Lencana Facebook

banner image

Wednesday 19 July 2023

PTS KEPALA SMK/SMA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

 

 

 

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA MELALUI KEGIATAN IHT DI SMKN ................................... SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN  2021/2022

 

 

 

 

Diajukan untuk Memenuhi 

Persyaratan Kenaikan Pangkat dari Golongan ….. ke ….

Unsur Pengembangan Profesi Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

Oleh

 

 

...................................

NIP. ...................................



 

 

 

 

SMKN ...................................

Alamat : Jl. ……………………………………..  Kecamatan ……………..Kabupaten …………  Provinsi ……….

2021

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

 

1.

Judul Penelitian

Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Melalui Kegiatan iHT di SMKN ................................... Semester 1 Tahun Pelajaran  2021/2022

2.

Identitas Peneliti

a.    Nama Lengkap

b.   NIP

c.    Pangkat. Golongan

d.   Tempat Tugas

e.    Kabupaten/Kota

f.    Provinsi

g.   Alamat Kantor

 

...................................

...................................

...................................

SMKN ...................................

…………………..

.............................

………………………

3.

Lama Penelitian

3 bulan ( September 2021 s.d November 2021)

4.

Sumber Dana

Swadaya

 

 

                     Mengetahui                              ...................................,  25 November 2021

                  Kepala Sekolah                                                       Peneliti

 

 

 

 

 

             ...................................                                      ...................................

         NIP. ...................................                              NIP. ...................................

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah  

 

 

 

 

………………………

NIP. ………………….

 

 

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA MELALUI KEGIATAN IHT DI SMKN ................................... SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN  2021/2022

 

Oleh

 

...................................

NIP. ...................................

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini menekankan kepada peningkatan kompetensi guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva dengan pelaksanaan kegiatan iHT di masa pandemi Covid 19. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan empat langkah pokok, yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah 18 guru mata pelajaran di SMKN .................................... Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Validasi data dengan teknik triangulasi. Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif.  Berdasarkan hasil penelitian dapat kesimpulan bahwa pelaksanaan iHT  terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva.  Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil penilaian  kompetensi guru-guru di SMKN ................................... dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva di mana pada kondisi awal  rata-rata nilai 45,88 dan masuk dalam kategori Kurang (K), meningkat pada siklus pertama dengan rata-rata nilai 70,93 dan masuk dalam kategori Cukup (C) dan pada siklus kedua dengan rata-rata nilai 90,40 dan masuk dalam kategori Baik (B). Adapun peningkatan kompetensi guru-guru di SMKN ................................... dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva secara individu pada kondisi awal belum ada guru yang dinyatakan tuntas, pada siklus pertama 10 guru atau 55,56% dinyatakan tuntas dan pada siklus kedua 18 guru atau 100% dinyatakan tuntas. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan iHT terbukti dapat meningkatkan kompetensi guru-guru di SMKN ................................... dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva.

 

Kata Kunci : iHT,  kompetensi, canva

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa, Alhamdulillaah kami telah dapat  menyelesaikan penyusunan PTS (Penelitian Tindakan Sekolah) di SMKN ....................................  Masalah yang kami angkat berjudul “Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Melalui Kegiatan iHT di SMKN ................................... Semester 1 Tahun Pelajaran  2021/2022”.

Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini kepada pihak-pihak yang telah membantu yang tidak dapat peneliti sebutkan satu persatu. Peneliti  menyadari PTS yang disusun ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karenanya sangat kami harapkan kritik dan koreksi dari  para pembaca maupun pihak yang terkait untuk  perbaikan penyusunan PTS  di masa mendatang.

            Sebagai akhir kata, peneliti berharap dengan penyusunan PTS ini  bisa bermanfaat  untuk  mengevaluasi masalah yang kami hadapi dan mencari jalan penyelesaian yang terbaik dan terprogram, yang pada gilirannya bisa berimbas pada peningkatan mutu pendidikan.

 

 

.............................,      November 2021

Peneliti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii

ABSTRAK..........................................................................................................    iii

KATA PENGANTAR........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................     1

B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     4

C.  Rumusan Masalah .......................................................................     5

D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     5

E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     5

 

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................     7

B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................   29

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   32

 

BAB    III METODE PENELITIAN         

A.  Setting Penelitian.........................................................................   33

B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   33

C.  Subjek Penelitian..........................................................................   35

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   35

E.   Validasi Data...............................................................................   36

F.   Analisis Data................................................................................   37

G.  Prosedur Penelitian......................................................................   39

H.  Indikator Keberhasilan ................................................................   43

 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   44

B.  Hasil Penelitian............................................................................   60

C.  Pembahasan.................................................................................   63

 

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  

A.  Simpulan .....................................................................................   66

B.  Saran ...........................................................................................   66

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

 

DAFTAR TABEL

 

Tabel                                                                                                           Halaman

Tabel      3.1    Penilaian Kemunculan Indikator ...........................................         38

Tabel      3.2    Pedoman Penilaian Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva  ......................................................         38

Tabel      4.1    Rekapitulasi Hasil Penilaian Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva pada Kondisi Awal .         45

Tabel      4.2    Rekapitulasi Analisis Hasil Observasi Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva  Pada Kondisi Awal ...........             46

Tabel      4.3    Rekapitulasi Hasil Penilaian Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva pada Siklus Pertama ...........             51

Tabel      4.4    Rekapitulasi Analisis Hasil Observasi Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva  Pada Siklus Pertama                        52

Tabel      4.5    Rekapitulasi Hasil Penilaian Peningkatan Kompetensi Guru dalam pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva pada Siklus Kedua...         57

Tabel      4.6    Rekapitulasi Analisis Hasil Observasi  Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva  Pada Siklus Kedua.         59

Tabel      4.7    Rekapitulasi Hasil Penilaian Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus Kedua                 61

Tabel      4.8    Rekapitulasi Hasil Penilaian Peningkatan kompetensi guru dalam Menyusun RPP di masa pandemi Covid 19 pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II                      62

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar                                                                                                      Halaman

Gambar 2.1    Kerangka Pikir Pelaksanaan Penelitian..................................         31

Gambar 3.1    Langkah-langkah PTS (Arikunto, dkk, 2010:58)..................         33

Gambar 4.1    Grafik Hasil Penilaian Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva pada Kondisi Awal......................................         46

Gambar 4.2    Grafik Hasil Penilaian Hasil Observasi Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva pada Kondisi Awal..         46

Gambar 4.3    Grafik Hasil Penilaian Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva pada Siklus Pertama ....................................         51

Gambar 4.4    Grafik Hasil Penilaian Hasil Observasi Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva pada Kondisi Awal..         52

Gambar 4.5    Grafik Hasil Penilaian peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva  pada Siklus Kedua..         58

Gambar 4.6    Grafik Hasil Penilaian Hasil Observasi Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva pada Siklus Kedua ..         59

Gambar 4.7    Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva  pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II................         62

Gambar 4.8    Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Berdasarkan Ketuntasan pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II             63

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran                                                                                                                  

 

Lampiran    1   Surat Ijin Penelitian

Lampiran    2   Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran    3   Rencana Pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah Siklus I dan II

Lampiran    4   Instrumen Pengumpulan Data

Lampiran    5   Analisis Data Hasil Penelitian

Lampiran    6   Daftar Hadir Kegiatan Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

Lampiran    7   Foto Dokumentasi Kegiatan In House Training (iHT) Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah

Peningkatan kualitas pembelajaran banyak ditentukan oleh pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan oleh guru. Guru sebagai ujung tombak dalam pelaksanan pendidikan merupakan pihak yang sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar mengandung sejumlah komponen. Salah satu komponen yang mendukung pembelajaran terlaksana dengan baik adalah media pembelajaran. Media pembelajaran sebagai perantara antara pengajar dan peserta untuk memahami pembelajaran lebih efektif dan efisien.

Pemerintah Indonesia menetapkan status darurat terhadap wabah virus corona yang telah menyebar di tanah air, hampir seluruh aktifitas masyarakat dilakukan di rumah masing masing. Ada banyak upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19, termasuk belajar dan mengajar dari rumah yang diprogramkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan perkembangan virus covid-19 yang sangat menyebar dengan cepat, maka pembelajaran daring dan bekerja dari rumah diberlakukan untuk pencegahan penyebaran covid-19 untuk memastikan bahwa pengendalian, kewaspadaan, dan penanganan penyebaran covid-19 di unit kerjanya telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 dan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (covid- 19).

Dengan diterbitkannya kebijakan pemerintah untuk belajar di rumah, bekerja di rumah dan beribadah di rumah, maka di harapkan guru dan siswa harus dapat mampu  memanfaatkan dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar di rumah. Kebijakan belajar dari rumah ini dilakukan dalam rangka pemenuhan hak siswa untuk mendapatkan layanan pendidikan walaupun di tengah pandemi covid-19. Selama belajar dari rumah (BDR), guru, siswa, dan orang tua dituntut untuk beradaptasi terhadap kebijakan tersebut.

Peningkatan kualitas pembelajaran banyak ditentukan oleh pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan oleh guru. Guru sebagai ujung tombak dalam pelaksanan pendidikan merupakan pihak yang sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran (Yuniati, 2012:68). Untuk menciptakan suatu proses pembelajaran yang aktif dan interaktif dalam pembelajaran, guru memegang peranan yang sangat penting, karena guru berhubungan serta berinteraksi langsung dengan siswa sebagai subjek dan objek belajar. Guru juga dituntut untuk terampil dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Roestiyah (2013:59), menyatakan agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan guru harus memiliki strategi.

Media pembelajaran adalah alat belajar yang sangat berperan penting dalam suatu proses belajar mengajar baik pembelajaran formal maupun non formal khususnya di masa pandemi Covid 19. Beragam media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pengajaran, disesuaikan dengan kemampuan dan kapasitas guru sendiri dalam menggunakannya (Rosdiana, 2016:72). Penggunaan media akan memudahkan siswa memahami materi pelajaran, karena belajar menggunakan media dapat dirancang menjadi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga siswa tidak cepat bosan, dan dapat memotivasi serta merangsang siswa untuk semangat dalam belajar, mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Penggunaan teknologi pembelajaran yang dapat menggabungkan unsur-unsur pendidikan dan hiburan, salah satunya adalah penggunaan teknologi berbasis komputer dalam ilmu inovasi model pembelajaran.

Di ................................... selama pandemi Covid-19, dalam pelaksanaan pembelajaran secara online siswa masih kesulitan dalam memahami materi karena siswa dituntut untuk belajar secara mandiri di rumah. Dari hasil observasi awal diketahui bahwa dari 18 guru di ................................... yang menjadi subjek penelitian  terdapat 6 guru  atau 33,33% dalam kriteria CUKUP dan 12 guru lainnya atau 66,67% dalam kriteria KURANG, dan belum ada satupun guru  yang berada dalam kriteria minimal BAIK  dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 45,88 dalam kriteria KURANG.

Pengembangan media pembelajaran yang menarik dapat membantu siswa untuk memahami materi yang diajarkan karena memiliki komunikasi dua arah. Media pembelajaran berbasis komputer merupakan media dan sumber terbaik yang dapat digunakan sebagai sumber media komunikasi, karena siswa tidak hanya memerhatikan memperhatikan media saja, tetapi berinteraksi dengan media (Rusman, 2012:72). Media pembelajaran dapat dikembangkan dengan berbasis aplikasi canva karena adanya teknologi computer/ smartphone yang dapat diterapkan dalam pembelajaran daring atau e learing.  Canva adalah program desain online yang menyediakan bermacam peralatan seperti presentasi, resume, poster, pamflet, brosur, grafik, infografis, spanduk, penanda buku, bulletin, dan lain sebagainya yang disediakan dalam aplikasi canva. Adapun jenis-jenis presentasi yang ada pada Canva seperti presentasi kreatif, pendidikan, bisnis, periklanan, teknologi, dan lain sebagainya.

Pada pengembangan pemanfaatan aplikasi Canva dalam pembelajaraan menjadi menarik alasan yang hendak dibahas yaitu dampak dari pandemi Covid 19 dimana peserta didik diarahan untuk memiliki penguasaan keterampilan baru, yang mana dilihat dari pengaruh serta keterkaitan dengan pandemi Covid 19 yakni transformasi keseluruhan aspek melalui pengembangan teknologi dan internet sebagai sarana dan media pembelajaran di pandemi Covid 19.

Upaya kepala sekolah sebagai sutradara sekaligus sebagai aktor yang paling berperan dalam proses manajemen untuk dapat meningkatkan kompetensi guru sehingga dapat proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik seperti yang diharapkan. Kepala sekolah merupakan sosok pemimpin dan sekaligus bertindak sebagai seorang arsitektur di lembaga pendidikan. Sebagai seorang pemimpin, kepala sekolah harus berupaya membina dan meningkatkan komptensi guru demi pencapaian tujuan sekolah. Rendahnya kemampuan guru keterampilan dalam menggunakan aplikasi canva tersebut dapat disebabkan oleh kurangnya pemahaman guru tentang apa dan bagaimana pembuatan media pembelajaran berbasis aplikasi canva yang baik dan benar disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid 19. Untuk dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembuatan media pembelajaran berbasis aplikasi canva tersebut maka diperlukan adanya upaya pembinaan dan pemberian bantuan terhadap guru-guru tersebut. Tindakan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan guru  pembuatan media pembelajaran berbasis aplikasi canva di ................................... adalah dengan mengadakan iHT. Dalam kegiatan iHT guru akan dibimbing secara langsung untuk membantu guru-guru lebih efektif, sehingga diharapkan keterampilan dalam  pembuatan media pembelajaran berbasis aplikasi canva akan meningkat.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti yang bertugas sebagai kepala sekolah di  ................................... berupaya untuk meningkatkan kesiapan guru-guru  tersebut dalam m pembuatan media pembelajaran berbasis aplikasi canva di masa pandemi Covid 19 dengan kegiatan In House Training (iHT) Daring dalam bentuk penelitian tindakan sekolah dengan judul “Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Melalui Kegiatan iHT di ................................... Semester 1 Tahun Pelajaran  2021/2022”.

B.    Identifikasi Masalah

Dari uraian sebagaimana dijelaskan pada latar belakang masalah di atas, dapat diidentifikasi beberapa permasalahan yang muncul terkait dengan pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva oleh guru-guru di ...................................  diantaranya :

1.    Pandemi Covid 19 yang belum memungkinkan diadakannya proses pembelajaran tatap muka di dalam kelas secara langsung.

2.    Perlunya inovasi-inovasi baru yang menunjang proses pembelajaran di masa pandemi Covid 19 dengan memanfaatkan teknologi khususnya internet dengan memanfaatkan aplikasi canva.

3.    Kekurangmampuan guru-guru di ................................... dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva yang kebutuhannya sangat mendesak di masa pandemi Covid 19.

C.   Rumusan Masalah

Dari uraian pada latar belakang masalah di atas, maka dapat ditentukan rumusan masalah dari pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan kepengawasan ini yaitu

1.    Bagaimana proses pelaksanaan kegiatan iHT  sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva di ................................... pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022?

2.    Bagaimana peningkatan kompetensi guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva  melalui kegiatan iHT di ................................... pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022?

D.   Tujuan Penelitian

Sejalan dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kepengawasan ini adalah :

  1. Mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan iHT  sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva di ................................... pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.
  2. Meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva  melalui kegiatan iHT di ................................... pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.

E.    Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang diharapkan dari pelaksanaan penelitian tindakan kepengawasan ini adalah :

1.    Manfaat Teoritis

Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi penelitian sejenis maupun sebagai salah satu bahan pustaka dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya yang berkenaan dengan pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva di masa pandemi Covid 19.

2.    Manfaat Praktis

a.    Sebagai acuan  dalam  upaya  peningkatan  mutu  sekolah  dan  rencana pengembangan sekolah khususnya di masa pandemi Covid 19.

b.    Sebagai umpan  balik  untuk  usaha  pemberdayaan  dan  pengembangan kinerja warga sekolah dalam rangka menerapkan visi,misi, tujuan, sasaran, strategi dan program sekolah khususnya di masa pandemi Covid 19.

c.    Pendorong motivasi untuk sekolah agar terus meningkatkan mutu sekolahnya  secara  bertahap,  terencana,  dan  kompetitif  di  tingkat kabupaten/kota,  provinsi,  nasional  bahkan  regional  dan internasional khususnya di masa pandemi Covid 19.

 

 

Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih