Lencana Facebook

banner image

Sunday 13 April 2014

UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SISTEM TATA SURYA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN SISWA KELAS VI



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Dalam  mempelajari  Ilmu  pengetahuan  alam  (IPA),  siswa  akan berhubungan  dengan  cara  mencari  tahu  tentang  alam  secara  sistematis,  sehingga IPA  bukan  hanya  penguasaan  kumpulan  pengetahuan  yang  berupa  fakta-fakta, konsep-konsep  atau  prinsip-prinsip  saja  tetapi  juga  merupakan  suatu  proses penemuan. Proses penemuan dalam IPA sering menggunakan suatu keterampilan yang  disebut  keterampilan  proses.  Ilmu  pengetahuan  alam  dengan  demikian, dalam  pembelajaran  IPA,  siswa  juga  akan  belajar  bagaimana  menemukan pengetahuan dengan keterampilan proses IPA.  
Berdasarkan  pengalaman  peneliti/guru  dalam  melaksanakan pembelajaran  IPA  di  kelas  VI  SDN  ......... Kecamatan ......... Kabupaten .........,  aktivitas  guru  dan  aktivitas  siswa  serta hasil  belajar  siswa  tidak  optimal.  Dalam  menyampaikan  materi  guru langsung  menjelaskan  materi  dari  buku  paket,  dan  sedikit  melakukan eksperimen  yang  mengajak  siswa  untuk  aktif dalam  pembelajaran  tersebut.  IPA  adalah  ilmu  yang berlandaskan  observasi,  pengamatan  atau  percobaan,  selain  itu  aktivitas siswa  tidak  optimal.  Kondisi ini  terlihat  dari  anak  kurang  perhatian  terhadap pembelajaran, kurangnya rasa antusias untuk belajar, tidak termotivasi, dan kurang  aktifnya  siswa dalam  pembelajaran. 
Dalam  proses  pembelajaran siswa hanya mendengarkan, melihat demonstrasi  guru, mencatat penjelasan guru  dan  menjawab  latihan  soal.  Siswa  tidak  diberikan  kesempatan  untuk ikut aktif dalam melaksanakan kegiatan eksperimen yang dilakukan oleh guru.
Dari hasil test pendahuluan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Dari 28 siswa kelas VI yang mengikuti tes formatif hanya ada delapan siswa (28,57%) yang dikategorikan tuntas belajar karena memperoleh nilai di atas KKM sebesar 64, dengan penjelasan mengenai keaktifan belajar siswa hanya mencapai angka 42,86% atau 12 orang siswa serta rata-rata  hasil belajar secara klasikal  menunjukkan hasil sebesar 63,93.
Berdasarkan uraian tersebut di atas, peneliti meminta bantuan teman sejawat untuk membantu mengidentifikasi masalah dalam proses pembelajaran. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah sebagai berikut :
1.      Siswa tampak ragu-ragu dan bingung saat menjawab pertanyaan guru
2.      Siswa kurang menguasai materi pembelajaran
3.      Siswa kurang aktif dalam pembelajaran
4.      Siswa tidak mencatat hal-hal penting selama proses pembelajaran berlangsung.
5.      Minat belajar siswa rendah
6.      Hasil belajar siswa rendah
Analisis masalah ditempuh dengan cara melakukan refleksi dari kinerja yang telah dilakukan, mengkaji literatur serta diskusi dengan supervisor. Berdasarkan hasil analisis masalah dapat diketahui bahwa kemungkinan yang menjadi faktor penyebab rendahnya hasil belajar, motivasi, dan kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas, terjadi karena hal-hal sebagai berikut:
1.      Guru tidak melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan penemuan informasi
2.      Model pembelajaran yang digunakan guru tidak sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar sehingga penguasaan konsep materi pembelajaran menjadi kurang baik.
3.      Pendekatan  pembelajaran yang digunakan guru tidak sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar
4.      Penggunaan alat peraga pembelajaran yang kurang bervariasi
5.      Guru tidak melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan penemuan informasi
6.      Guru kurang memotivasi siswa dalam pembelajaran
Adapun priotitas masalah yang akan diteliti dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang akan dilaksanakan adalah :
1.      Minat belajar  Ilmu Pengetahuan Alam materi mendeskripsikan sistem tata surya  rendah.
2.      Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi mendeskripsikan sistem tata surya  rendah.
Atas dasar itu peneliti merasa terpanggil untuk melakukan upaya perbaikan  karena jika hal tersebut dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan akan menjadi sumber utama penyebab turunnya hasil belajar siswa saat mempelajari materi pembelajaran selanjutnya. Sebelum hal ini terjadi pada siswa, akan lebih baiknya jika diupayakan segera solusi alternatif dari persoalan tersebut dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada pembelajaran perbaikan pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi mendeskripsikan sistem tata surya  melalui metode eksperimen di kelas VI Sekolah Dasar Negeri  ..........

B.     Perumusan Masalah

Agar penelitian memiliki arah yang jelas, maka diperlukan suatu rumusan masalah yang dijadikan penuntun terhadap pelaksanaan penelitian. Adapun rumusan masalahnya adalah :
1.      Apakah siswa  kelas VI Sekolah Dasar Negeri  ......... mengalami peningkatan keaktifan belajar dalam pembelajaran IPA materi mendeskripsikan sistem tata surya dengan menggunakan metode eksperimen ?
2.      Apakah siswa  kelas VI Sekolah Dasar Negeri  ......... mengalami peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA materi mendeskripsikan sistem tata surya  dengan menggunakan metode eksperimen ?

C.    Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah di atas maka ditetapkan tujuan dari pelaksanaan penelitian tingakan kelas ini, sebagai berikut :
  1. Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa  kelas VI Sekolah Dasar Negeri  ......... dalam pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran IPA materi mendeskripsikan sistem tata surya .
  2. Untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri  ......... setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran IPA materi mendeskripsikan sistem tata surya .


D.    Manfaat Penelitian

Diharapkan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat secara teoritis dan praktis  :
  1. Manfaat Teoritis
a.    Secara teoritis manfaat penelitian ini adalah untk memperoleh gambaran mengenai penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA.
b.    Menambah khasanah pengembangan pengetahuan mengenai pembelajaran IPA materi mendeskripsikan sistem tata surya  dengan menggunakan metode eksperimen.
c.    Sebagai bahan kajian penelitian lebih lanjut.
  1. Manfaat Praktis
a.       Siswa
1)      Memperbaiki belajar siswa, agar hasil belajar siswa meningkat
2)      Siswa merasa mendapat perhatian khusus dari guru sehingga keaktifan belajar siswa meningkat
3)      Untuk memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya, sehingga hasil belajar siswa dan minat belajar siswa meningkat.
b.      Guru
1)      Agar guru dapat memperbaiki mutu kinerja atau meningkatkan proses pembelajaran IPA secara berkesimanbungan.
2)      Untuk  mengembangkan  keterampilan  guru  untuk  menghadapi permasalahan yang nyata dalam proses pembelajaran di kelas.
3)      Meningkatkan profesionalisme guru.
c.       Sekolah
1)   Membantu sekolah untuk berkembang karena adanya peningkatan kemampuan pada diri guru dan pendidikan di sekolah
2)   Meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan bagi siswa
3)   Mempunyai kesempatan yang besar untuk berubah secara menyeluruh
4)   Menumbuhkan iklim kerjasama yang kondusif.

Konfirmasi file secara utuh, silahkan hub. 081327121707.
Mohon tidak disadur secara utuh, hanya sebagai batasan referensi !