Lencana Facebook

banner image

Tuesday 27 May 2014

PTK PENJAS : Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Lempar Tangkap Bola Dalam Permainan Kasti Melalui Strategi Pembelajaran Berpasangan di Kelas IV SDN 1 ……….. Kabupaten …………….



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar BelakangMasalah
Proses  belajar  mengajar  merupakan  inti  dari  proses  pendidikan  secara keseluruhan  dengan  guru  sebagai  pemegang  pemeran  utama  atau  aktornya pendidikan. Belajar merupakan upaya yang dilakukan seseorang agar memperoleh “sesuatu”.Sedangkan  mengajar  adalah  sesuatu  kegiatan  yang  mengupayakan terjadinya  proses  belajar.  Proses  belajar  merupakan  suatu  proses  yang  mengandung  serangkaian  perbuatan guru dan  siswa  atas  dasar  hubungan  Timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif sebagai pendidik secara umum. Hal  ini  mengandung  arti  bahwa  berhasil  tidaknya  pencapaian  tujuan pendidikan  tergantung  pada  kreativitas  guru  dalam  melaksanakan  proses  pembelajaran  khususnya  dalam  menyampaikan  materi. Jika  dihubungkan  dengan kreatifitas guru  maka salah  satunya  adalah  bagaimana guru menggunakan  metode pembelajaran  sehingga  dapat  meningkatkan  kemampuan  serta  tidak  hanya menguasai teori saja melainkan mampu untuk mengaplikasikan lapangan. Pembelajaran  ini  sangat  penting  dalam  penyampaian  atau  penyajian  materi pelajaran yang dapat  mendukung  serta  memotivasi  siswa dalam  menerima  materi. Kriteria  keberhasilan  proses  belajar  mengajar  ditandai  dengan  terjadinya perubahan  tingkahlaku  dan  peningkatan  pengetahuan  pada  diri  ndividu  yang  belajar.  Untuk mencapai kriteriaini,  adalah tugas dan peran  guru dalam memilih dan menggunakan metode  yang  kreatif dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran.
Berdasarkan observasi awal  di  SDN  1  ................ khususnya kelas  IV  yang berjumlah  28  orang,  hasil menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kurang dalam gerak dasar lempar tangkap bola pada permainan kasti. Dari hasil observasi awal dengan jumlah siswa 28 orang  yang  terdiri dari  16  orang  laki-laki dan  12  orang  perempuan,  yang cukup melakukan lempar tangkap  bola  hanya  10  orang  siswa sedangkan  yang kurang  13  orang   siswadankurangsekali  5  orang  siswa. Hasil ini lebih membuktikan bahwa kekurangmampuan siswa dalam melakukan teknik lempar tangkap  bola  pada permainan kasti ini disebabkan para  guru  di sekolah hanya menerapkan metode ceramah dan bermain tanpa menggunakan metode atau siswa hanya  diberikan  bola  dan  dibiarkan secara  individual tanpa bimbingan dan arahan.
Berdasarkan permasalahan  yang
Telah dikemukakan sebelumnya penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul  “Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Lempar Tangkap  Bola Dalam Permainan Kasti Melalui Strategi Pembelajaran Berpasangan  di  Kelas  IV SDN 1 ……….. Kabupaten ……………..”
1.2  Identifikasi Masalah
Dari  latarbelakang diatas,  maka dapat  diidentifikasi beberapa permasalahan yang  nantinya akan dibahas dalam karyai lmiah ini yaitu,  siswa  kelas  VI  SDN  1 ................  Kabupaten  ................  belum  menguasai  permainan  kasti  khususnya  kemampuan  gerak  dasar  lempar  tangkap  bola.Penggunaanstrategi  pembelajaran  berpasangan  merupakan  strategi  pembelajaran  berpasangan  yang  dapat memudahkan siswa dalam melakukan gerakan dasar lempar tangkap.
1.3  RumusanMasalah
Berdasarkan permasalahan tersebut maka  yang menjadi rumusan masalah adalah:  apakah strategi pembelajaran berpasangan dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar lempart angkap  bola  dalam permainan kasti  di  kelas  IV  SDN  1  ................ Kabupaten  ................?
1.4  PemecahanMasalah
Untuk memecahkan masalah  yang  telah  di  kemukakan,  maka dapat  di tempuh langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut :
a.  Strategi pembelajaran kemampuan gerak dasar nonlokomotor
b.  Strategi pembelajaran kemampuan gerak dasar lokomotor
c.  Strategi pembelajaran kemampuan gerak dasar manipulasi (manipulatif)
1.5  TujuanPenelitian
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar melempar bola  dalam permainan kasti melalui strategi berpasangan  di  kelas  IV  SDN  1 ................ Kabupaten .................
1.6  ManfaatPenelitian
1.6.1  SecaraTeori
a)  Bagisiswa
Sebagai pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan kemampuan dasar gerak dalam melempar dan menangkap bola.
b)  Bagi guru
Merupakan metode dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan hasil belajar melempar dan menangkap bola yang baik dan benar.
c)  Bagipenulis
Diharapkan menjadi salah satu referensi bag ipenulis selanjutnya dalam upaya me ningkatkan kemampuan siswa
1.6.2  Secara  Praktek
1.  Bagi siswa
Meningkatkan kemampuan dasar lempar tangkap  bola  yang  di milik dalam permainan kasti
2.  Bagi guru
Dapat menerapkan metode pembelajaran olahraga melalui permainan kasti.
3.  Bagipenulis
Merupakan suatu masukan dalam peningkatan kemampuan gerak dasar lempar tangkap bola pada permainan kasti