Lencana Facebook

banner image

Tuesday 18 July 2023

PTK PAK SMP

 

Loggo

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING MATERI MENSYUKURI MAKNA HIDUP BERIMAN DAN BERPENGHARAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN  DI KELAS VIII

SMP NEGERI 3 ........................  SEMESTER 1

TAHUN  PELAJARAN 2017/2018

 

 

 

Diajukan sebagai

Persyaratan Kenaikan Pangkat dari  Golongan III/d ke IV/a

Unsur Pengembangan Profesi Guru

 

                                                                                     

                                                                                     

 

 

 

Oleh

 

........................

NIP. ........................

 

 

 

 

 

 

SMP NEGERI 3 ........................

Alamat : Jl.  ……………………………………………………………………………..

Kabupaten ........................

2017

 

HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN AKHIR PENELITIAN TINDAKAN KELAS

(CLASSSROOM ACTION RESEARCH)

 

1.   a.  Judul Penelitian         :    Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Problem Solving Materi Mensyukuri Makna Hidup Beriman dan Berpengharapan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen  di Kelas VIII  SMP Negeri 3 ........................  Semester 1 Tahun  Pelajaran 2017/2018

       b. Kategori Penelitian     :    Penelitian Tindakan Kelas

 

2.    Identitas Peneliti

            a.                                 Nama Lengkap            :           ........................

            b.                                 NIP      :           ........................

            c.                                 Pangkat / Golongan     :           III/d

            d.                                Jabatan             :           Guru Mata Pelajaran PAK

            e.                                 Sekolah            :           Kelas VII SMPN 3 .............  

3.     Jumlah peneliti               :    1 orang

4.     Lokasi                             :    Kelas VII SMPN 3 ........................    

5.     Jangka waktu                 :    3 (tiga) bulan (Agustus 2017 s.d Oktober 2017)

 

 

 

                        Mengetahui                               ........................, 9 Oktober 2017

                     Kepala Sekolah                                                Peneliti

 

 

 

 

            …………………………..                         ………………………….

             NIP. ……………………                             NIP. ........................

 

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

 

…………………………..

NIP. …………………..

 

 

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi mensyukuri makna hidup beriman dan berpengharapan di kelas VIII SMP Negeri 3 ......................... Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode problem solving. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 ........................ semester 1  Tahun Pelajaran 2017/2018  sebanyak 20 orang siswa. Teknik dan alat pengumpulan data  menggunakan teknik tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar dari 6 siswa atau 42,86% pada studi awal menjadi 9 siswa atau 64,29%  pada siklus pertama dan 14 siswa atau 100% pada siklus terakhir. Hal tersebut didukung dengan kenaikan rata-rata hasil belajar studi awal sebesar 59,29, pada siklus  I  nilai  rata-rata  yang  diperoleh  siswa  adalah  70,00 dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 84,29 serta didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar pada keadaan awal sebanyak 3 siswa (21,43%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan penerapan penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) pada siklus I meningkat menjadi 7 siswa atau 50,00% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 13 siswa atau 92,86%.  Dari perolehan angka-angka di atas dapat disimpulan bahwa pada siklus kedua, proses pelaksanaan perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus kedua.

 

Kata Kunci : motivasi, hasil belajar, problem solving

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) ini dapat selesai dengan baik. Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu “Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Problem Solving Materi Mensyukuri Makna Hidup Beriman dan Berpengharapan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen  di Kelas VIII  SMP Negeri 3 ........................  Semester 1 Tahun  Pelajaran 2017/2018. Laporan hasil penelitian tindakan ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan IV/d Ke golongan IV/a.

Peneliti menyadari akan segala kekurangan dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini. Maka dari itu kepada pembaca diharapkan untuk memberi sumbang saran maupun kritik yang bersifat membangun ke arah perbaikan. Pada kesempatan ini peneliti ucapkan terima kasih kepada semua pihak  yang telah membantu sampai selesainya penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini dan semua pihak yang tidak sempat peneliti sebut namanya satu persatu atas segala bantuannya dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini.

Peneliti berharap semoga Allah SWT memberikan balasan yang berlipat ganda kepada mereka yang telah membantu. Akhir kata peneliti mengharapkan kepada yang membaca agar bersedia memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan dan peningkatan mutu penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini serta mudah-mudahan bermanfaat bagi peneliti khususnya dan pembaca umumnya.

 

........................,     Oktober 2017

 

Peneliti

 

 

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii

ABSTRAK..........................................................................................................    iii

KATA PENGANTAR........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah............................................................     1

B.       Identifikasi Masalah..................................................................     4

C.       Rumusan Masalah .....................................................................     5

D.      Tujuan Penelitian ......................................................................     5

E.       Manfaat  Penelitian ...................................................................     5

 

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................     7

B.  Kerangka Pikir.............................................................................   22

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   24

 

BAB    III METODE PENELITIAN         

A.  Setting Penelitian ........................................................................   25

B.  Metode dan Rancangan Penelitian..............................................   25

C.  Subjek Penelitian..........................................................................   27

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   27

E.   Validasi Data...............................................................................   28

F.   Teknik Analisa Data ....................................................................   29

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   30

H.  Indikator Penelitian  ....................................................................   34

 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   35

B.  Hasil Penelitian............................................................................   51

C.  Pembahasan ................................................................................   54

 

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  

A.  Simpulan .....................................................................................   57

B.  Saran ...........................................................................................   57

 

DAFTAR PUSTAKA                       

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                           Halaman

 

Tabel      3.1    Kriteria Penilaian Motivasi  Belajar.......................................         29

Tabel      4.1    Hasil Tes Formatif Kondisi Awal..........................................         35

Tabel      4.2    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa  pada Kondisi Awal                   36

Tabel      4.3    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  pada  Siklus I.....................         41

Tabel      4.4    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa  pada Siklus I                 42

Tabel      4.5    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  pada  Siklus II....................         48

Tabel      4.6    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa  pada Siklus II                49

Tabel      4.7    Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II                     51

Tabel      4.8    Rekapitulasi Hasil Observasi Motivasi Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II............................................................................................         53

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar                                                                                                      Halaman

Gambar 2.1    Bagan Kerangka Pikir............................................................         23

Gambar 3.1    Siklus dalam Penelitian Tindakan Kelas................................         26

Gambar  4.1    Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                      52

Gambar  4.2    Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II                    52

Gambar  4.3    Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa Pada Siklus I dan II           ........................................................................................... 53

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran                                                                                                                  

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian

Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran    3     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I

Lampiran    4     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II

Lampiran    5     Berkas Instrumen Pengumpulan Data

Lampiran    6     Analisis Data Hasil Penelitian

Lampiran    7     Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

Lampiran    8     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa

Lampiran    9     Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II


BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Pendidikan Agama di sekolah dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai nilai tersebut dalam kehidupan indivual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spiritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan. Hal tersebut sesuai dengan program pendidikan karakter yang saat ini sedang dicanangkan pemerintah sebagai fokus pendidikan nasional.

Pendidikan Agama Kristen (PAK) merupakan salah satu dari beberapa pendidikan agama yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai mata pelajaran wajib yang diberikan dari jenjang paling dasar yakni usia dini sampai jenjang pendidikan tinggi. Dalam Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Bab III Pasal 8 pendidikan keagamaan berfungsi mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agamanya dan atau menjadi ahli ilmu agamanya.

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru yang diberlakukan di Indonesia mulai tahun ajaran 2013/2014 (Permendikbud Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah). Kurikulum 2013 ini adalah kurikulum yang menggantikan kurikulum 2006 yang sering disebut dengan (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Kurikulum 2013 adalah suatu perangkat atau sistem rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pembelajaran sebagai panutan dalam belajar mengajar untuk dikembangkan berdasarkan kebutuhan sekarang dan untuk masa yang akan datang. Berlakunya suatu kurikulum di Indonesia di atur berdasarkan peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan beserta Undang-Undang Nomor 60 tahun 2014.

Dalam penerapan kurikulum 2013 Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran kurikulum 2013 ini yaitu Pendekatan Scientific / Pendekatan Ilmiah. Penerapan Pendekatan Scientific sebagai cara untuk mengatasi kebosanan, kejenuhan, dan untuk meningkatkan kemampuan belajar peserta didik pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Karena dalam pendekatan scientific ada lima proses yang harus dilaksanakan pada saat proses pembelajaran yaitu: mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan.

Penilaian kompetensi peserta didik pada kurikulum 2013 mencangkup tiga standar kompetensi lulusan (SKL), yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan (Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah). Salah satu tujuan dari penilaian adalah untuk mengetahui apakah kemampuan peserta didik meningkat agar tercapai kompetensi yang diharapkan (kemendikbud 2013b). Ketiga kompetensi tersebut sama dengan kompetensi pada kurikulum sebelumnya, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sering disebut dengan kurikulum 2006. Perbedaannya yaitu hanya terletak pada adanya penilaian sikap spritual, kompetensi inti (KI), dan pengelompokkan kompetensi dasar (KD).

Berdasarkan hasil obervasi awal terdapat permasalahan pada pembelajaran PAK, salah satunya di kelas VIII SMP Negeri 3 ........................ terutama dalam meningkatkan kemampuan belajar peserta didik di kelas. Suasana di kelas terkesan kaku dan peserta didik cenderung diam dan tidak memperhatikan guru menerangkan didepan kelas. Menurut keterangan beberapa peserta didik, kemampuan belajar mereka di kelas kurang dikerenakan mereka menganggap mata pelajaran PAK adalah mata pelajaran yang paling membosankan, karena guru menyampaikan materi dengan menggunakan metode ceramah, murid jadi mengantuk dan mereka berasumsi dengan metode ceramah pembelajaran menjadi kaku, dan peserta didik kurang memperhatikan.

Dari 14 siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 ........................ hanya 3 siswa (21,43%)  saja yang mencapai tingkat penguasaan materi 85% ke atas atau yang mendapatkan nilai minimal sama dengan KKM sebesar 72, sedangkan 11 siswa (78,57%) dinyatakan belum tuntas karena memperoleh nilai di bawah KKM, dengan perolehan rata-rata hasil belajar secara klasikal sebesar 59,29.

Untuk  itu  guru  perlu  menggunakan  beragam  metode  yang  menyediakan beragam  pengalaman  belajar  melalui  contoh  dan  bukti  yang  kontekstual.  Untuk menciptakan  kegembiraan  dalam  proses  pembelajaran,  mengurangi  keabstrakan dan meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis maka harus diterapkan metode  mengajar  yang  baik.  Siswa  akan  lebih  mudah  memahami  suatu  konsep jika  dalam  belajar  siswa  dapat  menggunakan  sebanyak  mungkin  indera  dan berinteraksi dengan isi pembelajaran. Apalagi pembelajaran PAK merupakan mata pelajaran  yang  sarat  materi  sehingga  siswa  dituntut  memiliki  pemahaman  yang holistik terhadap materi yang disampaikan guru.   

Metode  Pembelajaran  Problem  Solving  merupakan  salah  satu  pendekatan pembelajaran motivasional yang diyakini mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis terhadap berbagai persoalan  karena Pada  dasarnya  hidup  ini adalah  memecahkan  masalah.  Hal  ini  memerlukan  kemampuan  berpikir  kritis dan kreatif. Dengan  kata  lain  kemampuan memecahkan masalah merupakan tujuan utama pendidikan.  Menindaklanjuti  pembelajaran  yang  belum  maksimal/belum  dapat meningkatkan  hasil  belajar  membuat  peneliti  membuat  rencana  tindakan  kelas yang akan ditujukan untuk memperbaiki pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas yang  peneliti  uji  ini  menggunakan  penerapan  metode  Problem  Solving  dalam pembelajaran PAK untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Melalui  pengamatan  selama  pembelajaran  diketahui  faktor  yang menyebabkan hasil belajar siswa yaitu kurang tepatnya metode pembelajaran yang diterapkan  oleh  guru  karena  pada  pembelajaran  sebelumnya  siswa  bersikap  pasif dan menunjukkan ketidaktertarikannya. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang  dapat  dikembangkan  adalah  pembelajaran  PAK  dengan  menggunakan pendekatan pemecahan masalah (Problem Solving).

Berdasarkan  latar  belakang  masalah  tersebut,  penulis  tertarik  mengadakan penelitian terhadap penerapan metode Problem Solving untuk meningkatkan hasil  belajar  siswa.  Maka  Penelitian  ini  berjudul  “PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENSYUKURI MAKNA HIDUP BERIMAN DAN BERPENGHARAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI KELAS VIII SMP N 3 ........................ TAHUN  PELAJARAN 2017/2018”.

B.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan hal tersebut, peneliti meminta bantuan kepala sekolah, dan teman sejawat untuk membantu mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran yaitu :

  1. Peserta didik kurang semangat, kurang partisipasi, dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran  yang dianggap membosankan dan tidak penting karena hanya membahas tentang dinamika sosial, ekonomi, budaya, politik, dan hukum. Bahkan beberapa siswa mengantuk dan mengobrol dengan teman sebangkunya.
  2. Kurangnya motivasi peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini terlihat ketika guru sedang menyampaikan materi, peserta didik hanya diam tanpa merespon dan tidak berpartisipasi. Peserta didik hanya dituntut menghafal materi dan bisa mengerjakan soal ujian tanpa memperdulikan proses pembelajaran.
  3. Permasalahan yang sering terjadi pada saat proses pembelajaran yang sering menggunakan metode ceramah pada saat kegiatan belajar mengajar sehingga peserta didik menjadi tidak aktif dan acuh tak acuh saat pembelajaran berlangsung.

 

C.    Rumusan Masalah

 Berdasarkan  latar  belakang  masalah  yang  telah  dipaparkan,  permasalahan yang  akan diteliti adalah bagaimana penerapan metode problem solving terhadap motivasi dan  hasil  belajar  siswa.  Peneliti  akan  berusaha  menjawab  rumusan masalah sebagai berikut:

1.   Bagaimana peningkatan motivasi  belajar PAK materi mensyukuri makna hidup beriman dan berpengharapan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 ........................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui penerapan  metode  Problem  Solving?

2.  Bagaimana peningkatan hasil belajar PAK materi mensyukuri makna hidup beriman dan berpengharapan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 ........................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui penerapan  metode  Problem  Solving?

 

D.    Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari pelaksanaan perbaikan pembelajaran  yang dilaksanakan melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah :

1.      Untuk  mengetahui peningkatan motivasi belajar PAK materi mensyukuri makna hidup beriman dan berpengharapan  siswa  kelas VIII SMP Negeri 3 ........................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah  menerapkan  metode problem solving.

2.      Untuk  mengetahui peningkatan hasil belajar PAK materi mensyukuri makna hidup beriman dan berpengharapan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 ........................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah  menerapkan  metode problem solving.

 

E.     Manfaat  Penelitian

Dalam  penelitian  ini  diharapkan  mendatangkan  manfaat  bagi  semua  pihak, adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

 

 

1.      Teoritis

Hasil Penelitian ini secara teoritis memberikan sumbangan pengetahuan dalam penggunaan metode problem solving. Manfaat lainnya adalah agar para pengajar untuk dapat mengkaji kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving  ini.

2.      Praktis

a.       Manfaat bagi siswa

Meningkatkan  motivasi  dalam  belajar sehingga  dapat  menumbuhkan minat  belajar  yang  pada  gilirannya  akan  membawa  pengaruh  yang  positif yaitu  terjadinya  peningkatan  hasil  belajar  yang  baik  serta  penguasaan konsep  dan  keterampilan  yang  lainnya.  Potensi  siswa  dapat  lebih ditumbuhkembangkan agar menjadi baik.

b.      Manfaat bagi guru

1)      Sebagai  alat  tolak  ukur  bagi  metode  yang  telah  disampaikan  oleh  guru dalam  kegiatan  belajar  mengajar  dikelas,  sehingga  guru  dapat menggunakan  metode  yang  lebih  baik  dalam  kegiatan  belajar  mengajar. guna mencapai berbagai tujuan yang diinginkan.

2)      Mengetahui  strategi  pembelajaran  yang  bervariasi  yang  dapat memperbaiki  dan  meningkatkan  sistem  pembelajaran  di  kelas,  sehingga dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  dan  untuk  mengatasi  rasa kebosanan siswa dalam belajar.

c.       Bagi Sekolah

Sebagai  penambah  sumber  keilmuan  yang  baru  bagi  sekolah,  sehingga sekolah tersebut lebih sering menggunakan metode problem solving sebagai upaya memperbaiki metode pembelajaran.

 

Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan : klik DOWNLOAD atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih