UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI
BELAJAR
MELALUI PENERAPAN PENERAPAN PENDEKATAN
KONSTEKTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI NILAI TEMPAT
PULUHAN DAN SATUAN PADA SISWA KELAS I
SD NEGERI ………………….
Diajukan pada
Penilaian Angka
Kredit Unsur Pengembangan Profesi Guru
untuk Kenaikan Pangkat dari Golongan …… ke …..
Oleh
...............................................
NIP ......................
UNIT
PELAKSANA TEKNIS
DINAS
PENDIDIKAN …………………….
SEKOLAH
DASAR …………………………….
Jln. ……………………………
201….
LEMBAR PENGESAHAN
1. a. Judul Penelitian : Upaya Meningkatkan Motivasi
dan
Prestasi Belajar Melalui Penerapan Penerapan
Pendekatan Konstektual dalam Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat Puluhan dan Satuan Pada Siswa Kelas I SD Negeri ………………….
b.
Bidang Ilmu : Bahasa
Indonesia
c.
Kategori Penelitian : Teknik
Pembelajaran
d. Jenis Penelitian : Penelitian
Tindakan Kelas
2. Ketua
Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar : …………………..
b.
NIP : ………………….
c. Pangkat / Golongan : ………………..
d. Jabatan :
………………..
e. Instansi :
SD Negeri..................
f.
Tempat Penelitian : SD Negeri ...................
3. Lama
Penelitian : 3 bulan (Bulan ………. sampai dengan Bulan …………)
4. Sumber
Biaya : Swadaya
………………………….
Peneliti
………………………..
NIP. ………………..
Mengetahui/Mengesahkan
Kepala UPT ……………
………………….
NIP……………..
.
|
Kepala Sekolah
…………………
NIP………………
|
Petugas Perpustakaan
…………………………
|
Upaya
Meningkatkan Motivasi dan Prestasi
Belajar Melalui Penerapan Penerapan Pendekatan Konstektual dalam Pembelajaran Matematika Materi Nilai
Tempat Puluhan dan Satuan
Pada Siswa Kelas I SD Negeri ………………….
Oleh
……………………………….
Guru SDN …………….
ABSTRAK
Penelitian
ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya prestasi belajar siswa dalam konsep
nilai tempat puluhan dan satuan. Hasil observasi awal menunjukkan siswa masih
kurang memahami materi karena kurang optimal dan kreatifnya guru dalam proses
pembelajaran. Pemanfaatan penerapan pendekatan konstektual diharapkan dapat
meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Rumusan masalahnya adalah apakah penerapan penerapan pendekatan konstektual
dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa, sedangkan tujuannya
adalah untuk meningkatkan motivasi dan
prestasi belajar siswa melalui penerapan penerapan
pendekatan konstektual.
Penelitian ini dilakukan melalui proses
pengkajian berdaur (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection).
Data hasil belajar diambil dengan perangkat tes berupa tes objektif, data
motivasi belajar diambil melalui lembar observasi. Teknis analisis menggunakan
teknik deskriptif komparatif.
Hasil
pembelajaran dengan penerapan pendekatan konstektual terbukti mampu
meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan
peningkatan motivasi dari 11 siswa (42,31%), naik menjadi 16 siswa (61,54%),
dan 100% atau 26 siswa pada siklus terakhir, dan peningkatan prestasi belajar
dari rata-rata 58,08, naik menjadi 65,77, dan 75,38 pada siklus kedua, dengan
tingkat ketuntasan belajar sebanyak 5
siswa (19,23%) menjadi 53,85% atau 14
siswa, dan 24 siswa atau 92,31% pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah penerapan
pendekatan konstektual mampu meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas I SDN ………….. dalam pembelajaran matematika
materi nilai tempat puluhan dan satuan.
Kata Kunci: konstektual, motivasi, prestasi belajar
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan
karunia-Nyalah sehingga saya dapat menyelesaikan laporan
Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri …………
dengan lancar.
Penelitian ini merupakan
salah satu syarat dalam rangka
memenuhi Diajukan pada penilaian angka
kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan …. ke .. yang telah saya laksanakan dari awal ……….. sampai dengan akhir ………….
Selesainya penyusunan ini berkat bantuan dari berbagai pihak oleh karena
itu, pada kesempatan ini penulis sampaikan terima kasih dan penghargaan
setinggi-tingginya kepada yang terhormat:
1. Kepala sekolah ………. yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK
selama kegiatan berlangsung.
2. Kepala UPT ………….. yang telah memberi
pengesahan terhadap laporan PTK ini.
3. Bapak dan Ibu Guru SD ……….. yang telah membimbing dan memotifasi serta
mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas ini dapat terselesaikan dengan lancar.
Serta kerabat-kerabat dekat dan rekan-rekan
seperjuangan yang penulis banggakan. Semoga Allah SWT, memberikan balasan atas
kebaikan yang telah diberikan kepada penulis. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan
laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada
pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu
sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
…………., ………………….
Peneliti
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iv
KATA PENGANTAR....................................................................................... v
DAFTAR ISI..................................................................................................... vi
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vii
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... viii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... ix
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang.......................................................................
B.
Identifikasi Masalah...............................................................
C.
Analisis Masalah.....................................................................
D.
Alternatif Pemecahan Masalah..............................................
E.
Rumusan Masalah...................................................................
F.
Tujuan Penelitian ...................................................................
G.
Manfaat Penelitian..................................................................
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.
Kajian Teori............................................................................
B.
Kerangka Pikir........................................................................
C.
Hipotesis Tindakan.................................................................
BAB III PELAKSANAAN PENELITIAN
A.
Subjek, Tempat dan Waktu
Penelitian...................................
B.
Desain Prosedur Perbaikan
Pembelajaran...............................
C.
Teknik Pengumpulan Data ....................................................
D.
Validitas Data.........................................................................
E.
Teknik Analisa Data...............................................................
F.
Indikator Keberhasilan...........................................................
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Hasil Per Siklus.......................................................
B. Pembahasan Hasil Penelitian.................................................
BAB V SIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT
A. Kesimpulan ............................................................................
B. Saran ......................................................................................
C. Tindak Lanjut.........................................................................
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel 4.1 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat Puluhan dan
Satuan pada Kondisi Awal........................................................................
Tabel 4.2 Tabel
Pemahaman Siswa Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat Puluhan dan Satuan
pada Kondisi Awal ................................................................................
Tabel 4.3 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat Puluhan dan
Satuan pada Siklus I..................................................................................
Tabel 4.3 Rekapitulasi
Hasil Observasi pada Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat Puluhan dan
Satuan pada Siklus I......................................................................
Tabel 4.5 Rekapitulasi
Peningkatan Motivasi Siswa Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat Puluhan
dan Satuan pada Siklus I...............................................................
Tabel 4.6 Refleksi
Tindakan Siklus 1............................................................
Tabel 4.7 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat Puluhan dan
Satuan pada Siklus II.................................................................................
Tabel 4.8 Tabel
Peningkatan Motivasi Siswa Pembelajaran Matematika Materi Nilai Tempat Puluhan
dan Satuan pada Siklus II.....................................................................
Tabel 4.9 Rekapitulasi
Peningkatan Motivasi Siswa Pembelajaran Matematika Nilai Tempat Puluhan dan
Satuan pada Siklus II.....................................................................
Tabel 4.10 Refleksi
Tindakan Siklus 2............................................................
Tabel 4.11 Rekapitulasi
Ketuntasan Prestasi belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Nilai
Tempat Puluhan dan Satuan pada Kondisi awal, Siklus I dan Siklus II....
Tabel 4.12 Rekapitulasi
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Nilai
Tempat Puluhan dan Satuan pada Kondisi awal, Siklus I dan Siklus II
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
Gambar 4.1 Diagram
Batang Perbandingan Angka Nilai Rerata Motivasi Belajar, dan Siswa Belum Tuntas
pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran ..................................
Gambar 4.2 Grafik
Peningkatan Motivasi Belajar pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 Surat
Ijin Penelitian
Lampiran 2 Jurnal
Kegiatan Penelitian
Lampiran 3 Rencana
Perbaikan Pembelajaran Siklus I
Lampiran 4 Rencana
Perbaikan Pembelajaran Siklus II
Lampiran 5 Rekapitulasi Hasil Tes
Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 6 Rekapitulasi Hasil
Observasi Aktivitas Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 7 Daftar Hadir Siswa Kondisi
Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 8 Daftar Hadir Guru/Peneliti
dan Observer
Lampiran 9 Daftar Hasil Pekerjaan
Siswa
Lampiran 10 Dokumentasi Pelaksanaan
Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.