Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Tuesday, 18 July 2023

PTK GEOGRAFI MASA PANDEMI

 

Loggo

 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

 

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL  BELAJAR GEOGRAFI MATERI POSISI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA MENGGUNAKAN  MEDIA POWERPOINT BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA SISWA KELAS XI IPS-1

SMA NEGERI 1 ......................... SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

 

 

Diajukan sebagai

Persyaratan Kenaikan Pangkat dari  Golongan IV/b ke IV/c

Unsur Pengembangan Profesi Guru

 

                                                                                     

 

 

 

Oleh

 

.........................

NIP. .........................

 

 

 

 

 

 

 

SMP NEGERI 1 .........................

Alamat : ………………………………………..  Kecamatan .........................,

Kabupaten ………………………………….

2021

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

1.

Judul Penelitian

Peningkatan Motivasi dan Hasil  Belajar Geografi Materi Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia Menggunakan  Media Powerpoint Berbasis Aplikasi Google Classroom pada Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 ......................... Semester 1  Tahun Pelajaran 2021/2022

2.

Identitas Peneliti

a.    Nama Lengkap

b.   NIP

c.    Pangkat. Golongan

d.   Jabatan

e.    Tempat Tugas

f.    Kecamatan

g.   Kabupaten/Kota

h.   Provinsi  

 

.........................

.........................

Pembina Tk. I/ IV-b

Guru Geografi

SMA Negeri 1 .........................

.........................

…………………

……………………

3.

Lama Penelitian

3 Bulan ( Juli 2021 s.d  September 2021)

4.

Sumber Dana

Swadaya

 

                        Mengetahui                               ........................., 11 Maret 2019

                         Kepala Sekolah                                                     Peneliti

 

 

 

 

                ……………………………                                     .........................

                NIP. ………………………                                NIP. .........................

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah 

 

 

 

……………………………

NIP. ……………………

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL  BELAJAR GEOGRAFI MATERI POSISI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA MENGGUNAKAN  MEDIA POWERPOINT BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA SISWA KELAS XI IPS-1

SMA NEGERI 1 ......................... SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

Oleh

 

.........................

NIP. .........................

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi Karakteristik wilayah daratan dan perairan di Indonesia di kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 .......................... Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 ......................... Semester 1  Tahun Pelajaran 2021/2022  sebanyak 36 orang siswa. Teknik dan alat pengumpulan data  menggunakan teknik tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar dari 9 siswa atau 25,00% pada studi awal menjadi 24 siswa atau 66,67%  pada siklus pertama dan 33 siswa atau 91,67% pada siklus terakhir. Hal tersebut didukung dengan kenaikan rata-rata hasil belajar studi awal sebesar 56,11, pada siklus  I  nilai  rata-rata  yang  diperoleh  siswa  adalah  72,50 dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 82,78 serta didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar pada keadaan awal sebanyak 7 siswa (19,44%), pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa atau 52,78% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 32 siswa atau 88,89%.  Dari perolehan angka-angka di atas dapat disimpulan bahwa pada siklus kedua, proses pelaksanaan perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus kedua.

 

Kata Kunci : motivasi, hasil belajar, powerpoint, google classroom

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) ini dapat selesai dengan baik. Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu “Peningkatan Motivasi dan Hasil  Belajar Geografi Materi Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim DuniaMenggunakan  Media Powerpoint Berbasis Aplikasi Google Classroom pada Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 ......................... Semester 1  Tahun Pelajaran 2021/2022. Laporan hasil penelitian tindakan ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan IV/b Ke golongan IV/c.

Peneliti menyadari akan segala kekurangan dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini. Maka dari itu kepada pembaca diharapkan untuk memberi sumbang saran maupun kritik yang bersifat membangun ke arah perbaikan. Pada kesempatan ini peneliti ucapkan terima kasih kepada semua pihak  yang telah membantu sampai selesainya penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini dan semua pihak yang tidak sempat peneliti sebut namanya satu persatu atas segala bantuannya dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini.

Peneliti berharap semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan balasan yang berlipat ganda kepada mereka yang telah membantu. Akhir kata peneliti mengharapkan kepada yang membaca agar bersedia memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan dan peningkatan mutu penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini serta mudah-mudahan bermanfaat bagi peneliti khususnya dan pembaca umumnya.

 

.........................,     September 2021

 

Peneliti

 

 

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii

ABSTRAK..........................................................................................................    iii

KATA PENGANTAR........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah............................................................     1

B.       Identifikasi Masalah..................................................................     4

C.       Rumusan Masalah .....................................................................     5

D.      Tujuan Penelitian ......................................................................     5

E.       Manfaat  Penelitian ...................................................................     5

 

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................     7

B.  Kerangka Pikir.............................................................................   20

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   22

 

BAB    III METODE PENELITIAN         

A.  Setting Penelitian ........................................................................   23

B.  Metode dan Rancangan Penelitian..............................................   23

C.  Subjek Penelitian..........................................................................   25

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   25

E.   Validasi Data...............................................................................   26

F.   Teknik Analisa Data ....................................................................   27

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   28

H.  Indikator Penelitian  ....................................................................   34

 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   35

B.  Hasil Penelitian............................................................................   47

C.  Pembahasan ................................................................................   50

 

BAB    V   PENUTUP                      

A.  Kesimpulan .................................................................................   53

B.  Saran ...........................................................................................   54

 

DAFTAR PUSTAKA                       

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                           Halaman

 

Tabel      3.1    Kriteria Penilaian Motivasi  Belajar.......................................         27

Tabel      3.2    Kriteria Penilaian Hasil Belajar .............................................         28

Tabel      4.1    Hasil Tes Formatif Kondisi Awal..........................................         35

Tabel      4.2    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa  pada Kondisi Awal                   36

Tabel      4.3    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  pada  Siklus I.....................         39

Tabel      4.4    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa  pada Siklus I                 40

Tabel      4.5    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  pada  Siklus II....................         46

Tabel      4.6    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa  pada Siklus II                47

Tabel      4.7    Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II                     49

Tabel      4.8    Rekapitulasi Hasil Observasi Motivasi Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II............................................................................................         51

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar                                                                                                      Halaman

Gambar 2.1    Bagan Kerangka Pikir............................................................         21

Gambar 3.1    Siklus dalam Penelitian Tindakan Kelas................................         24

Gambar  4.1    Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                      50

Gambar  4.2    Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II                    50

Gambar  4.3    Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa Pada Siklus I dan II           ........................................................................................... 51

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran                                                                                                                  

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian

Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran    3     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I

Lampiran    4     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II

Lampiran    5     Berkas Instrumen Pengumpulan Data

Lampiran    6     Analisis Data Hasil Penelitian

Lampiran    7     Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

Lampiran    8     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa

Lampiran    9     Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Pandemi Covid-19 di Indonesia terjadi pada pertengahan Maret 2020 berdampak pada kebijakan Work From Home (WFH) di lembaga pendidikan (sekolah dan perguruan tinggi); belajar dari rumah, bekerja dari rumah, beribadah di rumah. Pembelajaran mulai bergeser dari offline tatap muka fisik menjadi online. Penggunaan google classroom, email, WhatsApp (WA) dan media sosial lainnya, menjadi bagian penting dalam pembelajaran online. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah dampak pandemi Covid-19 yang kini mulai merambah ke dunia penidikan, sehingga pemerintah berupaya untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan. Selain itu pemerintah juga membatasi aktivitas manuasi di luar rumah upaya membatasi antar banyak orang hal itu bertujuan untuk emutus rantai penyebaran Covid-19. Dengan adanya kebijakan tersebut sekolah menerapkan kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh atau pembelajaran daring.

Dilihat dari perkembangan zaman sekarang ini tidak lepas dari Teknologi Informasi (TI) yang juga semakin semakin berkembang. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan teknologi yang digunakan sebagai sarana informasi dan komunikasi antar individu (Miningsih, 2015:4). eSelain itu dengan adanya pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, pelaksanaan proses pembelajaran membutuhkan pembelajaran Daring. Guru yakni dituntut untuk menguasai teknologi supaya proses pembelajaran daring masa pandemi Covid-19.

Kita ketahui sekarang ini, Indonesia tengah terkena pandemi Covid 19. Hal tersebut membawa dampak yang besar terhadap seluruh aspek Negara. Salah satunya yaitu di bidang pendidikan. Kebijakan Pemerintah untuk mencegah penyebaran covid salah satunya adalah dengan pembatasan sosial, sehingga kegiatan pembelajaran secara tatap muka tidak bisa dilaksanakan. Untuk itu Kementrian Pendidikan menetapkan untuk mengadakan pembelajaran jarak jauh, secara virtual. Adanya pembelajaran jarak jauh menuntut para guru untuk bisa menetapkan strategi belajar yang efektif agar tujuan pembelajaran tetap dapat tercapai walaupun tanpa tatap muka langsung. Perkembangan teknologi yang sangat pesat, sangat membantu dalam menetapkan strategi tersebut, baik yang bersifat Sinkron maupun Asinkron. Akan tetapi tidak semua aplikasi pembelajaran dapat diterapkan pada suatu sekolah.

Melihat kondisi yang ada di sekolah, baik dari sarana prasarana, jaringan tempat tinggal siswa, maupun keadaan ekonomi siswa, ternyata kurang mendukung pembelajaran secara singkron. Sehingga pihak sekolah membuat kebijakan menggunakan platform pembelajaran asinkron dengan google drive. Akan tetapi pembelajaran dengan dengan aplikasi tersebut terlihat hanya satu arah, kurang ada interaksi langsung antara siswa dengan guru. Siswa juga terlihat bosan, dan kurang berminat dalam proses pembelajaran, karena guru hanya mengirimkan materi lewat google drive dan Siswa mengirimkan tugas juga lewat aplikasi tersebut. Jadi google drive hanya sekedar tempat menyimpan materi dan tugas. Keadaan tersebut ternyata mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh siswa. Kurangnya motivasi dan interaksi pembelajaran, menyebabkan kurang optimalnya hasil belajar sehingga dibutuhkan platform lain yang mudah diakses dan juga bisa menciptakan interaksi antara guru dengan siswa, yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Permasalahan belajar seperti yang diungkapkan tersebut terjadi pada siswa di SMAN 1 ......................... khususnya siswa XI IPS-1. Hal ini ditunjukkan dengan pencapaian nilai mata pelajaran Geografi yang masih rendah. Menurut data pra siklus pada mata pelajaran Geografi di kelas XI IPS-1, terdapat 7 siswa atau 19,44% memperoleh nilai mata pelajaran Geografi yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM)= 75 pada materi dinamika  kependudukan di Indonesia dengan dari jumlah siswa secara keseluruhan sebanyak 36 siswa.

Anggapan tentang pelajaran yang membosankan saat mengikuti mata pelajaran Geografi mendominasi pikiran siswa sehingga banyak di antara mereka kurang berminat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Geografi. Selain hasil belajar yang kurang maksimal, aktivitas siswa XI IPS-1 juga rendah, ini terlihat dari data hasil observasi awal.

Keterbatasan waktu dan media dirasakan guru menjadi kendala, sehingga guru kurang maksimal dalam menyampaikan materi karena itu guru lebih memilih menggunakan metode yang mudah seperti ceramah dan diskusi. Sebagaimana yang disampaikan guru, bahwa diskusi pun juga berjalan kurang baik disebabkan  karakteristik siswa XI IPS-1 yang cenderung  pasif  pada saat diminta berdiskusi dengan kelompoknya. Guru mengalami kesulitan dalam menumbuhkan semangat belajar siswa serta menyampaikan materi yang banyak tersebut kepada siswa, kurang terjalinnya komunikasi yang baik antara guru dan siswa sehingga apa yang disampaikan guru pada siswa tidak tepat sasaran. Kegiatan belajar didalam kelas dengan materi yang banyak, jam pelajaran yang panjang namun terbatas semakin membuat siswa kurang antusias. Selain itu, kegiatan pembelajaran berupa penyampaian materi posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan menggunakan skala sederhana dengan metode ceramah saja dan tanpa kegiatan aktif bagi siswa untuk memahami konsep materi menjadikan situasi belajar membosankan sehingga siswa sulit menyerap materi.

Multimedia powerpoint dapat dipilih sebagai media untuk membantu
meningkatkan minat siswa, dimana powerpoint adalah program presentasi yang mampu menghasilkan tampilan dalam bentuk teks, gambar dan suara serta animasi.. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi.
Beberapa kelebihan dari multimedia powerpoint adalah : (1) dapat menyajikan
teks, gambar, film, sound efek, lagu, grafik, dan animasi, (2) memiliki daya tarik sehingga dapat menimbulkan minat atau ketertarikan, (3) penyajian yang bersifat poin poin atau informasi informasi dapat menimbulkan pengertian dan ingatan yang kuat, (4) mudah direvisi, mudah disimpan dan efisien, (5) apat diulang ulang, sesuai dengan kebutuhan. (6) dapat diperbanyak dalam waktu singkat, (7) biaya yang dibutuhkan tidak mahal dan (8) dapat digunakan berkali kali pada kelas sama atau kelas yang lain.

Google classroom merupakan satu platform asinkron yang disediakan oleh akun Google. Aplikasi ini gratis dan mudah untuk diakses siswa. Dalam proses pembelajaran guru dapat membagikan materi, memberi tugas melalui aplikasi ini. Kelebihan dari aplikasi Google classroom dibanding aplikasi lain yaitu aplikasi Google classroom dapat digunakan untuk membuat dan mengelola kelas, tugas, nilai serta dapat memberikan masukan secara langsung. Siswa juga dapat melihat materi dan tugas yang diberikan, mengirim tugas, maupun memantau nilai dan masukan dari guru. Adanya kelebihan tersebut diharapkan siswa dapat lebih mudah belajar secara madiri menggunakan aplikasi Google classroom sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya.

Berdasarkan  latar  belakang  masalah  tersebut,  penulis  tertarik  mengadakan penelitian terhadap penerapan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom untuk meningkatkan hasil  belajar  siswa.  Maka  Penelitian  ini  berjudul  Peningkatan Motivasi dan Hasil  Belajar Geografi Materi Karakteristik Wilayah Daratan dan Perairan di Indonesia Menggunakan  Media Powerpoint Berbasis Aplikasi Google Classroom pada Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 ......................... Semester 1  Tahun Pelajaran 2021/2022”.

B.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan hal tersebut, peneliti meminta bantuan kepala sekolah, dan teman sejawat untuk membantu mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran yaitu :

  1. Guru dan siswa belum terbiasa dengan pembelajaran geografi secara daring karena biasanya pembelajaran dilakukan secara tatap muka.
  2. Pembelajaran daring dengan yang digunakan masih hanya satu arah, kurang ada interaksi langsung antara siswa dengan guru.
  3. Siswa juga terlihat bosan, dan kurang berminat dalam proses pembelajaran, karena guru hanya mengirimkan materi dan siswa mengirimkan tugas. Keadaan tersebut ternyata mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh siswa. Kurangnya minat dan interaksi pembelajaran, menyebabkan kuran optimalnya hasil belajar

 

C.    Rumusan Masalah

 Berdasarkan  latar  belakang dan identifikasi masalah  yang  telah  dipaparkan di atas, peneliti  akan  berusaha  menjawab  rumusan masalah sebagai berikut:

1.   Bagaimana peningkatan motivasi  belajar geografi materi posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia siswa kelas XI IPS-1 SMAN 1 ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui penerapan  media powerpoint berbasis aplikasi google classroom?

2.  Bagaimana peningkatan hasil belajar geografi materi posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia siswa kelas XI IPS-1 SMAN 1 ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui penerapan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom?

 

D.    Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari pelaksanaan perbaikan pembelajaran  yang dilaksanakan melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah :

1.      Untuk  mengetahui peningkatan motivasi belajar geografi materi posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia siswa  kelas XI IPS-1 SMAN 1 ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 setelah  menerapkan  media powerpoint berbasis aplikasi google classroom.

2.      Untuk  mengetahui peningkatan hasil belajar geografi materi posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia siswa kelas XI IPS-1 SMAN 1 ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 setelah  menerapkan  media powerpoint berbasis aplikasi google classroom.

 

E.     Manfaat  Penelitian

Dalam  penelitian  ini  diharapkan  mendatangkan  manfaat  bagi  semua  pihak, adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

1.      Teoritis

Hasil Penelitian ini secara teoritis memberikan sumbangan pengetahuan dalam penggunaan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom sehingga diharapkan para pengajar untuk dapat mengkaji kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran dengan menggunakan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom  ini.

2.      Praktis

a.       Manfaat bagi siswa

Meningkatkan  motivasi  dalam  belajar sehingga  dapat  menumbuhkan minat  belajar  yang  pada  gilirannya  akan  membawa  pengaruh  yang  positif yaitu  terjadinya  peningkatan  hasil  belajar  yang  baik  serta  penguasaan konsep  dan  keterampilan  yang  lainnya.  .

b.      Manfaat bagi guru

1)      Sebagai  alat  tolak  ukur  bagi  metode  yang  telah  disampaikan  oleh  guru dalam  kegiatan  belajar  mengajar  dikelas,  sehingga  guru  dapat menggunakan  metode  yang  lebih  baik  dalam  kegiatan  belajar  mengajar. guna mencapai berbagai tujuan yang diinginkan.

2)      Mengetahui  strategi  pembelajaran  yang  bervariasi  yang  dapat memperbaiki  dan  meningkatkan  sistem  pembelajaran  di  kelas,  sehingga dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  dan  untuk  mengatasi  rasa kebosanan siswa dalam belajar.

c.       Bagi Sekolah

Sebagai  penambah  sumber  keilmuan  yang  baru  bagi  sekolah,  sehingga sekolah tersebut lebih sering menggunakan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom sebagai upaya memperbaiki metode pembelajaran. 

 

 

Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan : klik DOWNLOAD atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih