LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MENULIS
PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI SISWA
KELAS V SEKOLAH
DASAR NEGERI ..............
KECAMATAN ..............
KABUPATEN ..............
Disusun dan Diajukan sebagai
Salah Satu Syarat Tugas Akhir Program
dalam Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional
(PDGK 4501) Program S1 PGSD
FKIP
Universitas Terbuka
Oleh
................................................
NIM. ...................
UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH ..............
............
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan penelitian tindakan
kelas ini disusun dan diajukan sebagai persyaratan dalam penyusunan laporan
pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada mata kuliah Pemantapan Kemampuan
Profesional (PDGK 4501) Program S1 PGSD
FKIP Universitas Terbuka UPBJJ ...............
Nama Mahasiswa : ..............................................
NIM :
..............................
Program Studi : S1 PGSD
Tempat Penelitian :
Sekolah Dasar Negeri .............. UPT
Disdikpora Kecamatan .............. Kabupaten ..............
Pembelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V / 2
Waktu Penelitian : Siklus I : …………… dan ……………….
Siklus
II : ……………
dan ……………….
Masalah yang merupakan fokus perbaikan yaitu :
1.
Apakah penerapan media gambar seri
dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi dapat meningkatkan
keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri ..............?
2.
Apakah melalui penerapan media
gambar seri dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi siswa
kelas V SD Negeri .............. mengalami peningkatan prestasi belajar?
..............,
………………….
|
|
Menyetujui
Dosen
Pembimbing
……………………………
NID.
……………
|
Mahasiswa,
…………………………….
NIM. .................
|
ABSTRAK
............................. NIM. .............. Upaya Meningkatkan Keakatifan Dan Prestasi
Belajar Menulis Puisi Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri .............. Kecamatan .............. Kabupaten ............... Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka. ............
Penelitian
ini berlatarbelakang dari nilai rata-rata tes pembelajaran bahasa Indonesia
materi menulis puisi yang berada jauh di bawah kriteria ketuntasan minimal yang
telah ditetapkan. Di samping itu, pembelajaran di kelas kurang memanfaatkan
media pembelajaran yang sangat diperlukan untuk memberikan stimulasi dalam
menuangkan ide dalam bentuk tulisan.
Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan siswa pada
pembelajaran menulis puisi menggunakan media pembelajaran gambar seri,
mendeskripsikan penerapan pembelajaran menulis puisi menggunakan media
pembelajaran gambar seri dan mendeskripsikan peningkatan keaktifan dan hasil
belajar menulis puisi dengan menggunakan media pembelajaran gambar seri di
kelas V SD Negeri ...............
Untuk
mencapai tujuan pembelajaran di atas, penelitian ini dilakukan dengan rancangan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaborasi, mulai dari perencanaan
tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Dalam
melaksanakan tindakan digunakan metode pengamatan, dokumentasi, tes, dan
wawancara. Adapun instrumen yang digunakan adalah panduan pengamatan aktivitas
siswa dalam pembelajaran, alat penilaian kemampuan guru, Lembar Kerja Siswa
(LKS), panduan penilaian menulis karangan, dan panduan wawancara. Sedangkan
data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif deskriptif dan kualitatif.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran gambar seri dapat
meningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa kelas kelas V SD Negeri ...............
Peningkatan kemampuan menulis puisi tersebut ditandai dengan meningkatnya
aspek-aspek ketrampilan menulis karangan dari siklus I ke siklus II, nilai tes
formatif kondisi awal sebesar 59,43
meningkat menjadi 64,86 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat
menjadi 73,14 dengan peningkatan ketuntasan belajar keadaan awal sebanyak 10
siswa (28,57%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan menggunakan gambar seri
pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa atau 51,43% dan pada siklus II
meningkat kembali menjadi 33 siswa atau 94,29% dan keaktifan siswa dari 34,39%
atau 12 siswa pada studi awal menjadi 35 siswa atau 100% pada siklus kedua.
Dari
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media pembelajaran gambar seri pada materi menulis karangan di kelas
V SD Negeri .............. dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar
menulis puisi
Kata
Kunci : pembelajaran, puisi, metode, pemberian tugas
KATA PENGANTAR
Puji syukur
peneliti panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala nikmat
dan rahmat-Nya sehingga peneliti dapat menyelesaikan penyusunan laporan
perbaikan pembelajaran pada mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK
4501) melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Laporan PKP
ini dapat peneliti selesaikan dengan baik berkat dukungan dan bantuan dari
berbagai pihak. Untuk itu
peneliti mengucapkan terima kasih kepada :
1.
Rektor Universitas Terbuka
2.
Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Terbuka
3.
Ketua Jurusan Pendidikan FKIP
Universitas Terbuka
4.
Kepala UPBJJ Universitas Terbuka ..............
5.
…………………., selaku Dosen
Pembimbing yang telah membimbing mahasiswa dengan sabar.
6.
……………….., selaku Ketua Pokjar …………………….
7.
Kepala SD Negeri .............. beserta Dewan Guru yang telah menyediakan
sarana prasarana selama penelitian
8.
Teman sejawat yang telah membantu dalam penelitian dari awal sampai
dengan selesai.
9.
Semua pihak yang tidak dapat
peneliti sebutkan satu persatu.
Karena
keterbatasan peneliti, maka penyusunan laporan ini masih jauh dari sempurna.
Untuk itu saran-saran dan kritik dari pembaca sangat peneliti harapkan, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi
peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar.
...........................
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI..................................................................................................... v
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.........................................................
1
B. Identifikasi Masalah .............................................................. 3
C. Analisis Masalah .................................................................... 3
D. Pembatasan Masalah .............................................................. 4
E. Rumusan Masalah .................................................................. 5
F. Tujuan Penelitian.................................................................... 5
G. Manfaat Penelitian.................................................................. 5
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori ........................................................................... 7
B. Kerangka Berpikir ................................................................. 37
1. Kondisi
Awal.................................................................... 37
2. Tindakan
........................................................................... 37
3. Kondisi
Akhir ................................................................... 40
C. Hipotesis Tindakan ................................................................ 41
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian .................................................................. 43
1. Waktu Penelitian .............................................................. 43
2. Tempat Penelitian ............................................................. 43
B. Subjek
Penelitian ................................................................... 45
C. Objek
Penelitian .................................................................... 46
D. Data dan
Sumber Data .......................................................... 48
E. Teknik dan Alat Pengumpulan Data ..................................... 49
1 Prosedur
Pelaksanaan ....................................................... 50
2. Teknik
Pengumpulan Data................................................ 53
3. Alat
Pengumpulan Data ................................................... 54
F. Validasi Data ......................................................................... 55
G. Analisis Data ......................................................................... 56
H. Indikator Kinerja ................................................................... 56
BAB IV HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Kondisi Awal......................................................... 58
B. Deskripsi Per Siklus ............................................................... 60
1. Siklus Pertama...................................................................
60
a. Perencanaan................................................................. 61
b. Pelaksanaan................................................................. 61
c. Pengamatan
................................................................ 68
d. Refleksi
....................................................................... 69
2. Siklus Kedua .................................................................... 69
a. Perencanaan................................................................. 70
b. Pelaksanaan................................................................. 70
c. Pengamatan
................................................................ 76
d. Refleksi
....................................................................... 77
C. Pembahasan............................................................................ 77
D. Hasil Tindakan ....................................................................... 85
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan ............................................................................ 86
B. Saran dan Tindak Lanjut........................................................ 87
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
3.1 Jadwal Pelaksanaan Penelitian................................................................. 43
3.2 Usia Siswa Berdasarkan Kelompok Umur.............................................. 46
3.3 Daftar Pekerjaan Orang Tua Siswa.......................................................... 46
3.4 Data Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri .............. Kecamatan ..............
Kabupaten .............. Tahun Pelajaran 2011/2012................................................................................. 47
3.5 Hasil Tes Formatif Kondisi Awal............................................................ 48
3.6 Blangko Nilai Hasil Tes Formatif Siklus I dan II.................................... 55
4.1 Hasil Tes Formatif Kondisi Awal............................................................ 59
4.2 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi Siklus I ................................................................................................................. 65
4.3 Rekapitulasi
Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa Pembelajaran Bahasa
Indonesia Materi Menulis Puisi Siklus I............................................................................. 67
4.4 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi Siklus II ................................................................................................................. 73
4.5 Rekapitulasi
Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa Pembelajaran Bahasa
Indonesia Materi Menulis Puisi Siklus II............................................................................ 75
4.6 Rekapitulasi
Nilai Hasil Menulis Puisi Siswa Siklus I
dan Siklus II...... 78
4.7 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Siklus I dan Siklus
II........................... 80
4.8 Rekapitulasi
Peningkatan Keaktifan Siswa pada Siklus I dan Siklus II. 82
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
2.1 Kerangka Berpikir ................................................................................... 41
3.1 Daur PTK (dimodifikasi dari Rusna Ristasa, Prayitno,
2006:46)............ 50
3.2 Siklus-siklus
Perbaikan Pembelajaran (dimodifikasi dari Rusna Ristasa, 2006 : 46) 53
4.1 Bermain layang-layang (sumber
: Buku Bahasa Indonesia II, Dian Sukmawati, dkk, 2010 : 35) ................................................................................................................. 62
4.2 Gambar memelihara ayam (sumber
: Buku Bahasa Indonesia II, Dian Sukmawati, dkk, 2010 : 98) ................................................................................................................. 64
4.3 Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan
Belajar Siswa Siklus I dan II 71
4.4 Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar
Siswa Pada Siklus I dan II ........ 80
4.5 Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar
Siswa Pada Siklus I dan II 81
4.6 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat
Keaktifan Siswa Pada Siklus I dan II, 83
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN Halaman
1.
Rencana Perbaikan Pembelajaran
Siklus I............................................... 91
2.
Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II.............................................. 106
3.
Surat Keterangan Pengamat.................................................................... 120
4.
Surat Kesediaan Menjadi Pengamat........................................................ 121
5.
Hasil Tes Formatif Siklus I...................................................................... 122
6.
Hasil Tes Formatif Siklus II..................................................................... 124
7.
Data Hasil Observasi Siklus I.................................................................. 126
Data
Hasil Observasi Siklus I 128BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Salah satu cara untuk mengembangkan apresiasi sastra pada
anak didik ialah dengan pengajaran
puisi. Tujuan pengajaran puisi di sekolah adalah agar siswa memperoleh kesadaran yang lebih terhadap
dirinya sendiri, orang lain dan
lingkungan sekitar, memperoleh kesenangan,
dan anak memperoleh pengetahuan
dan pengertian dasar tentang puisi. Yang
perlu mendapat perhatian dalam
pengajaran puisi di sekolah adalah pemilihan bahan pengajaran dan penyajiannya.
Puisi adalah karangan
yang terikat berarti puisi terikat oleh aturan-aturan ketat. Akan
tetapi, pada waktu sekarang, para penyair berusaha melepaskan diri dari aturan yang ketat itu. Aturan di luar diri
puisi itu ditentukan oleh penyair yang
membuat dahulu ataupun masyarakat. Menulis puisi merupakan satu keterampilan
berbahasa yang dibutuhkan untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan penguasan keterampilan menulis, diharapkan siswa dapat
mengungkapkan, pikiran, perasaan yang
dimilikinya setelah menjalani proses pembelajaran dalam berbagai tulisan.
Berdasarkan observasi
pembelajaran bahasa
Indonesia mengenai keterampilan menulis puisi di kelas V SD
Negeri .............. Kecamatan .............. Kabupaten .............., proses
pembelajaran yang dilakukan oleh guru lebih cenderung ceramah dalam
menyampaikan materi pada siswanya, guru
hanya menerangkan langkah-langkah menulis puisi, kemudian guru memberikan contoh dan memberi tugas pada
siswa. Siswa disuruh menulis sebuah puisi berdasarkan pengamatan. Sehingga proses
pembelajaran yang diterapkan oleh guru
di kelas mengakibatkan siswa kurang aktif dan menjadi malas dan sulit menulis untuk menyampaikan
ide/gagasannya. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru ini juga bisa mengakibatkan siswa kurang bersemangat sehingga tidak ada
peningkatan dalam menulis puisi.
Dilihat dari metode yang digunakan, guru
kesulitan menemukan metode
pembelajaran menulis puisi yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan siswa, serta
ketiadaan atau keterbatasan media pembelajaran menulis puisi yang efektif.
Menurut peneliti semua
permasalahan pembelajaran bahasa Indonesia
dalam menulis puisi di kelas V SD
Negeri .............. Kecamatan .............. Kabupaten ..............
tersebut harus ada penyelesainnya. Dibutuhkan metode maupun model pembelajaran bahasa
Indonesia yang benar-benar bisa
mengakumulasi semua permasalahan
itu dan sekaligus menemukan solusi yang menyeluruh dan mengakar pada
permasalahan yang ada. Beberapa faktor penghambat yang dialami siswa kelas V dalam kemampuan
menulis puisi di SD Negeri ..............,
yaitu (1) ketertarikan siswa dalam
membuat puisi kurang karena siswa masih malas untuk membuat puisi
dan ramai sendiri saat
berlangsungnya pelajaran, (2)
kurangnya buku-buku mata pelajaran
puisi dan kumpulan puisi yang dibaca siswa, (3) siswa kurang mengkomunikasikan pikiran dan
perasaannya secara efektif karena suasana
kelas yang kurang kondusif, (4)
kurangnya penguasaan kosa kata yang dimiliki siswa.
Oleh karena itu banyak siswa yang dinyatakan belum tuntas
belajar. Dari 35 orang siswa, baru diketahui
ada 10 orang siswa (28,57%) yang
diketahui sudah mengalami tuntas belajar,
dengan perolehan nilai tes formatif nilai 70 ke atas sedangkan 25 orang siswa lainnya (71,43%) terbukti belum tuntas, dengan
perolehan nilai tes formatif kurang dari
nilai KKM yang ditetapkan yaitu 70.
B.
Identifikasi
Masalah
Dari
tes formatif yang peneliti lakukan, ternyata prestasinya tidak sesuai dengan
yang peneliti harapkan. Prestasi tes formatif menunjukkan penguasaan siswa terhadap materi
tersebut masih rendah. Upaya untuk mengatasi hal itu, peneliti mencoba
berkolaborasi dengan kepala sekolah, rekan sejawat, dan supervisor akhirnya
dapat teridentifikasi beberapa masalah sebagai berikut :
1.
Ketertarikan siswa
dalam membuat puisi kurang karena siswa masih malas untuk membuat puisi
dan ramai sendiri saat
berlangsungnya pelajaran,
2.
Kurangnya buku-buku mata pelajaran puisi dan kumpulan puisi yang dibaca siswa,
3.
Siswa kurang
mengkomunikasikan pikiran dan perasaannya secara efektif karena suasana kelas yang kurang kondusif,
4.
Kurangnya penguasaan
kosa kata yang dimiliki siswa
C.
Analisis
Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, penulis merasa
perlu untuk merefleksi diri sejauhmana kemampuan pribadi di dalam proses pembelajaran. Selain itu juga melakukan diskusi dengan teman sejawat,
melakukan kegiatan literatur mengenai masalah yang dihadapi dalam proses
pembelajaran sehingga diketahui kemungkinan adanya kelemahan dalam proses
pembelajaran sebagai berikut :
1. Kurang tepatnya metode pembelajaran
yang digunakan guru dalam pembelajaran
2.
Guru dalam menjelaskan tidak menggunakan
media pembelajaran yang sesuai.
3.
Guru tidak melibatkan siswa secara aktif
dalam proses pembelajaran.
4.
Metode penyajian materi yang digunakan
guru tidak sesuai dengan karakteristik dan tahap perkembangan siswa sekolah
dasar
5.
Guru kurang mampu membaca situasi dan
kondisi pada saat pembelajaran berlangsung.
Melihat kondisi tersebut, peneliti berusaha untuk mengatasi permasalahan yang timbul agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga keaktifan dan prestasi belajar siswa meningkat dengan penerapan media
gambar seri. Prioritas masalah yang menjadi tujuan perbaikan proses
pembelajaran adalah :
1.
Melaksanakan
perbaikan pembelajaran dengan penerapan media gambar seri pada pembelajaran
bahasa Indonesia materi menulis puisi.
2.
Meningkatkan keaktifan
belajar dan prestasi siswa pada pelaksanaan proses perbaikan pembelajaran.
Atas dasar itulah peneliti termotivasi untuk melakukan
perbaikan pembelajaran agar prestasi belajar siswa dapat meningkat. Upaya
perbaikan yang peneliti lakukan dengan mengadakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi berdasarkan gambar seri
siswa kelas V SD Negeri ..............
Tahun Pelajaran 2011/2012.
D. Pembatasan Masalah
Agar masalah yang
diteliti tidak terlalu
luas maka peneliti
memfokuskan penelitian terhadap
objek yang akan diteliti dan mencoba membatasi masalah sebagai berikut:
1.
Penelitian dilaksanakan pada siswa
kelas V SD Negeri .............. Tahun Pelajaran 2011/2012.
2. Penelitian
difokuskan pada pembelajaran bahasa
Indonesia materi menulis puisi.
3. Media
pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi
adalah media gambar seri.
E. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian sebagaimana identifikasi masalah di
atas, maka dapat ditentukan rumusan masalahnya yaitu :
1.
Apakah penerapan media gambar seri dalam pembelajaran
bahasa Indonesia materi menulis puisi dapat meningkatkan keaktifan belajar
siswa kelas V SD Negeri ..............?
2.
Apakah melalui penerapan media gambar seri dalam
pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi siswa kelas V SD Negeri .............. mengalami peningkatan prestasi
belajar?
F. Tujuan Penelitian
Tujuan dari pelaksanaan perbaikan
pembelajaran ini adalah sebagai berikut.
1. Untuk
meningkatkan keaktifan belajar siswa hingga memenuhi batas minimal tuntas
belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi.
2. Untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa hingga memenuhi batas minimal tuntas
belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi.
G. Manfaat Penelitian
Diharapkan penelitian perbaikan
pembelajaran ini akan memberikan
manfaat bagi berbagai pihak
antara lain sebagai berikut.
1.
Manfaat Teoritis
Untuk dapat menambah pengetahuan
dan wawasan bagi pengembangan keilmuan
terutama di bidang pengajaran bahasa Indonesia khususnya materi menulis puisi dan
sebagai dasar pijakan penelitian
selanjutnya
2.
Manfaat Praktis
a.
Siswa
1)
Siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran bahasa
Indonesia khususnya materi menulis puisi.
2)
Siswa dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam
pembelajaran bahasa Indonesia sesuai tujuan yang telah ditetapkan sehingga
prestasi belajar siswa dapat meningkat.
3)
Diharapkan
dengan penggunaan media
gambar seri mampu
meningkatkan keterampilan
menulis puisi dan
dapat memotivasi siswa
untuk mengungkapkan ide dan
gagasan sehingga mampu
menulis puisi yang baik
b.
Guru
1)
Membantu guru meningkatkan kinerjanya serta profesi
dalam memupuk rasa percaya dirinya
2)
Mendapat
kesempatan untuk berperan aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan
sendiri.
3)
Guru dapat
memperkaya teknik pembelajaran
yang dapat meningkatkan kemampuan siswa
dalam menulis puisi
dengan media gambar
seri. Selain itu, guru
dapat mengatasi permasalahan-permasalahan siswa
yang berhubungan dengan
kesulitan-kesulitan dalam menulis
dan dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut
c.
Sekolah
Sekolah dapat memberikan perhatian
agar penyelenggaraan pembelajaran bahasa Indonesia lebih baik sehingga dapat
mencapai tujuan pembelajaran bahasa Indonesia seoptimal mungkin khususnya
materi menulis puisi.
Untuk mendapatkan file secara lengkap, Bab 2, 3, 4, 5, dan Lampiran2 serta Halaman Sampul
silahkan anda klik DOWNLOAD