Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Wednesday, 23 December 2015

PTK KIMIA SMA




Loggo




LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA MATERI STRUKTUR DAN TATA NAMA SENYAWA KARBON DI
SMA NEGERI .....................





Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan ...... ke ......








Oleh

..........................................
NIP. ..............................







DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN ...............................
SMAN .....................
Jl. ..............................................................
201...

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


1.   a.   Judul Penelitian                    :  Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Materi Struktur dan Tata Nama Senyawa Karbon di SMA Negeri .....................
      b.   Bidang Ilmu                         : Kimia
      c.   Kategori Penelitian              :  Strategi  Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ……………..
      b.   NIP                                      :  ………….
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SMAN .....................
      f.    Tempat Penelitian                :  SMAN .....................
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan ……. 20…)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti





                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           


Mengetahui/Mengesahkan

Kepala Sekolah
                                  


………………….
NIP.……………………..

KATA PENGANTAR



Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Materi Struktur dan Tata Nama Senyawa Karbon di SMA Negeri .....................”. Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.      Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ,…………….  atas Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
2.      Pengawas SMA Dinas Pendidikan Kabupaten  …………. , atas saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung
3.      Kepala sekolah SMAN ..................... yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.      Bapak dan Ibu Guru SMAN ..................... yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
Dan akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
                                                                               ......................,    ...................

                                                                                                Peneliti



DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iii
DAFTAR ISI.....................................................................................................     iv
DAFTAR TABEL..............................................................................................      v
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................     vi
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................    vii
ABSTRAK.........................................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah.........................................................       
B.       Identifikasi Masalah ..............................................................       
C.       Batasan  Masalah ...................................................................       
D.      Perumusan Masalah ...............................................................       
E.       Tujuan Penelitian ...................................................................       
F.        Kegunaan Hasil Penelitian ....................................................       
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................
B.   Kerangka Berpikir .................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.      Setting Penelitian...................................................................       
B.       Desain Prosedur  Penelitian ...................................................       
C.       TEknik Pengumpulan Data....................................................       
D.      Teknik Analisa Data ..............................................................       
E.       Indikator Keberhasilan...........................................................       

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Tindakan
B.   Pembahasan............................................................................       

BAB      V     KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran.......................................................................................       

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN







DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   3.1     Penilaian Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa......................         
Tabel   4.1     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif pada Kondisi Awal..................         
Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Kondisi Awal         
Tabel   4.3     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus I                    
Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif pada Siklus Pertama  ...............         
Tabel   4.5     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus II                  
Tabel   4.6     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Siklus II..............
Tabel   4.7     Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II  
Tabel   4.8     Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus I dan Siklus II
                    





















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman


Gambar  2.1     Diagram Kerangka Pikir Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas                 
Gambar  4.1     Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                     
Gambar  4.2     Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II       
Gambar  4.3     Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa Pada Siklus I dan II          

                       



























DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                              

Lampiran   1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran   2     Surat Pernyataan Kesediaan menjadi Observer
Lampiran   3     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran   4     Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran   4     Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran   5     Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   6     Daftar Hadir Peneliti Dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   7     Daftar Nilai Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   8     Lembar Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   9     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran   10   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II




                  








ABSTRAK


Oleh :

..............................................
NIP. ...........................


Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia yang tepat, sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan pada mata pelajaran Kimia di SMAN ..................... Tahun Pelajaran 201../201.., (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia pada mata pelajaran Kimia di SMAN ..................... Tahun Pelajaran 201../201..,, (3) Untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia dalam meningkatkan hasil belajar siswa bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Kimia di SMAN ..................... Tahun Pelajaran 201../201..,. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN ..................... Tahun Pelajaran 201../201..,. Metode penelitian adalah metode inkuiri berbantuan multimedia,
Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan : Adanya peningkatan aktivitas belajar siswa, yaitu siswa tuntas dilihat dari aktivitas belajar sebanyak 8 siswa atau 40% dari 24 siswa meningkat menjadi sebanyak 13 siswa atau 65% dari 24 siswa pada siklus I  dan sebanyak 19 siswa atau 95,00 % dari 20 siswa pada siklus II. Peningkatan aktivitas belajar terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia materi struktur dan tata nama senyawa karbon. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan dan hasil belajar dari keadaan awal sebanyak 3 siswa (15%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan menggunakan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia pada siklus I meningkat menjadi 9 siswa atau 45% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 19 siswa atau 95,00% dengan nilai rata-rata hasil belajar dari kondisi awal sebesar 56,50 meningkat menjadi 64,00 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 72,00.
.
Kata Kunci : Aktivitas, hasil belajar, inkuiri , multimedia 


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang martabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung Jawab. Dalam Undang-undang SISDIKNAS Nomor 20 tahun 2003 dikemukakan pula bahwa “ sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global ”. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP, 2006) menjelaskan Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olah hati, olah pikir, olah rasa dan olah raga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global.
Lebih lanjut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP, 2006) menjelaskan bahwa peningkatan relevansi pendidikan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi sumber daya alam Indonesia. Peningkatan efisiensi manajemen pendidikan dilakukan melalui penerapan manajemen berbasis sekolah dan otonomi perguruan tinggi serta pembaharuan pengelolaan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan. Adapun konsekuensi logis dari pernyataan tersebut, maka pada setiap jenjang dan jenis pendidikan perlu melakukan perbaikan dan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, berkesinambungan, tidak terkecuali pada institusi pendidikan yang memberikan pelayanan pendidikan
Sekolah Menengah Atas (SMA). Seorang yang bekerja di dunia pendidikan baik formal, nonformal maupun informal harus mempunyai kemampuan khusus di bidang kependidikan. Guru harus berkompetensi dibidangnya, sehingga mampu bekerja secara profesional. Supriyatno (2011 : 2), Peningkatan mutu pendidikan dapat dicapai melalui berbagai cara, antara lain : melalui peningkatan kualitas guru, pelatihan dan pendidikan, atau dengan memberikan kesempatan untuk menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran secara profesional lewat penelitian tindakan secara terkendali. Siswa di dalam pembelajaran kimia seringkali susah dalam menentukan tujuan, memilih dan menerapkan strategi penyelesaian masalah, serta memonitor tindakannya, disamping itu terlihat juga kurangnya motivasi siswa untuk belajar. Kondisi ini kemungkinan disebabkan oleh kemampuan siswa dan faktor guru dalam memilih strategi mengajar. Dalam Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP, 2006) dijelaskan bahwa : Tujuan mata pelajaran kimia dicapai oleh peserta didik melalui berbagai pendekatan, antara lain pendekatan induktif dalam bentuk proses inkuiri ilmiah. Proses inkuiri ilmiah bertujuan menumbuhkan kemampuan berpikir, berkerja dan bersikap ilmiah serta berkomunikasi sebagai salah satu aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran kimia menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Model pembelajaran konvensional dan masih dominannya peran guru dalam proses pembelajaran, kurangnya variasi model pembelajaran, dan metode yang digunakan kurang menarik, bisa berakibat menurunnya motivasi belajar siswa yang pada akhirnya kemampuan siswa menjadi rendah. Proses pembelajaran konvensional yang kurang variatif sekarang ini masih banyak dilakukan di sekolah-sekolah sehingga dapat menciptakan kejenuhan belajar siswa. Rusman (2010 : 5) menyatakan : Guru merupakan ujung tombak keberhasilan kegiatan pembelajaran di sekolah yang terlibat langsung dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Kualitas kegiatan pembelajaran yang dilakukan sangat bergantung pada perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan guru. Lebih lanjut Rusman (2010 : 5) menjelaskan tugas guru bukan semata-mata mengajar (teacher centered), tetapi lebih kepada membelajarkan siswa (children centered). Perilaku guru adalah membelajarkan dan perilaku siswa adalah belajar. Perilaku pembelajaran tersebut terkait dengan mendesain dan penerapan model-model pembelajaran. Uraian di atas mempertegas bahwa belajar akan lebih berkesan dan bermanfaat bagi siswa apabila siswa tersebut mengalami langsung, atau siswa ikut terlibat secara aktif dalam proses belajar. Belajar harus dilakukan oleh siswa secara aktif, baik individual maupun kelompok, dengan cara memecahkan masalah dan guru bertindak sebagai pembimbing dan fasilitator. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kreativitas dan daya pikirnya sehingga pemahaman tentang suatu konsep diperoleh dari pengalamannya sendiri. Tidak menutup kemungkinan dengan keterlibatan siswa dalam pembelajaran akan timbul gagasan baru tentang apa yang dipelajari siswa. Dalam belajar kimia aktivitas siswa akan sangat membantu mereka dalam memahami konsep kimia dan keterlibatan siswa akan optimal jika metode mengajar diterapkan dengan tepat dan terampil oleh guru.
Menurut Indrawati dalam Trianto (2007 : 134) menyatakan, bahwa suatu pembelajaran pada umumnya akan lebih efektif bila diselenggarakan melalui model-model pembelajaran yang termasuk rumpun pemrosesan informasi. Karena pemrosesan informasi menekankan pada bagaimana seseorang berpikir dan bagaimana dampaknya terhadap cara-cara mengolah informasi. Lebih Lanjut Trianto (2007: 134-135) Menjelaskan bahwa inti dari berpikir yang baik adalah kemampuan untuk memecahkan masalah. Inflementasinya siswa diajarkan bagaimana belajar yang meliputi apa yang diajarkan, bagaimana hal itu diajarkan, jenis kondisi belajar, dan memperoleh pandangan baru. Salah satu yang termasuk dalam model pemrosesan informasi adalah model pembelajaran inkuiri. Berdasarkan pengalaman Peneliti, dalam proses belajar mengajar kimia yang berlangsung di SMA Negeri ....................., siswa terlihat kurang memahami konsep-konsep yang diajarkan guru secara utuh, rendahnya semangat belajar siswa, bahkan tidak jarang diantara siswa sering minta izin keluar masuk kelas selama proses belajar mengajar berlangsung, yang pada akhirnya tercermin dari rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran kimia yang tidak mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan guru. Masalah di atas tidak bisa dibiarkan secara terus menerus dan perlu ada solusi (pemecahan masalah). Bila hal ini dibiarkan terus terjadi, siswaakan sulit untuk mempelajari materi selanjutnya. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan mampu memahami materi dengan baik. Ketertarikan siswa terhadap hal-hal baru seperti belajar menggunakan multimedia dapat dimanfaatkan untuk menciptakan motivasi belajar dan memacu semangat serta memberi kemudahan-kemudahan belajar. Namun hai ini, masih terbentur kemampuan guru mengoperasikan alat modern, juga terbatasnya fasilitas yang ada, sehingga guru dalam merencanakan pembelajaran masih menggunakan gaya lama, yang cenderung mematikan potensi kreatif siswa. Mengingat kompleksnya permasalahan di atas peneliti berupaya untuk menemukan solusi (pemecahan masalah) melalui penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia dalam upaya meningkatkan aktivitas, dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri ...................... Berdasarkan latar belakang masalah di atas penulis memformulasikan judul penelitian tindakan kelas (classroom action research) yakni : Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Materi Struktur dan Tata Nama Senyawa Karbon di SMA Negeri .......................
B.  Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah di atas muncul beberapa masalah yang dapat diidentifikasi, yaitu :
1.    Pembelajaran masih terpusat pada guru sebagai salah satu sumber belajar
2.    Kemampuan guru dalam menggunakan berbagai model pembelajaran di kelas masih sangat terbatas
3.    Masih rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kimia di SMA Negeri .....................
4.    Masih rendahnya aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran kimia di SMA Negeri .....................
C.  Batasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka tidak semua masalah tersebut menjadi kajian dalam penelitian ini, tetapi lebih memusatkan perhatian pada rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kimia di SMA Negeri ...................... Upaya yang akan dilakukan adalah : Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Materi Struktur dan Tata Nama Senyawa Karbon di SMA Negeri ......................
D.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, identifikasi, dan batasan masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan penelitian sebagai berikut :
1.    Bagaimana penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia yang tepat, sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri ..................... Tahun Pelajaran 2014/2015
2.    Apakah penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri ..................... Tahun Pelajaran 2014/2015
E.   Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) ini adalah :
1.    Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia yang tepat, sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri ..................... Tahun Pelajaran 2014/2015
2.    Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri ..................... Tahun Pelajaran 2014/2015
3.    Untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia dalam meningkatkan hasil belajar siswa bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri ..................... Tahun Pelajaran 2014/2015
F.   Kegunaan Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini, diharapkan berguna baik secara teoritis maupun secara Praktis, yaitu :
1.    Secara Teoritis,
Diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi pengembangan pendidikan dan dapat menambah referensi ilmiah, pengembangan khazanah pengetahuan dalam teori pembelajaran kimia di sekolah
2.    Secara Praktis
a.    Bagi siswa, sebagai media meningkatkan aktivitas belajar untuk lebih menguasai/memahami pelajaran melalui penguasaan konsep-konsep pokok yang diajarkan terutama pelajaran kimia.
b.    Bagi Guru
1)   Dapat menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia sebagai salah satu upaya meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa
2)   Peningkatan layanan profesional pembelajaran, koreksi diri, memperbaiki kualitas pembelajaran dan untuk memperkenalkan model pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia
3)   Mengembangkan sistem pembelajaran yang bervariasi, dapat menciptakan pembelajaran lebih aktif, kreatif dan inovatif, menambah wawasan dibidang pendidikan dalam mempersiapkan diri menjadi guru berkualitas dan bertanggung jawab.
c.    Bagi Sekolah
1)   Dapat memberi informasi atau sebagai acuan untuk pengembangan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran kimia di sekolah.
2)   Memberikan masukan, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa secara lebih lanjut demi kemajuan proses pembelajaran, sebagai sarana pemberdayaan untuk meningkatkan keterampilan/kreativitas antar guru dan motivasi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori
1.    Pembelajaran Inkuiri
a.    Pengertian Pembelajaran Inkuiri
Model pembelajaran ini dikembangkan oleh seorang tokoh yang bernama Suchman. Suchman meyakini bahwa anak-anak merupakan individu yang penuh rasa ingin tahu akan segala sesuatu, prosedur ilmiah dapat diajarkan secara langsung kepada mereka. Secara singkat, model ini bertujuan untuk melatih kemampuan siswa secara ilmiah. Karena pada dasarnya secara intuitif setiap individu cenderung melakukan kegiatan ilmiah (mencari tahu/memecahkan masalah). Kemampuan tersebut dapat dilatih sehingga setiap individu kelak dapat melakukan kegiatan ilmiahnya secara sadar (tidak intuitif lagi) dan dengan prosedur yang benar. Menurut Yamin (2011 : 154) : proses pembelajaran dalam bentuk inkuiri, yaitu membangun pengetahuan/konsep yang bermula dari melakukan observasi, bertanya, investigasi, analisis, kemudian membangun teori atau konsep. Sund, seperti yang dikutip oleh Suryosubroto dalam Trianto (2007 : 135) menyatakan bahwa discovery merupakan bagian dari Inkuiri, atau inkuiri merupakan perluasan proses discovery yang digunakan lebih mendalam. 12 Inkuiri dalam bahasa Inggris Inquiry, berarti pertanyaan, atau pemeriksaan, penyelidikan. Inkuiri sebagai suatu proses umum yang dilakukan manusia untuk mencari atau memahami informasi.
Gulo dalam Trianto (2007 : 135) menyatakan model pembelajaran inkuiri suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Senada dengan hal di atas Trianto (2007 : 135) menjelaskan sasaran utama kegiatan pembelajaran inkuiri adalah : 1). Keterlibatan siswa secara maksimal dalam proses kegiatan belajar, 2). Keterarahan kegiatan secara logis dan sistematis pada tujuan pembelajaran, 3). Mengembangkan sikap percaya pada diri siswa tentang apa yang ditemukan dalam proses inkuiri.
Yamin (2011: 154) menjelaskan siklus inkuiri meliputi : observasi, tanya jawab, hipotesis, pengumpulan data, analisis data kemudian disimpulkan. Peserta didik melaksanakan proses pembelajaran dengan penyelidikan untuk mendapatkan jawaban suatu permasalahan yang di hadapi ditengah masyarakat, pembelajaran seperti ini lebih bermakna dari mendengar ceramah dan keterangan guru di depan kelas. Sudjana (2003:88) menjelaskan bahwa belajar bukan menghafal dan bukan pula mengingat, tetapi belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Dengan demikian dalam 13 proses perencanaan, guru bukanlah mempersiapkan sejumlah materi yang harus dihafal, akan tetapi merancang pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat menemukan sendiri materi yang harus dipahaminya.
Menurut Ahmadi dan Prasetyo (2005:77) dalam pembelajaran inkuiri mengandung proses-proses mental, seperti : merumuskan masalah, membuat hipotesis, mendesain eksperimen, mengumpulkan dan menganalisis data, serta menarik kesimpulan. Sehubungan dengan pengertian tersebut, dalam pembelajaran inkuiri, kegiatan pembelajaran harus direncanakan agar siswa memperoleh pengalaman-pengalaman, sehingga berkesempatan untuk mengalami proses menemukan. Berdasarkan uraian tentang pembelajaran inkuiri maka dapat penulis simpulkan bahwa metode pembelajaran inkuiri merupakan bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Dikatakan demikian, sebab dalam metode pembelajaran ini siswa memegang peran yang sangat dominan dalam proses pembelajaran.
Dalam Rusman (2010 : 131-133) dijelaskan bahwa : Kegiatan pembelajaran dilakukan oleh dua orang pelaku, yaitu guru dan siswa. Perilaku guru adalah mengajar dan perilaku siswa adalah belajar. Perilaku mengajar dan perilaku belajar tersebut terkait dengan bahan pembelajaran. Bahan pembelajaran dapat berupa pengetahuan, nilai-nilai kesusilaan, seni, agama, sikap dan keterampilan. Kegiatan pembelajaran, dalam implementasinya mengenal banyak istilah untuk menggambarkan cara mengajar yang akan dilakukan oleh guru. Saat ini, begitu banyak macam strategi ataupun metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih baik. Istilah model, pendekatan, strategi, metode, teknik dan taktik sangat familiar dalam dunia pembelajaran kita, namun kadang istilah-istilah tersebut membuat bingung para pendidik. Demikian pula dengan para ahli, mereka memiliki pemaknaan sendiri-sendiri tentang istilah-istilah tersebut. Strategi Menurut Kemp dalam Rusman (2010 : 132) adalah : suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Senada dengan pendapatnya Kemp, Dick and Carey dalam Rusman (2010 : 132) juga menyebutkan bahwa startegi pembelajaran itu adalah suatu perangkat materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada peserta didik atau siswa. Upaya mengimplementasikan rencana pembelajaran yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun dapat tercapai secara optimal, maka perlu suatu metode yang digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan.
Oleh sebab itu, strategi berbeda dengan metode. Strategi menunjukkan pada sebuah perencanaan untuk mencapai sesuatu, sedangkan metode adalah cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan 15 strategi. Dengan kata lain, strategi adalah a plan of operation achieving something, sedangkan metode adalah a way in achieving something. Pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Istilah Pendekatan merujuk kepada pandangan tentang terjadinya suatu prosesyang sifatnya masih sangat umum.
Roy Kellen dalam Rusman (2010 : 132) mencatat bahwa terdapat dua pendekatan dalam pembelajaran, yaitu pendekatan yang berpusat pada guru (teacher centered approaches) dan pendekatan yang berpusat pada siswa (student centered approaches). Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran langsung (direct instruction), pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Sedangkan, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menurunkan strategi pembelajaran inkuiri dan diskoveri serta pembelajaran induktif.
Menurut Joyce & Weil dalam Rusman (2010 : 133) berpendapat bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lainnya.
b.   Karakteristik Pembelajaran Inkuiri
Tujuan utama dari model ini adalah membuat siswa menjalani suatu proses tentang bagaimana pengetahuan diciptakan. Untuk mencapai tujuan 16 ini, siswa dihadapkan pada sesuatu (masalah) yang misterius, belum diketahui, tetapi menarik. Namun, perlu diingat bahwa masalah tersebut harus didasarkan pada suatu gagasan yang memang dapat ditemukan (discoverable ideas), bukan mengada-ada.
Menurut Trianto (2007 : 135) kondisi umum yang merupakan syarat timbulnya kegiatan inkuiri bagi siswa adalah :
1)   Aspek sosial di kelas dan suasana terbuka yang mengandung siswa berdiskusi,
2)   Inkuiri berfokus pada hipotesis,
3)   Penggunaan fakta sebagai evidensi (informasi, fakta)
Untuk menciptakan kondisi seperti di atas, menurut Trianto (2007 : 136), peranan guru adalah sebagai berikut :
1)   Motivator, memberikan rangsangan agar siswa aktif dan bergairah berpikir
2)   Fasilitator, menunjukkan jalan keluar jika siswa mengalami kesulitan
3)   Penanya, menyadarkan siswa dari kekeliruan yang mereka buat
4)   Administrator, bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan kelas.
5)   Pengarah, memimpin kegiatan siswa untuk mencapai tujuan yang diharapkan
6)   Manajer, mengelola sumber belajar, waktu dan organisasi kelas
7)   Rewarder, memberi penghargaan pada prestasi yang dicapai siswa.
Gulo dalam Trianto (2007 : 137) menyatakan dalam proses inkuiri tidak hanya mengembangkan kemampuan intelektual tetapi seluruh potensi yang ada, termasuk pengembangan emosional dan keterampilan inkuiri merupakan suatu proses yang bermula dari merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan membuat kesimpulan.
c.    Pelaksanaan Pembelajaran Inkuiri
Gulo dalam Trianto (2007 : 137-138) menyatakan, bahwa kemampuan yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran inkuiri adalah sebagai berikut :
1)   Mengajukan Pertanyaan atau Permasalahan
Kegiatan Inkuiri dimulai ketika pertanyaan atau permasalahan diajukan
2)   Merumuskan Hipotesis
Hipotesis adalah solusi jawaban sementara atas pertanyaan atau solusi permasalahan yang dapat diuji dengan data.
3)   Mengumpul Data
Hipotesis digunakan untuk menuntun proses pengumpulan data. Data yang dihasilkan dapat berupa tabel, matrik atau grafik
4)   Analisis Data
Siswa bertanggung jawab menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan menganalisis data yang telah diperoleh. Faktor penting dalam menguji hipotesis adalah pemikiran ’benar’ atau ’salah’. Setelah memperoleh kesimpulan, dari data percobaan, siswa dapat menguji hipotesis yang telah dirumuskan
5)   Membuat Kesimpulan
Langkah penutup dari pembelajaran inkuiri adalah membuat kesimpulan sementara berdasarkan data yang diperoleh siswa.
d.   Langkah-langkah Pembelajaran Inkuri
Uno (2007 : 15) menyimpulkan ada lima langkah/tahapan prosedur penerapan model pembelajaran inkuiri, tahap pertama adalah siswa dihadapkan pada suatu situasi yang membingungkan (teka-teki). Tahap kedua dan ketiga adalah pengumpulan data untuk verifikasi dan eksperimentasi. Tahap keempat adalah merumuskan penjelasan atau peristiwa yang telah dialami siswa. Pada praktiknya, mungkin siswa tidak dapat menjelaskan dengan sempurna, karena itu disarankan agar penjelasan tidak hanya diberikan oleh satu atau dua orang siswa, melainkan beberapa siswa diminta untuk memberikan penjelasannya tentang apa yang dialami. Tahap kelima adalah menganalisis proses penelitian yang telah mereka lakukan. Pada tahap ini, siswa diminta untuk menganalisis pola penelitian yang telah mereka lakukan.
Sudjana dalam Trianto (2007 : 142) menyatakan, ada lima tahapan yang ditempuh dalam melaksanakan pembelajaran inkuri, yaitu :
1)   Merumuskan masalah untuk dipecahkan oleh siswa
2)   Menetapkan jawaban sementara atau lebih dikenal dengan istilah hipotesis
3)   Mencari Informasi, data, dan fakta yang diperlukan untuk menjawab hipotesis atau permasalahan
4)   Menarik kesimpulan jawaban atau generalisasi
5)   Mengaplikasikan kesimpulan.
Sanjaya (2008 : 202) menyatakan bahwa pembelajaran inkuiri mengikuti langkah-langkah sebagai berikut : a. Orientasi b. Merumuskan Masalah c. Merumuskan Hipotesis d. Mengumpulkan Data e. Menguji Hipotesis f. Merumuskan Kesimpulan
Dari berbagai pendapat di atas pada dasarnya menjelaskan tahapan dalam pembelajaran inkuiri yaitu membangun pengetahuan/konsep yang bermula dari melakukan observasi, bertanya, investigasi, analisis, kemudian membangun teori atau konsep.
2.    Media Pembelajaran
a.    Pengertian Media Pembelajaran
Menurut Schram dalam Susilana dan Riyana (2007 : 5) menyatakan : media adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Jadi media adalah perluasan dari guru. Pendapat yang hampir sama menurut Heinic dalam Susilana dan Riyana (2007 : 6) menjelaskan : media merupakan alat saluran komunikasi. Media berasal dari bahasa latin, dan merupakan bentuk jamak dari kata ”medium” yang secara harfiah berarti perantara, yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver). Menurut Briggs dalam Susilana dan Riyana (2007 : 6) mengemukakan: media sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti buku, film, video, slide, dan sebagainya Dari berbagai pendapat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa 1). Media pembelajaran merupakan wadah pesan, 2) materi yang ingin disampaikan adalah pesan pembelajaran, 3) Tujuan yang ingin dicapai ialah proses pembelajaran.
Media merupakan alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pembelajaran. Media juga bisa digunakan orang untuk menyampaikan pesan. Media dalam proses komunikasi digunakan sebagai alat pengirim (transfer) yang mentansmisikan pesan dari pengirim (sander) kepada penerima pesan (receiver) Mengapa perlu media pembelajaran ? Karena banyak faktor yang dapat menghambat proses pembelajaran siswa, di antaranya adanya bahaya kata-kata (verbalisme) kekacauan makna (tafsiran makna yang berbeda), kegemaran berangan-angan (memperhatikan dengan tatapan kosong), persepsi yang kurang tepat (melihat objek sama tetapi kesannya berbeda). Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat dan harus dapat meningkatkan motivasi pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar siswa. Penggunaan media harus mempunyai tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar, meningkatkan hasil belajar siswa, dan motivasi kepada pembelajaran, harus bisa mengaktifkan siswa dalam memberi tanggapan, umpan-balik dan juga mampu mendorong siswa untuk melakukan praktek praktek dengan benar serta dapat memberikan semangat belajar.
Hubbard dalam Supriyatno (2011 : 35) : menyatakan bahwa ada beberapa kriteria untuk menilai keefektifan sebuah media, yaitu : biaya memang harus dinilai dengan hasil yang akan dicapai dengan penggunaan media itu. Kriteria lainnya adalah ketersediaan fasilitas pendukung seperti listrik, kecocokan dengan ukuran kelas, keringkasan, kemampuan untuk dirubah, waktu dan tenaga penyiapan, pengaruh yang ditimbulkan, kerumitan dan kegunaan. Semakin banyak tujuan pembelajaran yang bisa dibantu dengan sebuah media semakin baiklah media itu. Dengan demikian media pembelajaran dapat diartikan sebagai pendekatan khusus untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran yaitu kesesuaian media dengan tujuan yang akan dicapai, kesesuaian karakteristik media dengan pelajaran,kecanggihan media dengan tingkat perkembangan siswa, kesesuaian media dengan minat siswa, kemampuan dan wawasan siswa, kesesuaian karakteristik siswa dengan latar belakang sosial budayanya, kemudahan memperoleh dan menggunakan media di sekolah, kualitas teknis media yang membuat pelajaran yang disajikan lebih mudah dicerna siswa.
Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah : segala bentuk dan saluran yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa sehingga akan merasa lebih mudah dan dapat dipahami dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi antara guru, siswa dan bahan ajar, termasuk media pembelajaran, komunikasi tersebut tidak akan berjalan lancar tanpa adanya bantuan sarana media pembelajaran.
b.   Pengertian Multimedia
Susilana dan Riyana (2007 : 21) menjelaskan : Multi Media merupakan suatu sistem penyampaian dengan menggunakan berbagai jenis bahan belajar yang membentuk suatu unit atau paket. Contohnya suatu modul belajar yang terdiri atas bahan cetak, bahan audio, dan bahan audiovisual.
Kelebihan Multi Media Menurut Susilana dan Riyana (2007 : 21) antara lain : (1) siswa memiliki pengalaman yang beragam dari segala media, (2) dapat menghilang kebosanan siswa karena media yang digunakan lebih bervariasi, (3) sangat baik untuk kegiatan belajar mandiri. Kelemahan Multi Media Menurut Susilana dan Riyana (2007 : 22) antara lain (1) biayanya cukup mahal, (2) memerlukan perencanaan yang matang dan tenaga yang profesional. Penggunaan multimedia sebagai sumber pembelajaran sangat penting, siswa diharapkan dapat memberikan tanggapan pada kompetensi dasar (KD), mengomentari penampilan/pementasan, dan juga pemodelan pada KD menulis naskah multimedia dan juga KD memerankan naskah yang sudah disiapkan. Masalah yang dibahas adalah hal-hal yang berhubungan dengan penggunaan multimedia.
Penerapan multimedia dalam proses pembelajaran mempunyai beberapa faktor pendukung keberhasilan yaitu adanya semangat guru untuk membuat strategi yang bervariasi untuk memadukan pendekatan kontekstual dan komunikatif sehingga meminimalisasi rasa bosan dan membuat siswa semangat untuk mengikuti pelajaran, adanya upaya guru untuk menggunakan metode, multimedia yang bervariasi dan disesuaikan dengan KD dan minat siswa, adanya kerjasama antara seluruh komponen sekolah yaitu guru, kurikulum, metode dan lingkungan sekolah yang saling mendukung untuk membentuk suatu sistem yang dapat membantu dan bekerjasama.
c.    Jenis-jenis Media
Susilana dan Riyana (2007 : 13) menjelaskan : menurut bentuk informasi yang digunakan, media dapat dikelompokkankan dalam lima kelompok besar, yaitu media visual diam, media visual gerak, media audio, media audio visual diam, dan media audio visual gerak. Dilihat dari bentuk penyajian dan cara penyajiannya, Susilana dan Riyana (2007 : 13), mengelompokkan media menjadi tujuh kelompok, yaitu :
Kelompok Kesatu : Media grafis, bahan cetak dan gambar diam, Kelompok Kedua : Media Proyeksi Diam, Kelompok Ketiga : Media Audio, Kelompok Keempat : Media audio visual diam, Kelompok Kelima : Film, Kelompok Keenam : Televisi, Kelompok Ketujuh : Multimedia.
d.   Kriteria Pemilihan Media
1)   Kriteria Umum Pemilihan Media
Susilana dan Riyana (2007 : 69-71) menjelaskan : secara teoritik bahwa setiap media memiliki kelebihan dan kelemahan yang memberikan pengeruh kepada efektifitas program pembelajaran. Sejalan dengan hal ini, pendekatan yang ditempuh adalah mengkaji media sebagai bagian integral dalam proses pendidikan yang kajiannya akan sangat dipengaruhi beberapa kriteria umum sebagai berikut : 1. Kesesuaian dengan tujuan (Intructional goals) 2. Kesesuaian dengan materi pembelajaran (Intructional content) 3. Kesesuaian dengan karakteristik pembelajar atau siswa 4. Kesesuaian dengan teori 5. Kesesuaian dengan gaya belajar siswa 6. Kesesuaian dengan kondisi lingkungan, fasilitas pendukung, dan Waktu yang tersedia
2)   Kriteria Khusus Pemilihan Media
Erickson dalam Susilana dan Riyana (2007 : 72) memberi saran dalam kriteria khusus pemilihan media, sebagai berikut : 1. Apakah materinya penting dan berguna bagi siswa ? 2. Apakah dapat menarik minat siswa untuk belajar ? 3. Apakah ada kaitannya dan mengena secara langsung dengan tujuan pembelajaran ? 4. Bagaimana format penyajiannya diatur ? Apakah memenuhi tata urutan yang teratur ? 5. Bagaimana dengan materinya, mutahir dan authentik ? 6. Apakah konsep dan kecermatannya terjamin secara jelas ? 7. Apakah isi dan presentasinya memenuhi standar ? 8. Apakah penyajiannya objektif ? 9. Apakah bahannya memenuhi standar kualitas teknis ? 10 Apakah bahan tersebut sudah melalui pemantapan uji coba atau validasi ? Sejumlah kriteria khusus lainya dalam pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat dirumuskan dalam satu kata ACTION, yaitu akronim dari : access, cost, technology, interactivity, organization, dan novelty
3.    Pembelajaran Kimia
a.    Kurikulum Mata Pelajaran Kimia
Dalam BNSP (2006 : 1 ) : Tujuan pembelajaran kimia di sekolah yaitu membekali peserta didik pengetahuan, pemahaman dan sejumlah kemampuan yang dipersyaratkan untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu dan teknologi. Tujuan mata pelajaran kimia dicapai oleh peserta didik melalui berbagai pendekatan, antara lain pendekatan induktif dalam bentuk proses inkuiri ilmiah. Proses inkuiri ilmiah bertujuan menumbuhkan kemampuan berpikir, berkerja dan bersikap ilmiah serta berkomunikasi sebagai salah satu aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran kimia menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Tujuan mata pelajaran kimia dicapai oleh peserta didik melalui berbagai pendekatan, antara lain pendekatan induktif dalam bentuk proses inkuiri ilmiah. Proses inkuiri ilmiah bertujuan menumbuhkan kemampuan berpikir, berkerja dan bersikap ilmiah serta berkomunikasi sebagai salah satu aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran kimia menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah.
Diungkapkan dalam BNSP (2006 : 2 ) bahwa tujuan mata pelajaran kimia di SMA/MA agar peserta didik memiliki kemampuan berikut :
1)   Membentuk sikap positif terhadap kimia dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
2)   Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis, dan dapat bekerjasama dengan orang lain.
3)   Memperoleh pengalaman dalam menerapkan metode ilmiah melalui percobaan atau eksperimen, dimana peserta didik melakukan pengujian hipotesis dengan merancang percobaan melalui pemasangan instrumen, pengambilan, pengolahan dan penafsiran data, serta menyampaikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis.
4)   Meningkatkan kesadaran tentang terapan kimia yang dapat bermanfaat dan juga merugikan individu, masyarakat dan lingkungan serta menyadari pentingnya mengelola dan melestarikan lingkungan demi kesejahteraan masyarakat.
5)   Memahami konsep-konsep, hukum, dan teori kimia serta saling keterkaitannya dan penerapannya untuk menyelesaikan masalah dlam kehidupan sehari – hari dan teknologi .
b.   Karakteristik Pembelajaran Kimia
Dalam BSNP (2006) dijelaskan : Karena kimia merupakan ilmu yang termasuk rumpun IPA, karakteristik kimia sama dengan IPA. Karakteristik tersebut adalah objek ilmu kimia, cara memperoleh, serta kegunaannya. Kimia merupakan ilmu yang pada awalnya diperoleh dan dikembangkan berdasarkan percobaan (induktif) namun pada perkembangan selanjutnya kimia juga diperoleh dan dikembangkan berdasarkan teori (deduktif).
Ruang lingkup mata pelajaran kimia di SMA merupakan lanjutan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMP/MTs yang menekankan pada fenomena alam dan pengukurannya dengan perluasan pada konsep abstrak yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1)   Struktur Atom, sistem periodik, dan ikatan kimia, stoikiometri, larutan non elektrolit dan elektrolit, reaksi oksidasi-reduksi, senyawa organik dan makromolekul.
2)   Termokimia, laju reaksi dan kesetimbangan, larutan asam basa, stoikiometri larutan, kesetimbangan ion dalam larutan dan sistem koloid.
3)   Sifat koligatif larutan, redoks dan elektrokimia, karakteristik unsur, kegunaan, dan bahayanya, senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, makromolekul.
Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan standar proses dan standar penilaian.
4.    Belajar
a.    Pengertian belajar dan hasil belajar
Chaplin dalam Hadiwinarto (2009 : 36) membuat dua rumusan definisi belajar. Rumusan pertama, belajar adalah perolehan perubahan tingkah laku yang relatif menetap sebagai akibat latihan dan pengalaman. Rumusan kedua, belajar adalah proses perolehan respons-respons sebagai akibat adanya latihan khusus.
 Sedangkan menurut Heinich dkk dalam Pribadi (2009 : 6) : belajar diartikan sebagai ” ... development of new knowledge, skills, or attitudes as individual interact with learning resources.” Belajar merupakan sebuah proses pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang terjadi manakala seseorang melakukan interaksi secara intensif dengan sumber-sumber belajar.
Hattie, Biggs, & Purdie dalam Hadiwinarto (2009 : 37) membuat rumusan definisi belajar secara kuantitatif, instruksional, dan kualitatif. Secara kuantitatif, belajar adalah kegiatan pengisian atau pengembangan kemampuan kognitif dengan fakta sebanyak banyaknya. Secara institusional (tinjauan kelembagaan), belajar diartikan sebagai proses ” validasi” atau pengabsahan terhadap penguasaan siswa atas materi-materi yang telah ia pelajari. Sedangkan secara kualitatif belajar adalah proses memperoleh arti-arti dan pemahaman –pemahaman serta cara-cara menafsirkan dunia sekeliling siswa.
Snelbecker dalam Pribadi (2009 : 7) : menjelaskan dari sudut pandang pendidikan, belajar terjadi apabila terdapat perubahan dalam hal kesiapan (readiness) pada diri seseorang dalam berhubungan dengan lingkungannya. Setelah melakukan proses belajar, biasanya seseorang akan menjadi lebih respek dan memiliki pemahaman yang lebih baik (sensitive) terhadap objek, makna, dan peristiwa yang dialami. Melalui belajar, seseorang akan menjadi lebih responsif dalam melakukan tindakan.
Briggs dalam Sumiati dan Asra (2007 : 40) menjelaskan : Berdasarkan teori belajar kognitif-gestalt, belajar merupakan suatu proses terpadu yang berlangsung di dalam diri seseorang dalam upaya memperoleh pemahaman dan struktur kognitif baru, atau untuk mengubah pemahaman dan struktur kognitif lama.
Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan belajar merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang agar memiliki kompetensi berupa keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan. Belajar juga dapat dipandang sebagai sebuah proses elaborasi dalam upaya pencarian makna yang dilakukan oleh individu. Proses belajar pada dasarnya dilakukan untuk meningkatkan kemampuan atau kompetensi personal. Belajar juga merupakan suatu proses aktif dan fungsi dari total situasi yang mengelilingi siswa. Individu yang melakukan proses belajar akan menempuh suatu pengalaman belajar dan berusaha untuk mencari makna dari pengalaman tersebut.
Hadiwinarto (2009 : 55) menjelaskan : hasil belajar, khususnya di lembaga pendidikan formal, sering diistilahkan prestasi belajar. Ada perbedaan yang mendasar antara istilah hasil belajar dan prestasi belajar. Istilah hasil belajar lebih tepat diberlakukan kepada apapun hasil yang diperoleh seorang pelajar dalam mempelajari suatu mata pelajaran. Sedangkan istilah prestasi belajar, lebih tepat diperuntukkan kepada hasil belajar yang mencapai nilai sangat baik atau skor sangat baik atau skor sangat tinggi.
Menurut Anni (2002 : 4) hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Menurut Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (1995 : 343) hasil adalah sesuatu yang diadakan oleh usaha. Sehingga hasil belajar adalah suatu perubahan yang dicapai oleh proses usaha yang dilakukan seseorang dalam interaksinya antara pengalaman dan lingkungannya.
Sumiati dan Asra (2007 : 40) menyimpulkan agar belajar dapat mencapai sasaran yang diperolehnya pemahaman dan struktur kognitif baru, yang dimiliki seseorang, maka proses belajar sepatutnya dilakukan secara aktif, melalui berbagai kegiatan, seperti mengalami, melakukan, mencari, dan menemukan, keaktifan belajar sebagai prasyarat diperolehnya hasil belajar tersebut.
Arikunto (2005:45) menyatakan bahwa hasil belajar merupakan suatu hasil yang diperoleh siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan hasil belajar ini biasanya dinyatakan dalam bentuk angka, huruf ataupun kata-kata. Penjelasan ini tidak juah berbeda dengan yang dijelaskan Sukmadinata (2004:103), bahwa hasil belajar di sekolah dapat dilihat dari penguasaan siswa akan mata-mata pelajaran yang ditempuhnya yang dilambangkan dengan angka-angka atau huruf, seperti angka 0-10 pada pendidikan dasar dan menengah, dan huruf A, B, C, D pada pendidikan tinggi. Artinya, hasil belajar siswa di sekolah lebih banyak penekanannya dalam bidang kognitif yang dilambangkan dengan angka-angka ataupun huruf.
Dari beberapa pendapat tentang hasil belajar di atas, dapat penulis simpulkan bahwa hasil belajar merupakan hasil yang didapat peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Hasil yang diperoleh itu berupa perubahan tingkah laku yang mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Jadi setelah proses pembelajaran itu ada perubahan secara menyeluruh dalam sikap dan kebiasaan-kebiasaan serta keterampilan keterampilan kearah yang lebih baik (positif)
b.   Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar
Ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar yang dicapai siswa. Sukmadinata (2004:43) menyatakan bahwa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar seseorang bersumber di dalam atau di luar diri peserta didik. Slameto (2002:65) menjelaskan secara rinci bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar yang meliputi: (1) faktor internal/faktor dalam diri siswa yakni keadaan jasmani/kondisi fisiologis dan rohani/kondisi fisikologis seperti tingkat kecerdasan atau intelegensi, sikap, bakat, minat, motivasi, dan emosi siswa; dan (2) faktor eksternal/faktor di luar diri siswa yakni kondisi lingkungan siswa.
Sudjana (2003:23) mengemukakan bahwa dalam proses pendidikan di sekolah, faktor sekolah seperti kurikulum, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, ketersediaan sarana dan fasilitas belajar, pelayanan sekolah, dan iklim sekolah merupakan variabel-variabel yang dominan mempengaruhi terhadap pencapaian prestasi para siswa dalam belajar.
Ali (2004:88) mengatakan bahwa faktor emosi siswa mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap prestasi siswa dalam belajar. Hal ini dikarenakan perubahan pengetahuan (kognitif), penanaman konsep dan keterampilan (psikomotorik), dan pembentukan sikap mental, perilaku dan pribadi siswa (afektif) ke arah yang lebih baik, juga ciri-ciri dari perubahan emosi siswa yang lebih baik.
Berdasarkan beberapa penjelasan di atas disimpulkan bahwa ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor-faktor tersebut dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu faktor internal (faktor dari dalam diri siswa), faktor eksternal (faktor dari luar siswa), dan faktor pendekatan belajar (approach learning).
c.    Pengukuran Hasil Belajar
Menurut Hadiwinarto (2009 : 56) : pengukuran hasil belajar dilakukan dengan menggunakan tes, yang terdiri atas tes tertulis, tes lisan dan tes perbuatan. Ditinjau dari tujuan evaluasi, ada dua jenis, yakni
1)  Tes formatif, dilaksanakan selama paket program pembelajaran berlangsung. Tujuannya untuk mencari umpan balik dalam rangka perbaikan pembelajaran.
2)  Tes sumatif hasil belajar, dilaksanakan setelah suatu paket program pembelajaran berakhir. Tujuannya untuk mengetahui sejauhmana tingkat keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan selama kurun waktu tertentu.
 Hadiwinarto (2009 : 56-57) : menjelaskan alat untuk mengukur hasil belajar disebut instrumen pengukuran hasil belajar. Langkah-langkah penyusunan instrumen hasil belajar, khususnya untuk bentuk soal pilihan ganda, sebab-akibat dan benar salah, sebagai berikut :
1)   Menentukan konstruksinya atau materi pelajaran yang akan diujikan. Yakinkan materi sudah dipelajari oleh siswa.
2)   Menentukan dimensinya atau pokok bahasan-pokok bahasan dari materi yang akan diujikan.
3)   Menentukan indikator-indikatornya atau sub pokok bahasan-sub pokok bahasan dari materi yang akan diujikan
4)   Menentukan kisi-kisinya atau bagian-bagian dari masing-masing sub pokok bahasan dari materi yang akan diujikan.
Menyusun butir-butir soal, dengan mengikuti kaidah-kaidah sebagai berikut :
1)   Satu butir soal, hanya mengukur satu obyek soal
2)   Pertanyaan harus tegas, sehingga tidak menimbulkan pemahaman atau persepsi yang beragam
3)   Menggunakan tata bahasa dan struktur kalimat yang baik dan benar
4)   Sedapat mungkin menghindari penggunaan kalimat yang bersifat negatif
5)   Pada bentuk soal pilihan ganda, sedapat mungkin menghindari penggunaan kata kecuali.
6)   Seperangkat soal untuk mata pelajaran-mata pelajaran tertentu usaha kan mencakup semua domain pengukuran, yakni : dimensi proses kognitif yang terdiri atas : ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi dan kreasi, serta dimensi pengetahuan yang terdiri atas : pengetahuan fakta, pengetahuan konsep, pengetahuan prosedural dan pengetahuan meta kognitif.
B.  Kerangka Pikir
Agar penelitian ini dapat dilaksanakan dengan baik dan maksimal, maka harus dibuat pengembangan konseptual perencanaan tindakan atau rancangan yang matang sebagai pemandu pelaksanaan penelitian. Rancangan penelitian meliputi indikator setiap komponen, instrumen, petunjuk penilaian, sumber data, metode pengumpulan data, metode analisis data jadwal, dan pelaksanaan penelitian.
Tercapainya tujuan pendidikan yang sesuai dengan standar/visi dan misi yang telah ditetapkan oleh sekolah merupakan sasaran akhir dari proses pembelajaran. Untuk itu setiap guru dalam proses pembelajaran di sekolah hendaknya mampu melakukan inovasi, paradigma baru dalam pembelajaran, terutama di era globalisasi sudah seharusnya guru mampu memanfaatkan multimedia sebagai media pembelajaran.
Berdasarkan konsep-konsep yang digunakan dalam penelitian ini dapat digambarkan kerangka pikir pelaksanaan tindakan penelitian tindakan kelas dengan judul : Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Materi Struktur dan Tata Nama Senyawa Karbon di SMA Negeri ..................... adalah :

 

















Gambar 2.1  Diagram Kerangka Pikir Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas

C.  Hipotesis Tindakan
Jika dilaksanakan dengan benar penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia, diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia di SMA Negeri ..................... Tahun Pelajaran 2014/2015.
 




bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.