MENINGKATKAN GERAK DASAR TOLAK PELURU
MELALUI MODIFIKASI ALAT
PEMBELAJARANN PADA SISWA
KELAS VII SMP
NEGERI 3 ................ KECAMATAN ................
KABUPATEN .........
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Atletik yang
meliputi gerakan jalan,
lari, lempar dan
lompat merupakan cabang olah
raga yang paling
tua didunia, karena
umur olahraga atletik ini
sama tuanya dengan
mulai adanya manusia-manusia pertama didunia.
Mengingat aktivitas jalan,
lari, lempar dan
lompat merupakan bentuk-bentuk keterampilan gerak dasar paling asli dan
paling wajar dari manusia
serta merupakan gerakan-gerakan yang
amat penting dan tidak
ternilai artinya bagi
kehidupan manusia. Setiap
manusia yang lahir didunia
harus bisa berjalan,
berlari, melempar dan
melompat untuk mempertahankan dan
menjaga kelangsungan hidup.
Seiring dengan
perkembangan zaman hingga
diera modernisasi sekarang ini
atletik telah banyak
mengalami kemajuan dan dikembangkan sesuai kebutuhannya seperti
halnya dengan olahraga tolak peluru
yang merupakan bagian
dari olahraga atletik
kategori kegiatan melempar.
Tolak peluru adalah
salah satu cabang
olahraga atletik dalam nomor
lempar, atlet tolak
peluru melemparkan bola
besi yang berat sejauh
mungkin dan bola
besi berat inilah
diberi nama peluru
yangmerupakan peralatan utama dalam olahraga ini. Bentuknya bulat
seperti bola dan terbuat
dari besi dengan
berat pelurunya harus
disesuaikan dengan penggunanya, antara lain :
Untuk senior putra =
7,257 kg
Untuk senior putri =
4 kg
Untuk junior putra =
5 kg
Untuk junior putri =
3 kg
Olahraga tolak
peluru sangat baik
untuk dipelajari dan
dilakukan bagi semua kalangan
baik dilingkungan masyarakat
maupun dilingkungan sekolah, akan
tetapi pada kenyataannya
jenis olahraga ini masih
kurang diminati khususnya
bagi para siswa
disekolah, hal ini disebabkan oleh
kurangnya media pembelajaran
yang dapat digunakan untuk menarik dan meningkatkan
minat, apalagi menyangkut peluru yang terbuat dari besi dengan ukuran dan berat yang belum tentu
dapat sesuai dengan kondisi fisik
siswa yang bersangkutan,
dengan demikian secara tidak
langsung hal ini
dapat menurunkan minat
bagi siswa untuk mempelajari dan mengikuti pembelajaran
tentang tolak peluru.
Untuk menghadapi
kondisi seperti ini
guru dituntut untuk
dapat melakukan terobosan dan berinovasi menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif,
efektif, pariatif dan
menyenangkan, demikian halnya dengan penerapan metode pembelajaran
yang tepat harus dibarengi pula dengan
penggunaan alat/media pembelajaran
yang tepat dan
memadai meski harus melakukan
modifikasi alat pembelajaran
yang digunakanyang dimaksudkan
agar dapat menarik
minat belajar siswa
dalam mengikuti pembelajaran dan memahami materi yang disampaikan.
Berdasarkan uraian
di atas maka
perlu dilakukan modifikasi
alat pembelajarannya dengan menggunakan
alat-alat ringan yang
tidakberesiko fatal ketika diajarkan dan tidak sulit ditemukan seperti
bola tenis yang dapat dijadikan peluru sebagai alat pengganti bola besi yang
berat yang dimaksudkan penggunaannya
dapat disesuaikan dengan pertumbuhan fisik
dan perkembangan jiwa
siswa, khususnya
perkembangan kemampuan melakukan
gerak dalam atletik
yang diantaranya gerakan menolak
dalam olahraga tolak
peluru. Mengingat benda yang
digunakan dalam tolak
peluru adalah benda
keras berupa bola besi yang
berat, apabila tidak dibelajarkan atau
dilatih dengan teliti akan
berdampak bahaya pada
siswa, untuk itu
agar tidak menimbulkan bahaya maka alatnya perlu
dimodifikasi.
Memodifikasi peluru
sebagai alat pembelajaran
yaitu denganmenggunakan bend-benda
yang sesuai dengan
kebutuhan siswa, dapat meningkatkan minat dan hasil belajar
siswa. disamping itu dalam proses pembelajaran
guru tidak langsung
membelajarkan tentang tehnik
dasar tolak peluru yang sebenarnya, melainkan adalah gerak dasar tolak
peluru yang relevan dengan
alat pembelajaran yang
telah dimodifikasi ukuran beratnya. Meskipun
alat pembelajaran tolak
peluru telah dimodifikasi akan tetapi dari hasil observasi menunjukan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan guru
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di
SMPNegeri 3 ................ Kecamatan ................ Kabupaten .........
......... dalam membelajarkan tolak peluru masih saja cenderung membosankan
siswa, alasannya modifikasi alat
pembelajaran yang digunakan
guru masih kurang berpariasi,
hanya tertuju pada modifikasi satu alat pembelajaran saja sementara modifikasi
yang lain baik alat maupun proses pelaksanaan pembelajarannya belum diterapkan
guru disekolah tersebut. Apabila hal ini
terus berkelanjutan akan
berakibat pada capaian
hasil belajar siswa yang tidak sesuai dengan tujuan akhir
yang diharapkan.
Pembelajaran meningkatkan
gerak dasar tolak
peluru melalui modifikasi alat
pembelajaran dilakukan bagi
siswa Kelas VII
SMP Negeri 3 ................ Kecamatan
................ Kabupaten .........
......... dan dengan memperhatikan
uraian-uraian sebelumnya maka
dapat digambarkan bahwa siswa
SMP Negeri 3 ................ Kecamatan
................ Kabupaten ......... .........
dalam melakukan tolak
peluru masih perlu diperhatikan karena hasil keterampilan
belajar siswa masih belum seperti yang diharapkan. Pada observasi awal di jelaskan bahwa
rata-rata gerak dasar siswa dalam melakukan tolak peluru yaitu 55,85%, hal ini berarti gerak dasar
siswa dalam melakukan
gerak dasar tolak
peluru masih kurang atau dibawah
rata-rata, karena itu perlu ditingkatkan. Hal
tersebut mendorong penulis
untuk mengadakan penelitian dengan judul “meningkatkan gerak
dasar tolak peluru melalui modifikasi alat pembelajarann
pada siswa kelas
VII SMP Negeri
3 ................ Kecamatan ................
Kabupaten ......... ..........
1.2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang
diatas, maka dalam penelitian ini dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut
:
1. Modifikasi alat pembelajaran dapat
meningkatkan gerak dasar dalam atletik siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama
Negeri 3 ................ Kecamatan ................ Kabupaten ......... .........
2. Modifikasi
alat pembelajaran dapat
meningkatkan gerak dasar
tolok peluru siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 ................
Kecamatan ................ Kabupaten ......... .........
3. Gerak dasar tolak peluru siswa kelas VII
Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 ................ Kecamatan
................ Kabupaten .........
......... dapat meningkat apabila alat pembelajarannya dimodifikasi
1.3. Rumusan Masalah
Adapun yang menjadi rumusan
masalah dalam penelitian ini yaitu : apakah
modifikasi alat pembelajaran
dapat meningkatkan gerak
dasar tolak peluru siswa kelas VII SMP
Negeri 3 ................ Kecamatan ................ Kabupaten .........
......... dapat ditingkatkan ?
1.4. Cara Pemecahan Masalah
Untuk meningkatkan
gerak dasar tolak
peluru siswa kelas
VII disekolah menengah pertama dapat dilakukan dengan memodifikasi alat
pembelajaran. Dengan memodifikasi
alat pembelajaran maka
masalah-masalah pada gerak
dasar tolak peluru
siswa kelas VII
Sekolah Menengah Pertama Negeri
3 ................ Kecamatan
................ Kabupaten .........
......... dapat dipecahkan. Adapun gerak dasar tolak peluru yang dimaksud
meliputi : (a) cara memegang peluru (b) cara, meletakan peluru diatas bahu dibawah telinga dekat leher (c)
cara mengambil awalan (d) cara menolak peluru dan sikap akhir setelah
menolak peluru
1.5. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan
penelitian ini adalah
untuk meningkatkan gerak dasar tolak peluru melalui modifikasi
alat pembelajaran pada siswa kelas VII
SMP Negeri 3 ................ Kecamatan
................ Kabupaten ......... .........
1.6. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dalam penelitian
yaitu :
1. Manfaat teoritis :
a. Bagi Siswa
b. Bagi Guru
c. Bagi Sekolah
d. Bagi Peneliti
Penelitian ini
diharapkan dapat menjadi
acuan dalam berpikir
ilmiah
bagi guru pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan.
2. Manfaat praktis
a. Bagi siswa
Meningkatkan gerak
dasar tolak peluru
pada siswa sekolah
pertama khususnya siswa kelas
VII SMP Negeri
3 ................ Kecamatan ................ Kabupaten .........
..........
b. Bagi guru
Hasil penelitian
ini diharapkan dapat
dijadikan sebagai acuan
dan informasi bagi guru dalam meningkatkan gerak dasar tolak peluru
c. Bagi sekolah
Sebagai bahan
informasi tentang peningkatan
pembelajaran pendidikan jasmani olahraga
dan kesehatan khususnya
materi tentang tolak
peluru. Selain itu sebagai
bahan masukan bagi
siswa SMP Negeri
3 ................ Kecamatan ................ Kabupaten
......... ......... untuk
meningkatkankwalitas pembelajaran.
d. Bagi peneliti
Menambah ilmu
pengetahuan dan pengalaman
berharga bagi peneliti khususnya tentang
tolak peluru agar
nantinya peneliti bisa mengimplementasikan ilmu
pengetahuan untuk meningkatkan
prestasi belajar siswa.