Lencana Facebook

banner image

Wednesday 19 July 2023

PTS KEPALA SEKOLAH DASAR

 

Loggo

 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

 

 

 

 

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU  MENYUSUN

MODUL AJAR  KURIKULUM MERDEKA MELALUI PEMBIMBINGAN

DI SDN .................. KECAMATAN .................. SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

 

Disusun dan Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat

Kenaikan Pangkat dari Golongan …. ke ….

 

 

 

 

 

 

 

Oleh :

 

…………………………

NIP. …………………….

 

 

 

 

 

SEKOLAH DASAR NEGERI ..................

Alamat : Jl. ……….. Kecamatan ..................  Kabupaten ……………..

Provinsi ………………… 

2022

LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

 

 

1.

Judul Penelitian

Peningkatan Kompetensi Guru  Menyusun Modul Ajar  Kurikulum Merdeka Melalui Pembimbingan di SDN .................. Kecamatan .................. Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023

 

2.

Identitas Peneliti

a.    Nama Lengkap

b.   NIP

c.    Pangkat. Golongan

d.   Tempat Tugas

e.    Kecamatan

f.    Kabupaten/Kota

g.   Provinsi

 

 

………………………….

………………………….

………………………….

SDN ..................

..................

…………………..

………………….

3.

Lama Penelitian

3 (tiga) bulan dari bulan Juli  2022 s.d September 2022

4.

Sumber Dana

Swadaya

 

 

                   Mengetahui                                        ..................,  19 September 2022

                Kepala Sekolah                                                         Peneliti

 

 

 

       …………………………..                                      ……………………..

         NIP. …………………..                                      NIP. …………………

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

………………………………...

NIP. …………………….

 

 

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU  MENYUSUN

MODUL AJAR  KURIKULUM MERDEKA MELALUI PEMBIMBINGAN

DI SDN .................. KECAMATAN .................. SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

 

 

ABSTRAK

 

 

Hasil pengamatan peneliti di SDN .................. Kecamatan .................. menunjukkan hasil bahwa kompetensi guru  dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka masih sangat kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka. Subjek penelitian adalah 6 guru  di SDN .................. Kecamatan ................... Alat pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif serta kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kompetensi guru  dalam  menyusun modul ajar kurikulum merdeka, hal ini dibuktikan hasil penilaian kompetensi guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka sebelum dilakukan tindakan sebesar 0%, pada siklus I meningkat menjadi 50% atau 4 guru dan pada siklus II sebesar 100% atau 6 guru melampaui indikator yang ditetapkan sebesar 85%. Berdasarkan rata-rata penilaian sebelum dilakukan tindakan 51,89 dengan kriteria KURANG, pada siklus I meningkat menjadi 70,33 dengan kriteria CUKUP dan pada siklus II menjadi 88,26 dengan kriteria SANGAT BAIK. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus terakhir semua guru guru  dinyatakan meningkat kompetensinya dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka  karena telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu mendapat nilai minimal dalam rentang 71-85 dengan kriteria minimal BAIK.

 

Kata-kata kunci : kompetensi, modul ajar, pembimbingan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa, Alhamdulillaah kami telah dapat  menyelesaikan penyusunan PTS (Penelitian Tindakan Sekolah) di SDN 3 ...................  Masalah yang kami angkat berjudul  Peningkatan Kompetensi Guru  Menyusun Modul Ajar  Kurikulum Merdeka Melalui Pembimbingan di SDN .................. Kecamatan .................. Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023”.

Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini kepada pihak-pihak yang telah membantu yang tidak dapat peneliti sebutkan satu persatu. Peneliti  menyadari PTS yang disusun ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karenanya sangat kami harapkan kritik dan koreksi dari  para pembaca maupun pihak yang terkait untuk  perbaikan penyusunan PTS  di masa mendatang.

            Sebagai akhir kata, peneliti berharap dengan penyusunan PTS ini  bisa bermanfaat  untuk  mengevaluasi masalah yang kami hadapi dan mencari jalan penyelesaian yang terbaik dan terprogram, yang pada gilirannya bisa berimbas pada peningkatan mutu pendidikan.

 

 

..................,       September 2022

 

Peneliti

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

                                                                                                                            Halaman

HALAMAN JUDUL....................................................................................................... i

HALAMAN PENGESAHAN....................................................................................... ii

ABSTRAK..................................................................................................................... iii

KATA PENGANTAR................................................................................................... iv

DAFTAR ISI.................................................................................................................. v

DAFTAR TABEL......................................................................................................... vi

DAFTAR GAMBAR................................................................................................... vii

DAFTAR LAMPIRAN............................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah ......................................................................... 1

B.  Identifikasi Masalah ............................................................................... 3

C.  Rumusan Masalah ................................................................................... 3

D.  Tujuan Penelitian .................................................................................... 4

E.   Manfaat Penelitian .................................................................................. 4

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori............................................................................................. 6

B.  Kerangka Pikir Penelitian...................................................................... 24

C.  Hipotesis Tindakan................................................................................ 26

BAB    III METODE PENELITIAN         

A.  Setting Penelitian................................................................................... 26

B.  Metode dan Rancangan Penelitian ....................................................... 26

C.  Subjek Penelitian................................................................................... 27

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data .................................................... 28

E.   Validasi Data......................................................................................... 28

F.   Analisis Data......................................................................................... 29

G.  Prosedur Penelitian ............................................................................... 31

H.  Indikator dan Kriteria Keberhasilan ..................................................... 34

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data....................................................................................... 35

B.  Hasil Penelitian...................................................................................... 45

C.  Pembahasan........................................................................................... 49

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  

A.  Simpulan ............................................................................................... 52

B.  Saran ..................................................................................................... 52

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

 

DAFTAR TABEL

 

Tabel                                                                                                                                      Halaman

Tabel   3.1    Penilaian Kemunculan Indikator .......................................................       30

Tabel   3.2    Pedoman Penilaian Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Modul Ajar di Kurikulum Merdeka  ............................................................................................       30

Tabel   4.1    Data Kemampuan Awal Guru Dalam Menyusun  Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Kondisi Awal ..................................................................................................       36

Tabel   4.2    Rekapitulasi Kompetensi guru dalam Menyusun  Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Siklus Pertama ..............................................................................................       40

Tabel   4.3    Rekapitulasi Kompetensi guru dalam  Menyusun  Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Siklus Kedua.................................................................................................       44

Tabel   4.4    Rekapitulasi Hasil Penilaian  Menyusun  Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Kondisi Awal dan Siklus Pertama....................................................................................       46

Tabel   4.5    Rekapitulasi Hasil Penilaian  Menyusun  Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Siklus Kedua                                                                                                                    47

Tabel   4.6    Rekapitulasi Hasil Penilaian Peningkatan Kompetensi Menyusun  Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus Kedua......       48

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar                                                                                                              Halaman

 

Gambar     2.1    Bagan Kerangka Pikir...................................................................       25

Gambar     3.1    Siklus Penelitian Tindakan Model Hopkins dalam Wiriatmadja (2005:145)                       27

Gambar     4.1    Grafik Hasil Penilaian Kompetensi Guru dalam Menyusun  Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Kondisi Awal.......................................................................       36

Gambar     4.2    Grafik Hasil Penilaian Kompetensi Guru dalam Menyusun  Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Siklus Kedua .......................................................................       40

Gambar     4.3    Grafik Hasil Penilaian Kompetensi Guru dalam Menyusun  Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Siklus Kedua .......................................................................       44

Gambar     4.4    Grafik Peningkatan Kompetensi Guru dalam  Menyusun  Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Siklus Pertama......................................................................       46

Gambar     4.5    Grafik Peningkatan Kompetensi guru dalam  Menyusun  Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Siklus Kedua........................................................................       47

Gambar     4.6    Grafik Peningkatan Kompetensi Guru dalam  Menyusun  Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berdasarkan Perolehan Nilai Rata-Rata pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus Kedua  ...................................................................................................... 49

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

 

 

Lampiran   1    Surat Ijin Penelitian

Lampiran   2    Jadwal Pelaksanaan  Kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah

Lampiran   3.a Rencana Pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah Siklus I

                  3.b Rencana Pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah Siklus II

Lampiran   4    Instrumen Pengumpuan Data (Lembar Observasi Penggunaan Alat Peraga Pembelajaran Melalui Kegiatan Supervisi Klinis)

Lampiran   5    Contoh Analisis Data Hasil Penelitian (Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II)

Lampiran   6    Daftar Hadir Pelaksanaan Kegiatan Supervisi Klinis

Lampiran   7    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra siklus, Siklus I dan Siklus II

Lampiran   8    Berkas Pelaksanaan Seminar

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Pendidikan merupakan salah satu teknik untuk manusia dapat bertahan hidup, hal ini dibuktikan bahwa manusia harus menyesuaikan dirinya dengan akselarasi perkembangan zaman. Setiap manusia harus mendapatkan pendidikan yang cakap. Undang-undang No 20 tahun 2003 mengungkapkan tentang pendidikan yang bertujuan mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, cakap, kreatif, mandiri, berakhlak mulia, sehat, berilmu, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Diperlukan media yang dapat mencapai pendidikan secara cakap yaitu kurikulum.

Saat pandemi covid-19, berbagai kesulitan dalam belajar banyak ditemukan di satuan pendidikan. Salah satu faktor adalah belum siapnya guru maupun sekolah mengajar secara online. Sebelum pandemi melanda, seluruh satuan pendidikan di Indonesia menggunakan kurikulum 2013, kemudian kemendikudristek membuat kebijakan terbaru mengenai penggunaan kurikulum 2013 yang terlihat kompleks jika diterapkan saat pembelajaran secara online sehingga kurikulum darurat menjadi acuan bagi satuan pendidikan di Indonesia. Setelahnya, pada saat pandemi 2021 hingga 2022 kemendikbudristek membuat kebijakan mengenai penggunaan kurikulum dalam satuan pendidikan yaitu kurikulum 2013, kurikulum darurat, dan kurikulum merdeka.

Kurikulum merdeka belajar memiliki empat prinsip yang diubah menjadi arahan kebijakan baru, yaitu; 1) USBN telah diganti menjadi ujian asesmen, hal ini untuk menilai kompetensi siswa secara tes tertulis atau dapat menggunakan penialain lain yang sifatnya lebih komprehensif seperti penugasan, 2) UN diubah menjadi asesmen kompetensi minimum dan survei karakter, kegiatan ini bertujuan untuk memacu guru dan sekolah untuk meng-upgrade mutu pada pemelajaran dan tes seleksi siswa ke jenjang selanjutnya tidak dapat dijadikan sebagai acuan secara basic. Asesmen kompetensi minimum untuk menilai literasi, numerasi, dan karakter. 4) RPP, berbeda dengan kurikulum sebelumnya yang mana RPP mengikuti format pada umumnya. Kurikulum merdeka memberikan keleluasaan bagi guru untuk dapat secara bebas memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP. Hal yang perlu diperhatikan adalah 3 komponen inti pada pembuatan RPP yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen. RPP kini terkenal dengan modul ajar.

Modul ajar merupakan perangkat pembelajaran atau rancangan pembelajaran yang berlandaskan pada kurikulum yang diaplikasikan dengan tujuan untuk menggapai standar kompetensi yang telah ditetapkan (Nurdyansyah, 2018:48).  Modul ajar mempunyai peran utama untuk menopang guru dalam merancang pembelajaran.  Pada penyusunan perangkat pembelajaran yang berperan penting adalah guru, guru diasah kemampuan berpikir untuk dapat berinovasi dalam modul ajar. Oleh karena itu membuat modul ajar merupakan kompetensi pedagogik guru yang perlu dikembangkan, hal ini agar teknik mengajar guru di dalam kelas lebih efekti, efisien, dan tidak keluar pembahasan dari indikator pencapaian (Kristanto, 2020:480).

Secara ideal, guru perlu menyusun modul ajar secara maksimal, namun kenyataannya banyak guru yang belum paham betul teknik menyusun dan mengembangkan modul ajar, terlebih pada kurikulum merdeka belajar. Proses pembelajaran yang tidak merencanakan modul ajar dengan baik sudah dapat dipastikan penyampaian konten kepada siswa tidak sistematis, sehingga pembelajaran terjadi tidak seimbang antara guru dan siswa. Dapat dipastikan hanya guru yang aktif atau sebaliknya dan pembelajaran yang dilaksanakan terkesan kurang menarik karena guru tidak mempersiapkan modul ajar dengan baik.

Di SDN .................. Kecamatan .................. memiliki beberapa permasalahan dan kendala salah satunya adalah rendahnya kompetensi guru  dalam menyusun modul ajar.  Hal tersebut dibuktikan dari hasil kegiatan awal pada penilaian kompetensi guru  dalam menyusun modul ajar menunjukkan hasil semua guru di SDN .................. Kecamatan .................. kompetensi guru  dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka masih rendah. Dari 6 guru, hanya terdapat 2 guru  atau 33,33% dalam kriteria penilaian CUKUP dan 6 guru atau 66,67%  dalam kriteria penilaian KURANG.

Dari penjelasan di atas, maka peneliti sebagai pengawas pembina di SDN .................. Kecamatan .................. merasa bertanggung jawab untuk memperbaiki kendala-kendala yang berkaitan dengan masalah kompetensi guru  dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka. Upaya yang dilakukan adalah melaksanakan kegiatan pembimbingan menyusun modul ajar  kurikulum merdeka melalui pelaksanaan penelitian tindakan kepengawasan.

Perwujudan tindakan yang peneliti lakukan adalah dengan melaksanakan kegiatan penelitian tindakan kepengawasan dengan judul  Peningkatan Kompetensi Guru  Menyusun Modul Ajar  Kurikulum Merdeka Melalui Pembimbingan di SDN .................. Kecamatan .................. Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023”.

B.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, peneliti mengidentifikasi permasalahan yang terjadi berkaitan dengan rendahnya kompetensi guru  dalam menyusun modul ajar  pada sekolah penggerak diantaranya sebagai berikut :

  1. Rendahnya kompetensi guru   dalam menyusun modul ajar  kurikulum merdeka disebabkan oleh kurangnya sosialisasi, informasi dan pelatihan mengenai penyusunan modul kurikulum merdeka.
  2. Banyak guru yang belum paham betul teknik menyusun dan mengembangkan modul ajar, terlebih pada kurikulum merdeka belajar masih baru diberlakukan untuk menggantikan kurikulum 2013.

C.    Rumusan Masalah

Dari latar belakang dan identifikasi masalah di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut :

1.           Bagaimana proses pelaksanaan pembimbingan kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru  dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka  di SDN .................. Kecamatan .................. pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023?

2.           Seberapa besar peningkatan kompetensi guru  dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka  setelah pelaksanaan pembimbingan kepala sekolah di SDN .................. Kecamatan .................. pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023?

D.    Tujuan Penelitian

Berdasarkan penjelasan pada rumusan masalah di atas, agar memiliki arah yang jelas maka ditetapkan tujuan sebagai berikut :

1.      Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembimbingan kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru  dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka  di SDN .................. Kecamatan .................. pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023.

2.      Mengetahui peningkatan kompetensi guru  dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka  setelah pelaksanaan pembimbingan kepala sekolah di SDN .................. Kecamatan .................. pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023.

B.   Manfaat Penelitian

Pelaksanaan kegiatan penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat antara lain :

1.      Manfaat Teoritis

Untuk memberikan landasan teori bagi peneliti lain dengan kajian yang sejenis dalam rangka upaya meningkatkan proses pembelajaran menjadi efisien dan efektif  dengan menggunakan modul ajar kurikulum merdeka melalui kegiatan pembimbingan kepala sekolah di SDN .................. Kecamatan .................. sehingga diharapkan dapat menjadi agen perubahan bagi sekolah lain di sekitarnya.

2.      Manfaat Praktis

Memberi masukan kepada guru, kepala sekolah, rekan pengawas dan dinas terkait  sebagai bahan pertimbangan atau bahan evaluasi tentang penyusunan modul ajar kurikulum merdeka, kendala-kendala dan solusi yang diterapkannya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan khususnya di SDN .................. Kecamatan .................. yang menjadi binaan peneliti.

 

Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih