Lencana Facebook

banner image

Wednesday 23 December 2015

PTK BIOLOGI SMA




Loggo




LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR
 DI KELAS X .................... 
TAHUN PELAJARAN 2014/2015





Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan IV/a ke IV/b







Oleh

..........................................
NIP. ..............................







DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN ..................................
SMA ...........................................................
Jl. ............................................
20..........

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


1.   a.   Judul Penelitian                    :  Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Di Kelas X ....................  Tahun Pelajaran 2014/2015
      b.   Bidang Ilmu                         : IPA (Biologi)
      c.   Kategori Penelitian              :  Strategi  Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ……………..
      b.   NIP                                      :  ………….
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SMA ………………………….
      f.    Tempat Penelitian                :  SMA ………………………….
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan ……. 20…)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya




Tanda tangan disesuaikan dengan kondisi setempat
















KATA PENGANTAR



Syukur Alhamdullilah kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis  dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di SMA ................ dengan lancar.
Laporan ini dibuat oleh penulis dalam rangka memenuhi pengajuan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan IVa ke IVb.
Terselesaikannya penelitian ini tidak lepas dari bantuan beberapa pihak dan pada kesempatan ini ijinkan peulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan ini, yaitu kepada yang terhormat:
1.      Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ……………………., atas Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
2.      Pengawas SMP, Dinas Pendidikan Kabupaten ……………………., atas Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung
3.      Kepala sekolah SMA ................ yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.      Bapak dan Ibu Guru SMA ................ yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
Dan akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
                                                                               ......................,    ...................

                                                                                                Peneliti

DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iii
DAFTAR ISI.....................................................................................................     iv
DAFTAR TABEL..............................................................................................      v
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................     vi
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................    vii
ABSTRAK.........................................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah.........................................................       
B.       Identifikasi Masalah ..............................................................       
C.       Rumusan Masalah .................................................................       
D.      Tujuan Penelitian ...................................................................       
E.       Manfaat Penelitian ................................................................       
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................
B.   Kerangka Berpikir .................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.      JEnis  Penelitian.....................................................................       
B.       Subjek dan Objek Penelitian .................................................       
C.       Tempat dan Waktu Penelitian ...............................................       
D.      Rancangan Penelitian.............................................................       
E.       Prosedur Penelitian ................................................................       
F.        Teknik dan Alat Pengumpulan Data .....................................       
G.      Tehnik Analisis Data .............................................................       
H.      Indikator Keberhasilan...........................................................       

BAB     IV    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian
      1.  Kondisi Awal....................................................................       
      2.  Siklus I ..............................................................................       
      3.  Siklus II.............................................................................       
B.   Pembahasan............................................................................       

BAB      V     KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran.......................................................................................       

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Hasil Aktivitas Belajar Siswa.........................
Tabel   3.2     Kriteria Penilaian Hasil Belajar....................................................
Tabel   4.1     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal...........................
Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Siswa pada Kondisi Awal      
Tabel   4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Siklus I......................................         
Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa pada Siklus I       
Tabel   4.5     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Siklus II....................................
Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa Siklus II  
Tabel   4.7     Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II  
Tabel   4.8     Rekapitulasi Peningkatan Aktivitas Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II           

                    
                    




















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman


Gambar  2.1    Kerangka Berpikir.....................................................................         
Gambar 3.1     Spiral Penelitian Tindakan Kelas Model Kemmis & Mc Taggart (Pardjono dkk, 2007: 22)  ..................................................................................................
Gambar 4.1     Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II         
Gambar 4.2     Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II       
Gambar 4.3     Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Keaktifan Siswa Studi Awal,  Siklus I dan II..................................................................................................
                       
             
                 
             























DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    3     Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran    4     Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran    5     Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    6     Daftar Hadir Peneliti Dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    7     Daftar Nilai Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    8     Lembar Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    9     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    10   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II







                  










ABSTRAK

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR  DI KELAS X .................... 
TAHUN PELAJARAN 2014/2015



Oleh :

..............................................
NIP. ...........................


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) di kelas X ..................... Jenis penelitian ini adalah PTK dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap : tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas X ..................... Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes dan lembar observasi, lembar observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa, sedangkan lembar tes untuk mengamati hasil belajar siswa.
Hasil analisis data diperoleh peningkatan keaktifan belajar dari 47,83% atau 11 siswa  pada studi awal menjadi, 65,22% atau 15 siswa, dan pada akhir siklus kedua menjadi 100% atau semua siswa aktif dalam pembelajaran, nilai rata-rata kelas terus mengalami peningkatan dari 57,39 pada studi awal menjadi 62,61 pada siklus pertama, dan pada akhir siklus kedua menjadi 73,91, dan didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar dari 17,39% atau 4 siswa pada studi awal, menjadi 10 siswa atau 43,48% pada siklus pertama, dan 95,65% pada siklus kedua atau 22 siswa tuntas dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 23 siswa. Jadi dapat diambil suatu kesimpulan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tife think pair share (TPS) pada materi klasifikasi makhluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X .....................

Kata kunci : ( TPS) Think, Pair, Share.





BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar untuk menumbuhkan potensi sumber daya manusia dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar mereka. Dalam Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional Bab I Pasal I (1) pendidikan didefinisikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses belajar agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (Syah, 2009:1). Dalam situasi masyarakat yang selalu berubah-ubah, idealnya pendidikan tidak hanya berorentasi pada masa lalu dan masa kini, tetapi sudah seharusnya merupakan proses yang mengantisipasi dan membicarakan masa depan. Pendidikan hendaknya melihat jauh kedepan dan memikirkan apa yang akan dihadapi oleh siswa dimasa yang akan datang. Dan pendidikan yang baik adalah pendidikan yang tidak hanya mempersiapkan para siswanya untuk sesuatu profesi atau jabatan, tetapi untuk menyelesaikan masalah- masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari (Trianto,2010:5).
Oleh karena itu, telah banyak upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan di indonesia salah satunya dengan memperbaiki indikator proses pendidikan. Proses pembelajaran yang terjadi di kelas pada hakekatnya akan menjadi lebih efektif apabila diiringi dengan penerapan model pembelajaran yang disesuaikan dengan materi dan keadaan siswa di kelas. Menurut Trianto (2011) model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar.
Dari kondisi tersebut maka peneliti mengevalusi pembelajaran dengan melihat perolehan hasil belajar siswa pada materi Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup masih rendah yaitu 4 siswa yang tuntas belajarnya secara individu dengan ketuntasan klasikal hanya 17,39%. Sementara itu KKM yang ditetapkan siswa yang dikatakan tuntas belajarnya secara individu bila mendapatkan nilai ≥ 70, dan dikatakan tuntas secara klasikal apabila ≥ 85% siswa memperoleh nilai KKM yang ditetapkan tersebut.
Menurut Trianto (2011:18) suatu pembelajaran dikatakan efektif apabila memenuhi persyaratan utama keefektifan pengajaran, yaitu: 1) presentasi waktu belajar siswa yang tinggi dicurahkan terhadap kegiatan belajar mengajar, 2) rata rata perilaku melaksanakan tugas yang tinggi diantara siswa, 3) ketetapan antara kandungan materi ajaran dengan kemampuan siswa (orientasi keberhasilan belajar) yang di utamakan dan 4) mengembangkan suasana belajar yang akrab dan positif, mengembangkan struktur kelas.
Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pengajaran di mana siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan berbeda. Dalam menyelesaikan tugas kelompok, setiap anggota saling kerjasama dan membantu untuk memahami suatu bahan pelajaran. Ada beberapa variasi model dalam pembelajaran kooperatif yang meliputi model Student Teams Achievement Division (STAD), model Jigsaw, model Investigasi Kelompok (Group Investigation), model Make a Match, model TGT (Teams Games Tournament), dan model Struktural {Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS)} (Rusman, 2012).
Permasalahan tersebut perlu diatasi dengan pembelajaran yang tepat untuk mengoptimalkan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang menarik, yang lebih melibatkan siswa sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran yaitu model Think Pair Share (TPS). TPS adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang pada pelaksanaannya mengutamakan siswa dalam berbuat untuk menemukan sendiri konsep-konsep materi dalam pembelajaran dengan jalan berfikir (Think), berpasangan (Pair), dan mengemukakan pendapat (Share) (Ibrahim dkk,2000:26).
Model kooperatif tipe think pair share (TPS) adalah jenis pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa (Slavin, 2011). Dengan adanya model pembelajaran ini diharapkan siswa dapat berinteraksi dengan siswa lainnya untuk menjawab masalah yang ada melalui berfikir, berpasangan dan berbagi. Dalam kegiatan ini diharapkan terjadi tanya jawab yang mendorong pada pengonstruksian pengetahuan secara integratif. Sehingga siswa dapat menemukan struktur dari pengetahuan yang dipelajarinya dengan aktif bekerjasama secara berpasangan.
Mempertimbangkan adanya kelebihan dari model kooperatif tipe think pair share (TPS) ini, maka peneliti berkolaborasi dengan guru IPA-Biologi di SMPN 17 Kota Bengkulu untuk mengadakan proses perbaikan pembelajaran dengan judul “model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada pembelajaran biologi untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar di kelas X ....................  Tahun Pelajaran 2014/2015”.
B.  Identifikasi Masalah
Berdasarkan hasil kegiatan prasiklus yang dilakukan terhadap proses pembelajaran yang terjadi di kelas X .................... diketahui bahwa proses pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa belum baik. Hal ini terlihat dari aktivitas yang dilakukan guru dan siswa, yaitu:
1.    Guru masih kurang maksimal dalam mendorong siswa bekerja sama pada kelompok untuk mencari dan memecahkan masalah terkait materi yang dipelajari khususnya materi klasifikasi makhluk hidup,
2.    Guru masih kurang variatif dalam menggunakan model pembelajaran di setiap pertemuan, dan
3.    Guru masih belum maksimal dalam memanfaatkan media yang ada di sekolah seperti LCD dan animasi pembelajaran terutama untuk menunjang proses belajar siswa.
4.    siswa merasa bosan terhadap pembelajaran yang dilakukan (pasif),
5.    siswa kurang termotivasi untuk belajar dengan serius dan
6.    Siswa sering melakukan aktivitas lain di luar pembelajaran seperti mengobrol dan keluar masuk kelas saat proses pembelajaran terjadi.
C.  Rumusan Masalah
Dari penjelasan latar belakang dan identifikasi masalah di atas maka  rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
1. Bagaimana peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran Biologi materi klasifikasi makhluk hidup dengan menerapkan model kooperatif tipe think pair share (TPS) di kelas X ....................?
2. Bagaimana peningkatan hasil siswa dalam proses pembelajaran Biologi materi klasifikasi makhluk hidup dengan menerapkan model kooperatif tipe think pair share (TPS) di kelas X ....................?
D.  Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah sebagaimana dijelaskan di atas, maka tujuan pada penelitian ini adalah :
1. Untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran Biologi materi klasifikasi makhluk hidup dengan menerapkan model kooperatif tipe think pair share (TPS) di kelas X .....................
2. Untuk meningkatkan hasil belajar Biologi materi klasifikasi makhluk hidup siswa kelas X .................... dengan menerapkan model kooperatif tipe think pair share (TPS).
E.  Manfaat Penelitian
Dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TPS (think
pair share) di kelas X ...................., diharapkan dapat memberikan manfaat antara lain:
1.      Bagi guru
a.    Dapat menggunakan variasi model pembelajaran dalam proses memperbaiki pelajaran biologi, sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dalam belajar.
b.    Dapat menjadi sumbangan pemikiran bagi guru dalam menentukan model pembelajaran
2.      Bagi siswa
a.    Dapat menumbuhkan sikap kebersamaan, saling membantu dan kerja sama di antara sesama siswa dalam kelompok.
b.    Memberikan suasana baru bagi siswa dalam proses pembelajaran yang dapat mendorong peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
3.   Bagi Sekolah
Memberikan sumbangan pemikiran dalam upaya peningkatan kualitas siswa dan guru
3.      Bagi peneliti
Sebagai wawasan pengetahuan dalam penelitian tindakan kelas dan sebagai bekal dalam mengajar untuk mempersiapkan diri sebagai calon guru.







BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori
1.    Pembelajaran Biologi
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan usaha sengaja, terarah dan bertujuan agar orang lain dapat memperoleh pengalaman yang bermakna (BSNP, 2006: 30). Pembelajaran biologi di sekolah menengah diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta proses pengembangan lebih lanjut dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari. Penting sekali bagi setiap guru memahami sebaik-baiknya tentang proses belajar siswa, agar dapat memberikan bimbingan dan menyediakan lingkungan belajar yang tepat dan serasi bagi siswa (Hamalik, 2010:36).
Biologi sebagai ilmu memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan dengan ilmu-ilmu yang lain. Biologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan kehidupannya dari berbagai aspek persoalan dan tingkat organisasinya. Produk keilmuan biologi berwujud kumpulan fakta fakta maupun konsep-konsep sebagai hasil dari proses keilmuan biologi(Sudjoko, 2001:2).
Pembelajaran biologi pada hakikatnya merupakan suatu proses untuk menghantarkan siswa ke tujuan belajarnya, dan biologi itu sendiri berperan sebagai alat untuk mencapai tujuan tersebut. Biologi sebagai ilmu dapat diidentifikasikan melalui objek, benda alam, persoalan/gejala yang ditunjukkan oleh alam, serta proses keilmuan dalam menemukan konsep-konsep biologi. Proses pembelajaran biologi merupakan penciptaan situasi dan kondisi yang kondusif sehingga terjadi interaksi antara subjek didik dengan objek belajarnya yang berupa makhluk hidup dan segala aspek kehidupannya. Melalui interaksi antara subjek didik dengan objek belajar dapat menyebabkan perkembangan proses mental dan sensori motorik yang optimal pada diri siswa.
Berdasarkan KTSP (BSNP, 2006: 452), mata pelajaran biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis, induktif dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar dan penyelesaian masalah bersifat kualitatif dan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang lainnya.
Mata pelajaran biologi di SMA merupakan kelanjutan IPA di SMP yang menekankan pada fenomena alam dan penerapannya meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
a.    Hakikat biologi, keanekaragaman hayati dan pengelompokan makhluk hidup, hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan perubahan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.
b.    Organisasi seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan dan manusia serta penerapannya dalam konsep sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
c.    Proses yang tejadi pada tumbuhan, proses metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
d.   Pembelajaranbiologi di sekolah menengah juga harus memperhatikan karakteristik perkembangan peserta didik yang sedang berada pada periode operasi formal. Periode ini yang berkembang pada peserta didik adalah kemampuan berpikir secara simbolis dan bisa memahami hal-hal yang bersifat imajinatif (dari abstrak menuju konkrit). Dalam hal ini harus diperhatikan karena peserta didik mempunyai kemampuan berpikir yang berbeda satu sama lain.
2.    Sumber Belajar Belajar Biologi
Sumber belajar biologi adalah segala sesuatu baik benda maupun gejalanya, yang dapat dipergunakan untuk memperoleh pengalaman dalam rangka pemecahan permasalahan biologi tertentu (Suhardi, 2008:5).Sumberbelajar memungkinkan dan memudahkan terjadinya proses belajar. Pembelajaran sebagai suatu proses merupakan suatu sistem yang tidak terlepas dari komponen lain yang saling berinteraksi di dalamnya. Salah satu komponen dalam proses tersebut adalah sumber belajar.
Berbagai sumber belajar yang ada, pada garis besarnya dapat dikelompokkan sebagai berikut :
a.    Manusia, yaitu orang yang menyampaikan pesan secara langsung
b.    Bahan, sesuatu yang mengandung pesan pembelajaran, baik yang dirancang secara khusus maupun bahan yang bersifat umum yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan belajar
c.    Lingkungan, yaitu ruang dan tempat di mana sumber belajar dapat berinteraksi dengan para peserta didik
d.   Alat dan peralatan, yaitu sumber belajar untuk produksi dan atau memainkan sumber-sumber lain
e.    Aktivitas, yaitu sumber belajar yang biasanya merupakan kombinasi antara teknik dengan sumber lain untuk memudahkan belajar (Mulyasa, 2002: 48-49)
Dalam pembelajaran biologi, lingkungan alam sekitar merupakan laboratorium yang mempunyai peranan penting karena adanya gejala-gejala alam yang dapat memunculkan persoalan-persoalan sains.Untuk mendapatkan objek biologi, alam dengan segenap fenomenanya telah menyediakan informasi yang dapat digunakan dalam kehidupan manusia. Proses pembelajaran tidak selalu tergantung pada keberadaan guru (pendidik) sebagai pengelola proses pembelajaran. Hal ini didasarkan pada hakekat proses belajar yaitu interaksi antara peserta didik dengan objek yang dipelajari.
Oleh karena itu, peranan sumber dan media belajar tidak dapat dikesampingkan, khususnya peranan sumber belajar biologi sebagai salah satu komponen masukan instrumental dapat tersedia di dalam maupun di luar sekolah (Suhardi, 2008:5). Suatu objek dan kejadian maknanya sebagai sumber belajar dapat dipandang dari dua segi yaitu proses dan produk. Meskipun objek studi telah jelas maknanya sebagai sumber belajar, tetapi pengembangannya dalam organisasi instruksional masih diperlukan persyaratan tertentu, antara lain :
a.    Sasaran belajar (siswa)
b.    Kurikulum khususnya dalam hal :
1)   Tujuan belajar
2)   Paket materi pelajaran
3)   Waktu yang tersedia
4)   Sarana belajar
5)   Bentuk belajar (individual, kelompok, ataupun klasikal)
6)   Sistem interaksi belajar
 Sumber belajar biologi tidak hanya terbatas yang terprogram, seperti laboratorium atau museum, melainkan lingkungan siswa mulai dari lingkungan siswa itu sendiri sampai lingkungan yang jauh dari dirinya.Lingkungan dapat menjadi sumber belajar siswa dan dapat menimbulkan aktivitas belajar siswa. Pemanfaatan sumber belajar mempunyai potensi untuk :
a.    Meningkatkan produktivitas pendidikan
b.    Memberikan kemungkinan sifat kegiatan yang lebih individual
c.    Memberi kesempatankepada siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannya.
d.   Memberi dasar yang lebih ilmiah terhadap pengajaran
e.    Lebih memantapkan pengajaran
f.     Meningkatkan gairah belajar
g.    Memberi kesempatan untuk bekerjasama antara guru dan siswa
3.    Model Kooperatif
 Pembelajaran kooperatif merupakan bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari 4 sampai 6 orang dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen (Rusman, 2012). Model pembelajaran kooperatif berbeda dengan model pembelajaran lainnya. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari proses pembelajaran yang lebih menekankan pada proses kerjasama dalam kelompok. Kemampuan yang ingin dicapai bukan hanya kemampuan akademik dalam pengertian penguasaan materi, tetapi juga adanya unsur kerjasama untuk penguasaan materi tersebut.
Adanya kerjasama inilah yang menjadi ciri khas dari koopertif (Aqib, 2013). Berikut adalah table tahapan model kooperatif:
Tabel 2.1 Tahapan Model Pembelajaran Kooperatif
Tahap
Kegiatan Guru
Tahap 1
Menyampaikan tujuan dan motivsi siswa
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada kegiatan pelajaran dan menekankan pentingnya topik yang akan di pelajari dan memotivasi siswa belajar.
Tahap 2
Menyajikan informasi
Guru menyajikan informasi atau materi kepada siswa dengan jalan demonstrasi melalui bahan bacaan .
Tahap 3
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar.
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara nya membentuk kelompok belajar dan membimbing setip kelompok agar melakukan transisi secara efektif dan efisien
Tahap 4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Guru membimbing kelompok – kelompok belajar pada saat mareka mengerjakan tugas mareka..
Tahap 5
Evalusi
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempersentasekan hasil kerjanya
Tahap 6
Memberikan penghargaan
Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu atua kelompok

Menurut Dzaqi( 2009:5) pembelajaran kooperatif memiliki keunggulan yaitu:
a.    Siswa tidak tergantung kepada guru, sehingga menambah kepercayaan kemampuan berpikir sendiri, menemukan berbagai informasi dari berbagai sumber, belajar dari siswa yang lain.
b.    Mengembangkan kemampuan mengungkapkan ide dan menerima ide orang lain, serta menguji ide dan pemahaman nya sendiri, menerima umpan balik.
c.    Membantu siswa untuk menyadari akan segala keterbatasannya serta menerima segala perbedaan.
d.   Membantu siswa untuk lebih bertanggung jawab dalam belajar.
e.    Meningkatkan prestasi akademik sekaligus kemampuan sosial, termasuk mengembangkan rasa harga diri, hubungan interpersonal yang positif.
f.     Meningkatkan kemampuan siswa menggunakan informasi dan kemampuan belajar abstrak menjadi nyata (riil)
g.    Meningkatkan motivasi dan memberikan rangsangan untuk berfikir.
 Selain memiliki keunggulan pembelajaran kooperatif juga memiliki kelemahan sebagai berikut:
a.    Untuk siswa yang memiliki kelebihan, siswa akan merasa terhambat oleh siswa yang memiliki kemampuan kurang, sehingga mengganggu iklim kerja sama dalam kelompok.
b.    Penilaian yang diberikan didasarkan kepada hasil kelompok, namun guru perlu menyadari bahwa hasil yang diharapkan adalah prestasi setiap siswa.
c.    Keberhasilan dalam upaya mengembangkan kesadaran berkelompok memerlukan periode waktu yang cukup panjang, hal ini tidak mungkin tercapai dengan sekali-kali menerapkan strategi ini.
b.    Walaupun kemampuan bekerjasama merupakan kemampuan yang sangat penting untuk siswa, akan tetapi banyak aktivitas dalam kehidupan yang hanya didasarkan kepada kemampuan individual. Oleh karena itu selain siswa belajar bekerjasama siswa juga membangun kepercayaan diri.
4.    Model Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)
Model Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) merupakan model pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa yang efektif untuk membuat variasi suasana pola diskusi kelas untuk merespon dan saling membantu (Trianto, 2011:84).
TPS adalah salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang pada pelaksanaannya mengutamakan siswa dalam berbuat untuk menemukan sendiri konsep-konsep materi dalam pembelajaran dengan jalan berfikir (Think), berpasangan (Pair), dan mengemukakan pendapat (share). Pada pembelajaran kooperatif tipe TPS ini, siswa belajar dengan cara berpasangan sehingga siswa memiliki kesempatan untuk bertukar pikiran dengan teman sebaya (pasangannya). Dengan cara tersebut maka siswa akan terdorong untuk menganalisis dan mengevaluasi suatu informasi data atau argumen, sehingga keterampilan berfikir rasionalnya akan meningkat, karena mereka dapat saling mendiskusikan masalah-masalah tersebut dengan pasangannya (Ibrahim dkk, 2000:26).
TPS merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siwa agar tercipta suatu pembelajaran yang kooperatif yang dapat meningkatkan penguasaan akademik dan keterampilan siswa. Prosedur pembelajaran yang digunakan dalam TPS ini dapat memberikan lebih banyak waktu kepada siswa untuk berfikir, untuk merespon dan saling membantu satu sama lain. TPS memiliki keunggulan dibanding dengan metode Tanya jawab, Karena TPS mengedepankan aspek berfikir secara mandiri, tanggung jawab terhadap kelompok, kerjasama dengan kelompok kecil, dan dapat menghidupkan suasana kelas (Nurhadi dan Senduk, 2004:67).
TPS dapat mengoptimalisasikan partisipasi siswa. Siswa diberi kesempatan untuk bekerja sendiri serta bekerjasama dengan orang lain. Waktu berfikir akan memungkinkan siswa untuk mengembangkan jawaban . siswa akan dapat memberikan jawaban yang lebih panjang dan lebih berkaitan. Jawaban yang telah dikemukakan juga telah dipikirkan dan didiskusikan. Siswa akan lebih berani mengambil resiko untuk mengemukakan jawabannya didepan kelas karena mereka telah “mencoba” dengan pasangannya. Proses pelaksanaan TPS akan membatasi munculnya aktivitas siswa yang tidak relevan dengan pembelajaran karena siswa harus mengemukakan pendapatnya, minimal pada pasangannya (Lyman, 2002:2).
Berikut disajikan tabel 2.2 tentang tahapan pembelajaran kooperatif tipe TPS.
Tabel  2.2  Tahapan Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share(TPS) (Suprijono, 2013:53)

Tahap
Kegiatan Guru
Thinking
Guru memberi kesempatan kepada mereka memikirkan jawabannya.


Guru mengajukan pertanyaan atau isu terkait dengan pelajaran untuk dipikirkan oleh peserta didik.

Pairing.

Guru meminta peserta didik berpasang-pasangan.
Beri kesempatan kepada pasangan-pasangan itu untuk berdiskusi
Sharing
Guru memimpin diskusi intersubjektif di tiap-tiap pasangan hasilnya dibicarakan dengan pasangan seluruh kelas.

Menurut Slavin (2011:98) kelebihan dan kekurangan pada model pembelajaran koooperatif tipe ThinkPair Share (TPS) adalah sebagai berikut:
a.    Kelebihan
1)   Memungkinkan siswa untuk merumuskan dan mengajukan pertanyaan pertnyaan mengenai materi yang diajarkan karena secara tidak langsung memperoleh contoh pertanyaan yang diajukan oleh guru, serta memperoleh kesempatan untuk memikirkan materi yang diajarkan.
2)   Siswa akan terlatih menerapkan konsep karena bertukar pendapat dan pemikiran dengan temannya untuk mendapatkan kesepakatan dalam memecahkan masalah.
3)   Siswa lebih aktif dalam pembelajaran karena menyelesaikan tugasnya dalam kelompok, dimana tiap kelompok hanya terdiri dari 2 orang.
4)   Siswa memperoleh kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusinya dengan seluruh siswa sehingga ide yang ada menyebar.
5)   Memungkinkan guru untuk lebih banyak memantau siswa dalam proses pembelajaran.
b.    Kekurangan
1)   Banyak kelompok yang melapor dan perlu dimonitor.
2)   Lebih sedikit ide yang muncul.
3)   Jika ada perselisihan, tidak ada penengah.
5.    Aktivitas Belajar
Aktivitas belajar merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan siswa dalam belajar maka semakin baik proses pembelajaran yang terjadi. Dengan demikian belajar yang berhasil harus melalui berbagai macam aktivitas, baik aktivitas fisik maupun psikis Holt (dalam Wardani,2007:9). Aktivitas fisik adalah peserta didik giat aktif dengan anggota badan, membuat sesuatu, bermain atau bekerja, dia tidak hanya duduk dan mendengar, melihat atau hanya pasif. Aktivitas psikis (kejiwaan) adalah jika daya jiwanya bekerja sebanyak-banyaknya atau banyak berfungsi dalam rangka pembelajaran. Seluruh peranan dan kemauan dikerahkan dan diarahkan supaya daya itu tetap aktif untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang optimal sekaligus mengikuti proses pengajaran secara aktif. Siswa mendengar, mengamati, menyelidiki, mengingat, menguraikan, mengasosiasikan ketentuan satu dengan yang lainnya dan sebagainya (Rohani, 2004:6-7).
Banyak macam-macam kegiatan (aktivitas belajar) yang dapat dilakukan anak-anak di kelas, tidak hanya mendengarkan atau mencatat. Paul B. Diedrich (dalam Sardiman(2011:101), membuat suatu daftar macam kegiatan (aktivitas siswa), antara lain:
a.    Visual activities, yang termasuk didalamnya misalnya, membaca, memperhatikan gambar, demonstrasi, percobaan, pekerjaan orang lain,
b.    Oral activities, seperti: menyatakan, merumuskan, bertanya dan member saran, mengeluarkan pendapat, mengadakan wawancara, diskusi, intrupsi.
c.    Listening activities, sebagai contoh mendengarkan: uraian, percakapan, diskusi, music, pidato.
d.   Writing activities, seperti misalnya menulis cerita, karangan, laporan, angket, menyalin.
e.    Drawing activities, misalnya: menggambar, membuat grafik, peta, diagram.
f.     Motor activities, yang termasuk di dalamnya antara lain: melakukan percobaan, membuat konstruksi, model mereparasi,bermain, berkebun, berternak.
g.    Mental activities, sebagai contoh misalnya: menganggap, mengingat, memecahkan soal, menganalisa, melihat hubungan, mengambil keputusan.
h.    Emosional activities, seperti misalnya: menaruh minat, merasa bosan, gembira, bersemangat, bergairah, berani, tenang dan gugup.
Menurut Sardiman (2011:95) Menyatakan: “Belajar adalah berbut. Berbuat untuk mengubah tingkah laku, jadi melakukan kegiatan.Tidak ada belajar kalau tidak ada aktivitas” Siswa harus aktif sendiri termasuk bagaimana strategi yang harus ditempuh untuk mendapatkan sesuatu pengetahuan atau nilai. Guru hanya memberikan acuan atau alat untuk belajar. Ini menunjukan bahwa yang aktif adalah siswa sesuai sebagai hakekat anak didik sebagai manusia yang penuh dengan potensi yang bisa berkembang secara optimal apabila kondisi mendukungnya. Aktivitas belajar adalah Aktivitas yang bersifat fisik maupun mental. Dalam kegiatan belajar, kedua aktivitas itu harus selalu berkaitan.
Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh siswa selama proses pembelajaran yang dapat menunjang prestasi belajar. Aktivitas belajar yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu kegiatan siswa yang relevan dengan pembelajaran, yang terdiri dari kemampuan mengemukakan pendapat/ide, bekerja sama dengan teman, membuat kesimpulan Dengan demikian aktivitas belajar adalah suatu kegiatan yang direncanakan dan disadari untuk mencapai suatu tujuan belajar, yaitu perubahan pengetahuan dan keterampilan pada siswa yang melakukan kegiatan belajar.


6.    Hasil Belajar
Belajar merupakan proses dalam diri individu yang berinteraksi dengan lingkungan untuk mendapatkan perubahan dalam perilakunya. Belajar adalah aktifitas mental/psikis yang berlangsung dalam intreraksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap (Majid, 2009).
Berdasarkan teori taksonomi bloom dalam Esti (2008) hasil belajar dalam rangka studi dicapai melalui tiga kategori ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor.  Perinciannya adalah sebagai berikut. (1) ranah kognitif berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari 6 aspek yaitu pengetahuan (C1), pemahaman (C2), penerapan (C3), analisis (C4), sintesis (C5) dan penilaian (C6), (2) ranah efektif yang berkenaan dengan sikap dan nilai. Ranah efektif meliputi 5 jenjang kemampuan yaitu penerimaan, partisipasi, penilaian, organisasi dan pembentukan pola hidup. (3) ranah psikomotor meliputi 5 aspek yaitu persepsi, kesiapan, gerakan terbimbing, gerakan terbiasa dan gerakan kompleks.
Tipe hasil belajar kognitif lebih dominan dari pada efektif dan psikomotor karena lebih menonjol, namun hasil belajar psikomotor dan afektif juga harus menjadi bagian dari hasil penilaian dalam proses pembelajaran di sekolah. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang di miliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar digunakan oleh guru untuk dijadikan ukuran atau kriteria dalam mencapai suatu tujuan pendidikan.
Dalam setiap proses belajar akan menghasilkan perubahan pada diri seseorang, perubahan itu biasa disebut dengan hasil belajar. Hasil belajar ini diperoleh dari dalam kelas, lingkungan sekolah, maupun diluar sekolah. Sardiman (2011:49) menyatakan bahwa proses belajar akan menghasilkan hasil belajar, namun harus juga diingat, meskipun tujuan pembelajaran dirumuskan secara jelas dan baik belum tentu hasil pengajaran yang diperoleh selalu optimal. Karena hasil yang baik di pengaruhi oleh komponen komponen yang lain, terutama bagaimana aktivitas siswa sebagai subjek belajar. Suatu proses belajar mengajar dikatakan baik bila proses tersebut dapat membangkitkan kegiatan belajar yang efektif.
Jadi, berdasarkan beberapa uraian di atas dapat di simpulkan, hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui prose belajar. Hasil belajar tersebut di pengaruhi oleh factor Yang berasal dari dalam diri anak dan juga factor yang berasal dari lingkungan anak tersebut.
Menurut Dewi (2011) ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar, yaitu:
1)   Faktor internal (dari dalam individu yang belajar) Faktor yang mempengaruhi kegiatan belajar ini lebih ditekankan pada faktor dari dalam individu yang belajar. Adapun faktor yang mempengaruhi kegiatan tersebut adalah faktor psikologis, antara lain yaitu motivasi belajar, sikap terhadap belajar, konsentrasi belajar, rasa percaya diri siswa, maupun cita-cita.
2)   Faktor eksternal (dari luar individu yang belajar) Pencapaian tujuan belajar menjadi lebih kuat bila didukung oleh lingkungan yang kondusif bagi siswa. Hal ini akan berkaitan dengan faktor dari luar yang ada di lingkungan siswa. Adapun faktor yang mempengaruhi seperti kurikulum dan cara guru dalam menyampaikan materi pelajaran.
B.       Kerangka Pikir
Pembelajaran sejarah dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan baik secara individu maupun kelompok. Pembelajaran sejarah tersebut bersifat membosankan, tidak menarik, dan menyebabkan siswa mengantuk, tidak berminat untuk aktif dalam proses pembelajaran. Siswa malas bertanya, malas mengerjakan tugas, dan malas mendengarkan penjelasan guru. Penugasan untuk dikerjakan di rumah juga banyak yang tidak diselesaikan sendiri. Selama proses pembelajaran siswa lebih banyak pasif. Kondisi tersebut menunjukkan siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran sejarah. Oleh karena itu diperlukan perubahan proses pembelajaran untuk lebih meningkatkan minat siswa dan mengurangi keengganan siswa dalam belajar sejarah. Pembelajaran sejarah dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Proses ini lebih menyenangkan dan lebih menarik minat siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran, saling mengajari pasangan kelompok menentukan nilai kelompok. Siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa lebih banyak berpartisipasi dalam proses pembelajaran, mendiskusikan materi dengan pasangan, berlatih mengerjakan soal, dan membuat laporan. Pada akhirnya hal tersebut dapat meningkatkan minat belajar sejarah. Berdasarkan uraian di atas, maka kerangka berpikir dalam penelitian tindakan kelas ini dapat digambarkan sebagai berikut :


 

















Gambar 2.1 : Kerangka Berpikir

C.      Hipotesis Tindakan
Dari penjelasan kajian teori dan kerangka pikir di atas maka  hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah
1. Aktivitas siswa di kelas X .................... meningkat setelah proses pembelajaran IPA Biologi menerapkan model kooperatif tipe think pair share (TPS).
2. Hasil Belajar siswa di kelas X .................... meningkat setelah proses pembelajaran IPA Biologi menerapkan model kooperatif tipe think pair share (TPS).


 bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
 klik DOWNLOAD

atau hub. 081327121707 terima kasih.