EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM PARENTING DALAM PELATIHAN KARAKTER SISWA DI PKBM ........................
TESIS
Disampaikan untuk memenuhi persyaratan
Menulis tesis Program Studi Administrasi Pendidikan
Oleh
........................
NIM ........................
PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN
SEKOLAH PASCASARJANA
UNIVERSITAS ……………………………………………..
2022
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Evaluasi Implementasi Program Parenting dalam Pelatihan Karakter Siswa di PKBM .........................Metode yang digunakan adalah Penelitian ini menggunakan penelitian evaluasi model Krick Patrick pengumpulan data menggunakan observasi, waancara, dokumentasi dan angket. Teknik keabsahan data dalam evaluasi ini akan merujuk kepada triangulasi data, investigator, dan metode.Hasil penelitian adalah pelaksanaan proses penyelenggaraan Program Parenting dalam pelatihan Karakter peserta di ........................ terlaksana dengan baik, dengan peserta sejumlah 50 orang siswa. Saat ini, RQV Indonesia telah memberikan manfaat ke lebih dari 53.765 Masyarakat di 132 Cabang baik secara langsung ataupun tidak langsung dan menebarkan kebermanfaatan di 14 Provinsi di Indonesia. Untuk mendukung program pemerintah dalam pembentukan karakter bangsa yang baik, RQV Indonesia ........................ mengadakan suatu program pelatihan parenting tentang pelatihan karakter siswa.Hasil evaluasi empat tahap model evaluasi ini yaitu pada tahap reaksi peserta diklat terhadap penyelenggara dan narasumber memberikan reaksi positif dari “Memuaskan”. Demikian halnya pada tahap belajar, peserta semua lulus dengan ratarata kualifikasi “Memuaskan”. Pada tahap perilaku peserta berdasarkan dengan kualifikasi “Baik” dan tahap dampak diklat terhadap peserta juga didapatkan hasil evaluasi dengan kualifikasi “Baik”. Hasil evaluasi ini setelah dibandingkan dengan kriteria keberhasilan maka penyelenggaraan Program Parenting dalam pelatihan Karakter peserta di ........................ dikatakan berhasil dengan baik. Perbandingan antara kriteria dan kinerja evaluasi model Kirkpatrick yang ditetapkan, menunjukkan hasil evaluasi ini bagus dan model evaluasi layak untuk direkomendasikan.
ABSTRACK
The purpose of this study was to determine the Evaluation of the Implementation of the Parenting Program in Student Character Training at PKBM RQVI .........................The method that is used is Krikpatrick model of evaluation research. Data collection consists of observation, interviews, documentation and questionnaires. Data validity techniques in this evaluation consists of triangulation of data, investigators, and methods. The results of the study are the implementation of the Parenting Program in participant character training at RQVI ........................ is well implemented, with 50 students participating. Currently, RQV Indonesia proven to benefited more than 53,765 people in 132 branches, either directly or indirectly and spread benefits in 14 provinces in Indonesia. To support government programs to form good national character, RQV Indonesia ........................ held a parenting training program on student character training. The results of the four-stage evaluation of this evaluation model, namely at the stage of the training, participants' reactions to the organizers and expert, gave a positive reaction of "Satisfactory". Likewise, at the learning stage, all participants passed with an qualification of "Satisfactory". At the behavior stage, participants based on the qualification of "Good" and the stage of the impact of training on participants also obtained evaluation results with a qualification of "Good". The results of this evaluation after being compared with the success criteria, the implementation of the Parenting Program in participants character training at RQVI ........................ is said to have succeeded well. The comparison between the criteria and the performance of the Kirkpatrick evaluation model that used, shows that the results of this evaluation are good and worth recommending.
DAFTAR ISI
ABSTRAK .......................................................................................................... i
ABSTRACK....................................................................................................... ii
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.................................................... iii
LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.............................................................. iv
KATA PENGANTAR........................................................................................ ii
DAFTAR ISI ...................................................................................................... iii
DAFTAR TABEL .............................................................................................. iv
DAFTAR GAMBAR ......................................................................................... v
DAFTAR LAMPIRAN .....................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.............................................................. 1
B. Masalah Evaluasi......................................................................... 9
1. Fokus Evaluasi......................................................................... 9
2. Ruang Lingkup Evaluasi......................................................... 9
3. Perumusan Masalah Evaluasi................................................... 9
C. Kegunaan Hasil Penelitian........................................................... 10
BAB II KAJIAN TEORI
A. Kajian Teori.................................................................................. 11
1. Evaluasi.................................................................................. 11
2. Parenting ............................................................................... 42
3. Pelatihan Karakter ................................................................ 59
B. Kajian Relevan ............................................................................ 61
C. Sinopsis........................................................................................ 65
BAB III METODOLOGI EVALUASI
A. Tujuan Evaluasi............................................................................ 67
B. Tempat dan Waktu Evaluasi........................................................ 67
C. Metode dan Model Evaluasi ....................................................... 68
D. Teknik dan Prosedur Pengumpulan Data ................................... 70
E. Standar Evaluasi ......................................................................... 73
F. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data ......................................... 74
BAB IV HASIL EVALUASI DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi data.............................................................................. 77
B. Temuan dan Pembahasan ............................................................ 82
BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN REKOMENDASI
A. Kesimpulan.................................................................................. 92
B. Implikasi...................................................................................... 93
C. Rekomendasi............................................................................... 93
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................... 94
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel 2.1 Rentang Skala Likert .................................................................... 33
Tabel 3.1 Gantt Chart Aktivitas Penelitian .................................................. 67
Tabel 3.2 Kisi-kisi Angket Program Parenting dalam Pelatihan Karakter Siswa di PKBM ........................ 72
Tabel 3.3 Kualifikasi Skor Tahap Reaksi ...................................................... 73
Tabel 3.4 Kualifikasi Skor Tahap Belajar ..................................................... 74
Tabel 3.5 Kualifikasi Skor Evaluasi Tahap Perilaku dan Dampak ............... 74
Tabel 4.1 Rekapitulasi Rata-Rata Skor Hasil Angket Tahap Reaksi ............ 77
Tabel 4.2 REkapitulasi Rata-Rata Skor Hasil Angket Tahap Perilaku.......... 80
Tabel 4.3 Rekapitulasi Rata-Rata Skor Hasil Angket Tahap Dampak.......... 81
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 ... Empat Level Model Evaluasi Kirkpatrick .................................. 29
Gambar 2.2 .. Metode Pengukuran Level Tiga.................................................. 39
Gambar 2.3 ... Alur penelitian Model Evaluasi Kirkpatrick ............................... 66
Gambar 4.1 ... Diagram Hasil Angket Tahap Reaksi ......................................... 77
Gambar 4.2 ... Diagram Hasil Angket Tahap Belajar ......................................... 79
Gambar 4.3 ... Diagram Diagram Hasil Angket Tahap Perilaku ........................ 80
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Menumbuhkan dan mengembangkan karakter siswa membutuhkan suatu perjuangan yang berat, dibutuhkan suatu pembiasaan melalui program yang terus-menerus untuk menghidupi nilai-nilai yang baik. Sehingga nilai-nilai positif yang dimiliki siswa dapat menjadi tameng yang kuat dan kokoh dalam menghadapi setiap acaman internal dan eksternal permasalahan sosial yang dapat merusak generasi diantaranya yaitu kekerasan, narkoba, pornografi, adiksi gawai, trafficking, tidak peduli lingkungan, radikalisme dan lain-lain. Serta beroleh hasil sesuai tujuan pelaksanaan program pembelajaran yaitu mampu menumbuh kembangkan semua potensi yang dimiliki oleh siswa.
Begitu pentingnya pendidikan karakter untuk dapat membangun bangsa yang maju dan beradab, pendidikan karakter dalam Islam dikenal dengan isitilah akhlak. Akhlak yang baik tentu mencerminkan kepribadian yang baik pula. Implementasi Pendidikan karakter dalam Islam tersimpul dalam karakter pribadi Rasulullah Saw yang mulia dan agung sebagaiman firman Allah SWT dalam Al-Quran surah al-Ahzab ayat 21:
ôs)©9 tb%x. öNä3s9 Îû ÉAqßu «!$# îouqóé& ×puZ|¡ym `yJÏj9 tb%x. (#qã_öt ©!$# tPöquø9$#ur tÅzFy$# tx.sur ©!$# #ZÏVx. ÇËÊÈ
21. Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.
Dengan pribadi Rasulullah dijadikan sebagai suri tauladan yang baik untuk umatnya. Tentu ini menjadi landasan bagi orangtua dalam memberikan pendidikan karakter terhadap anaknya. Keluarga menjadi salah satu lembaga utama pendidikan anak. pembentukan sikap dan karakter anak dimulai dari keluarga (Yulianingsih,2020.h.58). Seperti yang disampaikan oleh Prasanti & Fitriani,(2018.h.25) bahwa pembentukan karakter diawali dari keluarga, kemudian dilanjutkan dengan sekolah, dan komunitas yang diikuti anak tersebut.
Abdullah Nashih Ulwan membagi tanggung jawab orang tua dalam mendidik bersentuhan langsung dengan pendidikan Iman, pendidikan moral, pendidikan fisik, pendidikan rasio/akal, pendidikan kejiwaan, pendidikan social dan pendidikan seksual. Konteksnya dengan tanggung jawab orang tua dalam pendidikan, maka orang tua adalah pendidik yang pertama dan utama dalam keluarga. (Djamarah, 2004.h.156). Peran utama yang dapat dilakukan orang tua dalam mengembangkan karakter anak. Pertama, berkewajiban menciptakan suasana yang hangat dan tentram. Tanpa ketentraman, akan sukar bagi anak untuk belajar apa pun dan anak akan mengalami hambatan dalam pertumbuhan jiwanya. Ketegangan dan ketakutan adalah wadah yang buruk bagi perkembangan karakter anak.Kedua, menjadi panutan yang positif bagi anak sebab anak belajar terbanya dari apa yang dilihatnya, bukan dari apa yang didengarnya. Karakter orang tua yang dierlihatkan melalui perilaku nyata merupakan bahan pelajaran yang akan diserap anak. Ketiga, mendidik anak artinya mengajarkan karakter yang baik dan mendisiplinkan anak agar berperilaku sesuai dengan apa yang telah diajarkannya. (Amini, 2008.h.56)
Lingkungan keluarga merupakan lembaga pendidikan yang utama, maka sudah menjadi kewajiban setiap orang tua mendidik anak untuk mengarahkan anaknya kepada kebaikan, niscaya anak akan tumbuh menjadi anak yang baik. Namun, sebaliknya jika orang tua mengajarkan perilaku yang tidak baik, maka niscaya anak akan tumbuh menjadi anak yang kurang baik. Oleh karena itu, peran orang tua dalam mendidik anakanaknya sangat dibutuhkan agar anak tumbuh menjadi seseorang yang berbudi luhur.
Orang tua adalah orang yang pertama kali mengajarkan anak berbahasa dengan mengajari anak mengucapkan kata ayah, ibu, nenek, kakek dan anggota keluarga lainnya. Orang tua adalah orang yang pertama mengajarkan anak bersosial dengan lingkungan sekitarnya. Orang tua adalah sebagai pendidik yang menjadi penentu dasar kepribadian anak. Dasar kepribadian tersebut akan bermanfaat serta berperan penting untuk menetralisir terhadap pengaruh-pengaruh yang tidak baik dalam membentuk kepribadian.
Masa anak-anak adalah saat tubuh masih mengalami perubahan, sehingga masalah apa pun yang menimpa anak-anak akan mempengaruhi pertumbuhan dan juga perkembangannya. Memiliki anak yang baik karakternya dan cerdas secara pemikiran merupakan idaman setiap orang tua. Namun, ada beberapa orang tua yang masih belum mendidik anaknya secara ideal sehingga mereka belum bisa mendidik anaknya dengan baik. Maka mendidik anak sudah menjadi tanggung jawab setiap orang tua agar anak dapat diawasi dan diarahkan terkait dengan pertumbuhan dan perkembangannya.
Masalah yang terjadi seperti kekerasan pada anak dikarenakan pengetahuan yang minim tentang cara mendidik anak. Hasilnya, orang tua akan melimpahkan emosi kepada anak ketika berbuat salah. Akan tetapi, kondisi saat ini sebagian para orang tua melupakan tugas pentingnya yaitu mendidik anak. Dengan banyaknya kesibukan para orang tua, membuat mereka akhirnya menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak mereka kepada lembaga pendidikan. Dan beranggapan bahwa anak mereka sudah mendapatkan pendidikan yang baik dilembaga pendidikan tersebut. Kenyataan seperti yang digambarkan di atas tentu sangat memprihatinkan, karena mendidik anak merupakan kewajiban setiap orang tua yang akan dipertanggung jawabkan secara personal di hadapan Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga usaha dan peran orang tua adalah sebuah keniscayaan, sedangkan sekolah hanya lembaga mitra‘ yang tidak mungkin menggantikan seluruh kewajibannya. Sebagaimana hadist dari Rosulullah SAW.
Dari Abu Hurairah r.a. katanya, berkata Rasulullah SAW.: Tidaklah anak dilahirkan dalam keadaan suci, maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya sebagai orang Yahudi, Nasrani, atau orang Majusi, sebagaimana dilahirkannya binatang ternak dengan sempurna, apakah padanya terdapat telinga yang terpotong atau kecacatan lainnya?. Kemudian Abu Hurairoh membaca, Jika engkau mau hendaklah baca, (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus. (HR. Bukhari) (Mustofa, 2004.h.402).
Saat sekarang ini, masalah belum pahamnya orangtua tentang mendidik anak sebenarnya dapat dilakukan dengan beragam cara, diantaranya dengan mengikuti pelatihan parenting yang banyak dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan. Program pelatihan parenting menjadi salah satu solusi dalam membantu orang tua agar dapat mendidik anaknya dengan baik. Program pelatihan parenting ini diadakan sebagai sebuah kebutuhan untuk menjawab keresahan orang tua yang belum paham tentang pertumbuhan dan perkembangan anak. Karena mendidik anak juga tidak semudah apa yang dibayangkan.
Program parenting yang menjadi salah satu program dalam penguatan kehidupan keluarga dan masyarakat Indonesia, memberikan salah satu penguatan dalam kehidupan masyarakat, terutama perkembangan anak usia dini, metode pengasuhan dan pola komunikasi yang dijalankan oleh sebagian besar masyarakat. Pendekatan yang tepat dalam pendidikan keluarga diharapkan memberikan hasil berupa penguatan untuk aksesibilitas masyarakat untuk peningkatan kualitas kehidupan melalui penguatan keluarga. Tidak hanya menggunakan pendekatan ekonomi, melainkan dengan menggunakan pendekatan pendidikan yang diharapkan jauh lebih mampu membentuk karakter masyarakat Indonesia ke depan.
Pengembangan program parenting menjadi salah satu metode dalam membangun karakter kehidupan yang ada di tengah masyarakat global. Karena kualitas hubungan keluarga menjadi salah satu unsur penting dalam membangun masyarakat yang saling mendukung satu sama lain. Dengan adanya paradigma pembangunan berkelanjutan menjadi salah satu indikator utama pembangunan masyarakat saat ini, maka salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan serangkaian kegiatan yang secara konsisten dilakukan untuk mengubah, membangun paradigma masyarakat mengenai konteks kualitas kehidupan yang harus dilakukan, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat itu sendiri. Termasuk mengenai program keayahbundaan yang diharapkan dapat memberikan warna baru dalam peningkatan kualitas kehidupan masyarakat terutama proses pendampingan dan membangun kesadaran pendidikan keluarga sebagai komponen utama dalam pembangunan masyarakat. Parenting merupakan upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Parenting sebagai proses interaksi berkelanjutan antara orang tua dan anak-anak mereka yang meliputi aktivitas-aktivitas sebagai berikut: memberi makan (nourishing), memberi petunjuk (guiding), dan melindungi (protecting) anak-anak ketika mereka tumbuh dan berkembang.
Untuk bisa mendidik dan mengasuh anak dengan baik dan benar orangtua harus memiliki keterampilan, pengetahuan dan pemahaman tentang hal tersebut. Untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tersebut maka orang tua harus mau belajar dan salah satu cara yang dapat digunakan adalah melalui program parenting. Program pelatihan parenting merupakan salah satu sarana yang dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan kualitas sebagai orang tua di dalam keluarga.
Kurangnya pemahaman akan pentingnya pendidikan keluarga oleh orang tua, kesibukan mereka juga menjadi salah satu faktor hilangnya peran orang tua dalam mendidik anak. Sudah banyak orang tua yang menyadari pentingnya pendidikan karakter anak namun masih banyak orang tua yang belum memahami pentingnya pendidikan informal, pendidikan yang berlangsung di dalam keluarga. Mereka menyekolahkan anak-anak mereka dengan pasrah sepenuhnya pendidikan anak ditangani oleh guru-guru di sekolah. Kesibukan mereka untuk menjalani profesi pekerjaan menjadi jurang kedekatan hubungan antara anak dan orang tua. Belum lagi para orang tua yang mempunyai profesi tambahan sehingga benar-benar waktu mereka hanya untuk bekerja. Hal tersebut tentunya jika dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan pengaruh terhadap perkembangan anak.
Dalam upaya membantu orang tua untuk dapat memberikan pola asuh yang baik dan benar PKBM ........................ memfasilitasi para orang tua untuk dapat menambah pengetahuan dan katerampilannya melalui program pelatihan parenting. Program ini dikhususkan bagi para orangtua yang mempunyai anak usia sekolah yang ingin meningkatkan pola asuh mereka. Melalui program ini diharapkan dapat memberikan manfaat agar para orangtua yang mengikuti pelatihan ini bisa memberikan pendidikan yang benar kepada anak-anaknya sehingga bisa mencetak generasi yang sesuai dengan yang diharapan. Melalui program parenting sangat diharapkan untuk dapat memberikan kedekatan hubungan antara orang tua dan anak. Dan tujuan mereka untuk memberikan pendidikan karakter yang baik dapat tercapai.
Observasi awal di PKBM ........................, dari para orang tua yang mengikuti program parenting ditemukan beberapa permasalahan diantaranya kesibukan mereka menjalani profesi sehingga mereka lebih banyak memfokuskan diri untuk memenuhi kebutuhan ekonominya dengan bekerja keras sehari-hari. Kondisi inilah yang menjadi salah satu faktor kurang berkualitasnya hubungan orang tua dengan anak dalam keluarga. Di sisi lain orang tua juga merupakan pasangan orang tua muda yang dihadapkan dengan beberapa permasalahan yang perlu dipecahkan. Beberapa permasalahan tersebut antara lain: (1) banyaknya wali murid yang masih berstatus orang tua muda di keluarganya; (2) kesibukan orang tua muda dalam membantu perekonomian keluarga (banyaknya orang tua muda yang bekerja di luar rumah); (3) kurangnya intensitas dan kualitas pertemuan orang tua dan anak dalam keluarga; dan (4) perekonomian keluarga muda yang kurang stabil, maka solusi yang dapat ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah mengembangkan program parenting. Para orang tua harus memiliki pengetahuan terkait parenting agar dapat membentuk karakter anak-anak mereka dengan baik dan mendukung tumbuh kembang anaknya, mengingat tidak semua orang tua memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang pengasuhan anak. Begitu pentingnya pembentukan karakter anak karena dengan karakter anak yang baik tentunya akan menghasilkan kepribadian anak yang baik pula. Pembentukan karakter anak tidak serta merta dibentuk begitu saja, harus ada orang tua yang dapat membentuk karakter tersebut karena orang tua adalah pendidik yang terdekat dengan anak.
Hasil
penelitian dari Ganevi (2013) menyatakan dengan mengikuti kegiatan parenting, perilaku orang tua ramah anak
dalam mendidik, membimbing, dan mengasuh dalam keluarga meningkat dalam berbagai
aspek. Program parenting education sebagai solusi dari permasalahan
tersebut
tidak hanya menawarkan edukasi yang bersifat informasional, namun juga berbasis
pelatihan. Program parenting education berbasis pelatihan ini akan
dilakukan dengan praktek langsung sehingga pemahaman peserta lebih mendalam.
Akhyadi (2018) dalam penelitiannya menyatakan bahwa pengembangan program keayahbundaan (parenting) menjadi salah satu metode dalam membangun karakter kehidupan yang ada di tengah masyarakat global. Karena kualitas hubungan keluarga menjadi salah satu unsur penting dalam membangun masyarakat yang saling mendukung satu sama lain. Dengan adanya paradigma pembangunan berkelanjutan menjadi salah satu indikator utama pembangunan masyarakat saat ini, maka salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan serangkaian kegiatan yang secara konsisten dilakukan untuk mengubah, membangun paradigma masyarakat mengenai konteks kualitas kehidupan yang harus dilakukan, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat itu sendiri. Termasuk mengenai program keayahbundaan yang diharapkan dapat memberikan warna baru dalam peningkatan kualitas kehidupan masyarakat terutama proses pendampingan dan membangun kesadaran pendidikan keluarga sebagai komponen utama dalam pembangunan masyarakat. Untuk dapat melihat sebuah sebuah pembelajaran yang dilaksanakan melalui pelatihan parenting tersebut berhasil atau tidaknya maka perlu dilakukan evaluasi. Evuluasi dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang pencapaian sebuah program sehingga dapat mengambil keputusan (Hurmaini, 2015) apakah sebuah program akan dilanjutkan, dihentikan ataupun dikembangkan. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian tentang “Evaluasi Implementasi Program Parenting dalam Pendidikan Karakter Siswa di PKBM .........................
B. Masalah Evaluasi
1. Fokus Evaluasi
Beberapa permasalahan yang menjadi fokus evaluasi pada penelitian ini adalah :
a. Pembentukan karakter siswa yang belum optimal.
b. Para orang tua yang tidak bisa mendampingi pendidikan anak-anaknya karena kesibukan dalam bekerja.
c. Pembentukan program parenting dalam rangka pelatihan karakter siswa.
d. Implementasi Program Parenting di PKBM ........................
2. Ruang Lingkup Evaluasi
Ruang lingkup evaluasi dalam penelitian ini dibatasi hanya pada Implementasi Program Parenting dalam Pendidikan Karakter Siswa di PKBM .........................
3. Perumusan Masalah Evaluasi
a. Bagaimana proses dari penyelenggaraan Program Parenting dalam pelatihan Karakter siswa di ........................?
b. Bagaimana penerapan model evaluasi dari Kickpatrick terkait kegiatan Program Parenting dalam pelatihan Karakter siswa di ........................?
c. Bagaimana penjelasan terkait penggunaan model evaluasi dari Kickpatrick yang meliputi evaluasi tahap dari reaksi, evaluasi tahap dari belajar, evaluasi tahap dari perilaku dan evaluasi tahap dari dampak pada penyelenggaraan Program Parenting dalam pendidikan Karakter siswa di ........................?
C. Kegunaan Hasil Evaluasi
1. Manfaat Teoretis
a. Hasil dari evaluasi yang didapat setelah pelaksanaan penelitian dapat menjadi tambahan informasi atau referensi terkait penyelenggaraan Program Parenting dalam Pelatihan Karakter menjadi lebih berkualitas dan terus meningkat menjadi lebih baik;
b. Hasil penelitian ini bisa dijadikan dasar melakukan studi lanjutan berupa studi kasus di lembaga lain dengan menggunakan pendekatan yang sama ataupun berbeda.
c. Hasil penelitian dapat menjadi rujukan atau referensi bagi peneliti lain.
2. Manfaat Praktis
Penerapan model evaluasi Kickpatrick ini dapat dijadikan rekomendasi bagi RQV Indonesia dan lembaga penyelenggara diklat lainnya sehingga dapat terus meningkatkan kualitas kegiatan diklat bagi para pesertanya, tidak hanya bagi kegiatan Pelatihan Karakter saja namun juga pada pelaksanaan penyelenggaraan diklat lainnya. Selain itu, penelitian ini bisa menjadi model atau contoh bagi penelitian lain yang berkaitan dengan evaluasi penyelenggaraan diklat.
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 Angket Evaluasi Tahap Reaksi....................................................... 98
Lampiran 2 Angket Evaluasi Tahap Belajar...................................................... 99
Lampiran 3 Angket Evaluasi Tahap Perilaku ................................................... 100
Lampiran 4 Angket Evaluasi Tahap Dampak ................................................... 101
Lampiran 5 Hasil Kuesioner Tahap Reaksi, Tahap Belajar, Tahap Perilaku dan Tahap Dampak 102
BAB II
KAJIAN TEORI
A. Deskripsi Konseptual
1. Evaluasi
a. Pengertian Evaluasi
Evaluasi berasal dari kata evaluation (bahasa Inggris). Dalam buku Essensial of Educational Evaluation keterangan Edwind Wand (Wayan,dkk.2005.h.1) mengatakan bahwa: Evaluation refer to the act or proses to the determining the value of something. Jadi evaluasi adalah suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai daripada sesuatu. Sesuai dengan pendapat tersebut maka catatan tersebut dapat diartikan sebagai suatu tindakan untuk menentukan kadar suatu program
Stufflebeam dan Shinkfield (1985.h.159) mendefinisikan evaluasi dengan: “Evaluation is a process that provides information to support decision making activities related to pricing and services in accordance with the objectives that can provide support levels of achievement for an event “ . Evaluation is different from research in terms of objectives. While research is aimed at obtaining new theories, evaluation is not. People cannot get new theories from evaluation. What people obtain from evaluation is merely information about the success of a program. Besides, evaluation can give information on the impact, or effectiveness, of a program (Stufflebeam, Madaus, & Kellaghan, 2002.h.185)
National Study Committee on Evaluation menyatakan bahwa evaluation is the process of ascertaining the decision of concern, selecting appropriate information, and collecting and analyzing information in order to report summary data useful to decision makers in selecting among alternatives (Stark dan Thomas, 1994.h.12).
Evaluasi
merupakan suatu proses atau kegiatan
pemilihan, pengumpulan, analisis, dan penyajian informasi yang dapat
digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan serta penyusunan program selanjutnya.
Briekerhoff dkk (1986:h.9) menyatakan bahwa evaluasi merupakan proses yang
menentukan sejauhmana tujuan pendidikan dapat dicapai dan dalam pelaksanaannya
evaluasi tersebut fokus pada tujuh elemen yang harus diperhatikan yaitu:.
1) Penentuan fokus yang akan di evaluasi.
2) Penyusunan desain evaluasi.
3) Pengumpulan informasi.
4) Analisis dan interpretasi informasi.
5) Pembuatan laporan.
6) Pengelolaan evaluasi.
7) Evaluasi untuk evaluasi atau meta evaluasi.
Purwanto
dan Suparman (1999.h.9) mendeskripsikan evaluasi adalah proses penerapan
prosedur ilmiah untuk mengumpulkan informasi yang valid dan reliabel untuk
membuat keputusan tentang program pendidikan
dan pelatihan. Berdasarkan definisi tersebut ditemukan empat unsur pokok dalam
evaluasi yaitu:
1) Evaluasi selalu menerapkan suatu metode ilmiah baik berupa pengukuran ilmiah melalui penggunaan statistika maupun disiplin lain yang terkait.
2) Kegiatan evaluasi selalu berusaha memperoleh informasi yang benar benar valid dan reliabel dengan mempergunakan instrumen berupa tes, kuesioner, pedoman wawancara, pedoman pengamatan dan lain-lain.
3) Hasil evaluasi adalah suatu informasi yang dapat berguna bagi pembuatan keputusan.
4) Kegiatan evaluasi selalu diarahkan kepada suatu objek yang ada dalam suatu sistem pendidikan atau sistem pelatihan.
Menurut Djaali dan Muljono (2004.h.1) evaluasi adalah suatu proses menilai sesuatu berdasarkan kriteria atau tujuan yang telah ditetapkan, yang selanjutnya diikuti dengan pengambilan keputusan atas objek yang dievaluasi. Selanjutnya menurut Mutrofin (2010.h.33) evaluasi adalah suatu kegiatan sistematis yang dilaksanakan untuk membantu audiensi agar dapat mempertimbangkan dan meningkatkan nilai suatu program atau kegiatan.
Sudjana (2008.h.9) memaknai evaluasi sebagai kegiatan mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data untuk masukan dalam pengambilan keputusan mengenai program yang sedang dan/atau telah dilaksanakan. Produk evaluasi adalah tersusunnya nilai-nilai (values) seperti bermanfaat atau tidak bermanfaat, baik atau buruk, berhasil atau tidak berhasil, diperluas atau dibatasi, dilanjutkan atau dihentikan, dan sebagainya, mengenai program yang sedang atau telah dilaksanakan.
Definisi-definisi terkait dengan evaluasi yang dikemukakan para ahli maka Mutrofin (2010.h.82) merangkum bahwa untuk mendeskripsikan evaluasi sebagai kerangka umum di dalamnya terdapat makna-makna sebagai berikut:
1) Evaluasi sebagai judgement professional.
2) Evaluasi sebagai pengukuran.
3) Evaluasi sebagai analisis kesesuaian antara kinerja dengan tujuan, sasaran atau standar kerja.
4) Evaluasi berorientasi pada keputusan.
5) Evaluasi responsif atau bebas tujuan.
Senada
dengan penjelasan yang dikemukakan Mutrofin di atas, maka Purwanto (2011.h.3-4)
memaparkan bahwa dalam makna evaluasi itu terkandung 3 (tiga) aspek yang
menjadi titik tekan. Ketiga titik tekan
dalam makna evaluasi itu sebagai berikut:
1)
Kegiatan evaluasi merupakan proses yang sistematis. Ini berarti
bahwa evaluasi merupakan kegiatan yang terencana dan dilakukan secara berkesinambungan.
Evaluasi bukan hanya merupakan kegiatan akhir atau penutup dari suatu program
tertentu, melainkan merupakan
kegiatan yang dilakukan pada permulaan, selama program berlangsung dan pada
akhir program setelah program itu dianggap selesai.
2)
Di dalam kegiatan evaluasi diperlukan berbagai informasi atau data
yang menyangkut objek yang sedang dievaluasi. Berdasarkan data
itulah selanjutnya diambil suatu keputusan sesuai dengan maksud
dan tujuan evaluasi yang sedang dilaksanakan. Ketepatan keputusan
hasil evaluasi sangat bergantung kepada kesahihan dan objektivitas
data yang digunakan dalam pengambilan keputusan.
3)
Setiap kegiatan evaluasi tidak dapat dilepaskan dari tujuan-tujuan
yang hendak dicapai. Tanpa menentukan atau merumuskan tujuan
tujuan terlebih dahulu, tidak mungkin menilai sejauhmana pencapaian
hasil. Hal ini adalah karena setiap kegiatan penilaian memerlukan suatu kriteria
tertentu sebagai acuan dalam menentukan batas ketercapaian objek yang dinilai.
Berdasarkan
pemaparan di atas maka dapatlah dimaknai bahwa
evaluasi terkait dengan proses menyediakan informasi yang dapat dijadikan sebagai
pertimbangan untuk menentukan harga dan jasa (the worth and merit)
dari tujuan yang dicapai, desain, implementasi dan dampak untuk membantu
membuat keputusan, membantu pertanggung- jawaban dan meningkatkan pemahaman
terhadap fenomena. Dengan kata lain evaluasi pada hakikatnya adalah penyediaan
informasi yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil
keputusan.
b. Pengertian Evaluasi Program
Menurut
Joan sebagaimana dikutip Tayibnapis (2008.h.9) program
adalah segala sesuatu yang dicobalakukan seseorang dengan harapan
akan mendatangkan hasil atau pengaruh. Dalam hal ini suatu program
dapat saja berbentuk nyata (tangible) seperti kurikulum, atau yang
berbentuk abstrak (intangible) seperti prosedur. Feuerstein (1990.h.209)
program adalah sebuah rencana yang diputuskan terlebih dahulu, biasanya dengan
sasaran-sasaran, metode, urutan dan konteks tertentu.
Adapun kata program berasal dari bahasa Inggris yang berarti acara, rencana, program adalah kegiatan yang direncanakan dengan seksama. Program dapat didefinisikan sebagai unit kegiatan yang merupakan implementasi dari suatu kebijakan, berlangsung dalam proses yang berkesinambungan, dan terjadi dalam suatu organisasi yang melibatkan sekelompok orang (Ecols, 2016.h.450). Dari uraian tersebut dapat ditangkap bahwa program adalah suatu kegiatan perlu direncanakan dalam sebuah organisasi yang melibatkan sekelompok orang untuk merealisasikannya, sebagai bentuk dari implementasi kebijakan, dan dilakukan secara terus menerus.
Sudjana (2006.h.18) mendefinisikan evaluasi program sebagai kegiatan sistematis untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menyajikan data sebagai masukan untuk pengambilan keputusan. Penetapan keputusan ini didasarkan atas perbandingan secara hati-hati terhadap data yang diobservasi dengan standar tertentu yang telah dibakukan.
Terdapat tiga unsur batasan dalam evaluasi program yaitu kegiatan sistematis, data, dan pengambilan keputusan. Kegiatan sistematis mengandung makna bahwa evaluasi program dilakukan melalui prosedur yang tertib berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah. Data yang dikumpulkan sebagai fokus evaluasi program diperoleh melalui kegiatan mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan penyajian dengan menggunakan pendekatan, model, metode dan teknik ilmiah. Sedangkan pengambilan keputusan bermakna bahwa data yang disajikan itu akan bernilai apabila menjadi masukan berharga untuk proses pengambilan keputusan terhadap program yang dievaluasi. (Arikunto, 2006.h.25).
Dari pernyataan Komite Studi Nasional dari UCLA yang dikutip oleh (Stark dan Thomas, 1994.h.12), diketahui pengertian dari evaluasi merupakan gabungan dengan beberapa proses yang berasal dari proses pemilihan, proses pengumpulan, proses analisis dan proses penyajian informasi untuk mendukung proses pengambilan dan penetapan sebuah keputusan pada saat dilakukan penyusunan sebuah program.
Selanjutnya, Griffin dan Nix (1991.h.3) menyatakan: “There are several activities in the evaluation process, starting with evaluators or people who carry out the evaluation process by making a plan regarding the implementation of the evaluation, then the process of data collection that will be carried out to meet the information needs related to the evaluation carried out then the analysis process is carried out and the results are made in the form of reports.”.
Berdasarkan hasil pemikiran dari beberapa ahli di atas, secara sederhana dapat disimpulkan bahwa evaluasi program adalah rangkaian kegiatan atau usaha penyediaan informasi yang diperoleh dengan data yang telah diolah secara ilmiah untuk melihat keberhasilan dan ketercapaian program, serta sebagai sarana pengambilan keputusan apakah program tersebut dilanjutkan atau diberhentikan, serta mengetahui letak kekurangan atau komponen yang mana yang tidak seusai dengan semestinya sehingga harus diperbaiki.
Dampak dari sebuah kegiatan itu akan meliputi banyak orang dan menyangkut banyak evaluasi oleh karena itu dibutuhkan sebuah evaluasi agar dapat dikaji apa kekurangannya, dan kekurangan tersebut akan dipertimbangkan untuk pelaksanaan kegiatan diwaktu yang lain. Rencana atau program perlu dievaluasi agar dapat diketahui keunggulan, kelemahan, peluang, serta tantangannya dalam mencapai tujuan yang telah direncanakan maka, evaluasi program itu sendiri merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari kegiatan yang sudah direncanakan.
Berdasarkan berapa pengertian evaluasi dan evaluasi program di atas, jelas bahwa evaluasi sangat bermanfaat. Evaluasi merupakan proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan, menginterpretasikan dan menyajikan informasi untuk dapat digunakan sebagai dasar bagi pengambilan kebijakan/keputusan dalam menentukan alternatif keputusan maupun menyusun program selanjutnya. Melalui evaluasi, program dilakukan secara sistematik, rinci, dan menggunakan prosedur yang sudah diuji secara cermat dengan metode tertentu akan diperoleh data yang handal dan dapat dipercaya. Penentuan kebijakan akan tepat apabila data yang digunakan sebagai dasar pertimbangan tersebut besar, akurat, dan lengkap.
c. Manfaat dan Tujuan Evaluasi Program
Evaluasi program memiliki banyak manfaat dan tujuan bagi kepentingan lembaga dalam mengidentifikasi keberhasilan suatu program yang dilaksanakan. Manfaat evaluasi program menurut Arikunto dan Cepi (2014.h.22) sebagai informasi yang diperoleh dari kegiatan evaluasi sangat berguna bagi pengambilan keputusan dan kebijakan lanjutan program, karena dari masukan hasil evaluasi program itulah para pengambil keputusan akan menentukan tindak lanjut dari program yang sedang atau telah dilaksanakan. Menurut Roswati dalam Munthe (2015.h.7) memaparkan tentang manfaat dari evaluasi program:
1) Memberikan masukan apakah suatu program dihentikan atau diteruskan.
2) Memberitahukan prosedur mana yang perlu diperbaiki.
3) Memberitahukan strategi, atau teknik yang perlu dihilangkan/diganti.
4) Memberikan masukan apakah program yang sama dapat diterapkan di tempat lain.
5) Memberikan masukan dana harus dialokasikan ke mana.
6) Memberikan masukan apakah teori/pendekatan tentang program dapat diterima/ditolak.
Adapun manfaat evaluasi program menurut Arikunto dan Cepi (2014.h.22) yaitu;
1) Menghentikan program
Dalam hal ini program tersebut dipandang tidak ada manfaatnya atau tidak terlaksana sebagaimana mestinya sehingga apa yang diharapkan tidak tercapai, maka program bisa dihentikan.
2) Merevisi program
Maksudnya jika dalam sebuah program ada beberapa hal yang kurang sesuai dengan harapan (terdapat kesalahan tetapi hanya sedikit), maka program tersebut dapat diperbaiki kembali sehingga program dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
3) Melanjutkan program
Karena pelaksanaan program menunjukan bahwa segala sesuatu sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan memberikan hasil yang bermanfaat, maka program tersebut dapat dilanjutkan.
4) Menyebarluaskan program.
Dapat berupa pelaksanaan program di tempat-tempat lain atau mengulangi lagi program yang sama dilain waktu karena program tersebut berhasil dengan baik maka sangat baik jika dilaksanakan lagi di tempat dan waktu yang lain.
Dari pendapat para ahli di atas, maka dapat ditarik kesimpulan mengenai manfaat dari evaluasi program yakni memberikan masukan berupa informasi yang akurat dan objektif kepada pembuat atau pelaksana program untuk mengambil keputusan apakah program dilajutkan, direvisi atau dihentikan serta informasi apa saja hal yang perlu diperbaiki.
Purwanto dan Suparman (1999.h.30-33) memaparkan tujuan evaluasi adalah:
1) Mengkomunikasikan program kepada masyarakat.
Laporan hasil atau informasi dari evaluasi program yang dilakukan dapat memberikan pemahaman kepada khalayak tentang program atau tentang kinerja/performa. Oleh karena itu, mengkomunikasikan hasil evaluasi program yang lebih lengkap dari sekedar angka-angka kepada masyarakat memiliki keuntungan dan kebaikan terhadap program yang dievaluasi.
2) Menyediakan informasi bagi pembuat keputusan.
Informasi yang dihasilkan dari evaluasi program akan berguna bagi setiap tahapan dari manajemen program mulai sejak perencanaan, pelaksanaan ataupun ketika akan mengulangi dan melanjutkan program. Hasil evaluasi dapat dijadikan dasar bagi pembuatan keputusan, sehingga keputusan tersebut valid dibandingkan keputusan yang hanya berdasarkan kepada intuisi saja. Pembuat keputusan biasanya memerlukan informasi yang akurat agar dapat memutuskan sesuatu secara tepat dan informasi akurat tersebut antara lain dapat diperoleh dari kegiatan evaluasi yang dilaksanakan secara sistematis. Penyediaan informasi hasil evaluasi bagi pembuat keputusan tersebut tidak terbatas pada keputusan oleh pejabat pemegang otoritas dalam institusi itu saja, tetapi bisa meliputi pembuatan keputusan dalam berbagai level oleh pihak-pihak lain yang terkait.
3) Menyempurnakan program yang ada.
Suatu evaluasi program yang dilaksanakan dengan baik dapat membantu upaya-upaya dalam rangka penyempurnaan jalannya program sehingga lebih efektif. Dengan instrumen yang ada, hasil yang dicapai dapat diukur dan diagnosis. Berbagai kelemahan dan kendala yang mungkin timbul dapat ditemukan dan dikenali, kemudian dianalisis serta ditentukan alternatif pemecahannya yang paling tepat. Komponen-komponen dalam sistem yang memiliki kekurangan dan kelemahan dapat dipelajari dan dicari solusinya. Berdasarkan hasil evaluasi akan dapat diperoleh informasi tentang dampak dari berbagai aspek program dan berhasil juga teridentifikasi berbagai faktor yang diperlukan atau perlu penyempurnaan.
4) Meningkatkan partisipasi dan pertumbuhan.
Dengan
adanya informasi hasil evaluasi atas suatu program, maka maka masyarakat akan
lebih terpanggil untuk berpartisipasi dan
ikut mendukung upaya-upaya peningkatan dan penyempurnaan
program. Hasil evaluasi program yang dimasyarakatkan akan menggugah kepedulian
masyarakat terhadap program, menarik perhatiannya dan akhirnya menumbuhkan rasa
ikut memiliki (sense of belonging) terhadap program tersebut. Apabila hal
ini telah terbina maka akan tercipta suatu kontrol eksternal yang ikut memacu
dan mengawasi pertumbuhan kualitas dari program yang bersangkutan.
Tujuan evaluasi adalah untuk memperoleh informasi yang akurat dan obyektif tentang suatu program. Informasi tersebut dapat berupa proses pelaksanaan program, dampak/hasil yang dicapai, efisiensi, serta pemanfaatan hasil evaluasi yang difokuskan untuk program itu sendiri, yaitu untuk mengambil keputusan apakah dilanjutkan, diperbaiki, atau dihentikan. Selain itu, juga dipergunakan untuk kepentingan penyusunan program berikutnya maupun penyusunan kebijakan yang terkait dengan program.
Berdasarkan
pemaparan di atas dapatlah dimaknai bahwa evaluasi
program bertujuan untuk mengetahui pencapaian tujuan program yang
telah dilaksanakan. Selanjutnya, hasil evaluasi program dimanfaatkan
sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan tindak lanjut atau untuk
melakukan pengambilan keputusan berikutnya.
2. Model Evaluasi Program
Model evaluasi merupakan rancangan yang akan dipakai untuk melakukan evaluasi terhadap suatu program. Pemilihan model evaluasi sangat penting karena setiap program memiliki karakteristik yang berbeda dan setiap model evaluasi memiliki asumsi, pendekatan, terminologi dan logika berpikir yang berbeda pula. Para ahli evaluasi telah berusaha membuat model evaluasi yang dapat digunakan oleh para evaluator untuk mengevaluasi suatu program. Model-model evaluasi yang telah dikembangkan oleh para ahli tersebut bentuknya beragam.
Dalam pelaksanaan penelitian evaluasi program, Kaufman dan Thomas (1980.h.109) menyebutkan beberapa model yang sangat terkenal, antara lain: Scriven’s Formative-Sumative Model, CIPP Model, CSE-UCLA Model, Stake’s Countenance Model, Tyler’s Goal Attainment Model, Provus’s Discrepancy Model, Scriven’s Goal-Free Model, dan Stake’s Responsive.
a. Scriven’s Formative-Sumatif Model
Evaluasi formatif dilakukan ketika kebijakan, program atau proyek mulai dilaksanakan dan evaluasi sumatif dilakukan pada akhir pelaksanaan program. Menurut Scriven (1991.h.86) bahwa “formative evaluation is a feedback loop in improving the product and summative evaluation to measure the final performance of the evaluation object.”
b. CIPP Model
Model evaluasi Context, Input, Process, dan Product (CIPP) mulai dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam pada tahun 1966. Stufflebeam (2003.h.135) mendefinisikan evaluasi sebagai the process of delineating, obtaining, and providing useful information for assessing decision-making alternatives.
Melukiskan artinya menspesifikasikan, mendefinisikan, dan menjelaskan untuk memfokuskan informasi yang diperlukan oleh para pengambil keputusan. Memperoleh artinya dengan memakai pengukuran dan statistik untuk mengumpulkan, mengorganisasi dan menganalisis informasi. Menyediakan artinya memberikan informasi sehingga akan melayani dengan baik kebutuhan evaluasi para pemangku kepentingan evaluasi.
Stufflebeam (2003.h.92-96) juga menyatakan model evaluasi CIPP merupakan kerangka yang komprehensif untuk mengarahkan pelaksanaan evaluasi formatif dan sumatif terhadap objek program, proyek personalia, produk, institusi, dan sistem.Model CIPP terdiri dari empat jenis evaluasi, yaitu: Evaluasi Konteks (context Evaluation), Evaluasi masukan (Input Evaluation), Evaluasi Proses (Process Evaluation), dan Evaluasi Produk (Product Evaluation).
1) Evaluasi Konteks ( Context Evaluation )
a) Evaluasi untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi dan kebutuhan (need) dalam latar pendidikan tertentu. Kebutuhan adalah ketimpangan antara kondisi yang ada dengan kondisi yang diinginkan atau seharusnya.
b) Jika kebutuhan telah diidentifikasi, langkah selanjutnya adalah menentukan obyektif atau tujuan program yang akan menghilangkan ketimpangan.
2) Evaluasi Konteks dilakukan untuk menjawab pertanyaan:
a) Kebutuhan apa yang belum dipenuhi oleh kegiatan program;
b) Tujuan pengembangan manakah yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan;
c) Tujuan manakah yang paling mudah dicapai.
3) Evaluasi Masukan ( Input Evaluation )
a) Evaluasi ini untuk menilai strategi dan sumber-sumber yang diperlukan untuk mencapai obyektif program.
b) Hasil dari evaluasi masukan untuk membantu pengambilan keputusan memilih strategi dan sumber terbaik dalam keterbatasan untuk mencapai obyektif program.
c) Komponen evaluasi masukan meliputi :
1) Sumber daya manusia;
2) Sarana dan peralatan pendukung;
3) Dana/anggaran.
4) Evaluasi Proses ( Process Evaluation )
Evaluasi proses digunakan untuk mendeteksi atau memprediksi rancangan prosedur atau rancangan implementasi selama tahap implementasi, menyediakan informasi untuk keputusan program dan sebagai rekaman atau arsip prosedur yang telah terjadi. Evaluasi proses meliputi koleksi data evaluasi yang telah ditentukan dan diterapkan dalam praktik pelaksanaan program. Pada dasarnya evaluasi proses untuk mengetahui sampai sejauh mana rencana telah diterapkan dan komponen apa yang perlu diperbaiki (Arikunto. 1993.h.45).
5) Evaluasi Produk/Hasil ( Product Evaluation )
Dari hasil evaluasi produk diharapkan dapat membantu pimpinan proyek atau guru untuk membuat keputusan yang berkenaan dengan kelanjutan, akhir maupun modifikasi program. Berdasarkan pendapat di atas dapat diketahui bahwa evaluasi produk merupakan evaluasi yang dilakukan untuk mengukur keberhasilan dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Data yang dihasilkan akan sangat menentukan apakah program diteruskan, dimodifikasi atau dihentikan (Arikunto. 1993.h.46).
3. Model Evaluasi Kirkpatrick
Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi empat level yang dikemukakan oleh Donald L. Kirkpatrick. Model ini merupakan model evaluasi yang secara luas diterima dan banyak digunakan, karena sederhana dan lengkap untuk dilakukan. Bates (2004.h.186) menyatakan bahwa model empat level Kirkpatrick ini memunyai kemampuan dalam menyederhanakan proses evaluasi pelatihan yang kompleks. Model evaluasi ini telah mengalami beberapa penyempurnaan, dan terakhir diperbaharui pada tahun 1998 dalam buku “Evaluating Training Program: The Four Levels”. Model ini lebih sering digunakan untuk mengevaluasi program pelatihan. Model evaluasi ini mencakup 4 level evaluasi, yaitu reaction (reaksi), learning (belajar), behaviour (perilaku), dan result (hasil).
Model evaluasi Kirkpatrick dikenal pertama kali pada tahun 1959 ketika Donald L. Kirkpatrick menulis empat seri artikel dengan judul “Tecniques for Evaluating Training Programs” yang diterbitkan dalam Training and Development, the journal of The American Society for Training and Developmet (ASTD). Artikel-artikel tersebut menggambarkan evaluasi empat level yang diformulasikan oleh Kirkpatrick berdasarkan konsep dari desertasinya. Model evaluasi Kirkpatrick merepresentasikan sebuah sekuen dari setiap level yang ada untuk mengevaluasi program pelatihan, karena setiap level dalam model empat level adalah penting dan setiap level memberi dampak pada level berikutnya (Kirkpatrick & James, 2006. h. 21). Model evaluasi ini terbagi kedalam empat level evaluasi, yaitu evaluasi level reaksi, pembelajaran, perilaku, dan hasil.
Gambar 2.1 Empat Level Model Evaluasi Kirkpatrick
Menurut Maarif & Kartika (2014. h. 92-93), terdapat lima langkah untuk mendeskripsikan masing-masing tahapan level evaluasi Kirkpatrick. Lima langkah tersebut merupakan panduan dalam melakukan evaluasi dari masing masing level yang meliputi goals, data, measures, analyzes dan results.
a. GOALS
Mendeskripsikan setiap sasaran pengukuran pada setiap level evaluasi guna memperjelas mengapa evaluasi pelatihan tersebut perlu dilakukan.
b. DATA
Memberikan penjelasan data apa yang perlu dikumpulkan serta bagaimana metode pengumpulannya.
c. MEASURES
Membuat suatu pedoman pengukuran yang dapat dijadikan panduan dalam melakukan analisis data di setiap level evaluasi pelatihan.
d. ANALYZES
Menjelaskan langkah-langkah dalam melakukan analisis pada setiap evaluasi pelatihan berdasarkan hasil dari rekapitulasi data yang telah berhasil didapatkan.
e. RESULTS
Hasil dan kesimpulan dari analisis data yang dapat dijadikan informasi bagi pihak-pihak yang membutuhkan.
Jika dilihat dalam tabel, maka empat level evaluasi Kirkpatrick akan tergambar sebagai berikut.
Level Evaluasi |
Deskripsi |
Pengukuran |
Metode |
Sumber |
Waktu |
Reaction |
Mengukur |
Materi |
Kuantitatif |
Peserta |
Pada
akhir |
Learning |
Mengukur |
Pre-Test
dan |
Formasi tes |
Peserta |
Sebelum
dan |
Behavior
|
Mengukur |
Peningkatan |
Wawancara |
Atasan Bawaha |
Setelah |
Results |
Mengukur |
Waktu Kuantitas Kualitas Cost Habbit Kepuasan |
Evaluasi
Action Data laporan kerja KPJ Wawancara FGD |
Atasan Bawaha Rekan |
Setelah |
Sumber: Maarif & Kartika (2014,h.94)
Kirkpatrick&James (2006,h.21-74) dan Maarif & Kartika (2014,h.102-154) merinci keempat level evaluasi Kirkpatrick sebagai berikut.
a. Level 1 – Reaksi
Evaluating reaction atau mengevaluasi terhadap reaksi peserta pelatihan adalah aktivitas mengukur kepuasan peserta (customer satisfaction) terhadap program pelatihan yang dilaksanakan. Suatu program pelatihan dianggap efektif apabila proses pelatihan dirasakan menyenangkan dan memuaskan bagi peserta pelatihan sehingga peserta pelatihan tertarik dan termotivasi untuk belajar dan berlatih. Evaluasi level reaksi peserta pelatihan dilakukan untuk mengukur kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan pelatihan. Pelatihan dianggap berkualitas apabila pelatihan dapat memuaskan dan memenuhi harapan peserta peserta sehingga mereka memunyai motivasi dan merasa nyaman untuk belajar (Bagiyono, 2012, h. 321). Al-Jufri (2014,h.193)menggunakan istilah mutu sama dengan kualitas, dengan perubahan mutu, maka diperlukan perubahan atau peningkatan keterampilan tenaga kerja, proses produksi dan tugas, serta perubahan lingkungan perusahaan agar produk dapat memeunihi dan melebihi harapan konsumen.
Mengevaluasi level reaksi sama halnya dengan mengukur tingkat kepuasan konsumen. Menurut Kirkpatrick & James (2006, h.27), level reaksi penting dilakukan karena beberapa alasan. Pertama, evaluasi tahap reaksi akan memberikan feedback yang akan membantu untuk mengevaluasi program untuk memperbaiki program selanjutnya. Kedua, reaksi tersebut akan membantu pemberi pelatihan untuk mengukur kemampuan diri mereka apakah sudah berhasil membawakan dengan baik atau belum. Ketiga, data kuantitatif yang didapatkan dapat memberikan data pengukuran reaksi secara nyata dari masing-masing peserta. Keempat, data tersebut dpaat dijadikan landasan pengembangan program kedepannya kearah yang lebih baik lagi.
Berikut adalah beberapa panduan untuk mengevaluasi reaksi yang dikemukakan oleh Kirkpatrick & James (2006, h. 28).
1) Memaparkan apa yang ingin dicari
2) Membuat kuesioner yang dapat diukur
3) Mengajak peserta untuk menulis komentar dan saran
4) Mendapat respon yang sungguh-sungguh
5) Mendapatkan respon yang jujur
6) Mengembangkan standar yang wajar
7) Mengukur rekasi dan mebuat aksi yang sesuai
8) Memaparkan hasil yang didapat
Berikut adalah lima langkah yang dikemukakan Maarif & Kartika dalam melihat masing-masing level evaluasi Kirkpatrick.
1) GOALS
Mengukur tingkat kepuasan peserta pelatihan bedasarkan apa yang dirasakan oleh peserta terkait dengan pelaksanaan pelatihan, materi dan isi pelatihan, pembicara, faktor pendukung dan relevansi dengan pekerjaan yang akan dilakukan para peserta (Kirkpatrick & James, 2007,h.32)
2) DATA
Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif, dengan metode pengumpulan data melalui survei menggunakan kusioner dengan skala likert yang menggambarkan kepuasan.
3) MEASURES
Pedoman pengukurannya adalah seberapa besar kepuasan peserta pelatihan terhadap pelatihan yang mereka ikuti sesuai dengan skala likert yang digunakan. Kuesioner yang telah diisi oleh peserta pelatihan, perlu direkap untuk setelahnya akan dimasukkan dalam program perhitungan. Namun sebelumnya, data harus diubah menjadi angka terlebih dahulu (coding). Standarisasi peng-codingan dengan data skala likert 5 level tertera sebagai berikut.
Tabel 2.4 Rentang Skala Likert
Range |
Ukuran Kepuasan |
1 – 1.8 |
Sangat Tidak Puas |
1.81 – 2.6 |
Tidak Puas |
2.61 – 3.4 |
Cukup |
3.41 – 4.2 |
Puas |
4.21 – 5.0 |
Sangat Puas |
Sumber: Maarif & Kartika (2014, h. 103)
4) RESULTS
Hasilnya adalah kesimpulan gabungan seluruh indikator kepuasan. Semakin puas peserta dengan pelatihan yang diberikan, maka akan semakin besar motivasi yang timbul untuk belajar. Jika hasil yang didapatkan tidak memuaskan, maka harus ada tindakan perbaikan yang harus diambil. Namun, jika hasilnya memuaskan, maka harus tetap dipertahankan dan di tingkatkan kembali.
b. Level 2 – Pembelajaran
Mengevaluasi level satu merupakan hal penting. Namun, saat peserta puas akan pelatihan yang diberikan, belum tentu peserta belajar mengenai materi yang sudah diberikan (Kirkpatrick & James, 2007, h. 47). Kirkpatrick (1998:20) mengemukakan “Training participants can be said to have learned if they have experienced changes such as increased knowledge, changing attitudes for the better and increasingly developing skills”. Terdapat tiga hal yang dapat diajarkan pembicara dalam sebuah pelatihan, yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Menurut Kirkpatrick & James (2006,h.42), pada evaluasi di level dua ini evaluator akan mengukur pengetahuan apa yang sudah dipelajari, kemampuan apa yang sudah bertambah, dan sikap apa saja yang sudah berubah. Peserta pelatihan dikatakan telah belajar apabila pada dirinya telah mengalami perubahan sikap, perbaikan pengetahuan maupun peningkatan ketrampilan (Bagiyono, 2012,h.321). Hasil belajar dapat diukur dengan membandingkan pre-test dan post-test, sebelum dan sesudah pelatihan.
Berikut adalah beberapa panduan untuk mengevaluasi pembelajaran yang dikemukakan oleh Kirkpatrick & James (2007, h.48).
1) Menggunakan grup kontrol jika memungkinkan
2) Mengevaluasi dengan menggunakan pre-test dan post-test
a) Menggunakan kuesioner tertulis untuk mengukur sikap dan pengetahuan
b) Menggunakan perfomance test untuk mengukur keterampilan
3) Mendapat respon semua peserta
4) Menggunakan hasil evaluasi untuk menentukan aksi
Berikut adalah lima langkah yang dikemukakan Maarif & Kartika dalam melihat masing-masing level evaluasi Kirkpatrick.
1) GOALS
Evaluasi dilakukan untuk mengukur seberapa besar perubahan peserta pelatihan dalam peningkatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan mengenai suatu pelajaran yang dipelajari dalam pelatihan.
2) DATA
Data yang dikumpulkan merupakan data kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan survei dengan format tes tertulis untuk pengetahuan dan sikap, serta observasi untuk keterampilan. Tes tertulis dapat menggunakan metode pengukuran setuju dan tidak setuju, benar atau salah, pilihan berganda, peryataan, dan menjodohkan. Tes keterampilan dapat dilakukan dengan cara mencoba langsung sebelum dan sesudah pelatihan, wawancara, dll.
3) MEASURES
Sebelum mulai melakukan analisis terhadap nilai yang didapat, sangatlah penting untuk membuat terlebih dahulu suatu pedoman tingkat pembelajaran minimal peserta pelatihan agar dapat disebut berhasil. Pedoman dapat dibuat sebagai berikut.
a) Setiap jawaban benar akan mendapatkan point 10, sehingga nilai maksimal yang dapat dicapai peserta adalah 100
b) Tidak ada pengurangan nilai jika salah
c) Nilai post test minimal para peserta pelatihan adalah 70
4) ANALYZE
Analisis
dilakukan dengan membandingkan nilai pre-test dan
post-test dan mencatat perubahannya. Perubahannya dapat berupa penambahan,
pengurangan, maupun tidak ada penambahan dan pengurangan baik dari pengetahuan,
sikap, dan keterampilan.
5) RESULTS
Hasil akhirnya adalah seberapa besar peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang telah diperoleh. Jika terdapat peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang signifikan, maka pelatihan berhasil. Jika hasilnya banyak yang tidak mendapatkan nilai yang baik, maka penting untuk pelatih agar memberikan perhatian khusus terhadap materi terkait.
c. Level 3 – Perilaku
Evaluasi level ketiga dilakukan untuk mengindikasikan sejauh mana materi dalam pelatihan diaplikasikan pada pekerjaan dan tempat kerja peserta. Evaluasi ini baru akan dapat diukur ketika pelatihan selesai dilakukan. Subjek dan sasaran evaluasi perilaku ini berbeda dengan evaluasi pada level dua. Perubahan perilaku difokuskan pada perubahan yang terjadi setelah peserta kembali ke tempat kerja (Kirkpatrick & James. 2006.h.52).
Level ini juga menilai bagaimana peserta dapat mentransfer pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang diperoleh selama pelatihan untuk diimplementasikan di tempat kerjanya. Untuk dapat mengaplikasikan perubahan perilaku tersebut, menurut Kirkpatrick & James (2006.h.23), terdapat empat kondisi yang diperlukan, yaitu: seseorang harus memunyai keinginan untuk berubah; seseorang harus tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukan hal tersebut; seseorang harus bekerja dalam lingkungan kerja yang tepat; serta seseorang harus mendapatkan penghargaan karena dia berubah. Program pelatihan dapat memberikan kondisi pertama dan kedua dengan program pelatihan yang mendukung perubahan sikap sesuai dengan tujuan pelatihan dengan memberikan materi terkait pengetahuan, keterampilan, ataupun sikap. Tetapi untuk hal ketiga tentang lingkungan kondisi kerja yang tepat, berkaitan langsung dengan atasan dan lingkungan peserta.
Terkadang, untuk melakukan evaluasi level tiga, evaluator akan menemukan masalah dalam menentukan kapan kegiatan evaluasi tersebut dilakukan. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor. Faktor pertama, peserta tidak dapat merubah perilaku mereka dalam bekerja sampai mereka mendapatkan kesempatan dalam melaksanakan perubahan perilaku tersebut. Faktor yang kedua, tidak mungkin menentukan kapan perubahan tersebut terjadi. Faktor yang ketiga, perubahan perilaku merupakan hak peserta itu sendiri, dalam artian peserta dapat membuat kesimpulan-kesimpulan sendiri dalam mengaplikasikan hasil pelatihan Kirkpatrick & James (2006.h.52).
Evaluasi perilaku ini dapat dilakukan melalui observasi langsung ke dalam lingkungan kerja peserta. Disamping itu bisa juga melalui wawancara dengan atasan maupun rekan kerja peserta. Dari sini diharapkan akan diketahui perubahan perilaku kerja peserta sebelum dan setelah mengikuti program pelatihan.
Berikut adalah beberapa panduan untuk mengevaluasi perilaku yang dikemukakan oleh Kirkpatrick & James (2006.h.53).
1) Menggunakan grup kontrol jika memungkinkan
2) Berikan waktu untuk perubahan perilaku
3) Jika memungkinkan, evaluasi perilaku sebelum dan sesudah pelatihan
4) Lakukan survei atau wawancara pada orang yang sering berhubungan langsung dengan peserta (kerabat atau atasan)
5) Mendapat respon semua peserta
6) Lakukan evaluasi secara berkala
7) Perhitungkan pengeluaran dan keuntungannya
Berikut adalah lima langkah yang dikemukakan Maarif & Kartika dalam melihat masing-masing level evaluasi Kirkpatrick.
1) GOALS
Pengukuran evaluasi di tingkat ini dilakukan untuk mengetahui apakah keahlian, pengetahuan, dan sikap yang didapat pada program pelatihan, benar-benar dapat dimanfaatkan dan dapat diaplikasiakn didalam perilaku kerja sehari-hari.
2) DATA
Data yang digunakan biasanya diambil dari data historis kinerja peserta pelatihan sebelum dan sesudah pelatihan dilaksanakan. Dengan demikian dapat diketahui apakah pelatihan telah diimplementasikan dengan baik.
3) MEASURES
Menurut Philips (2002) yang dikutip dalam Maarif & Kartika (2014. h. 126) ada beberapa metode untuk mengkur penerapan evaluasi level tiga. Metode-metode terebut dapat dilihat sebagai berikut.
Sumber: Maarif & Kartika (2014. h. 126)
Gambar 2.2 Metode Pengukuran Level Tiga
4) ANALYZE
Analisis dengan menggunakan salah satu metode tersebut, dan dibuat secara deskriptif dengan memaparkan hasil yang didapat.
5) RESULTS
Hasil dari evaluasi level ini adalah perubahan perilaku kearah yang positif sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh adanya pelatihan.
d. Level 4 – Hasil
Evaluasi hasil menurut Kirkpatrick (2006) yang dikutip dalam Ramadhon (2015. h. 48) dapat didefinisikan sebagai sebuah hasil akhir yang terjadi sebagai akibat peserta mengikuti program pelatihan. Evaluasi di level empat bertujuan apakah program pelatihan bermanfaat dalam mencapai tujuan organisasi. Hasil akhir dalam konteks evaluasi di level empat mencakup hasil produksi yang meningkat,kepuasan pelanggan, peningkatan moral pegawai, dan peningkatan keuntungan perusahaan yang berhubungan dengan pihak lain, hasil dari perubahan perilaku yang sudah dilakukan peserta.
Evaluasi dilakukan terhadap perubahan kinerja institusi, misalnya membandingkan kualitas dan kuantitas hasil kerja serta waktu proses kerja, sebelum dan sesudah ada pelatihan. Beberapa program memunyai tujuan meningkatkan moral kerja maupun membangun teamwork yang lebih baik. Dengan kata lain evaluasi level ini adalah evaluasi terhadap dampak program. Evaluasi hasil akhir ini dilakukan dengan membandingkan kelompok kontrol dengan kelompok peserta pelatihan, mengukur kinerja sebelum dan setelah mengikuti pelatihan.Tidak semua dampak dari sebuah program dapat diukur dan kalaupun bisa diukur seringkali membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu evaluasi level empat ini paling sulit di bandingkan dengan evaluasi pada level-level sebelumnya (Kirkpatrick & James. 2006. 63).
Berikut adalah beberapa panduan untuk mengevaluasi level hasil yang dikemukakan oleh Kirkpatrick & James (2006. h. 65).
1) Menggunakan grup kontrol jika memungkinkan
2) Berikan waktu untuk perhitungan pencapaian hasil
3) Jika memungkinkan, evaluasi perilaku sebelum dan sesudah pelatihan
4) Lakukan evaluasi secara berkala
5) Perhatikan pengeluaran yang dikeluarkan
6) Puaslah dengan hasil yang ada
Berikut adalah lima langkah yang dikemukakan Maarif & Kartika dalam melihat masing-masing level evaluasi Kirkpatrick.
1) GOALS
Evaluasi pelatihan akan mengukur tingkat keberhasilan program pelatihan dari sudut pandang bisnis dan organisasi secara spesifik selama rentang waktu tertentu
2) DATA
Data peningkatan kinerja peserta pelatihan setelah mengikuti pelatihan di implementasikan serta faktor-faktor lain yang diperkirakan dapat memberikan andil terhadap peningkatan kinerja peserta pelatihan. Bila tidak terjadi peningkatan kinerja, maka perlu dicari faktor-faktor yang diperkirakan tidak memberikan andil terhadap kinerja peserta pelatihan tersebut.
3) MEASURES
Yang di ukur dalam level ini adalah seberapa keuntungan hasil yang didapat oleh para peserta.
4) ANALYZE
Analisis pada level ini adalah perhitungan keuntungan hasil rekapitulasi beberapa saat dari pelatihan dilakukan. Keuntungan di hitung dala periode setelah pelatihan berlangsung.
5) RESULTS
Hasil dalam level ini akan melihat bagaimana keuntungan yang didapatkan setelah para peserta pelatihan mengikuti pelatihan yang berhubungan dengan peningkatan kinerja peserta.
4. Parenting
a. Pola Asuh (Parenting)
Parenting memilki kata dasar parent, artinya orang tua yang bisa disebut juga dengan pola asuh yang erat hubungannnya dengan keluarga. Parenting dalam bahasa Indonesia belum ada kata yang tepat untuk aktifitas orang tua. Parenting ialah upaya pendidikan yang berbentuk kegiatan belajar yang dilakukan keluarga yang berarti proses, perbuatan dan cara pengasuhan. Parenting merupakan aktifitas memberikan makan (nourishing), memberikan petunjuk (guiding), berupa melindungi (protecting) anak-anak ketika bertumbuh dan berkembang sebagai suatu upaya interaksi berkelanjutan antara orang tua dengan anak-anak (Yani. 2017.h.157).
Program parenting merupakan wadah untuk memberikan sosialisasi komunikasi orang tua terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan lembaga PAUD. Secara umum tujuan parentig melibatkan orang tua bersama-sama memberikan yang terbaik untuk proses pembelajaran bagi anak-anak. Helmawati (2015.h.61) menjelaskan tujuan khusus dari parenting antara lain:
1) Meningkatkan pengetahuan dan mengasah kemampuan orang tua dalam merawat, mendidik dan mengasuh anak – anak berdasarkan landasan karakter islami yang baik.
2) Mempertemukan keinginan dan kepentingan diantara keluarga dan lembaga guna mensinergikan dari pihak keluarga dan lembaga sehingga proses pembentukan karakter yang hendak dikembangkan di lembaga dapat berkesinambungan dengan proses pembentukan karakter ketika di rumah.
3) Mendukung, menguatkan, menyelaraskan dan menerkaitkan keterikatan yang berkesinambungan yang sama antara orang tua dan pihak sekolah/lembaga.
Keluarga adalah tempat pertama anak belajar mengenai norma agama, nilai dan adat istiadat yang berlaku di lingkungan masyarakat. Pengasuhan diterapkan orang tua kepada anak melalui interaksi sosial. Di dalam interaksi orang tua dengan anak dikenal sebagai gaya pengasuhan anak yang mencakup pembentukan karakter atau pernyataan orang tua tentang sikap, nilai, dan minat orang tua (Ulfiah. 2016.h.1).
Lingkungan pertama anak berpengaruh besar dalam membentuk kepribadian seorang anak adalah keluarga. Anak pertama kali mengenal pendidikan moral dan adab, agama, kepercayaan, norma sosial dan pandangan hidup yang diperlukan seorang anak terdapat di dalam keluarga. Parenting merupakan istilah bagi orang tua yang melakukan bimbingan. Dalam proses pola asuh/parenting yang utama adalah orang tua yang melakukan kegiatan/pekerjaan. Kata “Parent” dalam parenting memiliki beberapa arti yaitu kedua orang tua, seseorang yang mendampingi dan membimbing anak dalam setiap tahapan proses perkembangannya, semua tahapan pertumbuhan anak, merawat, melindungi dan mengarahkan kepada kehidupan baru. Parenting dapat dikatakan sebagai parental control, proses orang tua melakukan pengawasan, membimbing, dan mendampingi anak dalam proses perkembangannya dalam melaksanakan tugas perkembangan menuju proses kedewasaan.
Pola asuh/parenting diartikan sebagai interaksi kedua orang tua dan si anak dalam memenuhi kebutuhan psikologis, fisik, dan sosialisasi norma norma yang berlaku di lingkungan masyarakat. Pola asuh yang diterapkan orang tua ditentukan nilai-nilai kebijakan, moral, karakter, atau al-akhlakul anak (Safarina, dkk. 2016.h.125). Pola asuh atau parenting merupakan faktor yang secaara signifikan membentuk karakter seorang anak. Hal ini berdasarkan bahwa pendidikan keluarga yang utama dan pertama bagi seroang anak, yang tidak dapat diganti oleh lembaga pendidikan manapun (Wibowo.2017.h75).
Parenting yang diungkapkan oleh Khon berupa cara orangtua melakukan komunikasi dan hubungan timbal balik dengan anak yang tentang pemberian perhatian, aturan, hadiah dan hukuman serta tanggapan orang tua terhadap tingkah laku anaknya. Pola asuh yang dilakukan kedua orang tua tidak dapat berjalan satu arah, melainkan terjadi interaksi dan timbal balik antara orang tua dan anak. Kedua pihak saling mengubah satu sama lain saat tumbuh dewasa (Brook. 2001.h.13).
Konsep parenting yaitu memadukan pendidikan anak yang didapat disekolah dengan di rumah. Sebagai tempat proses pembentukan karakter anak usia di bawah 6 tahun, hal yang menjadikan perhatian utama dalam menyelenggarakan pendidikan anak usia dini ialah memfasilitasi dengan lebih baik untuk pendidikan keorangtuaan atau parenting. Kegiatan ini bertujuan agar orang tua mampu melaksanakan tugasnya sebagai pendidik pertama anak serta menyelaraskannya dengan pendidikan ketika anak berada di lingkungan sekolah (Nurjanah. 2017.h.149). Menurut Imam Al-Ghazali, seorang anak adalah titipan Allah amanah bagi kedua orang tua. Hati anak yang suci seperti mutiara mentah, utuh belum dipahat maupun dibentuk. Mutiara ini dapat dipahat dalam bentuk apa pun dan mudah condong kepada segala sesuatu. Apabila diajari dan dibiasakan dengan kebaikan, maka akan tumbuh dalam kebaikan. Maka, kedua orang tua akan hidup berbahagia di dunia dan di akhirat. Sebaliknya, apabila diajari dan dibiasakan dengan keburukan, anak akan mengikuti kejelekan tersebut dan akan menjadi celaka dan binasa. Dosanya akan melilit leher orang yang seharusnya bertangung jawab menjadi walinya (Suwaid.2010.h.46).
Peranan orang tua ialah memberikan atas dasar pendidikan, perilaku dan keterampilan dasar, seperti pendidikan agama, sopan santun, kasih sayang, budi pekerti, rasa aman dan nyaman, untuk mematuhi peraturan dan menanamkan kebiasaan. Selain itu, peranan keluarga ialah mengajarkan nilai dan perilaku yang sesuai diajarkan di sekolah/lembaga. Dalam pendidikan keluarga hendaknya memberikan kasih sayang yang tidak berlebihan ataupun kurang. Maka keluarga harus pandai-pandai memberikan kasih sayang kepada anak - anaknya dengan tepat. (Ariyati. 2016.h.123)
Kegiatan parenting yang dilakukan secara berkesinambungan antara pihak sekolah dan orang tua murid akan menjadi suatu wadah yang dapat memberikan keuntungan kepada semua pihak. Pertama, terjadinya mitra kerja lintas sekitar. Kedua, terpenuhi akan kebutuhan hak anak. Ketiga, mengembangkan kepercayaan diri orang tua dalam mendidik anak. Keempat, terjalinnya keharmonisan dalam keluarga. Kelima, terciptanya hubungan antar keluarga di lingkungan masayarakat. Keenam, adanya mitra kerja sesama anggota parenting (Asih, dkk. 2016.h.223).
b. Prinsip Parenting
Prinsip merupakan landasan/fondasi dalam memilih suatu cara untuk bertindak. Oleh karena itu, prinsip pengasuhan dapat diartikan sebagai landasan dalam mengasuh anak. Berikut yang merupakan tiga prinsip pengasuhan anak:
1) Anak merupakan subjek,
Anak adalah poros dari perubahan yang hendak dibentuk oleh orang tua dan keluarga sebagai kelompok terkecil dan terdekat dari anak. Meskipun demikian, anak tidak hanya menjadi objek, namun ia menjadi aktor utama atas dirinya. Sebagai manusia yang diciptakan Allah SWT, anak juga mempunyai kemerdekaan untuk merasa, berpikir, dan berperilaku. Artinya, anak berhak meyakini dan menentukan pilihan untuk dirinya. Dengan berpegang menggunakan prinsip ini, maka akan berpengaruh kepada pola pengasuhan kita terhadap anak. Hal ini berpengaruh terhadap cara mengasuh anak. Dengan menempatkan anak menjadi subjek, maka orang dewasa dapat melihat perkembangan anak secara natural. Orang tua sebagai fasilitator yang membantu mengembangkan jati diri anak dalam menentukan cita-citanya dan menerangi jalan anak ke arah yang benar.
2) Pengasuhan Bersifat Dialogis
Seorang anak merupakan subjek yang punya kedudukan sama, dan bukanlah seorang berfigure pasif. Anak tidak seharusnya banyak diberi perintah, mereka memiliki hak berpikir, merasakan sesuatu, dan berbicara sesuai dengan caranya. Pengasuhan bersifat dialogis dilakukan dengan mengurangi pemberian perintah, perlu diperbanyak bertanya, berkomunikasi aktif, serta pemberian contoh nyata.
3) Pengasuhan melibatkan keseluruhan diri anak
Anak merupakan individu utuh yang telah hidup serta berkembang dengan aspek yang lengkap yang terdiri dari fisik, kognisi, dan sosio emosional. Oleh karena itu, perlu memperhatikan pengasuhan pada diri anak dalam mengembangkan aspek - aspek tersebut (Yani. 2017.h.159).
c. Bentuk-bentuk Parenting
Orang tua sebagai guru/pendidik pertama di keluarga, merupakan mitra utama dalam terciptanya keberhasilan pendidikan di lembaga PAUD. Program pendidikan anak usia dini bersifat holistik dan terintergrasi yang melibatkan orang tua di sekolah dalam menumbuhkan semangat lingkungan belajar yang sehat dan konsisiten, karena sekolah dan rumah mempunyai tujuan sama (Latief. 2016.h.262).
Penguatan PAUD yang berbassis keluarga terdapat beberapa macam progam yang dapat dikembangkan, antara lain:
1) Kelompok Pertemuan Orang tua (KPO) PAUD
KPO merupakan wadah komunikasi berbagi pengetahuan dan informasi tentang pelaksanaan pendidikan anak usia 0 - 6 tahun di rumah yang dilakukan orang tua. Termasuk anggota keluarga, orang dewasa lainnya yang tinggal serumah dengan anak. KPO bertujuan meningkatkan pengetahuan, perilaku dan keuletan anggota keluarga, meningkatkan kepedulian untuk mengirimkan anaknya ke lembaga PAUD dan meningkatkan kesiapan dalam keluarga yang belum memiliki anak untuk melaksanakan pendidikan anak usia dini di rumah (Latief. 2016.h.267). Dalam KPO ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan, antara lain:
a) Curah pendapat
Bertujuan untuk mengumpulkan pendapat dari tiap anggota. Hasil curah pendapat diharapkan memperoleh daftar pendapat atau permasalahan sesuai topik yang dibahas. Daftar yang diperoleh disusun berdarakan urutan anggota yang setuju dimasukan ke dalam daftar hasil curah pendapat.
b) Sarasehan
Sarasehan dihadiri satu atau lebih narasumber, namun narasumber dan anggota kelompok memiliki tempat yang sama untuk menyampaikan pendapat. Kegiatan ini lebih mengarah pada shearing pendapat tentang topik bahasan dan tidak menjadi keharusan memperoleh kesepakatan bersama.
c) Simulasi
Simulasi dilakukan oleh kelompok ditambah dengan keterlibatan anggota dalam bermain peran. Pada akhir kegiatan akan ada diskusi mengenai hal-hal yang dilihat, dirasakan dilakukan berdasarkan pemahaman tentang pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh.
d) Temu Wicara
Diskusi dalam temu wicara lebih terbuka secara dua arah. Narasumber secara adil dan seimbang menjadi fasilitator dan moderator untuk menyalurkan kesempatan saling bicara antarpeserta. Pada akhir pertemuan, narasumber dapat meyimpulkan hasil diskusi berdasarkan pendapat para peserta.
e) Belajar Keterampilan Tertentu
Kegiatan belajar keterampilan diarahkan pada pemberian pelatihan individu atau kelompok yang bertujuan meningkatkan keterampilan baik melalui kegiatan belajar maupun dari ahli.
2) Keterlibatan Orang tua Di Kelompok/Kelas anak (KOK)
Kegiatan melibatkan orang tua dapat membantu proses pembelajaran pendidikan. Kegiatan dilakukan bagi orang tua yang memiliki anak sekolah di PAUD. Orang tua menjadi guru pendamping bagi guru di PAUD. Keterlibatan orang tua bertujuan untuk meningkatkan ikatan sosial emosional orang tua, pendidikan dan anak meningkatkan pemahaman orang tua tentang perilaku anak dalam proses pembelajaran, meningkatkan pengetahuan orang tua terhadap cara belajar anak, sehingga dapat mendukung positif tumbuh kembang anak, membantu mengoptimalkan dan meningkatkan kepahaman orang tua tentang tugas pendidikan sehingga orang tua dapat menghargai serta memberi dukungan lebih kepada sekolah/lembaga.
3) Keterlibatan Orang Tua Dalam Acara Bersama (KODAB)
Keterlibatan orang tua dalam acara berasama merupakan kegiatan melibatkan orangtua dalam pelaksanaannya di luar kelas (outing activities). KODAB bertujuan mendekatkan hubungan antara orang tua, lembaga pendidikan dan anak serta meningkatkan peran serta orang tua dalam proses pembelajaran anak.
4) Hari Konsultasi Orangtua
Hari konsultasi orang tua adalah sebagai hari bertemunya orang tua dengan pengelola sesuai jadwal yang telah ditentukan, dengan mendatangkan seorang ahli/pakar untuk membahas pertumbuhan dan perkembangan dan masalah yang telah dialami anak. Hari konsultasi ditekankan pada hal mendalam tentang beberapa masalah yang ditanyakan kepada seorang narasumber. Narasumber membantu menggali hal yang berkaitan dengan permasalahan yang diajukan peserta. HKO memili tujuan meningkatkan kesadaran kedua orang tua mengenai pentingnya pemerhatian tumbuh kembang anak dan meningkatkan kemampuan orang tua di dalam keluaraga dalam melakukan pendidikan anak usia dini.
5) Kunjungan ke Rumah
Kunjungan silaturahim guru dengan pengelola/pendidikan yang datang ke rumah orang tua bertujuan untuk mempererat tali silahturahmi dan hubungan yang erat, dalam rangka memberi dukkungan secara kekeluargaan. Tujuan Kunjungan Rumah ialah mempererat silaturahim antara keluarga dan sekolah/lembaga PAUD, menemukan informasi tentang pola pendidikan dalam keluarga, dan menemukan penyelesaian permasalahan yang dihadapi oleh orang tua di rumah.
d. Fungsi Parenting
Keluarga berperan dalam mengembangkan pribadi anak. Keluarga bertangggung jawab mempersiapkan anak berinteraski dengan lingkungan masyarakat. Peran keluarga adalah mendidik dan mengajarkan kepada anak tentang nilai-nilai tradisi, prinsip, sosial, keterampilan serta perilau anak dalam segala aspeknya (Marzuki.2015.h.67). Keluarga memiliki peran melindungi dan mendidik anggota keluarganya, penghubung dengan masyarakat, pencakup kebutuhan ekonomi, membina hidup religius, dan pencipta suasana yang aman dan nyaman bagi seluruh anggota keluarga (Syarbini. 2016.h.75).
Pola dan pelakasanaan peranan keluarga hendaknya sejalan dengan fungi keluarga sebagai berikut:
1) Fungsi Edukasi/pendidikan
Fungsi edukasi/pendidikan merupakan fungsi keluarga sebagai tempat pertama bagi anak menerima pendidikan serta berkaitan dengan pendidikan anak sebagai penentuan pengukuhan landasan yang mendasari pendidikan, perencanaan, perumusan pengarahan dan pengelolaan tujuan pendidikan, serta penyediaan dana dan sarana, pengayaan berbagai wawasan, dan lainnya yang berkaitan dengan upaya pendidikan (Ulfiah. 2016.h.1). Keluarga sebagai tempat pertama dan utama anak belajar berbagai hal teruatama nilai nilai, akhlak, keyakian, belajar berbicara, mengenal huruf dan angka, serta bersosialisasi. Anak menirukan tutur kata dan sikap orang tua. Maka seharusnya orang tua dijadikan teladan bagi anak – anaknya (Syarbini.2016.76).
2) Fungsi Proteksi
Keluarga menjadi tempat perlindungan anak sejak dalam kandungan yang aman, tentram lahir dan batin. Perlindungan yang dimaksud termasuk mental, fisik, dan moral. Sedangkan substansi fungsi proteksi ialah melindungi keluarga dari hal yang berbahaya dan menjauhkan dari api neraka (Helmawati.2018.h.19).
3) Fungsi Sosialisasi
Orang tua sebagai penghubung anak dengan norma dan kehidupan sosial yang meliputi penyaringan, penerangan, dan penafsirannya menjadi bahasa yang mudah difahami anak. Dengan demikian anak akan mampu menyiapkan dirinya sendiri dalam menempakan diri sebagai pribadi yang mantap dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat(Helmawati.2018.h.20).
4) Fungsi Agama
Keluarga berkewajiban mengajarkan agama yang dianut keluarganya kepada seorang anak serta melibatkan anak pada kehidupan religius suatu keluarga. Tujuannya tidak hanya mengenal agama tetapi juga untuk menjadi umat yang taat beragama, yang sadar tentang hidup hanyalah mencarri rida Allah (Syarbini.2016.78).
5) Fungsi Biologis
Fungsi biologis berkaitan erat dengan kebutuhan biologis anggota keluarga. Kebutuhan biologis meliputi kebutuhan sehari – hari berupa sandang, pangan, papan, serta kebutuhan keterlindungan fisik, termasuk kehidupan seksual (Helmawati.2018.h.26).
6) Fungsi Ekonomi
Fungsi orang tua dalam keluarga meliputi pencarian nafkah, perencanaan pembelanjaan dan pencapaian manfaatnya. Keluarga dengan fungsi kebutuhan ekonominya perlu memperhatikan keseimbangan dalam mengelola yang dapat berakibat pada perkembangan dan pembentukan kepribadian anak(Syarbini.2016.86).
7) Fungsi Afeksi
Anak pada saat melakukan komunikasi dengan orang tua dapat merasakan suasana perasaan. Aktivitas mimik gerakan, serta perilaku orang tua menjadi penting dalam melaksanakan pendidikan di keluarga. Orang tua hendaknya memahammi serta turut merasakan perasaan anak serta bagaimana kesan/persepsi anak tentang orang tua dalam memahami dan bergaul dengan anak (Ulfiah, 2016.h.5).
8) Fungsi Rekreasi
Fungsi rekreasi dalam suatu keluarga dapat menciptakan rasa aman, nyaman, ceria agar bisa dirasakan tenang dan rasa kedamaian, sehingga memberikan perasaan yang bebas dari tertekan. Hal tersebut menciptakan rasa saling memiliki dan dekat diantara anggota keluarga (Syarbini. 2016.h.87).
e. Metode Parenting
Keluarga adalah sekolah tempat pertama anak belajar sifat mulia, seperti kasih sayang, kesetiaan, dan sebagainya. Kehidupan keluarga diumpakan sebagai bangunan yang harus didirikan di atas fondasi yang sangat kuat. Fondasi kehidupan dalam keluarga adalah ajaran agama/sifat religius, disertai kesiapan mental dan fisik calon ayah dan ibu (Shihab. 2004.h.252). Seorang muslim tidak seharusnya keras kepala kepada anaknya. Orang tua perlu hati lembut dalam membangkitkan perasaan cinta dan kasih sayang. Salah satu kewajiban prang tua dalam mendidik anak adalah dengan kedekatan dan kasih sayang, memperlihatkan cinta, sehingga mereka tumbuh percaya diri, optimis dengan tingkat penghargaan diri yang tinggi (Ali al Hisyami. 2004.h.132).
Faktor keluarga yang berpengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak adalah pola asuh orang tuanya di dalam suatu keluarga. Ada beberapa pola asuh orang tua yang dapat mempengaruhi perkembangan anak-anak, yaitu:
1) Pola Asuh Otoriter
Pola Asuh Otoriter adalah pola asuh orang tua yang memaksakan kehendak, memaksa anak berperilaku seperti orang tua, mengasuh anak dengan aturan ketat, dan membatasi anak bertindak atas nama sendiri. Akibat dari pengasuhan otoriter adalah anak akan mengalami inkompetensi sosial, kemampuan komunikasi lemah, sering tidak merasakan bahagia, tidak mempunyai inisiatif melakukan sesuatu hal, dan kemungkinan berperilaku agresif (Soetjiningsih. 2012.h.76).
2) Pola Asuh Permisif
Pola asuh permisif lawan dari pola asuh otoriter, yang berpusat pada anak, di mana anak bebas dengan luas dalam menentukan apa yang dinginkan tidak ada batasan dan larangan dari orang tua atau pendidik. Akibat pengasuhan permisif yaitu anak kurang memiliki rasa hormat kepada orang tua, tidak mandiri, kendali diri yang buruk, tidak dewasa, harga diri yang rendah, egosentris, dan mengalami kesulitan dalam berhubungan (Wibowo.2017.h.75).
3) Pola Asuh Demokratis
Pola Asuh Demokratis dapat dilihat adanya pengakuan terhadap kemampuan seorang anak oleh orang tua/pendidik. Anak diberikan kesempatan tidak selalu bergantung kepada orang lain. Orang tua dan pendidik selalu mendorong anak-anaknya untuk mengutarkan apa yang diinginkannya secara terbuka. Akan tetapi, orang tua tetap mengontrol anak dan tidak sangat ketat kepada anak. Pengaruh pola asuh demokratis antara lain anak mempunyai percaya diri, bertanggung jawab, kompetensi sosial, mampu bekerja sama dan mempertahankan hubungan ramah dengan orang lain.
f. Tahapan Parenting
Parenting dalam pelaksanaanya memiliki beberapa tahapan, antara lain:
1) Melakukan Identifikasi Kebutuhan Orang Tua
Kedua orang tua mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berbeda terhadap anak. Ada orang tua yang berkeinginan anaknya bisa cepat membaca, lebih mandiri, pandai bernyanyi dan menari, dan lain-lainnya. Terlebih dahulu mengidentifikasi kebutuhan orang tua sehingga dapat dikembangkan serta dituangkan dalam program kurikulum sekolah/lembaga PAUD.
2) Membentuk Kelompok Kerja Parenting yang Melibatkan Komite Sekolah
Kelompok Kerja parenting melibatkan komite sekola sehingga program parenting secara optimal dapat menjebatani kebutuhan orang dan PAUD. Panitia program parenting disusun dengan jelas sesuai bagan organisasi. Dalam bagan tersebut terdiri dari ketua, sekretaris, bendahhara, seksi-seksi, seperti seksi pendidikan, seksi dana, seksi perlengkapan dan sarana,seksi-seksi tersebut berkembang sesuai dengan kebutuhan organsasi.
3) Membuat Deskripsi Pekerjaan setiap bagian
Kepanitian di susun terlebih dahulu dengan stuktur organisasi yang jelas, selanjutnya setiap bidang menyusun diskripsi pekerjaan atau rencana tugas ditiap bagian seksi.
4) Menyusun Program
Kepanitian organisasi selanjutnya bekerja dibawah komando ketua program parenting yang ditunjuk untuk selanjutnya menyusun program pelaksanakan, narasumber, dan anggaran.
5) Menyusun Jadwal Kegiatan
Setelah rencana program tersusun, kepanitian menyusun jadwal secara terperinci pelaksanaan kegiatan secara jelas, waktu , tempat, pertemuan dan lainnya.
6) Mencari Mitra Pendukung dan mengidentifikasi potensi
Supaya Program Parenting terlaksana dengan baik perlu menjalin kemitraan dengan individu, seperti tokoh masyarakat, pejabat, kalangan profesional, misalnya petugas kesehatan, dokter, praktisi PAUD, ahli gizi, dan institusi baik pemerintah maupun swasta, seperti dinas pendidikan, dinas kesehatan, puskesmas, posyandu dan sebagainya.
7) Melaksanakan agenda kerja sesuai dengan program kerja yang terjadwal.
Jadwal dan program kegiatan menjadi acuan pelaksanaan di lapangan. Jika terjadi pergeseran acara perlu di persiapkan jalan alternatif pelaksanaannya untuk menyelesaiakan hambatan di lapangan.
8) Melakukan Kesepakatan Bersama dan Evaluasi
Dalam suatu kegiatan perencanaan disetiap akhir kegiatan perlu dilakukan evaluasi agar menghindari kesalahan dan mengetahui kelemahannya. Dalam pelaksanaannya program parenting dilakukan komitmen antara semua komponen yang terlibat (Helmawati.2018.h.61).
5. Pelatihan Karakter
Al-Jufri (2013,h.105) mengemukakan pelatihan merupakan peningkatan kemampuan dan kemahiran jati diri baik yang belum mahir menjadi mahir atau yang sudah mahir menjadi pakar. Menurut Dearden dalam Widodo (2015.h.81), diklat pada dasarnya meliputi proses belajar mengajar dan latihan bertujuan untuk mencapai tingkatan kompetensi tertentu, pada hasil diklat peserta diharapkan untuk memperbaiki kinerja. Widodo (2015.h.82) sendiri menyimpulkan bahwa diklat adalah serangkaian aktivitas individu dalam meningkatkan keahlian dan pengetahuan secara sistematis sehingga mampu memiliki kinerja yang profesional pada bidangnya. Diklat dan pengembangan merupakan usaha mengurangi atau menghilangkan terjadinya kesenjangan antara kemampuan karyawan dengan yang dikehendaki organisasi. Usaha tersebut melalui peningkatan kemampuan kerja yang dimiliki karyawan dengan cara menambah pengetahuan keterampilan serta merubah sikap (Sedarmayanti. 2011.h.163). Diklat adalah proses sistematik pengubahan perilaku para pegawai dalam suatu arah guna meningkatkan tujuan-tujuan organisasional. Diklat biasanya dimulai dengan orientasi yakni suatu proses dimana pegawai diberi informasi dan pengetahuan tentang kepegawaian, organisasi, harapan-harapan untuk mencapai performance tertentu yang dapat meningkatkan kinerja pegawai pada jabatan yang didudukinya (Syukur. 2012.h.86).
Kaswan (2013.h.2) mengungkapkan bahwa diklat adalah proses meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan. Diklat memungkinkan juga meliputi pengubahan sikap sehingga karyawan dapat melakukan pekerjaannya lebih efektif. Diklat bisa dilakukan di setiap tingkat baik tingkat bawah maupun atas. Pada tingkatan bawah bisa berisikan pengajaran bagaimana mengerjakan suatu tugas misalnya cara mengoperasikan mesin atau membuat sebuah produk. Tujuan dari proses ini adalah untuk menguji apakah Diklat tersebut efektif di dalam mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan. Program diklat dapat dilangsungkan di tempat kerja atau di tempat yang disimulasikan sebagai tempat kerja.
Pelatihan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah Pelatihan Karakter bagi PKBM ......................... Character building adalah suatu proses atau upaya yang dilakukan oleh seseorang dalam rangka membina, memperbaiki dan atau membentuk watak, tabiat, jiwa dan budi pekerti seseorang sehingga menunjukkan sikap dan tingkah laku yang baik berlandaskan nilai-nilai pancasila dan agama. Karakter building tidak bisa disamakan dengan membangun rumah, jalan atau jembatan. Karena membangun karakter pada hakekatnya adalah membentuk jiwa seseorang agar memiliki watak yang baik dan mulia. Perlu dilakukan upaya yang konsisten untuk membangun kebiasaan-kebiasaan positif mulai dari hal-hal kecil, sebelum membangun unsur karakter yang besar. Character building training adalah training yang didesain untuk membantu peserta didik menemukan jati diri, arti hidup ini yang sesungguhnya, dan yang penting adalah menemukan tujuan hidup.
B. Kajian Relevan
Berikut penjelasan dari beberapa penelitian yang sesuai dengan evaluasi yang dilakukan peneliti, yaitu:
1. Dari hasil penelitian Ade Sadikin Akhyadi dan Dino Mulyono (2018) mengenai Program Parenting Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan pada Program pengabdian di Desa Karangpakuan, Kecamatan Darmaja Kabupaten Sumedang. Pada penelitian tersebut peneliti menggunakan model analisis data CIPPO. Dan dari beberapa hasil penelitian dengan judul yang mendekati sebagian besar menggunakan model analisis CIPPO dan terdapat perbedaan dengan penelitian ini yaitu pada penelitian ini penulis menggunakan model analisis data Kirkpatrik dengan sasaran penelitian adalah peserta didik boarding PKBM RQVI.
2.
Listyaningrum
(2021) tentang Pelatihan Creative Parenting dan Pembuatan APE Mandiri bagi Orang
Tua Muda di Kecamatan Bendo Magetan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan (1)
untuk memberikan wawasan dan keterampilan pada orang tua muda untuk dapat
menerapkan pengasuhan secara kreatif, efektif, dan menyenangkan di rumah dengan
pengaturan jam yang sesuai antara kesibukan kerja dan pengasuhan anak; dan (2)
Untuk memberikan keterampilan pada orang tua muda untuk dapat membuat
permainan-permainan kreatif untuk anak-anak mereka. Kegiatan pengabdian ini
dilaksanakan dengan berbasis pelatihan, yaitu pelatihan creative parenting dan
pembuatan APE mandiri. Sasaran dari kegiatan pelatihan ini adalah orang tua
muda yang memiliki anak usia dini. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan
pelatihan adalah metode musyawarah,
brainstorming, demonstrasi, praktek, dan evaluasi. Hasil
yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah terlaksananya kegiatan parenting
education di lembaga yang bervariasi, tidak hanya pemberian informasi saja
tetapi juga berbasis pelatihan. Selain itu, keterampilan orang tua tentang
pengasuhan dan pendampingan anak di rumah juga menjadi lebih kreatif.
3. Jurnal dari Nursita (2019), Evaluasi Pembelajaran Pada Pelatihan Parenting Dengan Menggunakan Pendekatan Model CIPP di PKBM Melati Jayagiri. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi program pembelajaran pada pelatihan parenting di PKBM Melati Jayagiri dengan menggunakan pendekatan evaluasi model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeum. Fokus peneliti adalah: 1) evaluasi konteks: kesesuaian program dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran, 2) evaluasi masukan: warga belajar, tutor, pendanaan, sarana dan prasarana, 3) evaluasi proses : aktifitas warga belajar, aktifitas tutor, metode, materi pembelajaran dan partisipasi warga belajar, 4) evaluasi produk: ketercapaian tujuan dan proses evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluative dengan pendekatan kualitatif.. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pembelajaran pada pelatihan parenting di PKBM Melati sudah bangus dan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, namun kekurangan pada pelatihan ini hanya pada evaluasi produk, yang evaluasinya hanya dilakukan pada akhir pembelajaran saja.
4. Penelitian dari Suharyani (2021) Implementasi Program Parenting bagi Orang Tua Siswa di PAUD Al-Akram Desa Sepapan Kabupaten Lombok Timur. Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini dalah untuk mendampingi pengelola dan guru PAUD Al Akram dalam memaksimalkan 6 aspek perkembangan anak yaitu aspek nilai Agama dan Moral, aspek fisik dan motoric, aspek kognitif, aspek sosial emosional, aspek bahasa dan aspek seni yang terdapat pada anak didik melalui pelaksanaan program parenting bagi orang tua. Metode pengabdian ini menggunakan pendampingan dan penyluhan dengan sasaran adalah pengelola dan guru PAUD Al-Akram. Hasil program pengabdian ini yakni setelah dilakukan pendampingan selama 6 bulan terhadap pengelola dan guru, PAUD Al Akram sudah memiliki jadwal secara rutin 2 minggu sekali untuk kegiatan parenting kepada orang tua siswa dengan rencana materi-materi parenting yang sudah cukup sistematis dan terstruktur dengan menggunakan pendekatan pembelajaran orang dewasa serta sesuai dengan karakter masyarakat setempat.
5. Lisfa Yanti Evaluasi (2022) Model CIPP Program Parenting Untuk Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini TK Ar-Rasyid . Penelitian ini dilator belakangi oleh sering terjadinya ketidak singkronan antara pendidikan di sekolah dan di rumah, orang tua merasa cara mendidik putra putrinya sudah merupakan cara yang benar, namun banyak terjadinya ketimpangan dalam pengetahuan orang tua denga ilmu yang dimiliki oleh pendidik dalam mendidik Anak Usia Dini. Hal ini merupakan kondisiyang perlu mendapat perhatian khusus dan upaya serius. Salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi anak didik dengan mengadakan kegiatan parenting seperti pemberian seminar kpada orang tua dengan mendatangkan ahli, mengadakan kegiatan bersama seperti outbond dan melaksanakan kegiatan kunjungan kelas oleh oran tua secara bergilir. Tulisan ini bertujuan merancang model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program Parenting di TK Ar-Rasyid. Uraian tentang terminologi evaluasi dan evaluasi program ditempatkan pada awal tulisan agar pembaca dapat melihat jalannya program Parenting di TK Ar-Rasyid. Selanjutnya, diuraikan tentang model evaluasi CIPP. Pemahaman tentang empat komponen evaluasi CIPP menjadi kunci untuk menerapkan model ini dalam mengevaluasi program Parenting. Dalam empat komponen evaluasi CIPP terdapat beberapa pertanyaan kunci, yaitu “apa yang dibutuhkan?”; “apa yang harus dilakukan?”; “apakah program dilaksanakan?”; dan “bagaimana tingkat keberhasilan program?”. Bertolak dari beberapa pertanyaan utama ini, model CIPP dapat diterapkan untuk mengevaluasi program Parenting dari aspek Context, Input, Process, dan Product.
6. Fadjriyana (2022), Evaluasi Kepuasan Program Mindful Parenting dalam Pemahaman Orang Tua dan Guru tentang Pengasuhan. Program Mindful parenting terbukti berdampak positif bagi kesejahteraan orangtua dan tumbuh kembang anak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi gambaran terkait tingkat kepuasan dari guru dan orangtua selaku peserta pelatihan program mindful parenting. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melibatkan subjek sebanyak 8 peserta pelatihan mindful parenting di KB/RA Muslimat NU Darun Najah Kamal. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket yang didistribusikan secara online menggunakan google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis naratif. Adapun hasil penelitian menunjukkan peserta puas terhadap pelatihan mindful parenting. Dari hasil tersebut, maka dapat menjadi rekomendasi kegiatan pelatihan selanjutnya.
C. Sinopsis
Penelitian ini mendeskripsikan hasil uji coba penerapan model evaluasi Kickpatrick pada Peserta Didik Boarding PKBM ………………... Dimana program pendidikan pada PKBM ini bersifat non formal dengan bentuk pelatihan-pelatihan. Untuk menemukan solusi atas permasalahan tersebut perlu dilakukan penelitian evaluasi terhadap sistem tersebut dengan menguji coba model evaluasi Kirkpatrick 4 tahap yang menurut banyak studi model tersebut efektif. Pada penelitian ini, diharapkan evaluasi model Kirkpatrick relevan untuk evaluasi program diklat karakter di PKBM …………………….. Tujuan dari penelitian berkaitan dengan penjelasan mengenai hasil uji coba penerapan model evaluasi Kickpatrick dengan harapan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk pengambilan kebijakan pengembangan kompetensi peserta didik dan para pelatih yang berada di PKBM .........................
Gambar 2.3 Alur penelitian Model Evaluasi Kirkpatrick
Tindak lanjut silahkan : klik DOWNLOAD atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih
0 comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih