Lencana Facebook

banner image

Friday 30 January 2015

PTK KENAIKAN PANGKAT PAI KELAS 3 SEKOLAH DASAR




Loggo





LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PENERAPAN METODE MINDMAPPING SEBAGAI
UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS III SEMESTER 1  PADA MATERI SIFAT WAJIB ALLAH SWT  
DI SD NEGERI ................ KECAMATAN ……………….
TAHUN PELAJARAN ................






Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan IV/a ke IV/b









Oleh

..........................................
NIP. ..............................






SEKOLAH DASAR NEGERI..........................
............................................
20..........
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


1.   a.   Judul Penelitian                    :  PENERAPAN METODE MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS III SEMESTER 1  PADA MATERI SIFAT WAJIB ALLAH SWT  DI SD NEGERI ................ KECAMATAN AMUNTAI UTARA TAHUN PELAJARAN ................
      b.   Bidang Ilmu                         : Pendidikan Agama Islam
      c.   Kategori Penelitian              :  Strategi  Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ……………..
      b.   NIP                                      :  ………….
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SD Negeri ……………..
      f.    Tempat Penelitian                :  SD Negeri ………
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan ……. 20…)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya




Tanda tangan disesuaikan dengan kondisi setempat














KATA PENGANTAR



Syukur Alhamdullilah kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis  dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di SDN ................ dengan lancar.
Laporan ini dibuat oleh penulis dalam rangka memenuhi pengajuan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan IVa ke IVb.
Terselesaikannya penelitian ini tidak lepas dari bantuan beberapa pihak dan pada kesempatan ini ijinkan peulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan ini, yaitu kepada yang terhormat:
1.      Kepala sekolah SDN ................ yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
2.      Kepala UPT ………………. yang telah memberi pengesahan terhadap laporan PTK ini.
3.      Bapak dan Ibu Guru SDN ................ yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
Dan akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
                                                                                                     
                                                                               ......................,    ...................

                                                                                                Penulis




DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................     vi
DAFTAR TABEL..............................................................................................    vii
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................   viii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................     ix

BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah ........................................................       
B.       Identifikasi Masalah ..............................................................       
C.       Pembatasan Masalah .............................................................       
D.      Rumusan Masalah .................................................................       
E.       Tujuan Penelitian....................................................................       
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................
B.   Kerangka Berpikir .................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.      Jenis Penelitian ......................................................................       
B.       Setting Penelitian dan Sumber Data .....................................       
C.       Tempat dan Waktu Penelitian................................................       
D.      Subjek dan Objek Penelitian .................................................       
E.       Instrumen Penelitian ..............................................................       
F.        Teknik Pengumpulan Data ....................................................       
G.      Teknik Analisis Data .............................................................       
H.      Prosedur Pelaksanaan Tindakan ............................................       
I.         Indikator Keberhasilan...........................................................       

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Tindakan
      1.  Pra Siklus...........................................................................       
      2.  Siklus I ..............................................................................       
      3.  Siklus II.............................................................................       
B.   Pembahasan............................................................................       

BAB      V     KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran.......................................................................................       

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN

DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

2.1    Contoh Kriteria dan Skala Penilaian........................................................         
2.2    Contoh Kriteria Penskoran .....................................................................         
3.1    Kriteria Penilaian Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa.....................         
3.2    Kriteria Penilaian Hasil Belajar................................................................         
4.1    Nilai Test Pra Siklus.................................................................................         
4.2    Observasi Keaktifan Siswa Pra Siklus.....................................................         
4.3    Prosentase Hasil Observasi Keaktifan Siswa Pra Siklus..........................         
4.4    Observasi Guru Pra Siklus.......................................................................         
4.5    Nilai Test Siklus pertama.........................................................................         
4.6    Observasi Keaktifan Siswa Siklus pertama.............................................         
4.7    Prosentase Hasil Observasi Keaktifan Siswa Siklus pertama..................         
4.8    Observasi Guru Siklus pertama................................................................         
4.9    Nilai Test Siklus  kedua...........................................................................         
4.10  Observasi Keaktifan Siswa Siklus  kedua...............................................         
4.11  Prosentase Hasil Observasi Keaktifan Siswa Siklus  kedua....................         
4.12 Observasi Guru Siklus  kedua..................................................................         
4.13 Rekapitulasi Peningkatan Nilai Test dan Ketuntasan Belajar Siswa  Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus  kedua.....................................................................................         
4.14  Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus  kedua   .................................................................................................................
4.15 Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Guru Kegiatan Pembelajaran Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus  kedua.....................................................................................         










DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman


2.1    Skema Alur Penetapan KKM..................................................................         
2.2    Bagan Kerangka Berfikir.........................................................................         
4.1    Peningkatan Nilai Test dan Ketuntasan Belajar Siswa  Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus  kedua.......................................................................................................         
 4.2   Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus  kedua                       
 4.3   Peningkatan Kemampuan Guru Kegiatan Pembelajaran Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus  kedua.......................................................................................................         






























DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

1.        Surat Ijin Penelitian
2.        Surat Kesediaan Menjadi Observer
3.        Jurnal Kegiatan Penelitian
4.        Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
5.        Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
6.        Berkas Instrumen Pengumpulan Data
7.        Lembar Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
8.        Daftar Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
9.        Daftar Hadir Peneliti Dan Observer
10.    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
11.    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian





Disesuaikan saja ……………










PENERAPAN METODE MINDMAPPING SEBAGAI
UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS III SEMESTER 1  PADA MATERI SIFAT WAJIB ALLAH SWT  
DI SD NEGERI ................ KECAMATAN AMUNTAI UTARA
TAHUN PELAJARAN ................


Oleh :

..............................................
NIP. ...........................

ABSTRAK


Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan ketuntasan belajar dengan metode mind mapping pada siswa kelas III di SDN Tabalong Kecamatan ................. Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ). Adapun langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) ketuntasan belajar siswa sebelum diadakannya perbaikan pembelajaran menunjukkan 22,22% dari jumlah siswa hasil test masih dibawah KKM, (2) Kelebihan penggunaan metode mind mapping untuk pembelajaran materi sifat wajib allah kelas III di SDN Tabalong Kecamatan ................ mampu mendorong siswa untuk lebih mandiri, imajinatif, kreatif, meningkatkan daya ingat, sehingga siswa mampu membangun sendiri pengetahuan yang dipelajari, dan (3) dengan kelebihan-kelebihan dari penggunaan metode mind mapping tersebut dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas III dalam mapel PAI pada materi sifat wajib allah. Peningkatan ketuntasan belajar siswa kelas III dalam mapel PAI pada materi sifat wajib bagi Allah meningkat pada setiap siklusnya, di mana sebelum diadakan perbaikan pembelajaran 22,22% atau 4 siswa, pada siklus pertama 10 siswa  atau 55,56% dan pada siklus terakhir menjadi 17 siswa atau 94,44%. Demikian halnya dengan nilai rata-rata hasil belajar dari 56,67 menjadi 64,44 dan pada siklus terakhir menjadi 73,89. Keaktifan siswa juga meningkat dari 4 siswa (22,22%) menjadi 66,67% atau 12 siswa dan 18 atau 100% pada siklus terakhir. Demikian pula dengan kemampuan guru dalam mengajar dari 45,45% dengan kriteria kurang menjadi 61,43 dengan kriteria cukup dan 88,57 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulannya adalah penerapan metode mind mapping pada pembelajaran PAI  dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas III di SDN Tabalong Kecamatan .................

Kata kunci: Mind Mapping,  Ketuntasan Belajar



BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
Metode adalah sekumpulan cara yang digunakan untuk mencapai tujuan. Apabila dihubungkan dengan dunia pendidikan maka metode merupakan sekumpulan cara yang digunakan untuk menyampaikan ilmu pendidikan agar tujuan dari pendidikan itu tercapai. Dengan kata lain metode merupakan alat untuk metransfer ilmu pengetahuan yang dalam hal ini adalah ilmu pendidikan agama Islam. Oleh karena itu sebagai guru yang profesional dituntut untuk menguasai berbagai macam metode dalam pembelajaran. Dan untuk menguasai berbagai macam metode tersebut guru sebagai pendidik harus mempunyai wawasan yang luas dan utuh tentang kegiatan pembelajaran untuk memperoleh hasil yang sesuai dengan harapan.
Metode yang diterapkan guru dalam mengajar dapat mempengaruhi keefektifan dan keberhasilan pembelajaran. Pemilihan metode yang tepat dapat menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif, sehingga siswa dapat dengan mudah menerima materi pembelajaran dengan baik. Selain itu, keberhasilan pembelajaran dan proses pengajaran efektif, guru harus mengetahui strategi pembelajaran yang bervariasi tidak bertumpu pada satu metode saja. Metode yang bervariasi dapat merubah kejenuhan siswa, sehingga siswa lebih senang dan semangat dalam belajar. Penggunaan metode pembelajaran disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai, materi yang disampaikan sesuai dengan kemampuan siswa dan kemampuan guru.
Banyak sekali metode-metode pembelajaran yang dapat diterapkan guru ketika KBM berlangsung, salah satunya yaitu metode mind mapping. Dalam metode mind mapping siswa diberikan keleluasaan dalam mencatat hal-hal yang berkenaan dengan materi pelajaran. Selain itu, setiap siswa juga dapat berkreatifitas sesuai dengan kemampuannya tanpa ada tekanan dari siapapun. Metode ini juga membantu siswa dalam memanfaatkan potensi kedua otaknya yaitu otak kanan dan otak kiri. Karena interaksi dari otak tersebut dapat memicu kreativitas siswa yang memberi kemudahan dalam proses mengingat dan berfikir, untuk mengidentifikasi ide-ide dengan kata-kata kunci yang telah dibuat sehingga memberikan kemudahan dalam mengingat materi pelajaran ( Bobby De Porter, 1999:152 ).
Mind mapping sebagai metode pembelajaran yang memerlukan konsentrasi daya ingat siswa dalam memetakan pelajaran yang dihadapinya akan menghasilkan daya ingat yang lebih baik dari metode sebelumnya, sehingga dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa dalam materi sifat wajib Allah pada mapel PAI. Dengan menerapkan metode ini diharapkan siswa dapat mencapai keberhasilan yang ditandai dengan adanya ketuntasan dalam belajar. Belajar tuntas atau ketuntasan belajar dapat diartikan sebagai suatu penguasaan penuh dalam materi pembelajaran yang dapat dibuktikan dengan hasil belajar yang baik pada materi pembelajaran tersebut, dalam hal ini adalah materi sifat wajib Allah dalam mapel PAI. Untuk mengetahui ketuntasan belajar maka pelu dilakukan uji kompetensi dalam bentuk ulangan harian baik secara tertulis, lisan, maupun perbuatan, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas ( Sunarto, 2007:49 ).
Ketuntasan belajar ini, ditentukan oleh guru berdasarkan penetapan kriteria ketuntasan minimal. Penetapan kriteria ketuntasan belajar ini, merupakan langkah awal pelaksanaan penilaian hasil belajar sebagai bagian dari langkah pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum berbasis kompetensi yang menggunakan acuan kriteria dalam penilaian, mengharuskan guru dan satuan pendidikan menetapkan kriteria minimal yang menjadi tolok ukur pencapaian kompetensi. Hal ini sesuai dengan Permendiknas RI Nomor 23 Tahun 2006 tetang Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Keberhasilan siswa untuk mencapai ketuntasan belajar sangat ditentukan oleh besar kecilnya semangat belajar siswa itu sendiri. Dalam hal ini mapel PAI dengan spesifikasi materi sifat wajib Allah di kelas III. Pada pembelajaran dengan materi sifat wajib Allah diharapkan siswa mampu menjelaskan pengertian sifat wajib Allah, menyebutkan macam-macam sifat wajib Allah, menyebutkan ketentuan sifat wajib Allah, dan mampu menyebutkan hikmah sifat wajib Allah. ( Silabus PAI SD N ................, 2011:5 ). Selain itu, materi sifat wajib Allah juga dapat memotiIIIasi siswa untuk menumbuh kembangkan pengetahuan siswa tentang betapa pentingnya materi sifat wajib Allah yang merupakan rukun islam yang keempat, yang kedudukan selalu bersandingan dengan sholat.
Apabila pengetahuan siswa sudah berkembang tidak menutup kemungkinan siswa akan mampu mencapai ketuntasan minimal. Pada prakteknya kegiatan pembelajaran PAI dalam materi sifat wajib Allah sering kurang efektif dan cenderung membosankan karena pada dasarnya siswa belum mempunyai pengetahuan yang luas tentang materi sifat wajib Allah. Selain itu guru dalam menyampaikan materi monoton tidak ada variasi. Bentuk catatan yang diberikan pada siswapun hanya sebatas catatan biasa dan tidak menarik perhatian siswa, sehingga siswa tidak tertarik untuk belajar. Kemudian dalam menyampaikan materi dan pemberian catatan guru tidak memberikan keleluasaan pada siswa. Materi dan catatan yang disampaikan guru tersebut tekstual dengan buku pegangan. Hal ini berakibat pada kurang antusiasnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga siswapun dalam memahami materi sifat wajib Allah ini merasa kesulitan.
Dari kesulitan dalam memahami materi maka berakibat pula pada hasil uji kompetensi, dan batas kriteria minimal tidak dapat tercapai. Dari hasil analisis masalah tersebut diatas ditemukan dugaan kuat bahwa faktor dominan penyebab munculnya masalah berupa siswa belum menguasai dan belum paham materi sifat wajib Allah, siswa belum bisa menunjukkan ketuntasan belajar yang baik, siswa tidak tertarik dengan materi adalah guru hanya menggunakan metode ceramah saja pada saat mengajarkan materi sifat wajib Allah dalam mapel PAI dan pemberian catatan yang tidak menarik. Mencermati faktor penyebab munculnya masalah tersebut diatas, dapat dirumuskan alternative solusi berupa penggunaan metode mind mapping dalam pembelajaran PAI. Dengan metode mind mapping maka akan diharapkan dapat meningkatkan beberapa aspek dalam proses pembelajaran yaitu: konsentrasi, kreativitas, daya ingat dan pemahaman, sehingga siswa dapat mengambil keputusan belajar yang lebih baik. Dengan demikian, kesulitan belajar akan dapat teratasi. Selain itu ketika proses belajar mengajar akan tercipta suasana yang menyenangkan dan pada akhirnya akan berimbas pada penerimaan materi pembelajaran pada siswa serta meningkatnya ketuntasan belajar siswa. Maka dari itu, peneliti melakukan kegiatan berupa penelitian tindakan kelas yang berjudul: Penerapan Metode Mindmapping Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Kelas III Semester 1  Pada Materi Sifat Wajib Allah SWT di SDN ................ Kecamatan ................ Tahun Pelajaran ................
B.       Identifikasi Masalah
Dari uraian sebagaimana latar belakang masalah di atas, maka dapat diidentifikasi penyebab munculnya permasalahan pembelajaran pada siswa kelas III SDN ................ khususnya pada pembelajaran PAI, yaitu
1.         Sebagian besar siswa cenderung tidak aktif dalam proses pembelajaran PAI.
2.         Motivasi belajar sebagian besar siswa masih rendah dalam pembelajaran PAI.
3.         Sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam mempelajari PAI.
4.         Kecenderungan sebagian besar siswa tidak tertarik mengikuti pelajaran PAI.
5.         Sebagian besar perhatian dan kosentrasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI masih sangat kurang.
6.         Masih kurangnya variasi metode pembelajaran PAI yang digunakan di SDN ................ Kecamatan ................ khususnya pada pembelajaran PAI.
C.      Pembatasan Masalah
Untuk menghindari meluasnya permasalahan dalam penelitian ini, maka dalam penelitian ini permasalahan dibatasi pada penggunaan metode
Mind Mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas Kelas III Semester 1  Pada Materi Sifat Wajib Allah SWT di SDN ................ Kecamatan ................ Tahun Pelajaran ................
D.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas dapat dirumuskan:
1.        Bagaimana ketuntasan belajar siswa kelas III dalam mapel PAI pada materi sifat wajib Allah di SDN ................ Kecamatan ................ tahun 2012?
2.        Apa kelebihan penggunaan metode mind mapping untuk pembelajaran PAI pada materi sifat wajib Allah kelas III di SDN ................ Kecamatan ................ tahun 2012?
3.        Apakah penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas III dalam mapel PAI pada materi sifat wajib Allah di SDN ................ Kecamatan ................ Tahun 2012?
E.       Tujuan Penelitian
 Segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia tentunya mempunyai suatu tujuan. Adapun tujuan dalam penilitian ini adalah untuk mengetahui :
1.         Ketuntasan belajar siswa kelas III dalam mapel PAI pada materi sifat wajib Allah di SDN ................ Kecamatan ................ tahun 2012?
2.         Kelebihan penggunaan metode Mind Mapping untuk pembelajaran PAI pada materi sifat wajib Allah kelas III di SDN ................ Kecamatan ................ tahun 2012?
3.         Apakah penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas III dalam mapel PAI pada materi sifat wajib Allah di SDN ................ Kecamatan ................ Tahun 2012 ?
F.       Manfaat Penelitian
Dari hasil penelitian ini diharapkan memberi manfaat kajian keilmuwan metode pelajaran dalam pembelajaran PAI . selain itu diharapkan mampu memberi manfaat praktis sebagai berikut:
1.    Bagi siswa diharapkan setelah metode ini diterapkan dapat meningkatkan ketuntasan belajar dalam materi sifat wajib Allah
2.    Hasil penelitian ini dapat diterapkan secara langsung oleh guru PAI baik dalam pembelajaran di kelas maupun diluar kelas agar ketuntasan belajar siswa dapat meningkat.
3.    Bagi sekolah penelitian ini dapat dijadikan panduan untuk dapat mengembangkan strategi pembelajaran mata pelajaran yang lainnya bukan hanya mapel PAI kususnya bagi kelas yang dijadikan obyek penelitian.




bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.