Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Friday, 30 January 2015

PTK KENAIKAN PANGKAT GURU PENJASKES KELAS 1 SEKOLAH DASAR







 
PENERAPAN PENDEKATAN PERMAINAN LARI BOLA KERANJANG SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN GERAK DASAR LARI PADA
SISWA KELAS I SD NEGERI  2 ...........
KECAMATAN ........... KOTA ...........













Oleh


…………………………………..
NIP . ……………………..





UPT DINAS PENDIDIKAN ……………………..
KECAMATAN ...........
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 ...........
Jl................................   Kode Pos ...........
20......
LEMBAR PENGESAHAN


1.   a.   Judul Penelitian                    :  PENERAPAN PENDEKATAN PERMAINAN LARI BOLA KERANJANG SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN GERAK DASAR LARI PADA  SISWA KELAS I SD NEGERI  2 ........... KECAMATAN ........... KOTA ...........           
      b.   Bidang Ilmu                         : Penjaskes
      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ………………………….
      b.   NIP                                      :  …………………………….
      c.   Pangkat / Golongan             : …………….
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SD Negeri 2 ...........
      f.    Tempat Penelitian                :  SD Negeri 2 ...........
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan …………..)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti



                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           

Mengetahui/Mengesahkan
Kepala Sekolah

…………………….
NIP. ……………………..
KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmat dan karunia-Nyalah sehingga saya dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di SDN  2 ........... Kecamatan ........... Kota ........... dengan lancar. Penelitian ini merupakan salah satu syarat dalam rangka memenuhi Diajukan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan ……. ke ……..
Selesainya penyusunan ini berkat bantuan dari berbagai pihak oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada yang terhormat:
1.      Kepala UPT ………………. yang telah memberi pengesahan terhadap laporan PTK ini.
2.      Pengawas TK/SD UPT
3.      Kepala sekolah SDN  2 ........... Kecamatan ........... Kota ........... yang telah memberikan saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.      Bapak dan Ibu Guru SDN  2 ........... Kecamatan ........... Kota ........... yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
5.      Serta kerabat-kerabat dekat dan rekan-rekan seperjuangan yang penulis banggakan. Semoga Allah SWT, memberikan balasan atas kebaikan yang telah diberikan kepada penulis.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
………………………
Peneliti

DAFTAR ISI
           
HALAMAN JUDUL .........................................................................................      i
LEMBAR PENGESAHAN ...............................................................................     ii
KATA PENGANTAR .......................................................................................    iii
DAFTAR ISI ......................................................................................................    iv
DAFTAR TABEL ..............................................................................................     v
DAFTAR GAMBAR .........................................................................................    vi
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... vii
ABSTRAK/RINGKASAN ................................................................................ viii
BAB       I        PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah .......................................................      
B.     Rumusan Masalah .................................................................      
C.     Tujuan Penelitian ..................................................................      
D.    Manfaat Penelitian ................................................................      
BAB       II      KAJIAN PUSTAKA
A.    Kajian Teori ..........................................................................      
B.     Kerangka Berfikir .................................................................      
C.     Hipotesis Tindakan ...............................................................      
BAB       III     METODOLODI PENELITIAN
A.    Subyek Penelitian .................................................................      
B.     Obyek Penelitian ...................................................................      
C.     Waktu penelitian ...................................................................      
D.    Lokasi penelitian ...................................................................      
E.     Teknik Pengumpulan Data ....................................................      
F.      Instrumen pengumpulan data ...............................................      
G.    Analisis Data .........................................................................      
H.    Indikator Keberhasilan .........................................................      
BAB       IV     HASIL PENELITIAN  DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil Penelitian  ....................................................................      
B.     Pembahasan ..........................................................................      
BAB       V      PENUTUP
A.    Kesimpulan ...........................................................................      
B.     Saran .....................................................................................      
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN









DAFTAR TABEL


Tabel   3.1                                                                                                          Kriteria Tingkat Keberhasilan Belajar Siswa                                                                                        
Tabel   3.2                                                                                                          Kriteria Ketuntasan  Belajar Siswa                                                                                                     
Tabel   4.1                                                                                                           Pengamatan Proses Pembelajaran Siswa Satu Kelas Siklus I                                                                     
Tabel   4.2                                                                                                           Hasil Ketuntasan Belajar Siswa Pada siklus I                                                                                          
Tabel   4.3                                                                                                           Pengamatan Proses Pembelajaran Siswa  Siklus II                                                                                     
Tabel   4.4                                                                                                           Hasil Ketuntasan Belajar Pada siklus II                                                                                                 
Tabel   4.5   Hasil Ketuntasan Belajar Berdasarkan Nilai Rata-Rata Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus Kedua                                                                                         
Tabel   46    Hasil Ketuntasan Belajar Berdasarkan Hasil Observasi Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus Kedua                                                                                         




DAFTAR GAMBAR


Gambar     2.1    Diagram Kerangka Pikir........................................................         
Gambar     3.1    Gambar 3.1. Siklus PTK ( Sumber Agus kristiyanto, 2010:19 )
Gambar     4.1.   Grafik Ketuntasan Belajar Siklus I........................................         
Gambar     4.2    Grafik Ketuntasan Belajar Siklus II......................................         
Gambar     4.3    Grafik Ketuntasan Belajar Berdasarkan Nilai Rata-Rata Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II...............................................................................................         
Gambar     4.4    Grafik Ketuntasan Belajar Berdasarkan Hasil Observasi pada  Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II.................................................................................         




























DAFTAR LAMPIRAN


Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    3     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus Pertama
Lampiran    4     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus Kedua
Lampiran    5     Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    6     Daftar Hadir Peneliti dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    7     Hasil Penilaian Observasi Siswa Pada Kegiatan Pembelajaran Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    8     Lembar Penilaian Aspek Afektif Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    9     Lembar Penilaian Aspek Kognitif Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    10   Lembar Penilaian Aspek Psikomotor Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    11   Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    12   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II




BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan bertujuan untuk mengembangkan aspek kesegaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih dan aktivitas jasmani. Pendidikan jasmani merupakan bagian dari program pendidikan umum yang memberi kontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh. Pendidikan jasmani adalah pendidikan yang menggunakan aktivitas jasmani sebagai media utama mencapai tujuan pembelajaran, adapun aktivitas utamanya adalah cabang-cabang olahraga.
Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah
memiliki peranan yang sangat penting, diantaranya: memberikan kesempatan
kepada siswa untuk terlibat secara langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar yang diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik dan sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat.
Mengingat pentingnya jasmani yang kuat agar dapat melaksanakan tugas sehari-hari maka pendidikan jasmani menjadi kunci bagi peningkatan kemampuan jasmani di sekolah. Mutu, kesuksesan dan keberhasilan pembelajaran pendidikan jasmani sangat dipengaruhi unsur-unsur antara lain: guru sebagai unsur utama, siswa, kurikulum, tujuan, metode, sarana dan prasarana, penilaian dan suasana kelas. Pendidikan jasmani di sekolah juga mempunyai peranan penting diantaranya: memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani.
Struktur dan kurikulum pendidikan jasmani di sekolah dasar yang ad sekarang memiliki ciri-ciri yang terdiri atas keterampilan teknik dasar beberapa cabang olahraga. Keterampilan teknik dasar olahraga ini, akan dapat dikuasai bila sebelumnya menguasai keterampilan gerak dasar. Keterampilan gerak dasar disekolah dasar itu dapat dibagi menjadi beberapa kategori meliputi tiga macam, yaitu: lokomotor, non lokomotor, dan manipulasi. Menurut BNSP (2006: 2) bahwa salah satu tujuan pelaksanaan pendidikan jasmani, Olahraga dan Kesehatan di sekolah dasar adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar. Pada dasarnya gerak dasar manusia adalah jalan, lari, lompat dan lempar (Syarifudin dan Muhadi, 1992: 24). Bentuk gerakan dasar tersebut telah dimiliki oleh murid-murid sekolah dasar. Gerak dasar jalan, lari dan lompat merupakan gerak dasar lokomotor yang perlu dikembangkan di sekolah dasar (SD) disamping gerak dasar lainnya, Gerak dasar lokomotor merupakan salah satu domain dari gerak dasar fundamental (fundamental basic movement), di samping gerak dasar non-lokomotor dan gerak dasar manipulatif, gerak dasar lokomotor yang merupakan pokok bahasan yang diajarkan disekolah dasar (SD). Gerak dasar lokomotor merupakan dasar macam-macam keterampilan yang sangat perlu adanya bimbingan, latihan, dan pengembangan agar anak-anak dapat melaksanakan dengan baik dan benar. Gerak lokomotor diartikan sebagai gerak yang berpindah tempat. Gerak lokomotor merupakan jenis gerakan yang ditandai dengan pergerakan seluruh tubuh, dalam proses perpindahan tempat atau titik berat badan dari satu bidang tumpu ke bidang tumpu lainnya. Jenis gerakan lokomotor yaitu: berjalan, berlari, meloncat, melayang dan jenis gerakan lainnya yang ditandai dengan perubahan tempat.
Guru masih senantiasa memberi materi pembelajaran gerak dasar lari dengan mengacu pada hasil yang dicapai siswa tidak memperhatikan proses yang dilakukan. yang lebih disayangkan bahwa teknik yang digunakan sangat membosankan sehingga yang seharusnya anak sudah terbiasa dengan gerakan dasar lari menjadi kurang bersemangat dalam mengikutinya.
Hal ini diketahui dari hasil penilaian yang dilakukan oleh guru ternyata masih banyak siswa yang mampu mencapai nilai KKM yang telah ditentukan, yaitu 4 siswa dari 17 siswa keseluruhan atau sekitar 23,53% dari jumlah siswa kelas I. Serta guru mengalami kesulitan menentukan metode yang tepat dalam pembelajaran gerak dasar lari. Padahal untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam gerak dasar lari dibutuhkan metode yang sifatnya menarik dan tidak membosankan. Dengan demikian guru dituntut untuk bisa menentukan metode yang tepat, sesuai dengan karakter siswa yang notabene anak-anak yang masih suka bermain sehingga bisa direspon baik oleh siswa.
Dari latar belakang tersebut di atas maka penulis menentukan judul Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Pembelajaran Gerak Dasar Lari Menggunakan Pendekatan Permainan Lari Bola Keranjang pada Siswa Kelas I SDN  2 ........... Kecamatan ........... Kota ........... Tahun Pelajaran ……./…..”.
B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah di uraikan, maka didapat perumusan masalah sebagai berikut : ”Apakah pembelajaran menggunakan Pendekatan permainan lari bola keranjang dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari pada siswa kelas I SDN  2 ........... Kecamatan ........... Kota ........... Tahun Pelajaran ……/…..?”
C.  Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas I SDN  2 ........... Kecamatan ........... Kota ........... Tahun Pelajaran ……/….. melalui pembelajaran gerak dasar lari menggunakan pendekatan permainan lari bola keranjang.
D.  Manfaat Penelitian
Penelitian yang dilakukan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peneliti, para pendidik, dan pembaca pada umumnya. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:
1.    Secara Teoritis
Menemukan teori / pengetahuan baru melalui penelitian ini, dan dapat dijadikan suatu referensi bagi guru pendidikan jasmani dalam melaksanakan proses pembelajaran serta memberikan masukan kepada semua pihak pengajar khususnya bagi pengajar pendidikan jasmani dalam pembelajaran dengan pendekatan permainan.
2.    Manfaat praktis
a.    Bagi Siswa : meningkatkan minat dalam pembelajaran pendidikan jasmani melalui pendekatan bermain.
b.    Bagi Guru : untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan
c.    Bagi Sekolah : hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan sekolah untuk mengembangkan model pembelajaran pendidikan jasmani yang efektif khususnya gerak dasar lari.
d.   Bagi Peneliti : peneliti mendapatkan fakta bahwa melalui permainan lari bola keranjang dalam pembelajaran gerak dasar lari pada pelajaran penjas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.




BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A.  Simpulan
Dari hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran gerak dasar lari menggunakan pendekatan permainan lari bola keranjang dapat diterima siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pembelajaran gerak dasar menggunakan pendekatan permainan lari bola keranjang menunjukkan adanya peningkatan, yang diperoleh dari data hasil penelitian. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengamatan terhadap sikap dan aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran, diperoleh hasil prosentase sebesar 52,94% atau 9 siswa dari kondisi awal sebesar 35,29% atau 6 siswa sedangkan pada siklus II sebesar 100% . Data hasil ketuntasan hasil belajar siswa berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar memperoleh prosentase sebesar 52,94% atau 9 siswa dari kondisi awal sebesar 4 siswa atau 23,53%, dan pada siklus kedua sebesar 100%.
B.  Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Siswa diharapkan untuk meningkatkan semangat belajar agar mendapatkan hasil yang maksimal.
2. Guru hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan materi, menyampaikan materi, serta dalam mengelola kelas, sehingga kualitas pembelajaran yang dilakukannya dapat terus meningkat seiring dengan peningkatan kemampuan yang dimilikinya. Dan juga guru diharapkan lebih inovatif, kreatif dalam memilih dan menerapkan metode serta media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif dan menyenangkan.
 

bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.