Lencana Facebook

banner image

Monday 21 April 2014

PENGGUNAAN METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT KUBUS DAN BALOK DI KELAS IV



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang susah untuk dimengerti. Indikasi ini bisa dilihat dari hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Rendahnya hasil belajar ini lebih terlihat khususnya dalam pokok bahasan yang bersifat abstrak, sehingga memerlukan visualisasi. Perubahan dalam belajar bisa berbentuk kecakapan, kebiasaan, sikap, pengertian, pengetahuan, atau apresiasi (penerimaan atau penghargaan).
Matematika  sebagai  salah  satu  mata  pelajaran  di  SD  memegang  peranan  penting  dalam  membentuk  siswa  menjadi  berkualitas  karena  matematika  merupakan  sarana  berpikir  untuk  mengkaji  sesuatu  secara  logis  dan  sistematis.  Matematika  lebih  menekankan  kegiatan  dunia  rasio  (penalaran),  bukan  menekankan hasil eksperimen atau hasil observasi. Matematika terbentuk karena  pikiran-pikiran manusia, yang berhubungan dengan idea, proses, dan penalaran.  Oleh karena itu perlu adanya peningkatan prestasi belajar matematika di sekolah dasar.
Keberhasilan suatu pembelajaran apa pun yang dikelola dengan baik ditunjukkan oleh keberhasilan siswa dalam mencapai suatu kompetensi yang diharapkan. Untuk itu guru perlu mengerahkan segenap kemampuannya agar pembelajaran yang dikelolanya mempermudah proses belajar siswa dalam mempelajari materi yang disajikan. Apabila tuntutan ini dapat dipenuhinya, besar kemungkinan hasil belajar yang menjadi target pembelajaran akan tercapai oleh individu siswa.
Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan peneliti, diperoleh adanya perbedaan antara harapan dengan kenyataan sebagaimana tuntutan pembelajaran yang diselenggarakan guru dan siswa yang bersangkutan. Perolehan hasil belajarnya pun masih sangat jauh dari target yang diharapkan. Ini dapat ditunjukkan hanya enam siswa dari 38 siswa (15,79%) yang mengikuti tes formatif dapat mencapai tingkat penguasaan materi 70% ke atas atau mendapat nilai di atas KKM minimal 65, dengan rata-rata hasil belajar sebesar 55,00 serta keaktifan siswa sebesar 26,32% atau hanya  10 siswa dari 38 siswa.
Upaya yang diambil peneliti untuk mengatasi hal itu, peneliti mencoba berkolaborasi dengan kepala sekolah, rekan sejawat, dan supervisor. Hasil diskusi akhirnya dapat teridentifikasi beberapa masalah sebagai berikut.
a.       Hasil  belajar siswa rendah
b.      Minat belajar siswa rendah
Analisis masalah guna kepentingan penelitian perbaikan pembelajaran ini dilakukan dengan cara melakukan refleksi dan kinerja yang telah dilakukan, serta mengkaji literatur dan berdiskusi dengan supervisor . Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut :
a.       Kurang tepatnya metode yang digunakan dalam pembelajaran Matematika materi pokok sifat-sifat kubus dan balok.
b.      Sistem belajar aktif tidak diciptakan guru pada saat menyelenggarakan pembelajaran pembelajaran Matematika materi pokok sifat-sifat kubus dan balok.
c.       Pusat belajar bukan pada materi, melainkan pada guru. Atau, proses pembelajaran bersifat abstrak, sehingga siswa pasif.
Persoalan seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena dampaknya sudah jelas akan mengakibatkan pada keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pembelajaran matematika lainnya. Atas dasar itu, peneliti bermaksud memperbaikinya melalui penelitian tindakan kelas ini. Adapun altenatif upaya yang diterapkan sebagai solusinya yaitu melalui pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdasarkan metode inquiri.
Sadar akan hal tersebut agar tidak berdampak buruk bagi proses dan hasil belajar selanjutnya, dengan refleksi diri dan mendiskusikan dengan teman sejawat peneliti termotivasi untuk melakukan upaya untuk memperbaiki pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas dalam pembelajaran Matematika materi pokok sifat-sifat kubus dan balok melalui metode inquiri  di kelas IV SD Negeri ........ 01.

B.     Perumusan Masalah
Berdasarkan hasil analisis latar belakang masalah di atas, peneliti dapat merumuskan masalah yang dijadikan sebagai fokus penelitian perbaikan pembelajaran ini, yaitu :
1.      Bagaimana upaya meningkatkan  minat belajar siswa kelas IV SD Negeri ........ 01 pada pembelajaran Matematika materi pokok sifat-sifat kubus dan balok  melalui metode inquiri?.
2.      Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri ........ 01 pada pembelajaran Matematika materi pokok sifat-sifat kubus dan balok  melalui metode inquiri?.

C.    Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk meningkatkan minat dan belajar siswa kelas IV SD Negeri ........ 01 dalam pembelajaran Matematika materi pokok sifat-sifat kubus dan balok melalui metode inquiri.
2.      Untuk mendeskripsikan   cara peningkatan belajar siswa kelas IV SD Negeri ........ 01 dalam dalam pembelajaran Matematika materi pokok sifat-sifat kubus dan balok melalui metode inquiri.


D.    Manfaat Penelitian
Diharapkan hasil dari penelitian ini juga dapat memberikan manfaat bagi :
1.      Manfaat Teoritis
Penelitian  ini  diharapkan  dapat  memberikan  manfaat  dalam  peningkatan  mutu  pendidikan  yang  dibangun  sedari  dini  melalui  pendidikan  di  sekolah  dasar.
2.      Manfaat praktis
Dengan  dilaksanakannya  penelitian  ini  diharapkan  dapat  memberikan  manfaat  dan  cara  pandang  baru  bagi  berbagai  pihak,  khususnya  bagi  pihak  yang terlibat langsung, diantaranya:
a.  Bagi guru
1)  Memberikan  alternatif  dalam  pelaksanaan  pembelajaran  sebagai  upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar.
2)   Mengoptimalkan  peran  guru  sebagai  penuntun  sekaligus  pembimbing  siswa  dalam  memperoleh  pemahaman  mengenai  pelajaran yang sedang dilaksanakan.
3)   Memacu  guru  untuk  lebih  kreatif  dalam  penerapan  metode inkuiri dalam kegiatan pembelajaran matematika khususnya materi sifat-sifat kubus dan balok.
b.  Bagi siswa
1)   Mempercepat  proses  pemahaman  siswa  dengan  diterapkannya metode inkuiri dalam kegiatan pembelajaran matematika khususnya materi sifat-sifat kubus dan balok yang  diharapkan dapar menjembatani  siswa  secara  aktif  untuk  membangun  kerjasama  antara siswa maupun secara berkelompok.
2)   Melatih siswa untuk dapat melihat fakta dan menyimpulkan pembelajaran matematika   materi sifat-sifat kubus dan balok melalui  penerapan  metode inquiri dalam kegiatan pembelajaran.
3)   Meningkatkan  gairah  belajar  karena  siswa  terlibat  dalam  sebuah kelompok  belajar  dimana  antara  siswa  satu  dengan  yang  lainnya diharapkan dapat bekerja sama positif dan saling membantu.
c.  Bagi sekolah
1)   Sekolah dapat menyediakan fasilitas yang memadai untuk kemajuan proses belajar mengajar guna memajukan mutu pendidikan.
2)  Sekolah  diharapkan  dapat  menciptakan  lingkungan  belajar  yang mendukung  aktivitas  siswa  agar  lebih  optimal  khususnya  dalam pembelajaran matematika.
3)  Sekolah  dapat  memiliki  keunggulan  dalam  hal  pengajarnya  yang kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran.