LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR
PAI DAN BP MATERI KISAH HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION SISWA KELAS IV SDN 01 .......................... SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan
Kenaikan Pangkat Dari Golongan III/d ke IV/a
Unsur Pengembangan Profesi Guru
Oleh
..........................
NIP. ..........................
SEKOLAH DASAR NEGERI 01 .................
Alamat : Jl. ………………, Kecamatan ................., Kabupaten ..........................Provinsi ………………
2023
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1. a. Judul Penelitian : Peningkatan Minat dan Hasil belajar PAI dan BP Materi Kisah hijrah Nabi Muhammad SAW menggunakan Model Pembelajaran Small Group Discussion Siswa Kelas IV SDN 01 .......................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023
b. Bidang Ilmu : Pendidikan Agama Islam
c. Kategori Penelitian : Strategi Pembelajaran
d. Jenis Penelitian : Penelitian Tindakan Kelas
2. Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar : ..........................
b. NIP : ..........................
c. Pangkat / Golongan : Penata Tk.I / IIId
d. Jabatan : Guru Mata Pelajaran
e. Instansi : SDN 01 .................
f. Tempat Penelitian : SDN 01 .................
3. Lama Penelitian : 3 bulan (Bulan Januari 2022 sampai dengan Bulan Maret 2022)
4. Sumber Biaya : Swadaya
Mengetahui ................., 7 Maret 2022
Kepala Sekolah Peneliti
MUNFLATI, S.Pd.SD ..........................
NIP. 19790510 200604 2 032 NIP. ..........................
Mengesahkan
Pengawas Pendidikan Agama Islam
………………………
NIP. …………………
PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR
PAI DAN BP MATERI KISAH HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION SISWA KELAS IV SDN 01 .......................... SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
ABSTRAK
Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Small Group Discussion pada siswa Kelas IV SDN 01 .......................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research (CAR). Subjek penelitian sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisa data diolah dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dengan model Small Group Discussion mampu meningkatkan minat, hasil dan ketuntasan belajar siswa. Adapun peningkatan hasil belajar pada kondisi awal sebesar 63,57 meningkat pada siklus I menjadi 73,93 dan pada siklus terakhir menjadi 85,36 dari batasan KKM=75, sedangkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa atau 25,87% dari 28 siswa pada kondisi awal, menjadi 16 siswa atau 57,14% dan 26 siswa atau 92,86% pada siklus terakhir dari batasan minimal 85% siswa dinyatakan tuntas. Penjelasan mengenai peningkatan minat belajar siswa dari 20 siswa atau 71,43% dan pada siklus terakhir menjadi 27 siswa atau 96,43% dari batasan minimal 85% siswa dinyatakan tuntas. Dari hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Small Group Discussion terbukti dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa Kelas IV SDN 01 .......................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata kunci: prestasi, belajar, small group discussion
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdullilah kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga peneliti dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di SDN 01 .......................... dengan lancar. Laporan ini dibuat oleh penulis dalam rangka memenuhi pengajuan pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan III/d ke IV/a.
Terselesaikannya penelitian ini tidak lepas dari bantuan beberapa pihak dan pada kesempatan ini ijinkan peneliti mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan ini, yaitu kepada yang terhormat:
1. Pengawas PAI yang telah dengan sabar memberikan motivasi kepada peneliti untuk melaksanakan kegiatan penelitian tindakan kelas ini
2. Kepala sekolah yang telah memberikan saran, ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
3. Rekan-rekan guru yang telah bekerjasama dengan baik pada kegiatan Penelitian Tindakan Kelas ini.
4. Siswa dan siswi SDN 01 .......................... khususnya siswa Kelas IV yang peneliti sayangi dan cintai atas kerjasamanya dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini.
Dan akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
................., Maret 2022
Peneliti
KOP SEKOLAH
SURAT KETERANGAN
PENDOKUMENTASIAN LAPORAN PTK DI PERPUSTAKAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Perpustakaan SD Negeri 01 ................., menerangkan dengan sebenarnya bahwa Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul: “Peningkatan Minat dan Hasil belajar PAI dan BP Materi Kisah hijrah Nabi Muhammad SAW menggunakan Model Pembelajaran Small Group Discussion Siswa Kelas IV SDN 01 .......................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023”, adalah benar telah didokumentasikan di Perpustakaan Sekolah sebanyak 1 (satu) eksemplar.
Demikian Surat Keterangan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
Mengetahui ................., Maret 2022
Kepala Sekolah Petugas Perpustakaan
MUNFLATI, S.Pd.SD ……………………..
NIP. 19790510 200604 2 032 NIP. ………………
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ ii
ABSTRAK.......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR........................................................................................ iv
DAFTAR ISI....................................................................................................... v
SURAT KETERANGAN PENDOKUMENTASIAN LAPORAN PTK DI PERPUSTAKAAN vi
DAFTAR TABEL............................................................................................... vii
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... viii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... ix
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ............................................................................ 1
B. Identifikasi Masalah .................................................................... 4
C. Rumusan Masalah ....................................................................... 5
D. Tujuan ......................................................................................... 5
E. Manfaat ...................................................................................... 5
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori................................................................................. 7
B. Kerangka Pikir Penelitian............................................................ 22
C. Hipotesis Tindakan...................................................................... 24
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian......................................................................... 25
B. Metode dan Rancangan Penelitian.............................................. 25
C. Subjek dan Objek Penelitian ....................................................... 26
D. Teknik Pengumpulan Data .......................................................... 27
E. Validasi Data............................................................................... 28
F. Teknik Analisis Data ................................................................... 28
G. Prosedur Penelitian...................................................................... 30
H. Indikator Keberhasilan ............................................................... 33
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data............................................................................. 34
B. Hasil Penelitian............................................................................ 44
C. Pembahasan................................................................................. 47
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan ..................................................................................... 51
B. Saran ........................................................................................... 52
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
Tabel 3.1 Penilaian Hasil Observasi Minat Belajar Siswa............................. 29
Tabel 4.1 Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal............................ 35
Tabel 4.2 Rekapitulasi Hasil Observasi Minat Belajar Siswa pada Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal....................................................................................................... 35
Tabel 4.3 Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Siklus I...................................... 37
Tabel 4.4 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Minat Belajar Siswa Siklus I 39
Tabel 4.5 Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Siklus II.................................... 42
Tabel 4.6 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Minat Belajar Siswa Siklus II 43
Tabel 4.6 Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Pra siklus, Siklus I dan Siklus II 45
Tabel 4.8 Rekapitulasi Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Siklus I dan Siklus II 46
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
Gambar 2.1 Kerangka Berpikir Penelitian Tindakan Kelas......................... 23
Gambar 3.1 Bagan Pelaksanaan PTK (Sirkunti, 2008:55)............................ 26
Gambar 4.1 Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II 45
Gambar 4.2 Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa Pada Siklus I dan II 46
Gambar 4.3 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Keaktifan Siswa Pada Siklus I dan II.... 47
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN
1. Surat Ijin Penelitian
2. Jurnal Kegiatan Penelitian
3. a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I
b. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II
4. Instrumen Pengumpulan Data
a. Lembar Kerja Siswa dan Lembar Soal Tes Formatif Siklus I
b. Lembar Kerja Siswa dan Lembar Soal Tes Formatif Siklus II
c. Lembar Observasi Minat Siswa
5. Analisis Data Hasil Penelitian
6. Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
7. Daftar Hadir Siswa
8. a. Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal
b. Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus I (Pertemuan 1 dan 2)
c. Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus II (Pertemuan 1 dan 2)
9. Berkas Pelaksanaan Seminar Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah melanda sebagian besar negara di dunia sehingga World Health Organization (WHO) telah menetapkan bahwa dunia dalam kondisi pandemi Covid-19. Indonesia pun tak terhindarkan dari pandemi tersebut yang berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusia, baik segi ekonomi, sosial, kesehatan, bahkan pendidikan. Hampir seluruh negara terdampak pandemi mengambil kebijakan menutup sekolah, termasuk juga di Indonesia. Namun, anak harus tetap mendapatkan haknya memperoleh layanan pendidikan. Oleh karena itu, Pemerintah mengeluarkan ketetapan melalui Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020, yang salah satu isinya tentang Belajar Dari Rumah (BDR) selama Pandemi Covid-19 melalui pembelajaran jarak jauh. Untuk memberikan layanan pendidikan dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan warga satuan pendidikan serta mencegah penyebaran Covid-19 yang masif, maka ditetapkanlah Surat Keputusan Bersama 4 Menteri (Mendikbud, Menag, Menkes, dan Mendagri) dengan beberapa kali perubahan, yang berisi tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada masa Pandemi Covid-19. Di dalam keputusan tersebut dicantumkan rambu-rambu pelaksanaan PTM pada masa Pandemi Covid-19.
Proses pembelajaran pada umumnya merupakan proses belajar mengajar atau proses komunikasi dan kerjasama guru dengan siswa untuk mencapai sasaran dan tujuan pembelajaran yang merujuk pada tujuan pendidikan. Pembelajaran juga merupakan proses pengembangan sikap serta kepribadian siswa melalui berbagai tahap dan pengalaman. Mengajar adalah suatu aktivitas untuk mencoba mendorong, membimbing seseorang untuk medapatkan, mengubah atau mengembangkan skill, attitude, ideals (cita-cita), appreciations atau penghargaan (Slameto 2003:32). Mengajar dipandang pula sebagai upaya ”mengorganisasikan hal-hal berhubungan dengan belajar dalam berbagai macam situasi mengajar, yang baik maupun yang buruk”. (Nasution 2006:8).
Metode mengajar adalah cara guru memberikan pelajaran dan cara murid menerima pelajaran pada waktu pelajaran berlangsung baik dalam bentuk memberitahukan atau membangkitkan. Peranan metode pengajaran adalah sebagai alat untuk menciptakan proses belajar mengajar yang kondusif. Dengan suatu metode diharapkan tumbuh berbagai kegiatan belajar siswa sehubungan dengan mengajar guru. Dengan kata lain terciptalah interaksi edukatif antara guru dan siswa. Dalam interaksi ini guru berperan sebagai penggerakatau pembimbing sedangkan siswa berperan sebagai penerima atau dibimbing. Proses interaksi ini akan berjalan dengan baik jika siswa lebih aktif dibandingkan dengan gurunya. Oleh karenanya metode mengajar yang baik adalah metode yang dapat menumbuhkan kegiatan belajar siswa dan sesuai dengan kondisi pembelajaran. Salah satu usaha yang tidak boleh ditinggalkan oleh guru adalah bagaimana guru memahami kedudukan metode sebagai salah satu komponen yang mempengaruhi dalam proses belajar mengajar. Kerangka berpikir yang demikian bukanlah suatu hal yang aneh tetapi nyata dan memang betul-betul dipikirkan oleh guru.
Dalam proses belajar mengajar guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan, dalam arti guru harus selalu menciptakan suasana yang kondusif dalam lingkungan pendidikan dan menjalankan tugasnya dengan semaksimal mungkin demi tercapainya tujuan pendidikan. Guru memiliki peranan yang sangat sentral, baik sebagai perencana, pelaksana, maupun evaluator pembelajaran (Mulyasa, 2005:13).
Dalam kenyataan sehari-hari sering dijumpai sejumlah guru yang menggunakan metode tertentu yang kurang atau tidak cocok dengan isi dan tujuan pengajaran. Dalam kehidupan sehari-hari tak jarang juga ditemui sejumlah guru yang mampu mengaplikasikan secara baik. Hasilnya, tentu saja tidak memadai bahkan mungkin merugikan semua pihak terutama pihak siswa walaupun kebanyakan dari mereka tidak menyadari hal ini. Tidak berkembangnya salah satu faktor dalam proses pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar yaitu guru, murid, materi dan metode pembelajaran sudah barang tentu berpengaruh pada proses pembelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas. Bahkan kondisi tersebut akan berpengaruh pula pada hasil pembelajaran terutama tampak pada hasil belajar siswa.
Studi pendahuluan (pra-survey) adalah kegiatan terkini yang mutlak harus dilakukan untuk mengumpulkan informasi awal penelitian, yaitu hasil belajar, mengumpulkan data profil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang sedang berlangsung di kelas IV SDN 01 .......................... dan kondisi riil subjek yang akan diteliti. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan model atau pendekatan dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran, karena pengembangan sebuah model yang dilakukan perlu didasari oleh data empirik tentang bagaimana proses belajar mengajar di kelas.
Berdasarkan hasil kegiatan studi pendahuluan (pra-survey) yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas IV SDN 01 .......................... masih rendah, khususnya dalam keterampilan menyimak dan keterampilan berbicara siswa memiliki hambatan yang cukup signifikan, yaitu permasalahan yang terpusat pada ketidakmampuan siswa dalam menjelaskan tentang kisah hijrah Nabi Muhammad SAW. Hal ini dapat dilihat secara umum nilai yang dapat dicapai oleh siswa belum memuaskan di mana masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Nilai rata-rata siswa hanya mencapai 63,57 padahal nilai rata-rata yang diharapkan minimal mendapat nilai 75 sesuai dengan ketuntasan individu yang diharapkan oleh sekolah (KKM).
Berdasarkan hasil sebagaimana dijelaskan di atas diperoleh data mengenai kondisi pembelajaran di kelas IV SDN 01 ..........................Sistem pembelajaran yang berlangsung masih satu arah, dimana guru masih berperan sebagai orang yang paling tahu dan sumber segala pengetahuan bagi siswa, sehingga selama proses pembelajaran berlangsung keterlibatan siswa dalam pembelajaran masih kurang atau dapat dikatakan bahwa peserta didik cenderung pasif. Selain itu siswa juga kurang berantusias dalam mengikuti pembelajaran yang ditunjukkan dengan masih sedikitnya siswa yang mengajukan pertanyaan maupun menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh guru. Kondisi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti seperti di atas dijadikan sebagai data based dan titik tolak bagi penelitian tindakan kelas dan pengembangan (classroom research and development) dalam merancang sebuah model hipotetik yang akan diujicobakan dalam penelitian tindakan kelas ini.
Faktor metode atau strategi pembelajaran yang digunakan pendidik cenderung monoton (selalu menggunakan metode ceramah), kurang variatif, membosankan, dan kurang menyenangkan, walaupun tidak selamanya metode ceramah itu jelek. Salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi adalah metode diskusi buzz group. “Buzz group adalah suatu kelompok besar yang dibagi menjadi beberapa kelompok kecil, terdiri atas 5 orang. Tempat diatur agar siswa dapat berhadapan muka dan bertukar pikiran dengan mudah. Diskusi diadakan di tengah pelajaran atau di akhir pelajaran dengan maksud menajankan kerangka bahan pelajaran, memperjelas bahan pelajaran atau menjawab pertanyaanpertanyaan (Hasibuan, dan Moedjiono 2004:20)”..
Berdasarkan data yang diperoleh, pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti selama ini belum mencapai keberhasilan yang memuaskan. Di samping materi yang terlalu banyak, waktu yang tersedia kurang, serta metode atau model pembelajaran yang dipakai guru dalam menyampaikan materi masih monoton atau didominasi oleh guru semata. Akibatnya, aktivitas peserta didik dalam pembelajaran selama ini cenderung pasif, kurang bergairah dalam mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Hasil akhir dari proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berupa hasil belajar peserta didik belum mencapai standar ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan.
B. Identifikasi Masalah
Dari penjelasan sebagaimana latar belakang permasalahan di atas, maka dapat diidentifikasi permasalahan-permasalahan yang ada dan menjadi kendala dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi menjelaskan kisah hijrah Nabi Muhammad SAW peserta didik kelas IV SDN 01 .......................... ini dikarenakan banyak faktor, antara lain:
- Penggunaan metode dan model pembelajaran yang kurang relevan dengan materi pembelajaran yang disampaikan.
- Penjelasan materi terlalu cepat, sehingga kurangnya model dialog yang interaktif, efektif dan kreatif.
- Latar belakang peserta didik yang relatif hiterogen, baik dari segi ekonomi, kemampuan akademik.
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah di atas maka rumusan masalah dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah:
1. Bagaimana peningkatan minat belajar siswa kelas IV SDN 01 ..........................Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi kisah hijrah Nabi Muhammad SAW melalui penerapan metode Small Group Discussion?
2. Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 01 ..........................Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi kisah hijrah Nabi Muhammad SAW melalui penerapan metode Small Group Discussion?
D. Tujuan Penelitian
Dari penjelasan pada rumusan masalah di atas, maka tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah :
a. Untuk mengetahui peningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi kisah hijrah Nabi Muhammad SAW di Kelas IV SDN 01 .......................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 melalui metode Small Group Discussion.
b. Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi kisah hijrah Nabi Muhammad SAW di Kelas IV SDN 01 .......................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 melalui metode Small Group Discussion.
E. Manfaat Penelitian
Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai berikut:
1. Manfaat penelitian:
a. Bagi peserta didik
1) Dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
2) Dapat mengembangkan kemampuan belajar secara mandiri
b. Bagi guru
1) Dapat menggunakannya sebagai solusi tindakan kelas pada sekolah masing-masing.
2) Dapat meningkatkan prestasi pembelajaran dan profesionalitas guru
3) Dapat membantu memberikan informasi peningkatan kemampuan peserta didik kepada seluruh tenaga pendidik.
c. Bagi sekolah
Penelitian ini dapat memberikan pengalaman pada guru-guru lain sehingga memperoleh pengalaman baru, yaitu penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Small Group Discussion dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan : klik DOWNLOAD atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih
0 comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih