LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE BERMAIN
PERAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN
PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MELENGKAPI
PERCAKAPAN DI KELAS IV
SEKOLAH DASAR NEGERI ..............
KECAMATAN ..............
KABUPATEN ..............
Disusun dan Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Tugas Akhir Program
dalam Mata Kuliah Pemantapan
Kemampuan Profesional
(PDGK 4501) Program S1 PGSD FKIP
Universitas Terbuka
Oleh :
…………………………………
NIM ……………….
UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH
..............
……..
ABSTRAK
………………... NIM. …………….. Optimalisasi
Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran
Bahasa Indonesia Materi Melengkapi Percakapan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri ..............
Kecamatan .............. Kabupaten ............... FKIP Universitas
Terbuka. …………….
Pada studi
pendahuluan pada pembelajaran bahasa Indonesia materi melengkapi teks percakapan, menunjukkan hasil tes
formatif siswa sangat rendah terhadap materi yang diajarkan, terbukti hanya ada
4 siswa (12,50%) yang dikategorikan tuntas dapat mencapai tingkat penguasaan
materi 70% atau mendapat nilai minimal
sama dengan KKM sebesar 70.
Berdasarkan
refleksi diri tersebut maka dapat dirumuskan masalahnya untuk menjadi fokus perbaikan
pembelajaran adalah bagaimana upaya meningkatkan daya ingat siswa pada
pelajaran bahasa Indonesia materi membaca teks percakapan dengan menerapkan
model bermain peran siswa kelas IV SD Negeri .............. Kecamatan ..............
Kabupaten .............. Tahun Pelajaran ............... Tujuannya adalah untuk
meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan
metode bermain peran pada pembelajaran bahasa Indonesia materi membaca teks
bacaan terbukti mampu meningkatkan jumlah
siswa yang tuntas belajarnya pada keadaan awal sebanyak 4 siswa (12,50%),
setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan
metode bermain peran pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa atau 43,75% dan
pada siklus II meningkat kembali menjadi 29 siswa atau 90,62%. Peningkatan
nilai rata-rata prestasi belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia menunjukkan
peningkatan yang cukup signifikan di mana pada kondisi awal sebesar 56,56 meningkat menjadi 64,06 pada siklus I dan pada akhir
siklus II meningkat menjadi 71,56,
serta peningkatan motivasi belajar sari 28,13% atau 9 siswa pada studi awal
menjadi 90,63% pada siklus terakhir.
Kesimpulannya adalah penerapan metode bermain
peran pada pembelajaran bahasa Indonesia materi membaca teks bacaan terbukti
mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV SD
Negeri .............. Kecamatan .............. Kabupaten .............. Tahun
Pelajaran ...............
Kata Kunci : bermain peran,
percakapan, motivasi, hasil belajar
Bab 1, 2, 3, 5 dan lampiran2 silahkan klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih. (sms only)