Lencana Facebook

banner image

Saturday 27 January 2024

PTK KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SD

 

Logo

 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

 

PENERAPAN  METODE  PROBLEM  SOLVING UNTUK  MENINGKATKAN  MOTIVASI DAN HASIL  BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TUGAS DI RUMAH ATAU SEKOLAH  SISWA 

KELAS IV  SDN .......................... SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 

 

Diajukan  pada

Penilaian Angka Kredit Unsur Pengembangan Profesi Guru

untuk Kenaikan Pangkat dari Golongan III/c ke III/d

 

 

 

 

 

 

Oleh :

 

…………………………..

NIP. ……………………..

 

 

 

 

 

SEKOLAH DASAR NEGERI ..........................

Alamat : ……………………… Kecamatan …………….

Kabupaten ……………….

2023

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

1.

Judul Penelitian

Penerapan  Metode  Problem  Solving untuk  Meningkatkan  Motivasi dan Hasil  Belajar bahasa Indonesia Materi Tugas di rumah atau sekolah  Siswa  kelas IV  SDN .......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024

2.

Identitas Peneliti

a.    Nama Lengkap

b.   NIP

c.    Pangkat. Golongan

d.   Tempat Tugas

e.    Kabupaten/Kota

f.    Provinsi

g.   Alamat Kantor

 

………………………………..

………………………………..

………………………………..

SDN ..........................

…………………………

……………………….

…………………………………

 

3.

Lama Penelitian

3 bulan (Bulan Juli 2023 sampai dengan September 2023)

4.

Sumber Dana

Swadaya

 

                 Mengetahui                                  ...................... ,     September 2023

              Kepala Sekolah                                                    Peneliti

 

 

              ……………….                                        ………………………

           NIP. ……………..                                   NIP. …………………….

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

………………………….

NIP. …………………..
ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini yaitu  untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar  siswa setelah menerapkan metode problem solving dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi Tugas di rumah atau sekolah. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN .......................... Tahun Pelajaran 2023/2024 sebanyak 17 orang siswa. Teknik dan alat pengumpulan data  menggunakan teknik tes dan non tes (observasi, wawancara, dan lembar kerja siswa). Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar menunjukkan peningkatan dari 5 siswa atau 29,41% pada studi awal menjadi 10 siswa atau 58,82%  pada siklus pertama dan  17 siswa atau 100% pada siklus terakhir dan kenaikan rata-rata hasil belajar studi awal sebesar 52,94 pada siklus  I  nilai  rata-rata  yang  diperoleh  siswa  adalah  61,76 dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 75,29 pada akhir siklus kedua serta didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar pada keadaan awal sebanyak 3 siswa (17,65%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan penerapan penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) pada siklus I meningkat menjadi 7 siswa atau 41,18% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 15 siswa atau 88,24%. Dari perolehan angka-angka di atas dapat disimpulan bahwa pada siklus kedua, proses pelaksanaan perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus kedua. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa metode problem solving dapat meningkatkan proses, motivasi dan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : motivasi, hasil belajar, problem solving

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) ini dapat selesai dengan baik.

Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu Penerapan  Metode  Problem  Solving untuk  Meningkatkan  Motivasi dan Hasil  Belajar bahasa Indonesia Materi Tugas di rumah atau sekolah  Siswa  kelas IV  SDN .......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan …….. Ke golongan ………….

Selesainya penyusunan ini berkat bantuan dari berbagai pihak oleh karena itu, pada kesempatan ini peneliti sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan laporan penelitian tindakan kelas ini dengan tulus dan ikhlas. Semoga Allah SWT membalas segala kebaikan dan ketulusan semua pihak.

Akhirnya peneliti mohon saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya manusia.

 

......................,    September 2023

 

Peneliti

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii

ABSTRAK..........................................................................................................    iii

KATA PENGANTAR........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................     1

B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     4

C.  Rumusan Masalah .......................................................................     4

D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     5

E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     5

 

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................     7

B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................   25

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   27

 

BAB    III METODE PENELITIAN

A.  Setting Penelitian.........................................................................   28

B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   28

C.  Subjek Penelitian..........................................................................   29

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   29

E.   Validasi Data...............................................................................   30

F.   Analisis Data................................................................................   31

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   32

H.  Indikator Keberhasilan ................................................................   36

 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   37

B.  Hasil Penelitian............................................................................   53

C.  Pembahasan Hasil Penelitian.......................................................   56

 

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN

A.  Simpulan .....................................................................................   60

B.  Saran ...........................................................................................   61

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

 

DAFTAR TABEL

 

Tabel                                                                                                           Halaman

Tabel      3.1    Kriteria Penilaian Hasil Belajar..............................................         31

Tabel      4.1    Hasil Tes Formatif Kondisi Awal..........................................         37

Tabel      4.2    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Kondisi Awal                    38

Tabel      4.3    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif pada  Siklus I......................         43

Tabel      4.4    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus I                  44

Tabel      4.5    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran bahasa Indonesia pada  Siklus II                   50

Tabel      4.6    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus II                 51

Tabel      4.7    Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II                     54

Tabel      4.8    Rekapitulasi Hasil Observasi Motivasi Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II............................................................................................         55

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar                                                                                                      Halaman

Gambar 2.1    Bagan Kerangka Pikir............................................................         27

Gambar 3.1    Alur PTK Model Kemmis & Taggart (Arikunto, 2008:16)....         29

Gambar  4.1    Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                      54

Gambar  4.2    Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa Pada Siklus I dan II           ........................................................................................... 55

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran                                                                                                                  

Lampiran    1     :    Surat Ijin Penelitian

Lampiran    2     :    Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran    3     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I

Lampiran    4     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II

Lampiran    5     :    Berkas Instrumen Pengumpulan Data

Lampiran    6     :    Analisis Data Hasil Penelitian

Lampiran    7     :    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa

Lampiran    8     :    Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

Lampiran    9     :    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 

Lampiran    10   :    Dokumen Pelaksanaan Seminar Penelitian Tindakan Kelas

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang Masalah

Implementasi kurikulum oleh satuan pendidikan harus
memperhatikan ketercapaian kompetensi peserta didik pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus. Masa pandemi Covid -19 merupakan salah satu kondisi khusus yang menyebabkan ketertinggalan pembelajaran (learning loss) yang berbeda-beda pada ketercapaian kompetensi peserta didik. Untuk mengatasi ketertinggalan pembelajaran (learning loss) diperlukan kebijakan pemulihan pembelajaran dalam jangka waktu tertentu terkait dengan implementasi kurikulum oleh satuan pendidikan. Implementasi kurikulum oleh satuan pendidikan dapat menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebu tuhan pembelajaran peserta didik dan harus memperhatikan ketercapaian kompetensi peserta didik di satuan pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran. Maka satuan pendidikan diberikan opsi dalam melaksanakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran bagi peserta didik.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Pendidikan dasar diselenggarakan untuk memberikan dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan bagi siswa. Suharjo (2006: 1) pendidikan di SD dimaksudkan sebagai upaya pembekalan kemampuan dasar siswa berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang bermanfaat bagi dirinya sesuai tingkat perkembangannya, serta mempersiapkan mereka untuk melanjutkan kejenjang berikutnya yang lebih tinggi. Pendidikan dasar inilah yang selanjutnya dikembangkan untuk meningkatkan kualitas diri siswa. Guru mempunyai peranan penting terhadap terciptanya proses pembelajaran yang mengantarkan siswa ke arah tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Tujuan dari proses pendidikan di sekolah dasar adalah agar siswa mampu memahami potensi diri, memiliki peluang, dan memahami tuntutan lingkungan serta dapat merencanakan masa depan mengenai serangkaian keputusan yang paling mungkin bagi dirinya. Tujuan akhir pendidikan dasar adalah diperolehnya pengembangan pribadi anak yang dapat membangun dirinya sendiri dan ikut serta bertanggungjawab terhadap pembangunan bangsa, mampu melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi, dan mampu hidup di masyarakat dan mengembangkan diri sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan lingkungan.

Salah  satu  masalah  yang  dihadapi  dunia  pendidikan  kita  adalah  masalah lemahnya  proses  pembelajaran.  Dalam  proses  pembelajaran,  siswa  kurang didorong  untuk  mengembangkan  kemampuan  berfikir.  Proses  pembelajaran  di dalam kelas diarahkan kepada kemampuan siswa untuk menghafal informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya itu untuk menghubungkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Guru  merupakan  komponen  yang  sangat  penting,  sebab  keberhasilan pelaksanaan proses pendidikan sangat tergantung pada guru sebagai ujung tombak. Oleh  karena  itu  upaya  peningkatan  kualitas  pendidikan  seharusnya  dimulai  dari pembenahan kemampuan guru. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah bagaimana merancang suatu strategi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan atau kompetensi  yang  akan  dicapai,  karena  kita  yakin  tidak  semua  tujuan  bisa  dicapai oleh hanya satu strategi saja.  Seperti halnya kegiatan pembelajaran di tempat peneliti bertugas yaitu di SDN .......................... untuk mata pelajaran  Ilmu Pengetahuan  Sosial   materi tugas di rumah atau sekolah  pada kelas IV, peneliti  menemukan hasil yang cukup rendah.  Dari  16 siswa di kelas IV  SDN ..........................  hanya 3 siswa (17,65%)  saja yang mencapai tingkat penguasaan materi 85% ke atas atau yang mendapatkan nilai minimal sama dengan KKM sebesar 70, sedangkan 14 orang siswa (82,35%) dinyatakan belum tuntas karena memperoleh nilai di bawah KKM, dengan perolehan rata-rata hasil belajar secara klasikal sebesar 52,94.

Untuk  itu  guru  perlu  menggunakan  beragam  metode  yang  menyediakan beragam  pengalaman  belajar  melalui  contoh  dan  bukti  yang  kontekstual.  Untuk menciptakan  kegembiraan  dalam  proses  pembelajaran,  mengurangi  keabstrakan dan meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis maka harus diterapkan metode  mengajar  yang  baik.  Siswa  akan  lebih  mudah  memahami  suatu  konsep jika  dalam  belajar  siswa  dapat  menggunakan  sebanyak  mungkin  indera  dan berinteraksi dengan isi pembelajaran. Apalagi pembelajaran bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran  yang  sarat  materi  sehingga  siswa  dituntut  memiliki  pemahaman  yang holistik terhadap materi yang disampaikan guru.  

Permasalahan yang muncul pada saat observasi yaitu guru belum optimal dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia, dan guru juga belum optimal dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi. Selama pembelajaran berlangsung siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan menjalankan segala perintah guru. Pembelajaran masih bersifat satu arah sehingga pembelajaran terkesan membosankan. Selain itu, siswa kurang antusias dalam mengemukakan pertanyaan, gagasan, dan pendapat saat pembelajaran. Saat pembelajaran berlangsung sebagian besar siswa belum sepenuhnya berpartisipasi aktif. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan metode yang dapat membuat siswa aktif dalam berpikir dan mencari solusi atas persoalan yang ada untuk mencapai tujuan pembelajaran, serta kemampuan bekerja sama dalam memecahkan masalah. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah metode problem solving.

Metode problem solving dapat melatih siswa untuk dapat menyelesaikan persoalan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Zusnani (2013: 24) problem solving adalah mencari atau menemukan cara penyelesaian (menemukan pola, aturan, atau algoritma). Metode problem solving dapat melatih siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Harold Spears (Suprijono 2012: 2) Learning is to observe, to read, to imitate, to try something themselves, to listen, to follow direction. (Dengan kata lain, bahwa belajar adalah mengamati, membaca, meniru, mencoba sesuatu, mendengar dan mengikuti arah tertentu). Penggunaan metode pembelajaran sangat penting saat pembelajaran bahasa Indonesia, karena sangat berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran. Metode
problem solving dapat membuat siswa berpikir untuk mencari solusi atas persoalan yang ada untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Peneliti melakukan perbaikan pembelajaran pada hasil belajar melalui penelitian tindakan kelas dengan judul :Penerapan  Metode  Problem  Solving untuk  Meningkatkan  Motivasi dan Hasil  Belajar bahasa Indonesia Materi Tugas di rumah atau sekolah  Siswa  kelas IV  SDN .......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024”.

B.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan hal tersebut, peneliti meminta bantuan kepala sekolah, dan teman sejawat untuk membantu mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran yaitu :

  1. Guru belum optimal dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia, dan guru juga belum optimal dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi
  2. Selama pembelajaran berlangsung siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan menjalankan segala perintah guru.
  3. Pembelajaran masih bersifat satu arah sehingga pembelajaran terkesan membosankan.
  4. Selain itu, siswa kurang antusias dalam mengemukakan pertanyaan, gagasan, dan pendapat saat pembelajaran. Saat pembelajaran berlangsung sebagian besar siswa belum sepenuhnya berpartisipasi aktif

 

C.    Rumusan Masalah

 Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah di atas, dapat dirumuskan masalah dalam  penelitian tindakan kelas ini yaitu :

1.   Bagaimana peningkatan motivasi  belajar bahasa Indonesia materi tugas di rumah atau sekolah  melalui penerapan  metode  Problem  Solving  siswa  kelas IV SDN ..........................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024?

2.  Bagaimana peningkatan hasil belajar  bahasa Indonesia materi tugas di rumah atau sekolah melalui penerapan  metode  Problem  Solving  siswa  kelas IV SDN ..........................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024?

 

D.    Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari pelaksanaan perbaikan pembelajaran  yang dilaksanakan melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah :

1.   Untuk  mengetahui peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia materi tugas di rumah atau sekolah  siswa  kelas IV Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 SDN .......................... setelah  menerapkan  metode problem solving.

2.   Untuk  mengetahui peningkatan hasil belajar  bahasa Indonesia materi tugas di rumah atau sekolah siswa kelas IV  Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 SDN .......................... setelah  menerapkan  metode problem solving.

 

E.     Manfaat  Penelitian

Dalam  penelitian  ini  diharapkan  mendatangkan  manfaat  bagi  semua  pihak, adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

1.  Manfaat bagi siswa

a.   Menumbuhkan  kemampuan  memecahkan  masalah,  kemampuan  bekerja sama, dan kemampuan berkomunikasi serta mengembangkan keterampilan berfikir siswa.

b.   Meningkatkan  motivasi  dalam  belajar  bahasa Indonesia  sehingga  dapat  menumbuhkan minat  belajar  yang  pada  gilirannya  akan  membawa  pengaruh  yang  positif yaitu  terjadinya  peningkatan  hasil  belajar  yang  baik  serta  penguasaan konsep  dan  keterampilan  yang  lainnya.  Potensi  siswa  dapat  lebih ditumbuhkembangkan agar menjadi baik.

c.   Sebagai  tambahan  ilmu  mengenai  metode  dalam  pendidikan,  sehingga mereka  mengetahui  bahwa  dalam  pendidikan  mereka  bukan  hanya dijadikan  sebagai  obyek,  melainkan  perlu  juga  dijadikan  sebagai  subyek dan mereka mampu mengungkapkan pendapat dan tentu saja memperbaiki hasil belajar siswa.

 2.  Manfaat bagi guru

a.   Mendapat  pengalaman  langsung  melakukan  penelitian  tindakan  kelas (PTK)  untuk  meningkatkan  kualitas  pembelajaran  dan  mengembangkan profesi guru.

b.   Sebagai  alat  tolak  ukur  bagi  metode  yang  telah  disampaikan  oleh  guru dalam  kegiatan  belajar  mengajar  dikelas,  sehingga  guru  dapat menggunakan  metode  yang  lebih  baik  dalam  kegiatan  belajar  mengajar. guna mencapai berbagai tujuan yang diinginkan.

c.   Mengetahui  strategi  pembelajaran  yang  bervariasi  yang  dapat memperbaiki  dan  meningkatkan  sistem  pembelajaran  di  kelas,  sehingga dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  dan  untuk  mengatasi  rasa kebosanan siswa dalam belajar bahasa Indonesia.

3.   Bagi Sekolah

Sebagai  penambah  sumber  keilmuan  yang  baru  bagi  sekolah,  sehingga sekolah tersebut lebih sering menggunakan metode problem solving sebagai upaya memperbaiki metode pembelajaran.

 Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan : klik DOWNLOAD atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih