Lencana Facebook

banner image

Saturday 26 October 2013

PTS : ILMU KEPADA AN UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN TENAGA PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI ................ KECAMATAN ................ KABUPATEN .................




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perpustakaan merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa. Perpustakaan mempunyai peranan penting sebagai jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan yang sekaligus menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan dan menyegarkan. Perpustakaan memberi kontribusi penting bagi terbukanya informasi tentang ilmu pengetahuan. Sedangkan perpustakaan merupakan jantung bagi kehidupan aktifitas akademik, karena dengan adanya perpustakaan dapat diperoleh data atau informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, perpustakaan harus menjadi sarana aktif/interaktif dan menjadi tempat dihasilkannya berbagai hal baru.
Untuk mewujudkan kondisi perpustakaan sesuai dengan fungsi dan peranannya maka perpustakaan harus dirubah sistem operasionalnya dari perpustakaan manual/tradisional menjadi perpustakaan yang berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi (Perpustakaan digital). Dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi diharapkan setiap perpustakaan secara bertahap dapat mengejar ketinggalannya dari perpustakaan-perpustakaan yang lebih maju dan lebih modern serta dapat mengoptimalkan fungsi perpustakaan bagi masyarakat. Selain hal tersebut diperlukan suatu manajemen pengelolaan yang sesuai dengan standar internasional dalam mengelola perpustakaan. Karena tanpa manajemen yang baik pekerjaan tidak akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Dasar pengembangan sebuah perpustakaan harus dilakukan berdasarkan kebijakan dari lembaga penaung, kecuali jika perpustakaan tersebut bersifat independen. Dasar utama yang harus menjadi landasan adalah visi dan misi lembaga. Perpustakaan harus berperan mendukung tercapainya visi dan misi ini. Ada anggapan yang salah yaitu menganggap perpustakaan sekolah hanya diperuntukkan bagi siswa saja, yang sebenarnya perpustakaan sekolah diperuntukkan bagi seluruh arga sekolah atau stakeholder. Berbagai upaya reformasi di bidang pendidikan oleh pemerintah baik pengembangan kurikulum, peningkatan kompetensi pendidik, profesional tenaga kependidikan dan pengembangan sarana prasarana, pada akhirnya bertujuan  meningkatkan mutu pendidikan.
Rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan dan satuan pendidikan adalah merupakan permasalahan yang dihadapi pemerintah dewasa ini. Dalam hal ini pemerintah telah berupaya meningkatkan mutu pendidikan, misalnya dengan mengganti Kurikulum 1994 dengan Kurikulum 2006 atau lebih dikenal dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan KTS- nya (Kurikulu Tingkat Satuan Pendidikan). Salah satu faktor penyebab rendahnya mutu pendidikan adalah penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan pendekatan education production function  (input-output analysis tidak dilaksanakan dengan konsekuen).
Pendekatan ini beranggapan mutu pendidikan akan mengungkap secara otomatis apabila input (masukan) seperti pendidik, tenaga kependidikan, buku, media pembelajaran dan sarana prasarana pendidikan dipenuhi. Dalam, kenyataannya peningkatan mutu pendidikan tidak seperti yang diharapkan. Permasalahannya pendekatan education production function kurang memperhatikan proses pendidikan, tetapi hanya beranggapan lembaga pendidikan hanya berfungsi sebagai pusat produksi.
Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri ................, permasalahan yang dihadapi dalam rangka peningkatan minat baca siswa di perpustakaan sekolah adalah rendahnya kemampuan tenaga pustakawan dalam mengelola perpustakaan secara profesional. Untuk mengatasi keadaan tersebut, maka kepala sekolah selaku pemegang manajemen di sekolah memutuskan untuk mengadakan penelitian tindakan sekolah sebagai upaya peningkatan kemampuan tenaga pustakawan dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri ................ Kecamatan ................ Kabupaten .................
[

B.     Identifikasi  Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat diperoleh suatu pengamatan dan analisis mengenai apa yang menyebabkan kekurangmampuan tenaga perpustakaan sehingga muncul identifikasi masalah diantaranya sebagai berikut :
1.   Kurangnya pengetahuan tenaga pustakawan dalam mengelola perpustakaan di SD Negeri .................
2.   Kurangnya fasilitas pendukung sarana perpustakaan yang ada sehingga kinerja tenaga pustakawan dalam mengelola perpustakaan kurang maksimal.
3.   Tidak adanya pelatihan-pelatihan tenaga pustakawan yang diadakan khusus dan rutin setiap bulannya.

C.    Pembatasan Masalah
Dari beberapa identifikasi permasalahan di atas penulis membatasi permasalahan yang akan diteliti oleh penulis yaitu upaya meningkatkan tenaga pustakawan terhadap minat baca siswa di kelas V SDN ................ dengan pelaksanaan pembinaan kepala sekolah..

D.    Rumusan Masalah
Dengan mengacu pada fenomena yang ada berdasarkan judul, latar belakang serta identifikasi masalah di atas maka fokus masalah penulis adalah Bagaimana meningkatan kemampuan tenaga pustakawan terhadap minat baca siswa di kelas V SDN ..................Kecamatan ................ Kabupaten ................ Tahun Pelajaran ................?

E.     Tujuan Penelitian
Sesuai fokus masalah yang telah dikemukakan tadi, maka penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tugas dan fungsi tenaga perpustakaan dan tanggung jawabnya dalam mengelola perpustakaan dan meningkatkan minat baca siswa melalui pembinaan kepala sekolah.

F.     Manfaat Penelitian
1.   Manfaat Teoritis
Secara teoritis manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan tenaga pustakawan  SDN ................ Kecamatan ................ Kabupaten .................
2.   Manfaat Praktis
a.   Bagi Peneliti
Menambah dan memperluas pengetahuan tentang proses pembinaan kepala sekolah terhadap tenaga pustakawan.
b.   Bagi Tenaga Pustakana
Mengembangkan wawasan, masukan dan sumbangan pemikiran kepada pihak sekolah tentang cara-cara meningkatkan minat baca siswa sehingga dapat dilaksanakan dan dikembangkan demi peningkatan mutu di SD Negeri Bantrmangu 04 Kecamatan ................ Kabupaten .................

G.    Definisi Istilah
Untuk menghindari terjadinya kesalahan menafsirkan judul, perlu memberikan penjelasan terhadap istilah yang dipakai dalam judul ini yaitu :
1.   Upaya
Menurut kamus lengkap bahasa Indonesia, upaya adalah usaha atau syarat untuk menyampaikan suatu maksud. Upaya juga diartikan sebagai usaha untuk melakukan suatu hal atau kegiatan yang bertujuan.
2.   Meningkatkan
Meningkatkan adalah suatu usaha menaikkan derajat atau taraf mempertinggi. (Tim Penyusun Kamus Bahasa Indonesia, 2003: 1198). Dapat pula diartikan sebagai usaha perubahan atau pengembangan sesuatu untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam kegiatan belajar mengajar pengertian meningkatkan merupakan perkembangan pada diri siswa dari tidak tahu menjadi tahu di dalam menguasai ilmu pengetahuan tertentu


3.   Kemampuan
   Kemampuan yang dimaksud adalah gambaran hakikat kualitatif dari perilaku seseorang dalam memecahkan masalah  dan upaya untuk melakukan tindakan dalam mengidentifikasi berbagai faktor yang akan berpengaruh terhadap ketercapaian tujuan yang akan dicapai (KKKBI : 21)
4.   Tenaga Pustakawan
Seseorang yang ditunjuk khusus untuk mengelola perpustakaan yang dipercayakan kepadanya.