Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Tuesday 27 May 2014

PTK PENJAS : Meningkatkan Hasil Belajar Melempar Tangkap Pada Permainan Rounders Melalui Metode Berpasangan Siswa Kelas V SDN 3 ……….. Kecamatan ……… Kabupaten ................


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELEMPAR TANGKAP PADA PERMAINAN ROUNDERS MELALUI METODE BERPASANGAN SISWA KELAS  V  SDN  3 ………..  KECAMATAN  ……… KABUPATEN ................”.



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, yakni bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani,  keterampilan gerak, keterampilan berpikir kritis,  keterangan sosial,  penalaran,  stabilitas emosional, tindakan  moral, Aspek pola hidup dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olah raga dan kesehatan terpilih  yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional dalam sesuai dengan Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (2006 : 8).
Adapun ruang lingkup mata pelajaran PendidikanJasmani,  Olah  Raga dan Kesehatan meliputi beberapa aspek salah satunya permainan rounders. Permainan rounders merupakan materi  yang  diajarkan dikelas  V  SD  pada  semester  ganjil  yang dilaksanakan dengan alokasi waktu 2 x 35 menit. Namun sesuai kenyataan  di lapangan sesuai hasil observasi awal, masih banyak siswa  yang  tidak menguasai teknik permainan ini dibandingkan dengan permainan lainnya. Seperti
yang  dialamisiswakelas  V  (  lima  )  SDN  3  ……..  Kabupaten  ………… dalam membelajarkan materi ini sistem pembelajarannya sangat membosankan atau monoton dan tidak menggairahkan, terbukti siswa kelas V SDN 3 ................ yang  berjumlah  30  orang terdiri dari  15  orang  laki-laki dan  15  orang perempuan, sesuai hasil observasi awal bahwa yang memperoleh nilai  80 keatas hanya 11 orang atau 36.7 % sedangkan yang memperoleh nilai 80 kebawah 19 orang atau 63.3  %.Hal  ini menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa karena masih dibawah dari kriteria  yang telah ditetapkan. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis dapat mengidentifikasi penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada materi melempar dan tangkap pada permainan rounders sebagai berikut :
a)  Siswa tidak mampu melakukan teknik melempar dan tangkap dengan baik dan benar.
b)  Metode yang digunakan pada saat pemberian materi hanya metode ceramah
c)  Siswa hanya diberikan  bola  dan dibiarkan secara  individual tanpa bimbingan dan arahan.
Berdasarkan uraian  di atas maka penulis ingin melakukan perbaikan untuk mengatasi masalah yaitu:
a)  Guru harus melatih dan mempraktekkan langsung teknik melempar dan tangkap padapermainan rounders.
b)  Menerapkan metode berpasangan sebagai jawaban sementara untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lempar tangkap pada permainan rounders karena siswa lebih senang kalau bermain secara berkelompok dibanding bermain secara perorangan. 
c)  Guru harus memberi bimbingan kepada siswa disaat mereka melakukan praktek / latihan supaya teknik melempar dan tangkap mudah dikuasai. Namun kenyataan  di lapangan Penjasorkes masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta  yang  harus dihafal. Kegiatan kelas masih berfokus  guru sebaga sumber belajar/pengetahuan, sehingga metode ceramah menjadi pilihan utama sebagai strategi belajar. Untuk itu,guru  masih mampu mengembangkan pembelajaran yang
efektif dan menyenangkan bagi anak didik dengan tidak mengesampingkan karakteristik dan kebutuhan siswa. Dengan demikian perlu adanya pendekatan,variasi maupun modifikasi dalam pembelajaran. Berdasarkan uraian  di atas, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Melempar Tangkap Pada Permainan Rounders Melalui Metode Berpasangan Siswa Kelas  V  SDN  3 ………..  Kecamatan  ……… Kabupaten ................”.

1.2 RumusanMasalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka permasalahannya dirumuskan sebagaiberikut “Apakah metode berpasangan dapat meningkat hasil belajar melempar tangkap pada permainan rounders siswa Kelas V SDN 3 ................?”

1.3 CaraPemecahanMasalah
Untuk memecahkan masalah  yang telah dikemukan, maka dapat ditempuh langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut:  membagi siswa dalam kelompok penemuan disesuaikan dengan fasilitas belajar  yang  disediakan dan prasarana yang digunakan, guru memberikan pemanasan (streching),  kemudian  menjelaskan kembali pelaksanaan  hasil belajar melempar tangkap pada permainan rounders serta memberikan contoh,  setelah  itu  meminta siswa melakukan lempar tangkap dan mengamati gerakan teman dalam kelompok,  dan  terakhir  siswa mengoreksi kesalahan gerak dengan melakukan  diagnose gerakan control pada lempar tangkap yang dilakukan temannya.

1.4 TujuanPenelitian
Tujuan  yang ingin dicapai melalui penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melempar tangkap pada permainan rounders melalui metode berpasangan siswa kelas  V SDN 3 ................ Kabupaten .................

1.5 Manfaat Penelitian
Apabila penelitian ini berhasil, maka diharapkan hasil penelitian dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
1.5.1  Manfaat Teoritis
Manfaat teoritis dari penelitian ini, yakni untuk menambah wawasan dan khasanah ilmu pengetahuan bagi peneliti  dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.

1.5.2  Manfaat Praktis
Manfaa tpraktis dari penelitian ini,  yakni untuk memberikan kontribusi  yang bermanfaat bagi siswa,  guru,  dan  peneliti  selanjutnya tentang meningkatkan hasil belaja rmelempartangkap pada permainan rounders dengan menggunakan metode berpasangan.