BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar BelakangMasalah
Proses belajar
mengajar merupakan inti
dari proses pendidikan
secara keseluruhan dengan guru
sebagai pemegang pemeran
utama atau aktornya pendidikan. Belajar merupakan upaya
yang dilakukan seseorang agar memperoleh “sesuatu”.Sedangkan mengajar
adalah sesuatu kegiatan
yang mengupayakan terjadinya proses
belajar. Proses belajar
merupakan suatu proses
yang mengandung serangkaian
perbuatan guru dan siswa atas
dasar hubungan Timbal balik yang berlangsung dalam situasi
edukatif sebagai pendidik secara umum. Hal
ini mengandung arti
bahwa berhasil tidaknya
pencapaian tujuan pendidikan tergantung
pada kreativitas guru
dalam melaksanakan proses
pembelajaran khususnya dalam
menyampaikan materi. Jika dihubungkan
dengan kreatifitas guru maka
salah satunya adalah
bagaimana guru menggunakan metode
pembelajaran sehingga dapat
meningkatkan kemampuan serta
tidak hanya menguasai teori saja
melainkan mampu untuk mengaplikasikan lapangan. Pembelajaran ini
sangat penting dalam
penyampaian atau penyajian
materi pelajaran yang dapat
mendukung serta memotivasi
siswa dalam menerima materi. Kriteria keberhasilan
proses belajar mengajar
ditandai dengan terjadinya perubahan tingkahlaku
dan peningkatan pengetahuan
pada diri ndividu
yang belajar. Untuk mencapai kriteriaini, adalah tugas dan peran guru dalam memilih dan menggunakan
metode yang kreatif dalam meningkatkan keberhasilan
belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran.
Berdasarkan observasi awal di
SDN 1 ................ khususnya kelas IV
yang berjumlah 28 orang, hasil menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kurang
dalam gerak dasar lempar tangkap bola pada permainan kasti. Dari hasil observasi
awal dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari
16 orang laki-laki dan
12 orang perempuan,
yang cukup melakukan lempar tangkap
bola hanya 10
orang siswa sedangkan yang kurang
13 orang siswadankurangsekali 5 orang siswa. Hasil ini lebih membuktikan bahwa kekurangmampuan
siswa dalam melakukan teknik lempar tangkap
bola pada permainan kasti ini disebabkan
para guru di sekolah hanya menerapkan metode ceramah dan
bermain tanpa menggunakan metode atau siswa hanya diberikan
bola dan dibiarkan secara individual tanpa bimbingan dan arahan.
Berdasarkan permasalahan yang
Telah dikemukakan sebelumnya penulis
tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Lempar Tangkap Bola Dalam Permainan Kasti Melalui Strategi Pembelajaran
Berpasangan di Kelas
IV SDN 1 ……….. Kabupaten ……………..”
1.2 Identifikasi Masalah
Dari latarbelakang diatas, maka dapat
diidentifikasi beberapa permasalahan yang nantinya akan dibahas dalam karyai lmiah ini yaitu, siswa
kelas VI SDN 1 ................ Kabupaten
................ belum menguasai
permainan kasti khususnya
kemampuan gerak dasar
lempar tangkap bola.Penggunaanstrategi pembelajaran
berpasangan merupakan strategi
pembelajaran berpasangan yang dapat
memudahkan siswa dalam melakukan gerakan dasar lempar tangkap.
1.3 RumusanMasalah
Berdasarkan permasalahan tersebut
maka yang menjadi rumusan masalah adalah: apakah strategi pembelajaran berpasangan dapat
meningkatkan kemampuan gerak dasar lempart angkap bola
dalam permainan kasti di kelas
IV SDN 1 ................
Kabupaten ................?
1.4 PemecahanMasalah
Untuk memecahkan masalah yang
telah di kemukakan,
maka dapat di tempuh langkah-langkah
pembelajaran sebagai berikut :
a. Strategi pembelajaran kemampuan gerak dasar
nonlokomotor
b. Strategi pembelajaran kemampuan gerak dasar
lokomotor
c. Strategi pembelajaran kemampuan gerak dasar
manipulasi (manipulatif)
1.5 TujuanPenelitian
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan gerak dasar melempar bola
dalam permainan kasti melalui strategi berpasangan di
kelas IV SDN 1 ................
Kabupaten .................
1.6 ManfaatPenelitian
1.6.1 SecaraTeori
a) Bagisiswa
Sebagai pengetahuan dan
pengalaman untuk meningkatkan kemampuan dasar gerak dalam melempar dan
menangkap bola.
b) Bagi guru
Merupakan metode dalam proses
belajar mengajar untuk meningkatkan hasil belajar melempar dan menangkap bola
yang baik dan benar.
c) Bagipenulis
Diharapkan menjadi salah satu referensi
bag ipenulis selanjutnya dalam upaya me ningkatkan kemampuan siswa
1.6.2 Secara
Praktek
1. Bagi siswa
Meningkatkan kemampuan dasar lempar
tangkap bola yang
di milik dalam permainan kasti
2. Bagi guru
Dapat menerapkan metode pembelajaran
olahraga melalui permainan kasti.
3. Bagipenulis
Merupakan suatu masukan dalam peningkatan
kemampuan gerak dasar lempar tangkap bola pada permainan kasti