Lencana Facebook

banner image

Sunday 14 January 2024

PTK BIOLOGI SMP KURIKULUM MERDEKA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

 

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR  MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK BERHADIAH PADA SISWA KELAS VII-B  SMPN ........................   SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

 

 

 

Diajukan untuk Memenuhi Syarat Kenaikan Pangkat

Unsur Pengembangan Profesi Guru

 

 

 

 

 

 

 

Oleh

 

.............................

NIP. .............................

 

 

 

 

 

 

SMP NEGERI ……………………

Alamat : Jl. ……………………………, Kecamatan ……………………………

Kabupaten ……………………….

2023

HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN AKHIR PENELITIAN TINDAKAN KELAS

(CLASSSROOM ACTION RESEARCH)

 

 

1.   a.  Judul Penelitian                   :    Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar  Materi Ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia Melalui Model Pembelajaran Gallery Walk Berhadiah Pada Siswa Kelas VII-B  SMPN ........................   Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023

       b. Kategori Penelitian              :    Penelitian Tindakan Kelas

2.   Identitas Peneliti

      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : .............................

      b.   NIP                                      :  .............................

      c.   Pangkat / Golongan             : Penata, III/c

      d.   Jabatan                                 : Guru  

      e.   Instansi                                 : SMPN ........................

      f.    Tempat Penelitian                :  SMPN ........................

3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan Januari 2023 sampai dengan Bulan Maret 2023)

4.   Sumber Biaya                             : Swadaya

 

 

                     Mengetahui                             ............................, 25 September 2022

                  Kepala Sekolah                                                   Peneliti

 

 

 

 

          …………………………                                   .............................

      NIP. …………………………                          NIP. .............................

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………

 

 

 

 

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR  MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK BERHADIAH PADA SISWA KELAS VII-B  SMPN ........................   SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

Oleh

 

.............................

NIP. .............................

 

ABSTRAK

 

Penelitian tindakan kelas dilatar belakangi rendahnya keaktifan dan hasil pembelajaran matematika materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia dengan penerapan gallery walk berhadiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi empat komponen yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas VII-B  SMPN ........................  berjumlah 31 siswa. Instrumen pengumpulan data yaitu, lembar observasi dan soal tes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data mengunakan teknik triangulasi. Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Keaktifan siswa dari 10 siswa atau 32,26%,  siklus I ada 20 siswa atau 64,52%, dan pada siklus II ada 29 siswa atau 93,55%, hasil ini sesuai dengan indikator yang ditentukan yakni kriteria ketuntasan mencapai ≥85%, hasil belajar siswa dari rata-rata pada sebelum perbaikan hanya  juga 64,19 menjadi 74,48 dan 85,48 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 6 siswa atau 19,35%,  siklus I ada  17 siswa atau 54,48%, dan pada siklus II ada 27 siswa atau 87,10%, hasil ini sesuai dengan indikator yang ditentukan yakni minimal siswa tuntas mencapai 85 % dari jumlah seluruh siswa. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa semua indikator keberhasilan telah tercapai pada siklus kedua.

 

 

Kata Kunci:  gallery walk, keaktifan, hasil belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

 

Puji syukur allhamdulillah peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan hasil penelitian tindakan kelas ini. Penyusunan laporan hasil penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat dalam  kenaikan pangkat dari golongan III/c ke III/d. Dalam penyusunan ini, peneliti mengambil judul : Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar  Materi Ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia Melalui Model Pembelajaran Gallery Walk Berhadiah Pada Siswa Kelas VII-B  SMPN ........................   Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023

Peneliti menyadari akan segala kekurangan dalam penyusunan laporan hasil penelitian tindakan kelas ini. Maka dari itu kepada pembaca diharapkan untuk memberi sumbang saran maupun kritik yang bersifat membangun kearah perbaikan. Juga pada kesempatan ini peneliti ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan guru yang telah membantu sampai selesainya laporan hasil penelitian tindakan kelas ini dan semua pihak yang tidak sempat peneliti sebut namanya satu persatu atas segala bantuannya dalam penyusunan laporan hasil penelitian tindakan kelas ini.

Peneliti berharap semoga Allah Swt. memberikan balasan yang berlipat ganda kepada mereka yang telah membantu. Akhir kata peneliti mengharapkan kepada yang membaca agar bersedia memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan dan peningkatan mutu laporan hasil penelitian tindakan kelas ini serta mudah-mudahan bermanfaat bagi peneliti khususnya dan pembaca umumnya. Amin Yarobal Alamin.

 

............................,    Maret 2023

Peneliti

 

 

 

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii

ABSTRAK..........................................................................................................    iii

KATA PENGANTAR........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Permasalahan .....................................................     1

B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     3

C.  Rumusan Masalah .......................................................................     4

D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     4

E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     4

 

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................     6

B.  Kerangka Berpikir........................................................................   18

C.  Hipotesis Penelitian.....................................................................   20

 

BAB    III METODE PENELITIAN         

A.  Setting Penelitian.........................................................................   21

B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   21

C.  Subjek Penelitian..........................................................................   23

D.  Teknik Pengumpulan Data ..........................................................   24

E.   Validasi Data...............................................................................   24

F.   Analisis Data................................................................................   25

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   26

H.  Indikator Keberhasilan ................................................................   30

 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   31

B.  Hasil Penelitian............................................................................   40

C.  Pembahasan.................................................................................   43

 

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  

A.  Simpulan .....................................................................................   47

B.  Saran ...........................................................................................   47

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

DAFTAR TABEL

 

TABEL                                                                                                       Halaman

 

Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Keaktifan  Belajar Siswa................................      25

Tabel   4.1     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal...........................      32

Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Kondisi Awal                     32

Tabel   4.3     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Siklus Pertama                   34

Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif  Siklus Pertama ........................      35

Tabel   4.5     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa padaSiklus Kedua                       38

Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif  Siklus Kedua ..........................      39

Tabel   4.7     Peningkatan Keaktifan  Belajar Siswa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II             41

Tabel   4.8     Peningkatan Nilai, dan Ketuntasan  Belajar Siswa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II                                                                                                            42

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

GAMBAR                                                                                                  Halaman

 

Gambar    2.1 Diagram Alur Kerangka Pikir...................................................      19

Gambar    3.1 Model Penelitian Tindakan Kelas.............................................      22

Gambar    4.1  Peningkatan Keaktifan  Belajar Siswa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II                      41

Gambar    4.2  Peningkatan Nilai, dan Ketuntasan  Belajar Siswa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II   .................................................................................................. 43

 

 

 

 

 

 


DAFTAR LAMPIRAN

 

LAMPIRAN                                                                                                             

 

1.        Surat Ijin Penelitian

2.        Jurnal Kegiatan Penelitian

3.        Modul Ajar Siklus I

4.        Modul Ajar Siklus II

5.        Analisis Data HasilPenelitian

6.        Daftar Hadir Siswa

7.        Contoh Hasil Kerja Siswa

8.        a.  Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal

b.  Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus I (Pertemuan 1 dan 2)

c.  Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus II (Pertemuan 1 dan 2)

9.        Berkas Pelaksanaan Seminar PTK

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang  Masalah

Kurikulum Merdeka Belajar sebagai opsi satuan Pendidikan dalam rangka Pemulihan pembelajaran Tahun 2022-2024 kurikulum pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Di sini, para peserta didik dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai dengan bakat dan minatnya. Kurikulum Merdeka yang sebelumnya dikenal dengan sebutan kurikulum prototipe ini dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel dan berfokus pada materi esensial serta pengembangan karakter dan kompetensi siswa. Kurikulum Merdeka yang diklaim mampu mendukung pemulihan pembelajaran akibat pandemi Covid-19 yang memunculkan learning loss mempunyai karakteristik (Ditsmp, 2022:

Dalam kegiatan pembelajaran sering kali siswa sulit menangkap materi yang disampaikan oleh guru karena kurangnya interaksi siswa terhadap materi tersebut. Hasil dari observasi yang dilakukan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah hanya terpaku pada buku ajar yang digunakan. Akibatnya siswa menjadi kurang aktif bergerak dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru, hal ini menyebabkan siswa mudah bosan dengan materi yang disampaikan oleh guru. Selain masih terpacu pada buku ajar, pembelajaran juga masih bersifat teacher centered, jadi guru sebagai pusat belajar bukan siswa sebagai pusat belajar. Oleh karena itu, perlu diterapkan berbagai model atau metode pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa di kelas, sehingga diharapkan pada akhir pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa.

Sebagai  tolak  ukur  dalam  mengevaluasi  keberhasilan  pembelajaran  khususnya pada materi pembelahan sel adalah nilai KKM mata pelajaran  di kelas VII-B SMPN ........................ .................... yaitu 70. Setelah  dilakukan  analisis  terhadap  hasil  belajar  siswa  dalam  tes studi awal ternyata  dari  31 orang  siswa  kelas  VII-B SMPN ........................ .................... sebanyak 25 siswa atau sebesar 80,650% memperoleh nilai di bawah nilai minimal ketuntasan belajar, dan hanya sebanyak 6 siswa atau sebesar 19,35% saja siswa yang memperoleh nilai ≥(80) dengan perolehan nilai rata-rata secara klasikal mencapai angka 64,19.

Berdasarkan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa selama proses pembelajaran, perlu adanya sebuah perubahan dalam cara mengajar dan belajar siswa. Perubahan dalam cara mengajar dapat melalui penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa agar siswa lebih mudah menangkap materi yang disampaikan guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan penguasaan konsep siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menarik, membantu siswa dalam memahami materi dan membantu siswa menghubungkan konsep yang telah dimiliki dengan dunia nyata yaitu dengan model gallery walk. Dalam hal ini dengan menggunakan model gallery walk pada siswa berkesempatan mengembangkan kemampuan dengan mengamati segala peragaan / benda yang sedang terlibat dalam proses serta dapat mengambil kesimpulan-kesimpulan yang sesuai (Tsani et al, 2016)

Penerapan model gallery walk dalam pembelajaran menekankan siswa mendiskusikan hal-hal yang mencakup pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran. Dalam gallery walk siswa dituntut untuk membuat suatu daftar, baik berupa gambar maupun skema sesuai hal-hal apa yang ditemukan atau diperoleh pada saat diskusi disetiap kelompok untuk dipajang di dinding kelas. Setiap kelompok berkeliling melihat dan menilai hasil karya kelompok lain yang digalerikan, kemudian dipertanyakan pada saat diskusi kelompok, sehingga membantu siswa menemukan pengetahuan baru dan menambah daya ingat siswa. Selain itu berbagai macam kelebian dari model gallery walk dibandingkan dengan model lain yaitu pada model ini dapat melatih public speaking, kerjasama, meningkatkan kreatifitas serta kekompakan siswa selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran pada konsep sistem imun perlu digunakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep (Tsani et al, 2016)

Penggunaan model Gallery walk diharapkan dapat mengatasi kendala-kendala pembelajaran seperti materi pembelajaran yang sulit diserap oleh siswa. Karena model ini dapat menghemat efesiensi waktu pelajaran dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat karya. Melalui model pembelajaran gallery walk juga menuntut siswa untuk memperkuat pemahamannya terhadap suatu materi yang diajarkan khususnya IPS. Oleh karena itu, guru harus dapat memilih metode atau model pembelajaran yang tepat sesuai untuk menanamkan konsep tersebut kepada siswa. Siswa tidak hanya duduk diam mendengarkan penjelasan guru, tetapi guru harus memberikan peran kepada siswa sehingga tercipta suasana belajar yang lebih aktif, kreatif dan inovatif.

Berdasarkan uraian di atas, peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan formulasi judul  Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar  Materi Ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia Melalui Model Pembelajaran Gallery Walk Berhadiah Pada Siswa Kelas VII-B  SMPN ........................ ....................  Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023

B.  Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah sebagaimana dijelaskan di atas, maka dapat diidentifikasikan beberapa masalah yang muncul dalam pembelajaran diantaranya sebagai berikut:

1.    Siswa sulit menangkap materi yang disampaikan oleh guru karena kurangnya interaksi siswa terhadap materi yang dipelajari.

2.    Pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah hanya terpaku pada buku ajar yang digunakan sehingga siswa menjadi kurang aktif dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru,

3.    Siswa mudah bosan dengan materi yang disampaikan oleh guru karena kurangnya variasi metode dan model pembelajaran yang digunakan.

4.    Selain masih terpacu pada buku ajar, pembelajaran juga masih bersifat teacher centered,  jadi guru sebagai pusat belajar bukan siswa sebagai pusat belaja.

C.  Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang dan indentifikasi masalah yang telah diungkapkan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah :

1.    Bagaimana peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VII-B SMPN ........................ .................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 pada pembelajaran  materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia dengan penerapan model pembelajaran gallery walk berhadiah?

2.    Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-B SMPN ........................ .................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 pada pembelajaran  materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia dengan penerapan model pembelajaran gallery walk berhadiah?

D.  Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka  yang menjadi tujuan dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk :

1.    Mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VII-B SMPN ........................ .................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 pada pembelajaran  materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia dengan penerapan model pembelajaran gallery walk berhadiah.

2.    Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-B SMPN ........................ .................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 pada pembelajaran  materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia dengan penerapan model pembelajaran gallery walk berhadiah.

E.  Manfaat Penelitian

Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah:

1.    Manfaat Teoretis

Penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran, utamanya untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui penerapan gallery walk berhadiah.

 

 

2.    Manfaat Praktis

a.    Bagi Siswa

1)   Menumbuhkan semangat belajar siswa secara optimal dalam pelaksanaan proses belajar sehingga lebih bermakna.

2)   Dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia.

b.    Bagi Guru

1) Menambah wacana bagi guru tentang model pembelajaran yang
efektif untuk mengajarkan
.

2) Dengan melakukan PTK guru dapat berkembang secara
professional karena dapat menunjukan bahwa ia mammpu menilai
dan memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya
.

c.    Bagi Sekolah

Sekolah mempunyai kesempatan yang besar untuk berkembang pesat, bila para gurunya sudah mampu membuat perubahan atau berbagai perbaikan seperti; penanggulangan berbagai masalah belajar siswa, perbaikan kesalahan konsep, serta penanggulangan berbagai kesulitan mengajar yang dialami guru.  

 

Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan : klik DOWNLOAD atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih