                                          Hasil Kemampuan Siswa Membaca nyaring Siklus II ...........................................................       
Grafik    4.3 Peningkatan Nilai Rata-Rata dan Ketuntasan Belajar Siswa dalam Membaca Nyaring pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II .........................................................       
Grafik    4.4 Peningkatan Aktivitas Siswa dalam Membaca Nyaring pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II                                                                                                          















DAFTAR LAMPIRAN


Lampiran    1   Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2   Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    3   Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
Lampiran    4   Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
Lampiran    5   Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    6   Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    7   Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    8   Daftar Hadir Guru/Peneliti dan Observer
Lampiran    9   Daftar Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    10 Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II


                  

bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan

klik DOWNLOAD

atau hub. 081327121707 terima kasih.