Lencana Facebook

banner image

Saturday 13 January 2024

MAKALAH KENAIKAN PANGKAT GURU MATEMATIKA KURIKULUM MERDEKA

 

MAKALAH

 

 

 

PERAN GURU MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN

DI ERA MERDEKA BELAJAR

 

 

 

Loggo

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Diajukan  pada

Penilaian Angka Kredit Unsur Pengembangan Profesi Guru

untuk Kenaikan Pangkat dari Golongan ….. ke ……

 

 

 

 

 

Oleh :

 

..........................

NIP. ..........................

 

 

 

 

 

 

SMPN 1 ..........................

Alamat : Jl. ……………………… Kecamatan ..........................,

Kabupaten ………………, Provinsi ………………..

2023

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

 

PERAN GURU MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN

DI ERA MERDEKA BELAJAR

 

 

 

 

 

Oleh  :

 

..........................

NIP. ..........................

 

 

 

 

 

                   Mengetahui                                      ..........................,    November 2023

                Kepala Sekolah                                                         Peneliti

 

 

 

 

               ..........................                                                  ..........................

           NIP. ..........................                                         NIP. ..........................

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

 

 

..........................

NIP. ..........................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kop Sekolah

 

 

 

 

 


SURAT KETERANGAN

TELAH MELAKSANAKAN KEGIATAN SEMINAR

 

No. ……………………..

 

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama                ..........................

NIP                   ..........................

Jabatan              Kepala Sekolah

Unit Kerja         SMPN 1 ..........................  Kabupaten ..........................

 

Menerangkan dengan sebenar-benarnya yang tersebut di bawah ini:

 

Nama                ..........................

NIP                   ..........................

Unit Kerja         SMPN 1 ..........................  Kabupaten ..........................

Judul               :    PERAN GURU MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN  DI ERA MERDEKA BELAJAR

 

Telah melaksanakan kegiatan seminar  makalah dengan judul sebagaimana tersebut di atas. Demikian surat keterangan ini dibuat untuk menjadikan periksa dan guna seperlunya.

 

 

                                                                    ..........................,      November 2023

                                                                                    Kepala Sekolah

 

 

 

 

                                                                                    ..........................

                                                                                NIP. ..........................

 

 

 

 

Kop Sekolah

 

 

 

 

 

 


SURAT KETERANGAN

 

No. ……………………..

 

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama                ……………………………………………….

NIP                  

Jabatan              Petugas Perpustakaan

Unit Kerja         SMPN 1 ..........................  Kabupaten ..........................

 

Menerangkan dengan sebenar-benarnya yang tersebut di bawah ini:

 

Nama                ..........................

NIP                   ..........................

Unit Kerja         SMPN 1 ..........................  Kabupaten ..........................

Judul               :    PERAN GURU MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN  DI ERA MERDEKA BELAJAR

 

Telah menyelesaikan  penulisan makalah dengan judul sebagaimana tersebut di atas, dan selanjutnya makalah tersebut diarsipkan di perpustakaan sekolah.

 

 

 

                        Mengetahui                              ..........................,     November 2023

                     Kepala Sekolah                                       Kepala Perpustakaan

 

 

 

 

                    ..........................                                   ……………………………

                NIP. ..........................                              NIP. ……………………..

 

           

 

 

 

ABSTRAK

 


Merdeka belajar adalah kondisi belajar siswa dalam lingkungan yang nyaman. Merdeka belajar merupakan salah satu bentuk implementasi nilai-nilai pembentuk karakter bangsadimulai dari pembenahan sistem pendidikan dan metode belajar. Tantangan seorang guru matematika untuk membuat pembelajaran matematika menyenangkan dan siswa tidak takut serta rajin belajar matematika, guru harus mampu mewujudkan pembelajaran yang nyaman, menyenangkan, dan menarik, yang menjadi ciri dari era merdeka belajar. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan proses pembelajaran matematika di era merdeka belajar sehingga siswa dapat nyaman belajar dan karakter siswa meningkat. Merdeka belajar meliputi ada empat (4) kebijakan yaitu ujian sekolah berstandar nasional dilaksanakan oleh pihak sekolah, asesmen kecakapan minimum dan survei karakter, penyederhanaan RPP,  sistem zonasi penerimaan siswa baru; (2) makna merdeka belajar meliputi merdeka berpikir, merdeka berinovasi, belajar mandiri dan kreatif, merdeka untuk kebahagiaan; (3) peran guru sangat bervariasi meliputi fasilitator pembelajaran merdeka belajar, guru inovatif dan kreatif,  guru berkarakteristik sebagai  guru, dan guru penggerak. Berdasarkan penjelasan tersebut, hasil penulisan makalah ini menyimpulkan  bahwa pemahaman makna merdeka belajar dan peran guru dalam merdeka belajar membantu guru dan siswa lebih merdeka dalam berpikir, lebih inovatif dan kreatif, serta bahagia dalam kegiatan pembelajaran.
 

Kata Kunci: peran, guru matematika, kurikulum merdeka,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT
 
 
Independent learning is a condition of student learning in a comfortable environment. Freedom of learning is a form of implementing the values ​​that form the character of the nation, starting from improving the education system and learning methods. The challenge of a mathematics teacher is to make learning mathematics fun and students are not afraid and diligent in studying mathematics, the teacher must be able to create learning that is comfortable, fun and interesting, which characterizes the era of independent learning. The purpose of this study is to explain the process of learning mathematics in the era of independent learning so that students can learn comfortably and improve student character. Freedom of learning includes four (4) policies, namely national standard school exams carried out by the school, minimum skills assessment and character surveys, simplification of lesson plans, zoning system for new student admissions; (2) the meaning of independent learning includes freedom to think, freedom to innovate, independent and creative learning, freedom for happiness; (3) the role of the teacher varies widely including independent learning facilitators, innovative and creative teachers, teachers with characteristics as teachers, and driving teachers. Based on this explanation, the results of writing this paper conclude that understanding the meaning of independent learning and the teacher's role in independent learning helps teachers and students to be more independent in thinking, more innovative and creative, and happy in learning activities.
 
Keywords: role, mathematics teacher, independent curriculum,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Sujud dan puji syukur penulis panjatkan hanya kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat, hidayah dan inayahNya sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan tugas penulisan karya tulis  ini. Selanjutnya penulis menyadari bahwa penyusunan karya tulis ilmiah dalam rangka Penilaian Angka Kredit Unsur Pengembangan Profesi Guru  untuk Kenaikan Pangkat dari Golongan ….. ke ……  ini tidak akan terwujud tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah tulus ikhlas membantu tugas tersebut sampai dengan selesai. Semoga Tuhan Yang Maha Esa akan membalasnya dengan balasan yang berlipat ganda. Aamiin.

Semoga karya ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca umumnya. Penulis selalu terbuka untuk kritik dan saran terhadap segala kekurangan demi kebaikan penulis di masa yang akan datang.

 

 

..........................,       November 2023

 

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

LEMBAR PENGESAHAN................................................................................     ii

SURAT KETERANGAN TELAH MELAKSANAKAN KEGIATAN SEMINAR                      iii

SURAT KETERANGAN...................................................................................    iv

ABSTRAK..........................................................................................................     v

ABSTRACT..........................................................................................................    vi

KATA PENGANTAR........................................................................................   vii

DAFTAR ISI....................................................................................................... viii

BAB    I.       PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah...........................................................     1

B.     Rumusan Masalah.....................................................................     3

C.     Tujuan Penelitian......................................................................     3

D.    Manfaat Penelitian....................................................................     4

BAB    II.     KAJIAN PUSTAKA

A.      Pengertian peran .....................................................................     5

B.       Pengertian Guru.......................................................................     5

C.       Merdeka Belajar .....................................................................     6

D.      Pembelajaran Matematika di Era Merdeka Belajar.................   10

BAB    III     PEMBAHASAN

A.    Peran Guru Matematika dalam Menerapkan Program Merdeka Belajar pada Proses Pembelajaran ............................................................................   13

B.     Tantangan dan Solusi Peran Guru dalam Menerapkan Program Merdeka Belajar pada Proses Pembelajaran ............................................................................   18

BAB    IV     SIMPULAN DAN SARAN

A.    Simpulan   ................................................................................   24

B.     Saran ........................................................................................   24

DAFTAR PUSTAKA

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Merdeka Belajar merupakan program inisiatif dan inovatif dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan tujuan meningkatkan kualitas siswa dalam belajar yang memiliki kemampuan analisa tajam, penalaran serta pemahaman komprehensif dalam mengembangkan diri (Saleh, 2020). Program Merdeka Belajar merupakan program belajar yang membebaskan siswa memilih pembelajaran sesuai dengan minat dan karakter mereka. Sehingga tugas guru tidak hanya menjalankan kurikulum, tetapi juga menjadi penghubung antara kurikulum, minat, dan karakter siswa. Guru serta pemangku kebijakan pendidikan dapat memberikan dukungan dan pemahaman yang lebih baik guna tercapainya tujuan pembelajaran (Kuntarto, 2020). Evaluasi di era merdeka belajar dapat menjadikan guru berperan sebagai perantara untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang berkualitas.

Setiap mata pelajaran di sekolah dapat menggunakan program Merdeka Belajar dalam proses pembelajaran , tidak terkecuali pelajaran matematika. Matematika merupakan disiplin ilmu pendukung bagi keberadaan ilmu-ilmu lainnya. Pembelajaran matematika akan efektif menggunakan program Merdeka Belajar jika dilaksanakan dengan baik dan tepat.

Konsep pembelajaran matematika adalah proses interaktif antara guru dan siswa dalam mengembangkan model pembelajaran berpikir dan logis yang telah dibuat oleh guru dengan menggunakan metode agar pembelajaran matematika lebih berkembang dan tumbuh secara optimal, siswa mampu belajar secara lebih efektif dan efisien. Ukuran keberhasilan pembelajaran bukan hanya hasil prestasi di sekolah, tetapi pembelajaran yang dapat meningkatkan dan mengembangkan apa yang dipelajari kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari (Anggreini & Priyojadmiko, 2022). Matematika merupakan salah satu ilmu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah turut andil dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan membangun bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan berwawasan. Siswa membutuhkan matematika untuk memenuhi kebutuhan dunia nyata, dan memecahkan masalah. Masih banyak siswa yang menganggap matematika itu sulit dikarenakan sebelumnya siswa sudah memiliki rasa takut, tidak bersemangat untuk belajar sehingga akhirnya malas untuk belajar matematika.

Dengan hadirnya merdeka belajar dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, merdeka belajar bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang tidak terbatas pada kurikulum sekolah yang ada (Anggreini & Priyojadmiko, 2022). Nadiem Makarim menyatakan bahwa kurikulum merdeka belajar merupakan pengembangan dari implementasi dari kurikulum darurat yang dicanangkan dalam merespon pandemi Covid-19, setiap sekolah memiliki kebebasan untuk melaksanakan program tersebut. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam merdeka belajar adalah kemerdekaan berpikir, dan kemerdekaan berpikir harus terlebih dahulu dipraktikkan oleh para guru sebelum diajarkan kepada para siswa (Arjanto, 2022).

Merdeka belajar merupakan sebuah gagasan yang membebaskan guru dan siswa untuk mendefinisikan sistem pembelajaran (Ainia, 2020). Tujuan dari merdeka belajar adalah untuk menciptakan pendidikan yang menyenangkan bagi siswa dan guru, karena pendidikan di Indonesia selama ini lebih menitikberatkan pada aspek pengetahuan daripada aspek keterampilan. Merdeka belajar merupakan salah satu bentuk implementasi nilai-nilai pembentuk karakter bangsa dimulai dengan perbaikan sistem pendidikan dan metode pembelajaran. Konsep merdeka belajar sendiri berkaitan dengan teori belajar konstruktivis. Dalam perspektif konstruktivis, siswa mengkonstruksi pengetahuan sebagai hasil interaksi dengan pengalaman dan objek yang ditemui. Hal ini sesuai dengan matematika yang sangat erat dengan kaitannya dengan pemecahan masalah. Dalam pembelajaran konstruktivis, siswa bebas mengkonstruksi sendiri pemahamannya terhadap materi yang dipelajarinya sehingga dalam prosesnya siswa akan lebih senang dan tertarik (Naufal, 2021).

Merdeka belajar mendorong terbentuknya pemikiran yang mandiri, yakni guru dan siswa dapat dengan bebas dan gembira menggali pengetahuan, sikap dan keterampilan di lingkungannya (Daga, 2021). Hakikat merdeka belajar adalah adanya kebebasan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Kebebasan tersebut selama ini belum dialami oleh guru dan siswa, karena guru lebih banyak terlibat dalam pengerjaan adminstrasi pendidikan dan pembelajaran. Guru juga kurang memahami konsep dan perannya dalam kebijakan merdeka belajar, penerapan kebijakan merdeka belajar mendorong peran guru baik dalam pengembangan kurikulum maupun dalam proses pembelajaran (Daga, 2021). Adanya penilaian di era merdeka belajar berarti guru menjadi perantara dalam mencapai tujuan pendidikan. Guru dapat memahami tujuan dan fungsi penilaian pembelajaran yang baik. Selanjutnya, guru dapat mencapai pembelajaran yang nyaman, menyenangkan, dan menarik, yang merupakan ciri dari era merdeka belajar (Izza et al., 2020). Oleh karena itu, untuk membawa sistem pendidikan nasional kembali pada hakikat undang-undang dengan memberdayakan sekolah, guru dan siswa bebas berinovasi, belajarmandiri dan kreatif, kebebasan berinovasi ini harus dimulai dari guru sebagai penggerak pendidikan nasional (Sherly et al., 2020).

B.  Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan oleh penulis di atas, maka rumusan masalah penulisan makalah ini dapat dirumuskan sebagai berikut:

1. Bagaimana peran guru matematika dalam menerapkan program merdeka belajar pada proses pembelajaran?

2. Tantangan dan solusi peran guru matematika dalam menerapkan program merdeka belajar pada proses pembelajaran?

C.  Tujuan Penulisan

Sejalan dengan rumusan masalah di atas, dengan demikian dapat dirumuskan tujuan yang akan dicapai dalam penulisan makalah ini adalah:

1. Untuk mendeskripsikan peran guru matematika dalam menerapkan program merdeka belajar dalam proses pembelajaran.

2. Untuk mengetahui tantangan dan solusi peran guru matematika dalam menerapkan program merdeka belajar dalam proses pembelajaran.

D.  Manfaat Penulisan

Manfaat penulisan ini dikelompokkan kedalam dua bagian, yaitu:

1.    Manfaat Teoritis

Dengan penulisan ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang bagaimana peran, kendala dan solusi peran guru matematika dalam menerapkan program merdeka belajar dalam proses pembelajaran . Dengan adanya penulisan ini juga diharapkan bisa menjadi tambahan wawasan dan khazanah keilmuan dalam mengembangkan kualitas pendidikan secara utuh dan menyeluruh.

2. Manfaat Praktis

Adapun manfaat praktis dari penulisan ini adalah:

a.    Bagi lembaga pendidikan, diharapkan melalui penulisan makalah ini dapat memberikan kontribusi yang berarti untuk mengetahui bagaimana peran guru matematika dalam menerapkan program merdeka belajar dalam proses pembelajaran .

b.    Bagi para pembaca, diharapkan dapat memanfaatkan hasil penulisan makalah ini sebagai bahan acuan serta studi perbandingan mengenai pelaksanaan program merdeka belajar di sekolah lain.

c.    Bagi penulis, hasil penulisan makalah ini diharapkan dapat menambah wawasan pengetahuan penulis tentang bagaimana penerapan merdeka belajar dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika.

 

 

BAB II

KAJIAN PUSTAKA

A.  Pengertian peran

Ada beberapa makna dari peran, jika kita pelajari lebih jauh lagi maka akan banyak makna dari kata “peran”. Kata peran dapat dijelaskan sau persatu, diantaranya dijelaskan dari terjemahan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dalam KKBI (2007:854), “... peran berarti perangkat tingkah laku yang diharapkan dimiliki oleh orang yang berkedudukan di masyarakat....” Selanjutnya Veithzal Rivai dan Sylviana Murni (2009:745) menjelaskan, “peran adalah perilaku yang diatur dan diharapkan dari seseorang dalam posisi tertentu”. Ketika istilah peran digunakan dalam lingkungan sekolah, maka seseorang yang diberi (atau mendapatkan) suatu posisi, diharapkan menjalankan perannya sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan sikap tanggung jawab dan profesional dari pemegang peran tersebut. Berdasarkan definisi-definisi di atas penulis menarik simpulan, peran adalah perangkat tingkah laku yang diharapkan dimiliki oleh orang yang berkedudukan di masyarakat atau sebuah lembaga. Dalam hal ini, guru perlu menjalankan perannya sesuai dengan hak dan kewajibannya. Peran sebagai guru adalah perilaku yang diharapkan pada seseorang sesuai dengan posisi sosial yang diberikan baik secara formal maupun informal.

B.  Pengertian Guru

Menurut Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1, mengenai ketentuan umum butir 6, pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa guru adalah pendidik.

Lalu, siapakah guru? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2007: 377), yang dimaksud dengan guru adalah orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar. Pengertian guru menurut KBBI di atas, masih sangat umum dan belum bisa menggambarkan sosok guru yang sebenarnya, sehingga untuk memperjelas gambaran tentang seorang guru diperlukan definisi-definisi lain.

Suparlan dalam bukunya yang berjudul “Menjadi Guru Efektif”, mengungkapkan hal yang berbeda tentang pengertian guru. Menurut Suparlan (2008: 12), guru dapat diartikan sebagai orang yang tugasnya terkait dengan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dalam semua aspeknya, baik spiritual dan emosional, intelektual, fisikal, maupun aspek lainnya. Namun, Suparlan (2008: 13) juga menambahkan bahwa secara legal formal, guru adalah seseorang yang memperoleh surat keputusan (SK), baik dari pemerintah maupun pihak swasta untuk mengajar.

Selain pengertian guru menurut Suparlan, Imran juga menambahkan rincian pengertian guru dalam desertasinya. Menurut Imran (2010: 23), guru adalah jabatan atau profesi yang memerlukan keahlian khusus dalam tugas utamanya seperti mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi siswa pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan menengah.

 Pengertian-pengertian mengenai guru di atas sangat mungkin untuk dapat dirangkum. Jadi, guru adalah seseorang yang telah memperoleh surat keputusan (SK) baik dari pihak swasta atau pemerintah untuk menggeluti profesi yang memerlukan keahlian khusus dalam tugas utamanya untuk mengajar dan mendidik siswa pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan menengah, yang tujuan utamanya untuk mencerdaskan bangsa dalam semua aspek.

C.  Merdeka Belajar

Merdeka belajar merupakan kebijakan yang dirancang pemerintah untuk membuat lompatan besar dalam aspek kualitas pendidikan agar menghasilkan peserta didik dan lulusan yang unggul dalam menghadapi tantangan masa depan yang kompleks (Suyanto, 2020). Merdeka belajar dapat mendorong peserta didik belajar dan mengembangkan dirinya, membentuk sikap peduli terhadap lingkungan di mana peserta didik belajar, mendorong kepercayaan diri dan keterampilan peserta didik serta mudah beradaptasi dengan lingkungan masyarakat (Aritonang dan Armanto, 2022). Keberadaan merdeka belajar sangat relevan dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan pendidikan abad 21. Esensi merdeka belajar adalah meletakan pendidikan yang memerdekakan dan otonom baik guru maupun sekolah untuk menginterpretasi kompetensi dasar dalam kurikulum menjadi penilaian guru (Sherly et al., 2020; Widiyono et al., 2021).

Program merdeka belajar dilahirkan dari banyaknya keluhan terhadap sistem pendidikan. Salah satunya keluhan soal banyaknya peserta didik yang dipatok oleh nilai-nilai tertentu. “Merdeka belajar adalah kemerdekaan berpikir, terutama esensi kemerdekaan berpikir harus diterapkan oleh guru terlebih dahulu (Baidhowi, 2020). Salah satu masalah yang timbul yang sekaligus mendorong munculnya kebijakan merdeka belajar adalah kesibukan guru yang terjebak dalam administrasi pembelajaran sehingga guru menjadi tidak optimal dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas (Wulandari, & Hodriani, 2019). Iklim pendidikan di Indonesia menerima bahwa salah satu tugas guru adalah menyiapkan dan menyusun adminstrasi pembelajaran sesuai dengan aturan yang berlaku. Semangat utama merdeka belajar adalah kemerdekaan belajar dan pembelajaran baik peserta didik maupun bagi guru. Semangat merdeka belajar ini hanya dapat ditemukan dan diimplementasikan dalam proses pembelajaran jika baik guru maupun peserta didik memahami makna merdeka belajar, dan khususnya guru memahami perannya dalam merdeka belajar. Proses dan penemuan makna atau nilai merdeka belajar dapat mempengaruhi dan menentukan implementasi dan hasil yang dicapai.

Kebebasan atau merdeka adalah kondisi terpenting dalam hampir semua aspek kehidupan manusia. Kebebasan atau merdeka itu sendiri adalah persoalan utama dalam kehidupan manusia. Sejarah mencatat bahwa banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat bergerak dan memprotes untuk mencari kebebasan atau merdeka dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam kaitannya dengan dunia pendidikan, belajar adalah salah satu isu yang selalu menjadi topik hangat dalam literatur kebebasan. Colin Lankshear seorang professor di University of Auckland pernah berpendapat; "Kebebasan atau merdeka dan pembelajaran telah dikaitkan dalam filsafat dan teori pendidikan dalam tradisi barat sejak zaman Yunani, dan sangat penting dalam debat Pendidikan pada abad ke-21."

Konsep merdeka belajar bukanlah konsep yang baru di dunia pendidikan. Negara- negara lain di dunia seperti Amerika, Brasil, Philipines sudah lama menerapkan konsep ini. Di Indonesia sendiri, konsep tentang Merdeka belajar sudah dimulai sejak Nadiem Makarim sebagai terpilih menjadi pendidikan. Ide dari gagasan ini dilandasi oleh esensi kemerdekaan berpikir untuk menciptakan suasana belajar yang bahagia tanpa dibebani dengan pencapaian skor atau nilai tertentu (Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R., 2020). Konsep merdeka belajar pertama-tama hendaknya dimulai dalam pola pikir para guru sebelum mereka mengajarkannya kepada peserta didik.

Association of American Colleges & Universities (AAC & U) pernah menyebutkan bahwa: “Kebebasan akademis tidak hanya menyiratkan kebebasan dari batasan tetapi juga kebebasan bagi pengajar dan mahasiswa untuk bekerja dalam komunitas ilmiah untuk mengembangkan kualitas intelektual dan pribadi yang dibutuhkan warga negara dalam demokrasi yang dinamis dan dalam ekonomi yang kuat.” Setiap Guru dituntut untuk mampu menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan merdeka bagi para peserta didiknya, sehingga murid dapat berdiskusi dengan guru untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuannya serta peserta didik diharapkan mampu memiliki karakter yang pemberani, mampu berpikir secara mandiri, trampil dalam bergaul, memiliki etika serta kecakapan dalam berpikir secara kritis.

Kita semua tahu bahwa sistem pendidikan yang baik adalah memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam menggali kemampuan dan potensi pribadi. Dengan cara ini, peserta didik diberi kebebasan untuk belajar, menciptakan suasana kelas yang baru di mana mereka mampu mengembangkan pemikiran, pertanyaan, dan imajinasi mereka. Dalam konteks merdeka belajar, pendidik atau guru harus mendorong peserta didik untuk bekerja secara kolaboratif dan mengajukan pertanyaan secara kreatif tentang ide dan masalah dalam berbagai disiplin ilmu (Wagner, C. S., Wagner, C. S., & Graber., 2018; Bashan, B., & Holsblat, R., 2017). Sebagai pemikir kreatif, mereka mencoba membayangkan dan mengeksplorasi berbagai alternatif, dan berpikir dengan cara yang berbeda. Pendekatan seperti itu diperlukan sebagai landasan akademis yang kokoh untuk meningkatkan kecerdasan mereka, termasuk “soft skill” seperti pemahaman, empati dan keterampilan dalam berkomunikasi. Penggunaan bahan pembelajaran yang berbeda dan berbagai sumber memungkinkan peserta didik dengan berbagai gaya belajar memahami informasi dengan cara yang paling efektif (Siahaan, C., & Sihotang, H., 2021). Pembelajaran dipupuk oleh interaksi multidimensi antara peserta didik dan guru. Untuk belajar sendiri, peserta didik membutuhkan waktu yang tidak terbatas untuk bermain, bereksplorasi, mengatasi kebosanan, menemukan minat sendiri, dan mengejar minat tersebut. Hal ini tentunya membantu peserta didik mengembangkan keterampilan penalaran analitis dan kritis dengan penekanan khusus pada mengeksplorasi dan mengevaluasi sesuatu yang bersaing dengan perspektif yang berbeda. Kebebasan peserta didik untuk belajar membutuhkan kebebasan guru untuk mengajar, dan ini berhubungan erat satu sama lain. Sistem pendidikan saat ini perlu mengadopsi metode dan strategi baru yang mampu mendukung tujuan pendidikan dan menjamin kebebasan belajar dan mengajar.

Filosofi merdeka belajar mengandung makna yang sangat mendalam yakni mengajarkan semangat dan cara mendidik anak menjadi manusia yang merdeka batinnya, merdeka pikirannya dan merdeka fisiknya. Dengan merdeka belajar, tercipta suatu ekosistem pendidikan nasional yang lebih sehat sehingga menghadirkan iklim inovasi yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter. Konsep merdeka belajar sangat memperhitungkan kemampuan dan keunikan kognitif individu peserta didik.

 

 

D.  Pembelajaran Matematika di Era Merdeka Belajar

Menurut kurikulum merdeka, guru harus melibatkan siswa dalam kegiatan belajar yang menyenangkan yang mendorong kemandirian, kreativitas, dan inovasi. Mahasiswa bebas berinovasi dan berpikir (Daga, 2021). Sesuai dengan Profil pelajar pancasila, kurikulum merdeka diciptakan untuk memberikan kebebasan kepada siswa, guru, dan lembaga pendidikan untuk berinovasi guna mendorong pembelajaran sepanjang hayat. Membangun pembelajaran yang terkonsentrasi pada pembentukan kompetensi dasar dan karakteristik siswa dimungkinkan dengan Kurikulum Pembelajaran Mandiri dan konsep guru sebagai pendidik.

Siswa dituntut untuk dapat menerapkan era Merdeka Belajar, dimana guru hanya berperan sebagai fasilitator, dalam pelajaran matematika (Istikhoirini , 2021). Pembelajaran konstruktivisme dan pembelajaran mandiri secara konseptual terkait satu sama lain. Dari sudut pandang ini, siswa membangun pengetahuan yang mereka peroleh sebagai hasil interaksi antara pengalaman mereka dan hal-hal yang mereka temukan. Menurut penjelasan ini, konsisten dengan ide-ide matematika yang sangat terikat dengan teknik pemecahan masalah. Siswa bebas mengembangkan pemahaman mereka sendiri tentang pelajaran melalui pembelajaran konstruktivisme, yang membuat mereka lebih bahagia dan lebih nyaman saat belajar. Dalam pembelajaran semacam ini, pengajar berperan sebagai fasilitator bagi pengembangan keterampilan dan bakat siswa seperti bakat kognitif, emosional, dan psikomotorik (Naufal, 2021).

Implementasi pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka menuntut siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran lebih terpusat di siswa (student center). Salah satu mata pelajaran intrakurikuler dalam kurikulum merdeka adalah matematika. Salah satu ilmu yang paling vital dalam semua aspek keberadaan manusia adalah matematika. Salah satu disiplin ilmu yang diajarkan di sekolah, matematika membantu pencapaian tujuan pendidikan nasional dan mengembangkan manusia Indonesia yang produktif, imajinatif, inovatif, dan afektif. Misalnya, fisika, kimia, arsitektur, farmakologi, geografi, ekonomi, dan bidang studi lainnya, siswa membutuhkan matematika untuk memenuhi kebutuhan praktis, memecahkan masalah, dan memperoleh pemahaman tentang mata pelajaran tersebut. Bahkan dengan angka dan proses yang sangat mendasar, matematika digunakan dalam aktivitas sehari-hari tanpa kita sadari. Karena siswa sebelumnya sudah mengalami kecemasan, tidak mampu belajar, dan tidak bisa menerima pelajaran dengan gembira, akhirnya mereka menjadi malas belajar matematika. Hal inilah yang menyebabkan masih banyak siswa yang beranggapan bahwa matematika itu sulit. Oleh karena itu, guru harus berinovasi di dalam kelas. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang topik matematika, meningkatkan kebahagiaan dan kegembiraan mereka, membuat mereka merasa nyaman, dan menghilangkan ketakutan yang mungkin mereka miliki tentang belajar matematika (Manik et al., 2022).

Pengimplementasian kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika harus memperhatikan karakteristik materi dan siswanya. Konsep pembelajaran matematika yang menyenangkan harus jadi pegangan guru. Sebaiknya siswa diberikan kebebasan mengespresikan diri melalui program pembelajaran mandiri. Kita sebagai guru harus memahami keadaan siswa, bakat dan minatnya. Pelaksanaan pembelajaran matematika menerapkan pembelajaran yang beragam untuk memecahkan masalah sesuai dengan kemampuan siswa. Hal ini merupakan salah satu teknik untuk membuat pembelajaran matematika menyenangkan dalam kurikulum merdeka. Beberapa siswa memiliki preferensi untuk seni visual, audio, atau audio visual. Misalnya, ketika belajar matematika dengan operasi matematika, beberapa siswa dapat menjawab masalah dengan menggunakan benda-benda nyata, sementara yang lain lebih suka menggunakan gambar, dan yang lain lebih suka berhitung. Siswa diberi kebebasan (kemandirian) untuk mengekspresikan diri sesuai dengan kemampuannya dalam program pembelajaran mandiri. Untuk mencapai tujuan belajar mandiri, seorang guru harus benar-benar memahami keadaan dan bakat siswa. Akan mudah untuk menggunakan model atau strategi pembelajaran yang tepat untuk setiap siswa jika guru sudah memiliki pemahaman yang baik tentang murid-muridnya. Tujuan belajar mandiri akan tercapai jika pendekatan dikembangkan dan siswa menikmatinya. Tidak akan ada paksaan atau tekanan untuk belajar lagi karena siswa akan menyukai sesuatu karena ia benar-benar menyukainya .

 

 

BAB III

PEMBAHASAN

A.  Peran Guru Matematika dalam Menerapkan Program Merdeka Belajar pada Proses Pembelajaran

Implementasi kebijakan Merdeka Belajar mendorong peran guru baik dalam pengembangan kurikulum maupun dalam proses pembelajaran. Selain sebagai salah satu sumber belajar, dalam Merdeka Belajar guru berperan sebagai fasilitator pembelajaran yang didukung oleh kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial. Dengan kopetensi-kompetansi tersebut guru dapat mewujudkan pelaksanaan dan tujuan implementasi kebijakan Merdeka Belajar. Salah satu masalah yang timbul yang sekaligus mendorong munculnya kebijakan Merdeka Belajar adalah kesibukan guru yang terjebak dalam administrasi pembelajaran sehingga guru menjadi tidak optimal dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas.

Iklim pendidikan di Indonesia menerima bahwa salah satu tugas guru adalah menyiapkan dan menyusun adminstrasi pembelajaran sesuai dengan aturan yang berlaku. Kesibukan mengurus adminstrasi pembelajaran merupakan bagian dari proses pembelajaran. Guru dan sekolah terjebak dalam cara dan tujuan dimana menjadikan adminstrasi pendidikan menjadi kesibukan utama untuk tidak menyalahi ketentuan-ketentuan birokrasi, akreditasi, nilai dan ujian. Guru dan sekolah justru menjadikan administrasi pendidikan sebagai tujuan dan prioritas kegiatan pendidikan.

Kebijakan Merdeka Belajar yang dicetuskan oleh pemerintah meliputi empat kebijakan pokok yakni: ujian sekolah berstandar nasional, ujian nasional, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan peraturan penerimaan penerimaan siswa baru zonasi (Kemdikbud, 2019). Pertama, ujian sekolah berstandar nasional. Ujian ini diselenggarakan oleh sekolah dengan tujuan menilai kompetensi siswa, serta dilakukan dalam bentuk tes tertulis dan/atau bentuk penilaian lain, seperti portofolio dan penugasan. Kedua, ujian nasional: ujian nasional digantikan dengan asesmen kecakapan minimum dan survei karakter. Asesmen kecakapan minimum menekankan aspek literasi, numerasi. Literasi menekankan pada pemahaman dan penggunaan bahasa, sedangkan numerasi menekankan pada pemahaman dan penggunaan konsep matematika dalam kehidupan nyata sehari-hari. Survei karakter menekankan pada penerapan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, penyederhanaan RPP: Intinya, format RPP dalam Merdeka Belajar memuat tiga komponen utama yaitu tujuan, kegiatan pembelajaran, dan penilaian; sedangkan komponen lain dapat dikembangkan secara mandiri. Kebijakan ini sesuai dengan surat edaran nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran. Keempat, sistem zonasi penerimaan siswa baru: penerimaan siswa baru sistem zonasi diperluas atau lebih fleksibel yaitu 50 persen jalur zonasi, 15 persen jalur afirmasi, 5 persen jalur perpindahan, sisanya jalur prestasi yang disesuaikan dengan kondisi daerah. Daerah memiliki wewenang menentukan wilayah zonasinya.

Guru memiliki peran yang sangat penting baik dalam pengembangan kurikulum maupun dalam implementasinya. Demikian pula, guru sangat berperan dalam penerapan kebijakan Merdeka Belajar. Guru dapat berkontribusi secara kolaboratif dan efektif bekerja dengan pengembangan kurikulum sekolah untuk mengatur dan menyusun materi, buku teks, dan konten pembelajaran. Keterlibatan guru dalam proses pengembangan kurikulum penting dilakukan untuk menyelaraskan isi kurikulum dengan kebutuhan siswa di kelas. Sebagai seorang pendidik, guru dapat memahami psikologi siswa, mengetahui tentang metode dan strategi pembelajaran. Guru juga berperan sebagai evaluator untuk penilaian hasil belajar siswa. Maka, dalam pengembangan kurikulum, guru perlu memiliki kualitas-kualitas seperti perencana, perancang, manajer, evaluator, peneliti, pengambil keputusan dan administrator. Guru dapat memainkan peran-peran tersebut pada setiap tahapan proses pengembangan kurikulum.

Merdeka belajar adalah konsep keleluasaan dalam proses pendidikan yang dipelopori oleh guru terlebih dahulu. Sehingga untuk menerapkan program ini, peran guru sangat penting. Guru dapat menyisipkan nilai-nilai merdeka belajar lewat perannya sebagai pendidik, yakni :

1.    Sumber Belajar

Guru dalam hal ini tidak menjadi sumber belajar yang utama, tetap ada keleluasaan bagi siswa untuk menemukan materi pelajaran secara mandiri. Bisa menggunakan ransangan lewat memberikan arahan dan pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa. Selain itu, guru membuat modul pembelajaran yang ia buat sendiri dengan komponen materi, latihan soal dan penilaian individu.

2.    Fasilitator

Guru dalam memilih media pembelajaran hendaknya memperhatikan aspek kepraktisan, seperti pemilihan media pembelajaran seperti WhatsApp lebih memudahkan bagi siswa. Karena jika menggunakan aplikasi lain lebih rumit dan membuat siswa tidak nyaman dalam belajar sehingga bertentangan dengan merdeka belajar itu sendiri.

3.    Pengelola

Meskipun dalam pelaksanaan pembelajaran daring dirasa sulit mengetahui kondisi siswa. Akan tetapi dalam mengatur jalannya pembelajaran, guru tetap mengondisikannya dengan displin absen dan pengumpulan tugas. Sementara dalam membuat rencana pembelajaran, sesuai dengan program merdeka belajar digunakan penyederhanaan dan inovasi RPP.

4.    Demonstrator

Berkaitan dengan peran ini, guru harus menyampaikan materi secara jelas serta turut menanamkan nilai dan norma. Penggunaan metode mind map bisa memudahkan peserta didik dengan beragam gaya belajar. Penanaman nilai juga dilakukan dengan menampilkan sikap positf selama pembelajaran daring.

5.    Pembimbing

Guru dalam pembelajaran merdeka belajar, membimbing siswanya agar menemukan potensi dirinya. Dalam menemukan potensi diri peserta didik, guru menggunakan pendekatan individual. Yakni dengan bertanya tentang kelebihan peserta didik, kemudian guru menyampaikan nasihat dan saran atas potensi tersebut.

6.    Motivator

Pendidik menjadi motivator dalam merangsang kemampuan berpikir kritis dan mengemukakan pendapat siswa. Terdapat guru yang menggunakan metode penyelidikan kasus secara berkelompok. Setiap anggotanya diwajibkan untuk mengemukakan pendapat.

7.    Evaluator

Proses penilaian peserta didik dalam merdeka belajar ialah dengan menyisipkan soal-soal HOTS dan literasi. Penilaian tersebut seperti metode AKM yang merupakan salah satu kebijakan dalam merdeka belajar. Guru menyisipkan soal HOTS dalam evaluasi pada mata pelajarannya.

Merdeka Belajar lahir didasari keinginan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, bapak Nadiem terhadap hasil pendidikan Indonesia, yang tidak lagi hanya sekedar menghasilkan siswa yang mampu menghafal, akan tetapi dapat menghasilkan suatu output pendidikan yang berkualitas, yang ditunjukkan dengan kemampuan siswa dalam hal analisis yang tajam dan pemahaman dan proses penalaran yang ditunjukkan secara ekstensif dalam pembelajaran. Siswa tak hanya sekadar harus mempelajari materi dalam proses pembelajaran, tetapi juga menerapkan pengetahuan yang telah diperolehnya dalam keseharian. Melalui Merdeka Belajar, siswa harus dapat memecahkan masalah yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Sangat penting pengimplementasian pendidikan denganmerefleksikan berbagai nilai kehidupan secara aktual pada semua pembelajaran, khususnya terhadap pembelajaran matematika (Naufal, 2021).

Pembelajaran matematika harus melatih siswa untuk berpikir secara kritis, logis dan kreatif dengan cara yang memungkinkan mereka mengembangkan pengetahuannya dan berkontribusi pada masalah kehidupan sehari-hari (Naufal, 2021). Dalam pelaksanaannya, proses tersebut seringkali tidak berjalan mulus sesuai dengan yang diharapkan. Berbagai faktor bisa menjadi penyebab terjadinya berbagai problematika tersebut seperti stigma siswa terhadap pembelajaran matematika yang dianggap sulit, kurangnya pemanfaatan media pendukung pembelajaran, termasuk dari cara mengajar guru yang kurang efektif dan cenderung monoton sehingga siswa mengalami kesulitan dalam penerimaan berbagai materi pembelajaran. Hal ini juga senada dengan penelitian Permatasari, menjelaskan banyak siswa  yang beranggapan matematika sebagai pelajaran yang sukar dimengerti. Matematika dianggap juga sebagai mata pelajaran yang menakutkan, tidak menarik, juga membosankan. Ungkapan yang banyak sekali diungkapkan oleh peserta didik adalah “Matematika itu susah”. Bagi yang tidak menyukai matematika, mereka akan mengira bahwa ilmu ini susah, kompleks, dan membingungkan sehingga akhirnya menjadi malas dan tidak mau untuk belajar matematika (Permatasari, 2021).

Husna (Al Husna et al., 2021) menyebutkan bahwa masalah dan kesulitan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika yaitu keterampilan dalam hal pemecahan masalah. Hal ini sejalan juga dengan penelitian (Phonapichat et al., 2014) di mana berdasarkan interview yang telah dilakukan dengan guru matematika, menyebutkan bahwa kesulitan tersebut diantaranya ketidakmampuan siswa membaca teks dan kesulitan membaca menyebabkan kesulitan dalam memecahkan masalah matematika, kesalahan siswa dalam menafsirkaan atau menginterpretasikan teks, siswa yang tidak menyukai pertanyaan yang panjang, ketidaksukaan siswa terhadap pertanyaan yang panjang untuk memahami suatu masalah sehingga mereka suka menebak dan tidak menggunakan proses berpikir matematis, siswa tidak mau untuk bersabar dan tidak suka membaca pertanyaan, siswa tidak memiliki kemampuan menalar untuk memikirkan yang harus diasumsikan dan yang harus dilakukan, serta siswa mengalami kesulitan dalam menginterpretasikan keyword atau berbagai kata kunci dari suatu soal yang menyebabkan mereka tidak mampu menjelaskannya dengan benar.

Merdeka Belajar memiliki makna yang dalam. Siswa diberi kepercayaan untuk membangun pikirannya sendiri dalam menghadapi masalah sehingga siswa diharapkan mampu menyelesaikan masalah berdasarkan pengalaman yang didapat sebelumnya. Dalam pelajaran matematika, siswa diharapkan mampu menerapkan era Merdeka Belajar di mana guru hanya berperan sebagai fasilitator (Istikhoirini, 2021).

Merdeka Belajar secara konsep itu sendiri bisa dikatakan berkaitan dengan pembelajaran konstruktivisme. Dari perspektif tersebut, siswa mengonstruksi pengetahuan yang didapatnya sebagai output dari interaksi antara pengalaman dan objek yang ditemukan.

Berdasarkan deskripsi tersebut maka sesuai dengan konsep matematika yang erat kaitannya dengan pemecahan masalah. Dalam pembelajaran konstruktivisme, siswa bebas membangun pemahamannya masing-masing terhadap pelajaran sehingga siswa lebih senang dan nyaman selama proses tersebut. Dalam jenis pembelajaran ini, guru berperan sebagai fasilitator siswa untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan siswa seperti kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor (Naufal, 2021). Dengan demikian, maka akan tercipta iklim pembelajaran yang efektif khususnya pada pembelajaran matematika yang seringkali dianggap menakutkan oleh siswa terlebih jika dalam prosesnya guru hanya melaksanakan kegiatan pembelajaran yang bersifat monoton.

B.  Tantangan dan Solusi Peran Guru dalam Menerapkan Program Merdeka Belajar pada Proses Pembelajaran

1.    Tantangan Peran Guru dalam Menerapkan Program Merdeka Belajar pada Proses Pembelajaran

Program Merdeka Belajar menjadi suatu kebijakan yang dianggap transformatif di dunia pendidikan, tentu ada berbagai perubahan akan dirasakan oleh guru. Perubahan yang dirasakan guru ini menghadapkannya pada berbagai kendala yang perlu diatasi dengan baik. Apa saja sih kendala guru dalam menghadapi program Merdeka Belajar?

a.    Tidak Memiliki Pengalaman dengan Kemerdekaan Belajar

Pengalaman personal para guru terkait kemerdekaan belajar masih minim. Menurut Shintia Revina, peneliti dari SMERU Research Institute, sebuah lembaga yang bergerak di bidang penelitian sosial-ekonomi di Indonesia, menyebutkan telah banyak program pemerintah yang sebenarnya bertujuan untuk mempromosikan perubahan paradigma dari pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Beberapa program di antaranya  seperti Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) maupun Kelompok Kerja Guru (KKG).

Menurut Revina, alasan guru belum mampu mengadopsi kemerdekaan belajar dipicu oleh cara dan pengalaman guru belajar di bangku kuliah. Kurangnya rujukan penyelesaian soal dengan variasi metode di buku teks pun diduga sebagai penyebabnya. Minimnya pengalaman pembelajaran dengan cara merdeka ini juga disebabkan saat guru masih menjadi siswa, sebagai mahasiswa calon guru, maupun ketika menjalani pelatihan sebagai guru dalam jabatan.

b.    Keterbatasan Referensi

Buku teks yang ada saat ini dinilai masih berkualitas cukup rendah. Baik buku guru maupun siswa yang diterbitkan pusat perbukuan atau penerbit swasta belum memberikan referensi yang dapat membantu guru dalam memperoleh rujukan terkait bagaimana memfasilitasi pembelajaran berpusat pada siswa dengan efektif.

Keterbatasan dalam mendapatkan referensi pelaksanaan Merdeka Belajar inilah yang kemudian juga menjadi guru dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang sesuai.

c.    Akses yang Dimiliki dalam Pembelajaran

Adanya perbedaan akses digital dan akses internet yang belum merata juga menjadi kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan merdeka belajar. Dalam wacana pelaksanaan merdeka belajar yang disampaikan Mendikbud, ada enam model pembelajaran yang dapat diterapkan. Salah satu model belajar yang dapat dilakukan ialah daring.

Kelancaran pelaksanaan belajar secara daring pastinya ditentukan dari akses digital dan internet yang dimiliki guru dan siswa. Tidak sedikit sekolah-sekolah yang belum memiliki fasilitas memadai atau guru dan siswa yang aksesnya terbatas mengalami kesulitan. Perbedaan fasilitas, sarana prasarana dan kemudahan akses teknologi menjadi kendala yang terkadang dihadapi guru.

d.   Manajemen Waktu

Dalam upaya transformasi proses pembelajaran, guru mungkin membutuhkan waktu lebih untuk belajar lagi supaya dapat adaptif dengan tuntutan perubahan yang diharapkan. Beberapa sekolah menentukan agenda yang cukup padat untuk melibatkan guru agar berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan.

Belum tugas-tugas dan tanggung jawab lain yang menyertai. Guru sebisa mungkin bergerak dan menemukan cara kreatif inovatif dalam pembelajaran. Tidak semua guru mampu mengatur waktunya dengan baik, terutama dengan kesibukan atau persoalan yang lain yang sekiranya dihadapi.

e.    Kompetensi (Skill) yang Memadai

Minimnya pengalaman dalam implementasi kemerdekaan belajar juga menentukan kualitas atau kompetensi yang dimiliki guru. Beberapa guru bahkan mengalami kesulitan untuk menguasai atau menerapkan keterampilan dasar untuk kebutuhan belajar di era digital seperti Ms. Word, membuat presentasi yang menarik dan menyenangkan, dan lainnya.  Padahal, untuk melaksanakan merdeka belajar guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dengan melibatkan berbagai media atau model pembelajaran yang mendorong siswa. Kompetensi yang masih minim ini juga menjadi kendala guru dapat menjalankan merdeka belajar dengan cepat.  Bukan tanpa alasan adanya perubahan selalu diiringi dengan berbagai permasalahan. Sistem pendidikan yang dianggap usang perlu diperbaiki karena hasil evaluasi yang dilakukan selama ini.  Guru sebagai garda terdepan dari berbagai perubahan tersebut mau tak mau harus siap mengambil berbagai upaya dan berani belajar maupun mencoba. Agar tidak hanya beradaptasi, namun juga mampu menyiapkan siswa sebagai generasi bangsa supaya mampu menjawab tantangan di masa depan.  

2.    Solusi Peran Guru dalam Menerapkan Program Merdeka Belajar pada Proses Pembelajaran

a.    Tidak Memiliki Pengalaman dengan Kemerdekaan Belajar

Solusi minimnya wawasan mengenai kurikulum merdeka adalah dengan cara searching berbagai macam informasi baik di media sosial maupun melalui internet. Sumber yang aktual dan terpercaya, tidak copy paste, dan biasakan menulis referensi. Perluas komunitas para pegiat literasi untuk menyerap informasi lebih cepat dan detail. Telaah dan lakukan library reseach lalu tuangkan dalam bentuk tulisan agar ilmu yang sedikit bisa menjadi wawasan bagi mereka yang membutuhkan sehingga nilai manfaat akan jauh lebih efektif dan efisien.

b.    Keterbatasan Referensi

Guru merdeka memiliki karakter kreatif, inovatif, dinamis, dan solutif. Buku teks yang ada di perpustakaan tidak akan memberikan solusi untuk program baru yang setiap harinya terus berubah sesuai perkembangan zaman.Salah satunya adalah Google scholar bisa menjadi alternatif untuk memecahkan masalah perihal referensi mengenai kurikulum merdeka. Alternatif lain adalah file searching dari berbagai sumber misalnya dari komunitas yang sering mengikuti pelatihan, seminar, workshop, atau webinar Nasional.

c.    Akses yang Dimiliki dalam Pembelajaran

Lembaga pendidikan hendaknya memfasilitasi warga belajar yang memiliki keterbatasan dalam menjangkau akses digital dan jaringan internet untuk mempermudah guru dalam mengembangkan sarana dan prasarana yang berkaitan dengan pembelajaran. Metode pembelajaran tatap muka maupun daring keduanya membutuhkan jaringan yang kuat untuk mewujudkan dan memerangi kendala yang selama ini dihadapi oleh guru. Kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik pun akan menjadi jalan keluar yang efektif ketika sekolah menyediakan fasilitas lengkap bagi guru maupun peserta didik.

d.   Manajemen Waktu

Guru merdeka mampu belajar dalam waktu yang cukup untuk menghadapi sebuah perubahan. Kemampuan yang optimal ketika bergerak dan mencari cara yang inovatif dalam pembelajaran. Tugas dan tanggung jawab guru akan terasa ringan saat guru mampu mengatur waktunya sebaik mungkin terutama dengan kesibukan atau masalah lain yang sedang dihadapi. Manajemen waktu adalah salah satu kunci utama bagi guru dalam memecahkan masalah trasformasi kurikulum merdeka.

e.    Kompetensi (Skill) yang Memadai

Meningkatkan kualitas pengetahuan atau kompetensi yang dimiliki guru akan mempermudah jalan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Menguasai dan menerapkan keterampilan dasar sesuai dengan kebutuhan di era digital seperti Ms. Word, pdf, ppt,exel memiliki email, menulis di media digital, trasformasi administrasi digital, dan lain sebagainya. Guru sebagai ujung tombak terdepan dari berbagai perubahan tersebut maka harus siap mengambil berbagai supaya dan berani belajar atau mencoba sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan zaman. Guru yang mampu beradaptasi dengan cepat akan mampu menyiapkan peserta didik menjawab tantangan di masa yang akan datang.

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa program Merdeka Belajar merupakan program yang menfokuskan pada meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam hal ini para pendidik dan siswa. Dalam hal ini tenaga pendidik harus bisa menciptakan suasana belajar yang aktif, dan tidak berpatokan pada teori yang terdapat pada buku tetapi mampu mengekspor dari lingkungan di mana siswa berada, mempraktikkan secara langsung sehingga para siswa mempuyai keterampilan kehidupan. Tidak hanya itu saja kalau selama ini orientasi siswa hanya mendengarkan guru mengajar maka sudah saatnya para siswa mampu menjelaskan ide dan materi belajar di depan kelas, di forum ilmiah, dalam diskusi. Pada dasarnya konsep merdeka belajar itu berorentasi pada penerapan HOTS (berpikir tingkat tinggi). Kompetensi HOTS itu terbagi dalam berfikir kritis, kreatif dan inovatif, kemampuan berkomunikasi dan kemampuan bekerja sama. Pemerintah berharap dari Merdeka Belajar ini dapat menciptakan hasil belajar siswa yang bukan  hanya paham pada teori tetapi terampil juga di lapangan. Bukan hanya mempersiapkan siswa yang siap melanjutkan ke jenjang berikutnya tapi diharapkan mampu menciptakan peserta didik yang siap menciptakan lapangan pekerjaan.

Dari sini kita dapat melihat bahwa tidak hanya keterampilan siswa yang perlu ditingkatkan tetapi tenaga pendidik harus juga menjadi prioritas penting dalam meningkatkan sumber daya manusia sebagai garda terdepan dalam dunia pendidikan. Tenaga pendidik haruslah tenaga profesional di bidangnya masing-masing guna menunjang tujuan Merdeka Belajar. Pemerintah harus memberikan perhatian, pelatihan, serta pemahaman terkait dengan proses pembelajaran Merdeka Belajar yang akan dilaksanakan di sekolah masing-masing. Ini terkait dengan konsep awal bahwa Merdeka Belajar adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam hal ini pendidik dan peserta didik. Oleh karena itu kunci keberhasilan terletak pada kerja sama stake holder terkait yang menjadi kunci keberhasilan Merdeka Belajar di bangku sekolah.