LAPORAN
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
PENERAPAN BERMAIN KERAREL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
SENAM KESEIMBANGAN PADA SISWA KELAS II
SD NEGERI 2 ........... KECAMATAN ...........
SD NEGERI 2 ........... KECAMATAN ...........
KOTA ...........
Diajukan
untuk Memenuhi Persyaratan Kenaikan Pangkat
............................... dst disesuaikan
Oleh
........................................
NIP. ..............................
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 ...........
Jl.
.....................................................
UPT ..................
KECAMATAN PAHADUT
KOTA PALANGKARAYA
20......
KATA PENGANTAR
Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat
Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya
sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam penulisan PTK ini peneliti menentukan judul yaitu ”PENERAPAN
BERMAIN KERAREL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM KESEIMBANGAN PADA SISWA
KELAS II SD NEGERI 2 ...........
KECAMATAN ........... KOTA ...........”
Dalam
penyusunan laporan penelitian tindakan kelas
ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu
terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada Yth. :
1.
……………………, selaku Kepala Dinas …………………………
2.
……………………, selaku Kepala UPT Dinas …………………………
3.
……………………, selaku Pengawas TK/SD UPT Dinas ……………………
4.
Kepala Sekolah beserta Dewan Guru SDN 2 ...........
atas ijin dan kerjasamanya.
5.
…………………, selaku Teman Sejawat yang dengan penuh
tanggung jawab membantu selama kegiatan penelitian tindakan kelas berlangsung
6.
Anak-anakku siswa kelas II SDN 2 ...........
7.
Semua pihak yang telah membantu
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca
demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini
dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya
manusia.
............, ............
Penulis
LEMBAR PENGESAHAN
1.
|
Judul Penelitian
|
PENERAPAN BERMAIN KERAREL UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM KESEIMBANGAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 ........... KECAMATAN ........... KOTA ...........
|
2.
|
Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap
b. NIP
c. Pangkat. Golongan
d. Tempat Tugas
e. Kabupaten/Kota
f. Provinsi
g. Alamat Kantor
h. Telepon
|
|
3.
|
Lama Penelitian
|
|
4.
|
Sumber Dana
|
Swadaya
|
Petugas Perpustakaan Peneliti
…………………. M A S I E
NIP. ………………. NIP. 19590417 198112 2 002
Mengetahui
Kepala
SDN 2 ...........
Hj. NORLIANA, S.Pd., M.Pd
NIP.
19690717 199007 2 002
PENERAPAN BERMAIN KERAREL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
SENAM KESEIMBANGAN PADA SISWA KELAS II
SD NEGERI 2 ........... KECAMATAN ...........
SD NEGERI 2 ........... KECAMATAN ...........
KOTA ...........
Oleh
…………………………………..…….
NIP.
……………………….
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
rendahnya hasil belajar dan
aktvitas siswa yang kurang termotivasi dalam melakukan senam keseimbangan
pada kelas II SDN Lerep 05 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Sematang,
dalam pembelajaran senam keseimbangan salah satunya disebabkan oleh cara
mengajar guru belum bervariasi terutama dalam pemanfaatan media sebagai
sumber belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah
penerapan bermaian kerarel dapat meningkatkan hasil belajar senam
keseimbangan pada siswa kelas II SDN 2 ........... Kecamatan ........... Kota ...........? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan peningkatan hasil belajar senam keseimbangan dengan bermain kerarel. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 ........... Kecamatan ........... Kota ........... dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas II yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Sumber data diperoleh dari kinerja dan hasil belajar siswa, kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran, dan dokumen yang diperoleh dari temuan, catatan selama pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan melalui dua tahap yaitu tahap siklus I, dan II. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan tes berupa tes tertulis pada setiap siklus dan lembar observasi aktvitas siswa. Temuan selama pelaksanaan penelitian dibahas bersama dengan teman sejawat (kolabolator). Metode yang digunakan adalah penilaian kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) hasil aktivitas siswa meningkat pada tiap siklusnya, siklus I adalah 66.7% dengan siswa tuntas 14, pada siklus II 90.5% dengan siswa tuntas 19. Pada siklus 1 pencapaian ketuntasan kognitif (61,9%), psikomotor (66.7%), afektif (71.4%). Pada siklus 2 pencapaian ketuntasan kognitif (90.5%), psikomotor (85.7%), afektif (90.5%). Peningkatan dari siklus I dan siklus II adalah 23.8% 2). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan melalui pendekatan bermain kerarel, aktivitas siswa dan hasil belajar kelas II SDN 2 ........... Kecamatan ........... Kota ........... dalam pembelajaran senam keseimbangan meningkat. Saran bagi guru sebaiknya dalam pembelajaran senam keseimbangan salah satunya melalui pendekatan bermain kerarel agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
aktvitas siswa yang kurang termotivasi dalam melakukan senam keseimbangan
pada kelas II SDN Lerep 05 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Sematang,
dalam pembelajaran senam keseimbangan salah satunya disebabkan oleh cara
mengajar guru belum bervariasi terutama dalam pemanfaatan media sebagai
sumber belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah
penerapan bermaian kerarel dapat meningkatkan hasil belajar senam
keseimbangan pada siswa kelas II SDN 2 ........... Kecamatan ........... Kota ...........? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan peningkatan hasil belajar senam keseimbangan dengan bermain kerarel. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 ........... Kecamatan ........... Kota ........... dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas II yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Sumber data diperoleh dari kinerja dan hasil belajar siswa, kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran, dan dokumen yang diperoleh dari temuan, catatan selama pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan melalui dua tahap yaitu tahap siklus I, dan II. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan tes berupa tes tertulis pada setiap siklus dan lembar observasi aktvitas siswa. Temuan selama pelaksanaan penelitian dibahas bersama dengan teman sejawat (kolabolator). Metode yang digunakan adalah penilaian kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) hasil aktivitas siswa meningkat pada tiap siklusnya, siklus I adalah 66.7% dengan siswa tuntas 14, pada siklus II 90.5% dengan siswa tuntas 19. Pada siklus 1 pencapaian ketuntasan kognitif (61,9%), psikomotor (66.7%), afektif (71.4%). Pada siklus 2 pencapaian ketuntasan kognitif (90.5%), psikomotor (85.7%), afektif (90.5%). Peningkatan dari siklus I dan siklus II adalah 23.8% 2). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan melalui pendekatan bermain kerarel, aktivitas siswa dan hasil belajar kelas II SDN 2 ........... Kecamatan ........... Kota ........... dalam pembelajaran senam keseimbangan meningkat. Saran bagi guru sebaiknya dalam pembelajaran senam keseimbangan salah satunya melalui pendekatan bermain kerarel agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
Kata Kunci:
Aktvitas Belajar, Hasil Belajar Siswa, Senam Keseimbangan,
Bermain Kerarel
Bermain Kerarel
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI..................................................................................................... v
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah.........................................................
B.
Identifikasi Masalah...............................................................
C.
Perumusan Masalah................................................................
D.
Tujuan Penelitian....................................................................
E.
Manfaat Penelitian..................................................................
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kerangka Teori ......................................................................
B. Kerangka Berpikir .................................................................
C. Hipotesis Tindakan ................................................................
BAB III PELAKSANAAN PENELITIAN
A.
Subjek Penelitian ...................................................................
B.
Objek Penelitian ....................................................................
C.
Waktu dan Tempat Penelitian ...............................................
D.
Lokasi Penelitian ...................................................................
E.
Prosedur Penelitian ................................................................
F.
Teknik Pengumpulan Data ....................................................
G.
Instrumen Pengumpulan Data ...............................................
H.
Analisis Data..........................................................................
I.
Indikator Kinerja ...................................................................
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian ......................................................................
B. Pembahasan............................................................................
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan.............................................................................
B. Saran ......................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
Tabel 3.1 Kriteria Ketuntasan Belajar Penjasorkes........................................
Tabel 3.2 Kriteria Keberhasilan Belajar Siswa .............................................
Tabel 4.1 Rekapitulasi Hasil Penilaian Pada Pelaksanaan Kegiatan
Pembelajaran Siklus 1
Tabel 4.2 Hasil Pengamatan Siklus 1 Per-Aspek Penilaian...........................
Tabel 4.3 Rekapitulasi Hasil Penilaian Pada Pelaksanaan Kegiatan
Pembelajaran Siklus 2
Tabel 4.4 Hasil Pengamatan Siklus 2 Per-Aspek Penilaian...........................
Tabel 4.5 Hasil Tindakan Selama 2 Siklus per aspek.....................................
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
3.1 Desain Penelitian, Sumber: Suharsimi Arikunto.2008.............................
4.1 Grafik Observasi Tiap Aspek Pada Siklus 1............................................
4.2 Grafik Observasi Tiap Aspek pada Siklus 2............................................
4.3 Grafik Observasi Tiap Aspek pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus
II
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 Surat
Ijin Penelitian
Lampiran 2 Jurnal
Kegiatan Penelitian
Lampiran 3 Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Siklus Pertama
Lampiran 4 Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Siklus Kedua
Lampiran 5 Lembar
Penilaian Aspek Afektif
Lampiran 6 Lembar
Penilaian Aspek Kognitif
Lampiran 7 Lembar
Penilaian Aspek Psikomotor
Lampiran 8 Lembar
Penilaian Aspek Afektif Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 9 Lembar
Penilaian Aspek Kognitif Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 10 Lembar
Penilaian Aspek Psikomotor Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 11 Rekapitulasi
Penilaian Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Pada Kondisi Awal, Siklus I
dan Siklus II
Lampiran 12 Daftar
Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 13 Daftar
Hadir Peneliti dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 14 Contoh
Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran 15 Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan
Siklus II
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.