Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Tuesday, 18 July 2023

PTK KELAS IV SEKOLAH DASAR

 

Loggo

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

 

PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN  AKTIVITAS DAN HASIL  BELAJAR MATEMATIKA  MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN GABUNGAN  PADA SISWA KELAS IV

SDN ................ SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

 

 

 

Disusun dan Diajukan sebagai Salah Satu Syarat

Kenaikan Pangkat Golongan dari ..... ke .....

 

 

 

 

 

Oleh

 

…………………………..

NIP. ........................................

 

 

 

 

 

 

 

 

SEKOLAH DASAR NEGERI ................

Alamat : ......................................................................................

Kabupaten ................ Provinsi ................

2021

 

HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

1.   a.   Judul Penelitian                    :  Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan  Aktivitas dan Hasil  Belajar Matematika  Materi Luas dan Keliling Bangun Gabungan  Pada Siswa Kelas IV  SDN ................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

      b.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas

2.   Identitas Peneliti

      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ……………………………

      b.   NIP                                      :  ……………………………

      c.   Pangkat / Golongan             : ……………………………

      d.   Jabatan                                 : …………………………… 

      e.   Instansi                                 : SD Negeri ................

      f.    Tempat Penelitian                :  SD Negeri ................

3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan Juli 2021 sampai dengan Bulan September 2021)

4.   Sumber Biaya                             : Swadaya

 

 

                        Mengetahui                                ................,      September 2021

                     Kepala Sekolah                                                Peneliti

 

 

 

 

             ………………………….                            ………………………

              NIP. ………………….                               NIP. .......................

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

 

………………………..

NIP. …………………….

 

 

 

 

 

 

 

PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN  AKTIVITAS DAN HASIL  BELAJAR MATEMATIKA  MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN GABUNGAN  PADA SISWA KELAS IV

SDN ................ SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

 

Oleh

 

…………………………..

NIP. ........................................

 

 

ABSTRAK

 

 

Tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil  belajar matematika  materi luas dan keliling bangun gabungan  pada siswa kelas IV  SDN ................ semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas ini yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdapat dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode discovery pada pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun gabungan terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut terindikasi dari peningkatan aktivitas siswa menunjukkan perolehan pada studi awal hanya 10 siswa atau 62,50%, naik menjadi 11 siswa atau 68,75% pada siklus pertama, dan serta  100% pada siklus kedua, serta meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya  64,38 naik menjadi 71,88 pada siklus pertama, dan  84,38 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa (50,00%) pada studi awal,  56,29% atau 9 siswa pada siklus pertama, 15 siswa atau 93,75% dinyatakan tuntas belajarnya dan satu siswa  (6,25%) belum tuntas belajarnya namun semua kriteria keberhasilan telah tercapai sehingga proses perbaikan dinyatakan selesai pada siklus kedua dan kepada siswa yang belum tuntas akan diberikan program remidial.

 

Kata Kunci : discovery,  aktivitas, hasil belajar

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Penulis bersyukur kepada  Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, karena berkat rahmat dan karuniaNyalah seluruh proses penelitian sampai penulisan laporan penelitian tindakan kelas berjudul “Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan  Aktivitas dan Hasil  Belajar Matematika  Materi Luas dan Keliling Bangun Gabungan  Pada Siswa Kelas IV  SDN ................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022” dapat terselesaikan. Laporan penelitian tindakan kelas ini dibuat untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat dan golongan dari ........ ke ........ Peneliti mengakui, dengan terselesaikannya penulisan laporan penelitian tindakan kelas ini, tentunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak.  

Penelitipun menyadari,  bahwa penulisan laporan penelitian tindakan kelas ini masih banyak kekurangannya. Untuk itu, segala kritik dan saran yang sifatnya membangun, akan peneliti terima dengan senang hati. Akhirnya peneliti berharap semoga penulisan laporan penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.

 

................,     September 2021

 

Peneliti

 


DAFTAR ISI

 

LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i

LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii

ABSTRAK.........................................................................................................     iii

KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv

DAFTAR ISI.....................................................................................................      v

DAFTAR TABEL..............................................................................................     vi

DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    vii

DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................   viii

 

BAB      I      PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah ........................................................      1

B.       Identifikasi Masalah ..............................................................      3

C.       Pembatasan Masalah .............................................................      4

D.      Rumusan Masalah .................................................................      4

E.       Tujuan Penelitian....................................................................      4

 

BAB      II     KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori ...........................................................................      6

B.   Kerangka Berpikir .................................................................    22

C.   Hipotesis Tindakan ................................................................    23

 

BAB     III    METODE PENELITIAN

A.      Setting Penelitian...................................................................    25

B.       Metode dan Rancangan Penelitian ........................................    25

C.       Subjek Penelitian....................................................................    27

D.      Teknik Pengumpulan Data ....................................................    27

E.       Validasi Data..........................................................................    28

F.        Analisis Data..........................................................................    29

G.      Prosedur Penelitian ................................................................    30

H.      Indikator dan Kriteria Keberhasilan ......................................    35

 

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data .......................................................................    36

B.   Hasil Penelitian ......................................................................    48

B.   Pembahasan Hasil Penelitian..................................................    53

 

BAB      V     SIMPULAN DAN SARAN

A.  Simpulan ................................................................................    56

B.   Saran.......................................................................................    56

 

DAFTAR PUSTAKA           

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                           Halaman

Tabel      4.1     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika  pada Kondisi Awal                   37

Tabel      4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa  pada  Kondisi Awal     .................................................................................................. 38

Tabel      4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika pada Siklus I                  40

Tabel      4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa pada Siklus I                  42

Tabel      4.5     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran  pada Siklus II..      45

Tabel      4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa pada Siklus II                47

Tabel      4.7     Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II........             48

Tabel      4.8     Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II..................................................................................................      52

             

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

 

Gambar    2.1  Kerangka Berfikir Penelitian Tindakan Kelas...........................      23

Gambar    3.1  Bagan siklus pelaksanaan penelitian tindakan kelas (Aqib 2007:22)              25

Gambar    4.1 Grafik Peningkatan Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Tes Formatif pada Konsidi Awal, Siklus I dan II................................................................      49

Gambar    4.2  Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II                    50

Gambar    4.3 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Aktivitas Siswa Pada Siklus I dan II          .................................................................................................. 53

 

 

 

                

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran    1     :    Surat Ijin Penelitian

Lampiran    2     :    Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran    3     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I

Lampiran    4     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II

Lampiran    5     :    Analisis Data Hasil Penelitian

Lampiran    6     :    Daftar Hadir Siswa

Lampiran    7     :    Daftar Hadir Peneliti dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

Lampiran    8     :    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa

Lampiran    9     :    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 

Lampiran    10   :    Berkas Seminar PTK

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang Masalah

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat ini. Pendidikan bukanlah sekedar wacana untuk membentuk anak-anak muda dapat menjadi generasi yang kompeten, melainkan pendidikan menekankan bagaimana proses tersebut dapat diterapkan. Pendidikan merupakan suatu proses interaksi yang mendorong terjadinya peristiwa belajar. Karena dengan adanya belajar, terjadilah perkembangan jasmani dan mental siswa. (Dimyati dan Mudjiono, 2009).

Proses belajar merupakan upaya perubahan tingkah laku, sementara belajar sebagai suatu aktivitas mental atau psikis berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan dan menghasilkan perubahan sikap dalam pengetahuan dan pemahaman, keterampilan serta nilai dan sikap (Suprihatiningrum, 2013).

Berdasarkan pengertian tersebut, dapat dikatakan bahwa belajar selain memerlukan konsep juga memerlukan tindakan praktis. Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia yang tampak dari tertinggalnya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta ekonomi menjadi permasalahan yang cukup rumit untuk diselesaikan. Perbaikan untuk mengejar ketinggalan Indonesia dari negara-negara maju lainnya perlu dilakukan terutama di sektor pendidikan, karena pendidikan dapat menjadi cerminan kualitas seseorang maupun suatu negara.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terhadap pembelajaran matematika di kelas IV  SD Negeri ................, dapat dilihat dua aspek penting saat proses pembelajaran berlangsung, yaitu proses mengajar yang dilakukan oleh guru dan proses belajar yang dilakukan oleh siswa.  Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena saat belajar siswa lebih suka mengandalkan pada penjelasan dari gurunya saja tanpa mencari informasi untuk membangun pengetahuan sendiri.

Hasil tes formatif pada studi awal mata pelajaran matematika materi luas dan keliling bangun gabungan ternyata hanya 50,00% atau 8 siswa dari 16 siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi 85% ke atas atau mendapat nilai di atas KKM sebesar 75. Untuk itulah guru perlu mempelajari dan mempertimbangkan masalah metode mengajar yang tepat yang sesuai dengan tingkat  perkembangan  anak.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh guru dalam membuat strategi belajar baru yang lebih memberdayakan siswa, yang tidak mengharuskan menghafal fakta-fakta, tetapi strategi yang mendorong siswa mengkontruksikan pengetahuan dibenak siswa itu sendiri.

Untuk  menciptakan  suasana  belajar  yang  dapat  menarik,  seorang  guru  membutuhkan  suatu  pendekatan  yaitu  pendekatan  discovery  dalam  proses pembelajaran.  Dengan  pendekatan  discovery  dapat  membantu  kegiatan pembelajaran berlangsung dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan  baik.  Pembelajaran  dengan  menggunakan  pendekatan  discovery  ini  selalu mengusahakan  agar  siswa  menemukan  sendiri  konsep-konsep  materi  yang  sedang dipelajari. Siswa diprogramkan agar selalu aktif secara mental maupun secara fisik. Materi  yang  disajikan  guru,  bukan  begitu  saja  diberitahukan  dan  diterima  oleh siswa. Siswa dikondisikan sedemikian rupa sehingga mereka memperoleh berbagai pengalaman dalam rangka “menemukan sendiri” konsep-konsep yang direncanakan oleh  guru  dan  dibantu  dengan  sedikit  bimbingan  dari  guru.  Dengan  demikian mereka akan memperoleh serta menyimpan konsep tersebut dengan lebih baik.

Untuk  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa,  guru  harus  dapat menciptakan  suasana  pembelajaran  yang  menarik.  Salah  satunya  adalah  dengan menggunakan  pendekatan  discovery  yang  dapat  memberikan  siswa  suasana  baru dalam  proses  pembelajaran.  Kegiatan  siswa  dalam  pembelajaran  dengan menggunakan  pendekatan  discovery  diantaranya  siswa  menyelesaikan  tugas-tugas dalam  kelompok,  berusaha  menemukan  konsep  materi  yang  dipelajari  secara kelompok, dan siswa mengemukakan apa yang diperoleh dalam kegiatan tersebut. 

Dari  uraian  tersebut  di atas  tentang  latar  belakang  masalah  maka  penulis melakukan  penelitian  dengan  judul “Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan  Aktivitas dan Hasil  Belajar Matematika  Materi Luas dan Keliling Bangun Gabungan  Pada Siswa Kelas IV  SDN ................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022”. 

B.     Identifikasi Masalah

Melalui pengamatan dan diskusi  terindentifikasi beberapa masalah yang mempengaruhi pembelajaran antara lain :

1.    Metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar didominasi dengan penggunaan metode konvensional, sehingga pembelajaran di kelas masih terpusat dengan guru (teacher centered),

2.    Guru kurang memotivasi siswa agar siswa membangun pengetahuannya sendiri dan

3.    Guru kurang memanfaatkan potensi siswa yang telah ada agar menjadi aktif dan mandiri dalam pembelajaran.

4.    Siswa kurang mampu membangun pengetahuannya sendiri dan lebih suka mendengar ceramah dari guru,

5.    Hanya sebagian kecil orang siswa di kelas yang mampu dan berani mengemukakan pendapatnya mengenai materi pembelajaran, dan

6.    Siswa seringkali terlihat ribut dan melakukan berbagai aktivitas yang tidak berhubungan dengan materi pelajaran.

Berdasarkan permasalahan di atas maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas sebagai upaya perbaikan yang peneliti lakukan pada matematika materi luas dan keliling bangun gabungan  siswa kelas IV  SD Negeri ................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan  penerapan metode discovery.

C.    Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah di atas, dapat disimpulkan rumusan masalah fokus perbaikan adalah :

1.      Bagaimana upaya peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV  SD Negeri ................ pada pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun gabungan dengan penerapan metode discovery?

2.      Bagaimana upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV  SD Negeri ................ pada pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun gabungan dengan penerapan metode discovery?

 

D.    Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah di atas, agar memiliki arah yang jelas, ditentukan tujuan dari penelitian ini, yaitu :

1.      Untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas IV  SD Negeri ................ dalam pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun gabungan melalui penerapan metode discovery.

2.      Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV  SD Negeri ................ dalam pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun gabungan melalui penerapan metode discovery.

 

E.     Manfaat Penelitian

Diharapkan hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini juga dapat memberikan manfaat  baik secara teroris maupun praktis, yaitu :

  1. Manfaat Teoris

a.   Secara  teoritis  penelitian  ini  diharapkaan  dapat  berguna  sebagai referensi  untuk  penelitian  selanjutnya,  yaitu  penelitian  yang berhubungan dengan metode discovery.

b.   Sebagai  bahan  kajian  untuk  meningkatkan  pemahaman  konsep dasar luas dan keliling bangun gabungan melalui metode discovery.

  1. Manfaat Praktis

a.  Bagi Siswa

1)   Peserta didik dapat membiasakan diri berpikir logis mengenai  hubungan  sebab  akibat  serta  dapat  meningkatkan  kualitas  hasil pembelajaran pada materi luas dan keliling bangun gabungan

2)   Peserta  didik  dapat  lebih  mudah  dan  semangat  dalam  memahami  mata  pelajaran.  Dengan  cara  pembelajaran  yang  menarik, dan tidak membosankan.

3)   Peserta  didik  akan  lebih  aktif  belajar  dan  mereka  bisa  lebih  mudah dalam memahami pelajaran.

4)   Peserta  didik  dapat  menyimak  pelajaran  dengan  semangat  sehingga peserta dididik akan memperoleh hasil yang baik.

b.   Bagi Guru

1)   Meningkatkan kinerja guru karena dengan metode discovery  dapat mengefektifkan waktu pembelajaran.

2)   Menciptakan  pembelajaran  yang  inovatif  dan  menyenangkan  sehingga dapat menarik perhatian siswa.

3)   Guru  dapat  mengetahui  permasalahan-permasalahan  peserta  didik,  sehingga  dapat  mempermudah  guru  untuk  mengatasi  masalah-masalah apa yang timbul dalam pembelajaran.

c.   Bagi Sekolah

1)   Dengan  penelitian  ini  diharapkan  sekolah  dapat  lebih  meningkatkan pemberdayaan metode discovery agar hasil  belajar  siswa  lebih  baik  dan  perlu  dicoba  untuk diterapkan  pada pembelajaran lain.

2)   Dengan  penelitian  ini  diharapkan  sekolah  dapat memperoleh  alat peraga di sekolah.

 

Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih