Lencana Facebook

banner image

Tuesday 22 October 2013

Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPA materi pokok mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya



BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang memerlukan usaha dan dana yang  cukup  besar,  hal  ini  diakui  oleh  semua  orang  atau  suatu  bangsa  demi kelangsungan  masa  depannya.  Demikian  halnya  dengan  Indonesia  menaruh harapan  besar  terhadap  pendidik  dalam  perkembangan  masa  depan  bangsa  ini, karena  dari  sanalah  tunas  muda  harapan  bangsa  sebagai  generasi  penerus dibentuk. Meski  diakui  bahwa  pendidikan  adalah  investasi  besar  jangka  panjang  yang harus  ditata,  disiapkan  dan  diberikan  sarana  maupun  prasarananya  dalam  arti modal material yang cukup besar, tetapi sampai saat ini Indonesia belum terlepas dari problematika (permasalahan) klasik dalam hal ini yaitu kualitas pendidikan yang masih rendah.                                   
Ilmu  Pengetahuan  Alam  merupakan  salah  satu  disiplin  ilmu  yang berhubungan  dengan  cara  mencari  tahu  tentang  alam  secara  sistematis,  sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan fakta-fakta konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan, sehingga dapat membantu peserta didik memperoleh pengalaman langsung dan pemahaman untuk  mengembangkan  kompetensinya  agar  dapat  menjelajahi  dan  memahami alam sekitar secara ilmiah.
Untuk  mencapai  tujuan  di  atas  sangat  diperlukan  sarana  penunjang  yang sangat  mempengaruhi  tingkat  keefektifan  proses  belajar  mengajar.  Kegiatan pembelajaran  akan  terasa  lebih  bermakna  jika  guru  menggunakan  strategi pembelajaran  yang  sesuai.  Melalui  strategi  yang  tepat,  guru  dapat menemukan langkah-langkah yang diperlukan, sehingga memberikan pengalaman belajar bagi siswa
Dengan kondisi demikian penulis mempunyai tugas yang cukup berat,  penulis  masih menggunakan  metoda  ceramah,  sehingga  kebanyakan  siswa    tidak  paham terhadap materi  yang disampaikan, sehingga  nilai evaluasi yang diperoleh siswa rendah.  Masalah  tersebut  bersumber  pada  beberapa  faktor  di antaranya  siswa kurang  aktif  dalam  pembelajaran  IPA.   Semua  ini di karenakan  guru  cenderung  lebih  banyak  berceramah  dan  kurang  variatif  dalam menggunakan  metode  dan  media  pembelajaran.  Hal  ini  menyebabkan pembelajaran  bersifat  abstrak  dan  teoritis,  sehingga  siswa  tidak  aktif  dalam pembelajaran  dan  akan  menimbulkan  kebosanan  terhadap  pembelajaran  yang diajarkan. 
Keadaan  seperti  yang  ditunjukkan  di  atas  tentu  sangat  mengkhawatirkan. Salah satu upaya  yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi  belajar siswa  adalah  dengan  menggunakan  bantuan  media  gambar.  Dengan  demikian, siswa  akan  lebih  semangat,  karena  pembelajaran  menjadi  lebih  konkret  dan realistis. Media gambar merupakan sesuatu yang diwujudkan secara visual dalam bentuk dua dimensi sebagai curahan perasaan atau pikiran. Sejumlah media     gambar,  lukisan,  baik  dari  majalah,  koran,  dan  lain-lain  yang  ada  hubungannya dengan  pelajaran  yang  dapat  dipergunakan  sebagai  alat  peraga  pembelajaran. Penggunaan media gambar diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi pokok mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya. 
Setelah dilaksanakan tes pada studi awal proses pembelajaran IPA materi pokok mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya hasil belajar siswa IV Sekolah Dasar Negeri ........... 04 Kecamatan ........... Tahun Pelajaran ..........., yaitu hanya 4 siswa atau 22,22% dari 18 anak yang mendapatkan nilai 70 ke atas atau mendapat nilai di atas KKM sebesar 70, sedangkan 14 siswa atau (77,78%) siswa mendapat nilai di bawah 70 atau belum mengalami belajar tuntas.
Sadar akan hal tersebut agar tidak berdampak buruk bagi proses dan hasil belajar selanjutnya, dengan refleksi diri dan mendiskusikan dengan teman sejawat peneliti termotivasi untuk melakukan upaya untuk memperbaiki pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPA materi pokok mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya  pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri ........... 04 Kecamatan ........... Tahun Pelajaran ............
1.      Identifikasi Masalah
Hasil diskusi dengan mereka kepala sekolah, rekan sejawat, dan supervisor dapat teridentifikasi beberapa masalah sebagai berikut
a.       Banyak siswa yang suka bercerita sendiri dan kurang memperhatikan penjelasan guru
b.      Banyak siswa sering keluar kelas dan membuat gaduh
c.       Siswa tidak berani menjawab pertanyaan yang disampaikan guru
d.      Siswa tidak berani bertanya apa bila ada materi yang belum dipahami
e.       Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi
2.      Analisis Masalah
Analisis masalah ditempuh dengan cara melakukan refleksi dari kinerja yang telah dilakukan, mengkaji literatur serta diskusi dengan supervisor. Berdasarkan hasil analisis masalah dapat diketahui bahwa kemungkinan yang menjadi faktor penyebab rendahnya keaktifan dan hasil belajar disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:
a.       Kurang tepatnya metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran
b.      Guru dalam menjelaskan tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai.
c.       Guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
d.      Metode penyajian materi yang digunakan guru tidak sesuai dengan karakteristik dan tahap perkembangan siswa sekolah dasar
Dengan mempertimbangkan faktor penyebab di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya untuk menjadi fokus perbaikan pembelajaran adalah Bagaimana upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya melalui penggunaan media gambar  di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri ........... 04 Kecamatan ........... Tahun Pelajaran ............   


D.  Rumusan Masalah
Berdasarkan sebab-sebab kekurangefektifan pembelajaran di atas, untuk membantu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri ........... 04 Kecamatan ........... agar siswa dapat menguasai materi pelajaran dengan baik, penulis merumuskan masalah perbaikan pembelajaran sebagai berikut :
  1. Apakah dengan menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa siswa saat pembelajaran IPA materi mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya?
  2. Apakah dengan menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa siswa saat pembelajaran IPA materi mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya?

E.  Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang diharapkan dari penelitian perbaikan pembelajaran ini adalah sebagai berikut
1.    Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya melalui penggunaan media gambar.
2.    Untuk meningkatkan hasil belajar  siswa pada pembelajaran IPA materi mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya melalui penggunaan media gambar.

F.   Manfaat Penelitian
Manfaat perbaikan pembelajaran melalui PTK ini cukup besar, baik bagi guru sebagai peneliti, institusi dan pendidikan sacara umum. Adapun manfaat tersebut dapat dikaji satu persatu sebagai berikut :

  1. Manfaat Teoritis
Memberi  sumbangan  substantif dan mendasar  berupa  informasi    ilmiah  data, penjelasan  konsep  dan    teori  bagi  ilmu  pendidikan  khususnya  bagi pembelajaran Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Negeri ........... 04.
  1. Manfaat Praktis
a.       Siswa yaitu :
1)      Memperbaiki cara belajar siswa agar lebih baik lagi
2)      Memberikan rangsangan untuk peningkatan minat belajar siswa
3)      Meningkatkan hasil belajar siswa
b.       Guru yaitu :
1)      Untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang dikelolanya terutama mata pelajaran IPA.
2)      Guru mampu menunjukkan otonominya sebagai pekerja profesional yang dituntut untuk mampu mengembangkan diri dari pemula (novice) sampai ke akhir (expert).
3)      Guru lebih percaya diri.
4)      Guru mendapat kesempatan berperan aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sendiri terutama pada mata pelajaran IPA.
5)      Guru mendapat kesempatan untuk berperan aktif mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan sendiri.
c.       Sekolah yaitu :
1)      Mengembangkan mutu dan hasil belajarnya
2)      Meningkatkan kualitas pendidikan
3)      Mempunyai kesempatan untuk berkembang pesat
4)      Menciptakan hubungan kolegial yang sehat
5)      Menumbuhkan iklim kerjasama yang kondusif
6)      Mempunyai kesempatan besar untuk berubah secara menyeluruh



Bab 2 - 3- 4- 5-lampiran menyusul.
Untuk mendapatkan file silahkan klik : Download