Lencana Facebook

banner image

Tuesday 18 July 2023

PTK SEJARAH SMA MASA PANDEMI

 

Loggo

 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

PENGGUNAAN VOICE NOTE WHATSAPP  SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI RESPON INTERNASIONAL TERHADAP PROKLAMASI  KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII MIPA 1 SMA NEGERI 1 ................... SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

 

 

Diajukan sebagai

Persyaratan Kenaikan Pangkat dari  Golongan IV/b ke IV/c

Unsur Pengembangan Profesi Guru

 

 

 

 

 

 

Oleh

 

...................

NIP. ...................

 

 

 

 

 

 

SMA NEGERI 1 ...................

Alamat : Jl. ………………………………., Kecamatan ...................,

Kabupaten ................... Provinsi ...................

2021

 

HALAMAN PENGESAHAN

 

 

1.   a.   Judul Penelitian                    :  Penggunaan Voice Note Whatsapp pada Pembelajaran Sejarah Materi Respon Internasional Terhadap Proklamasi  Kemerdekaan Indonesia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

      b.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran

      c.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas

2.   Ketua Peneliti

      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ...................

      b.   NIP                                      :  ...................

      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina Tk I, / IVb

      d.   Jabatan                                 : Guru Mata Pelajaran

      e.   Instansi                                 : SMA Negeri 1 ...................

      f.    Tempat Penelitian                :  SMA Negeri 1 ...................

3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan Januari 2021 sampai dengan Bulan Maret 2021)

4.   Sumber Biaya                             : Swadaya

 

 

 

                        Mengetahui                                   ..................., 8 Maret 2021

                     Kepala Sekolah                                                Peneliti

 

 

 

 

                        ...................                                               ...................

                   NIP. ...................                                      NIP. ...................

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

 

……………………….

NIP. ………………….

 

 

 

PENGGUNAAN VOICE NOTE WHATSAPP  PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI RESPON INTERNASIONAL TERHADAP PROKLAMASI  KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII MIPA 1

SMA NEGERI 1 ................... SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

 

Oleh

 

...................

NIP. ...................

 

 

ABSTRAK

 

 

Penelitian tindakan kelas betujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn materi jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi empat komponen yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data mengunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi metode. Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklusnya  dari 12 siswa atau 33,33%,  siklus I ada 23 siswa atau 63,89%, dan pada siklus II ada 34 siswa atau 94,44%, hasil ini sesuai dengan indikator yang ditentukan yakni minimal mencapai 85% dari jumlah siswa dinyatakan meningkat aktivitas belajarnya.  Hasil belajar siswa pada studi awal hanya  9 siswa atau 25,00%,  siklus I ada 18 siswa atau 50,00%, dan pada siklus II ada 32 siswa atau 88,89%, hasil ini sesuai dengan indikator yang ditentukan yakni minimal siswa tuntas mencapai 85 % dari jumlah seluruh siswa. Rata-rata hasil belajar juga meningkat dari 65,83 menjadi 73,82 dan 85,00 pada siklus kedua. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus kedua rata-rata hasil belajar juga sudah memenuhi kriteria ketuntasan yaitu minimal sama dengan KKM sebesar 75,00. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan  metode CTL dengan dengan media Voice Note WhatsApp dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ...................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.

 

Kata Kunci:  aktivitas, hasil belajar, CTL, voicenote whatsapp

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

 

Puji syukur allhamdulillah peneliti panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan penulisan laporan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) ini. Penulisan laporan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat dalam Kenaikan Pangkat ke Golongan IV/c. Dalam penyusunan ini, peneliti mengambil judul : Penggunaan Voice Note Whatsapp pada Pembelajaran Sejarah Materi Respon Internasional Terhadap Proklamasi  Kemerdekaan Indonesia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

Dalam penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ini, peneliti banyak mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini dengan segala ketulusan hati peneliti menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang membantu. Peneliti berharap semoga Allah Swt. memberikan balasan yang berlipat ganda kepada mereka yang telah membantu.

Akhir kata peneliti mengharapkan kepada yang membaca agar bersedia memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan dan peningkatan mutu laporan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) ini serta mudah-mudahan bermanfaat bagi peneliti khususnya dan pembaca umumnya.

 

 

...................         Maret 2021

 

Peneliti

 

 

 

 

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii

ABSTRAK..........................................................................................................    iii

KATA PENGANTAR........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................     1

B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     3

C.  Rumusan Masalah .......................................................................     4

D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     4

E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     4

 

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................     6

B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................   27

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   28

 

BAB    III METODE PENELITIAN         

A.  Setting Penelitian.........................................................................   29

B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   29

C.  Subjek dan Objek Penelitian........................................................   32

D.  Teknik Pengumpulan Data ..........................................................   32

E.   Validasi Data...............................................................................   34

F.   Analisis Data................................................................................   35

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   36

H.  Indikator Keberhasilan ................................................................   39

 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   40

B.  Hasil Penelitian............................................................................   54

C.  Pembahasan.................................................................................   57

 

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  

A.  Simpulan .....................................................................................   60

B.  Saran ...........................................................................................   60

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

DAFTAR TABEL

 

TABEL                                                                                                       Halaman

 

Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Aktivitas  Belajar Siswa..................................      36

Tabel   4.1     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal...........................      41

Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa pada Kondisi Awal                      42                                                                                                     

Tabel   4.3     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif  Siklus Pertama ........................      46

Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa pada Siklus Pertama                     47

Tabel   4.5     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif  Siklus Kedua ..........................      52

Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa pada Siklus Kedua                       53

Tabel   4.6     Peningkatan Aktivitas  Belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II             54

Tabel   4.7     Peningkatan Nilai, dan Ketuntasan  Belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II                                                                                                           56

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

GAMBAR                                                                                                  Halaman

 

Gambar    2.1 Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas.........................      28

Gambar    3.1  Siklus dalam Penelitian Tindakan Sekolah (Arikunto, 2006:17)                    30

Gambar    4.1 Peningkatan Aktivitas  Belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II                      55

Gambar    4.2 Peningkatan Nilai, dan Ketuntasan  Belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II  .................................................................................................. 56

 

 

 

 

 

 


DAFTAR LAMPIRAN

 

LAMPIRAN                                                                                                             

 

1.        Surat Ijin Penelitian

2.        Jurnal Kegiatan Penelitian

3.        a.  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I

b.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II

4.        a.  Lembar Kerja Siswa dan Lembar Soal Tes Formatif Siklus I

b.  Lembar Kerja Siswa dan Lembar Soal Tes Formatif Siklus II

c. Lembar Observasi Aktivitas  Siswa

5.        Analisis Data Hasil Penelitian

6.        Contoh Hasil Pekerjaan Siswa

7.        Daftar Hadir Siswa

8.        a.  Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal

b.  Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus I (Pertemuan 1 dan 2)

c.  Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus II (Pertemuan 1 dan 2)

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Pembelajaran merupakan interaksi dari pendidik dengan peserta didik. Pembelajaran pada umumnya dilakukan dengan adanya interaksi secara langsung antara pendidik dengan peserta didik dalam suasana lingkungan belajar. Paradigma terhadap esensi pembelajaran tersebut telah berubah dengan adanya krisis kesehatan yang melanda dunia yakni dengan munculnya virus Covid-19 atau corona virus yang tak hanya menggoyahkan sistem pernapasan pada manusia, namun juga telah mengubah sistem pendidikan dan pembelajaran yang biasa diselenggarakan secara tatap muka di sekolah. Di Indonesia, pembelajaran dari rumah mulai diberlakukan sejak 24 Maret 2020 dengan akses internet yang minim persiapan, kesiapan guru, kesiapan peserta didik, dan juga walinya. Dengan diterapkannya pembelajaran jarak jauh diharapkan seluruh warga sekolah tetap menjaga tubuh dari wabah penyakit Covid-19.

Berawal dari wabah corona virus dan disusul oleh kebijakan social
distancing, ranah pendidikan diharuskan untuk tak mengadakan pembelajaran secara langsung. Model pembelajaran yang dapat dilakukan tanpa adanya tatap muka yaitu pembelajaran daring, dimana sistematika dari model pembelajaran ini berbasis computer, web, dan android.
Dengan demikian guru dituntut mampu merancang dan mendesain pembelajaran daring yang ringan dan efektif, dengan memanfaatkan perangkat atau media daring yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Walaupun dengan pembelajaran daring akan memberikan kesempatan lebih luas dalam mengeksplorasi materi yang akan diajarkan, namun guru harus mampu memilih dan membatasi sejauh mana cakupan materinya dan aplikasi yang cocok pada materi dan metode belajar yang digunakan serta media belajar apa yang harus dipersiapkan. Keberhasilan guru dalam melakukan pembelajaran daring pada situasi pandemi Covid-19 ini adalah kemampuan guru dalam berinovasi merancang, dan meramu materi, metode pembelajaran, dan aplikasi apa yang sesuai dengan materi dan metode. Kreatifitas merupakan kunci sukses dari seorang guru untuk dapat memotivasi siswanya tetap semangat dalam belajar secara daring (online) dan tidak menjadi beban psikis bagi siswa.

Sebagai  tolak  ukur  dalam  mengevaluasi  keberhasilan  pembelajaran Sejarah adalah nilai KKM di kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ...................  yaitu 75. Setelah  dilakukan  analisis  terhadap  hasil  belajar  siswa  dalam  tes studi awal ternyata  dari  17 orang  siswa  kelas  V SMA Negeri 1 ...................  sebanyak 13 orang  siswa atau sebesar 76,47% memperoleh nilai di bawah KKM, dan hanya sebanyak 4 orang siswa atau sebesar 23,53% saja siswa yang memperoleh nilai ≥ KKM (70) dengan perolehan nilai rata-rata secara klasikal mencapai angka 58,85.

Stigma yang muncul di masyarakat adalah bahwa pembelajaran daring kurang terkontrol dan menimbulkan kejenuhan. Oleh karena itu, salah satu alteratif solusi yang dapat diterapkan guru dalam upaya menghapus atau setidaknya meminimalisasi stigma tersebut adalah dengan memilih media maupun metode yang sesuai. Menurut Ernawati (2020), ada beberapa prinsip yang menjadi pertimbangan guru ketika akan memilih media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan belajar, yaitu: (1) guru harus dapat menggunakan media pembelajaran tersebut agar tujuan pembelajaran dapat optimal; (2) memilih pembelajaran yang menarik sekaligus menampung kebutuhan peserta didik sesuai dengan situasi dan kondisi; (3) media pembelajaran haruslah efektif; dan (4) guru harus dengan baik menguasai media yang akan dipakai.

WhatsApp memiliki berbagai fungsi. Panggilan telepon, panggilan video (video call), fitur status, fasilitas stiker dan emoji, pengiriman gambar dan video, serta pesan audio (voice note) adalah fasilitas yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Dalam Nurazizah et al., (2019) menyatakan bahwa WhatsApp merupakan suatu aplikasi pesan instan dengan berbasis pada telepon pintar dan jaringan internet yang memungkinkan penggunanya untuk bertukar informasi secara jarak jauh dengan berbagai fitur seperti teks, gambar, video, dan pesan audio (voice note). Dengan fungsinya yang beragam maka WhatsApp dinilai dapat dimanfaatkan dalam aktivitas pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19.

Voice note (pesan suara/pesan audio) merupakan fitur dalam WhatsApp. Selain mudah dalam penggunaannya fitur ini memiliki kelebihan yaitu dapat menyampaikan pesan- pesan yang cukup panjang tanpa harus berlama-lama dalam pengetikkannya. Selain itu, voice note memungkinkan pengirim dan penerima pesan untuk menyimpan pesan dan memutar ulang sewaktu-waktu
dibutuhkan. Dalam pembelajaran, fitur ini dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi, menyampaikan instruksi, menjelaskan secara detail. Selain itu, voice note dapat dijadikan sebagai sarana bagi peserta didik jika ingin mengemukakan pendapat, bertanya, ataupun memberikan tanggapan lain secara cepat dan lengkap (Sahidillah, & Miftahurrisqi, 2019).

Berdasarkan  pernyataan-pernyataan  yang  dirumuskan  di  atas,  penelitian ini  dirancang  untuk  menyelidiki  bagaimana  meningkatkan  aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan  media Voicenote WhatsApp  dalam  pembelajaran Sejarah yang berkaitan dengan materi respon internasional terhadap proklamasi  kemerdekaan Indonesia di kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... pada semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

B.  Identifikasi Masalah

Berdasarkan data di atas peneliti berupaya bekerja sama dengan  kepada sekolah untuk mencari solusi sehingga permasalahan dapat terselesaikan. Melalui pengamatan dan diskusi yang dilakukan untuk mengetahui kelemahan dan kekurang proses pembelajaran terindentifikasi beberapa masalah yang mempengaruhi pembelajaran antara lain :

1.    Stigma yang muncul di masyarakat adalah bahwa pembelajaran daring kurang terkontrol dan menimbulkan kejenuhan bagi para siswa karena semua aktivitas pembelajaran secara mandiri tanpa adanya interaksi secara langsung dalam bentuk tatap muka antara guru dan siswa.

2.    Kurangnya inovasi dalam merancang, dan meramu materi, metode dan media pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19, dan menentukan jenis aplikasi apa yang sesuai dengan materi, metode  dan media pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19.

C.  Rumusan Masalah

Dari uraian di atas maka dapat ditentukan rumusan masalah dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini, yaitu :

  1. Bagaimana peningkatan aktivitas belajar setelah menggunakan media Voicenote WhatsApp dalam pembelajaran Sejarah materi respon internasional terhadap proklamasi  kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022?
  2. Bagaimana peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media Voicenote WhatsApp dalam pembelajaran Sejarah materi respon internasional terhadap proklamasi  kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022?

D.  Tujuan Penelitian

Sementara itu, tujuan penelitian perbaikan pembelajaran ini untuk kepentingan hal-hal sebagai berikut.

1.    Untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Sejarah materi respon internasional terhadap proklamasi  kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan media Voicenote WhatsApp pada siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.

2.    Untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah materi respon internasional terhadap proklamasi  kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan media Voicenote WhatsApp  pada siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 ................... semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.

E.  Manfaat Penelitian

Diharapkan penelitian perbaikan pembelajaran ini akan memberikan  manfaat  bagi berbagai pihak, sebagai berikut.

 

 

1.      Teoritis

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi para pembaca, menambah wawasan tentang upaya guru dalam meningkatkan  proses pembelajaran di masa pandemi Covid 19 khususnya pada mata pelajaran sejarah.

2.      Praktis

a.    Siswa

Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan upaya peningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat memperoleh hasil belajar siswa yang optimal walaupun pembelajarannya secara daring.

b.    Guru

1)   Guru diharapkan untuk lebih berinovasi dan kreatif dalam memberikan kegiatan kepada peserta didik melalui penerapan pembelajaran daring di masa Pandemi Covid 19.

2)   Melalui hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan guru untuk memperbaiki dan menyempurnakan proses pembelajaran daring melalui media pembelajaran dari  yang lebih bervariasi,

c.    Sekolah

Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan masukkan bagi sekolah untuk memperbaiki praktik pembelajaran daring agar lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 ....................

 

 

 

Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan : klik DOWNLOAD atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih