MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
MELEMPAR TANGKAP PADA PERMAINAN ROUNDERS MELALUI METODE BERPASANGAN SISWA
KELAS V
SDN 3 ……….. KECAMATAN
……… KABUPATEN ................”.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, yakni bertujuan
untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani,
keterampilan gerak, keterampilan berpikir kritis, keterangan sosial, penalaran,
stabilitas emosional, tindakan
moral, Aspek pola hidup dan pengenalan lingkungan bersih melalui
aktivitas jasmani, olah raga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam
rangka mencapai tujuan pendidikan nasional dalam sesuai dengan Kurikulum
Tingkat SatuanPendidikan (2006 : 8).
Adapun ruang lingkup mata
pelajaran PendidikanJasmani, Olah Raga dan Kesehatan meliputi beberapa aspek
salah satunya permainan rounders. Permainan rounders merupakan materi yang
diajarkan dikelas V SD
pada semester ganjil
yang dilaksanakan dengan alokasi waktu 2 x 35 menit. Namun sesuai
kenyataan di lapangan sesuai hasil
observasi awal, masih banyak siswa
yang tidak menguasai teknik
permainan ini dibandingkan dengan permainan lainnya. Seperti
yang dialamisiswakelas V
( lima )
SDN 3 ……..
Kabupaten ………… dalam
membelajarkan materi ini sistem pembelajarannya sangat membosankan atau monoton
dan tidak menggairahkan, terbukti siswa kelas V SDN 3 ................
yang berjumlah 30
orang terdiri dari 15 orang
laki-laki dan 15 orang perempuan, sesuai hasil observasi awal
bahwa yang memperoleh nilai 80 keatas
hanya 11 orang atau 36.7 % sedangkan yang memperoleh nilai 80 kebawah 19 orang
atau 63.3 %.Hal ini menunjukkan masih rendahnya hasil belajar
siswa karena masih dibawah dari kriteria
yang telah ditetapkan. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis dapat
mengidentifikasi penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada materi melempar
dan tangkap pada permainan rounders sebagai berikut :
a) Siswa tidak mampu melakukan teknik melempar
dan tangkap dengan baik dan benar.
b) Metode yang digunakan pada saat pemberian
materi hanya metode ceramah
c) Siswa hanya diberikan bola
dan dibiarkan secara individual
tanpa bimbingan dan arahan.
Berdasarkan uraian di atas maka penulis ingin melakukan
perbaikan untuk mengatasi masalah yaitu:
a) Guru harus melatih dan mempraktekkan langsung
teknik melempar dan tangkap padapermainan rounders.
b) Menerapkan metode berpasangan sebagai jawaban
sementara untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lempar tangkap pada
permainan rounders karena siswa lebih senang kalau bermain secara berkelompok
dibanding bermain secara perorangan.
c) Guru harus memberi bimbingan kepada siswa
disaat mereka melakukan praktek / latihan supaya teknik melempar dan tangkap
mudah dikuasai. Namun kenyataan di
lapangan Penjasorkes masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai
perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Kegiatan kelas masih
berfokus guru sebaga sumber
belajar/pengetahuan, sehingga metode ceramah menjadi pilihan utama sebagai
strategi belajar. Untuk itu,guru masih
mampu mengembangkan pembelajaran yang
efektif dan menyenangkan bagi
anak didik dengan tidak mengesampingkan karakteristik dan kebutuhan siswa.
Dengan demikian perlu adanya pendekatan,variasi maupun modifikasi dalam
pembelajaran. Berdasarkan uraian di
atas, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Meningkatkan
Hasil Belajar Melempar Tangkap Pada Permainan Rounders Melalui Metode
Berpasangan Siswa Kelas V SDN 3 ……….. Kecamatan
……… Kabupaten ................”.
1.2 RumusanMasalah
Berdasarkan latar belakang
masalah diatas, maka permasalahannya dirumuskan sebagaiberikut “Apakah metode
berpasangan dapat meningkat hasil belajar melempar tangkap pada permainan
rounders siswa Kelas V SDN 3 ................?”
1.3 CaraPemecahanMasalah
Untuk memecahkan masalah yang telah dikemukan, maka dapat ditempuh langkah-langkah
pembelajaran sebagai berikut: membagi siswa
dalam kelompok penemuan disesuaikan dengan fasilitas belajar yang disediakan
dan prasarana yang digunakan, guru memberikan pemanasan (streching), kemudian
menjelaskan kembali pelaksanaan
hasil belajar melempar tangkap pada permainan rounders serta memberikan contoh, setelah
itu meminta siswa melakukan lempar
tangkap dan mengamati gerakan teman dalam kelompok, dan
terakhir siswa mengoreksi kesalahan
gerak dengan melakukan diagnose gerakan control
pada lempar tangkap yang dilakukan temannya.
1.4 TujuanPenelitian
Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian tindakan
kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melempar tangkap pada permainan
rounders melalui metode berpasangan siswa kelas V SDN 3 ................ Kabupaten .................
1.5 Manfaat Penelitian
Apabila penelitian ini berhasil, maka
diharapkan hasil penelitian dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
1.5.1 Manfaat Teoritis
Manfaat teoritis dari penelitian ini,
yakni untuk menambah wawasan dan khasanah ilmu pengetahuan bagi peneliti dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
1.5.2 Manfaat Praktis
Manfaa tpraktis dari penelitian ini, yakni untuk memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi siswa, guru,
dan peneliti selanjutnya tentang meningkatkan hasil belaja rmelempartangkap
pada permainan rounders dengan menggunakan metode berpasangan.