Lencana Facebook

banner image

Thursday 29 January 2015

PTK KENAIKAN PANGKAT GURU SMA MAPEL KIMIA




Loggo




LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS



UPAYA PENINGKATAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA KELAS X  MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) PADA SISWA KELAS X SMA ………………
TAHUN PELAJARAN 2013/2014





Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan IV/a ke IV/b







Oleh

..........................................
NIP. ..............................







DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN ..................................
SMA ...........................................................
Jl. ............................................
20..........

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


1.   a.   Judul Penelitian                    :  UPAYA PENINGKATAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA KELAS X  MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) PADA SISWA KELAS X SMA ……………… TAHUN PELAJARAN 2013/2014
      b.   Bidang Ilmu                         : IPA (Kimia)
      c.   Kategori Penelitian              :  Strategi  Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ……………..
      b.   NIP                                      :  ………….
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SMA ………………………….
      f.    Tempat Penelitian                :  SMA ………………………….
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan ……. 20…)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya




Tanda tangan disesuaikan dengan kondisi setempat














KATA PENGANTAR



Syukur Alhamdullilah kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis  dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di SMA ................ dengan lancar.
Laporan ini dibuat oleh penulis dalam rangka memenuhi pengajuan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan IVa ke IVb.
Terselesaikannya penelitian ini tidak lepas dari bantuan beberapa pihak dan pada kesempatan ini ijinkan peulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan ini, yaitu kepada yang terhormat:
1.      Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ……………………., atas Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
2.      Pengawas SMP, Dinas Pendidikan Kabupaten ……………………., atas Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung
3.      Kepala sekolah SMA ................ yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.      Bapak dan Ibu Guru SMA ................ yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
Dan akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
                                                                               ......................,    ...................

                                                                                                Peneliti

DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iii
DAFTAR ISI.....................................................................................................     iv
DAFTAR TABEL..............................................................................................      v
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................     vi
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................    vii
ABSTRAK.........................................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah.........................................................       
B.       Identifikasi Masalah ..............................................................       
C.       Pembatasan Masalah .............................................................       
D.      Perumusan Masalah ...............................................................       
E.       Tujuan Penelitian ...................................................................       
F.        Kegunaan Penelitian ..............................................................       
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................
B.   Kerangka Berpikir .................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.      Setting Penelitian...................................................................       
B.       Subjek Penelitian ...................................................................       
C.       Faktor yang Diteliti ...............................................................       
D.      Data dan Sumber Data...........................................................       
E.       Variabel Penelitian ................................................................       
F.        Desain Penelitian ...................................................................       
G.      Metode Pengumpulan Data ...................................................       
H.      Tehnik Analisis Data .............................................................       
I.         Indikator Keberhasilan Tindakan ..........................................       

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Tindakan
      1.  Kondisi Awal....................................................................       
      2.  Siklus I ..............................................................................       
      3.  Siklus II.............................................................................       
B.   Pembahasan............................................................................       

BAB      V     KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran.......................................................................................       

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa.........         
Tabel   4.1     Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Kondisi Awal....................         
Tabel   4.2     Hasil Belajar Ranah Afektif Siswa Kondisi Awal......................         
Tabel   4.3     Hasil Belajar Ranah Psikomotorik Siswa Kondisi Awal.............         
Tabel   4.4     Hasil Belajar Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik  Siswa Kondisi Awal                    
Tabel   4.5     Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Siklus I...............................         
Tabel   4.6     Hasil Belajar Ranah Afektif Siswa Siklus pertama.....................         
Tabel   4.7     Hasil Belajar Ranah Psikomotorik Siswa Siklus Pertama............         
Tabel   4.8     Hasil Belajar Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik  Siswa Siklus Pertama                   
Tabel   4.9     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Siklus I                    
Tabel   4.10   Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Siklus II.............................         
Tabel   4.11   Hasil Belajar Ranah Afektif Siswa Siklus kedua........................         
Tabel   4.12   Hasil Belajar Ranah Psikomotorik Siswa Siklus kedua...............         
Tabel   4.13   Hasil Belajar Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik  Siswa Siklus kedua                      
Tabel   4.14   Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Siklus II                  

















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman


Gambar  2.1     Kerangka Berpikir Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Kelas X SMA .......         
Gambar 3.1     Siklus Penelitian Tindakan Kelas..............................................         
Gambar 4.1     Diagram Batang Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Kondisi Awal            
Gambar 4.2     Diagram Batang Hasil Belajar Ranah Afektif Siswa Kondisi Awal             
Gambar 4.3     Diagram Batang Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Kondisi Awal            
Gambar 4.4     Diagram Batang Hasil Belajar Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor Siswa Kondisi Awal..................................................................................................         
Gambar 4.5     Diagram Batang Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Siklus Pertama                      
Gambar 4.6     Diagram Batang Hasil Belajar Ranah Afektif Siswa Siklus Pertama                        
Gambar 4.7     Diagram Batang Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Siklus Pertama                      
Gambar  4.8    Diagram Batang Hasil Belajar Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor Siswa Siklus Pertama ..................................................................................................         
Gambar 4.9     Diagram Batang Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Siklus kedua              
Gambar 4.10   Diagram Batang Hasil Belajar Ranah Afektif Siswa Siklus kedua               
Gambar 4.11   Diagram Batang Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Siklus kedua              
Gambar 4.12   Diagram Batang Hasil Belajar Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor Siswa Siklus kedua ..................................................................................................         






DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    3     Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran    4     Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran    5     Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    6     Daftar Hadir Peneliti Dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    7     Daftar Nilai Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    8     Lembar Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    9     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    10   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II






                  










ABSTRAK


Oleh :

..............................................
NIP. ...........................


Kimia adalah suatu ilmu yang lebih banyak memerlukan pemahaman daripada hafalan. Sehingga siswa dituntut untuk lebih memahami materi kimia secara konsep. Hasil observasi awal di SMA ………… diperoleh data bahwa pembelajaran kimia di kelas X memiliki hasil belajar yang rendah. Rendahnya hasil belajar dikarenakan penerapan model pembelajaran yang kurang sesuai, siswa pasif dalam pembelajaran, tidak ada penilaian terhadap tugas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan motivasi dan hasil belajar kelas X SMA ……………  melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE). Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia, maka dilakukan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA ………… Kelas X tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi untuk ranah kognitif yang dilaksankan setiap akhir siklus dan lembar observasi untuk ranah afektif dan psikomotorik.  Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari kenaikan nilai rata-rata secara klasikal dari kondisi awal, siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata secara klasikal ranah kognitif pada kondisi awal sebesar 42,50,  siklus I sebesar 66,67 dan meningkat pada siklus II sebesar 78,33. Nilai rata-rata secara klasikal ranah Afektif pada kondisi awal sebesar 48,33 siklus I sebesar 65,00 meningkat sebesar 76,67 pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata secara klasikal ranah psikomotorik pada kondisi awal sebesar 45,83, siklus I sebesar 70,00 dan pada siklus II meningkat sebesar 74,17. Penjelasan mengenai ketuntasan belajar secara klasikal  ranah kognitif pada kondisi awal sebesar 10%,  siklus I sebesar 66,67% dan meningkat pada siklus II sebesar 86,67%. Ketuntasan belajar secara klasikal secara klasikal ranah Afektif pada kondisi awal sebesar 26,67% siklus I sebesar 63,33% meningkat sebesar 90% pada siklus II. Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal secara klasikal ranah psikomotorik pada kondisi awal sebesar 23,33%, siklus I sebesar 70,00% dan pada siklus II meningkat sebesar 93,33% serta peningkatan motivasi belajar dari 7 siswa atau 23,33% pada kondisi awal, menjadi 20 siswa atau 66,67% dan 29 siswa atau 96,67% pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar.

Kata kunci : Model pembelajaran, Student Facilitator and Explaining
(SFAE), Hasil, Motivasi.


BAB II

KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori
1.    Pengertian Belajar
Belajar didefinisikan sebagai perubahan perilaku yang diakibatkan oleh pengalaman (Ratna Willis,1988:25). Paling sedikit ada lima macam perilaku perubahan pengalaman dan dianggap sebagai faktor – faktor penyebab dasar dalam belajar. (Ratna Willis, 1988: 25) Pertama pada tingkat emosional yang paling primitif, terjadi perubahan perubahan perilaku diakibatkan dari perpasangan suatu stimulus tak terkondisi dengan suatu stimulus terkondisi. Sebagai suatu fungsi pengalaman, stimulus terkondisi itu pada suatu waktu memperoleh kemampuan untuk mengeluarkan respon terkondisi. Bentuk belajar semacam ini disebut belajar responden, dan menolong kita untuk memahami bagaiman peserta didik menyenangi atau tidak menyenangi sekolah atau mata pelajaran. Kedua, dibahas belajar kontinyuitas yaitu bagaimana dua peristiwa dipasangkan satu dengan yang lain pada suatu waktu dan hal ini banyak kita alami. Kita melihat bagaimana asosiasi ini dapat menyebabkan belajar dari drill.
Ketiga, kita belajar bahwa konsekunsi – konsekuensi perilaku mempengaruhi apakah perilaku itu akan diulangi atau tidak. Belajar semacam itu disebut belajar aperant. Keempat, pengalaman belajar sebagai hasil hasil observasi manusia dan kejadian – kejadian. kita belajar dari model – model, dan masing – masing kita mungkin menjadi model suatu model bagi orang lain dalam belajar observasional.
Kelima, belajar kognitif terjadi dalam kepala kita, bila kita melihat dan memahami peristiwa – peristiwa di sekitar kita dan uk menjawab pertanyaan, ternyata banyak yang masih belum mengerti mengenai senyawa hidrokarbon.
2.    Hasil Belajar
Adalah perubahan perilaku akibat interaksi individu dengan lingkungan. Artinya seseorang dikatakan telah belajar, jika ia dapat melakukan sesuatu yang tidak dapat dilakukan sebelumnya.(Sumiati,2008: 38). Proses belajar terlaksana melalui berbagai kegiatan yang khas dan mempunyai salurannya sendiri serta hasilnya sendiri (perubahan dalam sikap atau tingkah laku yang tercapai dan nampak dalam prestasi tertentu). Menurut Winkel (1987:9) terdapat lima katagori hasil belajar yaitu : 1) Ketrampilan motorik : melibatkan bagian – bagian badan yang bergerak menurut pola tertentu secara otomatis, urutan gerak teratur dan berjalan tanpa disertai pikiran tentang apa yang harus dilakukan dan mengapa dilakukan 2) Sikap : kecenderungan menerima atau menolak suatu hal (aspek afektif) serta bentuk tingkah laku sebagai konsekuensi suatu pilihan. 3) Kemahiran intelektual : kemampuan bergaul dengan lingkungan di sekitarnya dan dengan dirinya sendiri secara simbolis, lambang, kata- kata, gambar maupun tulisan. 4) Informasi verbal : pengetahuan yang dimiliki dengan menggunakan bahasa baik bila menggali informasi maupun bila menyampaikan informasi / pengetahuan 5) Pengaturan kegiatan intelektual : konsep untuk mengatur intelektualnya sendiri ( mengatur jalan pikirannya sendiri untuk memecahkan masalah yang dihadapi)
Hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan (Suprijono, 2009:5).Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Perolehan aspek-aspek perubahan perilaku tersebut tergantung pada apa yang dipelajari oleh pembelajar (Anni, 2007:5). Menurut Gagne, sebagaimana dikutip oleh Suprijono (2009:5), hasil belajar berupa sikap adalah kemampuan menerima atau menolak objek berdasarkan penilaian terhadap objek tersebut. Sikap berupa kemampuan menginternalisasi dan eksternalisasi nilai-nilai.Sikap merupakan kemampuan menjadikan nilai-nilai sebagai standar perilaku.
Menurut Bloom, sebagaimana dikutip oleh Anni (2007:7), hasil belajar mencakup kemampuan tiga ranah belajar, yaitu: 1. Ranah Kognitif Ranah kognitif berkaitan dengan hasil berupa pengetahuan, kemampuan dan kemahiran intelektual. Ranah kognitif mencakup kategori pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis,sintesis, penilaian. 2. Ranah Afektif Tujuan pembelajaran ranah afektif berhubungan dengan perasaan, sikpa, minat, dan nilai.Kategori ranah afektif meliputi penerimaan, penanggapan, penilaian, pengorganisasian, dan pembentukan pola hidup. 3. Ranah Psikomotorik
Tujuan pembelajaran ranah psikomotorik menunjukkan adanya kemampuan fisik seperti keterampilan motorik dan syaraf, manipulasi objek, dan koordinasi syaraf. Kategori ranah psikomotorik meliputi persepsi, kesiapan, gerakan terbimbing, gerakan terbiasa, gerakan kompleks, penyesuaian, dan kreativitas. Dalam penelitian ini, hasil belajar yang dimaksud aalah perubahan pada diri siswa yang mencakup ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. Ranah kognitif yang dinilai dengan soal evaluasi. Ranah afektif yang meliputi tanggungjawab, mandiri, menjadi pendengar yang baik, menghargai pendapat orang lain dan keberanian menyampaikan pendapat. Ranah psikomotorik yang meliputi aktif dalam diskusi, membuat pertanyaan yang kreatif, kemampuan menjawab pertanyaan baik dari guru atau siswa lainnya.
3.    Motivasi Belajar
Motivasi diartikan sebagai kekuatan atau dorongan yang menggerakkan seseorang untuk memilih, memulai dan mengarahkan kegiatan serta serta mempertahankannya. Peserta didik mempunyai motivasi belajar bila ia dengan kesadarannya sendiri mau melibatkan diri secara mental maupun fisik dalam proses belajar dan dapat mempertahankan dalam waktu lama. Kondisi yang memotivasi siswa untuk belajar adalah kondisi yang menumbuhkan kemauan untuk melibatkan diri dalam proses belajar. Kondisi semacam ini tidak serta merta muncul namun perlu diuasahakan terus menerus (Kartika Budi, 1998 : 173)
Sedangkan menurut Winkel (1987:27) motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatanbelajar itu. Motivasi belajar merupakan faktor psikis dan mempunyai peran dalam hal gairah / semangat belajar. Motivasi belajar terbagi menjadi dua bentuk , yaitu : 1) Motivasi eksentrik : bentuk motivasi dengan aktivitas belajar dimulai dan diteruskan berdasar suatu dorongan yang tidak secara mutlak berkaitan dengan aktivitas belajar misalnya anak rajin belajar untuk mendapatkan hadiah 2) Motivasi intrisik : bentuk motivasi dengan aktifitas belajar dimulai dan diteruskan berdasarkan dorongan yang secara mutlak berkaitan dengan aktivitas belajar, misal anak rajin belajar karena ingin mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan materi senyawa hidrokarbon. Bentuk motivasi belajar tergantung dari tahap perkembangan yang telah dicapai peserta didik. Peserta didik sekolah dasar lebih bermotivasi instrinsik karena sudah mampu menyadari kepentingan belajar bagi perkembangannya sendiri (Muhamad Nur, 1998:33)
Seperti halnya Uno, Hamalik (2009:162) mengemukakan bahwa motivasi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik adalah motivasi yang tercakup di dalam situasi belajar dan menemui kebutuhan dan tujuan-tujuan murid. Motivasi intrinsik timbul dari dalam diri individu, misalnya keinginan untuk mendapatkan keterampilan tertentu, memperoleh informasi dan pengertian, mengembangkan sikap untuk berhasil, menyenangi kehidupan, dan lain-lain. Motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang disebabkan oleh faktor-faktor dari luar situasi belajar, seperti angka kredit, ijazah, tingkatan hadiah, dan persaingan yang bersifat negatif.
Menurut Uno (2008:23), indikator motivasi belajar dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a.    Adanya Hasrat dan Keinginan Berhasil
Hasrat dan keinginan untuk berhasil dalam belajar dan dalam kehidupan sehari-hari pada umumnya disebut motif berprestasi, yaitu motif untuk berhasil dalam melakukan suatu tugas dan pekerjaan atau motif untuk memperolah kesempurnaan. Motif semacam ini merupakan unsur kepribadian dan prilaku manusia, sesuatu yang berasal dari ‘’dalam’’ diri manusia yang bersangkutan. Motif berprestasi adalah motif yang dapat dipelajari, sehingga motif itu dapat diperbaiki dan dikembangkan melalui proses belajar. Seseorang yang mempunyai motif berprestasi tinggi cenderung untuk berusaha menyelesaikan tugasnya secara tuntas, tanpa menunda-nunda pekerjaanya. Penyelesaian tugas semacam ini bukanlah karena dorongan dari luar diri, melainkan upaya pribadi.
b.    Adanya Dorongan dan Kebutuhan Dalam Belajar
Penyelesaian suatu tugas tidak selamanya dilatar belakangi oleh motif berprestasi atau keinginan untuk berhasil, kadang kala seorang individu menyelesaikan suatu pekerjaan sebaik orang yang memiliki motif berprestasi tinggi, justru karena dorongan menghindari kegagalan yang bersumber pada ketakutan akan kegagalan itu. Seorang anak didik mungkin tampak bekerja dengan tekun karena kalau tidak dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik maka dia akan mendapat malu dari dosennya, atau di olok-olok temannya, atau bahkan dihukum oleh orang tua. Dari keterangan diatas tampak bahwa ‘’keberhasilan’’ anak didik tersebut disebabkan oleh dorongan atau rangsangan dari luar dirinya.
c.    Adanya Harapan dan Cita-cita Masa Depan
Harapan didasari pada keyakinan bahwa orang dipengaruhi oleh perasaan mereka tantang gambaran hasil tindakan mereka contohnya orang yang menginginkan kenaikan pangkat akan menunjukkan kinerja yang baik kalau mereka menganggap kinerja yang tinggi diakui dan dihargai dengan kenaikan pangkat.
d.   Adanya Penghargaan Dalam Belajar
Pernyataan verbal atau penghargaan dalam bentuk lainnya terhadap prilaku yang baik atau hasil belajar anak didik yang baik merupakan cara paling mudah dan efektif untuk meningkatkan motif belajar anak didik kepada hasil belajar yang lebih baik. Pernyataan seperti ‘’bagus’’, ‘’hebat’’ dan lain-lain disamping akan menyenangkan siswa, pernyataan verbal seperti itu juga mengandung makna interaksi dan pengalaman pribadi yang langsung antara siswa dan guru, dan penyampaiannya konkret, sehingga merupakan suatu persetujuan pengakuan sosial, apalagi kalau penghargaan verbal itu diberikan didepan orang banyak.
e.    Adanya Kegiatan yang Menarik Dalam Belajar
Baik simulasi maupun permainan merupakan salah satu proses yang sangat menarik bagi siswa. Suasana yang menarik menyebabkan proses belajar menjadi bermakna. Sesuatu yang bermakna akan selalu diingat, dipahami, dan dihargai. Seperti kegiatan belajar seperti diskusi, brainstorming, pengabdian masyarakat dan sebagainya.
f.     Adanya Lingkungan Belajar yang Kondusif
Pada umumnya motif dasar yang bersifat pribadi muncul dalam tindakan individu setelah dibentuk oleh lingkungan. Oleh karena itu motif individu untuk melakukan sesuatu misalnya untuk belajar dengan baik, dapat dikembangkan, diperbaiki, atau diubah melalui belajar dan latihan, dengan perkataan lain melalui pengaruh lingkungan Lingkungan belajar yang kondusif salah satu faktor pendorong belajar anak didik, dengan demikian anak didik mampu memperoleh bantuan yang tepat dalam mengatasi kesulitan atau masalah dalam belajar.  Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat dua aspek yang menjadi indikator pendorong motivasi belajar siswa, yaitu (1) dorongan internal: adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, faktor fisiologis  dan (2) dorongan eksternal: adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, adanya lingkungan belajar yang kondusif.
Selain memiliki tiga komponen yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, motivasi juga memiliki ciri-ciri dan fungsi. Ciri-ciri motivasi menurut Sardiman (2007:83) adalah sebagai berikut: a) Tekun menghadapi tugas (dapat bekerja terus-menerus dalam waktu yang lama, tidak pernah berhenti sebelum selesai). b) Ulet dalam menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa). Tidak memerlukan dorongan dari luar untuk berprestasi sebaik mungkin (tidak cepat puas dengan prestasi yang telah dicapainya). c) Menunjukkan minat terhadap bermacam-macam. d) Lebih senang bekerja sendiri. e) Cepat bosan terhadap tugas-tugas rutin. f) Dapat mempertahankan pendapatnya (kalau sudah yakin akan sesuatu). g) Tidak mudah melepaskan hal yang diyakini itu. h) Senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal.
Motivasi sebagai proses memiliki beberapa fungsi khususnya dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Fungsi tersebut menurut Hamalik (2009:161) meliputi: (1) Mendorong timbulnya kelakuan atau suatu perbuatan. (2) Motivasi berfungsi sebagai pengarah. (3) Motivasi berfungsi sebagai penggerak. Setelah memahami fungsi-fungsi dari motivasi, dalam kegiatan pembelajaran guru dapat menggunakan berbagai cara untuk menggerakkan atau membangkitkan motivasi belajar siswa.
Cara untuk menggerakkan motivasi siswa menurut Hamalik (2009:166) diantaranya: (a) Memberi angka (g) Sarkasme (b) Pujian (h) Penilaian (c) Hadiah (i) Karyawisata dan ekskrusi (d) Kerja kelompok (j) Film pendidikan (e) Persaingan (k) Belajar melalui radio (f) Tujuan dan level of aspiration
Dari pejelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah suatu dorongan dalam diri seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Motivasi sangat besar pengaruhnya terhadap belajar. Motivasi belajar timbul karena adanya faktor intrinsik dan juga faktor ekstrinsik. Seseorang dapat dikatakan memiliki motivasi belajar diantaranya jika mereka tekun menghadapi tugas, ulet dalam menghadapi kesulitan, lebih senang bekerja sendiri, dan cepat bosan terhadap tugas tugas rutin.
4.    Pembelajaran Kimia
a.    Hakekat Pembelajaran Kimia
Pembelajaran merupakan proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi kependidikan untuk mencapai tujuan tertentu. Muhibbin Syah (1995 : 239) menyatakan pembelajaran adalah kegiatan yang integral ( utuh terpadu) antara siswa sebagai pembelajar dan guru sebagai pengajar. Dalam kegiatan pembelajaran terjadi hubungan antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa atau terjadi komunikasi dua arah dan multi arah yang akan menimbulkan perubahan perilaku siswa yang berdimensi akal, afektif dan pskomotorik.
Pembelajaran kimia menempatkan peserta didik atau dipandang sebagai subyek bukan sebagai objek. Sebagai subyek mereka adalah pribadi dinamis yang sedang berjuang mengembangkan diri menjadi lebih sempurna dalam seluruh aspek kemanusiaannya antara lain pengetahuan, kemampuan, ketrampilan, sikap dan perasaannya. Jadi pembelajaran harus ditafsirkan sebagai penciptaan situasi, kemudahan, pemberian bimbingan agar mereka membentuk dan mengembangkan dirinya secara optimal melalui serangkaian proses yang mereka alami (Kartika Budi ,1998: 181)
Menurut Sukarjo (dalam Depdikbud, 1987:2) pembelajaran ilmu kimia lebih menekankan pada penguasaan konsep – konsep kimia dari pada penguasaan fakta – fakta yang banyak. Tujuan pendidikan kimia tercermin dalam prestasi belajar kimia yaitu tinggi rendahnya hasil belajar.
Menurut Hadari Nawami (dalam Sri Supriyati,1994:23) prestasi belajar adalah tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi pelajaran tertentu.Faktor dominan yang mempengaruhi proses belajar antara lain bekal ajar siswa, saran dan prasaran. Faktor – faktor yang menentukan proses belajar dapat digambarkan sebagai berikut.(Wardono Budi, 1998 : 13)
b.    Kedudukan Metode dalam Sistem Pembelajaran Kimia
Kegiatan belajar mengajar yang melahirkan unsur-unsur manusiawi adalah sebagai suatu proses dalam rangka mencapai tujuan pengajaran. Guru dengan sadar berusaha mengatur lingkungan belajar agar bergairah bagi anak didik. Dengan seperangkat teori dan pengalamannya guru gunakan untuk, bagaimana mempersiapkan program pengajaran yang baik dan sistematis. Salah satu usaha yang tidak pernah guru tinggalkan adalah, bagaimana memahami kedudukan metode sebagai salah satu komponen yang ikut ambil bagian dalam keberhasilan kegiatan belajar mengajar.
Metode mengajar adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran (Sudjana, 1989:76). Oleh karena itu peranan metode mengajar sebagai alat untuk menciptakan proses belajar mengajar. Dengan penggunaan metode diharapkan tumbuh berbagai kegiatan belajar siswa sehubungan dengan kegiatan mengajar guru. Metode mengajar sangat menentukan dan menunjang berhasilnya proses belajar mengajar yang diciptakan oleh seorang guru. Apabila metode mengajar yang digunakan tidak tepat, memungkinkan pelajaran yang semula mudah bagi siswa menjadi sulit, sebaliknya metode yang tepat dalam penyampaian materi yang dirasa sulit dapat menjadi mudah dan menarik. Bila siswa tertarik dengan materi yang disampaikan, maka siswa akan lebih aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat tercapai interaksi edukatif dan kondisi yang kondusif dalam kegiatan pembelajaran.
Penggunaan metode dalam kegiatan belajar mengajar bermacam macam, dan penggunaannya tergantung dari rumusan tujuan. Dalam mengajar, jarang ditemukan guru menggunakan satu metode, tetapi kombinasi dari dua atau beberapa macam metode. Penggunaan metode gabungan dimaksudkan untuk menggairahkan belajar anak didik, sehingga tujuan pengajaran dapat tercapai. Kimia merupakan ilmu mengkaji tentang upaya oleh karena itu agar pembelajaran kimia menjadi pelajaran yang disukai dan siswa terlibat aktif dalam belajar, maka diperlukan metode pengajaran yang inovatif, yang mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa dan penguasaan konsep materi sesuai dengan tujuan pembelajaran serta kondisi siswa dan sekolah yang bersangkutan.
5.    Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE)
a.    Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining
1)   Model Pembelajaran
Menurut Arends, sebagaimana dikutip oleh Suprijono (2009:46), model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Soekamto et.al., sebagaimana dikutip oleh Trianto (2007:5), mengemukakan maksud dari model pembelajaran adalah: Kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar.
Menurut Joyce & Weil, sebagaimana dikutip oleh Rusman (2012:133), berpendapat bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain. Model pembelajaran merupakan suatu pola yang dipakai oleh guru untuk membentuk kurikulum, artinya para guru boleh memilih model pembelajaran yang sesuai dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajarannya. Dengan demikian model pembelajaran tersebut merupakan pola umum perilaku untuk mencapai tujuan pembelajaran. Peserta didik akan lebih mudah mendapatkan informasi, ide, keterampilan, cara berpikir, dan mengekspresikan ide melalui model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Model pembelajaran dapat digunakan guru sebagai pedoman dalam merencanakan proses belajar mengajar.
2)   Faktor-faktor yang mempengaruhi
Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan model pembelajaran, sebagai berikut:
                                     a)     Tujuan yang hendak dicapai
Tujuan adalah sasaran yang dituju dari setiap kegiatan belajar-mengajar. Karakteristik tujuan yang akan dicapai sangat mempengaruhi penentuan model.
                                    b)     Materi pelajaran
Materi pelajaran ialah sejumlah materi yang hendak disampaikan oleh guru untuk bisa dipelajari dan dikuasai oleh peserta didik.
                                     c)     Peserta didik
Peserta didik sebagai subjek belajar memiliki karakteristik yang berbeda beda, baik minat, bakat, kebiasaan, motivasi, situasi sosial, lingkungan keluarga dan harapan terhadap masa depannya. Semua perbedaan itu akan berpengaruh terhadap penentuan model pembelajaran.
                                    d)     Fasilitas
Fasilitas dapat mempengaruhi pemilihan dan penentuan model pembelajaran. Ketiadaan fasilitas akan sangat mengganggu pemilihan model yang tepat.
                                     e)     Situasi
Situasi kegiatan belajar merupakan setting lingkungan pembelajaran yang dinamis. Guru harus teliti dalam melihat situasi.
                                     f)     f. Guru
Setiap orang memiliki kepribadian, perfomance style, kebiasaan dan pengalaman mengajar berbeda-beda. Kompetensi mengajar biasanya dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan. Guru yang latar belakang pendidikan keguruan biasanya lebih terampil dalam memilih model dan tepat dalam menerapkannya.
b.    Pengertian Student Facilitator And Explaining
Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan salah satu dari tipe model pembelajaran kooperatif. Di dalam kelas kooperatif siswa belajar bersama dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang siswa yang sederajat tetapi heterogen, kemampuan, jenis kelamin, suku/ras, dan satu sama lain saling membantu. Tujuan dibentuknya kelompok tersebut adalah untuk memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk dapat terlibat secara aktif dalam proses berpikir dan kegiatan belajar mengajar (Trianto, 2007:41).
Devira (2012) Model Student Facilitator and Explaining merupakan suatu model yang memberikan kesempatan kepada siswa atau peserta untuk mempresentasikan ide atau pendapat pada rekan peserta lainnya. Model Student Facilitator and Explaining mempunyai kelebihan yaitu siswa diajak untuk dapat menjelaskan kepada siswa lain, siswa dapat mengeluarkan ide-ide yang ada dipikirannya sehingga dapat lebih memahami materi tersebut. Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining adalah model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dengan maksud meminta peserta didik untuk berperan menjadi narasumber terhadap temannya di kelas.
Rachmad Widodo (2009) model pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan model pembelajaran dimana siswa/peserta didik belajar mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta didik lainnya. Model pembelajaran ini efektif untuk melatih siswa berbicara untuk menyampaikan ide/gagasan atau pendapatnya sendiri. Model ini merupakan model yang mudah, guna memperoleh keaktifan kelas secara keseluruhan dan tanggungjawab secara individu. Model ini memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk bertindak sebagai seorang “pengajar/penjelas materi dan seorang yang memfasilitasi proses pembelajaran” terhadap peserta didik lain. Dengan model ini, peserta didik yang selama ini tidak mau terlibat akan ikut serta dalam pembelajaran secara aktif.
c.    Langkah-langkah Penerapan Model Pembelajarn Student Facilitator and Explaining
Menurut Suprijono (2009: 128) terdapat enam langkah dalam pelaksanaan model pembelajarn Student Facilitator and Explaining, yaitu sebagai berikut:
1)   Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai. Guru menjelaskan tujuan belajarnya, menyampaikan ringkasan dari isi dan mengaitkan dengan gambaran yang lebih besar mengenai silabus atau skema kerja.
2)   Guru mendemonstrasikan atau menyajikan materi. Guru menyajikan materi yang dipelajari pada saat itu dan siswa memperhatikan. Setelah selesai menjelaskan guru membagi siswa menjadi berkelompok secara heterogenitas. Guru menjelaskan dan mencontohkan kepada siswa bagaimana membuat bagan/peta konsep. Kemudian guru bisa meminta siswa untuk mencatat apa yang telah mereka ketahui atau yang bisa dilakukan, berkaitan dengan aspek apapun yang berhubungan dengan materi tersebut. Guru juga bisa meminta siswa saling bertukar pikiran sehingga mereka lebih percaya diri.
3)   Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya misalnya melalui bagan/peta konsep. Dalam tahap ini guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya misalnya melalui bagan/peta konsep. Meminta seorang sukarelawan untuk maju dan menjelaskan di depan kelas apa yang dia
ketahui. Siswa lain boleh bertanya, dan sang sukarelawan berhak berkata “lewat” jika dia tidak yakin dengan jawabannya dan guru dapat menambahkan komentar pada tahap berikutnya.
4)   Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa. Ketika sang sukarelawan menjelaskan apa yang mereka ketahui di depan kelas, guru mencatat poin-poin penting untuk diulas kembali. Informasi yang tidak akurat, ide yang kurang tepat atau yang hanya dijelaskan separuh, miskonsepsi, bagian yang hilang, hal ini bisa ditangani langsung sehingga siswa tidak membentuk kesan yang salah, atau mereka dapat membuat dasar dari rencana pembelajaran yang telah diperbaiki untuk beberapa pelajaran berikutnya.
5)   Guru menerangkan semua materiyang disajikan saat itu. Guru menjelaskan keseluruhan dari materi agar siswa lebih memahami materi yang sudah dibahas pada saat itu.
6)   Penutup.
d.   Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining
Setiap model yang sudah ada selama ini memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan model Student Facilitator and Explaining memiliki kedua hal tersebut.
Menurut Prasetya (2009) adapun kelebihan dan kekurangan dari model ini yaitu:
1)   Kelebihan
                                     a)     Dapat mendorong tumbuh dan berkembangya potensi berpikir kritis siswa secara optimal.
                                    b)     Melatih siswa aktif, kreatif dalam menghadapi setiap permasalahan.
                                     c)     Mendorong tumbuhnya tenggang rasa, mau mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain.
                                    d)     Mendorong tumbuhnya sikap demonstrasi.
                                     e)     Melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan saling bertukar pendapat secara obyektif, rasional guna menemukan suatu kebenaran dalam kerjasama anggota kelompok.
                                     f)     Mendorong tumbuhnya keberanian mengutarakan pendapat siswa secara terbuka.
                                    g)     Melatih siswa untuk selalu dapat mandiri dalam menghadapi setiap masalah.
                                    h)     Melatih kepemimpinan siswa.
                                      i)     Memperluas wawasan siswa melalui kegiatan saling bertukar informasi, pendapat dan pengalaman antar mereka.
2)   Kekurangan
                                     a)     Timbul rasa yang kurang sehat antar siswa satu dengan yang lainnya.
                                    b)     Peserta didik yang malas mungkin akan menyerahkan bagian pekerjaannya kepada siswa yang pintar.
                                     c)     Penilaian individu sulit karena tersembunyi dibalik kelompoknya.
                                    d)     Model Student Facilitator and Explaining memerlukan persiapan yang rumit dibanding dengan model lain, misalnya model ceramah.
                                     e)     Apabila terjadi persaingan yang negatif hasil pekerjaan akan memburuk.
                                     f)     Peserta didik yang malas memiliki kesempatan untuk tetap pasif dalam kelompoknya, dan memungkinkan akan mempengaruhi kelompoknya sehingga usaha kelompok tersebut gagal.
B.  Kerangka Berfikir
Kimia adalah suatu ilmu yang memiliki kaitan yang erat dengan kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran kimia, materi kimia kebanyakan disajikan dalam bentuk rumus-rumus daripada dalam bentuk kalimat. Setiap pokok bahasan memiliki rumus tersendiri dan rumus tersebut berkaitan antara pokok bahasan yang satu dengan yang lain. Sehingga kimia lebih memerlukan pemahaman daripada hafalan. Karena jika hanya hafalan tanpa memahami konsep siswa akan merasa bingung ketika menemukan rumus yang harus didapatkan terlebih dahulu dari rumus yang lain. Dari rumus juga mengandung makna yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga jika tidak memahami konsep siswa tidak bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, umumnya siswa menganggap bahwa kimia itu sulit dan menjadi momok dalam belajar. Hal tersebut menjadikan siswa pasif dalam belajar dan mengakibatkan hasil belajar siswa rendah.
Guru sebagai pendidik memegang peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Melaui proses belajar mengajar, guru dituntut untuk menampilkan keahliannya di depan kelas. Salah satu keahlian yang dimiliki guru yaitu kemampuan menyampaikan pelajaran. Agar penyampaian pelajaran tepat pada tujuan pembelajaran maka harus memilih model pembelajaran yang inovatif tidak monoton. Pemilihan model pembelajaran pada materi kimia misalnya dengan model yang melibatkan keaktifan siswa dan menuntut siswa untuk menemukan konsep sendiri, sehingga memudahkan siswa untuk memahami konsep-konsep kimia.
Cara mengatasi masalah tersebut, maka dipilih model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFAE). Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan model pembelajaran dimana siswa/peserta didik belajar mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta didik lainnya. Dalam pelaksanaanya siswa diminta untuk berkelompok, dengan kelompoknya membuat bagan/peta konsep dari materi pelajaran yang telah diterima kemudian mempresentasikannya. Model ini memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk bertindak sebagai seorang “pengajar/penjelas materi dan seorang yang memfasilitasi proses pembelajaran” terhadap peserta didik lain.
Dengan model ini, peserta didik yang selama ini tidak mau terlibat akan ikut serta dalam pembelajaran secara aktif. Sehingga siswa dapat lebih mudah memahami konsep kimia dan pemahaman siswa terhadap suatu konsep akan meningkat. Dengan meningkatnya pemahaman terhadap suatu konsep kimia melalui penerapan Student Facilitator and Explaining dalam pembelajaran, diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa.
Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pelaksanaan penelitian ini mengacu pada instrument yang sudah disusun pada tahap perencanaan berupa silabus dan RPP.Penyusunan RPP pada siklus II mengacu pada hasil penelitian dari siklus I dengan materi yang berbeda. Penilaian terhadap hasil belajar kognitif siswa dilaksanakan setiap akhir siklus. Penilaian hasil belajar afektif dan psikomotorik diambil dari pengamatan selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi. Kemudian hasil penilaiannya dikumpullkan untuk dianalisis peningkatan hasil belajarnya. Jika hasil belajar siswa setelah dianalisis belum memenuhi indikator ketuntasan belajar baik ranah kognitif, ranah afektif maupun ranah psikomotorik, maka kekurangan penelitian akan diperbaiki pada siklus berikutnya.
Berdasarkan uraian di atas, maka kerangka berpikir dalam penelitian ini dapat digambarkan sebagai berikut:



Masalah
Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE)

Siklus I
1.    Perencanaan
2.    Tindakan
3.    Observasi
4.    Refleksi

Siklus II
1.    Perencanaan
2.    Tindakan
3.    Observasi
4.    Refleksi

Meningkatnya Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Setelah Menerapkan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE)
 














Gambar 2.1
Kerangka Berpikir Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia
Kelas X SMA ………………….

C.  Hipotesis Penelitian
Hipotesis merupakan suatu jawaban yang bersifat sementara terhadap permasalahan penelitian, sampai terbukti melalui data yang terkumpul (Arikunto, 2006:71). Berdasarkan kerangka berpikir di atas, maka hipotesis penelitian ini adalah “Ada peningkatan motivasi dan hasil belajar kimia kelas X SMA …………….. dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE)”.
 




bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.