UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS ……… MELALUI KEGIATAN LOKAKARYA MINI PENGGUNAAN FASILITAS ICT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT DI
GUGUS .................... KECAMATAN ....................
KABUPATEN
...................
B A B I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam era kemajuan ICT (Information and Communication Technology) sebagaimana yang terjadi
dewasa ini, tantangan yang dihadapi oleh manajemen Gugus ………….. adalah
bagaimanakah agar fasilitas
ICT ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung perbaikan kualitas proses
pembelajaran. Dalam hal ini perlu kami sampaikan bahwa fasilitas ICT yang
dimaksud adalah Laptop/komputer, LCD Projector, Microsoft Office khususnya Microsoft Power Point.
Kemudian, setelah fasilitas ICT tersebut tersedia di sekolah, maka upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan ICT untuk
menunjang perbaikan kualitas proses pembelajaran menjadi masalah riil, karena masih banyak guru yang belum terbiasa memanfaatkan fasilitas ICT yang tersedia di sekolah. Meskipun upaya untuk
meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan ICT telah kami lakukan, misalnya
dengan pembentukan Tim ICT sekolah yang dibekali dengan kompetensi dan motivasi
untuk mendayagunakan fasilitas ICT dan bertugas untuk mengelola dan
mengembangkan Pusat Sumber Belajar.
Upaya untuk meningkatkan kompetensi ICT untuk
pemanfaatan dan pendayagunaan ICT telah mengalami kemajuan. Untuk meningkatkan
kompetensi guru potensial agar lebih berdampak dalam pemanfaatan ICT untuk
menunjang perbaikan pembelajaran dan mengimbaskan kompetensinya kepada
guru-guru yang belum memiliki kompetensi terkait, maka pelatihan pembuatan blog
guru kami pilih sebagai strategi untuk meningkatkan kompetensi guru dalam
pemanfaatan ICT. Dalam hal ini, kami menitikberatkan pada upaya-upaya tindakan
yang akan ditempuh agar lokakarya mini yang dilakukan di Gugus ………….. berdampak efektif terhadap peningkatkan kompetensi
guru dalam pemanfaatan media ICT yang tersedia di sekolah, untuk meningkatkan
kualitas layanan pembelajaran. Peningkatan kompetensi guru dalam pemanfaatan
ICT tersebut pada akhirnya diharapkan dapat menunjang upaya
perbaikan kualitas proses pembelajaran di sekolah.
Kami menyadari bahwa penggunaan media ICT pada pembelajaran berbasis
powerpoint adalah merupakan
suatu pengalaman baru bagi sebagian besar guru di sekolah kami. Pembelajaran berbasis powerpoint memerlukan kesiapan Sumber Daya Manusia
(SDM) dan pembiayaan, serta perangkat TIK yang memadai. Dalam
hal kesiapan perangkat TIK, di sekolah kami telah tersedia fasilitas komputer dengan fasilitas microsoft office yang
mendukung dan dapat
difungsikan oleh guru. Dengan demikian, masalah perangkat TIK dan pembiayaan
bukanlah menjadi hambatan utama. Adapun kesiapan SDM guru pada saat ini masih
menjadi hambatan. Untuk itu, pembinaan kompetensi guru dalam menyusun pembelajaran berbasis powerpoint perlu dilakukan dan amat penting untuk
penyiapan SDM dalam pengelolaan dan perangkan
pembelajaran berbasis powerpoint yang dibuat untuk mendukung kegiatan proses pembelajaran.
Berdasarkan penjelasan sebagaimana di atas, kami menemukan bahwa ketersediaan
fasilitas ICT di sekolah belum banyak dimanfaatkan dan didayagunakan oleh guru
untuk mendukung pembelajaran, padahal pendayagunaan ICT ini mestinya menjadi
kebutuhan guru untuk memberikan layanan pembelajaran berbasis ICT. Adapun penyebab
dari kondisi ini adalah karena kompetensi guru dalam pemanfaatan ICT rata-rata
belum memadahi. Untuk itu, penulis bermaksud mengadakan penelitian tindakan
sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan ICT dengan judul: “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS ……… MELALUI KEGIATAN LOKAKARYA MINI PENGGUNAAN FASILITAS
ICT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS
POWERPOINT DI GUGUS .................... KECAMATAN
.................... KABUPATEN ................... ”.
Pemilihan judul tersebut kami pandang
tepat dikarenakan pelatihan pembuatan blog guru merupakan bagian dari strategi
kami untuk memotivasi dan meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan ICT
untuk menunjang proses pembelajaran.
B.
Identifikasi Masalah
Masalah pemanfaatan ICT sebenarnya cukup kompleks.
Dalam hal ini, permasalahan yang mendasari penulis untuk melakukan penelitian
ini adalah:
1. Masih banyaknya guru yang belum
memanfaatkan media ICT yang tersedia di sekolah untuk menunjangkegiatan pembelajaran.
2. Masih kurangnya kompetensi guru dalam
pendayagunaan ICT.
3. Banyak guru yang kurang memahami /belum
dapat membuat blog guru.
C.
Pembatasan Masalah
Penelitian ini
dibatasi pada upaya peneliti untuk meningkatkan kompetensi guru dalam
pemanfaatan ICT melalui pelatihan pembuatan blog guru yang dapat dikembangkan
untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah binaan ……………………kecamatan …………….. kabupaten ………..
D.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah
dalam penelitian tindakan ini adalah : “ Apakah
melalui kegiatan lokakarya mini penggunaan fasilitas
ICT sebagai media pembelajaran berbasis powerpoint di gugus ....................
Kecamatan .................... Kabupaten ................... dapat meningkatkan
kemampuan guru dalam mengajar?”.
E.
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan mengajar guru di sekolah dalam pemanfaatan ICT sebagai
media pembelajaran berbasis powerpoint.
Dalam hal ini, peneliti mengharapkan agar guru-guru
potensial di sekolah dapat menindaklanjuti dan mengimbaskan kompetensi hasil-hasil
lokakarya mini pemanfaatan ICT sebagai
media pembelajaran berbasis powerpoint kepada rekan sejawat yang masih membutuhkan bimbingan dalam pembuatan, pengelolaan dan pengembangan pemanfaatan ICT sebagai
media pembelajaran berbasis powerpoint dalam mendukung layanan pembelajaran kepada anak
didik.
F.
Manfaat Penelitian
Penelitian ini
diharapkan memiliki manfaat terhadap peningkatan kemampuan guru di Gugus Binaan ……………, dan secara
khusus:
1.
Bagi sekolah, untuk meningkatkan
implementasi atas upaya pelaksanaan MBS ( Manajemen Berbasis Sekolah )
2. Bagi
guru diharapkan dapat memberikan wacana, wawasan, dan motivasi kepada
guru dalam pembuatan dan pemanfaatan blog gurudalam menunjang kegiatan
pembelajaran dan kegiatan penelitian tindakan
3. Bagi peneliti, untuk menumbuhkan motivasi dan
meningkatkan kompetensi dalam penyusunan karya ilmiah sebagai bagian dari
pengembangan profesi guru.
File lengkap silahkan hub. 081327121707