Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Wednesday, 23 December 2015

PTK BAHASA INGGRIS SMA LAGI









LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS



PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI METODE JIGSAW LEARNING
DI KELAS XI IPS-2 SMAN ...................
TAHUN PELAJARAN 2013/2014



Disusun dan Diajukan sebagai Salah Satu Syarat
.............................................................
.............................................






Oleh

..............................................
NIP. ............................










SMAN ...................
UPT .......................................
Jl. .............................................................
2014

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN AKHIR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSSROOM ACTION RESEARCH)


1.    a. Judul Penelitian           :    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI METODE JIGSAW LEARNING DI KELAS XI IPS-2 SMAN ................... TAHUN PELAJARAN 2013/2014
       b. Kategori Penelitian      : Penelitian Tindakan Kelas

2.    Identitas Peneliti
       a. Nama Lengkap             : ………………………………………………….
       b. NIP                              : ………………………………………………….
       c. Pangkat / Golongan      : ………………………………………………….
       d. Jabatan                                     : ………………………………………………….
       e. Sekolah                         : ………………………………………………….

3.     Jumlah peneliti                : 1 orang
4.     Lokasi                             : ………………………………………………….
5.     Jangka waktu                  : ....... bulan ( .................... s/d ................ )

                                                                             
                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti



                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           


Mengetahui/Mengesahkan

                  Kepala UPT Dinas                                       Kepala Sekolah
                        Pendidikan



                 …………………….                                   ………………….

NIP.……………………..        NIP.……………………..



PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI METODE JIGSAW LEARNING
DI KELAS XI IPS-2 SMAN ...................
TAHUN PELAJARAN 2013/2014



Oleh

………………………………….
NIP. ………………………..


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan upaya untuk peningkatan prestasi belajar dengan menerapkan metode jigsaw learning pada siswa kelas XI IPS-2 SMAN .................... Dengan menerapkan metode jigsaw learning diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan subyek siswa kelas XI IPS-2 SMAN .................... Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi dan tes tertulis setiap individu dan kelompok pada akhir pelajaran. Data yang diperoleh dari tiap tiap siklus dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Jigsaw Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar pelajaran Bahasa Inggris di kelas XI IPS-2 SMAN ................... tahun pelajaran 2013/2014, hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas dari hanya  8 siswa atau 36,36%, naik menjadi 12 siswa atau 54,55% pada siklus pertama, dan 100% atau 22 siswa pada siklus kedua. Penerapan metode Jigsaw Learning dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris di kelas XI IPA-2 SMAN ................... Tahun Pelajaran 2014/2015 terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai hasil belajar mengalami peningkatan dari 65,45, naik menjadi 74,09 pada siklus pertama, dan 84,91 pada siklus kedua, Penerapan metode Jigsaw Learning dapat meningkatkan ketuntasan belajar bahasa Inggris di kelas XI IPA-2 SMAN ................... Tahun Pelajaran 2014/2015 terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa (36,36%) pada kondisi awal,  50% atau 11 siswa pada siklus pertama, 20 siswa atau 90,91% pada siklus kedua.

Kata Kunci:  aktivitas, Prestasi belajar, metode Jigsaw Learning

 






KATA PENGANTAR



Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW. keluarga, para sahabat dan para pengikutnya yang senantiasa mengharapkan syafaatnya di akhirat nanti, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul “Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Metode Jigsaw Learning Di Kelas XI IPS-2 SMAN ................... Tahun Pelajaran 2013/2014.
Penyusunan laporan laporan Penelitian Tindakan Kelas ini tidak terlepas dari dorongan dan bantuan dari berbagai pihak. Olek karena itu, pada kesempatan ini,  ijinkanlah penulis menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada, Yth:
1.      ………………………………, selaku …………………….
2.      ………………………………, selaku …………………….
3.      ………………………………, selaku …………………….
4.      ………………………………, selaku …………………….
5.      Semua pihak yang telah turut mendukung penulisan Penelitian Tindakan Kelas ini.
Kami menyadari bahwa laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, baik isi maupun susunannya. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan masa mendatang. Akhirnya, semoga laporan ini dapat memberikan manfaat kepada semua pembaca, khususnya rekan-rekan sejawat.
                                                                                                     
                                                                                    ....................................

                                                                                                Penulis


DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL..............................................................................................         i
LEMBAR PENGESAHAN................................................................................        ii
ABSTRAK..........................................................................................................       iii
KATA PENGANTAR........................................................................................       iv
DAFTAR ISI.......................................................................................................        v
DAFTAR TABEL...............................................................................................       vi
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................      vii
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................     viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah .........................................................         
B.      Rumusan Masalah ...................................................................         
C.      Tujuan Penelitian ....................................................................         
D.      Manfaat Penelitian ..................................................................         
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA...............................................................      
A.  Kajian Teori ............................................................................         
B.   Kerangka Berpikir ...................................................................         
C.   Hipotesis Tindakan .................................................................         
BAB     III    PELAKSANAAN PENELITIAN
A.      Jenis Penelitian.........................................................................         
B.      Prosedur Penelitian .................................................................         
C.      Tempat dan Waktu Penelitian..................................................         
D.      Subyek Penelitian....................................................................         
E.       Fokus Penelitian.......................................................................         
F.       Pengumpulan Data Penelitian..................................................         
G.      Instrumen Penelitian................................................................         
H.      Analisis Data Penelitian...........................................................         
I.         Indikator Keberhasilan............................................................         

BAB     IV    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian .......................................................................         
B.   Pembahasan  Hasil Penelitian..................................................         

BAB      V     PENUTUP
A.  Kesimpulan..............................................................................         
B.   Saran .......................................................................................         

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN



DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   4.1     Hasil Tes Formatif Kondisi Awal............................................................
Tabel   4.2     Rekapitulasi Peningkatan Aktivitas Belajar pada Kondisi Awal.....
Tabel   4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran bahasa Inggris Materi Monolog Report  pada Siklus I...............................................................................................................
Tabel   4.4     Rekapitulasi Aktivitas Siswa Pembelajaran bahasa Inggris Materi Monolog Report  pada Siklus I                                                                                                         
Tabel   4.5     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran bahasa Inggris Materi monolog report  pada Siklus II                                                                                                         
Tabel   4.6     Rekapitulasi Aktivitas Siswa Pembelajaran bahasa Inggris Materi monolog report  pada Siklus II                                                                                                         
Tabel   4.7     Rekapitulasi Ketuntasan Belajar Siswa pada Pembelajaran bahasa Inggris pada Kondisi awal, Siklus I dan Siklus I.........................................................................
Tabel   4.8     Rekapitulasi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Inggris pada Kondisi awal, Siklus I dan Siklus II..............................................................
                    
                    




















DAFTAR GAMBAR
GAMBAR                                                                                                  Halaman


Gambar    2.1     Bagan Alur Kerangka Berpikir...............................................
Gambar    3.1     Alur Penelitian Tindakan Kelas (Suhardjono dalam Suharsimi Arikunto dkk, 2006: 74)    ................................................................................................
Gambar    4.1     Diagram Batang Peningkatan Aktivitas Belajar pada Kondisi awal dan Siklus I   
Gambar    4.2     Diagram Batang Peningkatan Prestasi Belajar pada Kondisi Awal dan Siklus I    
Gambar    4.3     Diagram Batang Peningkatan Aktivitas Belajar pada Siklus I dan Siklus II          
Gambar    4.4     Diagram Batang Peningkatan Prestasi Belajar pada Siklus I dan Siklus II 
Gambar    4.5     Diagram Batang Perbandingan Angka Nilai Rerata Ketuntasan Belajar, dan Siswa Belum Tuntas pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran................
Gambar    4.6     Diagram Batang Peningkatan Aktivitas Belajar pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran................................................................................................








DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran    1     :    Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     :    Surat Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran    3     :    Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    4     :    Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
Lampiran    5     :    Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
Lampiran    6     :    Instrumen Pengumpulan Data
Lampiran    7     :    Daftar Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    8     :    Daftar Hadir Peneliti dan Observer Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    9     :    Daftar Nilai Tes Hasil Belajar Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    10   :    Daftar Nilai Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    11   :    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    12   :    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian






BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah suatu hal yang penting dan mutlak bagi manusia, melalui pendidikan manusia mengembangkan kemampuan dan kepribadiannya. Bentuk kongkret dari pendidikan yang dilakukan manusia tersebut tampak dalam aktifitas pembelajaran sebagaimana Sudjana (1989:23) mengatakan bahwa proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
Belajar merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang atau peserta didik secara pribadi dan sepihak, ditandai oleh adanya perubahan pengetahuan, sikap, tingkah laku dan ketrampilan yang relative tetap dalam diri seseorang sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Belajar merupakan proses aktif konstruktif yang terjadi melalui mental proses dan bersifat komulatif. Pembelajaran terkait dengan bagaimana membelajarkan siswa atau bagaimana membuat siswa dapat belajar dengan mudah dan dorongan oleh kemauannya sendiri untuk mempelajari apa yang teraktualisasikan dalam kurikulum sebagai kebutuhan peserta didik. Oleh karena itu pembelajaran berupaya menjabarkan nilai-nilai yang terkandung dalam kurikulum.
Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan nilai-nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber untuk belajar. Dalam kegiatan pembelajaran ini menunjuk pada kegiatan yang didalamnya terdapat integrasi dan interaksi komponen-komponen pembelajaran yang dapat dikategorikan menjadi tiga hal pokok yaitu guru, materi pelajaran dan siswa. Interaksi antara tiga komponen utama melibatkan sarana dan prasana seperti metode pembelajaran, media pembelajaran, setting kelas sehingga tercipta situasi pembelajaran yang memungkinkan tercapainya tujuan yang telah direncanakan.
Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga membantu peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat, dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analisis dan imaginatif yang ada dalam dirinya. Bahasa yang baik dan benar adalah bahasa yang digunakan sesuai dengan norma kemasyarkatan yang berlaku dan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang berlaku. Pembelajaran bahasa di SMA menentukan penguasaaan bahasa yang baik dan benar oleh peserta didik dimasa yang akan datang. Hal ini disebabkan karena awal dari pembelajaran bahasa yang baik dan benar oleh peserta didik adalah di bangku Sekolah. Kemajuan zaman dan ilmu pengetahuan menuntut kita untuk bukan hanya sekedar mengetahui bahasa Indonesia tapi juga harus mengetahui bahasa asing dan pada pembelajaran di SMA, bahasa asing yang dipelajari adalah bahasa Inggris
Pembelajaran bahasa Inggris seharusnya lebih di titik beratkan pada peguasaan kosakata oleh peserta didik. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik bisa mengetahui banyak kosakata bahasa Inggris yang dipakai sehari-hari sehingga dapat memudahkan guru untuk memberikan materi yang lebih sulit. Jika peserta didik telah menguasai kosakata bahasa Inggris maka tidak akan sulit bagi mereka untuk bisa menerima pelajaran lanjutan, makin banyak kosakata yang dimiliki siswa makin mudah pula sisiwa menyusun kalimat (Grammar). Dari uraian di atas maka tugas guru menjadi jelas bahwa guru bukan hanya sekedar mentransferkan ilmu kepada siswa tetapi juga agar dapat membuat siswa mengembangkan kreatifitasnya dengan memberikan kesempatan pada siswa melakukan kegiatannya sendiri dengan menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa.
Guru seyogyanya mampu menentukan metode pembelajaran yang dipandang dapat membelajarkan siswa secara aktif melalui proses pembelajaran yang dilaksanakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan hasil belajarpun dapat lebih ditingkatkan. Hal terpenting  dalam kegiatan pembelajaran adalah terjadinya proses belajar (learning proses) pada diri siswa.
Proses pembelajaran yang dilakukan oleh sebagian besar guru masih ada yang cenderung pada pencapaian target materi kurikulum, lebih mementingkan pada penghafalan konsep bukan pada pemahaman. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang selalu didominasi oleh guru. Dalam penyampaian materi, biasanya guru menggunakan metode yang monoton seperti metode ceramah, dimana siswa hanya duduk, mencatat, dan mendengarkan apa yang disampaikannya dan sedikit peluang bagi siswa untuk bertanya, sehingga siswa merasa jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian, suasana pembelajaran menjadi tidak kondusif karena siswa menjadi pasif.
Untuk mengetahui keberhasilan siswa pada umumnya hasil belajar dinilai dengan tes, baik uraian maupun objektif, hasil penilaian yang biasanya berbentuk angka akan memberikan informasi bagi guru dan atau peserta didik mengenai prestasi yang ia dapatkan. Hasil penelitian itulah yang selanjutnya memberikan gambaran tentang ketuntasan belajar, kesulitan-kesulitan yang dihadapi, maupun masalah-masalah yang timbul dalam proses pembelajaran serta kelemahan-kelemahan yang mungkin terjadi. Kelemahan itu diindikasikan ssebagai kurang tercapainya tujuan pembelajaran. Hal lain yang juga bisa menjadikan kendala bagi para guru dalam menggunakan metode atau model pembelajaran, adalah perbedaan dan karakteristik individu, seperti latar belakang pendidikan yang kurang memadai hal ini bisa menghambat kelancaran proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
Kondisi seperti itu terjadi pula pada kegiatan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas XI IPS-2 SMAN .................... Kondisi awal kegiatan belajar mengajar di kelas tersebut untuk mata pelajaran Bahasa Inggris menunjukkan hasil belajar siswa rendah dan belum mencapai kriteria ketuntasan belajar (KKM), ini dapat dilihat dari 22 siswa, 14 orang siswa atau 63,64 % siswa kelas XI nilainya kurang dari 65 sebagai batas KKM. Hasil refleksi diri menunjukkan bahwa rendahnya prestasi belajar tersebut diantaranya sikap pasif siswa dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran yang kurang bervariasi dan monoton, dominasi guru masih sangat besar sehingga siswa kurang mandiri yang berpengaruh terhadap prestasi belajar. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan oleh guru untuk lebih mengaktifkan belajar siswa di kelas yaitu dengan menggunakan metode Jigsaw Learning. Model pembelajaran Active Learning Tipe Jigsaw bertujuan untuk melatih peserta didik agar terbiasa berdiskusi dan bertangung jawab secara individu untuk membantu memahamkan tentang suatu materi pokok pada teman sekelasnya. Jigsaw Learning merupakan sebuah teknik yang dipakai secara luas yang memiliki kesamaan dengan teknik “pertukaran dari kelompok ke kelompok” (group to group exchange) dengan suatu perbedaan penting bahwa setiap peserta didik mengajarkan sesuatu. (Silbirman, 2005: 159).
Untuk memahami permasalahan ini perlu kiranya dikaji melalui kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) khususnya dengan menerapkan metode Jigsaw Learning di kelas. Secara lengkap penelitian tindakan kelas ini berjudul: “PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI METODE JIGSAW LEARNING DI KELAS XI IPS-2 SMAN ................... TAHUN PELAJARAN 2013/2014”
B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat diajukan rumusan masalah sebagai berikut : “Apakah penerapan metode Jigsaw Learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Bahasa Inggris Materi Monolog Report di kelas XI IPS-2 SMAN ................... tahun pelajaran 2013/2014?”
C.  Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui penerapan metode Jigsaw Learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Inggris Materi Monolog Report siswa kelas XI IPS-2 SMAN ................... tahun pelajaran 2013/2014.
D.  Manfaat Penelitian
Pelaksanaan penelitian kelas ini diharapkan akan memberikan beberapa manfaat antara lain:
1.    Secara Teoritis
Dapat memberikan masukan serta informasi secara teori guna memperkaya khasanah ilmu pengetahuan terutama dalam bidang Bahasa Inggris, khususnya menyangkut penggunaan strategi pembelajaran Active Learning Tipe Jingsaw.
2.    Secara Praktis
a.    Bagi Guru
1)   Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyelesaikan masalah yang muncul pada pembelajaran Bahasa Inggris.
2)   Membantu memberikan informasi tentang peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris.
3)   Sebagai motivasi guru untuk melakukan pendidikan tindakan kelas.
b.    Bagi Peserta didik
1)   Menumbuhkan aktivitas peserta didik pada Bahasa Inggris.
2)   Meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris.
c.    Bagi Sekolah
1)   Hasil penelitian dapat dijadikan alternatif pilihan metode pembelajaran.
2)   Mendapatkan petunjuk dan panduan tentang model pembelajaran pembelajaran Active Learning Tipe Jingsaw khususnya dalam bidang Bahasa Inggris.
d.   Bagi Peneliti
Memberikan pengetahuan baru tentang pembelajaran Active Learning
Tipe Jingsaw dalam bidang Bahasa Inggris.


BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori
1.    Prestasi Belajar
a.    Pengertian Prestasi Belajar
Prestasi belajar adalah sebuah kalimat yang terdiri dari dua kata yaitu prestasi dan belajar. Prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan baik secara individu maupun secara kelompok (Djamarah,1994:19). Sedangkan menurut Mas’ud Hasan Abdul Dahar dalam Djamarah (1994:21) bahwa prestasi adalah apa yang telah dapat diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja. Sedangkan definisi belajar menurut beberapa pendapat para ahli, antara lain:
1)   Menurut Slameto (1995:2) belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
2)   Menurut Muhibin Syah (2003:63) belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan.
3)   Menurut Syaiful Bahri Djamarah (2002: 141) belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotorik.
4)   Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman (learning is defined as the modivicationor strengthening of behavior throuch experiencing).(Oemar Hamalik.2011:27)
5)   Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1994:14) adalah suatu upaya yang dilakukan manusia dengan jalan berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu.
Dari beberapa definisi tentang belajar tersebut, dapat disimpulkan bahwa belajar adalah proses perubahan perilaku secara keseluruhan dalam interaksi antara individu dengan lingkungan sebagai hasil dari pengalamannya sendiri. Prestasi belajar di sekolah adalah hasil yang diperoleh anak-anak berupa nilai mata pelajaran.
Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah hasil atau taraf kemampuan yang telah dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dalam waktu tertentu baik berupa perubahan tingkah laku, keterampilan dan pengetahuan dan kemudian akan diukur dan dinilai yang kemudian diwujudkan dalam angka atau pernyataan.
b.    Indikator Prestasi Belajar
Indikator prestasi belajar adalah apabila memperoleh nilai di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau sekurang-kurangnya sama dengan KKM. Kualitas pembelajaran dapat dilihat dari proses dan dari segi hasil. Dari segi proses pembelajaran dikatakan berhasil dan berkualitas apabila seluruh atau setidak-tidaknya sebagian besar (75%) peserta didik secara aktif, baik fisik, mental maupun sosial dalam proses pembelajaran, disamping menunjukkan kegairahan belajar yang tinggi, semangat besar dan rasa percaya diri yang tinggi. Sedang dari segi hasil, proses pembelajaran dikatakan berhasil apabila terjadi perubahan yang positif dari peserta didik seluruhnya atau setidak-tidaknya sebagian besar 75% (Mulyasa.2004:102).
Menurut pendapat Bloom (Suharsimi Arikunto ,2002:117) dalam nilai raport mencakup tiga ranah yaitu ranah kogitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik.
1)   Ranah Kognitif
a)    Mengenal; siswa diminta untuk memilih satu dari dua atau lebih jawaban dan mengingat kembali fakta yang sederhana.
b)   Pemahaman; siswa diminta untuk membuktikan bahwa ia memahaami hubungan yang sederhana diantara fakta-fakta atau konsep
c)    Penerapan atau apikasi; siswa diminta untuk memilih abstraksi tertentu konsep, dalil, cara, hukum, gagasan, aturan) secara tepat untuk diterapkan dalam situasi baru dan menerapkannya dengan benar.
d)   Analisis; siswa diminta untuk menganilis suatu hubungan kompleks atau konsep-konsep dasar.
e)    Sintesis; siswa diminta untuk menyusun kembali hal-hal yang spesifik agar dapat mengembangkan suatu struktur baru.
f)    Evaluasi; siswa diminta menerapkan pengetahuan dan kemampuannya untuk menilai sesuatu yang menyangkut benar/salah.
2)   Ranah afektif, meliputi:
a)    Pandangan atau pendapat; aspek afektif yang berhubungan dengan pandangan siswa maka pertanyaan yang disusun menghendaki respons yang melibatkan ekspresi, perasaan atau pendapat pribadi siswa terhadap hal-hal yang sederhana tetapi bukan fakta.
b)   Sikap atau nilai; siswa diminta untuk mempertahankan pendapatnya dalam suatu pertanyaan yang melibatkan sikap atau nilai yang telah mendalam disanubarinya.
3)   Ranah psikomotorik, yaitu aspek yang berhubungan dengan kerja otot yang menyebabkan geraknya tubuh atan bagian-bagian lain atau dengan kata lain bentuk ketrampilan siswa setelah melakukan belajar.
c.    Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
Menurut Muhibin Syah (2001: 130) prestasi belajar seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, secara global diklasifikasikan menjadi tiga faktor yaitu ; faktor yang berasal dari dalam diri siswa (faktor internal), faktor yang berasal dari luar diri siswa (faktor eksternal), dan faktor pendekatan belajar (approach to learning). Secara rinci dapat diuraikan sebagai berikut:


1)   Faktor Internal Siswa
Faktor yang berasal dari dalam diri siswa meliputi dua aspek, yaitu: aspek fisiologis (yang bersifat jasmaniah) dan aspek psikologis (yang bersifat rohani)
a)        Aspek Fisiologis
Faktor fisiologi yaitu faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik/ jasmaniah dan fungsi panca indera. Kondisi fisik misalnya kondisi jasmaniah yang sehat, cukup nutrisi, tidak kelelahan dan sebagainya. Panca indera adalah gerbang masuknya pengaruh ke dalam individu, orang mengenal dunia sekitarnya dan belajar menggunakan panca indranya. Baiknya fungsi panca indera merupakan syarat agar belajar berlangsung dengan baik. Panca indra yang sangat mempengaruhi belajar antara lain indra penglihat (mata), indra pendengar (telinga). Oleh karena itu maka panca indera harus senantiasa dijaga agar terlindungi dari bahaya yang dapat mengakibatkan terganggunya fungsi tersebut. Kondisi umum jasmani dan tonus (tegangan otot) yang menandai tingkat kebugaran organ-organ tubuh dan sendi-sendinya, dapat mempengaruhi semangat dan intensitas siswa dalam mengikuti pelajaran. Kondisi organ tubuh yang lemah, apalagi jika disertai pusing-pusing kepala misalnya, dapat menurunkan ranah cipta kognitif sehingga materi yang dipelajarinya pun kurang atau tidak berbekas. Untuk mempertahankan tonus jasmani agar tetap bugar, siswa sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Selain itu, siswa juga dianjurkan untuk memilih pola istirahat dan olahraga ringan yang sedapat mungkin terjadwal secara tepat dan mungkin berkesinambungan. Hal ini penting sebab perubahan pola makan minum dan istirahat akan menimbulkan reaksi tonus yang merugikan semangat mental siswa itu sendiri.

b)        Aspek Psikologis
Faktor Psikologi yaitu faktor yang berhubungan dengan kondisi psikis/ jiwa. (Sumadi Suryabrata.1993:249). Faktor psikologis yang dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas perolehan pembelajaran siswa antara lain : tingkat kecerdasan/ intelegensi siswa, sikap siswa, bakat siswa, aktivitas siswa, motivasi siswa.
(1)     Intelegensi siswa
Intelegensi pada umumnya diartikan sebagai kemampuan psiko-fisik untuk mereaksi rangsangan atau menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan cara yang tepat (Reber, 1998). Jadi intelegensi sebenarnya bukan persoalan kualitas otak saja, melainkan juga kualitas organ-organ tubuh lainnya. Akan tetapi, memang harus diakui bahwa peran otak dalam hubungannya dengan inteligensi manusia lebih menonjol dari pada peran organ-organ tubuh lainnya, otak merupakan “menara pengontrol” hampir seluruh aktivitas manusia. Tingkat kecerdasan atau intelegensi (IQ) siswa tak dapat diragukan lagi, sangat menentukan keberhasilan belajar siswa. Ini bermakna, semakin tinggi kemampuan intelegensi seorang siswa maka semakin besar peluangnya meraih sukses. Kecerdasan adalah ketajaman pikiran, kesempurnaan perkembangan akal budi
(2)     Sikap siswa
Sikap adalah gejala internal yang berdimensi afektif berupa kecenderungan untuk mereaksi atau merespons (response tenndency) dengan cara yang relatif tetap terhadap objek orang, barang atau lainnya, baik secara positif maupun negatif. Sikap (attitude) siswa yang positif, terutama kepada guru dan mata pelajaran yang disajikan merupakan pertanda awal yang baik bagi proses belajar siswa. Sebaliknya, sikap negatif siswa terhadap dan mata pelajaran, apalagi jika diiringi ketidaksukaan kepada guru, dapat menimbulkan kesulitan belajar siswa tersebut.
(3)     Bakat siswa
Bakat (aptitude) adalah kemampuan potensial yang dimiliki seseorang untuk mencapai keberhasilan pada masa yanng akan datang (Chaplin, 1972; Reber, 1988). Setiap orang pasti memiliki bakat dalam arti berpotensi untuk mencapai prestasi sampai ke tingkat tertentu sesuai dengan kapasitas tertentu sesuai dengan kapasitas masing-masing. Dalam perkembangan selanjutnya, bakat diartikan sebagai kemampuan individu untuk melakukan tugas tertentu tanpa banyak bergantung pada upaya pendidikan dan latihan. Seseorang siswa yang berbakat dalam bidang elektro, misalnya, akan lebih mudah menyerap informasi, pengetahuan, dan keterampilan yang berhubungan dengan bidang tersebut dibanding dengan siswa lainnya. Inilah yang kemudian disebut bakat khusus (specific aptitude) yang konon tak dapat dipelajari karena merupakan karunia inborn (pembawaan sejak lahir).
(4)     Aktivitas siswa
Aktivitas (interest) berarti kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Aktivitas besar pengaruhnya terhadap aktivitas belajar siswa, siswa yang gemar membaca akan dapat memperoleh berbagai pengetahuan dan teknologi, wawasan akan bertambah luas sehingga akan sangat mempengaruhi peningkatan atau pencapaian prestasi belajar siswa yang seoptimal mungkin karena siswa yang memiliki aktivitas terhadap sesuatu pelajaran akan mempelajari dengan sungguh-sungguh karena ada daya tarik baginya.
(5)     Motivasi
Motivasi/pendorongan merupakan suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu(Ngalim Purwanto.1990:52). Menurut Slameto (2003:58) bahwa motivasi erat sekali hubungannya dengan tujuan yang akan dicapai dalam belajar, dalam menentukan tujuan itu dapat disadari atau tidak, akan tetapi untuk mencapai tujuan itu perlu berbuat, sedangkan yang menjadi penyebab berbuat adalah motivasi itu sendiri sebagai daya penggerak atau pendorongnya. Motivasi dibedakan menjadi dua, yairu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik adalah semua faktor yang berasal dari dalam diri individu dan memberikan dorongan untuk melakukan sesuatu. Seperti seorang siswa yang gemar membaca, maka ia tidak perlu disuruh-suruh untuk membaca, karena membaca tidak hanya menjadi aktivitas kesenangannya, tapi bisa jadi juga telah menjadi kebutuhannya. Dalam proses belajar, motivasi intrinsik memiliki pengaruh yang lebih efektif, karena motivasi intrinsik relatif lebih lama dan tidak tergantung pada motivasi dari luar (ekstrinsik). Motivasi ekstrinsik adalah faktor yang datang dari luar diri individu tetapi memberi pengaruh terhadap kemauan untuk belajar. Seperti pujian, peraturan, tata tertib, reladan guru orangtua, dan lain sebagainya. Kurangnya respons dari lingkungan secara positif akan memengaruhi semangat belajar seseorang menjadi lemah.
2)   Faktor faktor eksternal
Muhibin Syah (2003:138) menjelaskan bahwa faktor faktor eksternal yang memengaruhi belajar dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu faktor lingkungan sosial dan faktor lingkungan nonsosial.
a)    Lingkungan sosial
(1)     Lingkungan sosial masyarakat.
Kondisi lingkungan masyarakat tempat tinggal siswa akan memengaruhi belajar siswa. Lingkungan siswa yang kumuh, banyak pengangguran dan anak telantar juga dapat memengaruhi aktivitas belajar siswa, paling tidak siswa kesulitan ketika memerlukan teman belajar, diskusi, atau meminjam alat-alat belajar yang kebetulan belum dimilikinya.
(2)     Lingkungan sosial keluarga.
Lingkungan ini sangat memengaruhi kegiatan belajar. Sistem sosial yang terbentuk dalam kehidupan mengharuskan manusia berperilaku tunduk pada norma- norma yang ada di masyarakat. Keluarga terutama orang tua merupakan tempat yang utama dan pertama memberikan pendidikan kepada anak Disamping itu hubungan keluarga juga akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Keluarga yang harmonis, penuh dengan lebih baik karena disamping memberikan motivasi, keluarga juga dapat menciptakan situasi belajar yang baik Dalam kegiatan belajar siswa memerlukan tempat yang aman dan tenang. Dengan suasana belajar yang aman dan tenang, maka seorang siswa akan dapat belajar dengan lebih konsentrasi. Oleh karena itu hendaknya tempat belajar dijauhkan dari termpat keramaian dan kebisingan misalnya pasar, pabrik- pabrik, jalan raya dan sebagainya. Dengan motivasi dan suasana belajar yang baik maka akan berpengaruh pada hasil belajar yang baik pula.
(3)     Lingkungan sosial sekolah, seperti guru, administrasi, dan teman-teman sekelas dapat memengaruhi proses belajar seorang siswa. Hubungan yang harmonis antara ketiganya dapat menjadi motivasi bagi siswa untuk belajar lebih baik di sekolah. maka para pendidik, orangtua, dan guru perlu memerhatikan dan memahami bakat yang dimiliki oleh anaknya atau peserta didiknya, antara lain dengan mendukung, ikut mengembangkan, dan tidak memaksa anak untuk memilih jurusan yang tidak sesuai dengan bakatnya.
b)   Lingkungan nonsosial.
Faktor faktor yang termasuk lingkungan nonsosial adalah:
1)   Lingkungan alamiah, seperti kondisi udara yang segar, tidak panas dan tidak dingin, sinar yang tidak terlalu silau/kuat, atau tidak terlalu lemah/gelap, suasana yang sejuk dan tenang. Lingkungan alamiah tersebut merupakan faktor-faktor yang dapat memengaruhi aktivitas belajar siswa. Sebaliknya, bila kondisi lingkungan alam tidak mendukung, proses belajar siswa akan terhambat.
2)   Faktor instrumental, yaitu perangkat belajar yang dapat digolongkan dua macam. Pertama, hardware, seperti gedung sekolah, alat-alat belajar, fasilitas belajar, lapangan olahraga dan lain sebagainya. Kedua, software, seperti kurikulum sekolah, peraturan-peraturan sekolah, buku panduan, silabi, dan lain sebagainya.
2.    Pembelajaran Bahasa Inggris
a.    Hakikat Pembelajaran Bahasa Inggris
Tuntutan dunia global yang terus menerus berubah dan ada kecenderungan semakin berkembang pesat dengan ditandai berkembangnya teknologi informasi merupakan salah satu dorongan bagi seseorang untuk mengembangkan penguasaan bahasa asing sebagai alat untuk berkomunikasi, seperti penguasaan bahasa Inggris. Mempelajari bahasa merupakan hal penting bagi perkembangan sosial dan kepribadian seorang individu. Sebagai bahasa yang banyak digunakan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, bahasa Inggris berperan sebagai salah satu bahasa internasional.
Di samping berperan sebagai bahasa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, bahasa ini dapat menjadi alat untuk mencapai tujuan ekonomi perdagangan, hubungan antarbangsa, tujuan sosial budaya dan pendidikan serta tujuan pengembangan karier. Penguasaan bahasa Inggris dapat diperoleh melalui berbagai program, dan program pengajaran di sekolah secara formal tampaknya merupakan sarana utama bagi sebagian anak Indonesia. Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi lisan dan tulisan.
Berkomunikasi dalam bahasa Inggris dimaksudkan untuk memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, serta mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya (Depdiknas, 2004:6). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penguasaan bahasa Inggris bagi siswa SMA merupakan persyaratan penting sebagai bekal dalam upaya melakukan interaksi dan komunikasi di tengah pergaulan masyarakat yang semakin berkembang, baik dalam lingkup nasional maupun internasional. Sehubungan dengan hal itu, penguasaan bahasa Inggris dapat diperoleh melalui berbagai program, dan program pengajaran atau pembelajaran di sekolah secara formal tentunya merupakan sarana utama bagi siswa SMA.
b.    Fungsi dan Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMA
1)   Fungsi
Mata pelajaran bahasa Inggris merupakan mata pelajaran pilihan di Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berfungsi sebagai alat pengembangan diri siswa dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya. Dengan demikian mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas, terampil dan berkepribadian Indonesia serta siap mengambil bagian dalam pembangunan nasional (Depdiknas, 2004:6).
2)   Tujuan
a)    Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa tersebut, dalam bentuk lisan dan tulis. Kemampuan berkomunikasi meliputi mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing).
b)   Menumbuhkan kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar.
c)    Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antar bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian siswa memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.
c.    Ruang Lingkup Ruang lingkup mata pelajaran bahasa Inggris (Depdiknas, 2004:7) meliputi:
1)   Keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis;
2)   Sub-kompetensi yang meliputi kompetensi tindak bahasa, linguistik (kebahasaan), sosiokultural, strategi, dan kompetensi wacana;
3)   Pengembangan sikap yang positif terhadap bahasa Inggris sebagai alat komunikasi.
d.   Standar Kompetensi Bahan Kajian
Setiap mata pelajaran memiliki karateristik tertentu bila ditinjau dari segi tujuan atau kompetensi yang ingin dicapai, ataupun materi yang dipelajari dalam rangka menunjang tercapainya kompetensi tersebut. Ditinjau dari segi tujuan atau kompetensi yang ingin dicapai, maka pelajaran bahasa Inggris ini menekankan pada aspek keterampilan berbahasa yang meliputi keterampilan berbahasa lisan dan tulis baik respektif maupun produktif.
 Penerapan konsep dalam pengajaran bahasa Inggris menyiratkan bahwa: (1) unsur-unsur bahasa Inggris, yaitu tata bahasan kosa kata, ejaan dan lafal hendaknya 18 disajikan dalam lingkup kebahasaan dan lingkup situasi, sehingga makna di maksud jelas. Lingkup situasi harus mencakup lingkup budaya sasaran dan budaya peserta didik; (2) pembelajaran unsur-unsur bahasa ditujukan untuk mendukung penguasaan dan pengembangan empat keterampilan berbahasa Inggris yang mencakup: mendengar, berbicara, membaca dan menulis, dan bukan untuk kepentingan penguasaan unsur-unsur bahasa itu sendiri; (3) dalam proses belajar mengajar, unsur unsur bahasa yang dianggap sulit bagi peserta didik dapat disajikan tersendiri secara sistematis sesuai dengan konteks yang dibahas; (4) dalam proses belajar mengajar ke empat keterampilan berbahasa pada hakekatnya tidka dapat dipisahkan. Oleh sebab itu, keterampilan berbahasa harus dikembangkan secara terpadu; (5) peserta didik harus dilibatkan dalam semua kegiatan belajar yang bermakna, yaitu kegiatan yang dapat membantu mengembangkan diri siswa dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya, mendorong peserta didik untuk tumbuh dan berkembang menjadi warganegara yang berkepribadian Indonesia, dan mengembangkan keterampilan bergaul (Badan Standar Nasional Pendidikan, 2007:IX-X).
e.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMA
Berdasarkan pada Buku Petunju Teknik Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus mata pelajaran Bahasa Inggris untuk SMA/MA (Badan Standar Nasional Pendidikan, 2007:X) disebutkan rumusan standar kompetensi untuk mata pelajaran bahasa Inggris di SMA adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik sebagai hasil dari mempelajari bahasa Inggris. Selanjutnya disebutkan kompetensi dasar tentang keterampilan menulis untuk mata pelajaran bahasa Inggris di SMA adalah mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk: recount, narative, procedure, descriptive, news item, spoof, report, analytical exposition, hortatory exposition, explanation, discussion, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.

3.    Jigsaw Learning
Metode jigsaw learning merupakan metode pembelajaran yang menciptakan suasana kelas yang lebih santai dan hangat. Metode jigsaw learning memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengekspresikan diri melalui diskusi yang memungkinkan siswa bertemu dengan kelompok lain untuk membahas satu topik yang sama, kemudian kembali lagi pada kelompok semula untuk bergantian mengajar anggota asal. Melalui jigsaw learning kelas dibagi menjadi beberapa tim yang anggotanya terdiri dari 5 atau 6 siswa dengan karakteristik yang heterogen. Materi disajikan kepada siswa dalam bentuk teks. Setiap anggota kelompok mendapat topik yang berbeda-beda, kelompok ini disebut kelompok asal. Anggota-anggota kelompok yang mendapatkan topik sama berkumpul menjadi satu membentuk kelompok lagi (kelompok ini disebut kelompok ahli). Setelah terbentuk kelompok ahli, masing-masing kelompok ahli bekerja sama berdiskusi saling membantu, bertukar pikiran untuk menyelesaikan topik yang telah ditugaskan kepada mereka. Kemudian setelah para kelompok ahli menyelesaikan tugas kelompok tersebut, para siswa kembali kepada kelompok asalnya untuk menjelaskan kepada teman-teman satu kelompoknya mengenai topik yang telah dibahas atau dipelajari sebelumnya pada pertemuan kelompok ahli. Penjelasan ini dilakukan oleh semua siswa dalam satu anggota secara bergantian, sehingga siswa mendapat penjelasan topik yang berbeda-beda dari masing-masing teman-temannya dalam satu kelompoknya.
Jigsaw Learning adalah belajar melalui tukar delegasi antar kelompok (Ismail,2008:82). Metode Jigsaw Learning adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan bagian tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya. (Hisyam Zaini dkk:2004:58) Jigsaw Learning dapat diterapkan dalam kurikulum apa saja, bidang studi apa saja, dan kelas yang bagaimanapun keadaannya. Penerapan Jigsaw Learning dalam kelas cukup mudah.
Secara garis besar langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
a.    Pilihlah materi pelajaran yang dapat dibagi menjadi beberapa segmen (bagian).
b.    Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah segmen yang ada. Jika jumlah siswa ada 25 sementara jumlah segmen yang ada adalah 5, maka masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang.
c.    Setiap kelompok mendapat tugas membaca, memahami dan mendiskusikan serta membuat ringksan materi pelajaran yang berbeda beda.
d.   Setiap kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuk menyampaikan apa yang telah mereka pelajari di kelompoknya.
e.    Kembalikan suasana kelas seperti semula kemudian tanyakan sekiranya ada persoalan-persoalan yang tidak terpecahkan dalam kelompok.
f.     Sampaikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengecek pemahaman mereka terhadap materi.
g.    Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi dan tindak lanjut. (Ismail.2008:82).
Tujuan penerapan strategi ini adalah untuk melatih peserta didik agar terbiasa berdiskusi dan bertanggungjawab secara individu uut membantu memahamkan tentang suatu materi pokok kepada teman sekelasnya.
Seperti halnya dengan yang lain, Jigsaw Learning juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Berikut ini kelebihan dan kelemahan Jigsaw Learning.
a.    Kelebihan Jigsaw Learning
1)        Melibatkan seluruh peserta didik dalam belajar dan sekaligus mengajarkan kepada orang lain. (Hisyam Zaini.2008:85)
2)        Meningkatkan rasa tanggungjawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain.
3)        Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut pada anggota kelompok yang lain.
4)        Siswa saling tergantung satu dengan yang lain dan bekerja sama secara kooperatif untuk mempelajari materi yang ditugaskan.
5)        Melatih peserta didik agar terbiasa berdiskusi dan bertanggungjawab secara individu untuk membantu memahamkan tentang suatu materi pokok kepada teman sekelasnya. (Ismail.2008:82)
b.    Kelemahan Jigsaw Learning
1)        Kurangnya pemahaman guru mengenai penerapan pembelajaran model Jigsaw.
2)        Jumlah siswa yang terlalu banyak yang mengakibatkan perhatian guru terhadap proses pembelajaran relatif kecil sehingga hanya segelintir orang yang menguasai arena kelas sedangkan yang lain hanya sebagai penonton.
3)        Kurangnya sosialisasi dari pihak terkait tentang teknik pembelajaran model Jigsaw.
4)        Kurangnya buku sumber sebagai media pembelajaran.
5)        Terbatasnya pengetahuan siswa akan sistem teknologi dan informasi yang dapat mendukung proses pembelajaran.
4.    Kaitan Jigsaw Learning dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris
Pelaksanaan pembelajaran atau proses pembelajaran merupakan proses transaksional untuk mengembangkan potensi siswa secara aktif dan kreatif seoptimal mungkin agar terwujud aktivitas dan kreativitas siswa. Pembelajaran yang ideal adalah pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik secara menyeluruh, Salah satu faktor yang yang mempengaruhi kemauan peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran adalah apabila anak tersebut tertarik dengan materi pelajaran.
Guru harus dapat mengemas pembelajaran dengan sebaik-baiknya, pada pelajaran Bahasa Inggris materi monolog report guru menerapkan metode Jigsaw Learning. Jigsaw Learning diterapkan dengan tujuan agar pembelajaran dapat menarik dan disukai oleh peserta didik, suasana kelas perlu direncanakan dan dibangun sedemikian rupa dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat memperoleh kesempatan untuk berinteraksi satu sama lain sehingga pada gilirannya dapat diperoleh prestasi belajar yang optimal. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa metode Jigsaw Learning dalam pembelajaran mempunyai hubungan erat dengan tanggung jawab pemahaman materi terhadap dirinya dan terhadap siswa yang lain. Jika pemahaman terhadap materi pelajaran cukup baik maka akan mempengaruhi prestasi belajar dengan baik pula.
B.  Kerangka Pikir
Rendahnya aktivitas dan prestasi  siswa  khususnya pada pembelajaran bahasa Inggris disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: (1) siswa kurang beraktivitas pada pembelajaran. Sebagian besar siswa menyatakan bahwa pembelajaran bahasa Inggris merupakan materi yang kurang menyenangkan karenan bersifat hafalan; (2) guru mengalami kesulitan untuk membangkitkan aktivitas siswa; (3) sebagian besar siswa mengalami kesulitan dan tampak takut untuk mengungkapkan pendapat serta siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung; (4) guru mengalami kesulitan untuk menemukan alternatif metode pembelajaran yang tepat untuk mengajarkan bahasa Inggris, maka dibutuhkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan metode kooperatif tipe Jigsaw Learning dalam pembelajaran bahasa Inggris. Metode kooperatif tipe Jigsaw Learning adalah metode pembelajaran kooperatif yang mendorong Agar siswa dapat belajar bekerja sama dalam kelompok yang heterogen, setidaknya ada dua komponen utama yang harus ada dalam pembelajaran kooperatif, yaitu komponen tugas (cooperative task) dan komponen struktur insentif kooperatif (cooperative incentive structure). Komponen tugas tersebut merupakan pembagian tugas setiap anggotanya sehingga mereka dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok. Setiap anggota dalam kelompok dapat membagi tanggung jawab untuk mencapai tujuan bersama. Pembagian tugas dalam pembelajaran kooperatif meliputi waktu, praktik, dan penguatan perilaku yang sesuai. Agar pembagian tugas ini dapat berjalan semestinya, guru harus mampu menciptakan suasana lingkungan yang mendukung aktivitas belajar siswa. Suasana lingkungan tersebut tercapai setelah siswa merasa mampu mengatasi masalah mereka dan merasa orang di sekitar lingkungannya menghargainya. Selama kerja kelompok tersebut, tugas setiap individu kelompok adalah mencapai ketuntasan. Pembelajaran kooperatif membuat siswa akan terlatih pemahamannya dan dipupuk rasa senangnya serta sikap positif dalam pekerjaannya maupun terhadap dirinya sendiri. Agar semua siswa dapat mengambil manfaat dari aktifitas kerja kelompok yang kooperatif, mereka hendaknya diberi kesempatan untuk mengembangkan berbagai keterampilan. Jadi, pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran kelompok atau tim kecil dengan jumlah siswa dua sampai lima yang tersusun dari berbagai latar belakang. Pembagian anggota dalam kelompok tersebut harus diperhatikan keheterogenan keterampilan siswa. Mereka belajar bersama dalam kelompok kelompok tersebut dan saling membantu satu sama lain.
 



























Gambar 2.1. Bagan Alur Kerangka Berpikir
C.  Hipotesis Tindakan
Berkaitan dengan hipotesis penelitian, perlu dicatat bahwa keberadaan hipotesis adalah sebagai kesimpulan sementara tentang masalah yang merupakan perkiraan tentang keterikatan variabel-variabel yang diteliti. Menurut Suharsimi Arikunto (dalam Zuhriah, 2007:62), hipotesis didefinisikan sebagai alternatif dugaan jawaban yang dibuat oleh peneliti bagi problematika yang diajukan dalam penelitiannya.
Berdasarkan paparan diatas maka penulis mengajukan hipotesis dari dugaan sementara bahwa:
1.  Pembelajaran dengan metode jigsaw learning dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
2.  Pembelajaran dengan metode jigsaw learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.