Lencana Facebook

banner image

Saturday 18 January 2014

PTK : UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR KERANGKA TUBUH MANUSIA DENGAN FUNGSINYA MELALUI PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DI KELAS IV SDN ........... 02 KECAMATAN ........... KABUPATEN ...........



BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
Ilmu  Pengetahuan  Alam  merupakan  salah  satu  disiplin  ilmu  yang berhubungan  dengan  cara  mencari  tahu  tentang  alam  secara  sistematis,  sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan fakta-fakta konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan, sehingga dapat membantu peserta didik memperoleh pengalaman langsung dan pemahaman untuk  mengembangkan  kompetensinya  agar  dapat  menjelajahi  dan  memahami alam sekitar secara ilmiah.
Untuk  mencapai  tujuan  di  atas  sangat  diperlukan  sarana  penunjang  yang sangat  mempengaruhi  tingkat  keefektifan  proses  belajar  mengajar.  Kegiatan pembelajaran  akan  terasa  lebih  bermakna  jika  guru  menggunakan  strategi pembelajaran  yang  sesuai.  Melalui  strategi  yang  tepat,  guru  dapat menemukan langkah-langkah yang diperlukan, sehingga memberikan pengalaman belajar bagi siswa.
Dalam  proses  belajar  mengajar  IPA  sangat  diperlukan  penerapan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakter siswa,  sehingga  siswa  mudah  untuk  menyerap  konsep-konsep  pelajaran  yang disampaikan  guru.  Pelaksanaan  pembelajaran  menjadi  aktif,  kreatif,  dan menyenangkan,  sehingga  siswa  akan  lebih  tertarik,  termotivasi,  dan menumbuhkan rasa ingin tahunya terhadap sesuatu yang sedang dipelajari
Berkenaan dengan hal itu peneliti menyadari sepenuhnya masalah-masalah yang selalu muncul dalam kegiatan pembelajaran. Seringkali guru merasa bingung menentukan model pembelajaran atau metode mengajar apa yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Gambaran ideal tentang siswa yang cerdas, aktif, kreatif dan mempunyai minat yang besar dalam mempelajari materi pembelajaran, serta hasil yang memuaskan dalam setiap tes yang dilakukan tidak terwujud. Kenyataan yang dijumpai malah sebaliknya, siswa kurang aktif dalam kegiatan, tidak berani bertanya, kurang percaya diri dalam menjawab pertanyaan guru, kurang bersemangat dalam mempelajari materi pembelajaran serta hasil tes yang dicapai rendah, dan masih banyak lagi kekurangan yang ditemui pada perilaku siswa yang mencerminkan keberhasilan pembelajaran.
Dari penjelasan latar belakang masalah sebagaimana tersebut di atas, dan dikaitkan dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya. Dari hasil tes pada studi pendahuluan menunjukkan enam orang siswa (30%)  dari 20 siswa  yang memperoleh nilai di atas KKM sebesar 70 ke atas dan  14  orang siswa (70%) yang memperoleh nilai di bawah nilai 70, dengan rata-rata hasil belajar secara klasikal sebesar 61,00.
Perolehan nilai di atas menandai tingkat penguasaan materi siswa sebagai hasil belajar dan dampak dari proses belajar yang telah dialaminya. Masih banyak siswa yang mengalami tidak tuntas belajar karena proses belajarnya. Namun itu tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan efek dari pengelolaan proses pembelajaran yang dilakukan peneliti kurang mengantarkan siswa pada hal-hal yang diharapkan. Pengelolaan proses pembelajaran hingga bisa demikian karena mengikuti alur suatu metode yang kurang kompetitif. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menerapkan metode kerja kelompok pada pembelajaran, sehingga diharapkan terjadi peningkatan  penguasaan materi pembelajaran oleh siswa.
Sadar akan hal tersebut agar tidak berdampak buruk bagi proses dan hasil belajar selanjutnya, dengan refleksi diri dan mendiskusikan dengan teman sejawat peneliti termotivasi untuk melakukan upaya untuk memperbaiki pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode kerja kelompok pada mata pelajaran IPA materi pokok mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya  pada siswa kelas IV  SDN ........... 02 Kecamatan ........... Kabupaten ............

B.   Indentifikasi Masalah
Berdasarkan data di atas peneliti melakukan konsultasi kepada supervisor dan teman sejawat, untuk mengidentifikasi kelemahan dan atau kekurangan yang telah menyebabkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan kurang memenuhi tuntutan yang diharapkan. Sehingga, dampaknya pada hasil belajar siswa tidak memenuhi target pembelajaran. Melalui hasil diskusi, diperoleh identifikasi masalah sebagai berikut.
1.    Rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran
2.    Rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran  IPA yang berdampak rendahnya hasil belajar siswa.
3.    Siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran
4.    Siswa tidak mencatat hal-hal penting selama proses pembelajaran berlangsung.
5.    Tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran  IPA yang berdampak hasil belajar rendah.
Berdasarkan identifikasi masalah sebagaimana diuraikan di atas, maka peneliti memprioritaskan masalah yang akan diperbaikan sebagai berikut :
1.    Model pembelajaran yang diambil tidak tepat dan penjelasan materi terlalu cepat, sehingga kurangnya model dialog yang interaktif, efektif dan kreatif.
2.    Guru tidak mampu mengembangkan model dialog yang efektif, aktif dan kreatif yang mengakibatkan kurangnya perhatian siswa saat pembelajaran berlangsung
3.    Guru tidak mampu menciptakan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran dan penemuan informasi
4.    Guru harus dapat menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik.
5.    Guru harus lebih teliti melihat siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran berlangsung.

Melihat permasalahan pembelajaran sebagaimana tersebut di atas, maka peneliti berusaha untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga prestasi belajar siswa dapat tercapai dengan melaksanakan perbaikan pembelajaran.
Dengan mempertimbangkan faktor penyebab di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya untuk menjadi fokus perbaikan pembelajaran adalah Bagaimana UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR KERANGKA TUBUH MANUSIA DENGAN FUNGSINYA MELALUI PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK  DI KELAS IV  SDN ........... 02 KECAMATAN ........... KABUPATEN ........... Semester I Tahun Pelajaran 2010/2011.

C.      Pembatasan Masalah
Dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran dengan melaksnakan kegiatan penelitian tindakan kelas  permasalahan pembelajaran yang dibahas dibatasi hanya pada :
1.    Penerapan metode kerja kelompok untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA semester 1  materi mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
2.    Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri ........... 02 Kecamatan ........... Tahun Pelajaran 2011/2012
3.    Upaya perbaikan yang dilakukan dibatasi hanya untuk meningkatkan partisipasi aktif  dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA semester 1  materi mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

D.      Rumusan Masalah
Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dirumuskan masalah untuk menjadi fokus perbaikan pembelajaran adalah :
1.    Apakah dengan penerapan metode kerja kelompok dalam pembelajaran IPA materi mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran?
2.    Apakah dengan penerapan metode kerja kelompok dalam pembelajaran IPA materi materi mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia  dapat meningkatkan hasil belajar siswa ?

E.     Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang diharapkan dari penelitian perbaikan pembelajaran ini adalah sebagai berikut
1.    Untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa pada pembelajaran IPA mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya melalui metode kerja kelompok.
2.    Untuk meningkatkan hasil belajar  siswa pada pembelajaran IPA materi mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya melalui metode kerja kelompok.

F.       Manfaat Penelitian
Ada beberapa manfaat yang diharapkan dapat diperoleh melalui penelitian perbaikan pembelajaran ini, sebagaimana pada rincian berikut.

  1. Manfaat Teoritis
Memberi  sumbangan  substantiv  berupa  informasi    ilmiah  data, penjelasan  konsep  dan    teori  bagi  ilmu  pendidikan  khususnya  bagi pembelajaran IPA materi mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
  1. Manfaat Praktis
a.    Siswa dapat meningkatkan aktivitas, kreativitas, dan hasil belajar menjadi lebih baik daripada sebelumnya, serta menumbuhkembangkan sikap kritisnya terhadap aktivitas, kreativitas, dan hasil belajar yang telah diperolehnya.
b.    Guru dapat memperbaiki kinerjanya secara profesional, karena itu rasa percaya dirinya akan meningkat.
c.    Membantu sekolah untuk terus berkembang karena adanya peningkatan kemampuan pada diri guru dan siswa yang menunjukkan lebih unggul baik dari segi kuantitas maupun kualitas dari sekolah lain.



 Silahkan klik UNDUH untuk mendapatkan file secara lengkap