Lencana Facebook

banner image

Wednesday 13 August 2014

PTK KEPALA SEKOLAH







LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN BUTIR SOAL TES ULANGAN HARIAN DI SD NEGERI ...........................................
KECAMATAN ......................


Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat
............................... dst disesuaikan





Oleh :

………………………………………..





SEKOLAH DASAR NEGERI ............
KECAMATAN ............
............



KATA PENGANTAR

            Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, kami telah dapat  menyelesaikan penyusunan PTS (Penelitian Tindakan Sekolah) SDN ............ Kecamatan ............ ............. Masalah yang kami angkat berjudul  “PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN BUTIR SOAL TES ULANGAN HARIAN DI SD NEGERI ...........................................
KECAMATAN ......................”.
            Dalam penyusunan PTS ini tentu saja tidak terlepas  dari kerja sama tim penyusun dan bantuan semua guru yang ada di lingkungan SDN ............ Kecamatan ............ ............. Kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian PTS ini kami sangat menghargai dan kami ucapkan terimakasih. Kami menyadari PTS yang kami susun ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karenanya sangat kami harapkan kritik dan koreksi dari  para pembaca maupun pihak yang terkait untuk  perbaikan penyusunan PTS  di masa mendatang.
            Sebagai akhir kata, kami berharap dengan penyusunan PTS ini  bisa bermanfaat  untuk  mengevaluasi masalah yang kami hadapi dan mencari jalan penyelesaian yang terbaik dan terprogram, yang pada gilirannya bisa berimbas pada peningkatan mutu pendidikan  di SDN ............ Kecamatan ............ .............
                                                                                        
............,     ............
Penulis









LEMBAR PENGESAHAN


1.
Judul Penelitian
PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN BUTIR SOAL TES ULANGAN HARIAN DI SD NEGERI ...........................................
KECAMATAN ......................
2.
Identitas Peneliti
a.    Nama Lengkap
b.   NIP
c.    Pangkat. Golongan
d.   Tempat Tugas
e.    Kabupaten/Kota
f.    Provinsi
g.   Alamat Kantor
h.   Telepon

3.
Lama Penelitian

4.
Sumber Dana
Swadaya




Catt :
Untuk lembar pengesahan yang bertanda tangan disesuaikan dengan kondisi setempat













ABSTRAK

…………………………………………
NIP. ………………..

Rendahnya kemampuan guru dalam menyusun alat evaluasi merupakan hal yang sangat penting dan harus mendapat perhatian yang serius. Kenyataan yang ada di sekolah masih banyak pendidik yang menganggap bahwa evaluasi merupakan kegiatan rutin. Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis dan tindak lanjut pembelajaran diyakini sebagai tugas pokoknya tetapi belumdilakukan sesuai prosedur yang baik, sehingga terkesan kurang berkesinambungan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kompetensi guru di SDN ………………… dalam menyusun butir soal tes ulangan harian melalui kegiatan diskusi kelompok. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru terutama guru di SDN ……….. dalam menyusun butir soal tes ulangan harian, dan membiasakan guru terutama guru di SDN ………. dalam menyusun butir soal tes ulangan harian. Subjek penelitian dalam pelaksanaan penelitian tindakan sekolah ini adalah semua guru kelas SD Negeri …………….. Kecamatan ……………. Kabupaten …………. Pada tahun pelajaran ……/……. Teknik  pengumpulan  data dalam penelitian ini  adalah  wawancara,   observasi, dan  dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif  teknik persentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator kesiapan perangkat menyusun soal tes yang harus dipersiapkan guru sebagai langkah awal dalam menyusun soal tes yang terdiri dari silabus, RPP, buku pegangan guru dan siswa serta kisi-kisi soal, hasil penilaian meningkat dari 53,33, menjadi 65,83 dan pada siklus kedua menjadi 77,50
Pada indikator validasi teoritik per kompetensi dasar (KD), dengan kegiatan melakukan penilaian terhadap penyusunan soal dengan mempertimbangkan tiap butir soal dengan KD yang terdapat pada silabus, hasil penilaian menunjukkan angka 42,67 pada kondisi awal, menjadi 62,67 pada siklus pertama dan 84,00 pada siklus kedua. Pada indikator Pencapaian Parameter dalam Menyusun Soal Tes, dengan kegiatan melakukan penilaian terhadap kemampuan guru dalam membuat soal dengan paramater sebanyak 50 soal dengan 4 option, hasil penilaian meningkat dari 34,17 menjadi 44,17 dan 50,00 pada akhir siklus kedua.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari ke tiga aspek penilaian di atas, semua perolehan hasil pada siklus kedua telah memenuhi kriteria keberhasilan, sehingga pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan di SDN ………….. dinyatakan tuntas dam berhasil pada siklus kedua.

Kata Kunci : diskusi kelompok, kinerja, butir soal





DAFTAR ISI

Halaman Judul.....................................................................................................      
Halaman Pengesahan...........................................................................................      
Kata Pengantar....................................................................................................      
Daftar Isi..............................................................................................................      
Abstrak................................................................................................................      

BAB    I     PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang.............................................................................      
C.  Pembatasan Masalah....................................................................      
D.  Rumusan Masalah........................................................................      
E.   Tujuan Penelitian.........................................................................      

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA
A.    Kajian Teori.................................................................................      
B.     Kerangka Pikir.............................................................................      
C.     Hipotesis Tindakan .....................................................................      

BAB    III METODE PENELITIAN           
A.    Setting Penelitian
B.     Teknik dan Alat Pengumpulan Data
C.     Prosedur Penelitian
D.    Metode Analisis Data
E.     Indikator Keberhasilan 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian............................................................................      
B.  Pembahasan  Hasil Penelitian......................................................      

KESIMPULAN DAN SARAN                    
A.  Kesimpulan .................................................................................      
B.  Saran ...........................................................................................      

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN









DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                           Halaman
Tabel      3.1    Rekapitulasi  Hasil Observasi Kesiapan Perangkat Menyusun Soal Tes                   
Tabel      3.2    Penilaian Profesional dan Validasi Teoritik Per KD .............            
Tabel      3.3    Peningkatan Pencapaian Parameter dalam Menyusun Soal Tes                    
Tabel      4.1    Rekapitulasi  Hasil Observasi Kesiapan Perangkat Menyusun Soal Tes pada Kondisi Awal...............................................................................................
Tabel      4.2    Rekapitulasi  Penilaian Validasi Teoritik Per KD pada Kondisi Awal          
Tabel      4.3    Rekapitulasi  Peningkatan Pencapaian Parameter dalam Menyusun Soal Tes pada Kondisi Awal......................................................................................

Tabel      4.4    Rekapitulasi  Hasil Observasi Kesiapan Perangkat Menyusun Soal Tes pada Siklus I         
Tabel      4.5    Rekapitulasi  Penilaian Validasi Teoritik Per KD pada Siklus I        
Tabel      4.6    Rekapitulasi  Peningkatan Pencapaian Parameter dalam Menyusun Soal Tes pada Siklus I 

Tabel      4.7    Rekapitulasi  Hasil Observasi Kesiapan Perangkat Menyusun Soal Tes pada Siklus II        
Tabel      4.8    Rekapitulasi  Penilaian Validasi Teoritik Per KD pada Siklus II      
Tabel      4.9    Rekapitulasi  Peningkatan Pencapaian Parameter dalam Menyusun Soal Tes pada Siklus II...............................................................................................
Tabel      4.10  Rekapitulasi Peningkatan Hasil Observasi Kesiapan Perangkat Menyusun Soal Tes dari Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II.....................................            
Tabel      4.11  Rekapitulasi Hasil Validasi Teoritik Per Kompetensi Dasar (KD) dari Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II..........................................................................            
Tabel      4.12  Rekapitulasi Hasil Pencapaian Parameter dalam Menyusun Soal Tes dari Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II........................................................................            




DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                      Halaman
Gambar  4.1    Peningkatan Hasil Observasi Kesiapan Perangkat Menyusun Soal Tes dari Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II.............................................................            
Gambar  4.2    Peningkatan Hasil Validasi Teoritik Per Kompetensi Dasar (KD) dari Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II..........................................................................            
Gambar  4.3    Peningkatan Hasil Pencapaian Parameter dalam Menyusun Soal Tes dari Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II........................................................................