LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM
MENYUSUN BUTIR SOAL TES ULANGAN HARIAN DI SD NEGERI
...........................................
KECAMATAN ......................
Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan
Kenaikan Pangkat
............................... dst disesuaikan
Oleh :
………………………………………..
SEKOLAH DASAR NEGERI ............
KECAMATAN ............
............
KATA
PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, kami telah dapat
menyelesaikan penyusunan PTS (Penelitian Tindakan Sekolah) SDN ............
Kecamatan ............ ............. Masalah yang kami angkat berjudul “PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK SEBAGAI
UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN BUTIR SOAL TES ULANGAN HARIAN DI
SD NEGERI ...........................................
KECAMATAN
......................”.
Dalam penyusunan PTS ini tentu saja
tidak terlepas dari kerja sama tim
penyusun dan bantuan semua guru yang ada di lingkungan SDN ............
Kecamatan ............ ............. Kepada semua pihak yang telah membantu
penyelesaian PTS ini kami sangat menghargai dan kami ucapkan terimakasih. Kami
menyadari PTS yang kami susun ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh
karenanya sangat kami harapkan kritik dan koreksi dari para pembaca maupun pihak yang terkait
untuk perbaikan penyusunan PTS di masa mendatang.
Sebagai akhir kata, kami berharap
dengan penyusunan PTS ini bisa
bermanfaat untuk mengevaluasi masalah yang kami hadapi dan
mencari jalan penyelesaian yang terbaik dan terprogram, yang pada gilirannya
bisa berimbas pada peningkatan mutu pendidikan
di SDN ............ Kecamatan ............ .............
............, ............
Penulis
LEMBAR PENGESAHAN
1.
|
Judul Penelitian
|
PENERAPAN METODE DISKUSI
KELOMPOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN BUTIR SOAL
TES ULANGAN HARIAN DI SD NEGERI ...........................................
KECAMATAN
......................
|
2.
|
Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap
b. NIP
c. Pangkat. Golongan
d. Tempat Tugas
e. Kabupaten/Kota
f. Provinsi
g. Alamat Kantor
h. Telepon
|
|
3.
|
Lama Penelitian
|
|
4.
|
Sumber Dana
|
Swadaya
|
Catt :
Untuk lembar pengesahan yang bertanda tangan disesuaikan dengan kondisi
setempat
ABSTRAK
…………………………………………
NIP. ………………..
Rendahnya kemampuan guru dalam menyusun alat
evaluasi merupakan hal yang sangat penting dan harus mendapat perhatian yang
serius. Kenyataan yang ada di sekolah masih banyak pendidik yang menganggap
bahwa evaluasi merupakan kegiatan rutin. Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi,
analisis dan tindak lanjut pembelajaran diyakini sebagai tugas pokoknya tetapi
belumdilakukan sesuai prosedur yang baik, sehingga terkesan kurang
berkesinambungan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana
meningkatkan kompetensi guru di SDN ………………… dalam menyusun butir soal tes
ulangan harian melalui kegiatan diskusi kelompok. Tujuannya adalah untuk meningkatkan
kompetensi guru terutama guru di SDN ……….. dalam menyusun butir soal tes ulangan harian, dan membiasakan guru
terutama guru di SDN ………. dalam
menyusun butir soal tes ulangan harian. Subjek penelitian dalam
pelaksanaan penelitian tindakan sekolah ini adalah semua guru kelas SD Negeri
…………….. Kecamatan ……………. Kabupaten …………. Pada tahun pelajaran ……/……. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini
adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif teknik persentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada
indikator kesiapan perangkat menyusun soal tes yang harus dipersiapkan guru
sebagai langkah awal dalam menyusun soal tes yang terdiri dari silabus, RPP,
buku pegangan guru dan siswa serta kisi-kisi soal, hasil penilaian meningkat
dari 53,33, menjadi 65,83 dan pada siklus kedua menjadi 77,50
Pada indikator validasi teoritik per kompetensi
dasar (KD), dengan kegiatan melakukan penilaian terhadap penyusunan soal dengan
mempertimbangkan tiap butir soal dengan KD yang terdapat pada silabus, hasil
penilaian menunjukkan angka 42,67 pada kondisi awal, menjadi 62,67 pada
siklus pertama dan 84,00 pada siklus kedua. Pada indikator Pencapaian Parameter dalam Menyusun Soal Tes, dengan
kegiatan melakukan penilaian terhadap kemampuan guru dalam membuat soal dengan
paramater sebanyak 50 soal dengan 4 option, hasil penilaian meningkat dari
34,17 menjadi 44,17 dan 50,00 pada akhir siklus kedua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari ke tiga aspek penilaian di atas,
semua perolehan hasil pada siklus kedua telah memenuhi kriteria keberhasilan,
sehingga pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan di
SDN ………….. dinyatakan tuntas dam berhasil pada siklus kedua.
Kata Kunci : diskusi kelompok, kinerja, butir soal
DAFTAR ISI
Halaman Judul.....................................................................................................
Halaman Pengesahan...........................................................................................
Kata Pengantar....................................................................................................
Daftar Isi..............................................................................................................
Abstrak................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang.............................................................................
C. Pembatasan
Masalah....................................................................
D. Rumusan
Masalah........................................................................
E. Tujuan
Penelitian.........................................................................
BAB II KAJIAN
PUSTAKA
A. Kajian Teori.................................................................................
B. Kerangka Pikir.............................................................................
C. Hipotesis Tindakan .....................................................................
BAB III METODE
PENELITIAN
A. Setting Penelitian
B. Teknik dan Alat Pengumpulan Data
C. Prosedur Penelitian
D. Metode Analisis Data
E. Indikator Keberhasilan
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil
Penelitian............................................................................
B. Pembahasan Hasil Penelitian......................................................
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
.................................................................................
B. Saran ...........................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel 3.1 Rekapitulasi
Hasil Observasi Kesiapan Perangkat Menyusun Soal Tes
Tabel 3.2 Penilaian Profesional dan Validasi Teoritik
Per KD .............
Tabel 3.3 Peningkatan Pencapaian Parameter dalam
Menyusun Soal Tes
Tabel 4.1 Rekapitulasi Hasil Observasi
Kesiapan Perangkat Menyusun Soal Tes pada Kondisi Awal...............................................................................................
Tabel 4.2 Rekapitulasi Penilaian Validasi
Teoritik Per KD pada Kondisi Awal
Tabel 4.3 Rekapitulasi Peningkatan
Pencapaian Parameter dalam Menyusun Soal Tes pada Kondisi Awal......................................................................................
Tabel 4.4 Rekapitulasi Hasil Observasi
Kesiapan Perangkat Menyusun Soal Tes pada Siklus I
Tabel 4.5 Rekapitulasi Penilaian Validasi
Teoritik Per KD pada Siklus I
Tabel 4.6 Rekapitulasi Peningkatan
Pencapaian Parameter dalam Menyusun Soal Tes pada Siklus I
Tabel 4.7 Rekapitulasi Hasil Observasi
Kesiapan Perangkat Menyusun Soal Tes pada Siklus II
Tabel 4.8 Rekapitulasi Penilaian Validasi
Teoritik Per KD pada Siklus II
Tabel 4.9 Rekapitulasi Peningkatan
Pencapaian Parameter dalam Menyusun Soal Tes pada Siklus II...............................................................................................
Tabel 4.10 Rekapitulasi Peningkatan Hasil Observasi
Kesiapan Perangkat Menyusun Soal Tes dari Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II.....................................
Tabel 4.11 Rekapitulasi Hasil Validasi Teoritik Per
Kompetensi Dasar (KD) dari Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II..........................................................................
Tabel 4.12 Rekapitulasi Hasil Pencapaian Parameter dalam
Menyusun Soal Tes dari Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II........................................................................
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
Gambar 4.1 Peningkatan Hasil Observasi Kesiapan Perangkat Menyusun Soal Tes dari
Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II.............................................................
Gambar 4.2 Peningkatan Hasil Validasi Teoritik Per Kompetensi Dasar (KD) dari Kondisi
Awal, Siklus I dan Siklus II..........................................................................
Gambar 4.3 Peningkatan Hasil Pencapaian Parameter dalam Menyusun Soal Tes dari
Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II........................................................................