Lencana Facebook

banner image

Wednesday 28 May 2014

PTS : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS ……… MELALUI KEGIATAN LOKAKARYA MINI PENGGUNAAN FASILITAS ICT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT DI GUGUS .................... KECAMATAN .................... KABUPATEN ...................


UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS ……… MELALUI KEGIATAN LOKAKARYA MINI PENGGUNAAN FASILITAS ICT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT DI GUGUS .................... KECAMATAN .................... 
KABUPATEN ...................


B A B   I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Dalam era kemajuan ICT (Information and Communication Technology) sebagaimana yang terjadi dewasa ini, tantangan yang dihadapi oleh manajemen Gugus ………….. adalah bagaimanakah agar fasilitas ICT ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung perbaikan kualitas proses pembelajaran. Dalam hal ini perlu kami sampaikan bahwa fasilitas ICT yang dimaksud adalah Laptop/komputer, LCD Projector, Microsoft Office khususnya Microsoft Power Point.
Kemudian, setelah fasilitas ICT tersebut tersedia di sekolah, maka upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan ICT untuk menunjang perbaikan kualitas proses pembelajaran menjadi masalah riil, karena masih banyak guru yang belum terbiasa memanfaatkan fasilitas ICT yang tersedia di sekolah. Meskipun upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan ICT telah kami lakukan, misalnya dengan pembentukan Tim ICT sekolah yang dibekali dengan kompetensi dan motivasi untuk mendayagunakan fasilitas ICT dan bertugas untuk mengelola dan mengembangkan Pusat Sumber Belajar.
Upaya untuk meningkatkan kompetensi ICT untuk pemanfaatan dan pendayagunaan ICT telah mengalami kemajuan. Untuk meningkatkan kompetensi guru potensial agar lebih berdampak dalam pemanfaatan ICT untuk menunjang perbaikan pembelajaran dan mengimbaskan kompetensinya kepada guru-guru yang belum memiliki kompetensi terkait, maka pelatihan pembuatan blog guru kami pilih sebagai strategi untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan ICT. Dalam hal ini, kami menitikberatkan pada upaya-upaya tindakan yang akan ditempuh agar lokakarya mini yang dilakukan di Gugus ………….. berdampak efektif terhadap peningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan media ICT yang tersedia di sekolah, untuk meningkatkan kualitas layanan pembelajaran. Peningkatan kompetensi guru dalam pemanfaatan ICT tersebut pada akhirnya diharapkan dapat menunjang upaya perbaikan kualitas proses pembelajaran di sekolah.
Kami menyadari bahwa penggunaan media ICT pada pembelajaran berbasis powerpoint adalah merupakan suatu pengalaman baru bagi sebagian besar guru di sekolah kami. Pembelajaran berbasis powerpoint memerlukan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pembiayaan, serta perangkat TIK yang memadai. Dalam hal kesiapan perangkat TIK, di sekolah kami telah tersedia fasilitas komputer dengan fasilitas microsoft office yang mendukung dan dapat difungsikan oleh guru. Dengan demikian, masalah perangkat TIK dan pembiayaan bukanlah menjadi hambatan utama. Adapun kesiapan SDM guru pada saat ini masih menjadi hambatan. Untuk itu, pembinaan kompetensi guru dalam menyusun pembelajaran berbasis powerpoint perlu dilakukan dan amat penting untuk penyiapan SDM dalam pengelolaan dan perangkan pembelajaran berbasis powerpoint yang dibuat untuk mendukung kegiatan proses pembelajaran.
Berdasarkan penjelasan sebagaimana di atas, kami menemukan bahwa ketersediaan fasilitas ICT di sekolah belum banyak dimanfaatkan dan didayagunakan oleh guru untuk mendukung pembelajaran, padahal pendayagunaan ICT ini mestinya menjadi kebutuhan guru untuk memberikan layanan pembelajaran berbasis ICT. Adapun penyebab dari kondisi ini adalah karena kompetensi guru dalam pemanfaatan ICT rata-rata belum memadahi. Untuk itu, penulis bermaksud mengadakan penelitian tindakan sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan ICT dengan judul: “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS ……… MELALUI KEGIATAN LOKAKARYA MINI PENGGUNAAN FASILITAS ICT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT DI GUGUS .................... KECAMATAN .................... KABUPATEN ....................
Pemilihan judul tersebut kami pandang tepat dikarenakan pelatihan pembuatan blog guru merupakan bagian dari strategi kami untuk memotivasi dan meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan ICT untuk menunjang proses pembelajaran.

B.       Identifikasi Masalah
Masalah pemanfaatan ICT sebenarnya cukup kompleks. Dalam hal ini, permasalahan yang mendasari penulis untuk melakukan penelitian ini adalah:
1.      Masih banyaknya guru yang belum memanfaatkan media ICT yang tersedia di sekolah untuk menunjangkegiatan pembelajaran.
2.      Masih kurangnya kompetensi guru dalam pendayagunaan ICT.
3.      Banyak guru yang kurang memahami /belum dapat membuat blog guru.

C.      Pembatasan Masalah
Penelitian ini dibatasi pada upaya peneliti untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan ICT melalui pelatihan pembuatan blog guru yang dapat dikembangkan untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah binaan ……………………kecamatan …………….. kabupaten ………..

D.      Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian tindakan ini adalah : “ Apakah melalui kegiatan lokakarya mini penggunaan fasilitas ICT sebagai media pembelajaran berbasis powerpoint di gugus .................... Kecamatan .................... Kabupaten ................... dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar?”.

E.       Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru di sekolah dalam pemanfaatan ICT sebagai media pembelajaran berbasis powerpoint.
Dalam hal ini, peneliti mengharapkan agar guru-guru potensial di sekolah dapat menindaklanjuti dan mengimbaskan kompetensi hasil-hasil lokakarya mini pemanfaatan ICT sebagai media pembelajaran berbasis powerpoint kepada rekan sejawat yang masih membutuhkan bimbingan dalam pembuatan,  pengelolaan dan pengembangan pemanfaatan ICT sebagai media pembelajaran berbasis powerpoint dalam mendukung layanan pembelajaran kepada anak didik.

F.       Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan memiliki manfaat terhadap peningkatan kemampuan guru di Gugus Binaan ……………, dan secara khusus:
1.    Bagi sekolah, untuk meningkatkan implementasi atas upaya pelaksanaan MBS ( Manajemen Berbasis Sekolah )
2.    Bagi  guru diharapkan dapat memberikan wacana, wawasan, dan motivasi kepada guru dalam pembuatan dan pemanfaatan blog gurudalam menunjang kegiatan pembelajaran dan kegiatan penelitian tindakan
3.    Bagi peneliti, untuk menumbuhkan motivasi dan meningkatkan kompetensi dalam penyusunan karya ilmiah sebagai bagian dari pengembangan profesi guru.

File lengkap silahkan hub. 081327121707