Lencana Facebook

banner image

Tuesday 27 May 2014

PTK PENJAS : Upaya Peningkatan Kemampuan Shooting Pada Permainan Bola Basket Melalui Metode Eksplorasi Di Kelas X SMA N .........................





BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang

Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari system pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu, pelaksanaan pendidikan jasmani harus diarahkan pada pencapaian tujuan tersebut. Tujuan pendidikan jasmani bukan hanya mengembangkan ranah jasmani, tetapi juga mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran jasmani, keterampilan berpikir kritis, stabilitas emosional, keterampilan social, penalaran dan tindakan moral melalui kegiatan aktivitas jasmani dan olahraga.

Pendidikan jasmani adalah suatu proses pendidikan seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistimatik melalui berbagai kegiatan jasmani untuk memperoleh pertumbuhan jasmani, kesehatan dan kesegaran jasmani, kemampuan dan keterampilan, kecerdasan dan perkembangan watak, serta kepribadian yang harmaonis dalam rangka pembentukan manusia Indonesia berkualitas berdasarkan Pancasila. Sedangkan Olahraga adalah proses sistimatik yang berupa segala kegiatan atau usaha untuk mendorong, mengembangkan, dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan, perlombaan/ pertandingan, dan kegiatan jasmani yang intensif untuk memperoleh reaksi, kemenangan, dan prestasi puncak dalam rangka pembentukan manusia berkualitas berdasarkan Pancasila.
 
Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat digemari siswa di semua sekolah pada umumnya. Di SMA N 2 .................. olahraga ini juga banyak digemari siswa karena permainan ini sudah banyak dikenal orang. Tetapi seperti cabang olahraga lainnya, faktor permasalahan dalam olahraga ini yaitu teknik dasar yang kurang baik sehingga menghambat siswa dalam melakukan permainan ini. Teknik-teknik dasar pada permainan bola basket yaitu dribble, chest pass, bounce pass, overhead pass, catching ball, pivot, shooting, dan lay-up.

Dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Menengah Atas (SMA) khususnya di SMA Negeri 2 .................. berdasarkan observasi awal yang dilakukan disekolah tersebut terutama dalam pengusaan teknik dasar shooting bola basket secara keseluruhan khususnya di kelas X, sebagian besar kemampuan siswa dibawah rata-rata dalam melakukan teknik dasar shooting pada permainan bola basket adapun data yang teleh diperoleh dalam hasil observasi yakni sebagai berikut: 1). Tahap persiapan nilai rata-rata ketuntasan yang diperoleh siswa kelas X SMA Negeri 2 .................. Kabupaten .................. yaitu sebesar 55.95%, dimana pada tahap persiapan tersebut telah diperoleh data siswa

yang             mendapat   nilai   “kurang13orang siswasekali”atau   ber

sebesar 62%, dan siswa yang memperoleh n orang siswa atau sebesar 38% 2). Sikap saat menembak atau pada tahap gerakan

nilai  rata-rata  ketuntasan  siswa  secara  keseluruhan  hanya  mencapai  52.78%,

dimana siswa yang memperoleh nilai “kur orang siswa atau sebesar 81%, dan siswa yang m tahap gerakan ini sejumlah 4 orang siswa atau sebesar 19% dan 3) Sikap akhir atau pada tahap akhir gerakan nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas X SMA  Negeri 2 .................. Kabupaten .................. yakni mencapai sebesar 50.00%. Maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 2 .................. Kabupaten .................. secara keseluruhan belum mampu atau belum mencapai target yang telah ditentukan dalam hal melakukan teknik dasar shooting dalam permainan bola basket secara maksimal artinya secara keseluruhan siswa SMA Negeri 2 .................. dalam melakukan teknik dasar shooting pada permainan bola basket masih dibawah rata-rata, oleh karena itu tugas dari pada seorang guru yakni guru tentunya harus dapat mengajarkan berbagai keterampilan gerak dasar, teknik dan strategi permainan agar dapat mencapai hasil yang maksimal, khususnya dalam permainan bola basket, dimana guru mengajarkan siswa agar siswa mampu menguasai teknik-teknik dasar permainan bola basket tersebut, terutama kemampuan dalam melakukan teknik dasar shooting dengan baik.

Penguasaan Shooting sangat berperan penting dalam permainan bola basket karena kemenangan suatu tim basket adalah ditentukan banyaknya suatu tim memasukan bola kedalam ring lawan dengan melakukan shooting

(menembak). Shooting juga bisa merugikan tim apabila dalam melakukannya tidak terlaksana dengan baik. Dengan demikian kondisi yang seperti ini menjadi tanggung jawab seorang guru untuk menciptakan metode pembelajaran yang tepat bagi siswa. Sehingga dengan metode pembelajaran yang tepat diharapkan dapat meningkatkan semangat ataupun motivasi bagi siswa dalam hal berlatih bola basket. Dengan berlatih secara terus menerus, maka teknik-teknik dasar dalam permainan bola basket pun dapat dikuasai dengan baik khususnya dalam teknik dasar shooting (menembak). Adapun metode pembelajaran yang dimaksud untuk meningkatkan hasil belajar shooting pada permainan bola basket yakni dengan metode eksplorasi.

Metode penjelajahan gerak atau yang disebut dengan metode pembelajaran ekplorasi ini merupakan suatu metode yang baik digunakan untuk membelajarkan keterampilan suatu teknik gerak kepada peserta didik, hal ini dikarenakan agar dapat membuka peluang bagi siswa dalam mengembangkan potensi gerak yang ada pada diri siswa. Maka hasil pembelajaran yang sesuai dengan yang diharapkan akan semakin mudah untuk dicapai.

Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu adanya suatu penelitian kaji tindak yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar shooting pada permainan bola basket dengan menggunakan metode eksplorasi. Dengan demikian judul penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut : “Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Pada Permainan Bola Basket Melalui Metode Eksplorasi Di Kelas X SMA Negeri 2 .................. Kabupaten ..................” .

1.2 Identifikasi Masalah

Berdasarkan permasalahan di atas, maka dapat diidentifikasikan masalah sebagai berikut: Bagaimana peningkatan shooting setelah menggunakan metode pembelajaran eksplorasi bagi siswa kelas X SMA N 2 .................., Apakah hasil belajar shooting pada permainan bola basket meningkat setelah menggunakan metode pembelajaran eksplorasi?, Sejauh mana kontribusi metode pembelajaran eksplorasi dalam meningkatkan hasil belajar shooting pada permainan bola basket.

1.3 Rumusan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian Apakahini denganadalahmenggunakan: metode“ pembelajaran eksplorasi, dapat meningkatkan hasil belajar shooting pada permainan bola basket di Kelas X SMA Negeri 2 .................. Kabupaten ..................?.

1.4 Cara Pemecahan Masalah

Dalam meningkatkan hasil belajar shooting dalam permainan bola basket pada siswa kelas X SMA Negeri 2 .................., dapat dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran eksplorasi. Dengan penggunaan metode eksplorasi maka masalah-masalah dalam meningkatkan hasil belajar shooting dalam permainan bola basket dapat dipecahkan.

Dengan demikian langkah-langkah metode eksplorasi yang dilakukan pada pembelajaran shooting adalah :

1.        Guru memberikan penjelasan tentang teknik dasar shooting, siswa memperhatikan dengan baik.

2.        Guru memberikan contoh teknik dasar shooting dengan benar, siswa memperhatikan dengan baik.

3.        Siswa melakukan gerakan teknik shooting dengan benar, guru mengamati gerakan siswa dan memperbaiki apabila ada gerakan siswa yang salah.


1.5 Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasi belajar shooting pada permainan bola basket melalui metode eksplorasi di Kelas X SMA Negeri 2 .................. Kabupaten ...................

1.6 Manfaat Penelitian

Manfaat yang dapat diberikan melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah :

1.        Manfaat teoritis :

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam berpikir ilmiah bagi saya sendiri sebagai calon guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan khususnya pada materi shooting pada permainan bola basket.

2.        Manfaat Praktis

a.         Bagi Siswa

Meningkatkan hasil belajar shooting dalam permainan bola basket pada siswa sekolah menengah atas khusnya siswa kelas X SMA Negeri 2 ...................

b.        Bagi Guru

Dapat memberikan pengetahuan bagi guru dan menyelesaikan permasalahan yang ada dalam kegiatan pembelajaran serta untuk memotivasi guru lebih kreatif dalam melaksanakan tugas.

c.         Bagi Sekolah

Sebagai bahan informasi tentang peningkatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan khususnya materi bola basket. Selain itu dapat memberikan inovasi bai sekolah SMA Negeri 2 .................. dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan.

d.        Bagi Peneliti

Menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman berharga bagi peneliti khususnya tentang bola basket agar nantinya peneliti dapat menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.


File secara lengkap dari bab I - V + Lampiran2
Silahkan hub. 081327121707 (SMS only)
Terima kasih






















































7