UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA NYARING MELALUI MEDIA KARTU
KALIMAT DI KELAS I
SDN …………..KECAMATAN ……….. KABUPATEN ……….
TAHUN PELAJARAN
………………
Diajukan pada
Penilaian Angka
Kredit Unsur Pengembangan Profesi Guru
untuk Kenaikan Pangkat dari Golongan …… ke …..
Oleh
...............................................
NIP ......................
UNIT
PELAKSANA TEKNIS
DINAS
PENDIDIKAN …………………….
SEKOLAH
DASAR …………………………….
Jln. ……………………………
201….
LEMBAR PENGESAHAN
1. a. Judul Penelitian : UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA NYARING MELALUI MEDIA
KARTU KALIMAT DI KELAS I SDN ………….. KECAMATAN
……….. KABUPATEN ……….TAHUN PELAJARAN ………………
b.
Bidang Ilmu : Bahasa
Indonesia
c.
Kategori Penelitian : Teknik
Pembelajaran
d. Jenis Penelitian : Penelitian
Tindakan Kelas
2. Ketua
Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar : …………………..
b.
NIP : ………………….
c. Pangkat / Golongan : ………………..
d. Jabatan :
………………..
e. Instansi :
SD Negeri..................
f.
Tempat Penelitian : SD Negeri ...................
3. Lama
Penelitian : 3 bulan (Bulan ………. sampai dengan Bulan …………)
4. Sumber
Biaya : Swadaya
………………………….
Peneliti
………………………..
NIP. ………………..
Mengetahui/Mengesahkan
Kepala UPT ……………
………………….
NIP……………..
.
|
Kepala Sekolah
…………………
NIP………………
|
Petugas Perpustakaan
…………………………
|
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA NYARING MELALUI MEDIA
KARTU KALIMAT DI KELAS I
SDN …………..KECAMATAN ……….. KABUPATEN ……….
TAHUN PELAJARAN
………………
Oleh
……………………………….
Guru SDN …………….
ABSTRAK
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah melalui
media kartu kalimat, kemampuan siswa kelas I SDN ……….. dalam membaca nyaring dapat
ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa
dalam membaca nyaring melalui media kartu kalimat di kelas I SDN ………. Kecamatan
………. . Penelitian ini
dilakukan melalui proses pengkajian berdaur (PTK) yang meliputi empat tahapan
yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation),
dan refleksi (reflection). Data hasil belajar diambil dengan perangkat tes
berupa tes objektif, data motivasi belajar diambil melalui lembar observasi.
Teknis analisis menggunakan teknik deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil analisis data pada setiap siklusnya
didapatkan hasil bahwa nilai rata-rata meningkat dari 56,43, pada siklus I
terjadi peningkatan sebesar 69,59. Hasil pada siklus II nilai rata-rata kelas
sebesar 93,27. Ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari kegiatan awal hanya
sebesar 10,53% atau 4 orang dari 38 siswa. Pada siklus I terlihat bahwa tingkat
persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 50% atau 19 siswa dari 38 siswa.
Pada siklus II terlihat bahwa tingkat persentase ketuntasan siswa mencapai
93,27% atau 35 siswa dari 38 siswa. Aktivitas belajar siswa juga meningkat pada
setiap siklusnya, dimana pada kondisi awal sebesar 29,95% atau 11 orang dari 38
siswa yang ada di Kelas I SDN
............. Pada siklus I terlihat bahwa tingkat persentase ketuntasan
siswa meningkat menjadi 73,68% atau 28 siswa dari 38. Pada siklus II terlihat
bahwa tingkat persentase ketuntasan siswa mencapai 100% atau 38 siswa dari 38
siswa
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan menggunakan media kartu kalimat dapat meningkatkan kemampuan dan aksiswa
kelas I SDN ……….. Kecamatan…………… dalam membaca nyaring.
Kata Kunci : membaca nyaring, media kartu kalimat
KATA PENGANTAR
Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat
Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya
sehingga Laporan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dapat selesai dengan
baik.
Dalam PTS ini peneliti menentukan judul yaitu PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PRESTASI
BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS
II SEKOLAH
DASAR NEGERI PASAR SENIN 2
KECAMATAN AMUTAI TENGAH TAHUN …….. Penelitian ini diajukan
untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan
…...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang
telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.
……………….., selaku Kepala Dinas ………………..
2.
……………….., selaku Kepala UPT ……………
3.
……………….., selaku Kepala Sekolah SDN ……………………………..
4.
Segenap warga SDN ……………. khususnya guru-guru Kelas
……… yang telah membantu penyelesaian karya ini.
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca
demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini
dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya
manusia.
…………., ………………….
Peneliti
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iv
KATA PENGANTAR....................................................................................... v
DAFTAR ISI..................................................................................................... vi
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vii
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... viii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... ix
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah ........................................................
B.
Identifikasi Masalah ..............................................................
C.
Rumusan Masalah ..................................................................
D.
Cara Pemecahan Masalah ......................................................
E.
Tujuan Penelitian ...................................................................
F.
Manfaat Penelitian .................................................................
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.
Kajian Teori............................................................................
B.
Kerangka Pikir........................................................................
C.
Hipotesis Tindakan.................................................................
BAB III PELAKSANAAN PENELITIAN
A.
Setting Penelitian....................................................................
B.
Variabel Penelitian..................................................................
C.
Prosedur Penelitian ................................................................
D.
Teknik Pengumpulan Data ....................................................
E.
Teknik Analisis Data .............................................................
F.
Indikator Keberhasilan ..........................................................
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Hasil Per Siklus.......................................................
B. Pembahasan Hasil Penelitian.................................................
BAB V SIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT
A. Kesimpulan ............................................................................
B. Saran ......................................................................................
C. Tindak Lanjut.........................................................................
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel 3.1 Format
Penilaian Kemampuan Membaca Nyaring .......................
Tabel 3.2 Penilaian
Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring ...............
Tabel 3.3 Penilaian
Peningkatan Aktivitas Siswa .........................................
Tabel 4.1 Rekaputulasi
Hasil Penilaian Kemampuan Siswa Membaca Nyaring Observasi Awal
Tabel 4.2 Hasil
Penilaian Kemampuan Siswa dalam Membaca Nyaring Berdasarkan Rentang Nilai pada
Kondisi Awal.................................................................................
Tabel 4.3 Hasil
Pemantauan Kegiatan Siswa pada Kondisi Awal ...............
Tabel 4.4 Hasil
Penilaian Kemampuan Siswa Membaca Nyaring Siklus I
Tabel 4.5 Hasil
Penilaian Kemampuan Siswa dalam Membaca Nyaring Siklus II Berdasarkan Rentang
Nilai
Tabel 4.6 Hasil
Pemantauan Kegiatan Siswa Siklus I...................................
Tabel 4.7 Ketuntasan
Siswa Berdasarkan Hasil Pengamatan Kegiatan Siswa Siklus I
Tabel 4.8 Hasil
Penilaian Kemampuan Siswa dalam Membaca Nyaring Siklus II
Tabel 4.9 Hasil
Penilaian Kemampuan Siswa dalam Membaca Nyaring Siklus II Berdasarkan Rentang
Nilai
Tabel 4.10 Hasil
Pemantauan Kegiatan Siswa Siklus II..................................
Tabel 4.11 Ketuntasan
Siswa Berdasarkan Hasil Pengamatan Kegiatan Siswa Siklus II
Tabel 4.12 Rekapitulasi
Hasil Penilaian Kemampuan Siswa Membaca
nyaring Observasi Awal sampai dengan Siklus II.........................
nyaring Observasi Awal sampai dengan Siklus II.........................
Tabel 4.13 Rekapitulasi
Hasil Observasi terhadap Aktivitas Siswa pada Awal sampai dengan Siklus II
DAFTAR GAMBAR
Gambar/Grafik Halaman
Gambar 2.1. Skema Kerangka Pikir...................................................................
Gambar 3.1 Alur Penelitian Tindakan Menurut Kemmis dan
Tagart................
Grafik 4.1 Hasil
Penilaian Kemampuan Membaca Nyaring Siklus I..............
Grafik 4.2 Hasil
Kemampuan Siswa Membaca nyaring Siklus II ...........................................................
Grafik 4.3 Peningkatan
Nilai Rata-Rata dan Ketuntasan Belajar Siswa dalam Membaca Nyaring pada Kondisi
Awal, Siklus I dan Siklus II .........................................................
Grafik 4.4 Peningkatan
Aktivitas Siswa dalam Membaca Nyaring pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 Surat
Ijin Penelitian
Lampiran 2 Jurnal
Kegiatan Penelitian
Lampiran 3 Rencana
Perbaikan Pembelajaran Siklus I
Lampiran 4 Rencana
Perbaikan Pembelajaran Siklus II
Lampiran 5 Rekapitulasi Hasil Tes
Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 6 Rekapitulasi Hasil
Observasi Aktivitas Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 7 Daftar Hadir Siswa Kondisi
Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 8 Daftar Hadir Guru/Peneliti
dan Observer
Lampiran 9 Daftar Hasil Pekerjaan
Siswa
Lampiran 10 Dokumentasi Pelaksanaan
Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.