Lencana Facebook

banner image

Friday 30 January 2015

PTK KENAIKAN PANGKAT GURU PAI KELAS 3 SEKOLAH DASAR




Loggo





LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN AKTIFITAS SISWA DALAM PELAJARAN PAI MENGENAI IBADAH SHALAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS III SEMESTER 2 SDN ................ KECAMATAN ................
TAHUN PELAJARAN ................





Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan IV/a ke IV/b








Oleh

..........................................
NIP. ..............................






SEKOLAH DASAR NEGERI..........................
............................................
20..........


HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


1.   a.   Judul Penelitian                    :  PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN AKTIFITAS SISWA DALAM PELAJARAN PAI MENGENAI IBADAH SHALAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS III SEMESTER 2 SDN ................ KECAMATAN ................  TAHUN PELAJARAN ................
      b.   Bidang Ilmu                         : Pendidikan Agama Islam
      c.   Kategori Penelitian              :  Strategi  Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ……………..
      b.   NIP                                      :  ………….
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SD Negeri ……………..
      f.    Tempat Penelitian                :  SD Negeri ………
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan ……. 20…)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya




Tanda tangan disesuaikan dengan kondisi setempat














KATA PENGANTAR



Syukur Alhamdullilah kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis  dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di SDN ................ dengan lancar.
Laporan ini dibuat oleh penulis dalam rangka memenuhi pengajuan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan IVa ke IVb.
Terselesaikannya penelitian ini tidak lepas dari bantuan beberapa pihak dan pada kesempatan ini ijinkan peulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan ini, yaitu kepada yang terhormat:
1.      Kepala sekolah SDN ................ yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
2.      Kepala UPT ………………. yang telah memberi pengesahan terhadap laporan PTK ini.
3.      Bapak dan Ibu Guru SDN ................ yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
Dan akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
                                                                                                     
                                                                               ......................,    ...................

                                                                                                Penulis




DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................     vi
DAFTAR TABEL..............................................................................................    vii
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................   viii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................     ix

BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah ........................................................       
B.       Rumusan Masalah .................................................................       
C.        Tujuan Penelitian ..................................................................       
D.      Manfaat Penelitian ................................................................       
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................
B.   Kerangka Berpikir .................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.      Jenis Penelitian ......................................................................       
B.       Setting Penelitian dan Sumber Data .....................................       
C.       Tempat dan Waktu Penelitian................................................       
D.      Subjek dan Objek Penelitian .................................................       
E.       Instrumen Penelitian ..............................................................       
F.        Teknik Pengumpulan Data ....................................................       
G.      Teknik Analisis Data .............................................................       
H.      Prosedur Pelaksanaan Tindakan ............................................       
I.         Indikator Keberhasilan...........................................................       

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Tindakan
      1.  Pra Siklus...........................................................................       
      2.  Siklus I ..............................................................................       
      3.  Siklus II.............................................................................       
B.   Pembahasan............................................................................       

BAB      V     KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran.......................................................................................       

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN

DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

3.1    Kriteria Penilaian Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa.....................         
3.2    Kriteria Penilaian Hasil Belajar................................................................         
 4.1   Daftar  Nilai  Tes pada Kegiatan Pra Siklus ...........................................         
 4.2   Rekapitulasi Hasil Observasi Keaktifan Siswa Kegiatan Pra Siklus ......         
 4.3   Daftar  Nilai  Tes pada Kegiatan Siklus Pertama  ..................................         
 4.4   Rekapitulasi Hasil Observasi Keaktifan Siswa Kegiatan Siklus I...........         
 4.5   Daftar  Nilai  Tes pada Kegiatan Siklus Kedua ......................................         
 4.6   Rekapitulasi Hasil Observasi Keaktifan Siswa Kegiatan Siklus Kedua .  
 4.7   Rekapitulasi Peningkatan  Nilai  Tes dan Ketuntasan Belajar Siswa pada Kegiatan Pra Siklus, Siklus Pertama Siklus Kedua .............................................................................         
 4.6   Rekapitulasi Hasil Observasi Keaktifan Siswa Kegiatan Pra Siklus, Siklus Pertama Siklus Kedua     .................................................................................................................
























DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman


2.1    Bagan Kerangka Berfikir.........................................................................         
4.1    Peningkatan  Nilai  Tes dan Ketuntasan Belajar Siswa pada Kegiatan Pra Siklus, Siklus Pertama Siklus Kedua......................................................................................................         
4.2    Peningkatan  Keaktifan Belajar Siswa pada Kegiatan Pra Siklus, Siklus Pertama Siklus Kedua         .................................................................................................................


































DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

1.        Surat Ijin Penelitian
2.        Surat Kesediaan Menjadi Observer
3.        Jurnal Kegiatan Penelitian
4.        Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
5.        Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
6.        Berkas Instrumen Pengumpulan Data
7.        Lembar Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
8.        Daftar Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
9.        Daftar Hadir Peneliti Dan Observer
10.    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
11.    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian





Disesuaikan saja ……………










PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN AKTIFITAS SISWA DALAM PELAJARAN PAI MENGENAI IBADAH SHALAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS III SEMESTER 2 SDN ................ KECAMATAN ................
TAHUN PELAJARAN ................


Oleh :

..............................................
NIP. ...........................

ABSTRAK



Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam materi shalat sehingga prestasi belajar kurang. Masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Apakah media gambar dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar PAI materi shalat?, 2. Apakah penerapan media gambar dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar PAI materi shalat? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode observasi dan wawancara. Dalam analisa data penulis menggunakan reduksi data, display data, kesimpulan sementara dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah minat belajar siswa terhadap mempelajari ibadah shalat di SD Negeri ................ setelah menggunakan media gambar mengalami peningkatan nilai dari pra siklus  sebesar 59,44 menjadi 69,44 pada  siklus pertama  dan 79,44 pada siklus kedua, ketuntasan   dalam pelajaran PAI mengenai ibadah shalat dengan bukti terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari pra siklus  sebesar 22,22% (4 siswa)  menjadi  72,22% (13 siswa)  pada  siklus  dan 100%  pada siklus kedua serta peningkatan keaktifan siswa juga semakin meningkat pada setiap siklusnya  setelah pembelajaran menggunakan media gambar dimana pada keadaan prasiklus hanya 9 siswa (50%) menjadi 14 siswa (77,78%) pada siklus pertama dan 18 siswa (100%) pada siklus kedua.

Kata Kunci : peningkatan, pemahaman, materi shalat, media gambar. 



BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori
1.    Peningkatan Pemahaman Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
a.    Peningkatan pemahaman
1)        Peningkatan
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa peningkatan adalah proses kerja menambah kemampuan (Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa,2001: 1092).
2)        Pemahaman
Definisi dari pemahaman menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah cara kerja memahami (Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2001: 1086). Jadi dapat disimpulkan peningkatan pemahaman adalah proses kerja menambah kemampuan cara memahami.
b.    Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Menurut Wahyudin dkk pendidikan agama Islam adalah suatu program mata ajaran yang wajib secara nasional harus diberikan di sekolah atau perguruan tinggi umum (Wahyudin,2009:103). Dalam upaya membentuk arah pendidikan Islam, pendidikan agama memiliki peranan yang sangat penting. Untuk itulah pendidikan agama wajib diberikan pada semua tuntutan, jenjang dan jenis pendidikan. Pendidikan agama Islam berfungsi untuk menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta membiasakan siswa berakhlak mulia.
Dalam peraktek sehari-­hari orang sering kali mencampur adukan antara pengertian “pengajaran” dan “pendidikan” atau “mengajar” dan “mendidik” agama. Sebenarnya keduanya memiliki pengertian yang berbeda, walaupun terdapat hubungan yang erat. Menurut Sardiman (1 987:52) kalau dilihat dari asal katanya, antara mengajar dan mendidik memiliki arti yang sedikit berbeda. Mengajar itu cenderung kepada penanaman atau penyampaian pengetahuan kepada anak didik, sedangkan mendidik cenderung sebagai upaya pembinaan pribadi, sikap mental dan akhlak anak didik.
Dengan demikian pengajaran agama hanya berorientasi pada penanaman ilmu pengertian agama, bukan jadi orang yang taat beragama. Sedangkan kalau pendidikan agama, orientasinya adalah pembentukan pribadi muslim yang taat, berilmu pengetahuan dan beramal shalih (Zuhaerini, 1 987:27). Adapun rumusan pengerian Pendidikan Agama Islam menurut Zuhaerini (1 987:27) adalah usaha-­usaha secara sistematis dan pragmatis dalam membantu anak didik agar mereka hidup sesuai dengan ajaran Islam.
Kemudian Zakiah Daradjat (1 992:86) mengemukakan tiga pengertian tentang Pendidikan Agama Islam, yaitu:
1.        Pendidikan Agama Islam ialah usaha berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar kelak setelah selesai pendidikan dapat memahami, dan mengamalkan ajaran agama Islam serta menjadikannya sebagai padangan hidup (way of life).
2.        Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan yang dilaksanakan berdasarkan ajaran Islam.
3.        Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan dengan melalui ajaran­ajaran agama Islam, yaitu berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar nantinya selesai dari pendidikannya dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran­ajaran agama Islam yang telah diyakini secara menyeluruh, serta menjadikan ajaran agama Islam itu sebagai suatu pandangan hidup demi keselamatan dan kesejahteraan di dunia dan di akhirat nanti.
Sedangkan menurut rumusan Dirjen Kelembagaan Agama Islam (Depag, 1 994:1 ) Pendidikan Agama Islam diartikan sebagai usaha sadar untuk menyiapkan siswa dalam menyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan agama Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan dengan memperhatikan tuntutan untuk menghormati agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional. Jadi kesimpulannya Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar dari pendidikan terhadap perkembangan fisik dan psikis anak didik sesuai dengan ajaran Islam menuju terbentuknya kepribadian muslim yang utuh.
c.    Faktor yang mempengaruhi kegiatan belajar mengajar
Menurut Notoatmojo sesuai pendapat J.Guilbert (Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP-UPI,2007:171) bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar meliputi :
1)        Materi yang dipelajari
Materi disini adalah bahan pelajaran yang digunakan untuk membentuk sikap, memberikan keterampilan atau pengetahuan. Materi untuk ketiga aspek tersebut substansinya akan berbeda.
2)        Lingkungan
Terdiri dari faktor fisik seperti kondisi tempat belajar, kondisi lingkungan belajar dll. Faktor yang kedua adalah faktor sosial seperti status, dan kedudukan .
3)        Instrumental
Terdiri dari perangkat keras/hardware (perlengakapan belajar dan alat bantu belajar mengajar) dan perangkat lunak/software (kurikulum, fasilitator dan metode mengajar)
4)        Kondisi individu atau subjek belajar
Terdiri dari kondisi fisiologis seperti keadaan fisik, panca indera, pemenuhan gizi, dan kesehatan. Sedangkan kondisi psikologis seperti intelegensi, bakat, sikap, daya kreatifitas, daya tangkap, ingatan dan  motivasi.
d.   Komponen kegiatan belajar mengajar
Kegiatan belajar mengajar mengandung beberapa komponen, diantaranya adalah:
1)        Tujuan Dalam kegiatan belajar mengajar,
Tujuan adalah suatu citacita yang ingin dicapai dalam kegiatannya dan untk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
2)   Bahan Pelajaran
Bahan pelajaran adalah substansi yang akan disampaikan dalam proses belajar mengajar. Tanpa bahan pelajaran, maka proses belajar tidak akan berjalan.
3)   Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan belajar mengajar adalah inti kegiatan dalam pendidikan. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru dan anak didik terlibat dalam sebuah interaksi dengan bahan pelajaran sebagi mediumnya, dalam interaksi itulah, siswa yang lebih aktif dan guru hanya berperan sebagai motivator dan fasilitator.
4)   Guru
Guru harus mengetahui dan mengerti dengan jelas bahan materi yang akan diajarkan. Sehingga waktu menyampaikan pada anak didik tidak menghasilkan informasi yang rancu.
5)   Siswa
Kemampuan siswa berbeda-beda, daya tangkap dan intelegensinya pun berbeda sehingga terkadang penangkapan materi yang disampaikan bisa menghasilkan persepsi yang berbeda pula.
6)   Lingkungan Keadaan
Lingkungan masyarakat mampu mendukung sistem kegiatan belajar mengajar. Keadaan sekolah yang ramai dan tidak tenang akan mengganggu konsentrasi belajar para siswa.
7)   Sarana dan prasarana
Kelengkapan sarana dan prasarana sangat mendukung sistem kegiatan belajar mengajar. Semakin lengkap saran dan prasarana yang dimiliki kegiatan belajar mengajar akan semakin baik karena murid semakin mudah menerima materi pembelajaran dari guru.
8)   Evaluasi
Perlu diadakannya evaluasi bertujuan untuk mengetahui apakah tujuan dari kegiatan belajar sudah terpenuhi.

2.    Materi shalat
a.         Pengertian Salat
Shalat adalah sebagai salah satu ajaran agama islam disyariatkan oleh Allah swt. Dengan cara yang istimewa, yaitu dengan cara memanggil Nabi Muhammad SAW. menghadap kepada-Nya untuk menerima perintah shalat, sebagaimana dikenal dengan peristiwa Israk wa Mi.raj, yakni suatu peristiwa yang yang amat besar terjadi atas diri seorang Nabi, karena itu pantaslah salat dikatakan sebagai satu-satunya ajaran Islam yang disyariatkan Allah dengan cara yang istimewa (Zaini, 1991: 8)
b.        Kedudukan Salat
Shalat bukan saja sebagai salah satu unsur agama islam sebagai amalan-amalan lain, akan tetapi juga shalat adalah amalan yang sangat mempunyai kedudukan sebagai unsur pokok dan tiang agama (Proyek Pembinaan Prasarana dan Sarana Perguruan Tinggi Agama Islam IAIN, 1983).
Menurut Zaini (1991: 8-11) selain salat sebagai tiang agama, shalat juga mempunyai kedudukan tersendiri dalam Islam. Kedudukan dan nilai shalat dalam syariat Islam itu adalah.:
1)        Shalat adalah sebagai salah satu ajaran agama Islam disyariatkan oleh Allah SWT. Dengan cara yang istimewa, yaitu dengan cara memanggil Nabi Muhammad SAW menghadap kepada-Nya untuk menerima perintah shalat, sebagaimana dikenal dengan peristiwa Israk wa Mi‟raj, yakni suatu peristiwa yang yang amat besar terjadi atas diri seorang Nabi, karena itu pantaslah shalat dikatakan sebagai satu-satunya ajaran Islam yang disyariatkan Allah dengan cara yang istimewa.
2)        Shalat adalah sebagai ibadah pokok yang diperintahkan Allah SWT. Kepada Nabi Muhammad SAW dan umatnya, serta satu-satunya ibadah pokok yang diwajibkan Allah suatu ketika Nabi SAW masih berada di Makkah, dari sekian banyak ibadah pokok yang ada dalam ajaran agama Islam, shalatlah yang pertama kali diwajibkan kepada Nabi SAW dan umatnya, ibadahi-badah yang lainnya diwajibkan oleh Allah SWT
3)        Shalat adalah satu-satunya ibadah pokok yang harus dilaksanakan oleh orang-orang yang beriman lima kali sehari semalam, sedangkan ibadah pokok lainnya ada yang diwajibkan hanya sekali dalam satu tahun seperti puasa ramadhan, dan ada pula yang hanya diwajibkan sekali dalam seumur hidup, itupun kalau sanggup, seperti ibadah haji. d. Shalat adalah sebagai pembeda antara orang beriman dan orang kafir. Agama islam sangat membenci dan memberikan ancaman berat terhadap siapa saja yang meninggalkan dan melalaikan shalat, bahkan orang yang yang meninggalakannya disejajarkan dengan orang kafir di akhirat dalam menerima siksaan sebab masing-masing dari mereka telah memutuskan tali ubungan dengan Allah swt. Mengingkarikenikmatan dan anugerah yang telah diberikan dari sisi Nya memilih jalan kezaliman, hidup bersimba dosa dan kemungkaran.
c.         Hikmah Shalat
Di antara hikmah disyariatkan shalat ialah bahwa shalat itu dapat membersihkan diri dan mensucikannya, membiasakan hamba Allah agar senantiasa bermunajat kepada Allah di dunia dan agar bisa hidup di sisi-Nya di akhirat kelak (Al-Hasyimi, 1996: 33).
Allah mewajibkan ibadah Shalat tentu ada hikmah di balik itu semua, dan hikmah itu tentunya diperuntukkan bagi orang-orang yan mengerjakannya. Banyak sekali hikmah yang terkandung di dalam shalat baik yang dihasilkan melalui bacaan maupun gerakan anggota badan, baik untuk kesehatan jasmani (fisik) maupun rohani (Psikis), baik dari kesehatan (ketundukan) sebagai hamba Allah maupun dari segi peribadatan. Salah satu hikmah shalat ialah dapat mencegah diri dari melakukan perbuatan keji dan mungkar, dan masih banyak hikmah-hikmah yang ditimbulkan dari shala sebagaimana banyak diterangkan dalam Al-Quran dan hadits Rasul SAW antara lain:
1)        Mendekatkan Diri Kepada Allah
Mendekatkan diri kepada Allah memang langkah yang bagu adalah dengan melaksanakan shalat. Dengan shalat kita sudah termasuk membangun agama islam artinya sudah termasuk salah satu cara untuk menegakkan agama Allah. Shalat yang dilakukan dengan benar atau melakukannya dengan khusyuk akan menimbulkan kedekatan diri terhadap Allah swt. Shalat yang dimaksud di sini tidak cukup hanya dengan gerakan dan ucapan, akan tetapi batin kita ikut shalat, atau lebih spesifiknya shalat yang bisa membawa kedekatan seorang hamba kepada Allah ialah shalat secara formal atau secara maknawi. Hal ini akan memberi dampak positif pada hamba dan akan membentuk kedekatan diri kepada Allah.
2)        Mencegah dari Sifat Keji dan Mungkar
Apabila manusia meresapi benar-benar makna thaharah dan shalat dari awal sampai akhir, niscaya itu dapat membentuk pikiran dan hatinya dengan sebaik-baiknya. Bacaan shalat yang berisi puji-pujian, pengakuan, pengaduan, doa, dan sebagainya itu merupakan penuntunan ke arah yang kebaikan. Dengan meresapi benar-benar, tidaklah terpikir untuk jahat (Ardani, 2008: 61).
3)        Shalat menimbulkan Jiwa Yang Tenang
Salah satu hikmah shalat ialah bisa menimbulkan ketenangan bagi diri seseorang. Jiwa yang tenang itu merupakan sebuah tingkat lanjutan yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapainya. Pada tingkat ketenangan, seseorang bisa merasa puas pada kehidupan, pekerjaan, dan keluarga. Semakin kita menyelam ke dalam, hati kita menjadi semakin terbuka dan kita mampu menyentuh percikan ilahiah di lubuk hati terdalam. Kalau perjuangan batiniyah telah usai, akhirnya tabir terakhir, yakni rasa keberadaan yang terpisah, menjadi tersingkap, dan tiada sesuatupun yang tertinggal, kecuali sifat ketuhanan Frager, 2000: 299).
4)        Memiliki Sikap Disiplin Dan Tanggung Jawab
Disiplin adalah sikap mentaati persatuan dan tata tertib, sedang disiplin disini dimaksudkan untuk ketepatan waktu dan kekhusyuan seseorang dalam mengerjakan shalat setiap hari, sehari semalam. Panggilan shalat adalah manifestasi dari rasa tanggung jawab manusia sebagai hamba Allah, atas kewajiban yang harus dilaksanakan, shalat yang ditentukan waktunya oleh Allah untuk mengingatkan manusia akan tanggung jawabnya. Waktu-waktu yang telah ditentukan untuk melaksanakan shalat apabila kita perhatikan akan mempunyai makna besar sekali sejak kita bangun di fajar pagi sampai kita akan tidur lagi. Dengan pengaturan waktu shalat, akan membuat dampak atau efek disiplin dalam hidup kita. Waktu diibaratkan seperti pedang, dan waktu itu diibaratkan sebagai uang, tentu amat rugi bagi orang-orang yang tidak dapat mempergunakan waktunya (Ardani, 2008: 64).
5)        Memupuk Rasa Solidaritas, Persatuan dan Kesatuan
Untuk mencapai jiwa persatuan tentulah banyak metode diberikan dalam ajaran Islam, salah satunya adalah shalat. Shalat merupakan bentuk ibadah pertama yang diwajibkan kepada muslim baligh, berakal sehat dan suci dari haid dan nifas (bagi perempuam). Dalam kewajiban ini tidaklah dibedakan antara kewajiban orang berpangkat dengan rakyat jelata, orang kaya dengan orang miskin, orang berpendidikan tinggi dengan orang yang tidak berpendidikan, semua dihukumi wajib shalat, baik dikala sehat maupun dikala sakit, baik dikala ditempat maupun diperjalanan, baik di kala aman bahkan di kala terjadi peperangan wajib mendirikan shalat dengan ketentuan ketentuan tertentu. Dalam ibadah shalat, kesadaran manusia vertikal spiritual dan aksi sosial itu disimbolisasikan dengan ucapan takbir dipermukaan shalat dan diakhiri dengan salam sambil menengok kekanan dan kekiri. Keduanya merupakan bahasa permorfatif dan deklaratif bahwa setiap muslim yang selalu menegakkan perintah shalat baru akan bermakna shalatnya kalau di lanjuti dengan sikap kepedulian sosial secara nyata (Hidayat, 2003: 67).
6)        Melatih Konsentrasi
Shalat yang dilakukan dengan cara yang khusyuk akan melatih konsentrasi pikiran, perasaan, kemauan dan hatinya dipusatkan (dikonsentrasikan) dan berzikir serta berdoá membaca fatihah dan membaca surat serta membaca bacaan shalat. Semuanya dilakukan dengan memusatkan pikiran dan pemahaman serta renungan akan isi, makna dan maksud yang terkandung dalam rangkaian kalimat tersebut (Umam, 1994: 57).
3.    Media Pembelajaran
Media pembelajaran merupakan suatu sarana yang bermanfaat untuk membantu proses komunikasi, sehingga pesan atau informasi dapat diserap dan dihayati oleh peserta didik. Dewasa ini bidang pengajaran secara umum sedikit banyaknya terpengaruh oleh adanya perkembangan dan penemuan-penemuan dalam bidang keterampilan, ilmu dan teknologi.  Pengaruh perkembangan tersebut tampak jelas dalam upaya-upaya pembaharuan sistem pendidikan dan pembelajaran.  Upaya pembaharuan itu menyentuh tidak hanya sarana fisik/fasilitas pendidikan, tapi juga sarana non fisik seperti pengembangan kualitas tenaga-tenaga kependidikan yang memiliki pengetahuan, kemampuan dan keterampilan memanfaatkan fasilitas yang tersedia, cara karya yang inovatif, serta sikap yang positip terhadap tugas yang diembannya.  Salah satu bagian integral dari upaya pembaruan itu adalah media pembelajaran.  (http://www.economic-law.net/teaching.doc)
Media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, ketrampilan, atau sikap. Dalam pengertian ini, guru, buku teks, dan lingkungan sekolah merupakan media. Secara lebih khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.
Media sering diganti dengan istilah mediator yang berarti media menunjukkan fungsi atau perannya, yaitu mengatur hubungan yang efektif antara dua pihak utama dalam proses belajar siswa dan isi pelajaran. Di samping itu mediator dapat pula mencerminkan pengertian bahwa setiap sistem pengajaran yang melakukan peran mediasi, mulai dari guru sampai kepada peralatan paling canggih, dapat disebut media. Ringkasnya, media alat-alat yang menyampaikan atau mengantarkan pesan-pesan pengajaaran.
Dengan demikian dapat dipahami bahwa media sebagai alat bantu sebagai perantara yang mengantar informasi antara sumber dan penerima. Jadi, televisi, film, foto, radio, rekaman audio, gambar yang diproyeksikan, bahan-bahan cetakan, dan sejenisnya adalah media komunikasi. (http://media.diknas.go.id/media/document/5531.pdf
4.    Media Gambar
a.    Pengertian  Media
Briggs berpendapat bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menqyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar (Arief S. Sadiman dkk,2010:457). Sedangkan pengertian media menurut Depdikbud bahwa media adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar yang berfungsi memperjelas makna pesan yang disampaikan sehingga tujuan pengajaran dapat tercapai dengan lebih baik, lebih sempurna. 7 Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa media adalah alat yang menyajikan pesan yang dapat membantu proses belajar mengajar untuk memperjelas makna.
b.    Gambar
Menurut Oemar Hamalik gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual dalam bentuk dua dimensi sebagai curahan perasaan atau pikiran (Arief,2010: 329). Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia gambar adalah tiruan barang (orang, binatang, tumbuhan ) yang dibuat dengan coretan pensil  pada kertas  (Arief,2010:329). Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa gambar adalah tiruan benda yang diproyeksikan secara visual yang dibuat dengan coretan dalam suatu media.
Gambar menurut  pengertian Jean Pieget (dalam Abim Syamsudin, 2003:50) adalah suatu media visual yang tidak bergerak, akan tetapi mampu memberikan informasi kepada setiap orang yang melihat. Sedangkan jika gambar tersebut berhubungan dengan gambar lain dan berurutan (berseri) maka bisa dikatakan bahwa suatu media visual yang seolah-olah bergerak memberikan informasi secara sistematis dan berurutan menghasilkan suatu cerita yang utuh.
Media gambar adalah perwujudan lambang dari hasil peniruan-peniruan benda-benda, pemandangan, curahan pikir atau ide-ide yang di visualisasikan kedalam bentuk dua dimensi. Pemanfaatan media pembelajaran ada dalam komponen metode mengajar sebagai salah satu upaya untuk mempertinggi proses interaksi guru-siswa dan interaksi siswa dengan lingkungan belajarnya. Oleh sebab itu fungsi utama dari media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar, yakni menunjang penggunaan metode mengajar yang dipergunakan guru.
Melalui penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat mempertinggi kualitas proses belajar-mengajar yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kualitas hasil belajar siswa.Pada anak usia dini akan lebih mudah dipahami jika menggunakan obyek-obyek kongkret dan anak terlibat langsung di dalamnya. Hal ini mengisyaratkan kepada guru untuk mampu mengeksploitasi sumber daya yang ada untuk dijadikan sumber dan alat bantu dalam pembelajaran dan mampu merancang pembelajaran yang dapat melibatkan anak secara aktif.
Peraga adalah media jadi dalam bentuk mentah (aslinya) yang digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai suatu proses atau tata cara melakukan sesuatu. Jenis pengenalan keterampilan tentunya tidak dapat hanya dilakukan dengan diskusi, melainkan dengan memperlihatkan secara langsung bagaimana cara kerjanya. Selaku peraga bisa narasumbernya terlebih dahulu, kemudian diulangi oleh peserta yang mau mencoba. Kelemahannya, tidak semua peserta melakukan (mencoba) sehingga tidak bisa mencapai penguasaan keterampilan tersebut. Tapi, paling tidak tahu bagaimana cara melakukannya
c.    Syarat Pemilihan Media Gambar
Untuk memilih gambar yang naik untuk mencapai keberhasilan proses belajar mengajar secara maksimal maka haruslah diperhatikan syarat-syarat pemilihannya sebagai berikut:
a.    Autentik Gambar tersebut harus secara jujur melukiskan situasi seperti kalau orang melihat benda sebenarnya.
b.    Sederhana Komposisi gambar hendaknya cukup jelas menunjukkan poin-poin pokok dalam gambar.
c.    Ukuran Gambar dapat membesarkan atau memperkecil objek sebenarnya. Apabila objek tersebut belum dikenal atau pernah dilihat anak maka sulit membayangkan berapa besar benda atau objek tersebut.
d.   Gambar sebaiknya mengandung gerak atau perbuatan Gambar yang baik tidaklah menunjukkan objek dalam keadaan diam tetapi memperlihatkan aktifitas tertentu.
e.    Gambar yang bagus belum tentu baik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Walaupun dari segi mutu kurang, gambar karya siswa sendiri sering kali lebih baik.
f.     Tidak setiap gambar yang bagus merupakan media yang bagus. Sebagai media yang baik, gambar hendaknya bagus dari sudut seni dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai (Arief,2010:29).
d.   Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Media Gambar
a.    Kelebihan Media Gambar
1)   Sifatnya konkret Gambar atau foto lebih realistis menunjukkan pokok masalah dibandingkan dengan media verbal semata.
2)   Gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu Tidak semua benda, objek atau peristiwa dapat dibawa ke kelas, dan tidak selalu bisa anak-anak dibawa ke objek atau peristiwa tersebut. Gambar atau foto dapat mengatasi hal tersebut.
3)    Media gambar atau foto dapat mengatasi keterbatasan pengamatan. Sel atau penampang daun tidak mungkin kita lihat dengan mata telanjang, dapat disajikan dengan jelas dalam bentuk gambar atau foto.
4)   Gambar atau foto dapat memperjelas suatu masalah, dalam bidang apa saja sehingga dapat mencegah atau membetulkan kesalahpahaman.
5)   Gambar atau foto harganya lebih murah dan mudah didapat serta digunakan, tanpa memerlukan peralatan khusus
b.    Kekurangan Media Gambar
Menurut Arif dkk (Arief,2010:31) media memiliki kekurangan diantaranya adalah:
1)        Gambar atau foto hanya menekankan persepsi indera mata.
2)        Gambar atau foto benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
3)        Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar.
e.    Kegunaan Media Gambar dalam Pendidikan
Secara umum media gambar mempunyai kegunaan sebagai berikut:
a.    Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan)
b.    Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, seperti :
1)        Objek terlalu besar
2)        Objek yang kecil
3)        Kejadian atau peristiwa yang terjadi dimasa lalu.
4)        Objek yang terlalu komplek, seperti mesin.
5)        Konsep yang terlalu luas seperti gunung merapi.
c.    Penggunaan media gambar secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik. Dalam hal ini media gambar berguna untuk :
1)        Menimbulkan kegairahan belajar.
2)        Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan.
3)        Memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
d.   Dengan sifat yang unik pada setiap pada setiap siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan kurikulum dan materi pendidikan disamakan setiap siswa maka guru mengalami banyak kesulitan. Masalah inid dapat diatasi dengan media gambar, yaitu dengan kemampuan dalam:
1)        Memberikan perangsang yang sama
2)        Mempersamakan pengalaman
3)        Menimbulkan persepsi yang sama
f.     Aplikasi Media Gambar
Hasil penelitian secara nyata membuktikan bahwa penggunaan media sangat membantu aktifitas proses belajar mengajar di kelas, terutama peningkatan prestasi belajar siswa. Terbatasnya alat-alat teknologi pendidikan yang dipakai di kelas diduga merupakan salah satu sebab lemahnya mutu studi siswa pada umumnya. Tuntutan masyarakat yang makin besar terhadap pendidikan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat pendidikan tidak mungkin lagi dikelola hanya dengan melalui pola yang terdahulu. Revolusi ilmu pengetahuan dan teknologi, perubahan masyarakat, pemahaman cara anak belajar, kemajuan media pendidikan memberi arti tersendiri bagi kegiatan belajar mengajar dan tuntutan ini pulalah yang membuat kebijaksanaan untuk memanfaatkan media pendidikan ( Danim:1995:2).
g.    Penggunaan Media Gambar dalam Proses Pembelajaran
Penggunaan media gambar pada proses pembelajaran prinsipnya adalah sebuah proses komunikasi, yakni proses penyampaian pesan yang diciptakan melalui suatu kegiatan penyampaian dan tukar menukar pesan atau informasi antara gambar yang disajikan dengan persepsi siswa terhadap gambar yang disajikan. Pesan atau informasi dapat berupa pengetahuan, keahlian, ide pengalaman dan sebagainya.
Agar proses belajar mengajar dapat berhasil dengan baik, pada sebaiknya diajak untuk memanfaatkan semua alat inderanya. Pengajar berupaya menampilkan rangsangan (stimulus) yang dapat di proses dengan berbagai indera.  Semakin banyak alat indera yang digunakan untuk menerima dan mengolah informasi semakin besar kemungkinan informasi tersebut dimengerti dan dapat dipertahankan dalam ingatan.  Dengan demikian, mahasiswa diharapkan akan dapat menerima dan menyerap dengan mudah dan  baik pesan-pesan dalam materi yang disajikan. 
Belajar dengan menggunakan indera ganda  pandang dan dengar akan memberikan keuntungan bagi siswa. Siswa akan belajar lebih banyak daripada jika materi pelajaran disajikan hanya dengan stimulus pandang atau hanya dengan stimulus dengar.  Para ahli memiliki pandangan yang searah mengenai hal itu. Perbandingan pemerolehan hasil belajar melalui indera pandang dan indera dengar sangat menonjol perbedaannya. 
Sebaiknya setiap gambar bisa diceritakan menyambung dengan gambar lain tanpa harus ada patokan urutan yang kaku. Hal ini  dimaksudkan untuk meningkatkan peluang keterlibatan peserta dalam bentuk diskusi kelompok. Setiap kelompok dapat menyimpulkan isi cerita yang terdapat pada gambar secara berbeda dan mengembangkan isi cerita sesuai gagasannya masing-masing. Hal ini menyebabkan penggunaan media gambar biasanya tidak memuat tulisan (teks) karena cerita akan berkembang dari peserta sendiri sesuai tingkat pemahaman dan persepsi siswa terhadap gambar yang disajikan.
B.  Peningkatan Pemahaman Pelaksanaan Belajar Mengajar Materi Shalat Melalui Media Gambar.
Sebagai pembawa pesan, media tidak hanya digunakan oleh guru yang lebih penting lagi dapat digunakan oleh siswa. Oleh karena itu, sebagai penyaji dan penyalur pesan dalam hal-hal tertentu media dapat menyampaikan materi pembelajaran secara lebih teliti, jelas dan menarik. Media sebagai alah satu sumber belajar yang dapat menyalurkan pesan sehingga membantu mengatasi kesulitan penyampaian materi pembelajaran. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan apa yang diharapkan, guru harus memilih, menciptakan, merancang, menguji dan menggunakan media belajar yang tepat dengan cara yang tepat pula. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan pada unsur-unsur tersebut, maka tidak akan diperoleh hasil belajar yang maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan. Berdasarkan teori-teori sebelumnya, dapat diartikan bahwa media gambar akan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa jika didukung dengan langkah pemilihan dan penerapan yang sesuai. Pemilihan dan penerapan media gambar yang tepat mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Materi shalat kelas III semester satu membahas tentang menghafal dan melakukan gerakan shalat dengan benar. Biasanya materi gerakan shalat dipelajari hanya dengan melihat dan meniru demonstrasi guru atau siswa model. Langkah ini dirasa kurang begitu efektif karena hanya sebagian siswa yang dapat melihat demonstrasi dengan jelas. Dengan menggunakan media gambar, masing-masing siswa dapat melihat gambar gerakan dengan jelas. Adapun langkah-langkah penggunaan media gambar dalam pelaksanaan belajar mengajar materi shalat adalah sebagai berikut:
1.    Guru menyiapkan beberapa gambar yang berisi tata cara shalat.
2.    Menjelaskan kepada siswa media yang akan digunakan dalam pelaksanaan belajar mengajar.
3.    Setiap murid mendapatkan satu lembar gambar.
4.    Menjelaskan materi sholat dengan media gambar kepada para siswa.
5.    Menyimpulkan bersama dengan para siswa tentang materi sholat.

C.  Kerangka Pikir
Di dalam proses belajar mengajar sebagai seorang guru PAI dalam mendidik siswanya agar mencapai tujuan yang diinginkan tidaklah mudah. Ada beberapa permasalahan yang biasa dihadapi oleh guru dalam proses belajar mengajar PAI.  Sebagaimana dari beberapa permasalahan yang dihadapi selama ini di SD Negeri ................ terdapat kendala yang menyebabkan motivasi belajar PAI pada siswa kelas III menjadi kurang. Mengingat waktu yang tersedia untuk menerima pengajaran PAI sangat terbatas, yaitu hanya 2 jam saja dalam seminggu, sedangkan materi yang harus diberikan banyak
Sebagai guru yang mengajar PAI, harus dapat menyampaikan materi dengan tepat dan baik. Materi harus dikemas sedemikian rupa, serta menyederhanakan materi yang terlalu sulit dan banyak. Apalagi mengingat kemampuan awal yang dimiliki masing-masing siswa berbeda satu sama lainnya, sehingga pengaruhnya besar sekali terhadap kemampuan memaahami materi yang disajikan. Selain itu siswa diberikan tugas-tugas baik tugas yang dikerjakan di kelas maupun tugas-tugas untuk dikerjakan di rumah, menumbuhkan semangat pada diri siswa agar senang terhadap pelajaran PAI, , disamping itu guru juga memberikan nasehat-nasehat yang baik kepada siswa agar melaksanakan segala macam ibadah sesuai dengan hukum-hukum yang berlaku dalam ajaran agama Islam.
Belajar dengan menggunakan indera ganda  pandang dan dengar akan memberikan keuntungan bagi siswa. Siswa akan belajar lebih banyak daripada jika materi pelajaran disajikan hanya dengan stimulus pandang atau hanya dengan stimulus dengar.  Para ahli memiliki pandangan yang searah mengenai hal itu. Perbandingan pemerolehan hasil belajar melalui indera pandang dan indera dengar sangat menonjol perbedaannya. 
Sebaiknya setiap gambar bisa diceritakan menyambung dengan gambar lain tanpa harus ada patokan urutan yang kaku. Hal ini  dimaksudkan untuk meningkatkan peluang keterlibatan peserta dalam bentuk diskusi kelompok. Setiap kelompok dapat menyimpulkan isi cerita yang terdapat pada gambar secara berbeda dan mengembangkan isi cerita sesuai gagasannya masing-masing. Hal ini menyebabkan penggunaan media gambar biasanya tidak memuat tulisan (teks) karena cerita akan berkembang dari peserta sendiri sesuai tingkat pemahaman dan persepsi siswa terhadap gambar yang disajikan.
Bagan kerangka pikir pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media gambar sebagaimana dijelaskan di bawah ini.





D.  Hipotesis Penelitian
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan pemahaman dan aktifitas belajar anak khususnya pada materi shalat pada siswa kelas III SDN ................ Kecamatan ................ Tahun Pelajaran …. /…..




bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.