Lencana Facebook

banner image

Tuesday 22 October 2013

PTK PKN METODE KARYA WISATA KELAS IV MATERI STRUKTUR PEMERINTAHAN DESA



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Metode pembelajaran karya wisata adalah   metode  dalam  pembelajaran  dengan  mengajak siswa  ke  luar  sekolah  untuk  meninjau  tempat  tertentu  atau  obyek  yang mengandung nlai pembelajaran. Metode pembelajaran di luar kelas dirancang  untuk  mendorong  peserta  didik  melakukan penyelidikan,  berfikir  kritis,  mengembangkan  berbagai  keterampilan  dan melakukan penerapan materi pelajaran di luar kelas. Kegiatan di luar kelas merupakan kegiatan berpergian bersama-sama  untuk  memperluas  pengetahuan.
Pendidikan  PKn  yang  diterapkan  di  sekolah  seringkali  berkesan  kurang  menarik bahkan  membosankan.  Pembelajaran  PKn  dirasakan  siswa  hanyalah  mengulangi  hal-hal yang  sama  dari  TK,  Sekolah  Dasar,  sampai  tingkat  pendidikan  menengah.  Metode  serta teknik mengajarnya juga kurang menarik.  Pembelajaran PKn di SD jika hanya disampaikan melalui ceramah akan sulit diterima oleh  siswa  dan  membosankan.  Dalam  hal  ini  diperlukan  oleh  seorang  guru  untuk mempertimbangkan  metode  pembelajaran  lain  yang  efektif  dan  tepat.  Pengalaman  yang diperoleh  oleh  siswa  dan  hasil  pemberitahuan  orang  lain  seperti  hasil  penuturan  guru hanya akan mampir sesaat untuk diingat dan setelah itu dilupakan. Oleh karena itu, dalam konteks kurikulum  yang  berlaku saat ini di SD membelajarkan siswa tidak cukup hanya dengan  memberitahukan  akan  tetapi  mendorong  siswa  untuk  melakukan  suatu  proses melalui berbagai aktivitas yang dapat mendukung terhadap pencapaian kompetensi.
Metode  pembelajaran  dalam  pendidikan  PKn  secara  teoritis  sebenarnya  dapat  dipilih dari sekian banyak metode pembelajaran  yang tersedia. Para  guru hendaknya mempunyai kemampuan  di  dalam  memilih  metode  yang  tepat  untuk  setiap  pokok  bahasan.  Selain  itu pembelajaran  PKn  juga  dapat  menggunakan  media  pengajaran  yang  bermacam-macam diantaranya  menampilkan  gambar,  film,  peta  dan  lainnya  untuk  menambah  pemahaman terhadap data visual.
Paradigma  baru  pendidikan  PKn  menghendaki  dilakukan  inovasi  yang  terintegrasi dan  berkesinambungan.  Salah  satu  wujudnya  adalah  inovasi  yang  dilakukan  guru  dalam kegiatan  pembelajaran  di  kelas.  Kebiasaan  guru  dalam  mengumpulkan  informasi mengenai tingkat pemahaman siswa melalui pertanyaan, observasi, pemberian tugas dan tes  akan  sangat  bermanfaat  dalam  menentukan  tingkat  penguasaan  siswa  dan  dalam evaluasi keefektifan proses pembelajaran. Guru  dituntut  untuk  lebih  kreatif  dalam  menyiapkan  dan  merancang  metode pembelajaran  yang  akan  dilakukannya  seiring  dengan  perkembangan  masyarakat  dan kemajuan  teknologi.  Hal  ini  dilakukan  untuk  mewujudkan  tujuan  nasional  secara  umum dan  tujuan  pendidikan  PKn  pada  khususnya,  yang  pada  prinsipnya  bertujuan  mendidik dan  membimbing  siswa  menjadi  warga  negara  yang  baik,  yang  bertanggung  jawab  baik secara  pribadi,  sosial  atau  masyarakat,  bangsa  dan  negara  bahkan  sebagai  warga  dunia.
Salah  satu  metode  pembelajaran  yang  dapat  mewujudkan  tujuan  tersebut  adalah  metode pembelajaran karya wisata.  Kegiatan  pembelajaran  dengan menerapkan metode pembelajaran karya wisata adalah  membawa  siswa  ke  luar  kelas  dalam  rangka  mempelajari  sumber-sumber belajar  di  luar  kelas  atau  sekolah  dalam  kaitanya  dengan  materi  pelajaran  di sekolah. Kegiatan di luar kelas bukan piknik, akan tetapi memindahkan kelas  untuk  sementara  waktu  keluar  dengan  menggunakan  sumber-sumber lingkungan.  Tempat  yang  dijadikan  sebagai  sumber  belajar tidak harus selalu jauh, pemanfaatan lingkungan terdekat lebih diutamakan. Melalui pengalaman langsung pembelajaran akan lebih bermakna daripada pengalaman  tidak  langsung.  Dengan  kegiatan  di  luar  kelas siswa menjadi lebih dekat dengan lingkungan  yang  cukup memberikan rasa ingin tahu, siswa  bermain  sambil  belajar,  mengamati  fenomena  alam  dan  melaksanakan keterampilan  proses.  kegiatan  di  luar  kelas  dapat memberikan informasi sebagai bahan pelajaran yang lebih aktual sehingga proses belajar  mengajar  dapat  berlangsung  lebih  aktif  dan  dapat  meningkatkan  ranah kognitif, apektif dan psikomotor.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian  di SD Negeri  ........ 03  pada  siswa  kelas  IV.  Hal  ini  dapat  disebabkan  karena  rata-rata  kelas siswa  IV  pada  mata  pelajaran  Pkn  adalah  55,00.  Hal  tersebut  merupakan  nilai  yang tergolong  masih  rendah karena nilai KKM yang ditetapkan adalah 70. 

B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan hal tersebut, peneliti meminta bantuan supervisor, kepala sekolah dan teman sejawat untuk membantu mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Dari hasil metode pembelajaran karya wisata terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran, yaitu :
  1. Rendahnya minat belajar siswa
  2. Rendahnya minat siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran
  3. Rendahnya prestasi belajar siswa
  4. Rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran  PKn yang berdampak pada prestasi belajar siswa.
Melalui refleksi diri, kaji literatur, dan diskusi mengenai permasalahan pembelajaran dengan supervisor, kepala sekolah dan teman sejawat dapat diketahui bahwa faktor penyebab rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran, dan rendahnya minat serta prestasi belajar siswa adalah :
  1. Metode pembelajaran yang diambil tidak tepat
  2. Penjelasan materi terlalu cepat, sehingga kurangnya metode dialog yang interaktif, efektif dan kreatif.
  3. Guru tidak mampu mengembangkan metode dialog yang efektif, aktif dan kreatif.
  4. Guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan penemuan informasi.
Melihat kondisi tersebut di atas, maka peneliti berusaha untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga prestasi belajar siswa dapat tercapai dengan penerapan metode pembelajaran karya wisata. Adapun tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa belajar sehingga tingkat ketuntasan belajar siswa dapat tercapai, memperbaiki proses pembelajaran dengan menggunakan  metode pembelajaran karya wisata.
Melihat kenyataan sebagaimana diuraikan di atas,  penulis merasa  perlunya  diadakan perbaikan proses pembelajaran untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dengan melaksanakan kegiatan penelitian  untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar dalam pembelajaran PKn materi  struktur pemerintahan organisasi desa di kelas IV  SD  Negeri  ........ 03   Kecamatan ........ Tahun Pelajaran .........

C.    Pembatasan Masalah
Dari berbagai masalah yang telah dikemukakan, permasalahan penelitian ini dibatasi pada peningkatan minat dan prestasi belajar PKn materi struktur pemerintahan desa yang perlu dikaji karena nilai akademis mereka masih berada di bawah KKM sebesar 70.  yang digunakan dalam upaya perbaikan pembelajaran PKn adalah dengan penerapan metode pembelajaran karya wisata. Subjek penelitian adalah siswa SD  Negeri  ........ 03  Tahun Pelajaran ........ sebanyak 28 siswa

D.    Rumusan Masalah
Dari uraian sebagaimana latar belakang di atas, maka yang telah dikemukakan, maka rumusan masalah  yang diajukan adalah
1.      Apakah penggunaan  metode pembelajaran karya wisata dalam pembelajaran PKn materi  struktur pemerintahan organisasi desa dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV  SD  Negeri  ........ 03?
2.      Apakah penggunaan  metode pembelajaran karya wisata dalam pembelajaran PKn materi  struktur pemerintahan organisasi desa dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD  Negeri  ........ 03?

E.     Tujuan Penelitian
Tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang dilakukan adalah :
  1. Untuk menganalisis dampak penggunaan metode pembelajaran karya wisata terhadap peningkatan minat siswa kelas IV SD  Negeri  ........ 03.
  2. Untuk menganalisis dampak penggunaan  metode pembelajaran karya wisata terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SD  Negeri  ........ 03.

F.     Manfaat Penelitian
Diharapkan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat bagi :
  1. Siswa
a.  Meningkatkan  partisipasi  belajar  siswa  sehingga  informasi yang diperoleh bermakna;
b.  Mengembangkan kreatifitas dan daya nalar siswa
c.   Mengembangkan  kecerdasan  interpersonalnya  karena  bekerja dalam kelompok;
d.  Mengembangkan  kemampuan  komunikasi  verbal  maupun  non verbal;
e.  Meningkatkan prestasi belajar siswa.
  1. Guru
a.  Meningkatkan kualitas pembelajaran;
b.  Meningkatkan  wawasan,  pengetahuan  dan  profesionalisme  guru dalam mengajar;
c.  Meningkatkan interaksi antara guru dan siswa;
d.   Sebagai  satu  bentuk  kepekaan  guru  akan  perbaikan  di  dunia pendidikan  sehingga  menjadi    contoh  dan  stimulus  bagi  guru yang  lain  untuk  melakukan  hal  yang  sama  atau  bahkan melakukan hal yang lebih baik.
  1. Sekolah
a.   Mengembangkan kurikulum di tingkat sekolah dan kelas;
b.  Meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah khususnya dalam bidang PKn;
c.  Menjadi  sumbangan  pemikiran  serta  pemrakarsa  dan  dapat dijadikan  bahan  kajian  dan  pengembangan  dalam  penelitian berikutnya  baik  di  sekolah  yang  diteliti  ataupun  sekolah  yang lain. 




Bab 2 - 3- 4- 5-lampiran
menyusul.
Untuk mendapatkan file silahkan klik : Download