Lencana Facebook

banner image

Saturday 23 August 2014

PKP UT : OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MELENGKAPI PERCAKAPAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI .............. KECAMATAN .............. KABUPATEN ..............



 


LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS


OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI  DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MELENGKAPI PERCAKAPAN DI KELAS IV
SEKOLAH DASAR NEGERI ..............
KECAMATAN ..............
KABUPATEN ..............


Disusun dan Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Tugas Akhir Program
dalam  Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional
(PDGK 4501) Program S1 PGSD FKIP
Universitas Terbuka






Oleh :

…………………………………
NIM ……………….


UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH
..............
……..








ABSTRAK


………………... NIM. …………….. Optimalisasi Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Motivasi  dan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Melengkapi Percakapan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri .............. Kecamatan .............. Kabupaten ............... FKIP Universitas Terbuka. …………….
Pada studi pendahuluan pada pembelajaran bahasa Indonesia materi melengkapi  teks percakapan, menunjukkan hasil tes formatif siswa sangat rendah terhadap materi yang diajarkan, terbukti hanya ada 4 siswa (12,50%) yang dikategorikan tuntas dapat mencapai tingkat penguasaan materi 70% atau mendapat nilai  minimal sama dengan KKM sebesar 70.
Berdasarkan refleksi diri tersebut maka dapat dirumuskan masalahnya untuk menjadi fokus perbaikan pembelajaran adalah bagaimana upaya meningkatkan daya ingat siswa pada pelajaran bahasa Indonesia materi membaca teks percakapan dengan menerapkan model bermain peran siswa kelas IV SD Negeri .............. Kecamatan .............. Kabupaten .............. Tahun Pelajaran ............... Tujuannya adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode bermain peran pada pembelajaran bahasa Indonesia materi membaca teks bacaan terbukti mampu meningkatkan jumlah siswa yang tuntas belajarnya pada keadaan awal sebanyak 4 siswa (12,50%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan  penerapan metode bermain peran pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa atau 43,75% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 29 siswa atau 90,62%.  Peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan di mana pada kondisi awal sebesar 56,56 meningkat menjadi 64,06 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 71,56, serta peningkatan motivasi belajar sari 28,13% atau 9 siswa pada studi awal menjadi 90,63% pada siklus terakhir.
Kesimpulannya adalah penerapan metode bermain peran pada pembelajaran bahasa Indonesia materi membaca teks bacaan terbukti mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri .............. Kecamatan .............. Kabupaten .............. Tahun Pelajaran ...............

Kata Kunci : bermain peran, percakapan, motivasi, hasil belajar




Bab 1, 2, 3, 5 dan lampiran2  silahkan klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih. (sms only)