MENINGKATKAN
KETERAMPILAN DALAM MELAKUKAN PUKULAN FOREHAND
PERMAINAN TENIS MEJA
MELALUI METODE LATIHAN
DRILL
PADA SISWA SMP NEGERI 2 KOTA
................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Proses belajar
mengajar pada zaman
sekarang ini sudah
mulai ada peningkatan hal ini
dibuktikan dengan adanya beberapa metode maupun strategi pembelajaran yang
tujuannya untuk peningkatan
hasil belajar siswa.
Adapun faktor yang berkaitan
dengan proses belajar
mengajar diantaranya adalah penguasaan materi,
strategi, dan metode
pembelajaran yang digunakan. Pemahaman tentang keadaan
pembelajaran baik fisiologis maupun psikologis dan faktor lingkungan
luar pembelajaran diantaranya
adalah dukungan sarana
dan prasarana, dukungan masarakat dan iklim daerah atau lingkungan
dimana proses pembalajaran itu berlansung.Salah satu nya adalah cabang olahraga
permainan, yang diajarkan dalam pendidikan jasmani
dan(PJOK). Pada dasarnya
membutuhkan perhatian khusus terutama seperti pengadaan sarana dan
prasarana disekolah serta tenaga akademis yang terampil. Selain itu memilih
metode yang tepat dalam menjalankan
proses belajar mengajar. Maka
dari itu guru
sebagai akademis atau
penyelenggara pendidikan
sekaligus sebagai motivator
dalam proses pendidikan
mempunyai peran penting dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.
Tujuan pendidikan
yang dimaksud yaitu
meningkatkan hasil capaian belajar siswa misalnya pada permainan
tenis meja. Permainan tenis meja ini suda termasuk dalam kurikulim sekolah
dimana setiap siswa harus mengikutinya yang terangkum dalam
mata pelajaran pendidikan
jasmani dan kesehatan. Permainan tenis meja
adalah permainan yang
komplek dan sangat
digemari oleh banyak orang,
baik orang tua
maupun muda, karena
permainan tenis meja
ini dapat melatih kelincahan,
ketepatan, kekuatan, kecepatan
serta membutuhkan konsentrasi
yang maksimal dalam memainkannya.
Sedang dipandang
dari sudut ilmu
keolahragaan, tenis meja
merupakan permainan yang sangat sulit untuk dilakukan.Untuk menjadi
pemain tingkat mahir diperlukan
waktu selama 4-8
tahun. Ini pun apabila dibina
oleh seorang pelatih yang
benar-benar memiliki kemampuan, jika tidak maka akan menjadi lama lagi.Tenis
meja merupakan permainan yang dilakukan dengan cara berhadapan dengan lawan.
Bola yang datang
sangat cepat dan
selalu berubah-ubah arahnya.Variasi bola
yang datang sangat
banyak jumlahnya.Pantulan bolah sangat sulit untuk diprediksi dengan
tepat kekuatanya. Kemudian, ukuranya arena permainan meja
yang relatif kecil,
serta perhitungan dengan
rally poin yang dipersingkat.Untuk memecahkan
dan menghadapi masalah
diatas yaitu dengan meningkatkan latihan
selain itu membutuhkan
kemampuan serta keterampilan dalam penguasaan
teknik-teknik dasar pada
permainan tenis meja
itu sendiri.
Sebagaimana kita
ketahui bersama ada
beberapa teknik dasar
dalam permainan tenis meja yang
diantaranya cara memegang dan mengontrol bat, teknik memukul, teknik memblok
serta teknik melakukan servis yang kesemuamya sangat berperan dalam permainan
tenis meja.
Pukulan forehand
merupakan salah satu
pukulan yang terdapat
dalam permainan tenis meja
dimana pukulan forehand
ini sangat berpengaruh
pada tingkat permainan dalam
tenis meja, apabila
pukulan forehand ini
akan sesuai dengan gerakan
yang diinginkan maka
hasilnya akan baik
pula dan lawan
akan kewalahan dalam menghalau
bola. Dan untuk
pukulan forehand ini
diperlukan latihan yang serius
dan baik pulaserta
membutuhkan metode yang
tepat dalam proses
belajar-mengajar.
Sesuai hasil observasi dilapangan
tepatnya di SMP N 2 Kota ................ hal ini jelas
terlihat ketika pelajaran
pendidikan jasmani (penjaskes),
khusus pokok bahasan tenis menja
dengan materi pukulan forehand, siswa-siswa sangat antusias dalam melakukan
permainan tenis meja
salam proses pembelajaran
berlansung. Namun yang dilihat secara langsung dikalangan siswa dimana
dengan kesenangan serta antusias pada
cabang olahraga tenis
meja, tidak menjadi
sebuah jaminan bahwa mereka
menguasai serta melakukan keterampikan dasar dalam permainan tenis meja secara
baik dan benar.
Untuk mengatasi
permasalahan diatas, maka
perlu adanya penerapan metode yang
cocok dan tepat.
Sesuai dengan karakter
permaianan tenis meja, permainan ini
merupakan olahraga pertandingan
dimana setiap pemain
saling berhadapan satu sama
lainnya dalam pertandingan
tersebut, sehingga penulis berpendapat bahwa
dengan metode latihan
drill akan lebih tepat
dan mampu meningkatkan pukulan
forehand pada permainan tenis meja. Fakta yang ada pada siswa SMP N 2
Kota ................ , masi
sangat dibawah teknik dalam melakukan
pukulan forehand.
Berdasarkan uraian
diatas, maka penulis
tertarik untuk menadakan penelitian dengan
judul “meningkatkan keterampilan
dalam melakukan pukulan forehand
permainan tenis meja
melalui metode latihan
drill pada siswa SMP Negeri 2
Kota ................”.
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang masalah diatas,
maka dapat dirumuskan masalah sebagai
berikut apakah dengan
menggunakan metode latihan
drill pukulan forehand pada permainan tenis meja siswa SMP Negeri 2 Kota
................ dapat meningkat?
1.3. Cara Pemecahan Masalah
Untuk mengatasi masalah yang
terjadi, digunakan salah satu metode, yaitu metode latihan drill dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
a. siswa melakukan gerakan sesuai
perintah
b. peneliti
memberikan bantuan atau
contoh kepada siswa
yang mengalami kesulitan dengan
menerapkan metode latihan
drill atau berulang-ulang dalam melakukan pukulan forehand.
c.Setiap keberhasilan siswa
selalu diberi motifasi sehingga akhirnya siswa dengan sendirinya mampu
melakukan gerakan yang
sesungguhnya yaitu pukulan forehand dengan baik.
1.4 Tujuan Penelitian
Untuk meningkatkan
keterampilan dalam melakukan
pukulan forehandpermainan tenis
meja melalui metode latihan drill pada
siswa SMP Negeri 2 Kota .................
1.5 Manfaat Penelitian
1. Bagi siswa: dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai
bahan untuk dapat
mengatasi kekurangmampuan mereka
dalam melakukan pukulanforehand dalam permainan tenis meja.
2. Bagi
guru: dapat memberikan
tambahan pengetahuan dan
akan menjadi motifasi untuk
menyelesaikan permasalahan dalam
kegiatan pembelajaran agar lebih
kreatif dalam melaksanakan tugas.
3.Bagi sekolah:
dapat memberikan sumbangan
yang berarti dan
menjadi informasi dalam upaya pengembangan dan pembinaan prestasi
olahraga di daerah ini.
4. Bagi peneliti sebagai tambahan
informasi guna penelitian yang lebih lanjut .