Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Tuesday, 22 October 2013

Peningkatan motivasi dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi keragaman suku dan budaya Indonesia dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah  usaha  sadar  dan  terencana  untuk  mewujudkan  suasana  belajar  dan  proses belajar  atau  pelatihan  agar  peserta  didik  secara  aktif  dapat  mengembangkan potensi  dirinya  untuk  memiliki  kekuatan  spiritual,  keagamaan,  pengendalian  diri, kepribadian,   kecerdasan, akhlak mulia  serta  keterampilan-keterampilan yang diperlukan dirinya dalam masyarakat.
Pendidikan  tidak    terlepas  dari    berbagai    unsur,  yakni  pendidik,  peserta didik,  materi  ajar,  evaluasi,  kurikulum,  dan  lain-lain.  Adapun  penunjang pendidikan  yaitu  metode, sarana dan prasarana. Jadi  tidak  dapat  dipungkiri  bahwa pendidikan  merupakan  salah  satu  upaya  dalam  rangka  meningkatkan  kualitas hidup manusia.
Salah  satu  mata  pelajaran  yang  memberikan  kesempatan  kepada  siswa untuk mengembangkan pengetahuan berpikir, keterampilan  memecahkan  masalah sejak dini adalah  mata pelajaran  IPS. Mata  pelajaran  Pendidikan  IPS    di sekolah dasar  adalah  bidang  studi  yang mempelajari    dan  menelaah    serta    menganalisis  gejala  dan  masalah  sosial  di masyarakat  di  tinjau  dari  berbagai  aspek  kehidupan  secara    terpadu.    Pendidikan IPS di SD berfungsi untuk mengembangkan    pengetahuan,    nilai, sikap,  dan  keterampilan  siswa  tentang  masyarakat,  bangsa  dan  Negara    Indonesia.  Terkait  dengan  tujuan  mata  pelajaran  pendidikan  IPS  yang  sedemikian fundamental,  maka  guru  di  tuntut  untuk  memiliki  pemahaman  yang  holistik. Dalam  upaya  mewujudkan  pencapaian  tujuan  tersebut  harus  adanya  proses belajar.
Keberhasilan pembelajaran sangat  dipengaruhi guru dalam menciptakan  kegiatan    belajar    itu  sendiri.  Oleh  karena  itu  kegiatan  belajar  perlu      dikembangkan  secara  sistematis,  efektif dan  efisien  Adanya variasi   dalam kegiatan  belajar  merupakan suatu alternatif untuk  menumbuh  kembangkan  motivasi siswa  serta aktivitas siswa dalam belajar.                                                                       
Faktor  lain  yang  menentukan  keberhasilan  dalam  pembelajaran  adalah kemampuan  guru  dalam  menterjemahkan  nilai-nilai  yang  terdapat    dalam kurikulum  melalui  pembelajaran   untuk   siswa  secara  optimal. Guru dituntut memiliki wawasan  yang berhubungan  dengan  mata  pelajaran    yang  diajarkan dan  wawasan  yang  berhubungan  dengan kependidikan      untuk   menyampaikan  isi    pelajaran    kepada  siswa.
Mengingat    guru    merupakan    ujung    tombak,  maka    diharapkan    guru mampu meningkatkan kemampuannya melalui pengembangan diri    secara  profesional. Guru tidak hanya menyajikan materi secara tepat    melainkan juga dituntut menilai sekaligus memperbaiki praktek  pembelajaran  yang dirasakan  kurang  berhasil  melalui  refleksi. Selain  faktor guru,  dalam    kegiatan    belajar    mengajar    tak    kalah pentingnya  siswa  berperan  aktif  di dalamnya, karena  belajar  adalah  suatu  proses    yang    ditandai dengan  adanya    perubahan    pada  diri  seseorang  sebagai hasil dari  pengalaman dan latihan. Perubahan  prestasi  belajar  akan    tampak  pada  pengetahuan,  pemahaman,  sikap dan  tingkah laku, kecakapan  serta  kemampuan  sesuai  potensi  yang  dimiliki. Mengajar  bukan  hanya  menyampaikan  bahan  pelajaran  kepada  siswa, melainkan  yang  terpenting  adalah  bagaimana  bahan  pelajaran  tersebut  dapat  disajikan    dan    dipelajari    oleh    siswa    secara    efektif    dan efisien.  Dalam  pelajaran  sangat   diperlukan    adanya    cara/teknik untuk    mencapai    tujuan  pembelajaran. Agar  tujuan  tersebut  tercapai  dengan  baik  maka  diperlukan kemampuan  dalam  memilih  dan  menggunakan  strategi  pembelajaran.
Untuk  dapat  mengetahui  dan  meningkatkan  prestasi  belajar  siswa,  guru  dituntut  untuk melakukan  tahapan evaliasi  dengan  harapan dapat   mengetahui sejauhmana tingkat keberhasilan siswa dalam proses  pembelajaran. Dalam upaya  meningkatkan  prestasi belajar penulis melaksanakan  perbaikan  melalui  Penelitian  Tindakan  Kelas (PTK) dengan  mengambil  mata  pelajaran   Ilmu    PengetahuanSosial.
Hal tersebut dibuktikan ketika dilakukan tes formatif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi  jenis-jenis pekerjaan, hasil ujian menunjukkan rendahnya  tingkat penguasaan materi yang diajarkan. Dari 27 siswa, hanya dua orang siswa (7,14%) yang dapat mencapai penguasaan materi 85% atau mendapat nilai 70 ke atas sedangkan sisanya sebanyak 25 siswa atau 92,59% belum memenuhi kriteria ketuntasan seperti yang ditetapkan yaitu sama dengan atau di atas KKM sebesar  70 dengan perolehan nilai rata-rata prestasi belajar secara klasikal 55,56 dan keaktifan belajar siswa sebesar 44,44% atau 12 dari 27 siswa
Dari  hasil  studi awal    pada  mata    pelajaran    tersebut    timbul    masalah,    dimana    secara    umum    mata  pelajaran   IPS    kurang    dikuasai    siswa,  sehingga   motivasi dan prestasi    belajar    siswa  rendah. Masalah  ini  dialami  siswa  kelas  V Semester  I  tahun  ajaran  ...........  Sekolah  Dasar  Negeri  ........... 04 Kecamatan ............
  1. Identifikasi Masalah
Berdasarkan keadaan tersebut peneliti meminta bantuan teman sejawat untuk membantu mengidentifikasi masalah dalam proses pembelajaran. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah sebagai berikut :
a.       Rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan.
b.      Siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran
c.       Rendahnya daya serap  siswa terhadap materi pembelajaran
d.      Rendahnya prestasi belajar siswa terhadap materi pembelajaran  IPS yang berdampak rendahnya prestasi belajar siswa.
e.       Siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran
  1. Identifikasi Masalah
Sehubungan dengan rendahnya prestasi belajar tersebut, peneliti merenung, merefleksi,  dan berdiskusi dengan teman sejawat. Dari hasil diskusi tersebut dapat dimungkinkan penyebab rendahnya prestasi belajar siswa antara lain :
a.       Guru tidak mampu menciptakan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran dan penemuan informasi.
b.      Model pembelajaran yang diambil tidak tepat dan penjelasan materi terlalu cepat, sehingga kurangnya model dialog yang interaktif, efektif dan kreatif.
c.       Guru tidak mampu mengembangkan model dialog yang efektif, aktif dan kreatif yang mengakibatkan kurangnya perhatian siswa saat pembelajaran berlangsung.
d.      Guru harus lebih teliti melihat siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran berlangsung.
Melihat kondisi awal sebagaimana tersebut di atas, maka peneliti berusaha untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga prestasi belajar siswa dapat tercapai dengan melaksanakan perbaikan pembelajaran. Adapun prioritas masalah yang menjadi tujuan perbaikan proses pembelajaran adalah :
a.       Memperbaiki proses pelaksanaan  pembelajaran yang akan dilaksanakan  dengan menggunakan  strategi pembelajaran inkuiri pada pelaksanaan pembelajaran IPS materi  keragaman suku dan budaya  Indonesia.
b.      Upaya pelaksanaan perbaikan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa belajar sehingga tingkat ketuntasan belajar siswa dapat tercapai.
Dengan mempertimbangkan faktor penyebab di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya untuk menjadi fokus perbaikan pembelajaran adalah bagaimana upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial  materi  keragaman suku dan budaya  Indonesia dengan menggunakan  strategi pembelajaran inkuiri pada siswa kelas V SDN ........... 04 Tahun Pelajaran ............

B.     Rumusan Masalah
Dari  penjelasan  di  atas    terdapat  salah  satu  faktor yang  mempengaruhi  prestasi  belajar  adalah  kurang  tepatnya  strategi  pembelajaran.  Maka  dari  itu, rumusan masalah yang akan dibahas adalah sebagai berikut:
1.   Bagaimanakah peningkatan motivasi  belajar  siswa  pada  materi  keragaman suku dan budaya  Indonesia sebelum menggunakan  strategi pembelajaran inkuiri di kelas V SDN ........... 04 Kecamatan ...........? 
2.   Bagaimanakah  peningkatan prestasi  belajar  siswa  pada  materi  keragaman suku dan budaya  Indonesia sebelum menggunakan  strategi pembelajaran inkuiri di kelas V SDN ........... 04 Kecamatan ...........? 

C.    Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang ingin dicapai  dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Mengetahui  peningkatan motivasi belajar  siswa  sesudah  menggunakan  strategi pembelajaran inkuiri pada  materi keragaman suku dan budaya Indonesia.
2.      Mengetahui  peningkatan prestasi  belajar  pada  materi  keragaman  budaya  Indonesia sebelum menggunakan  strategi pembelajaran inkuiri

D.    Manfaat Penelitian
1.      Manfaat Teoritis                 
Penulisan laporan  ini  diarahkan  untuk  memberikan  sumbangan pemikiran  untuk  memperkaya    ilmu  pengetahuan  bidang  pendidikan.    Selain  itu memberikan  kontribusi  pemikiran  bagi  pembaca  sebagai bahan  acuan  untu kpenelitian  lebih  lanjut  sehingga  dapat  di  jadikan  referensi  bagi  penelitian  lebih lanjut.
2.      Manfaat  Praktis
a.       Manfaat bagi sisswa 
Penulisan laporan ini  diharapkan  dapat  memberikan  kontribusi pemikiran  untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Selain itu dengan penggunaan strategi pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran materi  keragaman suku dan budaya  Indonesia  dapat  meningkatkan  motivasi siswa
b.      Manfaat  bagi guru
Penulisan  laporan ini  diarahkan  untuk memberikan  sumbangan  pemikiran  dan  memperkaya  khasanah  ilmu pengetahuan di bidang pendidikan, serta memberikan salah satu solusi untuk meningkatkan
c.       Manfaat bagi sekolah
Penulisan laporan ini untuk memberikan informasi tambahan tentang  strategi  pembelajaran  serta  motivasi dan prestasi  belajar.  Selain  itu,  penulisan laporan  ini sebagai  petunjuk  dalam  pengambilan  keputusan  sekolah  untuk meningkatkan prestasi siswa.                                                                                           


Bab 2 - 3- 4- 5-lampiran menyusul.
Untuk mendapatkan file silahkan klik : Download

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih