LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PAI DAN BP MATERI SIKAP KRITIS DAN DEMOKRATIS SISWA
KELAS XII MIPA 3 SMAN .................... MELALUI METODE
EVERYONE IS TEACHER HERE SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Diajukan pada
Penilaian Angka Kredit Unsur Pengembangan Profesi Guru
untuk Kenaikan Pangkat dari Golongan IV/a ke IV/b
Oleh
....................
NIP. ....................
SMA NEGERI ....................
Jl. ……………….…………………. Kecamatan ……………….. Kabupaten ………………… Provinsi ………………..
2019
LEMBAR PENGESAHAN
1. a. Judul Penelitian : Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar PAI dan BP Materi Sikap Kritis dan Demokratis Siswa Kelas XII MIPA 3 SMAN .................... Melalui Metode Everyone Is Teacher Here Semester 1tahun Pelajaran 2019/2020
b. Kategori Penelitian : Penelitian Tindakan Kelas
2. Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap : ....................
b. NIP : ....................
c. Pangkat / Golongan : Pembina, IV/a.
d. Jabatan : Guru PAI dan BP
e. Sekolah : SMAN .................... Kecamatan ...................., Kabupaten Tanah Laut
3. Waktu Penelitian : 3 bulan ( September 2019 s/d November 2019)
Mengetahui ...................., 19 November 2019
Kepala Sekolah Peneliti
……………………… ....................
NIP. ………………….. NIP. ....................
Mengesahkan
Pengawas Sekolah
……………………
NIP. …………………..
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PAI dan BP materi sikap kritis dan demokratis dengan metode everyone is teacher here. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan empat tahapan yaitu (1) perencanaan (planning) , (2) pelaksanaan tindakan (action), 3) observasi (observation) , (4) refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah Kelas XII MIPA 3 SMAN .................... dengan jumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif teknik persentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keaktifan siswa pada studi awal hanya 10 siswa atau 29,41%, naik menjadi 22 siswa atau 64,71% pada siklus pertama, dan 94,12% atau 32 siswa pada siklus kedua . Hal tersebut didukung pula oleh kenaikan hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya 58,53 naik menjadi 73,82 pada siklus pertama, dan 84,12 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa (23,53%)pada studi awal, 58,82% atau 20 siswa pada siklus pertama, 30 siswa atau 88,24% pada siklus kedua sehingga dapat simpulkan bahwa semua indikator dan kriteria keberhasilan proses perbaikan pembelajaran telah terpenuhi dan tercapai pada siklus kedua. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode everyone is teacher here terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar PAI dan BP materi sikap kritis dan demokratis siswa Kelas XII MIPA 3 SMAN .................... semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 .
Kata Kunci : everyone is teacher here, keaktifan, prestasi belajar
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat dan karunia-Nyalah sehingga peneliti dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di SMAN .................... khususnya di Kelas XII MIPA 3 dengan lancar. Penelitian ini merupakan salah satu syarat dalam rangka memenuhi diajukan pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan IV/a ke IV/b.
Dalam penyusunan PTK ini tentu saja tidak terlepas dari kerja sama antara peneliti selaku kepala sekolah dan semua guru yang ada di lingkungan SD Negeri 006 Tanjung Selor. Kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian PTK ini kami sangat menghargai dan kami ucapkan terimakasih. Kami menyadari PTK yang peneliti susun ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karenanya sangat kami harapkan kritik dan koreksi dari para pembaca maupun pihak yang terkait untuk perbaikan penyusunan PTK di masa mendatang.
Semoga Allah SWT, memberikan balasan atas kebaikan yang telah diberikan kepada peneliti. Peneliti menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
...................., November 2019
Peneliti
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL......................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN........................................................................... ii
ABSTRAK......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI...................................................................................................... v
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ............................................................. 1
B. Identifikasi Masalah ................................................................... 4
C. Rumusan Masalah ...................................................................... 5
D. Tujuan Penelitian ........................................................................ 5
E. Manfaat Penelitian ..................................................................... 5
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori................................................................................. 7
B. Kerangka Pikir Penelitian............................................................ 21
C. Hipotesis Tindakan..................................................................... 24
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian........................................................................ 25
B. Metode dan Rancangan Penelitian ............................................. 25
C. Subjek Penelitian......................................................................... 26
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data .......................................... 26
E. Validasi Data............................................................................... 27
F. Teknik Analisis Data................................................................... 28
G. Prosedur Penelitian ..................................................................... 29
H. Kriteria Keberhasilan .................................................................. 33
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data............................................................................. 34
B. Hasil Penelitian........................................................................... 47
C. Pembahasan................................................................................. 50
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan .................................................................................... 53
B. Saran .......................................................................................... 53
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
Tabel 4.1 Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pada Kondisi Awal.................. 35
Tabel 4.2 Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Kondisi Awal. 36
Tabel 4.3 Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran pada Siklus Pertama 40
Tabel 4.4 Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Siklus Pertama 41
Tabel 4.5 Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran pada Siklus Kedua 45
Tabel 4.6 Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Siklus Kedua . 46
Tabel 4.7 Rekapitulasi Prestasi Belajar Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 48
Tabel 4.8 Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 49
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
Gambar 2.1 Bagan Kerangka Pikir............................................................... 24
Gambar 3.1 Alur Pelaksanaan Tindakan dalam PTK................................... 26
Gambar 4.1 Diagram Peningkatan Nilai dan Ketuntasan Belajar pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II .................................................................................................. 48
Gambar 4.2 Diagram Batang Peningkatan Keaktifan Siswa pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran .................................................................................................. 49
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN
Lampiran 1 Surat Ijin Penelitian
Lampiran 2 Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran 3 Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
Lampiran 4 Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
Lampiran 5 Instrumen Pengumpulan Data
Lampiran 6 Analisis Data Hasil Penelitian
Lampiran 7 Daftar Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II
Lampiran 8 Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran 9 Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II
Lampiran 10 Dokumen Pelaksanaan Seminar PTK
Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih
0 comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih