Lencana Facebook

banner image

Thursday 24 October 2013

PTK IPA Judul "enerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA materi menjelaskan bentuk dan susunan daun"



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
IPA merupakan ilmu pengetahuan  yang merujuk pada rumpun ilmu sains di mana objeknya  adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapanpun dimanapun  yang mendasari perkembangan teknologi moderen, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Pembelajaran IPA pada perkembangan dunia moderen saat ini tidak hanya terpaku pada kegiatan menulis saja dan mendengarkan ceramah dari guru.  Sains sebagai proses merupakan langkah-langkah yang ditempuh para peserta didik  untuk melakukan penyelidikan dalam rangka mencari penjelasan tentang gejala-gejala alam. Langkah tersebut adalah merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merancang eksperimen, mengumpulkan data, menganalisis dan akhimya menyimpulkan. 
Secara umum, pelaksanaan pembelajaran ilmu pengetahuan alam, sudah dilaksanakan dengan baik, meski demikian masih kurangnya penggunaan metode pembelajaran menjadi hal yang perlu diperhatikan. Kegiatan pembelajaran IPA SD lebih diarahkan pada belajar  (learning) daripada mengajar  (teaching). Keadaan ini menempatkan keadaan seorang guru sebagai  fasilitator  maupun pembimbing bagi peserta didik, sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan peserta didik lebih aktif apalagi jika proses pembelajarannya sampai terjadi menyenangkan bagi peserta didik. Semua peserta didik diajak terlibat aktif dalam pembelajaran. Aktif dalam arti peserta didik terlibat langsung dalam pembelajaran misal dengan melakukan pengamatan terhadap objek, melakukan percobaan, maupun eksplorasi, tetapi tidak mengabaikan daripada tujuan hasil pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA diperlukan latihan pemecahan persoalan yang berkaitan dengan konsep. Ini berarti guru dituntut untuk memberikan latihan dan tugas serta siswa harus bersedia untuk mengerjakan tugas dan latihan tersebut. Dengan demikian pembelajaran IPA tidak hanyamendengarkan guru menerangkan didepan kelas saja namun kegiatan pembelajaran IPA mencakup kegiatan di rumah, di perpustakaan, di laboratorium, dan kegiatan lain yang memberikan dukungan pada pemahaman konsep.
Sebelum melakukan penelitian, hasil pengamatan menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas IV SDN ............ 02 Kecamatan ............ masih belum mencapai nilai KKM sebesar 70. Dari 29 orang siswa 86,21% siswa atau 25 siswa belum mencapai ketuntasan minimal belajar. Hal ini karena kegiatan pembelajaran IPA di kelas IV SDN ............ 02 Kecamatan ............, masih menerapkan pembelajaran yang bertujuan mengejar target kurikulum dengan mengandalkan buku sumber IPA kelas IV sebagai pegangan utamanya.
Untuk mengatasi permasalahan di atas, perlu dilakukan upaya tertentu yang dapat melibatkan siswa secara aktif, sehingga hasil belajar siswa juga meningkat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu mencoba memperbaiki cara pembelajaran, dari tadinya pembelajaran hanya berpusat pada guru jadi lebih ke arah pembelajaran yang berpusat pada siswa. Banyak pendekatan pembelajaran yang ditawarkan oleh para ahli dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep. Salah satu pembelajaran yang dimaksud adalah pendekatan kontekstual. Pendekatan Kontekstual adalah pendekatan pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata siswa sehari-hari, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat maupun warga negara, dengan tujuan untuk menemukan makna materi tersebut bagi kehidupannya. Belajar dengan menggunakan pendekatan Kontekstual, siswa bukan hanya sekedar  mendengarkan dan mencatat, tetapi siswa dapat belajar secara langsung melalui proses pengalamannya. Melalui proses pengalaman itu diharapkan perkembangan siswa terjadi  secara utuh, tidak hanya berkembang dalam aspek kognitif saja, tetapi juga aspek apektif dan juga psikomotor.
Untuk itu, penulis akan melakukan penelitian dengan judul Penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA materi menjelaskan bentuk dan susunan daun pada siswa kelas IV SDN ............ 02 Kecamatan ............”
  1. Identifikasi Masalah
Berdasarkan hal tersebut di atas peneliti meminta bantuan teman sejawat untuk mengidentifikasi masalah pembelajaran. Dari hasil observasi dan diskusi terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran. Masalah tersebut antara lain :
a.       Rendahnya motivasi belajar siswa
b.      Siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran
c.       Siswa kurang menguasai materi pembelajaran
d.      Rendahnya hasil belajar
e.       Siswa tidak berani mengemukakan kesulitan dalam memahami pelajaran.
  1. Analisis Masalah
Sehubungan dengan rendahnya hasil belajar tersebut, peneliti merenung, merefleksi,  dan berdiskusi dengan teman sejawat. Dari hasil diskusi tersebut dapat dimungkinkan penyebab rendahnya hasil belajar siswa antara lain :
a.       Model pembelajaran yang digunakan guru tidak sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar sehingga penguasaan konsep materi pembelajaran menjadi kurang baik.
b.      Guru tidak melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan penemuan informasi.
c.       Guru kurang memahami karakteristik siswa.
d.      Guru tidak dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik.
e.       Guru tidak mampu mengembangkan model dialog yang efektif, aktif dan kreatif.
Berdasarkan hasil analisis di atas, untuk memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya akan dilakukan melalui upaya penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan kontekstual keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi menjelaskan bentuk dan susunan daun pada siswa kelas IV SDN ............ 02 Kecamatan .............

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas, maka rumusan masalah yang diungkap dalam penelitian ini yaitu :
1.      Apakah melalui pendekatan kontekstual keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA materi menjelaskan bentuk dan susunan daun dapat meningkat?
2.      Apakah melalui pendekatan kontekstual hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi menjelaskan bentuk dan susunan daun dapat meningkat?

C.    Tujuan Penelitian
Penelitian ini dilakukan untuk tujuan-tujuan sebagai berikut :
1.   Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA pada materi menjelaskan bentuk dan susunan daun melalui pendekatan pembelajaran kontekstual di kelas IV SDN ............ 02 Kecamatan ............?
2.   Mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran pembelajaran IPA pada materi menjelaskan bentuk dan susunan daun melalui pendekatan pembelajaran kontekstual di kelas IV SDN ............ 02 Kecamatan ............?

D.    Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat terutama kepada :
1.      Siswa
a.       Dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami lebih luas lagi terhadap pelajaran IPA
b.      Memberikan  pengalaman kepada siswa melalui pendekatan kontekstual
c.       Dapat  mengembangkan pengetahuan  mengenai bentuk dan susunan daun melalui pendekatan kontekstual  dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui pendekatan kontekstual.
2.      Guru
a.       Menambah wawasan, pengetahuan  dan keterampilan guru dalam mengembangkan kemampuan profesionalisme guru
b.      Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan pada guru, orangtua agar dapat meningkatkan dan mengembangkan program pembelajaran
c.       Memberikan informasi kepada guru atau calon guru IPA dalam menentukan tekhnik pendekatan pembelajaran yang tepat sehingga dapat dijadikan alternatif lain selain teknik pendekatan konvensional yang dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa.
3.      Sekolah
a.       Sebagai bahan pertimbangan dan masukan atau referensi untuk meneliti pada mata pelajaran lain atau permasalahan lain yang prosedur penelitiannya hampir sama.
b.      Meningkatkan  kualitas  pendidikan  khususnya  mata  pelajaran  IPA  di Sekolah Dasar.

Bab 2 - 3- 4- 5-lampiran menyusul.

Untuk mendapatkan file silahkan klik : Download