Loggo
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENGGUNAAN VOICE NOTE WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI RESPON INTERNASIONAL TERHADAP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII MIPA 1 SMA NEGERI 1 ................... SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Diajukan sebagai
Persyaratan Kenaikan Pangkat dari Golongan IV/b ke IV/c
Unsur Pengembangan Profesi Guru
Oleh
...................
NIP. ...................
SMA NEGERI 1 ...................
Alamat : Jl. ………………………………., Kecamatan ...................,
Kabupaten ................... Provinsi ...................
2021
HALAMAN PENGESAHAN
1. a. Judul Penelitian : Penggunaan Voice Note Whatsapp pada Pembelajaran Sejarah Materi Respon Internasional Terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022
b. Kategori Penelitian : Teknik Pembelajaran
c. Jenis Penelitian : Penelitian Tindakan Kelas
2. Ketua Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar : ...................
b. NIP : ...................
c. Pangkat / Golongan : Pembina Tk I, / IVb
d. Jabatan : Guru Mata Pelajaran
e. Instansi : SMA Negeri 1 ...................
f. Tempat Penelitian : SMA Negeri 1 ...................
3. Lama Penelitian : 3 bulan (Bulan Januari 2021 sampai dengan Bulan Maret 2021)
4. Sumber Biaya : Swadaya
Mengetahui ..................., 8 Maret 2021
Kepala Sekolah Peneliti
................... ...................
NIP. ................... NIP. ...................
Mengesahkan
Pengawas Sekolah
……………………….
NIP. ………………….
PENGGUNAAN VOICE NOTE WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI RESPON INTERNASIONAL TERHADAP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII MIPA 1
SMA NEGERI 1 ................... SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Oleh
...................
NIP. ...................
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas betujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn materi jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi empat komponen yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data mengunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi metode. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklusnya dari 12 siswa atau 33,33%, siklus I ada 23 siswa atau 63,89%, dan pada siklus II ada 34 siswa atau 94,44%, hasil ini sesuai dengan indikator yang ditentukan yakni minimal mencapai 85% dari jumlah siswa dinyatakan meningkat aktivitas belajarnya. Hasil belajar siswa pada studi awal hanya 9 siswa atau 25,00%, siklus I ada 18 siswa atau 50,00%, dan pada siklus II ada 32 siswa atau 88,89%, hasil ini sesuai dengan indikator yang ditentukan yakni minimal siswa tuntas mencapai 85 % dari jumlah seluruh siswa. Rata-rata hasil belajar juga meningkat dari 65,83 menjadi 73,82 dan 85,00 pada siklus kedua. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus kedua rata-rata hasil belajar juga sudah memenuhi kriteria ketuntasan yaitu minimal sama dengan KKM sebesar 75,00. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode CTL dengan dengan media Voice Note WhatsApp dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar, CTL, voicenote whatsapp
KATA PENGANTAR
Puji syukur allhamdulillah peneliti panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan penulisan laporan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) ini. Penulisan laporan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat dalam Kenaikan Pangkat ke Golongan IV/c. Dalam penyusunan ini, peneliti mengambil judul : “Penggunaan Voice Note Whatsapp pada Pembelajaran Sejarah Materi Respon Internasional Terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022”
Dalam penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ini, peneliti banyak mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini dengan segala ketulusan hati peneliti menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang membantu. Peneliti berharap semoga Allah Swt. memberikan balasan yang berlipat ganda kepada mereka yang telah membantu.
Akhir kata peneliti mengharapkan kepada yang membaca agar bersedia memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan dan peningkatan mutu laporan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) ini serta mudah-mudahan bermanfaat bagi peneliti khususnya dan pembaca umumnya.
................... Maret 2021
Peneliti
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ ii
ABSTRAK.......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR........................................................................................ iv
DAFTAR ISI....................................................................................................... v
DAFTAR TABEL............................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah .............................................................. 1
B. Identifikasi Masalah .................................................................... 3
C. Rumusan Masalah ....................................................................... 4
D. Tujuan Penelitian ......................................................................... 4
E. Manfaat Penelitian ...................................................................... 4
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori................................................................................. 6
B. Kerangka Pikir Penelitian............................................................ 27
C. Hipotesis Tindakan...................................................................... 28
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian......................................................................... 29
B. Metode dan Rancangan Penelitian ............................................. 29
C. Subjek dan Objek Penelitian........................................................ 32
D. Teknik Pengumpulan Data .......................................................... 32
E. Validasi Data............................................................................... 34
F. Analisis Data................................................................................ 35
G. Prosedur Penelitian ..................................................................... 36
H. Indikator Keberhasilan ................................................................ 39
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data............................................................................. 40
B. Hasil Penelitian............................................................................ 54
C. Pembahasan................................................................................. 57
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan ..................................................................................... 60
B. Saran ........................................................................................... 60
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
Tabel 3.1 Kriteria Penilaian Aktivitas Belajar Siswa.................................. 36
Tabel 4.1 Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal........................... 41
Tabel 4.2 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa pada Kondisi Awal 42
Tabel 4.3 Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Siklus Pertama ........................ 46
Tabel 4.4 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa pada Siklus Pertama 47
Tabel 4.5 Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Siklus Kedua .......................... 52
Tabel 4.6 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa pada Siklus Kedua 53
Tabel 4.6 Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II 54
Tabel 4.7 Peningkatan Nilai, dan Ketuntasan Belajar Siswa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II 56
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
Gambar 2.1 Kerangka Berpikir Penelitian Tindakan Kelas......................... 28
Gambar 3.1 Siklus dalam Penelitian Tindakan Sekolah (Arikunto, 2006:17) 30
Gambar 4.1 Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II 55
Gambar 4.2 Peningkatan Nilai, dan Ketuntasan Belajar Siswa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II .................................................................................................. 56
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN
1. Surat Ijin Penelitian
2. Jurnal Kegiatan Penelitian
3. a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I
b. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II
4. a. Lembar Kerja Siswa dan Lembar Soal Tes Formatif Siklus I
b. Lembar Kerja Siswa dan Lembar Soal Tes Formatif Siklus II
c. Lembar Observasi Aktivitas Siswa
5. Analisis Data Hasil Penelitian
6. Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
7. Daftar Hadir Siswa
8. a. Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal
b. Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus I (Pertemuan 1 dan 2)
c. Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus II (Pertemuan 1 dan 2)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pembelajaran merupakan interaksi dari pendidik dengan peserta didik. Pembelajaran pada umumnya dilakukan dengan adanya interaksi secara langsung antara pendidik dengan peserta didik dalam suasana lingkungan belajar. Paradigma terhadap esensi pembelajaran tersebut telah berubah dengan adanya krisis kesehatan yang melanda dunia yakni dengan munculnya virus Covid-19 atau corona virus yang tak hanya menggoyahkan sistem pernapasan pada manusia, namun juga telah mengubah sistem pendidikan dan pembelajaran yang biasa diselenggarakan secara tatap muka di sekolah. Di Indonesia, pembelajaran dari rumah mulai diberlakukan sejak 24 Maret 2020 dengan akses internet yang minim persiapan, kesiapan guru, kesiapan peserta didik, dan juga walinya. Dengan diterapkannya pembelajaran jarak jauh diharapkan seluruh warga sekolah tetap menjaga tubuh dari wabah penyakit Covid-19.
Berawal dari wabah corona
virus dan disusul oleh kebijakan social
distancing, ranah pendidikan diharuskan untuk tak mengadakan
pembelajaran secara langsung. Model pembelajaran yang dapat dilakukan tanpa
adanya tatap muka yaitu pembelajaran daring, dimana sistematika dari model
pembelajaran ini berbasis computer, web, dan android. Dengan demikian guru dituntut mampu merancang
dan mendesain pembelajaran daring yang ringan dan efektif, dengan memanfaatkan
perangkat atau media daring yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan.
Walaupun dengan pembelajaran daring akan memberikan kesempatan lebih luas dalam
mengeksplorasi materi yang akan diajarkan, namun guru harus mampu memilih dan
membatasi sejauh mana cakupan materinya dan aplikasi yang cocok pada materi dan
metode belajar yang digunakan serta media belajar apa yang harus dipersiapkan. Keberhasilan guru dalam melakukan pembelajaran
daring pada situasi pandemi Covid-19 ini adalah kemampuan guru dalam berinovasi
merancang, dan meramu materi, metode pembelajaran, dan aplikasi apa yang sesuai
dengan materi dan metode. Kreatifitas merupakan kunci sukses dari seorang guru
untuk dapat memotivasi siswanya tetap semangat dalam belajar secara daring
(online) dan tidak menjadi beban psikis bagi siswa.
Sebagai tolak ukur dalam mengevaluasi keberhasilan pembelajaran Sejarah adalah nilai KKM di kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... yaitu 75. Setelah dilakukan analisis terhadap hasil belajar siswa dalam tes studi awal ternyata dari 17 orang siswa kelas V SMA Negeri 1 ................... sebanyak 13 orang siswa atau sebesar 76,47% memperoleh nilai di bawah KKM, dan hanya sebanyak 4 orang siswa atau sebesar 23,53% saja siswa yang memperoleh nilai ≥ KKM (70) dengan perolehan nilai rata-rata secara klasikal mencapai angka 58,85.
Stigma yang muncul di masyarakat adalah bahwa pembelajaran daring kurang terkontrol dan menimbulkan kejenuhan. Oleh karena itu, salah satu alteratif solusi yang dapat diterapkan guru dalam upaya menghapus atau setidaknya meminimalisasi stigma tersebut adalah dengan memilih media maupun metode yang sesuai. Menurut Ernawati (2020), ada beberapa prinsip yang menjadi pertimbangan guru ketika akan memilih media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan belajar, yaitu: (1) guru harus dapat menggunakan media pembelajaran tersebut agar tujuan pembelajaran dapat optimal; (2) memilih pembelajaran yang menarik sekaligus menampung kebutuhan peserta didik sesuai dengan situasi dan kondisi; (3) media pembelajaran haruslah efektif; dan (4) guru harus dengan baik menguasai media yang akan dipakai.
WhatsApp memiliki berbagai fungsi. Panggilan telepon, panggilan video (video call), fitur status, fasilitas stiker dan emoji, pengiriman gambar dan video, serta pesan audio (voice note) adalah fasilitas yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Dalam Nurazizah et al., (2019) menyatakan bahwa WhatsApp merupakan suatu aplikasi pesan instan dengan berbasis pada telepon pintar dan jaringan internet yang memungkinkan penggunanya untuk bertukar informasi secara jarak jauh dengan berbagai fitur seperti teks, gambar, video, dan pesan audio (voice note). Dengan fungsinya yang beragam maka WhatsApp dinilai dapat dimanfaatkan dalam aktivitas pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19.
Voice note (pesan suara/pesan audio) merupakan fitur dalam WhatsApp. Selain
mudah dalam penggunaannya fitur ini memiliki kelebihan yaitu dapat menyampaikan
pesan- pesan yang cukup panjang tanpa harus berlama-lama dalam pengetikkannya.
Selain itu, voice note memungkinkan pengirim dan penerima pesan untuk
menyimpan pesan dan memutar ulang sewaktu-waktu
dibutuhkan. Dalam pembelajaran, fitur ini dapat memudahkan guru dalam
menyampaikan materi, menyampaikan instruksi, menjelaskan secara detail. Selain
itu, voice note dapat dijadikan sebagai sarana bagi peserta didik jika
ingin mengemukakan pendapat, bertanya, ataupun memberikan tanggapan lain secara
cepat dan lengkap (Sahidillah, & Miftahurrisqi, 2019).
Berdasarkan pernyataan-pernyataan yang dirumuskan di atas, penelitian ini dirancang untuk menyelidiki bagaimana meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan media Voicenote WhatsApp dalam pembelajaran Sejarah yang berkaitan dengan materi respon internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... pada semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022”
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan data di atas peneliti berupaya bekerja sama dengan kepada sekolah untuk mencari solusi sehingga permasalahan dapat terselesaikan. Melalui pengamatan dan diskusi yang dilakukan untuk mengetahui kelemahan dan kekurang proses pembelajaran terindentifikasi beberapa masalah yang mempengaruhi pembelajaran antara lain :
1. Stigma yang muncul di masyarakat adalah bahwa pembelajaran daring kurang terkontrol dan menimbulkan kejenuhan bagi para siswa karena semua aktivitas pembelajaran secara mandiri tanpa adanya interaksi secara langsung dalam bentuk tatap muka antara guru dan siswa.
2. Kurangnya inovasi dalam merancang, dan meramu materi, metode dan media pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19, dan menentukan jenis aplikasi apa yang sesuai dengan materi, metode dan media pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19.
C. Rumusan Masalah
Dari uraian di atas maka dapat ditentukan rumusan masalah dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini, yaitu :
- Bagaimana peningkatan aktivitas belajar setelah menggunakan media Voicenote WhatsApp dalam pembelajaran Sejarah materi respon internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022?
- Bagaimana peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media Voicenote WhatsApp dalam pembelajaran Sejarah materi respon internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022?
D. Tujuan Penelitian
Sementara itu, tujuan penelitian perbaikan pembelajaran ini untuk kepentingan hal-hal sebagai berikut.
1. Untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Sejarah materi respon internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan media Voicenote WhatsApp pada siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.
2. Untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah materi respon internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan media Voicenote WhatsApp pada siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.
E. Manfaat Penelitian
Diharapkan penelitian perbaikan pembelajaran ini akan memberikan manfaat bagi berbagai pihak, sebagai berikut.
1. Teoritis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi para pembaca, menambah wawasan tentang upaya guru dalam meningkatkan proses pembelajaran di masa pandemi Covid 19 khususnya pada mata pelajaran sejarah.
2. Praktis
a. Siswa
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan upaya peningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat memperoleh hasil belajar siswa yang optimal walaupun pembelajarannya secara daring.
b. Guru
1) Guru diharapkan untuk lebih berinovasi dan kreatif dalam memberikan kegiatan kepada peserta didik melalui penerapan pembelajaran daring di masa Pandemi Covid 19.
2) Melalui hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan guru untuk memperbaiki dan menyempurnakan proses pembelajaran daring melalui media pembelajaran dari yang lebih bervariasi,
c. Sekolah
Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan masukkan bagi sekolah untuk memperbaiki praktik pembelajaran daring agar lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 ....................
Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan : klik DOWNLOAD atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih
0 comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih