Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Wednesday, 19 July 2023

PTK PPKN SMK

 

Loggo

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

 

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN STRATEGI QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRAN DAN HASIL BELAJAR  PPKn  SISWA

KELAS XI ANIMASI SMKN 3 .................... SEMESTER 1 TAHUN  PELAJARAN 2019/2020

 

 

 

Diajukan sebagai

Persyaratan Kenaikan Pangkat dari  Golongan IV/a ke IV/b

Unsur Pengembangan Profesi Guru

 

 

 

 

 

 

 

Oleh :

 

....................

NIP. ....................

 

 

 

 

 

SMKN 3 ....................

Alamat : ……………………….. Desa ……………………… Kecamatan …………………. Kabupaten ……………….

2019

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

1.   a.   Judul Penelitian                    :  Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif dengan Strategi Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kemandiran dan Hasil Belajar  PPKn  Siswa Kelas XI Animasi SMKN 3 .................... Semester 1 Tahun  Pelajaran 2019/2020

      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran

      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas

 

2. Peneliti

      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ....................

      b.   NIP                                      :  ....................

      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a

      d.   Jabatan                                 : Guru Mata Pelajaran

      e.   Instansi                                 : SMKN 3 ....................

      f.    Tempat Penelitian                :  SMKN 3 ....................

3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan September 2019 sampai dengan Bulan November 2019)

4.   Sumber Biaya                             : Swadaya

 

 

                     Mengetahui                                    ...................., 25 November 2019

                  Kepala Sekolah                                                      Peneliti 

 

 

                             

            ………………………                                            ....................

           NIP. ………………….                                       NIP. ....................

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

………………………..

NIP. ……………………

 

 

 

 

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandiran dan hasil belajar PPKn   Siswa Kelas XI Animasi SMKN 3 .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui model pembelajaran kolaboratif dengan strategi quantum teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Animasi SMKN 3 .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 27. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data dengan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan analisis data kuantitatif, kualitatif dan deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil analisis terjadi peningkatan yang signifikan pada aspek kemandirian dan hasil belajar prasiklus ke siklus I menuju siklus II.  Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemandirian belajar siswa menunjukkan perolehan pada sebelum perbaikan hanya 12 siswa atau 44,44%, naik menjadi 17 siswa atau 62,96% pada siklus pertama, dan 92,59% atau 25 siswa pada siklus kedua, dan peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata pada sebelum perbaikan hanya  55.56 naik menjadi 66,67 pada siklus pertama, dan  72.22 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 7 siswa (25,93%) pada sebelum perbaikan,  55,56% atau 15 siswa pada siklus pertama,  24 siswa atau 88,89% pada siklus kedua. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui model pembelajaran kolaboratif dengan strategi quantum teaching dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn  Siswa Kelas XI Animasi SMKN 3 .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

 

Kata kunci : quantum teaching, kemandiran, hasil belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur senantiasa  kami panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dapat selesai dengan baik. Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu “Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif dengan Strategi Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kemandiran dan Hasil Belajar  PPKn  Siswa Kelas XI Animasi SMKN 3 .................... Semester 1 Tahun  Pelajaran 2019/2020. Penulisan laporan Penelitian Tindakan Kelas ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan IV/a Ke golongan IV/b.

Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas  ini.  Akhirnya peneliti mohon saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya manusia.

 

 

 

 

....................,      November 2019

 

Peneliti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii

ASBTRAK..........................................................................................................    iii

KATA PENGANTAR........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................     1

B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     4

C.  Rumusan Masalah .......................................................................     4

D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     4

E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     5

 

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................     7

B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................   29

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   30

 

BAB    III METODE PENELITIAN         

A.  Setting Penelitian.........................................................................   31

B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   31

C.  Subjek Penelitian..........................................................................   32

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   32

E.   Validasi Data...............................................................................   34

F.   Analisis Data................................................................................   34

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   35

H.  Indikator Keberhasilan ................................................................   39

 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   40

B.  Hasil Penelitian............................................................................   55

C.  Pembahasan.................................................................................   61

 

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  

A.  Simpulan .....................................................................................   65

B.  Saran ...........................................................................................   65

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

DAFTAR TABEL

 

Tabel                                                                                                           Halaman

Tabel      3.1    Kriteria Penilaian Kemandirian Belajar Siswa.......................         35

Tabel      4.1    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif pada Kondisi Awal.............         41

Tabel      4.2    Rekapitulasi Hasil Penilaian Kemandirian belajar Siswa pada Kondisi Awal                        41

Tabel      4.3    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran pada Siklus I.         46

Tabel      4.4    Tabel Kemandirian belajar Siswa Pembelajaran  pada Siklus I                       47

Tabel      4.5    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  pada Siklus II.....................         52

Tabel      4.6    Tabel Kemandirian Belajar Siswa  pada Siklus II..................         53

Tabel      4.7    Rekapitulasi Ketuntasan Hasil Belajar Siswa pada Sebelum Perbaikan, Siklus I dan Siklus II                                                                                                        59

Tabel      4.8    Rekapitulasi Peningkatan Kemandirian belajar Belajar  pada Sebelum Perbaikan, Siklus I dan Siklus II..................................................................................         60

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar                                                                                                      Halaman

 

Gambar 2.1    Bagan Kerangka Pikir............................................................         30

Gambar 3.1.    Penelitian Tindakan Model Hopkins (Sanjaya, 2011:92 ).....         32

Gambar 4.1    Diagram Batang Peningkatan Angka Nilai Rerata Hasil Belajar dan Ketuntasan Siswa pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran ..................................         60

Gambar 4.2    Diagram Batang Peningkatan Kemandirian belajar Belajar pada Sebelum Perbaikan, Siklus I dan Siklus II..........................................................................         61

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran                                                                                                                  

1.        Surat ijin penelitian

2.        Jadwal  Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas

3.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus Pertama

4.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus Kedua

5.        Berkas Instrumen Pengumpulan Data

6.        Analisis Data Hasil Penelitian

7.        Daftar Hadir (Prasiklus, Siklus I dan Siklus II)

8.        Contoh Hasil Pekerjaan Siswa

9.        Foto Dokumentasi Kegiatan Penelitian (Prasiklus, Siklus I dan Siklus II)

10.    Berkas Pelaksanaan Seminar Laporan Penelitian Tindakan Kelas

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dan budaya. Perkembangan dan perubahan secara terus menerus ini menuntut perlunya peningkatan mutu pendidikan untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Pendidikan merupakan masalah utama bagi bangsa yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa menuju terwujudnya masyarakat adil makmur. Penyelenggaraan pendidikan di indonesia mendapat perhatian dari pemerintah dan masyarakat. Lembaga pendidikan mendapat prioritas utama dalam melaksanakan serta menyempurnakan kegiatan belajar mengajar, sehingga akan melahirkan anak didik yang cerdas, mandiri, berbudi pekerti luhur dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berguna bagi dirinya juga bangsanya. Dengan demikian berarti pendidikan mempersiapkan keluaran agar dapat diterima dan tidak mengecewakan masyarakat itu sendiri.

Guru merupakan figur yang memegang peranan penting dalam pembelajaran di kelas. Peran utama guru bukan menjadi penyaji informasi yang hendak dipelajari oleh siswa, melainkan membelajarkan siswa tentang cara-cara mempelajari sesuatu secara efektif (Learning how to learn). Guru yang professional dituntut menguasai bahan pelajaran, proses pembelajaran yang menarik dan memotivasi siswa untuk gemar belajar. Guru dituntut untuk menguasai ilmu pengetahuan dalam bidang pengajaran yang diajarkannya dengan kemampuan metodologis secara profesional. Seorang guru sebaiknya mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam memilih, mengumpulkan dan memutuskan bagi proses pembelajaran yang dihadapinya dalam melakukan tugas secara professional.

Persoalan mendasar yang hingga kini masih sangat dilematis dan kerap dihadapi Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di dalam proses belajar mengajar, adalah didasarkan adanya kenyataan bahwa sebagian besar siswa tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pemanfaatannya dalam kehidupan nyata. (Muslich, 2008: 40). Hal ini didasarkan karena pemahaman siswa terhadap materi hanya berupa konsep yang abstrak, belum menyentuh kebutuhan mereka di lingkungan masyarakat.

Berdasarkan hasil evaluasi awal terhadap materi Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa yang telah dilakukan di kelas XI Animasi SMKN 3 ...................., diperoleh nilai klasikal siswa yang mampu mencapai ketuntasan hanya 7 orang dari 27 siswa, dan persentase ketuntasan siswa hanya 25,93 % saja sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran materi Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa di kelas tersebut masih kurang optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah adalah melalui perbaikan proses belajar mengajar.

Faktor yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar PPKn adalah guru dalam menyampaikan materi masih tradisional. Guru hanya menstransfer ilmu saja dalam mengajar dan masih menganggap guru merupakan satu-satunya sumber ilmu, siswa harus menyalin catatan guru dan menghafalnya saja. Guru menyajikan pelajaran dengan metode ceramah, latihan soal atau drill, dengan sedikit sekali atau bahkan tanpa media pendukung. Guru cenderung bersikap otoriter, suasana belajar terkesan kaku dan serius. Hanya guru yang aktif (berbicara), sedangkan siswa pasif. Jika siswa tidak dapat menangkap materi pelajaran, kesalahan cenderung dilimpahkan kepada siswa. Dengan demikian proses pembelajaran menjadi tidak efektif, sehingga tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai secara optimal. Model pembelajaran yang dipakai guru ceramah sambil sesekali memberikan pertanyaan pada siswa, namun siswa juga kurang tanggap terhadap stimulus guru. Sebagian besar siswa membuka buku namun tidak menyimak, ada yang bermain dengan teman sebangku, ada juga yang sibuk membuat mainan atau menggambar sesuatu.

Melihat permasalahan tersebut peneliti mempunyai keinginan untuk memperbaiki pola pembelajaran PPKn di kelas XI Animasi SMKN 3 ..................... Untuk meningkatkan hasil belajar diperlukan kreativitas guru dalam menerapkan model yang tepat serta penggunaan media pembelajaran agar siswa antusias dan paham terhadap materi yang diajarkan. Guru juga perlu untuk meningkatkan keaktifan siswa, interaksi yang komunikatif sesama siswa, melibatkan siswa secara menyeluruh baik fisik maupun kejiwaan, hubungan siswa dengan guru yang pada akhirnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dapat optimal.

Salah satu upaya yang dilakukan tenaga pengajar yakni menggunakan model pembelajaran kolaboratif dengan strategi quantum teaching di dalam pengajaran  guna pencapaian hasil belajar yang lebih efektif. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan dan kemunduran mutu pendidikan selalu dikembalikan kepada guru walaupun demikian, terlalu berlebihan sebab keberhasilan proses belajar mengajar ditentukan banyak faktor sepert: siswa, metode, alat, dan sarana pengajaran, serta situasi belajar (Satina dalam Sulfiani, 2004 :2). Dalam model pembelajaran kolaboratif dengan strategi quantum teaching siswa berkesempatan terlibat secara aktif sehingga akan lebih memahami konsep dan lebih lama mengingat, dan model ini menekankan pada pelaksanaan kegiatan. Melalui model pembelajaran kolaborasi dengan strategi quantum teaching, diharapkan para peserta didik dapat (1) mengeksplorasi perasaannya; (2) memeroleh wawasan tentang sikap, nilai, dan persepsinya; dan (3) mengembangkan keterampilan dan sikap dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Karena sifat dari model pembelajaran kolaborasi dengan strategi quantum teaching siswa dituntut untuk berperan aktif dalam bentuk belajar bersama atau berkelompok.

Berdasarkan pada latar belakang permasalahan tersebut di atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di bidang pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif dengan Strategi Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar  PPKn  Siswa Kelas IX SMKN 3 .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

 

B.  Identifikasi Masalah

Berdasarkan penjelasan pada latar belakang masalah di atas dapat diidentifikasi permasalahan permasalahan pembelajaran yang terjadi pada proses pembelajaran PPKn siswa kelas XI Animasi SMKN 3 ...................., yaitu :

1.    Metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar didominasi dengan penggunaan metode konvensional, sehingga pembelajaran di kelas masih terpusat dengan guru (teacher centered),

2.    Dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, keterlibatan siswa dalam interaksinya dengan guru kurang

3.    Siswa seringkali melakukan berbagai aktivitas yang tidak berhubungan dengan materi pelajaran.

4.    Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang sehingga pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran menjadi rendah.

C.  Rumusan Masalah

Dari penjelasan pada identifikasi masalah di atas maka rumusan masalah dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah :

1.    Bagaimana peningkatan kemandirian belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kolaboratif dengan strategi quantum teaching pada pembelajaran PPKn siswa kelas XI Animasi SMKN 3 .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020?

2.    Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kolaboratif dengan strategi quantum teaching pada pembelajaran PPKn i siswa kelas XI Animasi SMKN 3 ....................Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020?

D.  Tujuan Penelitian

1.    Untuk mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kolaboratif dengan strategi quantum teaching pada pembelajaran PPKn siswa kelas XI Animasi SMKN 3 .................... Semester 1  Tahun Pelajaran 2019/2020.

2.    Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn dengan menerapkan model pembelajaran kolaboratif dengan strategi quantum teaching siswa kelas XI Animasi SMKN 3 .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.

E.  Manfaat Penelitian

1.    Manfaat Teoritis

a.    Penelitian ini akan mengungkap peningkatan hasil belajar PKN dengan model pembelajaran kolaboratif dengan strategi quantum teaching diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif referensi penelitian yang relevan.

b.    Penelitian ini dapat dijadikan bahan diskusi dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam ruang pengajaran terkait peningkatan hasil belajar khususnya disekolah.

2.    Manfaat Praktis

a.    Bagi Siswa

1)   Dapat menambah dan memperluas wawasan dan pengalaman belajar bagi siswa kelas XI Animasi SMKN 3 .................... Tahun Pelajaran 2019/2020.

2)   Membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajarnya melalui proses belajar dan model pembelajaran yang bervariasi.

b.    Bagi guru

Guru yang tentunya terlibat dalam penelitian ini akan memperoleh pengalaman baru yaitu mengenai model pembelajaran kolaboratif dengan strategi quantum teaching yang dapat dijadikan salah satu alternatif sebagai salah satu upaya dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk memotivasi siswa sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.

c.    Bagi Sekolah

Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan informasi kepada sekolah dalam memperbaiki kualitas pembelajaran dan mengembangkan model pembelajaran sehingga prestasi belajar siswa meningkat yang berdampak pada kualitas sekolah juga semakin meningkat.

 

 

Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih

 

 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih