Lencana Facebook

banner image

Sunday 6 April 2014

PENGGUNAAN NASKAH TEKS BACAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MENEMUKAN PIKIRAN POKOK TEKS BACAAN PADA SISWA KELAS IV



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Bahasa  Indonesia  merupakan  alat  untuk  berpikir,  menyampaikan  ilmu pengetahuaan,  mengajarkan  keterampilan,  dan  menanamkan  sikap  terarah.  Dengan demikian,pengajaran Bahasa Indonesia di sekolah perlu ditingkatkan dan disesuaikan dengan  tuntunan  dunia  yang  semakin  modern.  Dunia  pendidikan  saat  ini  pun  sudah semakin modern meliputi berbagai aspek. Namun, pada kenyataannya sampai saat ini pengajaran Bahasa Indonesia di sekolah-sekolah belum diberikan secara maksimal. Pengajaran  Bahasa  Indonesia  yang  baik,  tidak  hanya  memberikan pengetahuan  tentang  kebahasaan  tetapi  juga  pengetahuaan  tentang  aspek-aspek keterampilan  yang  ada  pada  pengajaran  Bahasa  Indonesia. 
Bahasa  Indonesia memiliki aspek menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.  Sebagai  suatu  keterampilan  berbahasa,  membaca  merupakan  kegiatan  yang kompleks  karena  penulis  dituntut  untuk  dapat  menyusun  dan  mengorganisasikan  isi tulisan  serta  menuangkannya  dalam  formulasi  ragam  bahasa  tulis  dan  konvensi penulis  lainnya.  Di  balik  kerumitannya  membaca  banyak  mengandung  manfaat  bagi pengembangan  mental,  intelektual,  dan  sosial  seseorang.   
Dalam  proses  pembelajaran,  seorang  guru  pada  saat  menyajikan  bahan  ajar kepada  para  siswa  kerap  menggunakan  media  agar  informasi/bahan  ajar  tersebut dapat  diterima  atau  diserap  dengan  baik  oleh  para  siswa  dan  pada  akhirnya  diharapkan terjadi perubahan-perubahan perilaku baik berupa pengetahuan, sikap, maupun keterampilan.   Kegiatan belajar mengajar pada hakikatnya merupakan proses komunikasi.  Dalam  proses  komunikasi  ini  guru  berperan  sebagai  komunikator  yang akan  menyampaikan  pesan  atau/bahan  ajar  kepada  siswa  sebagai  penerima  pesan. Agar  pesan  atau  bahan  ajar  yang  dapat  disampaikan  guru  dapat  diterima  oleh  siswa maka diperlukan wahana penyalur pesan yaitu media pembelajaran. Penggunaan  media  sangat  penting  kehadirannya  dalam  pelajaran. Keterbatasan  penggunaan  media  oleh  guru  selama  ini  perlu  diubah  sedikit  demi sedikit. Hal ini dimaksudkan agar siswa tidak hanya tinggi kualitas teoritisnya tetapi juga tinggi  kualitas praktisnya.  Siswa hanya dijejali teori-teori tentang membaca,  ketentuan-ketentuan  membaca sementara  teori  tersebut  jarang  dipraktikkan. 
Berbekal pengalaman peneliti  mengajar di kelas tinggi selama beberapa tahun menemukan masalah di kelasnya terutama di kelas IV SD Negeri ...................... tempat peneliti  mengajar. Pada studi pendahuluan kemampuan membaca menunjukkan hasil tes formatif siswa sangat rendah terhadap materi yang diajarkan, terbukti hanya ada 9 siswa (28,23%) yang cukup tuntas dari 32 siswa yang dapat mencapai tingkat penguasaan materi 70%  atau mendapat nilai 70 ke atas,  sedangkan sisanya 23 orang  (71,88%) belum tuntas belajarnya karena hasil belajarnya masih berada di bawah KKM sebesar 70.

B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan kenyataan di atas, peneliti dengan bantuan teman sejawat dan supervisor mengadakan identifikasi masalah tentang kelemahan dan kekurangan pada proses pembelajaran yang dilaksanakan. Melalui pengamatan kemudian didiskusikan dengan supervisor terungkap masalah yang terjadi dalam pembelajaran yaitu :
a.    Siswa kesulitan memunculkan ide/gagasan dalam membaca
b.    Kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran yang disajikan oleh guru.
c.    Keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran masih sangat kurang
d.   Ketidakberanian siswa dalam menanyakan materi pelajaran yang belum jelas atau belum dikuasai.

C.    Analisis Masalah
Analisis data dilakukan selama dan setelah proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan siswa. Adapun data dan informasi yang dianalisis adalah dalam bentuk hasil tes (setelah proses pembelajaran) dan non tes (selama proses pembelajaran). Berdasarkan identifikasi pada masalah pembelajaran antara lain :
a.    Ketidakmampuan  guru  memperhatikan perbedaan kemampuan siswa.
b.    Guru belum melibatkan siswa  secara aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar
c.    Penyampaian materi pembelajaran oleh guru kurang mengena pada peserta didik
Jika hal ini dibiarkan, jelas akan berdampak buruk bagi proses dan hasil belajar siswa selanjutnya. Sadar akan keadaan tersebut, peneliti  mencoba melakukan upaya perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas  untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri ...................... Kecamatan ...................... Tahun Pelajaran 2011/2012  pada pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok menemukan pikiran pokok teks bacaan dengan menggunakan naskah teks bacaan.

D.    Pembatasan Masalah
Agar  masalah  yang  diteliti  tidak  terlalu  luas  maka  peneliti  memfokuskan penelitian terhadap objek yang akan diteliti dan mencoba membatasi masalah sebagai berikut:
1.    Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri ...................... Kecamatan ...................... Tahun Pelajaran 2011/2012.
2.    Penelitian difokuskan pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menemukan pikiran pokok teks bacaan
3.    Pembelajaran bahasa Indonesia materi menemukan pikiran pokok teks bacaan menggunakan media naskah teks bacaan.

E.     Rumusan Masalah
Dari uraian sebagaimana latar belakang masalah tersebut di atas, maka dapat disimpulkan rumusan masalah dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini, yaitu :
1.    Apakah melalui penggunaan naskah teks bacaan dapat meningkatkan keaktifan  belajar siswa siswa kelas IV SD Negeri ...................... Kecamatan ...................... Tahun Pelajaran 2011/2012 pada pembelajaran bahasa Indonesia materi pokok menemukan pikiran pokok teks bacaan?
2.    Apakah melalui penggunaan naskah teks bacaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri ...................... Kecamatan ...................... Tahun Pelajaran 2011/2012 pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menemukan pikiran pokok teks bacaan?
F.     Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini, adalah :
1.      Untuk memperbaiki pembelajaran bahasa Indonesia materi penemuan pikiran pokok teks bacaan  dengan menggunakan naskah teks bacaan siswa kelas IV SD Negeri ...................... Kecamatan ...................... Tahun Pelajaran 2011/2012.
2.      Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri ...................... Kecamatan ...................... Tahun Pelajaran 2011/2012 mata pelajaran pelajaran bahasa Indonesia materi menemukan pikiran pokok teks bacaan menggunakan naskah teks bacaan.

G.    Manfaat Penelitian
1.      Siswa
Memberikan stimulasi bagi anak dalam berpikir, berpendapat dalam kemampuan membaca. Selain itu penggunaan media berseri menjadi sarana pembelajaran yang menyenangkan dan dapat menimbulkan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa.
2.      Guru
Guru  dapat  memahami  hal-hal  yang  perlu  dilakukan  untuk  menyampaikan pembelajaran  secara  aktif  dan  dan  menarik  siswa  dalam  menyampaikan  materi sehingga siswa mampu menyimak pelajaran yang sedang diajarkan dan apa yang diharapakan  oleh  guru  dapat  tercapai serta  dapat  memberikan  alternatif pengajaran  dalam  pemilihan  model  pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.
3.      Sekolah
Mempunyai kesempatan yang besar untuk berkembang karena adanya peningkatan kemampuan pada diri guru dan pendidikan di sekolah dalam rangka pengembangan inovasi pembelajaran.