Lencana Facebook

banner image

Wednesday 19 July 2023

PTK PAK SMA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PAI DAN BP MATERI SIKAP KRITIS DAN DEMOKRATIS  SISWA

KELAS XII MIPA 3 SMAN .................... MELALUI METODE 

EVERYONE IS TEACHER HERE  SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2019/2020

 

 

 

Diajukan  pada

Penilaian Angka Kredit Unsur Pengembangan Profesi Guru

untuk Kenaikan Pangkat dari Golongan IV/a ke IV/b

 

 

 

 

 

 

 

Oleh

 

....................

NIP. ....................

 

 

 

 

 

 

 

SMA NEGERI ....................

Jl. ……………….…………………. Kecamatan ……………….. Kabupaten ………………… Provinsi ………………..

2019

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

1.    a. Judul Penelitian           :            Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar PAI dan BP Materi Sikap Kritis dan Demokratis  Siswa Kelas XII MIPA 3 SMAN .................... Melalui Metode  Everyone Is Teacher Here  Semester 1tahun Pelajaran 2019/2020

       b. Kategori Penelitian      : Penelitian Tindakan Kelas

2.    Identitas Peneliti

       a. Nama Lengkap            :            ....................

       b. NIP                              :            ....................

       c. Pangkat / Golongan     :            Pembina, IV/a.

       d. Jabatan                        :            Guru PAI dan BP

       e. Sekolah                        :            SMAN .................... Kecamatan ...................., Kabupaten Tanah Laut

3.     Waktu Penelitian             : 3 bulan ( September 2019  s/d  November 2019)

 

 

                        Mengetahui                             ....................,  19  November 2019

                     Kepala Sekolah                                                Peneliti

 

 

 

 

               ………………………                                      ....................

              NIP. …………………..                                NIP. ....................

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

 

……………………

NIP. …………………..

 

ABSTRAK

 

 

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PAI dan BP materi sikap kritis dan demokratis  dengan metode everyone is teacher here. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan empat tahapan yaitu (1) perencanaan (planning) ,  (2) pelaksanaan tindakan (action),  3) observasi (observation) , (4) refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah Kelas XII MIPA 3 SMAN .................... dengan jumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif  teknik persentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keaktifan siswa pada studi awal hanya 10 siswa atau 29,41%, naik menjadi 22 siswa atau 64,71% pada siklus pertama, dan 94,12% atau 32 siswa pada siklus kedua . Hal tersebut didukung pula oleh kenaikan hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya  58,53  naik menjadi 73,82 pada siklus pertama, dan  84,12 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa (23,53%)pada studi awal,  58,82% atau 20 siswa pada siklus pertama,  30  siswa atau 88,24% pada siklus kedua sehingga dapat simpulkan bahwa semua indikator dan kriteria keberhasilan proses perbaikan pembelajaran telah terpenuhi dan tercapai pada siklus kedua. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode everyone is teacher here terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar PAI dan BP materi sikap kritis dan demokratis  siswa Kelas XII MIPA 3 SMAN .................... semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 .

 

Kata Kunci : everyone is teacher here, keaktifan, prestasi belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat dan karunia-Nyalah sehingga peneliti dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di SMAN ....................  khususnya di Kelas XII MIPA 3 dengan lancar. Penelitian ini merupakan salah satu syarat dalam rangka memenuhi diajukan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan IV/a  ke IV/b.

Dalam penyusunan PTK ini tentu saja tidak terlepas  dari kerja sama antara peneliti selaku kepala sekolah dan semua guru yang ada di lingkungan SD Negeri 006 Tanjung Selor. Kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian PTK ini kami sangat menghargai dan kami ucapkan terimakasih. Kami menyadari PTK yang peneliti susun ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karenanya sangat kami harapkan kritik dan koreksi dari  para pembaca maupun pihak yang terkait untuk  perbaikan penyusunan PTK  di masa mendatang.

Semoga Allah SWT, memberikan balasan atas kebaikan yang telah diberikan kepada peneliti. Peneliti menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.

 

 

....................,     November 2019

 

Peneliti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL.........................................................................................       i

HALAMAN PENGESAHAN...........................................................................      ii

ABSTRAK.........................................................................................................     iii

KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv

DAFTAR ISI......................................................................................................      v

DAFTAR TABEL..............................................................................................     vi

DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    vii

DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................   viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah .............................................................      1

B.  Identifikasi Masalah ...................................................................      4

C.  Rumusan Masalah ......................................................................      5

D.  Tujuan Penelitian ........................................................................      5

E.   Manfaat Penelitian .....................................................................      5

 

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................      7

B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................    21

C.  Hipotesis Tindakan.....................................................................    24

 

BAB    III METODE PENELITIAN

A.  Setting Penelitian........................................................................    25

B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................    25

C.  Subjek Penelitian.........................................................................    26

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ..........................................    26

E.   Validasi Data...............................................................................    27

F.   Teknik Analisis Data...................................................................    28

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................    29

H.  Kriteria Keberhasilan ..................................................................    33

 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................    34

B.  Hasil Penelitian...........................................................................    47

C.  Pembahasan.................................................................................    50

 

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN

A.  Simpulan ....................................................................................    53

B.  Saran ..........................................................................................    53

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 


DAFTAR TABEL

 

TABEL                                                                                                       Halaman

 

 

Tabel  4.1     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pada Kondisi Awal..................      35

Tabel  4.2     Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Kondisi Awal.      36

Tabel   4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran pada Siklus Pertama                 40

Tabel   4.4     Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Siklus Pertama                     41

Tabel   4.5     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran pada Siklus Kedua                   45

Tabel   4.6     Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Siklus Kedua .      46

Tabel   4.7     Rekapitulasi Prestasi Belajar Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II                       48

Tabel   4.8     Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II                                                                                                           49

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


DAFTAR GAMBAR

 

 

GAMBAR                                                                                                  Halaman

 

Gambar    2.1 Bagan Kerangka Pikir...............................................................      24

Gambar    3.1 Alur Pelaksanaan Tindakan dalam PTK...................................      26

Gambar    4.1 Diagram Peningkatan Nilai dan Ketuntasan Belajar pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II ..................................................................................................      48

Gambar    4.2 Diagram Batang Peningkatan Keaktifan Siswa pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran ..................................................................................................      49

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


DAFTAR LAMPIRAN

 

LAMPIRAN                                                                                                             

 

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian

Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran    3     Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I

Lampiran    4     Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II

Lampiran    5     Instrumen Pengumpulan Data

Lampiran    6     Analisis Data Hasil Penelitian

Lampiran    7     Daftar Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II

Lampiran    8     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa

Lampiran    9     Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II

Lampiran 10      Dokumen Pelaksanaan Seminar PTK

 

 

 Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih