BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Hasil Penelitian
Hasil perbaikan pembelajaran yang
dilakukan di kelas IV SDN ....... 03 UPT Disdikpora Kecamatan ............... Kabupaten ............... pada pembelajaran matematika materi hitung
pecahan dalam tiga siklus perbaikan
pembelajaran melalui penerapan metode problem
solving menunjukkan hasil yang maksimal.
a. Siklus I
1) Data Hasil Perencanaan
Berdasarkan rumusan hipotesis yang telah dibuat
peneliti menyiapkan dan menetapkan Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP), membuat
lembar kerja, menyiapkan alat peraga, membuat alat tes (soal-soal evaluasi). Langkah
selanjutnya peneliti dan observer menyepakati fokus observasi dan kriteria yang
digunakan dalam dua kali pertemuan. Sebelumnya peneliti bersama-sama
dengan observer mengadakan simulasi terhadap pelaksanaan pembelajaran yang akan
dilakukan untuk mengantisipasi adanya kegagalan pada saat pelaksanaan.
2) Data Hasil Pelaksanaan Tindakan
Hasil pelaksanaan tindakan pada pembelajaran matematika materi hitung pecahan dengan menerapkan metode problem solving sebagaimana
tabel di bawah ini :
Tabel
4.1 Rekapitulasi Nilai Tes Formatif
Pembelajaran Matematika Materi Hitung Pecahan
No
|
Nama Siswa
|
Studi Awal (Nilai)
|
Nilai
|
Kriteria Ketuntasan
|
Ket
|
Siklus I
|
|||||
1
|
Lusiyati
|
50
|
60
|
B
|
|
2
|
Siska D.A
|
60
|
70
|
T
|
|
3
|
Dendi
|
50
|
60
|
B
|
|
4
|
Putri
|
70
|
70
|
T
|
|
5
|
Kusworo
|
40
|
50
|
B
|
|
6
|
Sarinto
|
70
|
70
|
T
|
|
7
|
Ana lndriyani
|
60
|
70
|
T
|
|
8
|
Asep Aji S.
|
60
|
70
|
T
|
|
No
|
Nama Siswa
|
Studi Awal (Nilai)
|
Nilai
|
Kriteria Ketuntasan
|
Ket
|
Siklus I
|
|||||
9
|
Cindi Ajeng Tri Cahya
|
50
|
60
|
B
|
|
10
|
Delfi Widya S.
|
50
|
50
|
B
|
|
11
|
Devita Etika Putri
|
60
|
70
|
T
|
|
12
|
Dini Septiana
|
50
|
60
|
B
|
|
13
|
I Fajar Guritno
|
50
|
60
|
B
|
|
14
|
Galih Indra Kusuma
|
60
|
70
|
T
|
|
15
|
Intan Adelia Nissa
|
70
|
70
|
T
|
|
16
|
Kiki Merliana
|
60
|
70
|
T
|
|
17
|
Lukman Hakim
|
70
|
70
|
T
|
|
18
|
Lusi Wiwit N
|
40
|
50
|
B
|
|
19
|
Marga Prajaya
|
50
|
60
|
B
|
|
20
|
Nuni Aisyah
|
70
|
70
|
T
|
|
21
|
Rani Fita K.
|
50
|
60
|
B
|
|
22
|
Riko K.S
|
50
|
60
|
B
|
|
23
|
Rizki Setiawan
|
40
|
50
|
B
|
|
24
|
Rohayati
|
60
|
70
|
T
|
|
25
|
Shofiyah
|
50
|
60
|
B
|
|
26
|
Vendi H
|
60
|
70
|
T
|
|
27
|
Vita OP
|
70
|
70
|
T
|
|
28
|
Widia Alifia S
|
40
|
40
|
B
|
|
29
|
Widia Rameli
|
60
|
70
|
T
|
|
30
|
Windia M
|
50
|
60
|
B
|
|
Jumlah
|
1.670
|
1.890
|
15
|
||
Rata-Rata
|
55,67
|
63,00
|
50,00
|
Keterangan :
B :
BelumTuntas
T :
Tuntas
KKM : 64
Dari tabel 4.1
tentang Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika
materi hitung pecahan di atas dapat diterangkan sebagai berikut:
a)
Sebelum perbaikan nilai rata-rata kelas 55,67
setelah dilakukan perbaikan mengalami kenaikan menjadi 63,00. Rata-rata kelas
naik 7,33.
b)
Jumlah siswa yang telah mencapai tingkat
ketuntasan belajar 15 siswa (50%).
Melihat
hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer sepakat untuk
melaksanakan perbaikan pembelajaran pada siklus II, karena nilai rata-rata hasil belajar baru mencapai angka 63,00 yang berarti masih berada di bawah KKM sebesar
64,00 sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dan tingkat
ketuntasan belajar baru 50,00%. Hal ini menunjukkan ketuntasan belajar belum mencapai 75% dari jumlah seluruh siswa sesuai dengan
kriteria keberhasilan yang telah ditentukan
3) Data
Hasil Pengamatan
Pada tahap
pengamatan mengenai keaktifan siswa pada pembelajaran matematika
materi hitung pecahan di atas dapat diterangkan sebagai berikut :
Tabel 4.2 Rekapitulasi
Peningkatan Keaktifan Siswa Pembelajaran Matematika Materi Hitung Pecahan
No
|
Pembelajaran
|
Kenaikan Keaktifan Siswa
|
Persentase
|
1.
|
Studi Awal
|
8
|
26,67
|
2.
|
Siklus I
|
16
|
53,33
|
Dari data
pada tabel 4.2 di atas dapat diperoleh keterangan sebagai berikut :
a) Sebelum perbaikan, siswa yang menunjukkan
peningkatan minat belajar sebanyak 8 siswa atau 26,67%
b) Pada siklus ke I, siswa yang menunjukkan
minat belajar sebanyak 16 siswa atau 53,33%
c) Dari sebelum perbaikan ke siklus I, tingkat
minat belajar siswa meningkat sebesar 26,67% atau 8 siswa.
Melihat
hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer sepakat untuk
melaksanakan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan harapan pada siklus
II keaktifan belajar siswa dapat mencapai perolehan di atas 75% sesuai dengan
kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan.
4) Data
Hasil Refleksi
Siswa belum sepenuhnya memahami konsep
pembelajaran dengan model problem solving.
Hal ini dapat dibuktikan dengan masih rendahnya tingkat kreatifitas siswa dalam
mengajukan pertanyaan-pertanyaan sekitar materi pembelajaran.
Pembelajaran Matematika
materi pokok hitung pecahan belum berhasil karena Berdasarkan hasil pengamatan dua kali
pertemuan pada siklus pertama oleh observer dan penilaian hasil tes formatif
siklus pertama, hasilnya ternyata masih belum mencapai ketuntasan sesuai dengan
harapan, karena ternyata hanya ada 15
dari 30 siswa yang mengalami ketuntasan belajar atau 50% dengan peningkatan
minat belajar hanya 16 siswa (53,33%) dari
jumlah seluruh siswa sebanyak 30 orang dengan perolehan nilai rata-rata
hasil belajar sebesar 63,00 dari studi awal sebesar 55,67. Setelah peneliti dan observer mendiskusikan
tentang hasil observasi yang dikaitkan dengan hasil tes formatif maka,
kelemahan pada siklus pertama akan ditanggulangi pada siklus kedua, dengan
menambah metode pemberian tugas dengan mengerjakan lembar kerja siswa.
b.
Siklus II
1) Data
Hasil Perencanaan
Berdasarkan hasil refleksi dari kegiatan siklus
pertama, peneliti menyiapkan dan menetapkan Rencana Pembelajaran (RPP) beserta
skenario tindakan. Skenario tindakan mencakup langkah-langkah yang akan
dilaksanakan guru dan siswa dalam perbaikan pembelajaran. Selain Rencana
Perbaikan pembelajaran peneliti menyiapkan berbagai bahan yang diperlukan
seperti lembar kerja, lembar evaluasi dan lembar observasi. Langkah selanjutnya
peneliti dan observer menyepakati fokus observasi dan kriteria yang digunakan
dalam dua kali pertemua. Sebelumnya peneliti bersama-sama dengan observer
mengadakan simulasi terhadap pelaksanaan pembelajaran.
2) Data
Hasil Pelaksanaan Tindakan
Hasil pelaksanaan tindakan pada pembelajaran matematika materi hitung pecahan dengan menerapkan metode problem solving sebagaimana
tabel di bawah ini :
Tabel 4.3
Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika Materi Hitung Pecahan
No
|
Nama Siswa
|
Studi Awal (Nilai)
|
Siklus I
|
Nilai
|
Kriteria Ketuntasan
|
Ket
|
Siklus II
|
||||||
1
|
Lusiyati
|
50
|
60
|
70
|
T
|
|
2
|
Siska D.A
|
60
|
70
|
80
|
T
|
|
3
|
Dendi
|
50
|
60
|
70
|
T
|
|
4
|
Putri ,
|
70
|
70
|
80
|
T
|
|
5
|
Kusworo
|
40
|
50
|
60
|
B
|
|
6
|
Sarinto
|
70
|
70
|
80
|
T
|
|
7
|
Ana lndriyani
|
60
|
70
|
80
|
T
|
|
8
|
Asep Aji S.
|
60
|
70
|
80
|
T
|
|
9
|
Cindi Ajeng Tri C
|
50
|
60
|
70
|
T
|
|
10
|
Delfi Widya S.
|
50
|
50
|
60
|
B
|
|
11
|
Devita Etika Putri
|
60
|
70
|
70
|
T
|
|
12
|
Dini Septiana
|
50
|
60
|
70
|
T
|
|
13
|
I Fajar Guritno
|
50
|
60
|
70
|
T
|
|
14
|
Galih Indra Kusuma
|
60
|
70
|
80
|
T
|
|
15
|
Intan Adelia Nissa
|
70
|
70
|
80
|
T
|
|
16
|
Kiki Merliana
|
60
|
70
|
80
|
T
|
|
17
|
Lukman Hakim
|
70
|
70
|
80
|
T
|
|
18
|
Lusi Wiwit N
|
40
|
50
|
60
|
B
|
|
19
|
Marga Prajaya
|
50
|
60
|
70
|
T
|
|
20
|
Nuni Aisyah
|
70
|
70
|
80
|
T
|
|
21
|
Rani Fita K.
|
50
|
60
|
70
|
T
|
|
22
|
Riko K.S
|
50
|
60
|
70
|
T
|
|
23
|
Rizki Setiawan
|
40
|
50
|
60
|
B
|
|
24
|
Rohayati
|
60
|
70
|
80
|
T
|
|
25
|
Shofiyah
|
50
|
60
|
70
|
T
|
|
26
|
Vendi H
|
60
|
70
|
80
|
T
|
|
27
|
Vita OP
|
70
|
70
|
80
|
T
|
|
28
|
Widia Alifia S
|
40
|
40
|
50
|
B
|
|
29
|
Widia Rameli
|
60
|
70
|
80
|
T
|
|
30
|
Windia M
|
50
|
60
|
70
|
T
|
|
Jumlah
|
1.670
|
1.890
|
2.180
|
25
|
||
Rata-Rata
|
55,67
|
63,00
|
72,67
|
83,33
|
Keterangan
:
B : BelumTuntas
T : Tuntas
KKM : 64
Dari tabel 4.3
tentang Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika
materi Hitung pecahan di atas dapat diterangkan sebagai berikut:
a)
Pada siklus I nilai rata-rata kelas 63,00
setelah dilakukan perbaikan mengalami kenaikan menjadi 72,67. Rata-rata kelas naik 7,33
b)
Jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar 25 siswa atau 83,33%.
Melihat
hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer menyimpulkan bahwa
hasil tes hasil belajar menunjukkan hasil 72,67, yang berarti
sudah melebihi KKM minimal 65, dengan jumlah siswa yang telah tuntas belajarnya
sebanyak 25 siswa atau 83,33%. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan
belajar juga telah mencapai kriteria keberhasilan sebesar 75% sehingga proses
perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada pelaksanaan siklus
II
3) Data
Hasil Pengamatan
Pada tahap
pengamatan mengenai keaktifan siswa pada pembelajaran matematika
materi hitung pecahan di atas dapat diterangkan sebagai berikut:
Tabel 4.4
Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Siswa
Pembelajaran Matematika Materi Hitung Pecahan
No
|
Pembelajaran
|
Kenaikan Keaktifan Siswa
|
Persentase
|
1.
|
Sebelum perbaikan
|
8
|
26,67
|
2.
|
Siklus I
|
16
|
53,33
|
3.
|
Siklus II
|
28
|
93,33
|
Dari data
pada tabel 4.4 di atas dapat diperoleh keterangan sebagai berikut :
a) Pada siklus I, siswa yang menunjukkan
peningkatan minat belajar sebanyak 16 siswa atau 53,33%
b) Pada siklus ke II, siswa yang menunjukkan
peningkatan minat belajar sebanyak 28 siswa atau 93,33%
c) Dari siklus I ke siklus II, peningkatan minat
belajar siswa meningkat sebesar 40%.
Melihat
hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer menyimpulkan bahwa
keaktifan belajar mencapai angka 93,33%. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan
belajar telah mencapai kriteria keberhasilan sebesar 75% dari jumlah seluruh siswa, sehingga proses
perbaikan dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus kedua.
4) Data
Hasil Refleksi
Dari hasil
evaluasi diketahui pembelajaran Matematika
materi Menyederhanakan dan mengurutkan pada pertemuan pertama dan kedua siklus
kedua, dapat dinyatakan bahwa proses
pembelajaran dinyatakan berhasil karena
ada 25 siswa (83,33%) yang tuntas belajarnya walaupun masih ada 5 siswa
(16,67%) yang belum tuntas belajarnya dengan perolehan nilai hasil belajar
sebesar 72,67 dan peningkatan minat yang mencapai angka 93,33%. Angka-angka
tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran telah memenuhi kriteria ketuntasan,
demikian pula halnya dengan peningkatan keaktifan belajar dalam pembelajaran.
Setelah peneliti dengan supervisor dan observer mendiskusikan tentang hasil
observasi dan wawancara yang dikaitkan dengan hasil tes formatif, maka
pembelajaran dapat dilanjutkan pada materi selanjutnya, dan kepada keempat
siswa yang belum tuntas belajarnya akan diberikan program khusus dengan
melaksanakan kegiatan remidial setiap hari selama satu minggu yang dilaksanakan
pada jam terakhir.
Setelah peneliti
dengan supervisor dan observer mendiskusikan tentang hasil observasi dan
wawancara yang dikaitkan dengan hasil tes formatif, maka pembelajaran
Matematika materi Pengerjaan hitung bilangan pecahan dianggap sudah tuntas
karena hanya lima orang yang belum tuntas belajarnya sehingga pembelajaran
matematika dapat dilanjutkan pada materi berikutnya karena sudah mencapai
kriteria yang ditetapkan.
Setelah dilakukan analisa terhadap data yang diperoleh, maka hasil
penelitian dapat dirangkum sebagai berikut :
a.
Hasil Belajar
Setelah melakukan analisa terhadap data yang
peroleh dari tiga siklus yang dilaksanakan maka dapat dapat disimpulkan bahwa
penggunaan metode problem solving
pada pembelajaran matematika materi hitung pecahan menunjukkan peningkatan yang
signifikan terhadap hasil proses pembelajaran. Secara rinci dapat dilihat pada
tabel 4.5 di bawah ini :
Tabel 4.5 Rekapitulasi
Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Hitung Pecahan
No
|
Pembelajaran
|
Hasil Belajar Siswa
|
||||
Nilai Rata-Rata Kelas
|
Tuntas
|
%
|
Belum
|
%
|
||
1.
|
Studi Awal
|
55,67
|
4
|
13,33
|
26
|
86,67
|
2.
|
Siklus I
|
63,00
|
15
|
50,00
|
15
|
50,00
|
3.
|
Siklus II
|
72,67
|
25
|
83,33
|
5
|
16,67
|
Dari penjelasan pada tabel 4.5 di atas, diperoleh
keterangan sebagai berikut :
1)
Pada siklus I, angka ketuntasan
belajar naik menjadi 50% atau sebanyak 15 orang siswa (bertambah 11 siswa atau 36,67%) dari studi awal)
2)
Pada siklus II, angka ketuntasan
belajar naik menjadi 83,33% atau sebanyak 25 orang siswa (bertambah 10 orang
siswa atau 33,33% dari siklus I)
3)
Pada siklus I, nilai rata-rata kelas
mengalami kenaikan sebesar 7,33 dari studi pendahuluan menjadi 63,00 pada
siklus I.
4)
Pada siklus II, nilai rata-rata kelas
mengalami kenaikan sebesar 9,67 dari siklus I menjadi 72,67 pada siklus II.
Untuk lebih jelasnya peningkatan keaktifan belajar siswa dan nilai
rata-rata kelas pembelajaran
matematika materi hitung pecahan dapat dilihat pada gambar diagram
batang berikut ini :
Gambar 4.1 Diagram Batang Perbandingan Angka Nilai
Rerata Prestasi Belajar, dan Siswa Belum Tuntas pada Setiap Siklus Perbaikan
Pembelajaran
b. Keaktifan
Belajar
Dari
hasil analisis peningkatan ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus perbaikan
pembelajaran, secara rinci dapat dilihat pada tabel 4.6 di bawah ini :
Tabel 4.6 Rekapitulasi Peningkatan Ketuntasan Belajar
Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Hitung pecahan
No
|
Pembelajaran
|
Peningkatan Keaktifan
Siswa
|
Persentase
|
1.
|
Studi Awal
|
8
|
26,67
|
2.
|
Siklus I
|
16
|
53,33
|
3.
|
Siklus II
|
28
|
93,33
|
Dari penjelasan pada tabel 4.6 di atas, diperoleh
keterangan sebagai berikut :
1)
Pada sebelum perbaikan, siswa yang
menunjukkan peningkatan minat belajar
sebanyak 8 orang atau 26,67%
2)
Pada siklus I, siswa yang menunjukkan
peningkatan minat belajar sebanyak 16
orang atau 53,33%
3)
Pada siklus II, siswa yang
menunjukkan peningkatan minat belajar sebanyak 28 orang atau 93,33%
4)
Pada sebelum perbaikan ke siklus I,
minat belajar mengalami kenaikan sebesar 26,67% atau sebanyak 8 siswa.
5)
Pada siklus I ke siklus II, minat
belajar mengalami kenaikan sebesar 40% atau sebanyak 12 siswa.
Untuk
lebih jelasnya peningkatan keaktifan
belajar dapat dilihat pada gambar diagram batang berikut ini :
Gambar 4.2 Diagram Batang Peningkatan Keaktifan Siswa
pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran
B.
Pembahasan
1. Siklus Pertama
Pada siklus
pertama, setidaknya upaya perbaikan yang dilakukan melalui metode diskusi
kelompok dan pelaksanaan pembelajaran di
luar kelas dapat membuktikan hipotesis peneliti.
a. Keaktifan Belajar
Peningkatan
keaktifan belajar cukup signifikan pada setiap siklusnya, dimana pada studi
awal hanya 26,67 atau 8 siswa, meningkat menjadi 53,33% atau 16 siswa pada
siklus pertama atau mengalami kenaikan sebanyak 8 siswa (26,67%) dari studi
awal.
Melihat
hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer sepakat untuk
melaksanakan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan harapan pada siklus
II keaktifan belajar siswa dapat mencapai perolehan di atas 75% sesuai dengan
kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan.
b. Hasil Belajar
Sepertinya
halnya peningkatan keaktifan belajar, hasil belajarpun meningkat cukup baik,
yaitu dari nilai rata-rata kelas sebesar 55,67 pada studi awal menjadi 63,00
pada siklus pertama atau mengalami kenaikan nilai rata-rata sebesar 7,33 dari studi
awal, sedangkan tingkat ketuntasan belajar mencapai angka 15 siswa atau 50,00%.
Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar mengalami kenaikan 11 siswa atau 36,67%.
Melihat
hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer sepakat untuk
melaksanakan perbaikan pembelajaran pada siklus II, karena nilai rata-rata hasil belajar baru mencapai angka 63,00 yang berarti masih berada di bawah KKM sebesar
64,00 sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dan tingkat
ketuntasan belajar baru 50,00%. Hal ini menunjukkan ketuntasan belajar belum mencapai 75% dari jumlah seluruh siswa sesuai dengan
kriteria keberhasilan yang telah ditentukan
Setelah menganalisis
hasil belajar, hasil angket,
hasil observasi, dan
wawancara siswa, peneliti
melakukan refleksi yang hasilnya sebagai berikut:
a. Perlunya peningkatan hasil belajar yang lebi
baik.
b. Pembelajaran
dilakukan secara logis.
c. Mengatur waktu yang efektif dan efisien
d. Semangat
siswa yang baik
dalam pembelajaran sebelumnya,
harus dijaga dan dipupuk terus menerus.
e.
Hasil
refleksi ini akan
akan dijadikan bahan
perbaikan untuk pertemuan
selanjutnya
f. Hal ini dapat dibuktikan
dengan masih rendahnya tingkat kreatifitas siswa dalam mengajukan
pertanyaan-pertanyaan sekitar materi pembelajaran
g. Harus menunjukan kegairahan dalam pembelajaran,
guru menyadari masih kurang bergairah
dalam pembelajaran sehingga
belajar menjadi lebih
bersemangat kepada siswa
Pembelajaran Matematika materi pokok hitung pecahan
belum berhasil. Setelah peneliti dan observer mendiskusikan tentang hasil
observasi yang dikaitkan dengan hasil tes formatif maka, kelemahan pada siklus
pertama akan ditanggulangi pada siklus kedua, dengan menambah metode pemberian
tugas dengan mengerjakan lembar kerja siswa.
2. Siklus Kedua
Selanjutnya
dengan melakukan diskusi kelas dengan fokus perhatian pada siswa belum tuntas,
kepadanya diberikan kesempatan untuk mengemukakan masalah yang dihadapi dan
ditemukan untuk dibahas dalam pelaksanaan diskusi kelas.
a. Keaktifan Belajar
Peningkatan
keaktifan belajar cukup signifikan pada setiap siklusnya, dimana pada siklus
pertama hanya 53,33% atau 26 siswa, meningkat menjadi 93,33% atau 28 siswa pada
siklus kedua yang terlibat aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal tersebut
menunjukkan bahwa terjadi kenaikan sebanyak 12 orang siswa (40%) dari
pelaksanaan pembelajaran pada siklus pertama.
Melihat
hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer menyimpulkan bahwa
keaktifan belajar mencapai angka 93,33%. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan
belajar telah mencapai kriteria keberhasilan sebesar 75% dari jumlah seluruh siswa, sehingga proses
perbaikan dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus kedua.
b. Hasil Belajar
Sepertinya
halnya peningkatan keaktifan belajar, hasil belajarpun meningkat cukup baik,
yaitu dari nilai rata-rata kelas sebesar 63,00 pada siklus pertama, menjadi
72,67 pada siklus kedua atau mengalami kenaikan nilai rata-rata sebesar 9,67
dari siklus kedua, sedangkan tingkat ketuntasan belajar mencapai angka 25 siswa
atau 83,33% dan masih ada lima siswa atau 16,67% yang belum tuntas belajarnya atau
sebesar 7,14%.
Melihat
hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer menyimpulkan bahwa
hasil tes hasil belajar menunjukkan hasil 72,67, yang berarti
sudah melebihi KKM minimal 65, dengan jumlah siswa yang telah tuntas belajarnya
sebanyak 25 siswa atau 83,33%. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan
belajar juga telah mencapai kriteria keberhasilan sebesar 75% sehingga proses
perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada pelaksanaan siklus
II
Pembelajaran Matematika pada siklus kedua ini sudah
berhasil, karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditentukan. Pada siklus
II ini kegiatan pembelajaran sudah cukup lancar. Siswa sudah menunjukan
keantusiasan tinggi untuk
belajar matematika dan lembar kerja siswa dikerjakan dengan baik
dan hasilnya pun baik juga. Walaupun demikian masih ada saja gangguan, tetapi
sedikit dan tidak berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Hampir semua siswa
sudah berkonsentrasi untuk memecahkan
soal penalaran matematika
dalam lembar kerja siswa. Untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa yang
telah dicapai dalam pembelajaran siklus
II, maka dilakukan
analisis terhadap hasil tes siklus II yang mengacu kepada materi
pelajaran yang diserap dan ketuntasan
belajar yang dihitung
persentase rata-rata dan daya serapnya dan ketuntasan dalam
belajar. Selanjutnya peneiti dengan supervisor dan observer mendiskusikan
tentang hasil observasi dan wawancara yang dikaitkan dengan hasil tes formatif,
maka pembelajaran matematika materi Pengerjaan hitung bilangan pecahan dianggap
sudah tuntas karena hanya dua orang yang belum
tuntas belajarnya sehingga pembelajaran matematika dapat dilanjutkan
pada materi berikutnya karena sudah mencapai kriteria keberhasilan proses
perbaikan pembelajara seduai dengan yang
telah ditetapkan.
Dari kedua
siklus yang sudah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa kenaikan keaktifan
dan hasil belajar siswa yang terjadi pada setiap siklus menunjukkan kenaikan
yang signifikan. Peningkatan keaktifan siswa menunjukkan perolehan pada studi
awal hanya 8 siswa atau 26,67%, naik menjadi 16 siswa atau 53,33% pada siklus
pertama, dan 93,33% atau 28 siswa pada siklus kedua. Hal tersebut didukung pula
oleh kenaikan hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya 55,67, naik menjadi 63,00 pada siklus
pertama, dan 72,67 pada siklus kedua, dengan
tingkat ketuntasan belajar sebanyak 4 siswa (13,33%) pada studi awal, 50% atau
15 siswa pada siklus pertama, 25 siswa
atau 83,33% pada siklus terakhir, walaupun masih ada lima siswa (16,67%) yang
belum tuntas namun karena semua kriteria keberhasilan proses pembelajaran telah
tercapai pada siklus kedua maka dinyatakan bahwa proses perbaikan pembelajaran
selesai dan berhasil pada siklus kedua.
Bab 2, 3, 5 dan lampiran2 serta halaman depan lengkap silahkan klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.