Loggo
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENERAPAN METODE MINDMAPPING SEBAGAI
UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA
KELAS III SEMESTER 1 PADA MATERI SIFAT
WAJIB ALLAH SWT
DI SD NEGERI ................ KECAMATAN ……………….
TAHUN PELAJARAN ................
Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan IV/a ke IV/b
Oleh
..........................................
NIP. ..............................
SEKOLAH DASAR NEGERI..........................
............................................
20..........
HALAMAN
PENGESAHAN
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1. a. Judul Penelitian : PENERAPAN METODE MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN
KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS III SEMESTER 1
PADA MATERI SIFAT WAJIB ALLAH SWT DI SD NEGERI ................ KECAMATAN
AMUNTAI UTARA TAHUN PELAJARAN ................
b.
Bidang Ilmu : Pendidikan
Agama Islam
c.
Kategori Penelitian : Strategi
Pembelajaran
d. Jenis Penelitian : Penelitian
Tindakan Kelas
2. Ketua
Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar : ……………..
b.
NIP : ………….
c. Pangkat / Golongan : Pembina, IV/a
d. Jabatan :
e. Instansi :
SD Negeri ……………..
f.
Tempat Penelitian : SD
Negeri ………
3. Lama
Penelitian : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan …….
20…)
4. Sumber
Biaya : Swadaya
Tanda tangan disesuaikan dengan kondisi setempat
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdullilah kehadirat Allah SWT atas segala
limpahan rahmat dan hidayahNya
sehingga penulis dapat menyelesaikan
laporan Penelitian Tindakan Kelas di SDN ................ dengan lancar.
Laporan ini dibuat oleh
penulis dalam rangka memenuhi pengajuan
pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan
pangkat dari golongan IVa ke IVb.
Terselesaikannya penelitian ini
tidak lepas dari bantuan beberapa pihak dan pada kesempatan ini ijinkan peulis
mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua
pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan
laporan ini, yaitu kepada yang terhormat:
1.
Kepala
sekolah SDN ................ yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan
terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
2.
Kepala
UPT ………………. yang telah memberi pengesahan terhadap laporan PTK ini.
3.
Bapak
dan Ibu Guru SDN ................ yang telah membimbing dan memotifasi serta
mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas ini dapat terselesaikan dengan lancar.
Dan akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam
penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya
berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun.
Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
......................, ...................
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI..................................................................................................... vi
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vii
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... viii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... ix
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah ........................................................
B.
Identifikasi Masalah ..............................................................
C.
Pembatasan Masalah .............................................................
D.
Rumusan Masalah .................................................................
E.
Tujuan Penelitian....................................................................
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori ...........................................................................
B. Kerangka Berpikir .................................................................
C. Hipotesis Tindakan ................................................................
BAB III METODE PENELITIAN
A.
Jenis Penelitian ......................................................................
B.
Setting Penelitian dan Sumber Data .....................................
C.
Tempat dan Waktu Penelitian................................................
D.
Subjek dan Objek Penelitian .................................................
E.
Instrumen Penelitian ..............................................................
F.
Teknik Pengumpulan Data ....................................................
G.
Teknik Analisis Data .............................................................
H.
Prosedur Pelaksanaan Tindakan ............................................
I.
Indikator Keberhasilan...........................................................
BAB IV HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Tindakan
1. Pra Siklus...........................................................................
2. Siklus I ..............................................................................
3. Siklus II.............................................................................
B. Pembahasan............................................................................
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan ............................................................................
B. Saran.......................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
2.1 Contoh Kriteria dan Skala Penilaian........................................................
2.2 Contoh Kriteria Penskoran .....................................................................
3.1 Kriteria Penilaian Hasil Observasi Aktivitas
Belajar Siswa.....................
3.2 Kriteria Penilaian Hasil Belajar................................................................
4.1 Nilai Test Pra Siklus.................................................................................
4.2 Observasi Keaktifan Siswa Pra Siklus.....................................................
4.3 Prosentase Hasil Observasi Keaktifan Siswa Pra Siklus..........................
4.4 Observasi Guru Pra Siklus.......................................................................
4.5 Nilai Test Siklus pertama.........................................................................
4.6 Observasi Keaktifan Siswa Siklus pertama.............................................
4.7 Prosentase Hasil Observasi Keaktifan Siswa Siklus pertama..................
4.8 Observasi Guru Siklus pertama................................................................
4.9 Nilai Test Siklus kedua...........................................................................
4.10 Observasi Keaktifan Siswa Siklus kedua...............................................
4.11 Prosentase Hasil Observasi Keaktifan Siswa Siklus kedua....................
4.12 Observasi Guru Siklus kedua..................................................................
4.13 Rekapitulasi
Peningkatan Nilai Test dan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan
Siklus kedua.....................................................................................
4.14 Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Siswa Pada
Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus
kedua .................................................................................................................
4.15 Rekapitulasi
Peningkatan Kemampuan Guru Kegiatan Pembelajaran Pada Kondisi Awal, Siklus
Pertama dan Siklus kedua.....................................................................................
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
2.1 Skema Alur Penetapan KKM..................................................................
2.2 Bagan Kerangka Berfikir.........................................................................
4.1 Peningkatan Nilai Test dan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan
Siklus kedua.......................................................................................................
4.2 Peningkatan
Keaktifan Siswa Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus kedua
4.3 Peningkatan
Kemampuan Guru Kegiatan Pembelajaran Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan
Siklus kedua.......................................................................................................
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN
1.
Surat Ijin Penelitian
2.
Surat
Kesediaan Menjadi Observer
3.
Jurnal Kegiatan Penelitian
4.
Rencana
Perbaikan Pembelajaran Siklus I
5.
Rencana
Perbaikan Pembelajaran Siklus II
6.
Berkas Instrumen
Pengumpulan Data
7.
Lembar Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam
Kegiatan Pembelajaran pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
8.
Daftar Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
9.
Daftar Hadir Peneliti Dan Observer
10. Contoh
Hasil Pekerjaan Siswa
11. Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
Disesuaikan saja ……………
PENERAPAN METODE MINDMAPPING SEBAGAI
UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA
KELAS III SEMESTER 1 PADA MATERI SIFAT
WAJIB ALLAH SWT
DI SD NEGERI ................ KECAMATAN
AMUNTAI UTARA
TAHUN PELAJARAN ................
Oleh :
..............................................
NIP. ...........................
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan
upaya untuk meningkatkan ketuntasan belajar dengan metode mind mapping pada
siswa kelas III di SDN Tabalong Kecamatan ................. Berdasarkan
permasalahan di atas, maka penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom
Action Research ). Adapun langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas
ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan
dalam tiga siklus. Berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah
dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) ketuntasan belajar siswa sebelum
diadakannya perbaikan pembelajaran menunjukkan 22,22% dari jumlah siswa hasil test
masih dibawah KKM, (2) Kelebihan penggunaan metode mind mapping untuk
pembelajaran materi sifat wajib allah kelas III di SDN Tabalong Kecamatan ................
mampu mendorong siswa untuk lebih mandiri, imajinatif, kreatif, meningkatkan
daya ingat, sehingga siswa mampu membangun sendiri pengetahuan yang dipelajari,
dan (3) dengan kelebihan-kelebihan dari penggunaan metode mind mapping tersebut
dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas III dalam mapel PAI pada
materi sifat wajib allah. Peningkatan ketuntasan belajar siswa kelas III dalam
mapel PAI pada materi sifat wajib bagi Allah meningkat pada setiap siklusnya,
di mana sebelum diadakan perbaikan pembelajaran 22,22% atau 4 siswa, pada
siklus pertama 10 siswa atau 55,56% dan pada
siklus terakhir menjadi 17 siswa atau 94,44%. Demikian halnya dengan nilai
rata-rata hasil belajar dari 56,67 menjadi 64,44 dan pada siklus terakhir
menjadi 73,89. Keaktifan siswa juga meningkat dari 4 siswa (22,22%) menjadi
66,67% atau 12 siswa dan 18 atau 100% pada siklus terakhir. Demikian pula
dengan kemampuan guru dalam mengajar dari 45,45% dengan kriteria kurang menjadi
61,43 dengan kriteria cukup dan 88,57 dengan kriteria sangat baik.
Kesimpulannya adalah penerapan metode mind mapping pada pembelajaran PAI
dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa
kelas III di SDN Tabalong Kecamatan .................
Kata kunci: Mind Mapping, Ketuntasan Belajar
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Metode adalah sekumpulan cara yang
digunakan untuk mencapai tujuan. Apabila dihubungkan dengan dunia pendidikan
maka metode merupakan sekumpulan cara yang digunakan untuk menyampaikan ilmu
pendidikan agar tujuan dari pendidikan itu tercapai. Dengan kata lain metode
merupakan alat untuk metransfer ilmu pengetahuan yang dalam hal ini adalah ilmu
pendidikan agama Islam. Oleh karena itu sebagai guru yang profesional dituntut
untuk menguasai berbagai macam metode dalam pembelajaran. Dan untuk menguasai
berbagai macam metode tersebut guru sebagai pendidik harus mempunyai wawasan
yang luas dan utuh tentang kegiatan pembelajaran untuk memperoleh hasil yang
sesuai dengan harapan.
Metode yang diterapkan guru dalam
mengajar dapat mempengaruhi keefektifan dan keberhasilan pembelajaran.
Pemilihan metode yang tepat dapat menciptakan suasana belajar mengajar yang
kondusif, sehingga siswa dapat dengan mudah menerima materi pembelajaran dengan
baik. Selain itu, keberhasilan pembelajaran dan proses pengajaran efektif, guru
harus mengetahui strategi pembelajaran yang bervariasi tidak bertumpu pada satu
metode saja. Metode yang bervariasi dapat merubah kejenuhan siswa, sehingga
siswa lebih senang dan semangat dalam belajar. Penggunaan metode pembelajaran
disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai, materi yang disampaikan sesuai
dengan kemampuan siswa dan kemampuan guru.
Banyak sekali metode-metode pembelajaran
yang dapat diterapkan guru ketika KBM berlangsung, salah satunya yaitu metode mind
mapping. Dalam metode mind mapping siswa diberikan keleluasaan dalam
mencatat hal-hal yang berkenaan dengan materi pelajaran. Selain itu, setiap
siswa juga dapat berkreatifitas sesuai dengan kemampuannya tanpa ada tekanan
dari siapapun. Metode ini juga membantu siswa dalam memanfaatkan potensi kedua
otaknya yaitu otak kanan dan otak kiri. Karena interaksi dari otak tersebut
dapat memicu kreativitas siswa yang memberi kemudahan dalam proses mengingat
dan berfikir, untuk mengidentifikasi ide-ide dengan kata-kata kunci yang telah
dibuat sehingga memberikan kemudahan dalam mengingat materi pelajaran ( Bobby
De Porter, 1999:152 ).
Mind mapping sebagai metode pembelajaran yang memerlukan konsentrasi daya ingat
siswa dalam memetakan pelajaran yang dihadapinya akan menghasilkan daya ingat
yang lebih baik dari metode sebelumnya, sehingga dapat meningkatkan ketuntasan
belajar siswa dalam materi sifat wajib Allah pada mapel PAI. Dengan menerapkan
metode ini diharapkan siswa dapat mencapai keberhasilan yang ditandai dengan
adanya ketuntasan dalam belajar. Belajar tuntas atau ketuntasan belajar dapat
diartikan sebagai suatu penguasaan penuh dalam materi pembelajaran yang dapat
dibuktikan dengan hasil belajar yang baik pada materi pembelajaran tersebut,
dalam hal ini adalah materi sifat wajib Allah dalam mapel PAI. Untuk mengetahui
ketuntasan belajar maka pelu dilakukan uji kompetensi dalam bentuk ulangan
harian baik secara tertulis, lisan, maupun perbuatan, ulangan tengah semester,
ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas ( Sunarto, 2007:49 ).
Ketuntasan belajar ini, ditentukan oleh
guru berdasarkan penetapan kriteria ketuntasan minimal. Penetapan kriteria
ketuntasan belajar ini, merupakan langkah awal pelaksanaan penilaian hasil
belajar sebagai bagian dari langkah pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan. Kurikulum berbasis kompetensi yang menggunakan acuan kriteria dalam
penilaian, mengharuskan guru dan satuan pendidikan menetapkan kriteria minimal
yang menjadi tolok ukur pencapaian kompetensi. Hal ini sesuai dengan
Permendiknas RI Nomor 23 Tahun 2006 tetang Standar Kompetensi Lulusan ( SKL )
untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Keberhasilan siswa untuk mencapai
ketuntasan belajar sangat ditentukan oleh besar kecilnya semangat belajar siswa
itu sendiri. Dalam hal ini mapel PAI dengan spesifikasi materi sifat wajib
Allah di kelas III. Pada pembelajaran dengan materi sifat wajib Allah
diharapkan siswa mampu menjelaskan pengertian sifat wajib Allah, menyebutkan
macam-macam sifat wajib Allah, menyebutkan ketentuan sifat wajib Allah, dan
mampu menyebutkan hikmah sifat wajib Allah. ( Silabus PAI SD N
................, 2011:5 ). Selain itu, materi sifat
wajib Allah juga dapat memotiIIIasi siswa untuk menumbuh kembangkan pengetahuan
siswa tentang betapa pentingnya materi sifat wajib Allah yang merupakan rukun
islam yang keempat, yang kedudukan selalu bersandingan dengan sholat.
Apabila pengetahuan siswa sudah
berkembang tidak menutup kemungkinan siswa akan mampu mencapai ketuntasan
minimal. Pada prakteknya kegiatan pembelajaran PAI dalam materi sifat wajib
Allah sering kurang efektif dan cenderung membosankan karena pada dasarnya
siswa belum mempunyai pengetahuan yang luas tentang materi sifat wajib Allah.
Selain itu guru dalam menyampaikan materi monoton tidak ada variasi. Bentuk
catatan yang diberikan pada siswapun hanya sebatas catatan biasa dan tidak
menarik perhatian siswa, sehingga siswa tidak tertarik untuk belajar. Kemudian
dalam menyampaikan materi dan pemberian catatan guru tidak memberikan
keleluasaan pada siswa. Materi dan catatan yang disampaikan guru tersebut
tekstual dengan buku pegangan. Hal ini berakibat pada kurang antusiasnya siswa
dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga siswapun dalam memahami materi sifat
wajib Allah ini merasa kesulitan.
Dari kesulitan dalam memahami materi
maka berakibat pula pada hasil uji kompetensi, dan batas kriteria minimal tidak
dapat tercapai. Dari hasil analisis masalah tersebut diatas ditemukan dugaan
kuat bahwa faktor dominan penyebab munculnya masalah berupa siswa belum
menguasai dan belum paham materi sifat wajib Allah, siswa belum bisa
menunjukkan ketuntasan belajar yang baik, siswa tidak tertarik dengan materi
adalah guru hanya menggunakan metode ceramah saja pada saat mengajarkan materi sifat
wajib Allah dalam mapel PAI dan pemberian catatan yang tidak menarik.
Mencermati faktor penyebab munculnya masalah tersebut diatas, dapat dirumuskan
alternative solusi berupa penggunaan metode mind mapping dalam
pembelajaran PAI. Dengan metode mind mapping maka akan diharapkan dapat
meningkatkan beberapa aspek dalam proses pembelajaran yaitu: konsentrasi,
kreativitas, daya ingat dan pemahaman, sehingga siswa dapat mengambil keputusan
belajar yang lebih baik. Dengan demikian, kesulitan belajar akan dapat
teratasi. Selain itu ketika proses belajar mengajar akan tercipta suasana yang
menyenangkan dan pada akhirnya akan berimbas pada penerimaan materi
pembelajaran pada siswa serta meningkatnya ketuntasan belajar siswa. Maka dari
itu, peneliti melakukan kegiatan berupa penelitian tindakan kelas yang berjudul:
Penerapan Metode Mindmapping Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar
Siswa Kelas III Semester 1 Pada Materi Sifat Wajib Allah SWT di SDN ................ Kecamatan ................ Tahun Pelajaran ................
B.
Identifikasi Masalah
Dari uraian sebagaimana latar belakang
masalah di atas, maka dapat diidentifikasi penyebab munculnya permasalahan
pembelajaran pada siswa kelas III SDN ................ khususnya pada
pembelajaran PAI, yaitu
1.
Sebagian besar siswa
cenderung tidak aktif dalam proses pembelajaran PAI.
2.
Motivasi belajar sebagian
besar siswa masih rendah dalam pembelajaran PAI.
3.
Sebagian besar siswa merasa
kesulitan dalam mempelajari PAI.
4.
Kecenderungan sebagian besar
siswa tidak tertarik mengikuti pelajaran PAI.
5.
Sebagian besar perhatian dan
kosentrasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI masih sangat kurang.
6.
Masih kurangnya variasi
metode pembelajaran PAI yang digunakan di SDN ................ Kecamatan ................
khususnya pada pembelajaran PAI.
C.
Pembatasan Masalah
Untuk menghindari meluasnya permasalahan
dalam penelitian ini, maka dalam penelitian ini permasalahan dibatasi pada
penggunaan metode
Mind Mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas Kelas III Semester 1 Pada Materi Sifat Wajib Allah SWT di SDN ................ Kecamatan ................ Tahun Pelajaran ................
Mind Mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas Kelas III Semester 1 Pada Materi Sifat Wajib Allah SWT di SDN ................ Kecamatan ................ Tahun Pelajaran ................
D.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas
dapat dirumuskan:
1.
Bagaimana ketuntasan belajar
siswa kelas III dalam mapel PAI pada materi sifat wajib Allah di SDN ................
Kecamatan ................ tahun 2012?
2.
Apa kelebihan penggunaan
metode mind mapping untuk pembelajaran PAI pada materi sifat wajib Allah
kelas III di SDN ................ Kecamatan ................ tahun 2012?
3.
Apakah penerapan metode mind
mapping dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas III dalam mapel
PAI pada materi sifat wajib Allah di SDN ................ Kecamatan ................
Tahun 2012?
E.
Tujuan Penelitian
Segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia
tentunya mempunyai suatu tujuan. Adapun tujuan dalam penilitian ini adalah
untuk mengetahui :
1.
Ketuntasan belajar siswa
kelas III dalam mapel PAI pada materi sifat wajib Allah di SDN ................
Kecamatan ................ tahun 2012?
2.
Kelebihan penggunaan metode Mind
Mapping untuk pembelajaran PAI pada materi sifat wajib Allah kelas III di SDN
................ Kecamatan ................ tahun 2012?
3.
Apakah penerapan metode Mind
Mapping dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas III dalam mapel
PAI pada materi sifat wajib Allah di SDN ................ Kecamatan ................
Tahun 2012 ?
F.
Manfaat Penelitian
Dari hasil penelitian ini diharapkan
memberi manfaat kajian keilmuwan metode pelajaran dalam pembelajaran PAI .
selain itu diharapkan mampu memberi manfaat praktis sebagai berikut:
1.
Bagi siswa diharapkan
setelah metode ini diterapkan dapat meningkatkan ketuntasan belajar dalam
materi sifat wajib Allah
2.
Hasil penelitian ini dapat
diterapkan secara langsung oleh guru PAI baik dalam pembelajaran di kelas
maupun diluar kelas agar ketuntasan belajar siswa dapat meningkat.
3.
Bagi sekolah penelitian ini
dapat dijadikan panduan untuk dapat mengembangkan strategi pembelajaran mata
pelajaran yang lainnya bukan hanya mapel PAI kususnya bagi kelas yang dijadikan
obyek penelitian.
bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.