BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA) merupakan
salah satu disiplin
ilmu yang berhubungan dengan
cara mencari tahu
tentang alam semesta
secara sistematis sehingga IPA
bukan hanya penguasaan
kumpulan pengetahuan berupa fakta-fakta,
konsep atau prinsip
saja tetapi juga
merupakan suatu proses penemuan
sehingga dapat membantu
peserta didik memperoleh pengalaman
langsung dan pemahaman untuk mengembangkan potensinya.
Dalam KTSP
yang menempatkan pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
sebagai salah satu
komponen penting dalam
rangka menumbuhkan kemampuan berpikir,
bekerja dan bersikap
ilmiah serta menyampaikannya
sebagai aspek penting dalam mencapai hidup. Oleh karena itu, pembelajaran IPA
di SD menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung melalui pengembangan
keterampilan proses dan sikap ilmiah.
Pelajaran IPA harus
menggambarkan, dijiwai, serta
diarahkan untuk mencapai tujuan.
Perangkat pembealjaran, perencanaan
pembelajaran, dan kegiatan
pembelajaran IPA harus mengacu pada tujuan pembelajaran IPA dan memperhatikan karakteristik
siswa sebagai pembelajar.
Demikian pula
keterampilan-keterampilan yang harus dikuasai untuk mencapai tujuan di atas harus
benar-benar dilatihkan melalui kegiatan pembelajaran.
Bila dalam
proses pembelajaran atau kegiatan
belajar mengajar faktor guru, siswa atau
metode pembelajaran tidak
berkembang maka akan berpengaruh pada
proses pembelajaran yang
dilaksanakan di dalam
kelas. Bahkan kondisi tersebut akan berpengaruh pula pada hasil
pemahaman konsep siswa. Berdasarkan
temuan di sekolah,
pembelajaran IPA di
SD ternyata masih cenderung
menekankan aspek kognitif,
dimana konsep-konsep yang diajarkan hanya
sekedar pengetahuan kurangnya
penghayatan dan kurangnya realisasi sebagai
sikap hidup dan
perilaku yang nyata,
siswa bersifat pasif dalam aktivitas belajarnya sebab guru
hanya menggunakan metode ceramah.
Dengan demikian
dapat dikatakan bahwa
sebagian besar siswa mengalami kesulitan
untuk memahami konsep,
diduga karena pendekatan, metode, model
pembelajaran, maupun strategi
pembelajaran yang digunakan kurang tepat,
juga kemampuan guru
serta sarana pembelajaran
yang meliputi media, alat
peraga, dan buku
pegangan siswa yang
masih terbatas sehingga mengakibatkan rendahnya
keaktifan dan hasil belajar siswa yang berimplikasi pada rendahnya pemahaman siswa
terhadap konsep pada pembelajaran IPA materi pokok pengaruh
gaya.
Hal tersebut
dibuktikan pada pelaksanaan studi awal pembelajaran mata pelajaran IPA materi
pengaruh gaya menunjukkan hasil belajar
siswa yang kurang memuaskan. Dari 20 siswa kelas V SD Negeri Bantarmangu 01 yang
mengikuti tes formatif hanya ada empat siswa (20%) yang dikategorikan tuntas
belajar, sementara 16 siswa (80%) lainnya dinyatakan belum tuntas belajarnya
karena masih mendapat nilai kurang dari KKM sebesar 62, dengan perolehan nilai
rata-rata hasil belajar secara klasikal 57,50 dan keaktifan siswa sebesar 40%
atau sebanyak 8 orang siswa dari jumlah seluruh siswa sebanyak 20 orang siswa.
Berdasarkan
data tersebut, peneliti meminta bantuan teman sejawat untuk membantu mengidentifikasi masalah dalam proses pembelajaran. Dari hasil
diskusi terungkap beberapa masalah yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran,
yaitu :
1. Rendahnya prestasi belajar siswa tentang pengaruh gaya
2. Rendahnya motivasi belajar siswa tentang pengaruh gaya
3. Rendahnya aktivitas, sikap ilmiah
dan hasil belajar siswa.
4. Rendahnya tingkat penguasaan siswa
terhadap materi pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar siswa
Berdasarkan
indentifikasi masalah yang ada, refleksi diri dan studi literatur
peneliti mencari dan menganalisis penyebab masalah yang terjadi diantaranya :
1.
Kurangnya inovatif guru dalam
mengefektifkan waktu belajar.
2.
Guru kurang melibatkan siswa secara
aktif dalam proses pembelajaran
3.
Guru dalam menjelaskan materi terlalu
cepat.
4.
Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam penyampaian
materi kurang tepat
5.
Guru kurang mampu meningkatkan peran
aktif siswa dapat pembelajaran.
Melihat
permasalahan pembelajaran sebagaimana diuraikan di atas, peneliti termotivasi
untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas sebagai upaya peningkatan prestasi
belajar IPA materi pokok pengaruh gaya melalui penerapan metode eksperimen kelas V SDN ............... Tahun Pelajaran 2011/2012.
B. Perumusan Masalah
Dari penjelasan pada latar belakang masalah
dan melalui refleksi diri serta diskusi dengan teman sejawat, dapat
disimpulkan beberapa rumusan masalahnya, yaitu
:
1. Bagaimana upaya meningkatkan keaktifan
belajar siswa kelas V SDN Bantarmangu 01 Tahun Pelajaran 2011/2012 pada pembelajaran IPA materi pengaruh gaya dengan
penerapan metode eksperimen?
2. Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar
siswa kelas V SDN Bantarmangu 01 Tahun
Pelajaran 2011/2012 pada
pembelajaran IPA materi pengaruh
gaya dengan penerapan metode eksperimen?
C. Tujuan Penelitian
Adapun yang
menjadi tujuan dari pelaksanaan penelitian
tindakan kelas ini adalah :
1. Untuk meningkatkan keaktifan siswa siswa kelas
V SDN ............. Tahun Pelajaran
2011/2012 dalam pembelajaran
IPA materi pokok pengaruh
gaya melalui penerapan metode eksperimen.
2. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa
siswa kelas V SDN ............. Tahun
Pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran IPA materi pokok pengaruh gaya melalui penerapan metode.
D. Manfaat Penelitian
Adapun
manfaat yang dapat diperoleh dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah :
- Bagi Siswa
a. Meningkatkan hasil belajar siswa
b. Meningkatkan minat belajar siswa
c. Melalui pembelajaran aktif, menjadikan
pembelajaran menjadi menyenangkan dan memudahkan siswa memahami dan mencapai
kompetensi pembelajaran IPA.
- Bagi Guru
a. Memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya.
b. Meningkatkan profesionalisme pembelajaran guru
c. Memberi kesempatan untuk berperan aktif
mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sendiri.
- Bagi Sekolah
Pihak sekolah
dengan sendirinya akan mengalami peningkatkan kualitas dengan ditandai oleh
lulusan yang baik, kualitas dan variasi pembelajaran guru dan membaiknya
motivasi siswa serta prestasi hasil belajar siswa pada pelajaran IPA khususnya dan mata pelajaran lain pada
umumnya.
Konfirmasi file secara utuh dari Bab I, II, III, IV. V, Lampiran2 dan Halaman Depan, silahkan hub. 081327121707 (SMS only)
Mohon tidak disadur secara utuh, hanya sebagai referensi penulisan. Terima kasih atas kerjasamanya.
0 comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih